Asuransi Mobil Allianz

5.0 / 5.0 (5.250 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%HEMAT 15%
 

Asuransi Mobil Allianz

Asuransi Mobil Allianz adalah asuransi mobil yang ditawarkan Allianz Utama, perusahaan asuransi umum di bawah naungan Allianz Group. Allianz merupakan brand asal Jerman yang hadir di Indonesia lewat dua perusahaan yaitu asuransi umum dan asuransi jiwa PT Asuransi Allianz Life Indonesia.

Produk asuransi mobil dari Allianz tersedia dalam tiga pilihan polis yang memberikan pertanggungan atau ganti rugi berbeda. Tersedia pilihan ganti rugi kerusakan sebagian, kerusakan besar, kehilangan, dan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga. Asuransi Mobil Allianz cocok bagi nasabah yang ingin memproteksi mobil kesayangan.

Ringkasan

  • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TPL) merupakan bagian dari manfaat utama polis Asuransi Mobilku Allianz Eco.
  • Asuransi mobil Allianz memiliki aplikasi online dengan nama Allianz eAZy Claim yang bisa nasabah manfaatkan untuk melihat polis dan kebutuhan kenasabahan lainnya.
  • Klaim asuransi mobil Allianz bisa dilakukan secara online.
  • Asuransi mobil Allianz memiliki layanan bantuan 24 jam untuk nasabah.
  • Pembayaran premi asuransi mobil Allianz sudah bisa dilakukan secara online.

Sekilas tentang Asuransi Mobil Allianz

Asuransi Mobil Allianz dikenal dengan nama Asuransi Mobilku Allianz. Produk asuransi ini memiliki beberapa kelebihan, seperti layanan bantuan 24 jam melalui layanan darurat Allianz RodA, memberikan penggantian jika mobil dicuri oleh supir pribadi, menyediakan perluasan jaminan terhadap risiko banjir hingga water hammer (kerusakan terhadap mesin kendaraan akibat kemasukan air), dan terdapat penggantian kerugian terhadap pihak ketiga.

Tidak hanya itu, bengkel rekanan asuransi mobil Allianz juga tersebar luas di kota-kota besar seluruh Indonesia. Kemudian, proses klaimnya juga cepat, yaitu hanya butuh satu hari kerja saja agar kendaraan ditangani oleh bengkel rekanan.

Selain proteksi untuk mobil, asuransi mobil Allianz juga menambahkan asuransi kecelakaan bagi pengendara maupun penumpang dengan yang pertanggungan hingga Rp10 juta per orang.

Allianz di Indonesia memiliki dua perusahaan asuransi dengan jenis produk yang berbeda, yaitu PT Asuransi Allianz Utama Indonesia dengan produk asuransi umum dan PT Asuransi Allianz Life Indonesia dengan produk asuransi jiwa. Allianz Utama Indonesia sudah hadir lebih awal, yaitu sejak tahun 1989. Sementara Allianz atau Allianz Life hadir di Indonesia sejak tahun 1996.

 
 

Pilihan Polis Asuransi Mobil Allianz

Asuransi Allianz memiliki produk perlindungan kendaraan roda 4 khusus mobil yang terdiri atas tiga pilihan polis. Masing-masing polis bisa ditambahkan manfaat lain sesuai kebutuhan nasabah.

Berikut ulasan polis Asuransi Mobil Allianz yang tersedia.

Asuransi Mobil

Asuransi Mobilku Allianz Eco

Produk Asuransi Mobilku Allianz Eco memberikan proteksi dasar berupa asuransi all risk/comprehensive. Manfaat pertanggungan yang diberikan bersifat menyeluruh, yaitu kerusakan kecil, sebagian, ataupun kerusakan total.

  • Kerugian dengan biaya penggantian sama dengan atau lebih dari 75 persen dari harga pasar akibat pencurian atau tidak kembali dalam waktu 60 hari sejak kejadian.
  • Kerusakan pada mobil akibat tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir, terperosok, perbuatan jahat, pencurian, dan kebakaran.
  • Kerugian akibat bencana alam, seperti angin topan, badai hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor, termasuk kerusakan mesin disebabkan oleh masuknya air ke blok mesin melalui saluran saringan udara.
  • Kerusakan akibat terimbas kejadian pemogokan, kerusuhan, dan huru-hara.
  • Tanggung jawab kepada pihak ketiga (third party liability/TPL) jika terjadi kerusakan atau penggantian biaya pengobatan, dan meninggal dunia dengan maksimal limit pertanggungan Rp 55 juta per kejadian.
  • Santunan kecelakaan jika terjadi cedera badan atau kematian terhadap pengemudi dan penumpang dengan maksimal limit pertanggungan Rp10 juta per orang.
  • Biaya penggantian perawatan atas cedera yang dialami pengemudi atau penumpang maksimal 10 persen dari limit santunan kecelakaan diri.
  • Layanan klaim di bengkel rekanan Allianz.
  • Perbaikan di bengkel resmi produsen mobil.
  • Layanan mobil derek dan layanan darurat dari Allianz Emergency Roadside Assistance.
  • Santunan uang pengganti untuk kerusakan minor dengan estimasi klaim maksimal Rp1 juta dalam satu periode pertanggungan yang langsung ditransfer ke rekening tertanggung.
Asuransi Mobil

Asuransi Mobilku Allianz Grand

Produk Asuransi Mobilku Allianz Grand memberikan proteksi dasar asuransi all risk/comprehensive yang sama dengan paket Asuransi Allianz Eco, tetapi dengan tambahan pertanggungan.

  • Kerugian dan kerusakan akibat bencana alam seperti gempa bumi, letusan gunung api, dan bencana alam lain, termasuk kerusakan mesin yang disebabkan oleh air yang masuk ke dalam blok mesin.
  • Pertanggungan tanggung jawab kepada pihak ketiga (third party liability/TPL) jika terjadi kerusakan atau penggantian biaya pengobatan.
  • Manfaat pertanggungan terhadap risiko meninggal dunia dengan maksimal limit pertanggungan Rp 75 juta per kejadian.
  • Kehilangan ataupun kerusakan harta benda milik pribadi yang ada di dalam mobil pada saat mobil hilang karena dicuri atau mengalami kerusakan total mencapai Rp 10 juta. (Tidak termasuk perhiasan dan logam mulia)
  • Santunan biaya taksi maksimal Rp100 ribu untuk maksimal lima hari.
  • Layanan klaim di bengkel rekanan asuransi mobil Allianz.
  • Perbaikan di bengkel resmi produsen mobil.
  • Layanan mobil derek dan layanan darurat dari Allianz Emergency Roadside Assistance.
  • Santunan uang pengganti untuk kerusakan minor dengan estimasi klaim maksimal Rp1,5 juta dalam satu periode pertanggungan yang langsung ditransfer ke rekening tertanggung.
  • Layanan inspeksi klaim langsung ke alamat (rumah/kantor/kejadian di jalan).
Asuransi Mobil

Asuransi Mobilku Allianz Nonpaket

Produk Asuransi Mobilku Allianz Nonpaket memberikan proteksi dasar berupa asuransi total loss only (TLO) dengan uang penggantian sama dengan atau lebih dari 75 persen dari harga kendaraan sebelum kerugian terjadi.

  • Manfaat perlindungan Kerusakan atau kerugian akibat dari pemogokan, kerusuhan, huru-hara dan terorisme.
  • Manfaat perlindungan dari bencana alam, seperti angin topan, badai, hujan es, banjir, genangan air dan atau tanah longsor, gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami
  • Manfaat perlindungan Tanggung jawab hukum tertanggung terhadap pihak ketiga dan penumpang
  • Manfaat penggantian kehilangan harta benda mencapai Rp 10 juta per kendaraan
  • Manfaat santunan biaya mobil ambulan hingga Rp 2 juta
  • Manfaat santunan biaya taksi mencapai Rp 100 ribu (maksimal 5 hari)
  • Santunan kecelakaan diri mencapai Rp 100 juta
 

Cara Klaim Asuransi Mobil Allianz

1. Melapor kejadian klaim kepada pihak Allianz Utama maksimal 72 jam setelah kejadian. Pada alamat berikut:

  • Jakarta: Allianz Tower, Jl. HR. Rasuna Said Kawasan Kuningan Persada Super Blok 2 Jakarta 12980 Indonesia Tel: +6221-2926 8888 Email : [email protected]
  • Bandung: Wisma CIMB Niaga, 7th floor Jl. Gatot Subroto No. 2, Bandung 40262 Phone : 022-730 8889
  • Surabaya: Graha Pasifik Lt. 1-2, Jl. Basuki Rachmat 87-91 Surabaya 60271 Telp. 031 5357997
  • Medan: Allianz Centre, Forum Nine Building Lt. 6 (Plaza CIMB Niaga), Jl. Imam Bonjol No. 9, Medan 20112 Telp. 061-88816678, Fax. 061-88817318

2.Melampirkan data berikut melalui email atau surat.

  • Nomor polis asuransi
  • Nama pemilik polis
  • Merek kendaraan
  • Nomor polis kendaraan
  • Tanggal dan tempat kejadian
  • Kerugian benda
  • Uraian singkat terjadinya kerugian atau kecelakaan

3. Membawa dokumen berikut.

  • Formulir klaim yang sudah diisi
  • Salinan polis asuransi
  • Salinan SIM dan STNK
  • Surat keterangan dari Kepolisian setempat terkait dengan kehilangan atau kerusakan kendaraan.
  • STNK asli (kendaraan hilang)
  • Kunci cadangan kendaraan minimal 2 (kendaraan hilang)
  • Surat keterangan Kadit Reserse Polda (kendaraan hilang)
  • BPKB asli dan faktur (kendaraan hilang)
  • Blanko kwitansi kosong rangkap tiga (kendaraan hilang)
  • Surat pemblokiran STNK (kendaraan hilang)
  • Surat keterangan dari kepolisian setempat (tanggung jawab pihak ketiga)
  • Foto copy STNK dan SIM dari pihak ketiga (tanggung jawab pihak ketiga)
  • Surat tuntutan dari pihak ketiga yang ditandatangani diatas materai (tanggung jawab pihak ketiga)
  • Foto kerugian materi dari pihak ketiga (tanggung jawab pihak ketiga)
  • Surat pernyataan ada atau tidaknya asuransi (tanggung jawab pihak ketiga)
 

Bengkel Rekanan Asuransi Mobil Allianz

Allianz memiliki bengkel rekanan resmi yang ditunjuk secara langsung memberikan layanan perbaikan kendaraan nasabah yang mengalami kerusakan. 

Berikut beberapa bengkel rekanan resmi di area Jabodetabek.

Bengkel Rekanan di Jakarta Barat

  • Inti Raharja Motor, Jalan Anggrek Rosliana VII Nomor 17, Slipi (021 5331572, 5363293)
  • Layanan Prima, Jalan Jelambar Barat III/12A (021 5665930, 5665931)
  • Lido Jaya Motor, Jalan Raya Meruya Selatan Nomor 22A (021 98230599, 58903858)

Bengkel Rekanan di Jakarta Selatan

  • Fajar Timur Motor, Jalan Kemandoran I Nomor 29B Palmerah Barat (021 5481852, 5305362) 
  • Mahkota Buana Motor, Jalan Warung Jati Timur Nomor 1B (021 7942411, 7990363)
  • Auto Pro, Jalan Ciputat Raya Nomor 63, Pondok Pinang (021 7659251)

Bengkel Rekanan di Jakarta Timur

  • Raperind, Jalan Raya Kalimalang/2D-E (021 8643594, 8642456)
  • Metro 77, Jalan Jend. Basuki Rahmat Nomor 7A (021 8631551, 86608041)
  • Auto Klinik, Jalan Bangunan Barat Raya Nomor 2 Kayu Putih, Jakarta Timur (021 47881363)

Bengkel Rekanan di Jakarta Utara

  • Karyakita Putra Sejahtera, Jalan Gunung Sahari Ancol Nomor 17 (021 6253378, 6670236
  • Jaya Baru Wahana Service, Jalan Sunter Kemayoran Raya Nomor 50A (021 6515012, 6515076)
  • Tunas Motor (khusus aksesori), ITC Cempaka Mas Blok M Nomor 52 Jalan Letjend. Suprapto Raya (021 42900327, 42900328)

Bengkel Rekanan di Bekasi

  • CV Karya Indah Motor, Jalan Siliwangi Nomor 20, Rawapanjang (021 82422689, 82400102)
  • Karya Murni Sentosa, Jalan Siliwangi KM 7 Caringin Rawalumbu, Bekasi (021 82420757)
  • Harmonic Jaya Motor, Jalan Bintara Jaya Raya Nomor 17, Bekasi (021 86900749)

Bengkel Rekanan di Cikarang

  • Otowarna, Jalan Jababeka VI Blok J Nomor 4E, Kawasan Industri Jababeka (021 89836262)

Bengkel Rekanan di Cibubur

  • Hasta Auto, Jalan Raya Kranggan Nomor 42 (0811 1110898, 0815 9304638)
  • C.N.C, Jalan Raya Ciangsana, Alternatif Cibubur (021 84931412)

Bengkel Rekanan di Karawang

  • CV Sinar Surya Motor, Jalan Akses Tol Karawang Barat, 1 Km Pintu Tol Karawang Barat 1 (0267 8457554, 8457557)
  • Megah Jaya, Jalan Ronggo Waluyo Nomor 72 (0267 8455819)

Bengkel Rekanan di Tangerang

  • PD. Marga Jaya, Jalan M.H. Thamrin Nomor 8 Cikokol d/h, Kebon Nanas (021 55753357-59)
  • Cams, Jalan Telaga Gunung Serpong Raya Nomor 8 Sektor Catalina Paramount Serpong, Tangerang (021 54221066)

Bengkel Rekanan di Serang

  • CV Subur Jaya Motor, Jalan Lingkar Selatan Nomor 79 Ciracas, Serang (0254 210920)

Bengkel Rekanan di Depok

  • Paint Auto Repair, Jalan KSU Serab Nomor 1, Depok (021 77835421)

Bengkel Rekanan di Bogor

  • Makmur Jaya Motor, Jalan Padjajaran Nomor 15A (0251 8310166)
  • Tons 2000, Jalan Raya Taman Cimanggu Nomor 3, Bogor (0251 8347517, 8359322)
  • Auto Sinar Makmur, Jalan KH. Soleh Iskandar, Bogor (0251 7540868)

Jaringan bengkel rekanan perusahaan tidak hanya di area Jabodetabek saja, sebagaimana masih ada bengkel rekanan di area lainnya di seluruh Indonesia, termasuk rekanan untuk truk dan bengkel rekanan authorized. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan mengunjungi allianz.co.id/layanan/customer-service/daftar-bengkel-rekanan.

Terdapat pula layanan ERA (Emergency Roadside Assistance) pada masing-masing wilayah. Untuk mendapatkan informasi selengkapnya, silakan menghubungi 1500 136.

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Mobil Allianz, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Maraknya tindak kriminalitas yang merugikan masyarakat mulai dari pencurian bagian mobil tertentu hingga pencurian harta benda pribadi yang berada di dalam kendaraan menjadi perhatian serius bagi masyarakat di kota maupun di desa belakangan ini. Belum lagi risiko mengalami kecelakaan ataupun terserempet kendaraan lain yang tentunya membuat kondisi keuangan pribadi menjadi lebih boros untuk memperbaikinya.

Asuransi Kendaraan khususnya mobil memberikan perlindungan bagi nasabah dari berbagai macam risiko kerusakan hingga kehilangan. Bukan hanya dari sisi kendaraan, tetapi juga harta benda yang berada di dalamnya. Kebutuhan ini semakin penting bagi nasabah yang mempunyai tingkat mobilitas tinggi di jalan raya karena akan memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengalami kerugian.

Oleh karena itu, produk asuransi kendaraan ini bisa menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengurangi risiko kerugian serta rasa khawatir nasabah.

Bagus atau tidaknya sebuah asuransi tergantung kepada kebutuhan dan kepentingan nasabah dalam menggunakan sebuah polis. Asuransi Mobil Allianz menawarkan produk yang terbilang lengkap mulai dari all risk hingga Total loss Only yang bisa digunakan oleh nasabah.

Manajemen perusahaan setiap harinya terus bekerja keras untuk meningkatkan kualitas layanan dan produk bagi nasabah.

Asuransi Allianz sendiri relatif jarang diterpa oleh isu negatif di media cetak maupun digital Tanah Air. Dengan begitu, asuransi mobil Allianz bisa dikategorikan sebagai asuransi yang baik dan dipilih oleh masyarakat sekarang ini.

Setiap perusahaan asuransi pasti memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri dari produk-produk yang dipasarkan di Indonesia. Begitu juga dengan asuransi Mobil Allianz, beberapa keunggulan dari produk Mobilku antara lain adalah santunan kecelakaan diri hingga Rp 100 juta, manfaat perlindungan tanggung jawab kepada pihak ketiga mencapai Rp 55 juta hingga perlindungan dari berbagai macam bencana alam.

Sedangkan dari sisi layanan, asuransi mobil Allianz memiliki fasilitas derek yang tersebar di beberapa wilayah di Tanah Air sehingga bisa membantu nasabah yang sedang mengalami masalah pada kendaraan pribadinya. Nama besar dan skala operasional yang sudah mendunia juga bisa menjadi pembeda antara asuransi Allianz dengan perusahaan asuransi lainnya.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Allianz, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Adapun biaya risiko sendiri yang ditetapkan oleh Allianz kepada nasabah, yaitu:

  • Kerusakan sebagian/seluruhnya/hilang sebesar Rp300 ribu per kejadian.
  • Kerusuhan, huru-hara, banjir, angin topan, gempa bumi, tsunami, terorisme, sabotase senilai 10 persen dari nominal klaim yang disetujui penanggung, atau minimum Rp500 ribu.
  • Pencurian oleh supir, nasabah dikenakan biaya risiko sebesar 25 persen dari nilai klaim.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Perusahaan asuransi mobil Allianz akan mengenakan tarif premi sesuai dengan kebijakan tersendiri, namun dengan tetap mengikuti batasan-batasan yang ditentukan oleh OJK.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian asuransi mobil Allianz, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi Allianz.

Asuransi mobil Allianz bisa dibeli melalui agen atau langsung ke kantor cabang Allianz terdekat. Calon nasabah juga bisa membeli asuransi melalui nomor telepon 1500136 atau mendaftar di situs resmi Allianz. Selanjutnya, isi formulir yang sudah disediakan. Setelah itu, Allianz akan menghubungi untuk proses pembelian polis yang dibutuhkan.

Atau, jika ingin lebih berimbang, calon nasabah dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Allianz saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula. 

Pembayaran premi asuransi mobil Allianz dapat dilakukan dengan memanfaat kanal pembayaran yang disediakan, antara lain:

  • Pembayaran premi online melalui Allianz eAZy Payment (khusus nasabah perorangan Asuransi Jiwa Allianz).
  • Pembayaran premi melalui Indomaret.
  • Pembayaran dengan cara setor tunai.
  • Melalui ATM BCA dan ATM Mandiri.
  • Melalui Internet Banking.
  • Pembayaran menggunakan virtual account.
  • Pembayaran dengan autodebet kartu kredit atau rekening bank.
  • Pembayaran melalui Kantor POS.
  • Pembayaran melalui Kantor Pegadaian.
  • Pembayaran menggunakan GOPAY.

Pembayaran premi asuransi mobil Allianz dapat dilakukan setahun sekali, atau mengikuti ketentuan dalam polis asuransi. Cara pembayaran pada dasarnya sama saja, penting untuk mengetahui nomor polis yang dibayarkan.

Setelah itu informasikan atau input nomor polis yang sesuai. Kemudian bayar premi sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. Jangan lupa simpan bukti pembayaran untuk dijadikan arsip. Setiap transaksi pembayaran yang berhasil akan dikirimkan melalui SMS ataupun email di hari yang sama. 

Prosedur klaim asuransi mobil Allianz sangat mudah, ikuti instruksi prosedur klaim berikut:

  • Proses klaim ini berlaku untuk kerugian/kehilangan sebagian/kehilangan total (tabrakan), dan kehilangan total (pencurian).
  • Laporkan klaim melalui Allianze Care 1500136 dan [email protected] 
  • Survei lapangan, bengkel, servis satu hari.
  • Allianz akan melakukan cek fisik dan pengambilan gambar mobil.
  • Nasabah mengisi dan menandatangani laporan kecelakaan/kehilangan kendaraan bermotor.
  • Melengkapi dan mengirimkan formulir klaim dan dokumen yang dibutuhkan.
  • Allianz utama akan melakukan survei ke lokasi.
  • Penerbitan SPK (Surat Perintah Kerja) ke bengkel/rekanan/penerbitan persetujuan klaim.
  • Perbaikan mobil di bengkel rekanan (comprehensive)
  • Pengambilan mobil.
  • Untuk asuransi TLO, langkah setelah penerbitan klaim adalah terjadinya Kesepakatan.
  • Kemudian klaim akan dibayar (TLO).

Proses klaim bisa dilakukan secara online dengan mengakses laman https://www.allianz.co.id/layanan/klaim/klaim-asuransi-kendaraan kemudian mengisi formulir klaim dan mengikuti langkah selanjutnya sesuai dengan petunjuk yang tersedia. Pastikan mengetahui data teranggung, data kendaraan, dan informasi kejadian sebelum mengisi formulir klaim asuransi kendaraan secara online.  

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika nasabah melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil  Allianz.

Nasabah dapat menutup polis asuransi mobil  Allianz, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak  Allianz akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.allianz.co.id/
Penulis Dzulfikar Financial Content Writer yang mengemas informasi, tips, dan kiat keuangan dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Lihat profile penulis