Asuransi Mobil Reliance

3.5 / 5.0 (4.766 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%HEMAT 15%
 

Review Asuransi Mobil Reliance

Asuransi mobil Reliance adalah asuransi kendaraan yang dimiliki oleh Asuransi Reliance (PT Asuransi Reliance Indonesia) dengan manfaat perbaikan kerusakan mobil dan ganti rugi atas kehilangan kendaraan. 

Reliance memiliki dua polis yang sama seperti asuransi kendaraan pada umumnya, yaitu Reli-Oto Premium yang siap memberikan pertanggungan all risk, dan Reli-Oto Standar untuk jenis pertanggungan kerusakan parah dan kehilangan. 

Ringkasan

  • Memiliki aplikasi berbasis ponsel pintar bernama Reli Hit App yang bisa digunakan nasabah untuk melakukan pengecekan polis atau pengecekan status klaim. 
  • Terdapat polis tambahan berupa perlindungan dari gugatan hukum pihak ketiga. 

Sekilas tentang Asuransi Mobil Reliance

Asuransi mobil Reliance menawarkan dua polis, yaitu asuransi all risk/comprehensive dan total loss only (TLO) di bawah satu produk asuransi dengan nama Reli-Oto. Produk asuransi tersebut menyediakan manfaat penggantian biaya kerugian akibat kerusakan mobil dan manfaat tambahan lain.

Salah satu kelebihan dari asuransi mobil Reliance adalah tersedia banyak rider (manfaat yang bisa ditambahkan selain dari manfaat utama) dan manfaat jaringan bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Asuransi mobil Reliance cocok bagi yang membutuhkan produk proteksi kendaraan pribadi, baik dengan pertanggungan total maupun sebagian.

Reliance Umum didirikan tahun 2002. Tidak hanya berfokus pada asuransi konvensional, perusahaan yang telah melayani satu juta nasabah ini juga mempunyai izin usaha unit syariah.

 
 

Pilihan Polis Asuransi Mobil Reliance 

Produk asuransi mobil Reliance atau Reli-Oto memiliki pilihan polis yang sama seperti asuransi mobil perusahaan lainnya, yaitu ada all risk atau Reli-Oto Premium dan total loss only atau Reli-Oto Standar. 

Reli-Oto Premium bisa menanggung seluruh kerusakan dari yang kecil dan berat, sementara Reli-Oto Standar hanya bisa menanggung hilang akibat pencurian dan kerusakan parah yang nilai kerugiannya mencapai lebih dari 75 persen dari harga mobil. 

Reli-Oto Premium (All Risk)

Produk asuransi mobil Reliance yang memberikan pertanggungan biaya kerusakan mobil apapun, mulai dari kerusakan minor (seperti lecet) hingga kerusakan parah. 

  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor untuk segala kerusakan.
  • Pertanggungan gugatan hukum pihak ketiga (rider/tambahan).
  • Pertanggungan kerugian akibat risiko lainnya, misalnya kerusuhan, banjir atau angin topan (rider/tambahan)

Reli-Oto Standar (TLO)

Produk asuransi mobil total loss only (TLO) memberikan pertanggungan terhadap risiko kerusakan mobil bagi individu dengan pertanggungan yang mencakup biaya perbaikan. 

  • Pertanggungan biaya perbaikan kendaraan bermotor hanya untuk kerusakan total (di atas 75 persen) atau kehilangan.
  • Pertanggungan gugatan hukum pihak ketiga (rider/tambahan).
  • Pertanggungan kerugian akibat risiko lainnya, misalnya kerusuhan, angin topan, banjir, atau gempa bumi (rider/tambahan).
  • Pertanggungan kerugian akibat risiko penggelapan (rider/tambahan).
  • Pertanggungan kerugian akibat risiko terorisme dan sabotase (rider/tambahan).
 

Tanya Jawab 

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait asuransi mobil Reliance, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Asuransi Mobil Reliance atau Reli-Oto merupakan salah satu produk asuransi andalan dari Reliance. Sama halnya dengan asuransi kendaraan bermotor pada umumnya, Reli-Oto menawarkan dua jenis pertanggungan, yaitu all risk atau Reli-Oto Premium, dan total loss only atau Reli-Oto Standar. 

