Polis Asuransi Kebakaran

Polis asuransi kebakaran berfungsi sebagai bukti tertulis yang menjelaskan segala informasi terkait produk. Mulai dari manfaat yang diberikan, risiko kebakaran seperti apa yang ditanggung dan tidak, premi, dan informasi penting lainnya. 

Asuransi kebakaran sangat cocok untuk Anda yang memiliki usaha. Dengan begitu, jika terjadi risiko kebakaran, perusahaan dapat tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Selain asuransi kebakaran, penting juga untuk memiliki asuransi karyawan dengan premi yang dapat disesuaikan dengan anggaran masing-masing perusahaan. Bandingkan polis terbaiknya dengan isi formulir berikut!
🧑🏼‍💼 Polis Fleksibel Dapat Disesuaikan Kebutuhan Perusahaan!
+62

Nah, balik lagi ke asuransi kebakaran, jenis proteksi ini memiliki cara kerja yang sedikit berbeda dengan jenis proteksi asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi mobil.

Agar tidak bingung dalam mempelajari polis, mari simak informasi penjelasannya berikut ini:

1. Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)

Polis dasar kebakaran ini dibagi menjadi dua macam menurut objek pertanggungan yaitu:

  • Polis kebakaran industri yaitu polis asuransi kebakaran yang menanggung segala kerusakan dan kerugian yang terjadi di dalam industri akibat risiko yang termasuk kategori kebakaran
  • Polis kebakaran non industri yaitu polis yang menanggung segala kerugian untuk harta bergerak dan tidak bergerak akibat risiko yang termasuk kategori kebakaran.

Apa saja jaminan Polis Standar Asuransi Kebarakan Indonesia

Asuransi kebakaran rumah PSAKI memberikan jaminan utama yaitu risiko kebakaran yang disebabkan beberapa hal. Berikut risiko yang dijamin dalam Polis Standar Asuransi Kebarakan Indonesia:

  1. Kebakaran adalah risiko utama yang dijamin dalam polis PSAKI.
  2. Petir adalah risiko kedua yang ditanggung dalam PSAKI, terutama untuk mesin dan peralatan listrik yang rusak dan terbakar akibat tersambar petir.
  3. Peledakan yang dijamin dari berbagai macam bahan peledak termasuk petasan, kecuali yang disebabkan tenaga nuklir.
  4. Kejatuhan pesawat termasuk jaminan utama dalam PSAKI, meskipun tidak menyebabkan kebakaran, kerusakan pada properti akan ditanggung perusahaan asuransi.
  5. Asap menjadi jaminan utama lain yang ditanggung dalam PSAKI. Kerusakan atau kerugian akibat asap dari kebakaran ditanggung dalam polis tersebut.

2. Polis Perhitungan Kembali (Adjustable Policy)

Polis asuransi ini diartikan sebagai polis dengan besaran premi yang harus dibayarkan akan diperhitungkan kembali di akhir suatu periode pertanggungan. Perhitungan ini biasanya didasarkan pada nilai rata-rata dari nilai deklarasi barang-barang yang dilaporkan.

Polis asuransi kebakaran ini hanya dapat dikeluarkan untuk:

  • Perkebunan
  • Pabrik gula
  • Gudang umum dan gudang pribadi
  • Toko, kios, dan pasar
  • Tangki untuk penyimpanan minyak.

3. Polis Mengambang (Floating Policy)

Asuransi ini tidak memiliki sebuah pertanggungan yang jelas karena fungsi utamanya untuk stok barang yang ada di beberapa lokasi dengan satu batas uang pertanggungan. Walaupun mengambang, polis ini juga memiliki batasan, yakni polis tidak akan menanggung objek yang berada di lebih dari satu kota. 

4. Polis Penilaian

Polisini memiliki pertanggungan yang ditentukan dari penilaian objek yang tertanggung yang disetujui oleh kedua belah pihak, penanggung dan tertanggung. Nilai ini didapatkan dari harga jual atau harga pasar dari objek pertanggungan tersebut.

5. Polis Tanpa Nilai

Polis ini kebalikan dari polis penilaian yaitu polis asuransi kebakaran yang harga pertanggungan ditentukan berdasarkan harga beli atau biaya pembangunan dikurangi dengan penyusutan bangunan yang wajar.

6. Polis Pemulihan Nilai (Reinstatement Policy)

Polis ini adalah bentuk pertanggungan di mana bila terjadi kerusakan akibat risiko kebakaran atas harta benda yang ditanggungkan, maka ganti rugi biaya sesuai dengan biaya pemulihan kembali harta benda tersebut ke lokasi yang sama, termasuk dengan tipe yang sama tanpa ada tambahan.

Setelah mengetahui jenis dan polis asuransi kebakaran, simak ulasan premi asuransi kebakaran dan contoh perhitungannya!
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan