Jasa Raharja Surabaya

4.0 / 5.0 (9.097 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
48 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
48 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
48 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
48 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
48 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 30%
 

Tentang Jasa Raharja Surabaya

Jasa Raharja Surabaya adalah perusahaan asuransi umum atau sosial yang melayani warga Kota Surabaya. Memiliki nama lengkap PT Jasa Raharja (Persero), perusahaan berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menanggung risiko kecelakaan yang terjadi di jalan raya, jalur laut, dan jalur udara.

Jasa Raharja semula bernama Perusahaan Negara Asuransi Kerugian (PNAK) yang didirikan pada tahun 1960. Seiring waktu, nama perusahaan beberapa kali mengalami perubahan, hingga akhirnya menggunakan nama Jasa Raharja sejak tahun 1980.

Program asuransi yang ditawarkan Jasa Raharja adalah perlindungan dasar kepada masyarakat melalui dua program asuransi sosial. Pertama adalah Program Asuransi Kecelakaan dan Asuransi Alat Angkutan Umum yang dilaksanakan berdasarkan UU No. 33 Tahun 1964. Kedua adalah Program Asuransi Tanggung Jawab Menurut Hukum Terhadap Pihak Ketiga yang dilaksanakan berdasarkan UU No. 34 Tahun 1964.

Berdasarkan produk yang disediakan, kehadiran Jasa Raharja hanya menjalani fungsi negara dalam melindungi masyarakatnya dari risiko kecelakaan diri. Santunan yang diberikan berkisar Rp500 ribu sampai Rp50 juta. Angka tersebut memang tidak begitu besar jika dibandingkan dengan uang pertanggungan yang bisa mencapai miliaran rupiah dari asuransi swasta.

Ringkasan

  • Jasa Raharja adalah perusahaan asuransi sosial BUMN yang menanggung risiko kecelakaan di jalan raya, jalur laut, dan jalur udara.
  • Ada tiga jenis pertanggungan yang ditawarkan Jasa Raharja Surabaya, yaitu kecelakaan lalu lintas bagi pengendara dan korban kecelakaan, penumpang transportasi umum, dan tanggung jawab hukum pihak ketiga.
  • Premi asuransi Jasa Raharja Surabaya sudah termasuk ke dalam pajak kendaraan atau saat membeli tiket transportasi umum.
 
 

Alamat Kantor Jasa Raharja Surabaya

Demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, Jasa Raharja memiliki 29 kantor cabang, 63 kantor perwakilan, dan 67 kantor pelayanan yang tersebar di seluruh Indonesia termasuk Surabaya.

Jasa Raharja Perwakilan Surabaya

Jl. Raya Mastrip No. 12,

Karang Pilang, Surabaya

Telepon: 031-766 9755

Fax: 031-766 9751

Kantor Cabang Jasa Raharja Surabaya

Jl. P. Diponegoro No. 96-98, Surabaya

Telepon: 031-567 5102, 567 9218, 567 8186

Fax: 031-568 1693

Email: [email protected]

Selain di Surabaya, Jasa Raharja juga memiliki kantor perwakilan di kota Jawa Timur lainnya, seperti Malang dan Kediri. 

Jasa Raharja Malang

Perwakilan Malang

Jl. Dr. Cipto No. 8, Malang

Telepon: 0341-327 961

Fax: 0341-354 577

Jasa Raharja Kediri

Perwakilan Kediri

Jl. Diponegoro No. 34, Kediri

  1. 0354-684 889
  2. 0354-699 412

Call Center Jasa Raharja Surabaya

Jasa Raharja telah memiliki layanan call center yang terpusat yang bisa diandalkan oleh masyarakat. Melalui call center ini, masyarakat bisa bertanya-tanya seputar pengajuan klaim sampai pencairan santunan. 

  • Kantor Pusat Jasa Raharja: Jalan HR Rasuna Said Kav.C-2, Kuningan, Jakarta, 12920, Indonesia.
  • Telepon: (021) 5203454
  • Fax: (021) 5220284
  • Email: [email protected]
  • Website: www.jasaraharja.co.id
  • Contact center: 1500020
  • SMS Center: 081210500500
  • Telepon Jasa Raharja Surabaya: 031-567 5102, 567 9218, 567 8186
  • Fax Jasa Raharja Surabaya: 031-568 1693
  • Email Jasa Raharja Surabaya: [email protected]
 

Pilihan Produk

Jasa Raharja menawarkan tiga jenis produk asuransi kecelakaan, di antaranya:

  • Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas
  • Asuransi Kecelakaan Transportasi Umum
  • Asuransi Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
 

Bengkel Rekanan Jasa Raharja Surabaya

Jasa Raharja merupakan perusahaan asuransi sosial yang mampu memberikan manfaat santunan kecelakaan di lalu lintas. Oleh sebabnya, biaya perawatan akibat kecelakaan bukanlah tanggung jawab Jasa Raharja. 

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Jasa Raharja, baik informasi santunan, cara klaim, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Jasa Raharja yang didirikan sejak tahun 1960 merupakan penjabaran dari Peraturan Pemerintah No.6 Tahun 1960 tentang Ketentuan Perusahaan Asuransi Kerugian Belanda yang Dinasionalisasikan. Terdapat empat perusahaan yaitu Bekouw & Mijnssen, Blom & van Der Aa, Sluyters, serta N.V. Assurantie Maatschappij yang menjadi cikal bakal Jasa Raharja. Keempat perusahaan yang bermarkas di Jakarta ini kemudian dilebur menjadi Perusahaan Asuransi Kerugian Negara IKA BHAKTI.

Seiring berjalannya waktu, nama perusahaan beberapa kali mengalami pergantian hingga menjadi PT Jasa Raharja (Persero). Perusahaan yang telah memiliki anak perusahaan di bidang asuransi yaitu Jasaraharja Putera ini menjalankan “tugas negara”, yaitu memberikan asuransi sosial untuk setiap kecelakaan yang dialami masyarakat baik darat, laut, atau udara.

Produk asuransi yang tersedia di Jasa Raharja disesuaikan dengan perjalanan yang dilakukan warga Kota Surabaya. Asuransi yang tersedia hanya berbasis konvensional karena terbatas pada santunan tunai bagi kecelakaan lalu lintas maupun kecelakaan dalam perjalanan dengan transportasi umum baik darat, laut, maupun udara.

  • Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas : Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas ini khusus untuk memberikan pertanggungan pada kecelakaan yang terjadi di lalu lintas yang dialami oleh pengendara dan pihak ketiga (korban kecelakaan) 
  • Asuransi Kecelakaan Transportasi Umum: Asuransi ini dikhususkan bagi penumpang transportasi umum, baik di darat, laut, dan udara. Artinya, penumpang yang secara sah menjadi penumpang transportasi umum dan mengalami kecelakaan di dalamnya, akan mendapatkan pertanggungan sesuai dengan kondisinya. 
  • Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga: Program asuransi kecelakaan diri yang diberikan kepada korban kecelakaan (tabrakan) lalu lintas atau pihak ketiga. Asuransi ini sebagai bentuk tanggung jawab hukum atas kelalaian pengendara kendaraan bermotor.

Jasa Raharja memberikan manfaat santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas. Besarannya sendiri sudah tertera di dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 15 dan 16/PMK.10/2017. Berikut ini besaran santunan yang dikategorikan berdasarkan jenis angkutan.

Santunan kecelakaan penumpang

JENIS SANTUNAN JENIS ALAT ANGKUTAN 
DARAT, LAUT UDARA 
Meninggal dunia Rp 50.000.000 Rp 50.000.000
Cacat tetap (maksimal) Rp 50.000.000 Rp 50.000.000
Perawatan tetap (maksimal) Rp 20.000.000 Rp 25.000.000
Penggantian biaya penguburan (tidak memiliki ahli waris) Rp 4.000.000 Rp 4.000.000
Manfaat tambahan penggantian biaya P3K Rp 1.000.000 Rp 1.000.000
Manfaat tambahan penggantian biaya ambulance Rp 500.000 Rp 500.000

Santunan kecelakaan lalu lintas jalan

JENIS SANTUNAN  BESAR SANTUNAN
Meninggal dunia  Rp 50.000.000
Cacat tetap (maksimal) Rp 50.000.000
Perawatan (maksimal) Rp 20.000.000
Penggantian biaya penguburan (tidak memiliki ahli waris) Rp 4.000.000
Manfaat tambahan penggantian biaya P3K Rp 1.000.000
Manfaat tambahan penggantian biaya ambulance Rp 500.000

Pengajuan klaim santunan Jasa Raharja terbilang mudah, Anda hanya perlu melapor dan menyerahkan dokumen-dokumen yang diminta ke petugas Jasa Raharja di Surabaya. Berikut ini caranya: 

  • Meminta surat keterangan kecelakaan dari kepolisian 
  • Meminta surat keterangan kesehatan atau kematian dari pihak rumah sakit 
  • Membawa identitas pribadi seperti KTP, KK, atau Surat Nikah (bagi yang telah berkeluarga)
  • Mengunjungi kantor Jasa Raharja Surabaya dan mengisi formulir pengajuan klaim
  • Menyerahkan formulir dan dokumen-dokumen pendukung ke petugas
  • Menunggu proses pencairan 

Klaim online

Selain dengan mendatangi langsung, kini mengurus klaim juga bisa dilakukan secara online melalui situs resmi Jasa Raharja. Berikut cara klaim online: 

  • Pertama kunjungi situs resmi jasaraharja.co.id.
  • Isi formulirnya secara online seperti memasukkan NIK korban dan lokasi kejadian
  • Unggah dokumen-dokumen yang dibutuhkan
  • Setelah selesai, pihak Jasa Raharja akan melakukan peninjauan terhadap dokumen yang Anda kirimkan

Terdapat sejumlah alasan bagi warga Surabaya membutuhkan Jasa Raharja. Salah satu alasannya adalah tingkat kecelakaan lalu lintas (lakalantas) di Surabaya. Berikut penjelasannya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2018, angka lakalantas di Kota Pahlawan masih tinggi, hingga 1.191 kasus. Terbanyak dialami sepeda motor yang dikendarai usia produktif antara 16-30 tahun. Dari data ini, diketahui korban meninggal dunia mencapai 181 jiwa dan mengalami luka berat 176 orang.

Sementara itu, dalam beberapa pemberitaan media online nasional, pada periode Januari-Oktober 2019 tercatat 128 orang meninggal dunia karena lakalantas di Kota Surabaya. Jumlah itu diungkapkan oleh Kanit Lantas Polrestabes Surabaya, AKP Faqih.

Data kecelakaan yang diberikan unit Laka Lantas Polrestabes Surabaya mengungkapkan, 1.253 orang mengalami luka ringan dan 145 orang mengalami luka berat akibat lakalantas.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.jasaraharja.co.id/
  • https://surabaya.liputan6.com/read/4066926/data-surabaya-pelaku-kecelakaan-lalu-lintas-dominan-berumur-produktif
  • https://news.okezone.com/read/2019/02/01/519/2012208/surabaya-dikepung-banjir-puluhan-kendaraan-tenggelam
Penulis Nisrina Salma Alifah Jurnalis bisnis yang sedang bergelut di dunia asuransi. Hidup untuk belajar dan berbahasa. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan