Asuransi Motor Adira
Asuransi motor Adira adalah produk asuransi dari PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) yang memberikan perlindungan finansial atas risiko kerugian pada kendaraan roda dua atau sepeda motor.
Berada di bawah naungan PT Asuransi Adira Dinamika, perusahaan ini hadir dengan produk-produk asuransi konvensional dan unit syariah. Masing-masing produk asuransi konvensional dan syariah menawarkan kelebihan, seperti premi rendah atau penggantian kerugian dengan jumlah yang besar.
Ringkasan
|
Tabel Manfaat Asuransi Motor Adira
Produk | Manfaat Diberikan |
Motopro < Rp100 Juta | Menanggung kerugian pada motor dengan harga beli di bawah Rp100 juta. |
Motopro < Rp500 Juta | Menanggung kerugian pada motor dengan harga beli di bawah Rp500 juta. |
Mikro Syariah | Menanggung kerugian pada motor dengan prinsip syariah dan premi terjangkau |
Lanjutkan baca detail manfaat pertanggungan yang diberikan oleh masing-masing polis asuransi motor Adira yang disebutkan dalam tabel.
Pilihan Polis Asuransi Motor Adira
Terdapat tiga polis yang bisa dipilih oleh nasabah sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masing-masing individu mulai dari yang umum hingga syariah. Berikut ini adalah informasi singkat mengenai produk tersebut:
Asuransi Motor Adira
Motopro Harga Motor di Bawah Rp100 JutaProduk Motopro yang khusus dibuat untuk nasabah yang memiliki kendaraan bermotor roda 2 dengan harga beli di bawah Rp 100 juta.
|
Asuransi Motor Adira
Motopro Harga Motor di Bawah Rp 500 jutaProduk Motopro yang khusus dibuat untuk nasabah yang memiliki kendaraan bermotor roda 2 dengan harga beli di bawah Rp 500 juta.
|
Asuransi Motor AdiraMikro SyariahProduk asuransi motor Mikro Syariah dibuat oleh Adira untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang memiliki usaha kecil dan ingin melindungi aset kendaraan bermotornya dari risiko kerugian dan kehilangan berlandaskan prinsip Syariah.
|
Klaim Asuransi Motor Adira
Pengajuan klaim asuransi motor Adira dibedakan pada jenis dan produk yang akan diklaim. Berikut ini adalah langkah-langkahnya yang dapat diikuti:
- Klaim Asuransi Motor Adira (Autocillin Apps)
- Laporkan kerusakan dengan data identitas diri, kendaraan serta kronologi kejadian.
- Foto dokumen kerusakan atau kejadian.
- Mengirimkan foto identitas diri, foto dan deskripsi kerusakan kendaraan.
- Laporan dilakukan dengan menggunakan aplikasi AutoCillin yang dapat diunduh melalui perangkat smartphone Android maupun iPhone.
- Pelanggan juga bisa memilih bengkel rekanan terdekat atau yang diinginkan.
- Klaim Asuransi Kecelakaan Adira untuk Risiko Cedera, Cacat, atau Kematian
- Nasabah mengisi formulir klaim secara lengkap.
- Nasabah menyiapkan dokumen klaim sesuai dengan jenis asuransinya.
- Menyerahkan formulir dan dokumen klaim melalui agen atau Asuransi Adira langsung.
- Asuransi Adira akan melakukan verifikasi data.
- Jika data lengkap, Asuransi Adira akan melakukan analisis terhadap klaim yang diajukan.
- Jika data belum lengkap, Asuransi Adira akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada nasabah dengan tembusan ke agen. Setelah itu bisa diserahkan kembali kepada Asuransi Adira.
- Jika klaim disetujui, Asuransi Adira akan melakukan pembayaran klaim dalam tujuh hari kerja.
- Jika klaim ditolak, Asuransi Adira akan mengirimkan surat penolakan kepada nasabah.
Faktanya, jika pengajuan klaim dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan polis, maka tidak ada alasan untuk perusahaan asuransi motor Adira menolak pengajuan klaim tersebut. Karena itu, kunci agar menghindari pengajuan klaim ditolak adalah dengan baca dan pelajari polis asuransi secara teliti sebelum memutuskan membelinya. Khususnya pada bagian risiko yang ditanggung dan tidak ditanggung dalam polis asuransi motor Adira.
Bengkel dan Rumah Sakit Rekanan Asuransi Adira
Perusahaan asuransi motor Adira memiliki bengkel dan rumah sakit rekanan yang tersebar luas hampir di seluruh wilayah Indonesia. Karena itu, jika terjadi kerugian pada kendaraan atau mengalami kecelakaan diri dan membutuhkan perawatan kesehatan, dapat segera mengunjungi rekanan Adira berikut ini:
Pertanyaan Seputar Asuransi Motor Adira
Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh nasabah terkait produk asuransi motor Adira.
Apakah asuransi motor Adira bagus?
Bagus atau tidaknya sebuah asuransi bergantung kepada kebutuhan dan kepentingan nasabah dalam menggunakan polis.
