Asuransi Mobil Sinar Mas

4.5 / 5.0 (5.949 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Cashback 10%
Diskon 25%*
  • ACA_43_1_D
12 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Mobil Sinar Mas

Asuransi Mobil Sinar Mas merupakan asuransi kendaraan yang dikelola oleh PT Asuransi Sinar Mas (ASM). Asuransi Mobil Sinar Mas tersedia dalam dua pilihan polis, yaitu Total Loss Only (TLO) dan All Risk. Hal yang membuat polisnya unggul adalah menanggung usia mobil hingga 12 tahun.

Dapatkan polis Asuransi Mobil Sinar Mas, premi mulai Rp35 ribuan per bulan hanya di Lifepal. Yuk, cek sekarang secara online!

*Syarat dan ketentuan berlaku

Pilihan Polis Asuransi Mobil Sinar Mas

Terdapat polis asuransi kendaraan Sinar Mas untuk jaminan komprehensif dan total loss only, berikut pilihan dan penjelasannya:

Simas Mobil Comprehensive ini memberikan pertanggungan lengkap untuk polis yang dipilih. Setiap polis yang ditawarkan Simas Mobil memberikan jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TPL).

Manfaat pertanggungan
  • Menanggung risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir dari jalan
  • Menanggung risiko perbuatan jahat orang lain
  • Menanggung risiko pencurian termasuk pencurian dengan kekerasan
  • Menanggung risiko kebakaran dan sambaran petir
  • Menanggung risiko kecelakaan selama penyeberangan dengan feri 
  • Menanggung biaya derek maksimal 0,5 persen dari jumlah pertanggungan
  • Simas Mobil TPL: Produk asuransi menjamin tuntutan ganti rugi dari pihak ketiga atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang secara langsung disebabkan oleh kendaraan bermotor yang dipertanggungkan sebagai akibat risiko yang dijamin polis yang berupa kerusakan harta benda (property damage), biaya pengobatan, cedera badan dan/atau kematian.

Simas Mobil TLO  adalah asuransi yang memberikan jaminan ganti rugi atas risiko kerusakan atau kehilangan mobil mencapai lebih dari 75 persen harga mobil saat ini. Setiap polis yang ditawarkan Simas Mobil memberikan jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TPL).

Manfaat pertanggungan
  • Menanggung risiko tabrakan, benturan, terbalik, tergelincir dari jalan
  • Menanggung risiko perbuatan jahat orang lain
  • Menanggung risiko pencurian termasuk pencurian dengan kekerasan
  • Menanggung risiko kebakaran dan sambaran petir
  • Menanggung risiko kecelakaan selama penyeberangan dengan feri 
  • Menanggung biaya derek maksimal 0,5 persen dari jumlah pertanggungan
  • TLO + TPL: Produk pertanggungan untuk kerusakan dan/atau kerugian karena suatu peristiwa yang dijamin oleh polis dimana biaya perbaikan, penggantian atau pemulihan ke keadaan semula sesaat sebelum terjadinya pencurian dan/atau kerusakan sama dengan atau lebih dari harga sebenarnya kendaraan bermotor yang dipertanggungkan atau kendaraan hilang karena pencurian.

Rangkuman Manfaat Polis Asuransi Mobil Sinar Mas

Polis asuransi mobil Sinar Mas terbagi menjadi dua kategori yang dibedakan berdasarkan luas risiko yang ditanggung. Berikut pilihan Asuransi Kendaraan Sinar Mas selengkapnya:

ProdukManfaat yang Diberikan
Asuransi Mobil All RiskGanti rugi atas segala risiko kerugian, baik kerusakan sedang maupun menyeluruh. 
Asuransi Mobil TLOGanti rugi atas risiko kerugian total atau nilai kerugiannya mencapai lebih dari 75 persen harga mobil.

Harga Premi Asuransi Mobil Sinar Mas

Harga asuransi mobil Sinar Mas all risk maupun TLO ditentukan oleh beberapa faktor. Termasuk jenis polis yang dibeli dan wilayah pertanggungan.

Berikut ini beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Sementara, persentase asuransi mobil all risk dan TLO yang ditentukan berdasarkan harga mobil dan wilayah adalah sebagai berikut:

Biaya asuransi mobil all risk Sinar Mas dan TLO
  • Wilayah I: Sumatera dan kepulauan di sekitarnya
  • Wilayah II: Jakarta, Banten, dan Jawa Barat
  • Wilayah III: semua daerah di Indonesia yang tidak termasuk Wilayah I dan II.

Rate asuransi mobil Sinar Mas all risk
  • Kategori 1 ≤Rp 125 juta 3,82%-4,20% 3,26%-3,59% 2,53%-2,78%
  • Kategori 2 >Rp 125 – Rp 200 Juta 2,67%-2.94% 2,47%-2,72% 2,69%-2,96%
  • Kategori 3 >Rp 200 – Rp 400 Juta 2,18%-2,40% 2,08%-2,29% 1,79%-1,97%
  • Kategori 4 >Rp 400 – Rp 800 Juta 1,20%-1,32% 1,20%-1,32% 1,14%-1,25%
  • Kategori 5 >Rp 800 Juta 1,05%-1,16% 1,05%-1,16% 1,05%-1,16%

Daftar harga asuransi mobil Sinar Mas TLO
  • Kategori 1 0 s.d. Rp 125 Juta 0,47%-0,56% 0,65%-0,78% 0,51%-0,56%
  • Kategori 2 >Rp 125 – Rp 200 Juta 0,63%-0,69% 0,44%-0,53% 0,44%-0,48%
  • Kategori 3 >Rp 200 – Rp 400 Juta 0,41%-0,46% 0,38%-0,42% 0,29%-0,35%
  • Kategori 4 >Rp 400 – Rp 800 Juta 0,25%-0,30% 0,25%-0,30% 0,23%-0,27%
  • Kategori 5 > Rp 800 Juta 0,20%-0,24% 0,20%-0,24% 0,20%-0,24%
Simulasi Asuransi Mobil Sinar Mas

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk kepada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Selain ketentuan di atas, Simas Mobil Gabungan menetapkan tambahan biaya, yaitu loading premi minimal 5 persen per tahun untuk mobil berusia di atas 5 tahun. Sementara untuk Simas Mobil TLO menerapkan loading premi minimal 5 persen per tahun untuk usia mobil di atas 10 tahun.

Agar lebih memahami tentang perhitungan premi Asuransi Mobil Sinar Mas, Anda bisa mencoba menggunakan simulasi Asuransi Mobil Sinar Mas dengan kalkulator dari Lifepal berikut ini:

[calculator id="32"]

Cara Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas

Cara klaim Asuransi Mobil Sinar Mas hampir sama dengan klaim asuransi mobil lainnya. Nasabah hanya perlu memenuhi dokumen yang dibutuhkan sesuai jenis polis dan klaim yang akan diajukan. Setelah itu, serahkan dokumen tersebut ke layanan nasabah perusahaan berikut ini:

Alamat Asuransi Sinar Mas

Plaza Simas Gedung I, Jalan KH Fachrudin No.18 Jakarta 10250, Indonesia.

Customer care 24 jam: (021) 23567888/50507888

Telp: (021) 3902141/50509888

Faks: (021) 3902159/60

WhatsApp: 08811070888

Email: [email protected]

Website: www.sinarmas.co.id

Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas untuk Kecelakaan

Berikut ini cara klaim asuransi mobil Sinar Mas untuk kecelakaan (partial loss).

  • Menyertakan dokumen yang dibutuhkan yaitu formulir klaim Asuransi Mobil Sinar Mas diisi lengkap, STNK, SIM pengemudi, KTP asli, polis asuransi atas nama Asuransi Sinar Mas,Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) dari kepolisian tempat kecelakaan terjadi (khusus kendaraan dengan kerusakan parah atau kehilangan sparepart).
  • Penyurvei (surveyor) akan datang dan melakukan survei mobil yang akan diklaim.
  • Setelah survei dan dokumen lengkap, maka diterbitkan Surat Perintah Kerja (SPK) agar kendaraan dapat diperbaiki di bengkel rekanan Sinar Mas.

Klaim Asuransi Mobil Sinar Mas untuk Kerusakan Total

Berikut ini prosedur klaim Asuransi Mobil Sinar Mas TLO, khusus untuk kendaraan yang mengalami kerusakan parah atau kehilangan.

  • Melengkapi dokumen yang diperlukan: BPKB asli, STNK asli, surat blokir STNK asli, kunci kendaraan asli dan cadangan, buku KIR (jenis kendaraan pick up), kuitansi bermaterai, surat pernyataan subrogasi (untuk penggantian TPL), dan surat pelepasan hak (kendaraan perusahaan)
  • Formulir klaim yang sudah terisi lengkap.
  • KTP asli (hasil scan atau foto asli) jika nama pelapor yang terdapat pada formulir klaim bukan nama tertanggung.
  • Jika polis asuransi atas nama perusahaan, maka formulir klaim harus dilengkapi dengan stempel perusahaan.
  • STPL dari kantor kepolisian setempat.
  • Jika klaim dinyatakan diterima, kelengkapan dokumen yang harus ditambahkan tertanggung adalah: BPKB asli, faktur asli, Surat Blokir STNK asli, Surat Keterangan Hilang asli dari Polda, dua kuitansi kosong yang ditandatangani tertanggung (salah satunya bermeterai 6000).
  • Faktur asli (untuk kendaraan jenis pick up)

Berapa Biaya klaim Asuransi Mobil Sinar Mas?

Biaya klaim Asuransi Mobil Sinar Mas atau dikenal juga dengan istilah own risk adalah biaya yang harus dibayarkan nasabah setiap mengajukan klaim. Besaran own risk asruansi mobil adalah Rp300 ribu per kejadian. 

Cara Menghindari Klaim Asuransi Mobil Ditolak

Pengalaman klaim Asuransi Mobil Sinar Mas ditolak pasti tidak menyenangkan bagi nasabah. Nah, untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa alasan yang umumnya dapat membuat klaim asuransi mobil nasabah ditolak yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah sebagai berikut: 

1. Masuk dalam risiko pengecualian

Baca dengan teliti polis yang akan dibeli, apakah perusahaan asuransi menanggung risiko kerugian sebagian atau total saja. Jika nasabah memilih polis asuransi mobil TLO, maka kerugian seperti baret, penyok, dan sejenisnya tidak akan ditanggung karena termasuk kerusakan ringan.  

2. Dokumen klaim kurang lengkap

Salah satu alasan klaim ditolak seringkali terjadi karena dokumen klaim kurang lengkap. Karena itu, sebaiknya tanyakan secara detail kepada pihak asuransi, dokumen apa saja yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim. 

3. Di luar lokasi pertanggungan asuransi

Misalnya, nasabah berdomisili di Jakarta dan terjadi kerugian di Bandung. Kemudian, nasabah ingin mengajukan klaim di bengkel area Bandung. Perlu dipahami bahwa tidak semua asuransi akan menanggung biaya perbaikan di luar kota.

Dari beberapa alasan di atas, tentunya hal-hal tersebut bisa dihindari apabila nasabah membaca polis Asuransi Mobil Sinar Mas yang dimiliki dengan teliti dan detail. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari pengalaman klaim Asuransi Mobil Sinar Mas yang kurang menyenangkan karena ditolak perusahaan.

Bengkel Rekanan Asuransi Mobil Sinar Mas

Rekanan bengkel Asuransi Sinar Mas cukup luas di Indonesia. Berikut ini sejumlah bengkel rekanan Asuransi Mobil Sinar Mas yang bagus di beberapa provinsi di Indonesia.

Daftar bengkel rekanan Asuransi Sinar Mas di DKI Jakarta
  • Layanan Prima, Jl Jelambar Barat III No 12A, Jakarta Barat. Telepon: 021-5665930/31
  • CV Auto Prima Makmur, Jalan Raya Srengseng No.133 Jakarta Barat. 021-58900800/5844229
  • Karyakita Putra Sejahtera, PT (KIA PLAZA), Jalan Gunung Sahari Ancol No.17 Jakarta Pusat. 021-6253378
  • PT. Gema Mitra Abadi, Jalan Tanjung Barat Raya No.143B Jakarta Selatan. 021-78834018
  • PT Jakarta Teknologi Utama Motor, Jalan Rawabali I No.25 Pulogadung, Jakarta Timur. 021-46826242
  • Raperind Motor, Jalan Kalimalang Blok Q No.2E Jakarta Timur. 021-8642456

Daftar bengkel rekanan Asuransi Sinar Mas di Jawa Barat
  • Otto Cemerlang, Jalan Kol. Supadio No.30 Bandung. 022-6075838
  • Virtue (Bandung), Jalan Wastukencana No.39 Rt 001/004. 022-4234524
  • Star Auto, Jalan Holis No.433 Bandung. 022-5414402/022-5416962
  • Shine Auto, Jalan RA Kartini No.18 Rawa Panjang, Bekasi Barat. 021-82425396
  • PT Brayat Kretya Andaru, Jalan KH. Soleh Iskandar RT001/RW001 Kota Bogor. 0251-7544373

Daftar bengkel rekanan Asuransi Sinar Mas di Jawa Tengah
  • Auto Fix – Santosa Motor Service, Jalan Majapahit 129B Semarang. 024-6720720/6701701
  • Bintang Utama, Jalan Wolter Monginsidi No.45 Semarang. 024-6710415/6733627/28
  • Oto Onderdil, Jalan Raya Kaligawe KM.6 Semarang. 024-6581668/6582144
  • Utama Sakti, Jalan Durian Raya No.17A Banyumanik. 024-7477425
  • Tejo Motor, Jalan Pedurungan Kidul No.82, Semarang. 024-6711001
  • Eka Auto (PT. Motoreko Mobilindo), Jalan Arteri Soekarno Hatta No.18 Semarang. 024-76857777
  • Bimatama Auto Body Repair and Paint, Jalan Hasanudin G 63 Semarang Utara. 024-3547190

Daftar bengkel rekanan Asuransi Sinar Mas di Jawa Timur
  • Top Mobil, Jalan Supersemar No.12 Kediri. 0354-7011099
  • Mahkota Otomotif Body Repair, Jalan Sersan Suharmaji VII/34 Kediri. 0354-697411
  • Ngebrak Motor, Jalan Raya Kediri-Kertosono Kediri. 0354-697081
  • Surya Indah Singonegaran Timur II No. 25 Kediri 0354-691294
  • Klinik Mobil GSM ( Kediri), Jalan Raya Purwokerto No.352 Ngadiluwih, Kediri. 0354-476907
  • Indo Kreatif, Jalan Supersemar 48 Kediri. 0354-699088
  • Jakarta Teknologi Utama, Jalan Raya Waru No. 82, Waru, Sidoarjo. 031-8531616/8537939/8531813
  • Bahtera Motors (Kusuma Bahtera Jaya), Jalan Dukuh Kupang Utara I/1 Surabaya. 031-5614603
  • Kharisma Gemillang, Jalan Raya Sepat Lidah Kulon No.200 Menganti, Surabaya. 031-7526919

Review Asuransi Mobil Sinar Mas

Asuransi Mobil Sinar Mas cocok untuk nasabah yang memiliki anggaran terbatas sebab preminya terbilang murah. Berikut ini review Asuransi Mobil Sinar Mas yang dapat dipertimbangkan:

  • (+) Premi murah untuk TLO mulai Rp35 ribuan dan All Risk mulai Rp175 ribuan per bulan di Lifepal
  • (+) Menanggung usia mobil hingga 12 tahun. Perusahaan asuransi mobil lain umumnya hanya hingga 10 tahun
  • (+) Bengkel rekanan tersebar luas di 500+ titik di Indonesia

Pertanyaan Seputar Asuransi Mobil Sinar Mas

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Asuransi Mobil Sinar Mas, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Apa itu asuransi mobil Sinar Mas?

Asuransi Mobil Sinar Mas adalah produk asuransi khusus mobil dari PT Asuransi Sinar Mas yang didirikan pada 27 Mei 1985. Asuransi mobil Sinar Mas atau Simas Mobil menawarkan beberapa pilihan polis, baik untuk mobil pribadi maupun bisnis/dinas/komersial/korporasi. Polis asuransi mobil yang ditawarkan cukup lengkap, yaitu Gabungan (Komprehensif) + tanggung jawab pihak ketiga (third party liability/TPL), Kerugian Total (TLO) + TPL, Simas Mobil TPL, Simas Mobil Exclusive.

Salah satu yang menjadi unggulan Simas Mobil adalah Simas Mobil Exclusive yang memberikan pertanggungan kecelakaan diri bagi pengemudi, penumpang, dan pihak ketiga. Pertanggungan untuk pengemudi dan penumpang memiliki limit cukup tinggi, yaitu 20 persen dari pertanggungan kendaraan.

Selain asuransi mobil Sinar Mas, tersedia pula asuransi kesehatan Sinar Mas, asuransi kecelakaan diri, asuransi rekayasa, dan asuransi mikro dengan berbagai pilihan polis/plan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Demi memberikan pelayanan maksimal kepada nasabah, ASM memperluas jaringan pemasaran yaitu melalui 33 kantor cabang, satu kantor cabang khusus syariah, 71 kantor pemasaran, dan 107 marketing point untuk menjangkau nasabah dan menambah pelayanan di Indonesia.

Apa itu lelang mobil Asuransi Sinar Mas?

Lelang Mobil Asuransi Sinar Mas bisa dilakukan lewat Lelang Salvage. ASM menyediakan fasilitas lelang mobil terutama untuk kendaraan yang rusak karena kecelakaan.

Lelang ini bisa diikuti oleh perorangan atau perusahaan/CV dengan memenuhi beberapa persyaratan berikut.

PeroranganPerusahaan / CV
Foto diri ukuran 4X6 sebanyak 2 lembar (berwarna)Foto diri ukuran 4X6 sebanyak 2 lembar (berwarna)
Foto Bengkel 4R sebanyak 2 Lbr (berwarna) Foto Bengkel 4R sebanyak 2 Lbr (berwarna)
Fotokopi KTPFotokopi KTP
Fotokopi Kartu Keluarga (KK)Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)Fotokopi Surat Ijin Usaha
Fotokopi Buku Tabungan Bank halaman 1 atau Rekening KoranFotokopi Surat Tempat Usaha
Nomor Telepon Rumah, Ponsel, Faksimile, dan Surel (Formulir Terlampir)Surat keterangan Berdomisili untuk Badan usaha
Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Fotokopi Buku Tabungan Bank halaman 1 atau Rekening Koran
Nomor Telepon, Ponsel, Fax, dan Surel (Formulir Terlampir)
Adakah asuransi Sinar Mas mobil bekas?

Tentunya ada untuk asuransi Sinar Mas mobil bekas, sebab usia mobil yang bisa diasuransikan maksimal adalah 12 tahun. Namun sebenarnya untuk membeli asuransi mobil bekas tersedia di sejumlah perusahaan asuransi umum (kerugian. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memilih asuransi mobil bekas:

  • Jenis asuransi mobil bekas tersedia dua pilihan seperti asuransi untuk mobil baru yaitu all risk dan total loss only (TLO).
  • Usia mobil yang bisa diasuransikan di perusahaan asuransi rata-rata adalah 9 tahun untuk all risk dan 15 tahun untuk TLO.
  • Premi asuransi all risk dan TLO berbeda. Premi all risk lebih mahal dibandingkan TLO karena all risk memberikan jaminan ganti rugi menyeluruh. Sedangkan TLO adalah asuransi mobil yang memberikan manfaat pertanggungan ganti rugi diatas 75 persen maupun kehilangan.
  • Pertimbangkan memilih polis kombinasi all risk dan TLO untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi. Namun, harga premi akan lebih mahal dibandingkan hanya membeli polis all risk.
Adakah Asuransi Sinar Mas All Risk mobil tua?

