Asuransi Mobil Adira

3.8 / 5.0 (5.245 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%HEMAT 15%
 

Asuransi mobil Adira adalah asuransi mobil yang ditawarkan oleh PT Asuransi Adira Dinamika dengan manfaat perlindungan terhadap segala risiko seperti kerusakan, kehilangan, maupun tanggung jawab kepada pihak ketiga termasuk proteksi bagi pengemudi dan penumpang. 

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil Adira

  • (+) Asuransi Adira sudah memiliki reputasi sebagai merek dagang yang tepercaya bagi sebagian besar pemilik kendaraan pribadi.
  • (+) Asuransi mobil dari Adira terbilang lebih unggul dengan adanya pilihan polis Comprehensive Plus yang menawarkan perlindungan perluasan risiko kerusakan akibat bencana alam.
  • (+) Asuransi Adira memiliki layanan sambungan telepon hotline 24 jam bagi nasabahnya.

Sekilas tentang Asuransi Mobil Adira

Awalnya, perusahaan yang menjadi anak perusahaan Bank Danamon ini diberi nama Asuransi Kerugian Nexus. Perusahaan tersebut berdiri pada tahun 1997, baru kemudian berubah nama menjadi Asuransi Adira Dinamika pada tahun 2002.

Berada di bawah naungan PT Asuransi Adira Dinamika, perusahaan asuransi ini hadir dengan produk-produk asuransi konvensional dan asuransi syariah.

Asuransi Mobil Adira dikenal pula oleh masyarakat dengan nama Autocillin dari Adira Insurance. Produk asuransi ini memiliki beberapa kelebihan, seperti layanan bantuan 24 jam dan proses klaim mudah melalui layanan aplikasi online maupun sambungan telepon.

Ada tiga produk utama asuransi mobil Adira yaitu, asuransi Autocillin Comprehensive (all risk), asuransi Autocillin Comprehensive Plus, dan asuransi Autocillin Total Loss Only (TLO) yang memberikan proteksi mobil sesuai dengan ketentuan polis masing-masing.

Beragam produk asuransi lainnya telah dihadirkan oleh Adira, yaitu asuransi rumah, asuransi perjalanan, asuransi demam berdarah, dan asuransi tipus.

 

Asuransi mobil Adira terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah. Berikut pilihan polis asuransi mobil Adira yang bisa dipertimbangkan.

Asuransi Mobil Adira
Autocillin Comprehensive (All Risk)
Produk asuransi mobil yang memberikan manfaat perlindungan menyeluruh jika terjadi kerusakan dalam penggunaan sehari-hari serta tanggung jawab hukum pada pihak ketiga jika kendaraan menabrak kendaraan lain.
Asuransi Mobil Adira
Autocillin Comprehensive Plus
Produk asuransi mobil yang sama dengan Autocillin Comprehensive tetapi terdapat perluasan risiko kerusakan akibat bencana alam.
Asuransi Mobil Adira
Autocillin Total Loss Only
Produk asuransi mobil dengan manfaat dasar penggantian jika kendaraan mengalami kehilangan/kerusakan lebih dari 75 persen dengan usia maksimal kendaraan 15 tahun.
 

Asuransi mobil Adira memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan polis asuransi mobil Adira, premi, dan cara pembeliannya.

Pertanggungan asuransi Adira sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil Adira.

Asuransi Mobil Adira Autocillin Comprehensive (All Risk)

Produk asuransi mobil Adira Autocillin Comprehensive (all risk) memberikan manfaat perlindungan menyeluruh jika terjadi kerusakan dalam penggunaan sehari-hari serta tanggung jawab hukum pada pihak ketiga jika kendaraan nasabah menabrak kendaraan lain.

Adapun manfaat pertanggungan yang diberikan, yaitu:

  • Memberikan pertanggungan untuk semua jenis risiko kerugian dasar, baik karena kerusakan minor atau kerusakan total.
  • Mendapatkan fitur dan layanan yang diberikan oleh Autocillin.

Asuransi Mobil Adira Autocillin Comprehensive Plus 

Produk asuransi mobil Adira Autocillin Comprehensive Plus memberikan manfaat dasar yang sama dengan Autocillin Comprehensive. Namun, terdapat perluasan jaminan terhadap risiko kerusakan akibat bencana alam. Uang pertanggungan mulai dari Rp25 juta sampai dengan Rp100 juta sesuai dengan ketentuan dalam polis asuransi. 

Adapun manfaat pertanggungan yang diberikan, yaitu:

  • Memberikan pertanggungan untuk semua jenis risiko kerugian dasar, seperti yang didapatkan dalam paket Autocillin Comprehensive.
  • Memberikan jaminan proteksi terhadap risiko angin topan, badai, hujan es, tanah longsor, gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.
  • Pertanggungan terhadap risiko huru-hara dan kerusuhan.
  • Kecelakaan diri untuk pengemudi dan penumpang.
  • Fitur layanan nasabah.

Asuransi Mobil Adira Autocillin Total Loss Only 

Produk asuransi mobil Adira Autocillin Total Loss Only (TLO) memberikan manfaat dasar penggantian jika kendaraan mengalami kehilangan/kerusakan lebih dari 75 persen, dengan catatan usia maksimal kendaraan 15 tahun. Paket asuransi mobil ini juga memberikan jaminan seperti yang ada pada paket Autocillin Comprehensive Plus tetapi dengan penambahan biaya premi.

