Asuransi Mobil Sinar Mas

Asuransi Mobil Sinar Mas

4.5 / 5.0 (5.962 Ulasan)
Cashback 10%
Diskon 25%*
  • Promo Page car

Dapatkan Promo Asuransi dengan Premi Terbaik

Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku
Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!
1
2
3
Isi formulir untuk melihat pilihan
Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi gratis melalui telepon
Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan asuransi terbaik
Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

Asuransi Mobil Sinar Mas

Asuransi Mobil Sinar Mas adalah asuransi kendaraan bermotor yang dikelola oleh PT Asuransi Sinar Mas (ASM). Asuransi Mobil Sinar Mas tersedia dalam dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan All Risk. Hal yang membuat polisnya unggul adalah menanggung usia mobil hingga 12 tahun.

Dapatkan polis Asuransi Mobil Sinar Mas, premi mulai Rp35 ribuan per bulan hanya di Lifepal. Yuk, cek sekarang secara online!

*Syarat dan ketentuan berlaku

Pilihan Polis Asuransi Mobil Sinar Mas

Terdapat polis asuransi kendaraan Sinar Mas untuk jaminan komprehensif dan total loss only, berikut pilihan dan penjelasannya:

Simas Mobil Comprehensive adalah polis Asuransi Mobil Sinar Mas all risk yang memberikan pertanggungan lengkap untuk polis yang dipilih.

Manfaat pertanggungan
  • Menanggung risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir dari jalan
  • Menanggung risiko perbuatan jahat orang lain
  • Menanggung risiko pencurian termasuk pencurian dengan kekerasan
  • Menanggung risiko kebakaran dan sambaran petir
  • Menanggung risiko kecelakaan selama penyeberangan dengan feri 
  • Menanggung biaya derek maksimal 0,5 persen dari jumlah pertanggungan
  • Simas Mobil TPL: Produk asuransi menjamin tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang secara langsung disebabkan oleh kendaraan bermotor yang dipertanggungkan sebagai akibat risiko yang dijamin polis yang berupa kerusakan harta benda (property damage), biaya pengobatan, cedera badan dan/atau kematian.

Simas Mobil TLO adalah Asuransi Mobil TLO Sinar Mas dengan jaminan ganti rugi atas risiko kerusakan atau kehilangan mobil mencapai lebih dari 75 persen harga mobil saat ini

Manfaat pertanggungan
  • Menanggung risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir dari jalan
  • Menanggung risiko perbuatan jahat orang lain
  • Menanggung risiko pencurian termasuk pencurian dengan kekerasan
  • Menanggung risiko kebakaran dan sambaran petir
  • Menanggung risiko kecelakaan selama penyeberangan dengan feri 
  • Menanggung biaya derek maksimal 0,5 persen dari jumlah pertanggungan
  • TLO + TPL: Produk pertanggungan untuk kerusakan dan/atau kerugian karena suatu peristiwa yang dijamin oleh polis dimana biaya perbaikan, penggantian atau pemulihan ke keadaan semula sesaat sebelum terjadinya pencurian dan/atau kerusakan sama dengan atau lebih dari harga sebenarnya kendaraan bermotor yang dipertanggungkan atau kendaraan hilang karena pencurian.

Rangkuman Manfaat Produk Asuransi Mobil Sinar Mas

Produk Asuransi Mobil Sinar Mas terbagi menjadi dua kategori yang dibedakan berdasarkan luas risiko yang ditanggung. Berikut pilihan Asuransi Kendaraan Sinar Mas selengkapnya:

ProdukManfaat yang Diberikan
Asuransi Mobil All RiskGanti rugi atas segala risiko kerugian, baik kerusakan sedang maupun menyeluruh. 
Asuransi Mobil TLOGanti rugi atas risiko kerugian total atau nilai kerugiannya mencapai lebih dari 75 persen harga mobil.

Review Asuransi Mobil Sinar Mas

Asuransi Mobil Sinar Mas cocok untuk nasabah yang memiliki anggaran terbatas sebab preminya terbilang murah. Jika Anda membutuhkan bahan pertimbangan, simak Asuransi Mobil Sinar Mas review dari Lifepal berikut ini:

1. Menanggung usia mobil hingga 12 tahun

Asuransi Mobil Sinar Mas dengan jaminan total loss only atau TLO menanggung usia maksimal mobil hingga 12 tahun, sehingga produk ini sangat cocok bagi Anda yang mencari asuransi untuk mobil bekas atau mobil tua. Umumnya perusahaan asuransi mobil lain hanya menanggung usia mobil untuk jaminan TLO maksimal hingga 10 tahun.

2. Premi ramah di kantong

Dengan manfaat pertanggungan yang sangat lengkap, premi Asuransi Mobil Sinar Mas tergolong cukup terjangkau. Di Lifepal, Anda bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai Rp34 ribu per bulan untuk jaminan Asuransi Mobil TLO Sinar Mas dan mulai Rp270 ribu per bulan untuk jaminan Asuransi Mobil Sinar Mas All Risk. Yuk cek sekarang!

3. Bengkel rekanan tersebar luas

Asuransi Sinar Mas memiliki bengkel rekanan baik resmi maupun umum yang tersebar luas di seluruh wilayah Indonesia. Dengan jumlah lebih dari 500 bengkel rekanan sebagai salah satu keunggulan Asuransi Sinar Mas, Anda tidak perlu khawatir dan bingung ke mana harus memperbaiki mobil jika mengalami kerusakan.

Review Asuransi Mobil Sinar Mas selengkapnya dapat dicek pada video di bawah ini:

Harga Premi Asuransi Mobil Sinar Mas

Harga Asuransi Mobil Sinar Mas all risk maupun TLO ditentukan oleh beberapa faktor. Termasuk jenis polis yang dibeli dan wilayah pertanggungan. Berikut ini beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil secara umum:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Sementara, persentase asuransi mobil all risk dan TLO yang ditentukan berdasarkan harga mobil dan wilayah adalah sebagai berikut:

Biaya Asuransi Mobil all risk Sinar Mas dan TLO
  • Wilayah I: Sumatera dan kepulauan di sekitarnya
  • Wilayah II: Jakarta, Banten, dan Jawa Barat
  • Wilayah III: semua daerah di Indonesia yang tidak termasuk Wilayah I dan II.

Rate Asuransi Mobil Sinar Mas all risk
  • Kategori 1 ≤Rp 125 juta 3,82%-4,20% 3,26%-3,59% 2,53%-2,78%
  • Kategori 2 >Rp 125 – Rp 200 Juta 2,67%-2.94% 2,47%-2,72% 2,69%-2,96%
  • Kategori 3 >Rp 200 – Rp 400 Juta 2,18%-2,40% 2,08%-2,29% 1,79%-1,97%
  • Kategori 4 >Rp 400 – Rp 800 Juta 1,20%-1,32% 1,20%-1,32% 1,14%-1,25%
  • Kategori 5 >Rp 800 Juta 1,05%-1,16% 1,05%-1,16% 1,05%-1,16%

Daftar harga Asuransi Mobil Sinar Mas TLO
  • Kategori 1 0 s.d. Rp 125 Juta 0,47%-0,56% 0,65%-0,78% 0,51%-0,56%
  • Kategori 2 >Rp 125 – Rp 200 Juta 0,63%-0,69% 0,44%-0,53% 0,44%-0,48%
  • Kategori 3 >Rp 200 – Rp 400 Juta 0,41%-0,46% 0,38%-0,42% 0,29%-0,35%
  • Kategori 4 >Rp 400 – Rp 800 Juta 0,25%-0,30% 0,25%-0,30% 0,23%-0,27%
  • Kategori 5 > Rp 800 Juta 0,20%-0,24% 0,20%-0,24% 0,20%-0,24%
Simulasi Asuransi Mobil Sinar Mas

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk kepada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Selain ketentuan di atas, Simas Mobil Gabungan menetapkan tambahan biaya, yaitu loading premi minimal 5 persen per tahun untuk mobil berusia di atas 5 tahun. Sementara untuk Simas Mobil TLO menerapkan loading premi minimal 5 persen per tahun untuk usia mobil di atas 10 tahun.

Agar lebih memahami tentang perhitungan premi Asuransi Mobil Sinar Mas, Anda bisa mencoba menggunakan simulasi rate Asuransi Mobil Sinar Mas dengan kalkulator dari Lifepal berikut ini:

Cara Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas

Cara klaim Asuransi Mobil Sinar Mas hampir sama dengan klaim asuransi mobil lainnya. Nasabah hanya perlu memenuhi dokumen yang dibutuhkan sesuai jenis polis dan klaim yang akan diajukan. Setelah itu, serahkan dokumen tersebut ke layanan nasabah perusahaan berikut ini:

Alamat Asuransi Sinar Mas

Plaza Simas Gedung I, Jalan KH Fachrudin No.18 Jakarta 10250, Indonesia.

Customer care 24 jam: (021) 23567888/50507888

Telp: (021) 3902141/50509888

Faks: (021) 3902159/60

WhatsApp: 08811070888

Email: [email protected]

Website: www.sinarmas.co.id

Dokumen Klaim Asuransi Mobil All Risk Sinar Mas dan TLO

Dokumen klaim Asuransi Mobil All Risk Sinar Mas dan TLO yang perlu Anda lengkapi antara lain:

  1. STNK mobil yang diasuransikan
  2. SIM pengemudi
  3. KTP asli pemilik polis
  4. Polis asli
  5. Surat Keterangan dari Kepolisian setempat (baik kehilangan atau kecelakaan)
  6. Serta dokumen lainnya yang diminta oleh perusahaan asuransi

Cara Klaim Asuransi Sinar Mas Mobil untuk Kecelakaan

Berikut ini cara klaim asuransi mobil Sinar Mas untuk kecelakaan (partial loss).

  • Menyertakan dokumen yang dibutuhkan yaitu formulir klaim Asuransi Mobil Sinar Mas diisi lengkap, STNK, SIM pengemudi, KTP asli, polis asuransi atas nama Asuransi Sinar Mas,Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) dari kepolisian tempat kecelakaan terjadi (khusus kendaraan dengan kerusakan parah atau kehilangan sparepart).
  • Penyurvei (surveyor) akan datang dan melakukan survei mobil yang akan diklaim.
  • Setelah survei dan dokumen lengkap, maka diterbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) agar kendaraan dapat diperbaiki di bengkel rekanan Sinar Mas.

Cara Klaim Asuransi Sinar Mas Mobil untuk Kerusakan Total

Berikut ini prosedur klaim Asuransi Mobil Sinar Mas TLO, khusus untuk kendaraan yang mengalami kerusakan parah atau kehilangan.

  • Melengkapi dokumen yang diperlukan: BPKB asli, STNK asli, surat blokir STNK asli, kunci kendaraan asli dan cadangan, buku KIR (jenis kendaraan pick up), kuitansi bermaterai, surat pernyataan subrogasi (untuk penggantian TPL), dan surat pelepasan hak (kendaraan perusahaan)
  • Formulir klaim yang sudah terisi lengkap.
  • KTP asli (hasil scan atau foto asli) jika nama pelapor yang terdapat pada formulir klaim bukan nama tertanggung.
  • Jika polis asuransi atas nama perusahaan, maka formulir klaim harus dilengkapi dengan stempel perusahaan.
  • STPL dari kantor kepolisian setempat.
  • Jika klaim dinyatakan diterima, kelengkapan dokumen yang harus ditambahkan tertanggung adalah: BPKB asli, faktur asli, Surat Blokir STNK asli, Surat Keterangan Hilang asli dari Polda, dua kuitansi kosong yang ditandatangani tertanggung (salah satunya bermeterai 6000).
  • Faktur asli (untuk kendaraan jenis pick up)

Terdapat juga biaya klaim Asuransi Mobil Sinar Mas atau dikenal juga dengan istilah own risk adalah biaya yang harus dibayarkan nasabah setiap mengajukan klaim. Besaran OR asuransi mobil adalah Rp300 ribu per kejadian. 

Prosedur klaim Asuransi Sinar Mas Mobil umumnya memakan waktu tiga hari kerja apabila dokumen yang diterima oleh pihak asuransi sudah lengkap. Namun untuk lama proses perbaikan tentunya bervariasi tergantung tingkat keadaan.

Untuk ganti rugi dalam bentuk uang, pembayarannya akan dilakukan paling lambat 14 hari kerja sejak dokumen lengkap diterima pihak perusahaan Asuransi Sinar Mas mobil.

Cara Menghindari Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Pengalaman klaim Asuransi Mobil Sinar Mas ditolak pasti tidak menyenangkan bagi nasabah. Nah, untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa alasan yang umumnya dapat membuat klaim asuransi mobil nasabah ditolak yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah sebagai berikut: 

1. Masuk dalam risiko pengecualian

Baca dengan teliti polis yang akan dibeli, apakah perusahaan asuransi menanggung risiko kerugian sebagian atau total saja. Jika nasabah memilih polis Asuransi Mobil TLO Sinar Mas, maka kerugian seperti baret, penyok, dan sejenisnya tidak akan ditanggung karena termasuk kerusakan ringan. 

2. Dokumen klaim kurang lengkap

Salah satu alasan klaim ditolak seringkali terjadi karena dokumen klaim kurang lengkap. Karena itu, sebaiknya tanyakan secara detail kepada pihak asuransi, dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim.

3. Di luar lokasi pertanggungan asuransi

Misalnya, nasabah berdomisili di Jakarta dan terjadi kerugian di Bandung. Kemudian, nasabah ingin mengajukan klaim di bengkel area Bandung. Perlu dipahami bahwa tidak semua asuransi akan menanggung biaya perbaikan di luar kota.

Dari beberapa alasan di atas, tentunya hal-hal tersebut bisa dihindari apabila nasabah membaca polis Asuransi Mobil Sinar Mas yang dimiliki dengan teliti dan detail. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari pengalaman klaim Asuransi Mobil Sinar Mas yang kurang menyenangkan karena ditolak perusahaan.

Layanan Nasabah Asuransi Mobil Sinar Mas

Guna mendapatkan informasi serta layanan Asuransi Mobil Sinar Mas selengkapnya, Anda dapat memanfaatkan layanan nasabah yang dihadirkan oleh Asuransi Sinar Mas. Seperti mendatangi kantor Asuransi Sinar Mas mobil terdekat atau menghubungi call center Asuransi Sinar Mas Mobil.

Berikut informasi selengkapnya:

Kantor Pusat PT Asuransi Sinar Mas 

(Asuransi Mobil Sinar Mas Jakarta)

Plaza Simas Gedung I,

Jalan KH Fachrudin No.18

Jakarta 10250, Indonesia.