Asuransi all risk mobil tua tersedia di sejumlah perusahaan asuransi. Namun, tetap ada syarat dan ketentuan terkait usia maksimal mobil yang akan diasuransikan. Beberapa perusahaan membatasi usia maksimal 10 tahun untuk mobil tua jaminan all risk dan 15 tahun untuk TLO.

Beberapa perusahaan asuransi juga memberikan jaminan asuransi untuk mobil tua kategori klasik atau antik dengan usia lebih dari 40 tahun. Tetapi, terdapat syarat kondisi mobil dan aksesoris mobil yang sesuai aslinya atau tidak dimodifikasi.

Tersedia juga asuransi mobil yang menanggung mobil klasik dengan usia antara 20 – 40 tahun, dengan syarat boleh mengalami perbaikan dan perawatan tetapi tidak mengubah desain dan spesifikasi awal.

Bagaimana cara daftar asuransi mobil Sinar Mas?

Bagi calon nasabah yang ingin membeli polis asuransi Simas Mobil secara online bisa mengunjungi situs Lifepal. Lewat marketplace asuransi nomor satu di Indonesia, calon nasabah bisa membandingkan ratusan asuransi mobil dari berbagai perusahaan. Dengan demikian, calon nasabah akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi yang ringan pula.

Bagaimana cek status asuransi mobil Sinar Mas?

Cek status asuransi mobil bisa dilakukan nasabah dengan fitur yang disediakan perusahaan asuransi. Pada Asuransi Simas mobil, nasabah bisa melakukan cek status melalui situs resmi perusahaan. Kemudian klik Layanan dan klik bagian Cek Status Polis.

Berikut informasi yang harus diisi oleh nasabah untuk cek status Asuransi Mobil Sinar Mas:

  • Masukkan nomor polis
  • Masukan nomor Digit SUM/No Jaminan

Keterangan :

  • Nomor Digit Sum tertera di bawah tanda tangan atau nomor polis.
  • Contoh 0C130A11130A0A0C
  • Masukan nomor polis tanpa tanda titik. Contoh 02051199909693
  • Apabila mengalami kesulitan dalam pencarian Nomor Polis atau Nomor Plat, hubungi kami melalui [email protected]
Bagaimana cara bayar premi asuransi mobil Sinar Mas?

Pembayaran asuransi mobil Sinar Mas dapat dilakukan dengan berbagai cara. Karena masih dalam satu grup dengan Bank Sinarmas, maka metode pembayaran Sinar Mas asuransi mobil melalui bank tersebut menjadi salah satu pilihan utama.

Namun bagi nasabah yang tidak memiliki rekening di Bank Sinarmas tetap bisa melakukan pembayaran langsung ke teller Bank Sinarmas. Jika dirasa merepotkan, nasabah bisa memilih beberapa metode di bawah ini agar lebih nyaman.

Berdasarkan situs resmi perusahaan terdapat dua cara pembayaran premi yaitu melalui Virtual Account Bank Sinarmas dan E-Payment.

Berikut tahapannya:

Virtual Account Bank Sinarmas

  1. Pembayaran melalui ATM Bank Sinarmas:
  • Pilih menu transfer, pilih rekening Bank Sinarmas dan rekening nasabah lain
  • Masukan no. rekening tujuan dan jumlah transfer
  • Masukan no. referensi dan muncul layar konfirmasi
  • Jika data sudah benar, silahkan pilih “YA”
  1. Pembayaran melalui ATM yang tergabung dalam jaringan ATM prima dan ATM bersama dengan menggunakan kartu ATM Bank Sinarmas atau kartu ATM jaringan ATM bersama atau ATM Prima:
  • Masukan kode sandi Bank Sinarmas: 153
  • Masukan nomor rekening Bank Sinarmas: 8005XXXXXXXXXXXX
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi
  1. Pembayaran melalui internet banking Bank Sinarmas:
  • No rekening Giro Bank Sinarmas : 8005XXXXXXXXXXXX
  • Nama pemegang rekening : ASM QQ ABCD (nama pengirim)
  • Bank tujuan : Bank Sinarmas
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi
  1. Transaksi melalui bank lain:
  • No rekening Giro Bank Sinarmas : 8005XXXXXXXXXXXX
  • Nama pemegang rekening : ASM QQ ABCD (nama pengirim)
  • Bank tujuan : Bank Sinarmas
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi
  1. Melalui teller bank lain:
  • No rekening Giro Bank Sinarmas : 8005XXXXXXXXXXXX
  • Nama pemegang rekening : ASM QQ ABCD (nama pengirim)
  • Bank tujuan : Bank Sinarmas
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi 
  1. Pembayaran secara tunai melalui cabang Bank Sinarmas:
  • No rekening Giro Bank Sinarmas : 8005XXXXXXXXXXXX
  • Nama pemegang rekening : ASM QQ ABCD (nama pengirim)
  • Masukan nominal sesuai dengan jumlah yang tertera pada kuitansi
Bagaimana metode penggantian asuransi mobil Sinar Mas?

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Pada asuransi mobil Sinar Mas, terdapat beberapa metode penggantian biaya asuransi yang disesuaikan dengan polis yang dipilih dan jenis klaim yang diajukan. Berikut penjelasan singkat mengenai beberapa metode penggantian biaya asuransi mobil Sinar Mas.

  • Fasilitas cashless yaitu kemudahan memperbaiki mobil di bengkel rekanan asuransi Sinar Mas yang bagus tanpa perlu mengeluarkan uang pribadi. Namun, untuk setiap klaim biasanya ada biaya administrasi yang harus dibayarkan sekitar Rp300 ribu.
  • Uang pertanggungan berupa santunan tunai untuk klaim asuransi kecelakaan bagi penumpang, pengemudi, dan pihak ketiga. Santunan tunai juga diberikan kepada aset pihak ketiga yang mengalami kerusakan. Contoh, jika tertanggung menabrak pagar rumah pihak ketiga.
Apa saja pengecualian asuransi mobil Sinar Mas?

Pengecualian Asuransi Mobil Sinar Mas adalah sebab dan kejadian yang membuat klaim asuransi mobil nasabah tidak ditanggung oleh Asuransi Sinar Mas. Berikut keterangannya:

  1. Kerugian/kerusakan mobil atau tanggung jawab hukum pihak ketiga jika:
  • Kendaraaan digunakan untuk menarik atau mendorong kendaraan atau benda lain, memberi pelajaran mengemudi.
  • Turut serta dalam perlombaan, latihan, penyaluran hobi kecakapan atau kecepatan, karnaval, pawai, kampanye, unjuk rasa.
  • Melakukan tindak kejahatan.
  • Penggunaan selain dari yang dicantumkan dalam Polis.
  • Penggelapan, penipuan, hipnotis dan sejenisnya.
  1. Perbuatan jahat yang dilakukan oleh:
  • Tertanggung sendiri.
  • Suami atau istri, anak, orang tua atau saudara sekandung Tertanggung.
  • Orang yang disuruh Tertanggung, bekerja pada Tertanggung, orang yang sepengetahuan atau seizin Tertanggung.
  • Orang yang tinggal bersama Tertanggung.
  • Pengurus, pemegang saham, komisaris atau pegawai, jika Tertanggung merupakan badan hukum.
  • Kelebihan muatan dari kapasitas kendaraan yang telah ditetapkan pabrikan.
  1. Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian/kerusakan mobil atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh:
  • Kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, pengambil-alihan kekuasan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase, penjarahan.
  • Gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau gejala geologi atau meteorologi lainnya.
  • Reaksi nuklir, termasuk tetapi tidak terbatas pada radiasi nuklir, ionisasi, fusi, fisi atau pencemaran radio aktif, tanpa memandang apakah itu terjadi di dalam atau di luar Kendaraan Bermotor dan atau kepentingan yang dipertanggungkan.
  1. Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau biaya atas Kendaraan Bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga jika:
  • Disebabkan oleh tindakan sengaja Tertanggung dan atau pengemudi pada saat terjadinya kerugian atau kerusakan, Kendaraan Bermotor dikemudikan oleh seseorang yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  • Dikemudikan oleh seorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras, obat terlarang atau sesuatu bahan lain yang membahayakan.
  • Dikemudikan secara paksa walaupun secara teknis kondisi kendaraan dalam keadaan rusak atau tidak laik jalan.
  • Memasuki atau melewati jalan tertutup, terlarang, tidak diperuntukkan untuk Kendaraan Bermotor atau melanggar rambu-rambu lalu-lintas.
Apa yang dimaksud dengan OR asuransi mobil?

OR asuransi mobil atau own risk merupakan biaya risiko yang perlu ditanggung oleh nasabah sendiri. dan tidak termasuk dalam pertanggungan asuransi. Untuk biaya Asuransi Mobil Sinar Mas risiko sendiri pada klaim partial loss, CTL, dan kehilangan total memiliki besaran berbeda-beda. Daftar harga Asuransi Mobil Sinar Mas selengkapnya dapat disimak pada tab Premi.

Apa yang dimaksud dengan Asuransi Mobil TLO Sinar Mas?

Asuransi Mobil TLO Sinar Mas adalah asuransi kendaraan bermotor Sinar Mas yang menanggung kerugian atas risiko kerusakan atau kehilangan mobil yang mencapai lebih dari 75 persen harga mobil saat itu dan jaminan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TPL).

Apa yang dimaksud dengan Asuransi Mobil SInar Mas All Risk?

Asuransi Mobil Sinar Mas All Risk adalah produk asuransi kendaraan bermotor Sinar Mas yang memberikan pertanggungan secara menyeluruh, baik kerugian sebagian, rusak total, hingga kehilangan. Produk asuransi ini menanggung risiko dari hampir seluruh penyebab kerusakan maupun kerugian dan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (TPL).