Adapun pertanggungan yang diberikan, yaitu:

  • Uang pertanggungan seharga mobil sesaat sebelum terjadi kerugian (kecelakaan atau risiko lain yang ditentukan dalam polis).

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Garda Oto, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Adira memiliki ketentuan tersendiri dalam menentukan premi produk asuransi mobilnya. Meski begitu, sama dengan perusahaan asuransi mobil lainnya, ketentuan tersebut tetap harus mengikuti batasan-batasan yang ditentukan oleh OJK.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian asuransi mobil Adira, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi Adira.

Asuransi mobil Adira bisa dibeli melalui agen atau langsung ke kantor cabang Adira terdekat. Calon nasabah juga bisa membeli asuransi melalui nomor call center Adira 1500456 atau mendaftar melalui situs resmi Adira dengan mengisi formulir yang sudah disediakan. Setelah itu, Adira akan menghubungi untuk proses pembelian polis yang dibutuhkan.

Selain membeli melalui situs resmi, calon nasabah juga dapat membandingkan terlebih dahulu asuransi mobil terbaik melalui situs agregator atau marketplace asuransi seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah dapat membandingkan produk asuransi mobil Adira dengan asuransi mobil dari perusahaan lainnya. Dengan demikian, calon nasabah akan mendapatkan proteksi dan harga premi terbaik sesuai kebutuhan.

Premi asuransi Asuransi Adira bisa dibayar secara tahunan sekaligus atau diangsur setiap semester (per enam bulan), kuartal (per tiga bulan), setiap bulan sekali.

Adapun kanal pembayaran yang disediakan adalah sebagai berikut:

  • ATM Transfer
  • Online Banking (Mandiri Clickpay, Danamon Online)
  • Kartu Kredit (VISA/Master)
  • Cicilan 0 persen dari Bank Danamon

Informasi mengenai pembayaran premi Asuransi Adira bisa ditanyakan melalui:

Kantor Pusat Asuransi Adira Dinamika (ADIRA Insurance)

Graha Adira

Jl MT Haryono Kav 42, Jakarta Selatan 12950

Telepon: (021) 2966-7373

Call Centre 1500-456

SMS 0812-111-3456

Cara pembayaran pada dasarnya sama saja, penting untuk mengetahui nomor polis yang dibayarkan. Setelah itu informasikan atau input nomor polis. Kemudian lakukan pembayaran premi sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. 

Jangan lupa simpan bukti pembayaran sebagai arsip apabila sewaktu-waktu dibutuhkan. Terdapat notifikasi melalui SMS ataupun email di hari yang sama apabila pembayaran premi berhasil. 

Prosedur klaim asuransi mobil Adira sangat mudah, berikut adalah prosedur klaim asuransi mobil Adira.

  • Melaporkan klaim
  • Siapkan dokumen klaim
  • Survei (jika dibutuhkan) dan analisis klaim
  • Hasil analisis dan penilaian klaim (jika disetujui)

Laporan klaim kerugian harus dilakukan maksimal lima hari sejak terjadinya kerugian. Adapun saluran klaim yang bisa dihubungi adalah sebagai berikut ini:

Melapor Klaim

  • Mendatangi kantor Adira Insurance terdekat
  • Telepon ke Adira Care 1500 456
  • Kirim SMS ke Nomor 08121113456
  • Melaporkan melalui aplikasi Autocillin Mobile Claim (Khusus Autocillin)
  • Melaporkan melalui laman https://asuransiadira.com/hubungi 

Menyiapkan Dokumen

  • Dokumen asuransi sesuai petunjuk.
  • Melampirkan form klaim sesuai produk yang diisi.
  • Menyerahkan dokumen asuransi dan form klaim ke Adira.
  • Foto-foto sesaat setelah terjadinya kerugian yang dialami.

Survei dan Analisis Klaim

Survei dilakukan untuk mengetahui secara jelas penyebab terjadinya kerugian dan proses penghitungan estimasi total kerugian yang terjadi. Survei dilakukan terhadap objek pertanggungan.

Hasil Analisis dan Penilaian Klaim

Setelah keseluruhan dokumen dan hasil survei dianalisis, tim Adira akan memberikan penilaian terhadap klaim yang sudah diajukan oleh nasabah.

Penggantian Klaim

Proses penggantian klaim kerugian dilakukan sesuai dengan jenis kerugian yang ditanggung dalam polis.

Semua jenis klaim wajib disertakan kronologi kejadian dalam formulir laporan kerugian yang diberikan oleh petugas Adira Insurance. Nasabah wajib menandatangani dokumen yang sudah disertakan.

Asuransi kendaraan bermotor wajib memberikan dokumen berikut:

  • Salinan SIM yang masih berlaku.
  • Salinan STNK yang masih berlaku.
  • Dokumen lain yang disesuaikan dengan jenis klaim.
  • Dokumen pendukung sesuai dengan ketentuan polis masing-masing.

Informasi lebih lengkap tentang klaim produk asuransi Adira, bisa menghubungi Adira Care 1500456 atau kantor cabang terdekat.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika nasabah melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Silakan hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil Adira.

Nasabah dapat menutup polis asuransi mobil Adira, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak Adira akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://asuransiadira.com/
Penulis Dzulfikar Financial Content Writer yang mengemas informasi, tips, dan kiat keuangan dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Lihat profile penulis