Customer care 24 jam: (021) 23567888/50507888

Call center Asuransi Sinar Mas Mobil: (021) 3902141/50509888

Faks: (021) 3902159/60

WhatsApp: 08811070888

Email: [email protected]

Website: www.sinarmas.co.id

Linked In: PT Asuransi Sinar Mas

Instagram: @asuransisinarmasofficial

Kantor Cabang Asuransi Sinar Mas Mobil
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Balikpapan: Jalan MT Haryono 79C Kelurahan Kampung Damai, Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur. Telp: (0542) 415682
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Surabaya : Gedung Bank Sinar Mas, Jl. Mayjen Sungkono No.131, Dukuh Pakis, Dukuhpakis, Surabaya
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Pekanbaru : Jl. Soekarno – Hatta No.172, Tengkerang Sel., Kec. Tampan, Kota Pekanbaru,
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Makassar : Jl. Gunung Bawakaraeng No 67-69, Kelurahan Gaddong Kecamatan Bontoala, North Pisang, Ujung Pandang, Makassar
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Lampung: Jalan Ahmad Yani 17C Bandar Lampung. Telp: (0721) 242875
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Bandung: Wisma Eka Life, Jalan Abdul Rivai No.2 Bandung Sari. Telp: (022) 4207272
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Banjarmasin: Jalan MT Haryono 40 Banjarmasin Timur, Kalimantan Selatan. Telp: (0511) 3352517
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Bekasi : Jalan Ahmad Yani Komplek Ruko Bekasi Mas C-4/5, Kelurahan Margajaya Kecamatan Bekasi Selatan
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Malang : Jl. Letjend S. Parman No.102 C, Purwantoro, Kec. Blimbing, Kota Malang
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Palembang : Jl. Kol. H. Burlian No.KM.6,5, Suka Bangun, Kec. Sukarami, Kota Palembang
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Padang : Gedung Bank Sinarmas, Jl. Damar No.67 A, Olo, Kec. Padang Bar., Kota Padang
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Kudus : Ruko Jend. Sudirman Jl. Jend. Sudirman No.37G, Barongan, Kec. Kota Kudus
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Batam: Jalan Raden Patah Komplek Naga Sakti No.02 Lubuk Baja, Batam. Telp: (0778) 455489
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Cirebon: Gedung Bank Sinar Mas Lt 3, Jalan Dr Wahidin 29 Kejaksan. Telp : (0231) 8300880
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Bogor: Gedung Bank Sinar Mas Lt 2, Jl. Pajajaran No 38 A, Bogor Tengah, Bogor. Telp : (0251) 8352002
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Denpasar: Gedung Bank Sinar Mas Lt 1, Jalan Tantular No.8 Renon. Telp : (0361) 255266
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Semarang: Rukan Pemuda Mas Blok A Kav A No 8, Jl. Pemuda No 150 Semarang Tengah, Semarang. Telp : (024) 356 8138
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Jambi: Jalan Hayam Wuruk 28D Jelutung. Telp : (0741) 22232
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Makassar: Jalan Gunung Bawakaraeng No. 67-69 Bontoala. Telp : (0411) 3616752
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Manado: Komplek Wanea Plaza Blok I/1, Jalan Sam Ratulangi. Telp : (0431) 844365
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Medan: Jalan Sisingamangaraja No 1 Km 6,7 Simpang Marindal. Telp : (061) 41002388
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Tangerang: Komp Ruko Bussines Park Tangerang City Blok D No. 59 Jl. Jend. Sudirman No. 1 Cikokol – Tangerang
    Telp : (021) 2952 2954
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Samarinda: Jalan KH Ahmad Dahlan RT 03 No 45 Samarinda Hilir. Telp : (0541) 735497

Daftar Bengkel Rekanan Asuransi Sinar Mas

Rekanan bengkel Asuransi Sinar Mas cukup luas di Indonesia. Berikut ini sejumlah bengkel rekanan Asuransi Mobil Sinar Mas yang bagus di beberapa provinsi di Indonesia.

Daftar bengkel rekanan Asuransi Sinar Mas di DKI Jakarta
  • Layanan Prima, Jl Jelambar Barat III No 12A, Jakarta Barat. Telepon: 021-5665930/31
  • CV Auto Prima Makmur, Jalan Raya Srengseng No.133 Jakarta Barat. 021-58900800/5844229
  • Karyakita Putra Sejahtera, PT (KIA PLAZA), Jalan Gunung Sahari Ancol No.17 Jakarta Pusat. 021-6253378
  • PT. Gema Mitra Abadi, Jalan Tanjung Barat Raya No.143B Jakarta Selatan. 021-78834018
  • PT Jakarta Teknologi Utama Motor, Jalan Rawabali I No.25 Pulogadung, Jakarta Timur. 021-46826242
  • Raperind Motor, Jalan Kalimalang Blok Q No.2E Jakarta Timur. 021-8642456

Daftar bengkel rekanan Asuransi Sinar Mas di Jawa Barat
  • Otto Cemerlang, Jalan Kol. Supadio No.30 Bandung. 022-6075838
  • Virtue (Bandung), Jalan Wastukencana No.39 Rt 001/004. 022-4234524
  • Star Auto, Jalan Holis No.433 Bandung. 022-5414402/022-5416962
  • Shine Auto, Jalan RA Kartini No.18 Rawa Panjang, Bekasi Barat. 021-82425396
  • PT Brayat Kretya Andaru, Jalan KH. Soleh Iskandar RT001/RW001 Kota Bogor. 0251-7544373

Daftar bengkel rekanan Asuransi Sinar Mas di Jawa Tengah
  • Auto Fix – Santosa Motor Service, Jalan Majapahit 129B Semarang. 024-6720720/6701701
  • Bintang Utama, Jalan Wolter Monginsidi No.45 Semarang. 024-6710415/6733627/28
  • Oto Onderdil, Jalan Raya Kaligawe KM.6 Semarang. 024-6581668/6582144
  • Utama Sakti, Jalan Durian Raya No.17A Banyumanik. 024-7477425
  • Tejo Motor, Jalan Pedurungan Kidul No.82, Semarang. 024-6711001
  • Eka Auto (PT. Motoreko Mobilindo), Jalan Arteri Soekarno Hatta No.18 Semarang. 024-76857777
  • Bimatama Auto Body Repair and Paint, Jalan Hasanudin G 63 Semarang Utara. 024-3547190

Daftar bengkel rekanan Asuransi Sinar Mas di Jawa Timur
  • Top Mobil, Jalan Supersemar No.12 Kediri. 0354-7011099
  • Mahkota Otomotif Body Repair, Jalan Sersan Suharmaji VII/34 Kediri. 0354-697411
  • Ngebrak Motor, Jalan Raya Kediri-Kertosono Kediri. 0354-697081
  • Surya Indah Singonegaran Timur II No. 25 Kediri 0354-691294
  • Klinik Mobil GSM ( Kediri), Jalan Raya Purwokerto No.352 Ngadiluwih, Kediri. 0354-476907
  • Indo Kreatif, Jalan Supersemar 48 Kediri. 0354-699088
  • Jakarta Teknologi Utama, Jalan Raya Waru No. 82, Waru, Sidoarjo. 031-8531616/8537939/8531813
  • Bahtera Motors (Kusuma Bahtera Jaya), Jalan Dukuh Kupang Utara I/1 Surabaya. 031-5614603
  • Kharisma Gemillang, Jalan Raya Sepat Lidah Kulon No.200 Menganti, Surabaya. 031-7526919

Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil Sinar Mas

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Mobil Sinar Mas, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Apa itu Asuransi Mobil Sinar Mas?

Asuransi Mobil Sinar Mas adalah produk asuransi khusus mobil dari PT Asuransi Sinar Mas yang didirikan pada 27 Mei 1985. Asuransi mobil Sinar Mas atau Simas Mobil menawarkan beberapa pilihan polis, baik untuk mobil pribadi maupun bisnis/dinas/komersial/korporasi. Polis asuransi mobil yang ditawarkan cukup lengkap, yaitu Gabungan (Komprehensif) + tanggung jawab pihak ketiga (third party liability/TPL), Kerugian Total (TLO) + TPL, Simas Mobil TPL, Simas Mobil Exclusive.

Salah satu yang menjadi unggulan Simas Mobil adalah Simas Mobil Exclusive yang memberikan pertanggungan kecelakaan diri bagi pengemudi, penumpang, dan pihak ketiga. Pertanggungan untuk pengemudi dan penumpang memiliki limit cukup tinggi, yaitu 20 persen dari pertanggungan kendaraan.

Apa itu Asuransi Sinar Mas?

Asuransi Sinar Mas adalah perusahaan asuransi yang berfokus pada bidang asuransi umum yang menawarkan produk-produk seperti asuransi mobil Sinar Mas, asuransi kesehatan, asuransi karyawan, dan masih banyak lagi. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 27 Mei 1985 dengan nama PT Asuransi Kerugian Sinar Mas Dipta. Pada tahun 1991, perusahaan berubah nama menjadi PT Asuransi Sinar Mas (ASM).

Asuransi Sinar Mas mencakup apa saja?

Selain Asuransi Mobil Sinar Mas, tersedia pula produk Asuransi Sinar Mas lainnya. Seperti Asuransi Kesehatan Sinar Mas, asuransi kecelakaan diri, asuransi rekayasa, dan asuransi mikro dengan berbagai pilihan polis/plan yang dihadirkan oleh Asuransi Sinar Mas dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Demi memberikan pelayanan maksimal kepada nasabah, Asuransi Sinar Mas memperluas jaringan pemasaran yaitu melalui 33 kantor cabang, satu kantor cabang khusus syariah, 71 kantor pemasaran, dan 107 marketing point untuk menjangkau nasabah dan menambah pelayanan di Indonesia.

Adakah produk Asuransi Sinar Mas Motor?

Ya, tersedia produk Asuransi Kendaraan Bermotor Sinar Mas untuk jenis sepeda motor atau kendaraan roda dua dengan polis bernama Simas Motor. Jaminan pertanggungan dasar yang ditawarkan Sinar Mas Asuransi  Motor adalah total loss only bagi kendaraan roda dua yang digunakan untuk keperluan pribadi maupun dinas.

Adakah Asuransi Sinar Mas mobil bekas?

Tentunya ada untuk Asuransi Sinar Mas mobil bekas, sebab usia mobil yang bisa diasuransikan maksimal adalah 12 tahun. Namun sebenarnya untuk membeli asuransi mobil bekas tersedia di sejumlah perusahaan asuransi umum (kerugian). Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memilih asuransi mobil bekas:

  • Jenis asuransi mobil bekas tersedia dua pilihan seperti asuransi untuk mobil baru yaitu asuransi mobil all risk Sinar Mas dan total loss only (TLO).
  • Usia mobil yang bisa diasuransikan di perusahaan asuransi rata-rata adalah 9 tahun untuk all risk dan 15 tahun untuk TLO.
  • Premi asuransi all risk dan TLO berbeda. Premi asuransi mobil all risk Sinar Mas lebih mahal dibandingkan TLO karena all risk memberikan jaminan ganti rugi menyeluruh. Sedangkan TLO adalah asuransi mobil yang memberikan manfaat pertanggungan ganti rugi diatas 75 persen maupun kehilangan.
  • Pertimbangkan memilih polis kombinasi all risk dan TLO untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi. Namun, harga premi akan lebih mahal dibandingkan hanya membeli polis asuransi mobil all risk Sinar Mas.
Adakah Asuransi Sinar Mas All Risk mobil tua?

Asuransi all risk mobil tua tersedia di sejumlah perusahaan asuransi. Namun, tetap ada syarat dan ketentuan terkait usia maksimal mobil yang akan diasuransikan. Beberapa perusahaan membatasi usia maksimal 10 tahun untuk mobil tua jaminan all risk dan 15 tahun untuk TLO.

Beberapa perusahaan asuransi juga memberikan jaminan asuransi untuk mobil tua kategori klasik atau antik dengan usia lebih dari 40 tahun. Tetapi, terdapat syarat kondisi mobil dan aksesoris mobil yang sesuai aslinya atau tidak dimodifikasi.

Tersedia juga asuransi mobil yang menanggung mobil klasik dengan usia antara 20 – 40 tahun, dengan syarat boleh mengalami perbaikan dan perawatan tetapi tidak mengubah desain dan spesifikasi awal.

Bagaimana cara daftar Asuransi Mobil Sinar Mas?

Bagi calon nasabah yang ingin membeli polis Asuransi Kendaraan Bermotor Sinar Mas secara online bisa mengunjungi situs Lifepal. Lewat marketplace asuransi nomor satu di Indonesia, calon nasabah bisa membandingkan ratusan asuransi mobil dari berbagai perusahaan. Dengan demikian, calon nasabah akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi yang ringan pula. Cek dan bandingkan secara online sekarang!

Bagaimana cek status asuransi mobil Sinar Mas?

Cek status asuransi mobil bisa dilakukan nasabah dengan fitur yang disediakan perusahaan asuransi. Pada Asuransi Simas mobil, nasabah bisa melakukan cek status melalui situs resmi perusahaan. Kemudian klik Layanan dan klik bagian Cek Status Polis.

Berikut informasi yang harus diisi oleh nasabah untuk cek status Asuransi Mobil Sinar Mas:

  • Masukkan nomor polis
  • Masukan nomor Digit SUM/No Jaminan

Keterangan :

  • Nomor Digit Sum tertera di bawah tanda tangan atau nomor polis.
  • Contoh 0C130A11130A0A0C
  • Masukan nomor polis tanpa tanda titik. Contoh 02051199909693
  • Apabila mengalami kesulitan dalam pencarian Nomor Polis atau Nomor Plat, hubungi kami melalui [email protected]
Bagaimana cara cek polis Asuransi Mobil Sinar Mas?

Cek polis Asuransi Mobil Sinar Mas dilakukan untuk melihat status polis Anda masih aktif atau tidak. Berikut langkah-langkah cek polis Asuransi Mobil Sinar Mas:

  1. Kunjungi situs resmi Asuransi Sinar Mas
  2. Pilih menu Layanan
  3. Klik menu Cek Status Polis di sebelah kiri laman
  4. Pada kolom yang tersedia, masukkan nomor polis tanpa tanda titik
  5. Kemudian masukkan nomor jaminan atau digit sum. Nomor digit sum tertera di bawah tanda tangan atau nomor polis)

Apabila Anda mengalami kesulitan mencari nomor polis atau nomor plat kendaraan, sila hubungi customer service Asuransi Mobil Sinar Mas melalui email [email protected]

Berapa biaya Asuransi Mobil Sinar Mas?

Biaya Asuransi Mobil Sinar Mas menyesesuaikan ketetapan harga dalam PSAKBI, sehingga tergantung dari beberapa faktor maka biayanya bisa berbeda-beda. Untuk mendapatkan informasi mengenai daftar harga Asuransi Mobil Sinar Mas dan perhitungannya, sila cek tab Premi.

Bagaimana cara bayar premi asuransi mobil Sinar Mas?

Pembayaran asuransi mobil Sinar Mas dapat dilakukan dengan berbagai cara. Karena masih dalam satu grup dengan Bank Sinarmas, maka metode pembayaran Sinar Mas asuransi mobil melalui bank tersebut menjadi salah satu pilihan utama.

Namun bagi nasabah yang tidak memiliki rekening di Bank Sinarmas tetap bisa melakukan pembayaran langsung ke teller Bank Sinarmas. Jika dirasa merepotkan, nasabah bisa memilih beberapa metode di bawah ini agar lebih nyaman.

Berdasarkan situs resmi perusahaan terdapat dua cara pembayaran premi yaitu melalui Virtual Account Bank Sinarmas dan E-Payment.

Berikut tahapannya:

Virtual Account Bank Sinarmas

  1. Pembayaran melalui ATM Bank Sinarmas:
  • Pilih menu transfer, pilih rekening Bank Sinarmas dan rekening nasabah lain
  • Masukan no. rekening tujuan dan jumlah transfer
  • Masukan no. referensi dan muncul layar konfirmasi
  • Jika data sudah benar, silahkan pilih “YA”
  1. Pembayaran melalui ATM yang tergabung dalam jaringan ATM prima dan ATM bersama dengan menggunakan kartu ATM Bank Sinarmas atau kartu ATM jaringan ATM bersama atau ATM Prima:
  • Masukan kode sandi Bank Sinarmas: 153
  • Masukan nomor rekening Bank Sinarmas: 8005XXXXXXXXXXXX
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi
  1. Pembayaran melalui internet banking Bank Sinarmas:
  • No rekening Giro Bank Sinarmas : 8005XXXXXXXXXXXX
  • Nama pemegang rekening : ASM QQ ABCD (nama pengirim)
  • Bank tujuan : Bank Sinarmas
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi
  1. Transaksi melalui bank lain:
  • No rekening Giro Bank Sinarmas : 8005XXXXXXXXXXXX
  • Nama pemegang rekening : ASM QQ ABCD (nama pengirim)
  • Bank tujuan : Bank Sinarmas
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi
  1. Melalui teller bank lain:
  • No rekening Giro Bank Sinarmas : 8005XXXXXXXXXXXX
  • Nama pemegang rekening : ASM QQ ABCD (nama pengirim)
  • Bank tujuan : Bank Sinarmas
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi 
  1. Pembayaran secara tunai melalui cabang Bank Sinarmas:
  • No rekening Giro Bank Sinarmas : 8005XXXXXXXXXXXX
  • Nama pemegang rekening : ASM QQ ABCD (nama pengirim)
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi
Bagaimana cara klaim Asuransi Sinar Mas Mobil?

Cara klaim Asuransi Mobil Sinar Mas cukup mudah, baik pertanggungan TLO dan all risk memiliki prosedur yang kurang lebih sama. Akan tetapi, dokumen persyaratan yang dibutuhkan bisa jadi berbeda. Cek informasi selengkapnya mengenai cara klaim Asuransi Mobil Sinar Mas pada tab Klaim.

Berapa lama Klaim Asuransi Sinar Mas cair?

Prosedur klaim Asuransi Mobil Sinar Mas umumnya memakan waktu tiga hari kerja apabila dokumen klaim Asuransi Sinar Mas yang diterima oleh pihak asuransi sudah lengkap. Namun untuk lama proses perbaikan tentunya bervariasi tergantung tingkat keadaan.

Bagaimana metode penggantian biaya Asuransi Mobil Sinar Mas?

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Pada Asuransi Mobil Sinar Mas, terdapat beberapa metode penggantian biaya asuransi yang disesuaikan dengan polis yang dipilih dan jenis klaim yang diajukan. Berikut penjelasan singkat mengenai beberapa metode penggantian biaya klaim Asuransi Mobil Sinar Mas.

  • Fasilitas cashless yaitu kemudahan memperbaiki mobil di bengkel rekanan Asuransi Sinar Mas yang bagus tanpa perlu mengeluarkan uang pribadi. Namun, untuk setiap klaim biasanya ada biaya OR asuransi mobil yang harus dibayarkan sekitar Rp300 ribu.
  • Uang pertanggungan berupa santunan tunai untuk klaim asuransi kecelakaan bagi penumpang, pengemudi, dan pihak ketiga. Santunan tunai juga diberikan kepada aset pihak ketiga yang mengalami kerusakan. Contoh, jika tertanggung menabrak pagar rumah pihak ketiga.
Apakah ada manfaat Asuransi Sinar Mas Mobil uang kembali?

Asuransi Sinar Mas sempat menghadirkan polis asuransi mobil yang menawarkan manfaat uang kembali jika tidak ada klaim pada tahun 2011 bernama Simas Mobil Bonus. Polis ini menjadi jawaban para nasabah yang menginginkan manfaat Asuransi Sinar Mas Mobil uang kembali jika tak ada klaim selama masa pertanggungan.

Namun di tahun 2015, Asuransi Sinar Mas menyetop pemasaran polis Simas Mobil Bonus ini. Namun Anda masih bisa memilih dua polis asuransi mobil dari Sinar Mas, yakni Asuransi Simas All Risk Mobil dan Simas Mobil TLO. Lihat rangkuman manfaat dari kedua polisnya di tab Polis.

Apa yang dimaksud dengan OR asuransi mobil?

OR asuransi mobil atau own risk merupakan biaya risiko yang perlu ditanggung oleh nasabah sendiri. dan tidak termasuk dalam pertanggungan asuransi. Untuk biaya Asuransi Mobil Sinar Mas risiko sendiri pada klaim partial loss, CTL, dan kehilangan total memiliki besaran berbeda-beda. Daftar harga Asuransi Mobil Sinar Mas selengkapnya dapat disimak pada tab Premi.

Apa saja pengecualian Asuransi Mobil Sinar Mas?

Pengecualian Asuransi Mobil Sinar Mas adalah sebab dan kejadian yang membuat klaim asuransi mobil nasabah tidak ditanggung oleh Asuransi Sinar Mas. Berikut keterangannya:

  1. Kerugian/kerusakan mobil atau tanggung jawab hukum pihak ketiga jika:
  • Kendaraaan digunakan untuk menarik atau mendorong kendaraan atau benda lain, memberi pelajaran mengemudi.
  • Turut serta dalam perlombaan, latihan, penyaluran hobi kecakapan atau kecepatan, karnaval, pawai, kampanye, unjuk rasa.
  • Melakukan tindak kejahatan.
  • Penggunaan selain dari yang dicantumkan dalam Polis.
  • Penggelapan, penipuan, hipnotis dan sejenisnya.
  1. Perbuatan jahat yang dilakukan oleh:
  • Tertanggung sendiri.
  • Suami atau istri, anak, orang tua atau saudara sekandung Tertanggung.
  • Orang yang disuruh Tertanggung, bekerja pada Tertanggung, orang yang sepengetahuan atau seizin Tertanggung.
  • Orang yang tinggal bersama Tertanggung.
  • Pengurus, pemegang saham, komisaris atau pegawai, jika Tertanggung merupakan badan hukum.
  • Kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan yang telah ditetapkan pabrikan.
  1. Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian/kerusakan mobil atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh:
  • Kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, pengambil-alihan kekuasan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase, penjarahan.
  • Gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau gejala geologi atau meteorologi lainnya.
  • Reaksi nuklir, termasuk tetapi tidak terbatas pada radiasi nuklir, ionisasi, fusi, fisi atau pencemaran radio aktif, tanpa memandang apakah itu terjadi di dalam atau di luar Kendaraan Bermotor dan atau kepentingan yang dipertanggungkan.
  1. Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau biaya atas Kendaraan Bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika:
  • Disebabkan oleh tindakan sengaja Tertanggung dan atau pengemudi pada saat terjadinya kerugian atau kerusakan, Kendaraan Bermotor dikemudikan oleh seseorang yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Dikemudikan oleh seorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras, obat terlarang atau sesuatu bahan lain yang membahayakan.
  • Dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak laik jalan.
  • Memasuki atau melewati jalan tertutup, terlarang, tidak diperuntukkan untuk Kendaraan Bermotor atau melanggar rambu-rambu lalu-lintas.
Apakah bisa dapat refund Asuransi Mobil Sinar Mas jika polis dibatalkan?

Nasabah bisa mendapatkan refund Asuransi Mobil Sinar Mas jika membatalkan polis, asalkan periode pertanggungan belum mencapai 8 bulan sejak awal periode polis. Refund Asuransi Mobil Sinar Mas tidak bisa diberikan jika polis sudah berjalan lebih dari 8 bulan.

Apa itu lelang mobil Asuransi Sinar Mas?

Lelang Mobil Asuransi Sinar Mas bisa dilakukan lewat Lelang Salvage. ASM menyediakan fasilitas lelang mobil terutama untuk kendaraan yang rusak karena kecelakaan.

Lelang ini bisa diikuti oleh perorangan atau perusahaan/CV dengan memenuhi beberapa persyaratan berikut.

PeroranganPerusahaan / CV
Foto diri ukuran 4X6 sebanyak 2 lembar (berwarna)Foto diri ukuran 4X6 sebanyak 2 lembar (berwarna)
Foto Bengkel 4R sebanyak 2 Lbr (berwarna) Foto Bengkel 4R sebanyak 2 Lbr (berwarna)
Fotokopi KTPFotokopi KTP
Fotokopi Kartu Keluarga (KK)Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)Fotokopi Surat Ijin Usaha
Fotokopi Buku Tabungan Bank halaman 1 atau Rekening KoranFotokopi Surat Tempat Usaha
Nomor Telepon Rumah, Ponsel, Faksimile, dan Surel (Formulir Terlampir)Surat keterangan Berdomisili untuk Badan usaha
Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Fotokopi Buku Tabungan Bank halaman 1 atau Rekening Koran
Nomor Telepon, Ponsel, Fax, dan Surel (Formulir Terlampir)
Bagaimana cara berhenti asuransi mobil Sinar Mas?

Bagi nasabah yang ingin berhenti menjadi nasabah Asuransi Mobil Sinar Mas perlu menghubungi kantor pusat, kantor cabang, atau kantor pemasaran terdekat. Setelah itu, ikuti petunjuk sesuai instruksi.

Biasanya, pihak Asuransi Sinar Mas akan meminta nasabah mengisi formulir online di situs atau aplikasi. Setelah terisi, lanjutkan dengan mengunduh formulir tersebut bersama fotokopi STNK dan bukti pembayaran premi.

Setelah itu, nasabah akan dikonfirmasi melalui telepon atau email yang menginformasikan bahwa nasabah sudah berhenti menjadi nasabah Simas Mobil. Namun, agar lebih nyaman, sebaiknya berhenti menjadi nasabah Sinar Mas Asuransi Mobil setelah masa pertanggungan selesai atau setelah satu tahun. Dengan begitu, proses tutup polis lebih mudah.

Apa itu asuransi mobil all risk?

Asuransi mobil all risk adalah salah satu jenis pertanggungan asuransi mobil yang menanggung hampir seluruh risiko yang dapat terjadi pada kendaraan bermotor atau mobil Anda. Baik dari kerusakan ringan hingga berat, serta kehilangan.

Sumber dan referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.sinarmas.co.id/
  • https://personalfinance.kontan.co.id/news/klaim-nol-uang-kembali-1
Daftar dan dapatkan promo asuransi terbaik! Diskon 25%
Dapatkan Promo