Berapa biaya Asuransi Mobil Sinar Mas?

Biaya Asuransi Mobil Sinar Mas atau harga premi bisa berbeda-beda tergantung dari faktor yang menjadi penentunya, seperti misalnya profil nasabah dan jenis produk yang dipilih. Untuk mengetahui besaran Biaya Asuransi Mobil Sinar Mas selengkapnya dapat disimak pada tab Premi.

Bagaimana cara klaim asuransi mobil di Sinar Mas?

Cara klaim asuransi mobil di Sinar Mas memiliki prosedur yang cukup mudah, antara lain:

  • Tertanggung mengajuan pelaporan klaim kepada pihak asuransi paling lambat 5 (lima) hari kalender sejak tanggal kejadian kecelakaan atau adanya tuntutan dari pihak ketiga, baik secara tertulis, melalui email, atau datang langsung ke kantor cabang atau pemasaran Asuransi Sinar Mas terdekat.
  • Mengisi formulir klaim.

Untuk cara klaim asuransi mobil di Sinar Mas selengkapnya, simak pada tab Klaim.

Bagaimana cara klaim kecelakaan (partial loss) polis Simas Mobil Exclusive?

Berikut ini prosedur klaim kecelakaan Simas Mobil Exclusive:

  • Identitas tertanggung (KTP/SIM) dari karyawan yang melapor untuk perusahaan.
  • Mengisi formulir klaim dengan lengkap dan benar.
  • Laporan kepolisian setempat (jika ada unsur kejahatan).
Bagaimana cara klaim TPL polis Simas Mobil Exclusive?

Berikut ini prosedur klaim TPL Simas Mobil Exclusive:

  • Identitas pihak ketiga (korban) seperti SIM atau KTP.
  • SIM (wajib) dilampirkan jika kerugian pihak ketiga melibatkan kendaraan bermotor.
  • Surat tuntutan dari pihak ketiga.
  • Laporan kepolisian setempat jika dibutuhkan.
Bagaimana cara klaim TLO polis Simas Mobil Exclusive?

Berikut ini prosedur klaim TLO Simas Mobil Exclusive.

  • STNK & BPKB (wajib asli).
  • Surat Keterangan Kecelakaan dari kepolisian setempat (TKP).
  • Kunci kontak (asli) dan cadangan.
  • Kuitansi kosong bermaterai 6000 yang ditandatangani tertanggung (rangkap dua).
  • Identitas tertanggung (SIM atau KTP).
Berapa lama Klaim Asuransi Sinar Mas?

Prosedur klaim Asuransi Mobil Sinar Mas umumnya memakan waktu tiga hari kerja apabila dokumen yang diterima oleh pihak asuransi sudah lengkap. Namun untuk lama proses perbaikan tentunya bervariasi tergantung tingkat keadaan.

Untuk ganti rugi dalam bentuk uang, pembayarannya akan dilakukan paling lambat 14 hari kerja sejak dokumen lengkap diterima pihak perusahaan Asuransi Sinar Mas mobil. Agar segera diproses, simak baik-baik prosedur dan syarat klaim Asuransi Mobil Sinar Mas pada tab Klaim.

Berapa premi asuransi kesehatan sinar mas?

Selain asuransi mobil, Sinar Mas juga memiliki produk asuransi kesehatan. Asuransi Kesehatan Sinar Mas memiliki manfaat pertanggungan hingga ke luar negeri dengan premi yang cukup terjangkau. Untuk melihat daftar premi Asuransi Kesehatan Sinar Mas, simak pada laman ini.

Bengkel rekanan asuransi mobil Sinar Mas

Bengkel rekanan perusahaan asuransi Sinar Mas tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia. Lihat daftar bengkel rekanan Sinar Mas Asuransi Mobil selengkapnya pada tab Rekanan

Bagaimana cara cek polis Asuransi Mobil Sinar Mas?

Cek polis Asuransi Mobil Sinar Mas dilakukan untuk melihat status polis Anda masih aktif atau tidak. Berikut langkah-langkah cek polis Asuransi Mobil Sinar Mas:

  1. Kunjungi situs resmi Asuransi Sinar Mas
  2. Pilih menu Layanan
  3. Klik menu Cek Status Polis di sebelah kiri laman
  4. Pada kolom yang tersedia, masukkan nomor polis tanpa tanda titik
  5. Kemudian masukkan nomor jaminan atau digit sum. Nomor digit sum tertera di bawah tanda tangan atau nomor polis)

Apabila Anda mengalami kesulitan mencari nomor polis atau nomor plat kendaraan, sila hubungi customer service Asuransi Mobil Sinar Mas melalui email [email protected]

Apakah bisa dapat refund Asuransi Mobil Sinar Mas jika polis dibatalkan?

Nasabah bisa mendapatkan refund Asuransi Mobil Sinar Mas jika membatalkan polis, asalkan periode pertanggungan belum mencapai 8 bulan sejak awal periode polis. Refund Asuransi Mobil Sinar Mas tidak bisa diberikan jika polis sudah berjalan lebih dari 8 bulan.

Call center Asuransi Mobil Sinar Mas

Call Center Asuransi Mobil Sinar Mas 

Plaza Simas Gedung I, Jalan KH Fachrudin No.18 Jakarta 10250, Indonesia.

Customer care 24 jam: (021) 23567888/50507888

Telp: (021) 3902141/50509888

Faks: (021) 3902159/60

WhatsApp: 08811070888

Email: [email protected]

Website: www.sinarmas.co.id

Selain kantor pusat Asuransi Mobil Sinar Mas Jakarta, Asuransi Sinar Mas juga memiliki sejumlah kantor cabang di kota-kota di Indonesia, antara lain:

  • Asuransi Mobil Sinar Mas Balikpapan: Jalan MT Haryono 79C Kelurahan Kampung Damai, Balikpapan Selatan, Kalimantan Timur. Telp: (0542) 415682
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Lampung: Jalan Ahmad Yani 17C Bandar Lampung. Telp: (0721) 242875
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Bandung: Wisma Eka Life, Jalan Abdul Rivai No.2 Bandung Sari. Telp: (022) 4207272
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Banjarmasin: Jalan MT Haryono 40 Banjarmasin Timur, Kalimantan Selatan. Telp: (0511) 3352517
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Batam: Jalan Raden Patah Komplek Naga Sakti No.02 Lubuk Baja, Batam. Telp: (0778) 455489
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Cirebon: Gedung Bank Sinar Mas Lt 3, Jalan Dr Wahidin 29 Kejaksan. Telp : (0231) 8300880
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Denpasar: Gedung Bank Sinar Mas Lt 1, Jalan Tantular No.8 Renon. Telp : (0361) 255266
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Jambi: Jalan Hayam Wuruk 28D Jelutung. Telp : (0741) 22232
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Makassar: Jalan Gunung Bawakaraeng No. 67-69 Bontoala. Telp : (0411) 3616752
  • Asuransi Sinar Mas Mobil Manado: Komplek Wanea Plaza Blok I/1, Jalan Sam Ratulangi. Telp : (0431) 844365
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Medan: Jalan Sisingamangaraja No 1 Km 6,7 Simpang Marindal. Telp : (061) 41002388
  • Asuransi Sinar Mas Mobil Samarinda: Jalan KH Ahmad Dahlan RT 03 No 45 Samarinda Hilir. Telp : (0541) 735497
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Bogor: Gedung Bank Sinar Mas Lt 2, Jalan Pajajaran No 38 A Bogor Tengah. Telp: (0251) 835 2002
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Tangerang BSD: Foresta Business Loft 1 No. 2, BSD City, Jalan BSD Raya Utama Tangerang. Telp: (021) 50200700
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Pekanbaru: Jalan Soekarno Hatta No. 172 Pekanbaru. Telp : (0761) 597 0086
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Semarang: Rukan Pemuda Mas Blok A Kav A No 8 Jalan Pemuda No 150 Semarang. Telp : (024) 356 8138
  • Asuransi Mobil Sinar Mas Surabaya: Jalan Mayjend Sungkono No 131 Surabaya. Telp : (031) 566 5969
Apakah ada cabang Asuransi Mobil Sinar Mas Depok?

Asuransi Mobil Sinar Mas Depok adalah kantor pemasaran Asuransi Sinar Mas yang berada di kota Depok, bukan kantor cabang.

Alamat Asuransi Mobil Sinar Mas Depok

Jl. Margonda Raya No 304 Rt 01 RW 011

Kelurahan Kemirimuka Kecamatan Beji

Jawa Barat, 16423

Telp : (021) 7720 2343 / (021) 7721 1251

Fax : (021) 77202493

Email : [email protected]

Bagaimana cara berhenti asuransi mobil Sinar Mas?

Bagi nasabah yang ingin berhenti menjadi nasabah Asuransi Mobil Sinar Mas perlu menghubungi kantor pusat, kantor cabang, atau kantor pemasaran terdekat. Setelah itu, ikuti petunjuk sesuai instruksi.

Biasanya, pihak Asuransi Sinar Mas akan meminta nasabah mengisi formulir online di situs atau aplikasi. Setelah terisi, lanjutkan dengan mengunduh formulir tersebut bersama fotokopi STNK dan bukti pembayaran premi.

Setelah itu, nasabah akan dikonfirmasi melalui telepon atau email yang menginformasikan bahwa nasabah sudah berhenti menjadi nasabah Simas Mobil. Namun, agar lebih nyaman, sebaiknya berhenti menjadi nasabah Sinar Mas Asuransi Mobil setelah masa pertanggungan selesai atau setelah satu tahun. Dengan begitu, proses tutup polis lebih mudah.

Sumber dan referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.sinarmas.co.id/
  • https://personalfinance.kontan.co.id/news/klaim-nol-uang-kembali-1