Pengertian Asuransi Mikro

Pengertian asuransi mikro adalah produk asuransi yang ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Kategori MBR dalam asuransi mikro adalah kelompok masyarakat yang penghasilan per bulannya tidak lebih dari Rp2,5 juta. Premi yang ditetapkan tidak boleh lebih dari Rp50 ribu dan nilai pertanggungan maksimal adalah Rp50 juta.

Selain asuransi mikro, masih ada banyak pilihan asuransi kesehatan konvensional lainnya yang bisa didapat dengan premi murah. Yuk, bandingkan dan lihat pilihan polisnya secara online!
Bandingkan 500+ pilihan polis terbaik mulai Rp100 ribu/bulan!
+62

Berdasarkan kerangka asuransi mikro Indonesia yang diluncurkan pada 17 Oktober 2013 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pengertian asuransi mikro adalah produk asuransi yang diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah yang sederhana baik fitur dan administrasinya, produknya mudah didapat, dengan harga ekonomis yaitu relatif terjangkau/murah, serta proses penyelesaian pemberian santunannya segera tidak membutuhkan waktu yang lama.

Karakteristik Asuransi Mikro Indonesia

Dari pengertian asuransi mikro di atas, maka ada sejumlah karakteristik pada asuransi mikro yang membedakannya dengan asuransi secara umum. Berdasarkan kerangka asuransi mikro Indonesia, ditetapkan karakteristik asuransi mikro yaitu “Sederhana, Mudah, Ekonomis dan Segera (SMES)”.

Berikut ini penjelasan dari karakteristik asuransi mikro di Indonesia.

1. Sederhana

Asuransi mikro disebut sederhana karena bentuk dan jenis santunannya tidak rumit. Tidak memakai polis (kontrak asuransi) panjang hingga satu buku beratus-ratus halaman yang sulit dipahami.

Kontrak asuransi harus memiliki fitur dan proses administrasi yang sederhana dan mudah dipahami oleh masyarakat. Untuk itu, dalam kontrak asuransi mikro adalah satu lembar kertas atau dua lembar yang disebut sertifikat.

2. Mudah

Mudah dalam asuransi mikro adalah cara memperolehnya di banyak tempat tanpa harus ke kantor cabang asuransi. Biasanya, tempat untuk mendapatkan asuransi mikro adalah swalayan, kantor pos, outlet Pegadaian, kios, hingga kantor kepala desa.

3. Ekonomis

Ekonomis dalam asuransi mikro adalah iuran yang dibayarkan sangat terjangkau bahkan dapat dikatakan relatif murah. Beberapa perusahaan asuransi menawarkan asuransi mikro seharga dua atau tiga bungkus rokok.

Namun, harga produk asuransi mikro berbeda-beda tergantung besar kecilnya santunan dan jenis asuransi yang dibeli. Selain itu kelebihan dari premi asuransi mikro adalah pemegang polis cukup hanya dengan sekali bayar dalam satu masa pertanggungan dikarenakan harganya yang sangat terjangkau.

4. Segera

Segera dalam asuransi mikro yaitu proses pembayaran santunan atau klaim relatif singkat. Biasanya klaim akan dibayar paling lambat 10 hari setelah semua dokumen klaim lengkap dan benar.

Perbedaan Asuransi Mikro dengan Produk Asuransi Non Mikro

Selain karakteristik di atas, asuransi mikro punya beberapa perbedaan dengan produk asuransi non mikro yang umum dijual agen asuransi. Berikut perbedaannya:

Produk Asuransi MikroProduk Bukan Asuransi Mikro
Polisnya berupa voucher atau sertifikat (maksimal 2 lembar)Polis tebal bisa mencapai ratusan lembar dijilid dalam bentuk buku
Bentuk dan jenis santunan sederhana dan tidak rumitPolis memuat syarat dan ketentuan yang luas  
Sedikit pengecualianBanyak pengecualian
Premi dan santunan sudah ditetapkan dan jumlahnya sama bagi setiap tertanggungPremi dan Nilai pertanggungan tergantung dari kemampuan dan permintaan tertanggung
Jangka Waktu: umumnya tidak lebih dari 1 tahunJangka Waktu: 1 tahun atau lebih
Tanpa perlu melakukan cek kesehatanPerlunya cek kesehatan untuk asuransi kesehatan
Distribusinya: dapat dibeli langsung, melalui swalayan, kios-kios, kantor kepala desa atau tempat lain yang ditentukan dan kelompok masyarakatDistribusinya: produk dapat diperoleh di kantor cabang asuransi, melalui agen atau broker

Aturan OJK Mengenai Asuransi Mikro

Selain memahami pengertian asuransi mikro, sebaiknya pelajari juga aturan OJK mengenai produk asuransi mikro. Jangan lupa bandingkan asuransi mikro terbaik hanya di Lifepal!

Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan