Jasa Raharja Yogyakarta

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62
 

Jasa Raharja Jogja adalah layanan asuransi PT Jasa Raharja (Persero) (Jasa Raharja) yang berlokasi di wilayah Yogyakarta. Jasa Raharja adalah salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berfokus pada produk asuransi sosial, yaitu menanggung risiko kecelakaan yang terjadi di jalan raya, jalur laut, dan jalur udara.

Jasa Raharja semula bernama Perusahaan Negara Asuransi Kerugian (PNAK) yang didirikan pada tahun 1960. Seiring waktu, nama perusahaan beberapa kali mengalami perubahan, hingga akhirnya menggunakan nama Jasa Raharja sejak tahun 1980.

Jasa Raharja dikenal sebagai perusahaan asuransi umum yang menghadirkan dua jenis produk asuransi, yaitu asuransi kecelakaan dan asuransi tanggung jawab pihak ketiga.

Dalam beroperasi di Indonesia, Jasa Raharja telah mendapatkan izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK), namun belum tergabung ke dalam Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Kantor Cabang Jasa Raharja di Jogja

Jasa Raharja Building

Jl. Imam Bonjol No.151, Jogja, Jawa Tengah

Telepon : (024) 354.6140

Fax : (024) 354.3841

Kantor Perwakilan Jogja: Jalan Brigjen Sudiarto 428, Jogja. Telepon: 024-355 8089

 

Jasa Raharja memiliki beberapa jenis produk asuransi berbasis konvensional maupun syariah dengan harga yang terjangkau. Beberapa produk asuransi yang ditawarkan antara lain:

  • Asuransi Kecelakaan Diri
  • Asuransi Tanggung Jawab Pihak Ketiga
 

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) adalah provinsi dengan jumlah penduduk yang tinggi, yaitu 3,8 juta jiwa. Dilansir dari Katadata,  sebanyak 427 ribu orang dari angka tersebut berdomisili kota Yogyakarta. Meskipun terlihat kecil, sebenarnya kepadatan penduduk “kota seniman” ini cukup tinggi. Luas kota Jogja adalah 46km2, jadi rasio kepadatan penduduknya 9282 jiwa per km2. Artinya, terdapat 9282 orang yang tinggal di setiap luasan satu kilometer persegi.

Penyebabnya adalah daya tarik Jogja sebagai kota metropolitan. Adanya akses pendidikan dan pekerjaan yang baik menarik minat masyarakat daerah lain untuk tinggal di sana. Hal ini kemudian mengakibatkan masalah kota. Salah satunya adalah sebagai berikut.

Kepadatan penduduk juga menimbulkan kebutuhan transportasi yang tinggi. Dengan murahnya  pengajuan kredit kendaraan, masyarakat akhirnya lebih memilih menggunakan kendaraan bermotor (mobil dan motor) daripada transportasi umum. 

Beberapa masyarakat Jogja juga beralih profesi menjadi pengemudi transportasi online. Oleh sebab itu, terjadi peningkatan jumlah kendaraan bermotor.

Berdasarkan data Dishub DIY, jumlah kendaraan bermotor di kota Jogja mencapai 1,8 juta unit kendaraan. Setiap tahunnya, terjadi peningkatan 4 persen motor dan 5 persen mobil di Jogja dan 12 ribu kendaraan baru dibeli di DIY. Hal ini mengakibatkan kemacetan dan peningkatan kecelakaan lalu lintas.

Dilansir dari Bappeda DIY, angka kecelakaan DIY pada tahun 2019 sebesar 5.381 kasus, naik dari tahun sebelumnya sebesar 5061 kasus. Peristiwa-peristiwa tersebut mengakibatkan 387 korban jiwa dengan 6564 korban luka ringan sepanjang tahun. 

 

Oleh sebab itu, warga Jogja sebagai ibukota DIY membutuhkan asuransi yang bisa menanggung risiko kecelakaan seperti Asuransi Kecelakaan Lalu Lintas Jasa Raharja. Jasa Raharja juga memiliki produk asuransi yang menanggung biaya tanggung jawab pihak ketiga akibat kecelakaan. Maksudnya, pihak ketiga (korban) dalam kecelakaan bakal mendapat uang santunan.

 

Sebagai perusahaan asuransi negara, Jasa Raharja memiliki visi melindungi masyarakat dari kecelakaan. Oleh sebab itu, premi dikenakan hampir seperti sistem pajak. Terdapat dua jenis konsep premi yang dimiliki Jasa Raharja:

Iuran Wajib: biaya yang dikenakan ke penumpang transportasi umum yang biasanya sudah termasuk harga tiket. Premi ini dikenakan kepada transportasi yang melewati lebih dari 50 km perjalanan.

Sumbangan Wajib: biaya wajib yang dikenakan kepada pemilik kendaraan. Biaya ini dibayarkan setiap tahun ke kantor Samsat saat pendaftaran atau perpanjangan STNK. Berikut ini daftar biayanya:

  • Sepeda motor 500 CC ke bawah, mobil ambulans, mobil jenazah, dan mobil pemadam kebakaran sebesar Rp3.000,-
  • Traktor, buldoser, forklift, mobil derek, ekskavator, crane, dan sejenisnya sebesar Rp23 ribu.
  • Sepeda motor, sepeda kumbang, dan skuter di atas 50 CC hingga 250 CC dan kendaraan bermotor roda tiga sebesar Rp35 ribu.
  • Sepeda motor dan skuter di atas 250 CC sebesar Rp83 ribu.
  • Pick-up dan mobil barang hingga 2.400 CC, sedan, jip, dan mobil penumpang bukan angkutan umum sebesar Rp143 ribu.
  • Mobil penumpang angkutan umum hingga 1.600 CC dikenakan tarif Rp73 ribu.
  • Bus dan mikrobus bukan angkutan umum sebesar Rp153 ribu.
  • Bus dan mikrobus angkutan umum serta mobil penumpang angkutan lain di atas 1.600 CC sebesar Rp90 ribu.
  • Truk, mobil tangki, mobil gandengan, mobil barang di atas 2.400 CC, truk kontainer, dan sejenisnya sebesar Rp163 ribu.

Dikutip dari Tempo, Upah Minimum Regional (UMR) Jogja pada tahun 2020 adalah Rp2 juta. Dengan angka tersebut, tentu biaya asuransi sebesar Rp3 ribu hingga Rp73 ribu  per tahun cukup terjangkau bagi warga Jogja.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://lifepal.co.id/asuransi/Jasa-raharja/
  • https://www.jasaraharja.co.id
  • https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_kota_di_Indonesia_menurut_jumlah_penduduk
  • https://planologiku.wordpress.com/2017/02/20/kota-Jogja-dan-permasalahannya/
  • https://www.solopos.com/2019-polda-jateng-ungkap-6-453-kasus-kriminal-1039169
  • https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-4749393/angka-kecelakaan-lalu-lintas-di-jateng-tahun-ini-meningkat-45
  • https://jateng.bps.go.id/statictable/2019/10/09/1693/banyaknya-kendaraan-bermotor-yang-diregistrasi-pada-kepolisian-daerah-jawa-tengah-menurut-jenis-kendaraan-di-provinsi-jawa-tengah-2017.html
  • https://dishub.jogjaprov.go.id/berita/jumlah-kendaraan-di-jogja-terus-bertambah-rekayasa-lalu-lintas-jadi-solusi
  • https://bisnis.tempo.co/read/1266426/ump-yogya-tahun-2020-ditetapkan-begini-rinciannya/full&view=ok

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal