Asuransi BUMN

Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 25%

Asuransi BUMN

Asuransi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah perusahaan yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah, baik secara penuh, sebagian besar, atau sebagian kecil saja. Sebelumnya, dikenal dengan istilah Perusahaan Negara (PN). 

Perusahaan BUMN di Indonesia terbagi menjadi beberapa sektor industri, yaitu jasa keuangan dan asuransi. Hanya saja, beberapa perusahaannya beberapa kali tersandung kasus. Salah satunya yang sempat ramai dibicarakan adalah kasus perusahaan Jiwasraya. 

Perlu digaris bawahi bahwa perusahaan miliki negara ini berbeda dengan asuransi swasta. Bandingkan dan dapatkan produk asuransi jiwa terbaik dengan mengisi form berikut ini!

Asuransi jiwa UP hingga Rp2,5 M mulai Rp120 ribu/bulan!
+62

Daftar Asuransi BUMN 

Daftar asuransi BUMN di Indonesia terbagi menjadi tujuh instansi. Berikut ini adalah tujuh daftar asuransi di Indonesia yang dimiliki oleh pemerintah: 

  • Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo)
  • Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Asabri)
  • Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI)
  • Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo)
  • Jasa Raharja
  • Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo)
  • Tabungan dan Asuransi Pensiun (Taspen)

Holding BUMN Asuransi

Holding BUMN asuransi merupakan penggabungan empat perusahaan asuransi BUMN. Tujuan dari penggabungan perusahaan ini adalah sebagai solusi atas kasus gagal bayar beberapa perusahaan milik negara yang bergerak di bidang industri asuransi. 

Pertanyaan Seputar Asuransi BUMN

Dari segi pengelolaan keuangannya saja tentu sudah beda, sebab BUMN sahamnya dikelola oleh negara, sementara BUMS (Badan Usaha Milik Swasta) dikelola oleh perusahaan swasta di bawah pengawasan OJK. 

Selain dari segi pengelolaan keuangan, produk BUMN umumnya berfokus pada nasabah anggota pemerintahan seperti TNI, Polri, dan PNS. Perlindungan yang diberikan pun umumnya berupa penjaminan kredit, asuransi kerugian, dan asuransi sosial. Sementara BUMS memiliki pilihan produk asuransi yang lebih komersial dan luas, seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi mobil, dan lain sejenisnya.

Proteksi yang diberikan bergantung pada produk dan perusahan asuransi yang dipilih. Adapun di antaranya adalah asuransi penjaminan kredit, asuransi kerugian, asuransi sosial, dan asuransi khusus untuk TNI, Polri, dan PNS.

Indikator penilaian tingkat kesehatan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) jasa keuangan bidang usaha perasuransian dan jasa penjaminan diatur dalam Peraturan Menteri BUMN Per-10/MBU/2014. 

Dengan dibentuknya holding BUMN asuransi, diharap dapat memberbaiki kualitas dari empat perusahaan yang kurang baik dan menjadi salah satu solusi penyelesaian kasus Jiwasraya.

Bergantung pada kebutuhan. Jika tujuannya adalah untuk keperluan pribadi seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan pribadi, dan lain sejenisnya, sebaiknya pilih asuransi Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) karena pilihan produk yang dihadirkan lebih luas. Namun jika mencari kebutuhan penjaminan kredit untuk usaha dan KPR, dapat mempertimbangkan asuransi BUMN Jamkrindo.

Ya, asuransi Bumiputera merupakan perusahaan swasta berbentuk mutual dengan negara (BUMN). Melihat kondisi perusahaan saat ini, tim Lifepal tidak merekomendasikan untuk membeli produk asuransi BUmiputera. Sebab keuangan perusahaan sangatlah tidak sehat dan dapat membuat rugi nasabahnya.

Penulis Nisrina Salma Alifah Jurnalis bisnis yang sedang bergelut di dunia asuransi. Hidup untuk belajar dan berbahasa. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan