Pengertian Pengembalian Premi Asuransi

Asuransi jiwa dengan pengembalian premi asuransi adalah produk asuransi yang akan mengembalikan premi nasabah setelah masa pertanggungan berakhir.

Nasabah bisa mendapatkan persentase pengembalian premi yang beragam, mulai dari 50 persen, 75 persen, hingga di atas 100 persen. Kendati begitu, tidak semua produk asuransi jiwa menawarkan manfaat yang biasa disebut Return on Premium (ROP) atau no claim bonus ini.

Kalaupun ada produk asuransi jiwa yang menawarkan manfaat ROP ini, premi yang harus dibayarkan nasabah terbilang cukup mahal. Tapi tenang, ada juga pilihan polis asurasi jiwa ROP dengan premi yang lebih bersabahat! Yuk, bandingkan polis terbaiknya dengan mengisi formulir berikut ini:

Tidak ada klaim, premi dikembalikan! Mulai Rp100 ribu/bulan
+62

Kelebihan Asuransi Jiwa ROP

Berikut adalah beberapa manfaat asuransi jiwa ROP:

1. Mengajukan klaim atau tidak, nasabah tetap untung

Nasabah asuransi jiwa ROP mendapat keuntungan ganda. Jika mengajukan klaim, nasabah akan mendapatkan uang pertanggungan (UP) berkali lipat jumlah premi. Sementara bila tidak, uang premi tetap kembali.

2. Mendapatkan proteksi sekaligus pertumbuhan aset

Beberapa produk asuransi jiwa ROP memberikan pengembalian premi di atas 100 persen. Itu artinya, selain mendapatkan proteksi jiwa, nilai premi nasabah juga akan ikut berkembang.

3. Premi yang dibayarkan tetap sama

Asuransi jiwa ROP adalah salah satu bentuk asuransi jiwa murni. Yang mana, waktu pertanggungannya sudah ditetapkan di awal. Oleh karena itu, premi yang dibayarkan biasanya bakal tetap sama sampai akhir masa pertanggungan. Sebagai informasi, pada beberapa jenis asuransi jiwa, premi bakal bertambah seiring dengan berjalannya waktu dan sesuai dengan kondisi kesehatan nasabah.

4. Tidak perlu tes kesehatan

Masa pertanggungan asuransi jiwa ROP umumnya sudah ditentukan sejak awal. Itu sebabnya, biasanya nasabah tidak perlu melakukan tes kesehatan (medical check up) setiap tahunnya.

Kekurangan Asuransi Jiwa ROP

Meskipun menawarkan berbagai kelebihan, jenis asuransi jiwa juga memiliki beberapa kekurangan bila dibandingkan dengan asuransi jiwa murni lainnya, seperti:

1. Manfaat lebih terbatas

Biasanya, asuransi jiwa ROP menawarkan manfaat yang terbatas. Misalnya saja, nilai pertanggungan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan preminya.

2. Premi lebih mahal

Manfaat tambahan ini juga tidak diberikan secara cuma-cuma. Pasalnya, asuransi jiwa ROP cenderung menetapkan premi yang lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi jiwa murni lainnya.

Apa Manfaat Asuransi Jiwa ROP?

Dapatkan produk asuransi jiwa dengan pengembalian premi terbaik di sini. Pahami juga lebih lanjut tentang manfaat asuransi jiwa dengan pengembalian premi.

Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan