Asuransi BUMN

Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
+62
Tampilkan promo kartu kredit?
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 25%
 

Apa Itu Asuransi BUMN? 

Asuransi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah perusahaan asuransi yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah, baik secara penuh, sebagian besar, atau sebagian kecil saja. Sebelumnya, BUMN dikenal dengan istilah Perusahaan Negara (PN). 

Perusahaan BUMN di Indonesia terbagi menjadi beberapa sektor industri, yaitu jasa keuangan dan asuransi. Jadi, layanan asuransi bukan hanya dimiliki oleh perusahaan swasta saja ya. Hanya saja, perusahaan asuransi BUMN beberapa kali tersandung kasus. Salah satunya yang sedang ramai dibicarakan adalah kasus perusahaan asuransi Jiwasraya yang akan dibahas di poin-poin selanjutnya. Lantas, apakah semua perusahaan asuransi BUMN bermasalah? Mari simak ulasan lengkapnya. 

7 Daftar Perusahaan Asuransi BUMN 

Di Indonesia sendiri terdapat tujuh perusahaan BUMN yang bergerak di industri asuransi. Ketujuh perusahaan asuransi BUMN tersebut kemudian digabungkan menjadi satu holding asuransi BUMN sesuai dengan keputusan Menteri BUMN, Erick Thohir. Berikut ini adalah tujuh daftar asuransi di Indonesia yang dimiliki oleh pemerintah: 

1. Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) 

Perum Jamkrindo adalah perusahaan jaminan kredit ditujukan bagi nasabah yang ingin mengajukan pinjaman untuk modal usaha dan nasabah kredit pemilikan rumah (KPR). Jika dilihat dari sejarahnya, Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia ini didirikan sejak tahun 1970 dengan nama Lembaga Jaminan Kredit Koperasi (LJKK) dan berubah nama menjadi Perusahaan Umum Pengembangan Keuangan Koperasi (Perum PKK). 

Selang beberapa tahun setelahnya, Perum PKK beralih fokus dan tidak lagi memberikan pinjaman langsung kepada pemilik usaha UMKMK dengan pola bagi hasil. Melainkan hanya fokus pada jaminan kredit UMKMK saja, sehingga kembali berganti nama menjadi Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia hingga saat ini. 

Sebagai informasi tambahan, asuransi penjaminan kredit merupakan pihak yang menjembatani antara  pemilik usaha kecil dan menengah dengan lembaga keuangan bank atau non bank, agar mudah mendapatkan kredit sebagai modal usaha atau KPR. 

2. Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri)

PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau PT Asabri merupakan perusahaan asuransi BUMN yang memberikan manfaat dana pensiun dikhususkan untuk prajurit TNI, anggota Polri, dan PNS yang aktif di lingkungan Kementerian Pertahanan dan Polri. Asabri didirikan sejak bulan Agustus 1971 sahamnya 100 persen dimiliki oleh pemerintah. 

Pada mulanya, asuransi untuk prajurit TNI dan Polri dikelola oleh PT Taspen (Pesero). Hanya saja, terdapat perbedaan batas usia pensiun dan risiko kerja antara TNI dan Polri. Sehingga pada tahun 1971, dibentuklah badan asuransi terpisah untuk prajurit PT Asabri yang memberikan manfaat tabungan hari tua, jaminan kecelakaan kerja, jaminan meninggal dunia, dan program pensiun (DPLK). 

3. Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI)

PT Asuransi Ekspor Indonesia atau dikenal juga dengan singkatan asuransi ASEI merupakan perusahaan asuransi BUMN yang memberikan proteksi finansial atas risiko kegagalan pelunasan pembayaran ekspor ataupun pinjaman kredit. Asuransi ASEI didirikan pada tahun 1985 dengan tujuan pemerintah berusaha mendorong peningkatan ekspor nonmigas di Indonesia. 

Mengacu pada laporan keuangan perusahaan di tahun 2018, rasio solvabilitas PT Asuransi Ekspor Indonesia berada di angka 141 persen. Sehingga dapat disimpulkan mampu melampaui ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  yang menetapkan minimum rasio solvabilitas di angka 120 persen. Hanya saja kesehatan keuangan perusahaan terbilang standar karena tidak melampaui jauh dari ketetapan OJK. 

4. Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) 

PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo adalah perusahaan asuransi BUMN yang bergerak dalam layanan penjaminan kredit dan asuransi umum. Untuk layanan penjaminan kredit Askrindo mencakup asuransi kredit serbaguna, asuransi kredit perdagangan, penjaminan kredit usaha rakyat (KUR), surety bond, dan masih banyak lagi. Sementara untuk asuransi umum mencakup asuransi kecelakaan diri, kebakaran, konstruksi, tanggung gugat, pengangkutan barang, dan lain sejenisnya. 

Askrindo yang mulanya didirikan pada tahun 1971 hanya berfokus pada penjaminan kredit saja sebagai usaha pemerintah mendukung perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Mengacu pada laporan tahunan tahunan perusahaan tahun 2018, Askrindo memiliki keuangan perusahaan yang sangat sehat. Hal ini dibuktikan perusahaan mampu melampaui ketentuan minimum rasio solvabilitas OJK hingga tujuh kali lipat.

5. Jasa Raharja 

PT Jasa Raharja merupakan asuransi yang memberikan asuransi sosial yang menanggung risiko kecelakaan lalu lintas jalan dan dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang. Jika dilihat dari sejarahnya, Jasa Raharja mulanya merupakan perusahaan asuransi milik Belanda yang kemudian mengalami nasionalisasi di tahun 1958. 

Hingga pada tahun 1965, pemerintah mengeluarkan aturan bahwa Jasa Raharja hanya boleh berfokus pada program asuransi wajib kecelakaan penumpang dan lalu lintas jalan saja. Sementara untuk keuangan perusahaan juga dinyatakan sehat karena mampu melampaui ketentuan minimum rasio solvabilitas OJK hingga dua kali lipat (data laporan tahunan 2018). 

6. Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo)

Sama halnya dengan perusahaan asuransi BUMN sebelumnya, PT Asuransi Jasa Indonesia atau Jasindo mulanya juga merupakan perusahaan asuransi milik Belanda dan Inggris yang kemudian dinasionalisasikan pada tahun 1972. Adapun produk asuransi Jasindo terbagi menjadi dua kategori yaitu ritel dan korporasi. 

Asuransi ritel Jasindo memberikan proteksi asuransi di bidang kesehatan, pendidikan, pengangkutan, agrikultur, kebakaran, kendaraan, mikro, dan perjalanan. Sementara korporasi mencakup asuransi kebakaran, kecelakaan, diri, keuangan, kelautan, rekayasa, tanggung gugat, minyak dan gas, dan lain sejenisnya. 

Jika mengacu pada laporan keuangan perusahaan, Jasindo memiliki rasio solvabilitas atau indikator kesehatan keuangan perusahaan 170 persen. Sementara ketetapan minimum solvabilitas OJK adalah 120 persen. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa keuangan perusahaan standar karena tidak melampaui jauh dari ketentuan OJK. 

7. Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen) 

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) merupakan perusahaan asuransi BUMN yang memberikan layanan tabungan hari tua dan dana pensiun kepada para aparatur sipil negara (ASN) dan pejabat negara. 

Perusahaan asuransi Taspen didirikan pada bulan Juli 1963 dengan nama Perusahaan Negara Dana Tabungan dan Asuransi pegawai Negeri (PN Taspen) tang berfikus pada tabungan hari tua pegawai negeri. Pada tahun 1970, PN Taspen memperluas layanan produk asuransinya melalui produk program pensiun, program jaminan kecelakaan kerja, dan jaminan kematian. 

Pada mulanya, asuransi Jiwasraya masuk ke dalam salah satu dari tujuh daftar asuransi BUMN di atas. Hanya saja karena tersandung kasus gagal bayar pada bulan Oktober 2018, kini Jiwasraya tidak lagi masuk dalam tujuh daftar perusahaan asuransi BUMN. 
 

Pada bulan Maret 2020, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 20 Tahun 2020 terkait Pembentukan Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia telah resmi ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo. Dengan begitu holding BUMN asuransi resmi berdiri. Lantas, apa sih fungsi dari holding asuransi BUMN itu? Apa pengaruhnya dengan kasus asuransi BUMN Jiwasraya? 

Menilik Kasus Jiwasraya 

JIwasraya merupakan perusahaan asuransi jiwa BUMN yang telah berdiri sejak tahun 1859. Sebagai perusahaan asuransi milik negara (persero), perusahaan Jiwasraya dianggap sebagai pilihan asuransi yang kredibel karena mendapat dukungan dari negara. Hanya saja dalam beberapa tahun terakhir, Jiwasraya menyatakan tidak mampu membayarkan klaim atas 1.286 nasabahnya. 

Faktanya, persoalan Jiwasraya ini diketahui salah satu penyebabnya adalah kesalahan perhitungan investasi perusahaan. Namun, jika dilihat ke belakang, kasus penurunan kinerja Jiwasraya ini telah terjadi sejak tahun 2004. Namun baru mencuat ke publik pada pertangahan Desember 2019. 

Apa Itu Holding BUMN Asuransi? 

Holding BUMN Asuransi adalah penggabungan empat perusahaan asuransi BUMN di bawah perusahaan induk PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia, yakni Jasa Raharja, Jasindo, Askrindo, dan Jamkrindo.

Proses pembentukan holding BUMN asuransi ini pada dasarnya sama dengan kasus meger Bank Mandiri. Di mana pada masa krisis, pemerintah menggabungkan empat bank dengan sejarah yang kurang baik dan djiadikan satu menjadi Bank Mandiri. 

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menegaskan bahwa holding BUMN asuransi ini diharapkan dalam menjadi harapan baru dalam asuransi BUMN negara, jadi tidak hanya berfokus sebagai solusi Jiwasraya saja. 

Holding BUMN asuransi resmi berdiri

Pada bulan Maret lalu Presiden Joko Widodo menandatangani PP Nomor 20 tahun 2020 terkait pembentukan Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI). Dengan ditandatanganinya PP tersebut, maka holding BUMN asuransi telah resmi terbentuk dan dikepalai perusahaan induk PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI). 

 

Tanya Jawab

Apa itu asuransi BUMN?

Asuransi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) adalah perusahaan asuransi yang dimiliki dan dikelola oleh negara. Adapun kepemilikannya baik secara penuh, sebagian besar, atau sebagian kecil saja. 

Apa perbedaan asuransi BUMN dengan BUMS?

Dari segi pengelolaan keuangannya saja tentu sudah beda, sebab asuransi BUMN sahamnya dikelola oleh negara, sementara BUMS (Badan Usaha Milik Swasta) dikelola oleh perusahaan swasta di bawah pengawasan OJK. 

Selain dari segi pengelolaan keuangan, produk asuransi bumn umumnya berfokus pada nasabah anggota pemerintahan seperti TNI, Polri, dan PNS. Perlindungan yang diberikan pun umumnya berupa penjaminan kredit, asuransi kerugian, dan asuransi sosial. Sementara BUMS memiliki pilihan produk asuransi yang lebih komersial dan luas, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, dan lain sejenisnya. 

Apa saja proteksi yang diberikan asuransi BUMN?

Proteksi yang diberikan oleh asuransi BUMN bergantung pada produk dan perusahan asuransi yang dipilih. Adapun di antaranya adalah asuransi penjaminan kredit, asuransi kerugian, asuransi sosial, dan asuransi khusus untuk TNI, Polri, dan PNS. 

Seperti apa hukum asuransi BUMN?

Indikator penilaian tingkat kesehatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) jasa keuangan bidang usaha perasuransian dan jasa penjaminan diatur dalam Peraturan Menteri BUMN Per-10/MBU/2014. 

Apa fungsi dari holding asuransi BUMN?

Dengan dibentuknya holding BUMN asuransi, diharap dapat memberbaiki kualitas dari empat perusahaan asuransi BUMN yang kurang baik dan menjadi salah satu solusi penyelesaian kasus Jiwasraya. 

Lebih baik memilih asuransi BUMN atau BUMS?

Bergantung pada kebutuhan. Jika tujuannya adalah untuk keperluan pribadi seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan pribadi, dan lain sejenisnya, sebaiknya pilih asuransi Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) karena pilihan produk yang dihadirkan lebih luas. Namun jika mencari kebutuhan penjaminan kredit untuk usaha dan KPR, dapat mempertimbangkan asuransi BUMN Jamkrindo. 

Apakah asuransi Bumiputera adalah BUMN?

Ya, asuransi Bumiputera merupakan perusahaan swasta berbentuk mutual dengan negara (BUMN). Melihat kondisi perusahaan saat ini, tim Lifepal tidak merekomendasikan untuk membeli produk asuransi BUmiputera. Sebab keuangan perusahaan sangatlah tidak sehat dan dapat membuat rugi nasabahnya. 

Penulis Nisrina Salma Alifah Jurnalis bisnis yang sedang bergelut di dunia asuransi. Hidup untuk belajar dan berbahasa. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan