• Promo_Page_jiwa1 (FIX)
FLASHSALE
Diskon 10%

Asuransi Kredit

  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Kredit Terbaik 2021

Asuransi kredit adalah produk asuransi yang memberikan manfaat pertanggungan berupa pelunasan utang atau kredit jika tertanggung mengalami risiko gagal bayar. Berikut ini adalah rekomendasi produk terbaik pilihan Lifepal!

Pengertian Asuransi Kredit

Pengertian asuransi kredit adalah asuransi yang disediakan oleh perusahaan asuransi kepada tertanggung bank atau lembaga keuangan jika debitur (orang yang melakukan pinjaman) tidak mampu melunasi pinjaman atau mengalami gagal bayar.

Biasanya, jenis asuransi ini menanggung risiko gagal bayar akibat debitur meninggal dunia, di-PHK, atau mengalami kebangkrutan.

Dalam asuransi kredit, umumnya yang menjadi tertanggung adalah perusahaan atau lembaga yang memberi pinjaman. Pasalnya, pemberi pinjaman lah yang akan mendapat uang penggantian atas utang yang belum dilunasi oleh debitur.

Jenis asuransi ini wajib Anda miliki jika ingin mengajukan pinjaman Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Kendaraan Bermotor (KKB), hingga kartu kredit.

Syarat untuk menjadi debitur yang ditanggung asuransi ini adalah yang berusia 20 tahun sampai 64 tahun dengan masa kredit lunas maksimal di usia 65 tahun.

Jenis-jenis Asuransi Kredit di Indonesia

Asuransi kredit di Indonesia terbagi ke dalam dua jenis, yaitu asuransi kredit konsumtif dan asuransi kredit produktif. Setiap jenis asuransi kredit tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Berikut penjelasannya:

Jenis Manfaat
Asuransi Kredit KonsumtifPertanggungan risiko gagal bayar kredit konsumtif
Asuransi Kredit ProduktifPertanggungan risiko gagal bayar kredit produktif

Asuransi kredit konsumtif biasanya diberikan kepada nasabah individu, baik berupa asuransi jiwa kredit atau asuransi kredit PHK. Asuransi jiwa kredit akan memberikan pertanggungan apabila debitur individu yang mendapatkan pinjaman meninggal dunia sehingga tidak dapat melunasi kreditnya. Sedangkan, asuransi kredit PHK diberikan jika debitur mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Kedua produk dari asuransi kredit konsumtif memang menyasar segmen debitur individu. Beberapa varian produk ini contohnya asuransi kredit kendaraan, asuransi kredit fintech (untuk pinjaman online), dan asuransi kredit multiguna.

Perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi kredit untuk individu di antaranya Adira, Equity Life, MNC Life, Chubb Life, PFI Mega Life, Zurich Life, Allianz Life, dan Simas Jiwa.

Sementara untuk asuransi kredit produktif umumnya menyasar segmen korporasi atau Usaha Kecil Menengah (UKM).

Produk ini akan menjamin risiko gagal bayar kredit yang diberikan kepada debitur perusahaan dari lembaga pembiayaan. Biasanya, gagal bayar yang ditanggung berhubungan dengan gagalnya usaha milik debitur.

Contoh varian asuransi kredit produktif untuk lembaga atau korporasi adalah asuransi kredit modal kerja, asuransi kredit investasi, dan asuransi kredit mikro untuk Usaha Kecil Menengah (UKM).

Perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi kredit untuk korporasi ini di antaranya Asuransi Sinar Mas (ASM), Askrindo, dan Asei.

Selain asuransi kredit, penting juga untuk mempertimbangkan polis asuransi karyawan. Dengan begitu, perusahaan Anda dapat terproteksi baik dari risiko kredit dan juga loyalitas karyawan.

Perhitungan Premi Asuransi Kredit

Perhitungan premi asuransi kredit bergantung dari plafon kredit, jangka waktu kredit, dan usia debitur. Untuk menghitung besaran premi asuransi ini, berikut rumus yang digunakan:

Pr = T x Pp

Pr = Premi

T = Tarif asuransi

Pp = Plafon kredit

Nah, untuk menentukan besaran premi asuransi kredit, perusahaan akan menghitungnya berdasarkan berapa lama tenor kredit yang ditanggung.

Contoh dari perhitungan menggunakan rumus di atas adalah sebagai berikut:

Seseorang mengambil pinjaman selama 10 tahun dan mendapatkan tarif asuransi sebesar 3 persen dengan plafon pinjaman Rp100 juta. Perhitungan preminya adalah sebagai berikut:

Pr = 3% x Rp100.000.000 = Rp3.000.000

Jadi, besaran premi yang harus dibayarkan orang itu sebesar Rp3.000.000 per bulan selama 10 tahun.

Faktor Penentu Premi

Faktor penentu premi kurang lebih tidak jauh berbeda dengan asuransi jiwa. Artinya, semakin lanjut usia nasabah, semakin tinggi pula harga preminya. Bandingkan polis asuransi jiwa untuk usia lanjut terbaik, premi mulai dari Rp50 ribuan / bulan!

Selain usia, ada juga beberapa faktor lainnya yang menentukan besaran premi asuransi kredit, di antaranya:

Cara Klaim Asuransi Kredit

Setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan klaim yang berbeda-beda. Meski begitu, secara umum nasabah dapat mengikuti empat langkah sederhana berikut ini:

  1. Pengajuan klaim: tertanggung mengajukan klaim sesegera mungkin sejak terjadinya kerugian
  2. Investigasi klaim: pihak asuransi akan melakukan survei untuk memastikan apakah risiko sesuai dengan yang ditanggung dalam kebijakan polis
  3. Cek bukti kerugian: tertanggung menyertakan bukti kerugian berupa dokumen pendukung
  4. Pembayaran: Jika disetujui, pihak asuransi akan membayar ganti rugi atas risiko kerugian tertanggung

Biasanya, klaim yang sudah disetujui akan cair dalam waktu 14 hari kerja. Namun, kembali kepada kebijakan masing-masing perusahaan asuransi.

Tips Memilih Asuransi Kredit Terbaik

Untuk memastikan asuransi kredit yang dipilih benar-benar sesuai kebutuhan, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan. Berikut selengkapnya:

Pertanyaan Seputar Asuransi Kredit

Berikut beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah terkait asuransi jiwa, mulai dari jenis-jenisnya, cara perhitungan preminya, tips memilihnya, hingga daftar asuransi kredit terbaik yang ada di Indonesia.

Chat Bantuan