Reliance sendiri merupakan sebuah asuransi umum yang didirikan pada tahun 2002. Selain asuransi mobil, Reliance juga menawarkan produk asuransi harta benda sampai perlindungan kecelakaan. 

Kini Reliance telah memiliki kantor cabang dan perwakilan yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

Dilansir dari laman produk pada situs resmi asuransi asuransireliance.com, Asuransi mobil Reliance atau Reli-Oto memiliki dua pilihan polis:

  • Reli-Oto Premium (All Risk/Comprehensive): Produk asuransi mobil Reliance yang memberikan pertanggungan biaya kerusakan mobil apapun, mulai dari kerusakan minor (seperti lecet) hingga kerusakan parah. 
  • Reli-Oto Standar (Total Loss Only/TLO): Produk asuransi mobil Reliance yang memberikan pertanggungan biaya kerusakan mobil hanya bila kerusakan terjadi secara total.

Salah satu keunggulan membeli asuransi mobil Reliance adalah adanya fasilitas layanan aplikasi Reli Hit App. Dengan aplikasi ini, nasabah bisa melihat informasi polis yang dipegang, mengecek status klaim yang diajukan, dan mengetahui bengkel rekanan terdekat dari Anda.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Reliance, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017. Berikut ini daftar batas bawah (minimal) dan batas atas (maksimal) harga premi berdasarkan lokasi dan kategori kendaraannya: 

Asuransi Comprehensive (All Risk)

Wilayah I

Kategori Uang Pertanggungan Batas Bawah Batas Atas
Kategori 1 Rp0 s.d. Rp125.000.000 3,82% 4,20%
Kategori 2 >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 2,67% 2,94%
Kategori 3 >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 2,18% 2,40%
Kategori 4 >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 1,20% 1,32%
Kategori 5 >Rp800.000.000 1,05% 1,16%

Wilayah II

Kategori Uang Pertanggungan Batas Bawah Batas Atas
Kategori 1 Rp0 s.d. Rp125.000.000 3,26% 3,59%
Kategori 2 >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 2,47% 2,72%
Kategori 3 >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 2,08% 2,29%
Kategori 4 >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 1,20% 1,32%
Kategori 5 >Rp800.000.000 1,05% 1,16%

Wilayah III

Kategori Uang Pertanggungan Batas Bawah Batas Atas
Kategori 1 Rp0 s.d. Rp125.000.000 2,53% 2,78%
Kategori 2 >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 2,69% 2,96%
Kategori 3 >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 1,79% 1,97%
Kategori 4 >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 1,14% 1,25%
Kategori 5 >Rp800.000.000 1,05% 1,16%

 

Asuransi Total Loss Only

Wilayah I

Kategori Uang Pertanggungan Batas Bawah Batas Atas
Kategori 1 Rp0 s.d. Rp125.000.000 0,47% 0,56%
Kategori 2 >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 0,63% 0,69%
Kategori 3 >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 0,41% 0,46%
Kategori 4 >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 0,25% 0,30%
Kategori 5 >Rp800.000.000 0,20% 0,24%

Wilayah II

Kategori Uang Pertanggungan Batas Bawah Batas Atas
Kategori 1 Rp0 s.d. Rp125.000.000 0,65% 0,78%
Kategori 2 >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 0,44% 0,53%
Kategori 3 >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 0,38% 0,42%
Kategori 4 >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 0,25% 0,30%
Kategori 5 >Rp800.000.000 0,20% 0,24%

Wilayah III

Kategori Uang Pertanggungan Batas Bawah Batas Atas
Kategori 1 Rp0 s.d. Rp125.000.000 0,51% 0,56%
Kategori 2 >Rp125.000.000 s.d. Rp200.000.000 0,44% 0,48%
Kategori 3 >Rp200.000.000 s.d. Rp400.000.000 0,29% 0,35%
Kategori 4 >Rp400.000.000 s.d. Rp800.000.000 0,23% 0,27%
Kategori 5 >Rp800.000.000 0,20% 0,24%

Wilayah dibagi ke dalam tiga bagian yaitu:

  • Wilayah I (Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya), 
  • Wilayah II (DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten), 
  • Wilayah III (Wilayah lainnya yang tidak disebutkan pada wilayah I dan II)

Apabila nasabah ingin melakukan pembelian, bisa langsung menghubungi PT Asuransi Reliance Indonesia di nomor (021) 2995 8866 atau mendatangi langsung kantor cabang terdekat. 

  1. Mengisi formulir untuk produk Reli-Oto
  2. Mengirimkan formulir beserta dokumen-dokumen yang dibutuhkan via email atau langsung ke kantor Reliance. 
  3. Jangan lupa sertakan dokumen penting seperti salinan STNK kendaraan bermotor yang ingin diasuransikan. 
  4. Sertakan pula salinan SIM yang masih berlaku. 
  5. Tunggu petugas Reliance datang ke tempat Anda untuk melakukan survei kendaraan dan menentukan besaran premi.

Prosedur klaim asuransi mobil Reliance sangat mudah, berikut adalah prosedur klaim asuransi mobil Reliance: 

  • Pastikan melaporkan klaim dalam 3×24 jam setelah kejadian/kecelakaan terjadi.
  • Lengkapi dokumen yang diminta oleh pihak Reliance.
  • Setelah dokumen dikirim, Reliance akan menghitung besaran nilai ganti rugi dan perlu persetujuan tertanggung. 
  • Reliance akan mengirimkan nilai ganti rugi yang telah disetujui kedua belah pihak.

Adapun dokumen yang perlu disiapkan ketika mengajukan klaim asuransi mobil Reliance adalah sebagai berikut.

Dokumen klaim asuransi mobil reliance untuk kerugian sebagian

  1. Mengisi dan menandatangani formulir klaim.
  2. Mengisi kronologi kejadian klaim.
  3. Fotokopi polis, sertifikat, dan lampiran.
  4. Fotokopi SIM pengemudi saat kejadian dan KTP, serta STNK kendaraan.
  5. Dokumen pendukung lainnya.

Dokumen klaim asuransi mobil reliance untuk kerugian total

  1. Mengisi dan menandatangani formulir klaim.
  2. Mengisi kronologi kejadian klaim.
  3. Fotokopi polis, sertifikat, dan lampiran.
  4. Fotokopi SIM pengemudi saat kejadian dan KTP.
  5. KTP asli, STNK asli, faktur pembelian, blanko kuitansi, surat penyerahan hak milik.
  6. Surat keterangan dari kepolisian daerah.
  7. Bukti pemblokiran STNK.
  8. Buku KIR (Pengujian Kendaraan Bermotor). 
  9. Foto kerusakan dan estimasi biaya perbaikan.
  10. Dokumen pendukung lainnya.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian asuransi mobil Reliance, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi Reliance.

Layanan nasabah atau call center Reliance dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Reliance, dan sebagainya, sila hubungi kontak berikut: 

    • Customer Care Centre: Reliance Building, Jalan Pluit Sakti Raya No.27 AB Jakarta Utara – 14450
    • Reliance Hotline: 0800 1000 327 (Toll Free)
    • Email: [email protected]
    • Telepon: (021) 2995 8866
    • Situs resmi: asuransireliance.com

Bengkel rekanan asuransi mobil Reliance terbilang cukup banyak dan tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Berikut alamat bengkel rekanan asuransi Reliance:

DKI Jakarta

  • Asia Motor Jalan Raya Daan Mogot KM. 11 No. 37 Telepon: 6198718, 021-6198667.
  • Bintang Bijaksana Jalan Raya Kebayoran Lama PAL VII No. 2 Telepon: 021-5300220, 021-5308335.
  • Tanjung Perdana Jalan Basuki Rahmat No. 171 Jakarta T : 021 – 2208 9610.
  • Lief’s 2 Jalan Patra Raya No. 82 Duri Kepa, Kebon Jeruk – Jakarta Barat T : 021 – 5637534; 5638545.
  • Tripancar Jaya Jalan Bandengan Utara III No.37RT.13/RW.10, Gedong PanjangJakarta Utara 11240 T : 021 – 2269 3534.
  • Citra Sima Jalan Raya Cipinang Jaya No. 38 Telepon: 021-8199862, 0819-05208008.
  • Trias Sena Bhakti (Max Motor) Jalan Sultan Iskandar Muda 28A Arteri Pondok Indah Telepon: 021-7290402, 021-7238971.
  • Fajar Timur Motor Jalan Kemandoran No. 29 B Telepon: 021-5305362, 021-5481852.

Jawa Barat

  • Golden Car Center Jalan Raya Cibinong – Bogor KM.42 T : 021 – 8759225/6
  • Paint Auto Repair Jalan Raya KSU No. 1  Depok, Telepon:021-77835421;29441308;081385004227.
  • Gemilang Jaya Motor Jalan KH. Hasyim Ashari No. 44 Cipondoh, Tangeran, T. 021-55701464, 0812-19511010.
  • Ruby Auto Repair Jalan Raya Kranggan No. 99, Jatisampurna, Bekasi, Telepon: 021-84307823, 021-84307824.
  • Artha Gemilang Motor Jalan Suroto kunto No. 209 Rawagabus Post, Adiarsa Timur, Karawang Timur Telepon: 0267-8633772.
  • Wahana Auto Care Jalan Jend. Sudirman, Bandung No. 297 Telepon: 022-6033111, 022-6033112, Faksimile: 022-602239.
  • Mobil Robper Jalan Terusan Pasir Koja, Bandung No. 223 Telepon: 022-6044899, 022-6070064, Faksimile: 022-6001878.
  • Auto 2000 Cirebon Jalan Brigjen Darsono No. 14, Cirebon T : 0231 – 232000 ; F : 0231 – 204555.

Jawa Timur

  • Autograha Jalan Letjen Panjaitan No. 151, Jember, Telepon: 0812-31691730, 0823-34861826.
  • Surya Indah Jalan Raya Jong Biru No. 286 , Kediri T : 0354 – 4526107;081216669726.
  • Surya Indah Jalan Bali No. 113 Telepon: 0351-497305, 0351-491641, 0351-7816125.
  • Graha Cat Auto Body Repair Jalan Raya Banyu Urip No. 310, Surabaya Telepon: 031-5312449, Faksimile: 031-5312446.
  • Skip Motor Jalan Menur 34, Surabaya Telepon: 031-5017547, Faksimile: 031-5027547.

Banten

  • Karya Agung Otomotif Jalan Seneja No. 45 C Cilegon – Banten T : 0254-389255, 0811-1249899 

Jawa Tengah

  • Bintang Utama Jalan Wolter Monginsidi, Semarang. No. 45 Telepon: 024-6710415, Faksimile: 024-6733629.
  • Mitra Kerja Mobilindo (MKM) Jalan Adi Sucipto No. 6 Colomadu, Solo, Telepon: 0271-7653555, Faksimile: 0271-737599.
  • Nasmoco Brebes Jalan Raya Klampok, Klampok, Wanasari, Kabupaten Brebes, T : 0283 – 6172300.

Bali

  • Muji Motor Jalan Trengguli Denpasar Telepon: 0361- 464646.

Sulawesi

  • Helios Auto Service Station Jalan Toddopuli Raya Timur No. 84, Makassar, Telepon: 0411-444017, 0853-42499495, Faksimile: 0411-4664052.
  • Amanda Jaya Jalan Sungai Susu No. 13, Palu Barat, Telepon: 0451-429955, 0813-41040467.
  • Armada Siaga Jalan Ring Road – Kel. Bumi Nyiur, Manado, Telepon: 0431-8803826, Faksimile: 0431-864082;082296611235.

Kalimantan

  • Sriwijaya Inti Motor Jalan Raya Trikora Manunggal Jaya No.113 Banjarbaru, Banjarmasin,Telepon: 0812-8738204, 0822-51946088
  • Auto Mobil Jaya Jalan Purnama 2, Pontianak, Telepon: 0561-731382.
  • Auto 2000 Banjarmasin Jalan Ahmad Yani KM 19 Kayu Bawang Telepon: 0511-3202000.

Sumatera

  • Maju Otomotif Jalan Negara No. 71/84, Medan, Telepon: 0812-6590170.
  • PT Capella Medan – Duri Jalan Raya Duri – Dumai Km. 3,5, Depan Gate 125 DSF, Duri, Riau T : 0765-92784.
  • International Body Jalan Flamboyan 23 No. 40 SKIP Bengkulu Telepon: 0736-346540.
  • New ABC (Abadi Bangun Cemerlang) Jalan Yos Sudarso No.170, Sukaraja, Bumi Waras, Lampung. Telepon: 0721-482647, Faksimile: 0721-484467.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • http://asuransireliance.com/id/reli-oto/
Penulis Nisrina Salma Alifah Jurnalis bisnis yang sedang bergelut di dunia asuransi. Hidup untuk belajar dan berbahasa. Lihat profile penulis