Pengalaman selama bertahun-tahun dan nama besar yang dipegang oleh Asuransi Adira menjadi salah satu bukti kuat dari jajaran manajemen untuk memberikan pelayanan terbaik untuk nasabah dan menghadirkan produk-produk yang inovatif serta bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.
Selain itu, perusahaan sendiri relatif jarang diterpa oleh isu negatif di media cetak maupun digital Tanah Air. Dengan begitu, Asuransi motor Adira bisa menjadi salah satu asuransi yang dikategorikan baik dan bisa dipertimbangkan oleh masyarakat untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.
Apa keunggulan asuransi motor Adira?
Untuk asuransi motor Adira sendiri memiliki beberapa keunggulan mulai dari uang pertanggungan mencapai angka Rp 500 juta, harga premi yang relatif terjangkau dan terdapat polis yang khusus dibuat untuk pengusaha kecil yakni Mikro Syariah.
Sedangkan diluar keunggulan dari sisi produk Asuransi motor Adira memiliki rekanan Rumah Sakit dan Bengkel yang luas di seluruh Indonesia sehingga bisa memudahkan nasabah untuk melakukan proses klaim kepada perusahaan dimanapun dan kapanpun.
Apa pertanggungan asuransi motor Adira?
Asuransi Adira memberikan berbagai jenis produk asuransi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, baik itu asuransi kendaraan bermotor, asuransi perjalanan, maupun asuransi yang berkaitan dengan proteksi terhadap risiko kerugian yang ada.
Khusus untuk asuransi motor Adira, terdapat dua produk asuransi yang ditawarkan, yaitu paket Motopro dengan harga motor di bawah Rp500 juta dan paket Motopro Plus dengan harga motor di bawah Rp100 juta. Kedua paket tersebut bisa dipilih dengan berdasarkan kategori prinsip Konvensional (Motopro Classic) atau prinsip Syariah (Motopro Ikhlas).
Untuk ulasan produk asuransi motor Adira selengkapnya dapat lihat pada tab Produk.
Berapa harga premi asuransi motor Adira?
Harga premi asuransi motor Adira ditentukan berdasarkan pada profil calon peserta, jenis produk, usia dan tahun serta nilai tunai objek yang diasuransikan seperti kendaraan, alat berat, properti, pengiriman, dan lain sebagainya.
Seperti apa metode penggantian biaya asuransi motor Adira?
Penggantian biaya atau cara pembayaran manfaat klaim Asuransi Adira akan dilakukan berdasarkan produk serta plan yang dipilih oleh nasabah.
- Untuk penggantian asuransi motor Adira jika terjadi risiko yang ditanggung oleh polis, maka perusahaan asuransi akan memberikan uang pertanggungan secara sekaligus kepada tertanggung sesuai dengan nominal yang tertera dalam polis.
- Untuk penggantian asuransi kecelakaan sehingga harus mendapatkan layanan perawatan dan pengobatan di rumah sakit, dilakukan dengan sistem pembayaran reimbursement atau cashless tergantung plan yang dipilih.
- Untuk penggantian asuransi motor Adira atas risiko kecelakaan yang menyebabkan kematian tertanggung, perusahaan asuransi akan memberikan uang pertanggungan sebesar yang dijanjikan dalam polis kepada ahli waris mengikuti ketentuan dalam polis.
- Untuk asuransi kerugian diberikan secara tunai sesuai dengan perjanjian dan ketentuan dalam polis asuransi yang disepakati.
Bagaimana cara membeli asuransi motor Adira secara online?
Cukup akses laman situs resmi Adira melalui alamat asuransiadira.com. Adapun prosedur cara pembelian asuransi Adira dan metode pembayarannya melalui situs resmi dijabarkan di bawah ini.
Cara Pembelian Asuransi Adira melalui Situs Resmi
- Klik button “Simulasi” yang terdapat di laman Home ataupun laman produk.
- Setelah berada di halaman simulasi, pilih produk asuransi motor yang dikehendaki. Setelah itu klik button “Masukan Data” di bagian bawah halaman untuk melanjutkan proses berikutnya.
- Pada step ini, silahkan isi data diri pribadi sebagai pembeli dan data asuransi pihak/orang/benda yang menjadi objek asuransi. Setelah melengkapi data yang dibutuhkan, klik button “Hitung Premi” untuk mengetahui jumlah nominal yang dibayarkan.
- Pada step “Hasil Premi”, akan terlihat detail nominal premi dan juga santunan yang didapatkan peserta asuransi. Lalu calon nasabah dapat memilih langsung membayar atau memasukan ke keranjang belanja dengan melakukan “centang” terlebih dahulu untuk persetujuan ketentuan yang berlaku.
Cara Pembayaran Asuransi secara Online di Situs Adira
- Nasabah akan dibawa ke laman Pembayaran di step “Metode Pembayaran”. Pada step ini, nasabah dapat melihat produk-produk asuransi yang sudah dipilih sebelumnya, dan pada step ini juga terdapat pilihan metode pembayaran yang dikehendaki.
- Sebelum melanjutkan pembayaran, nasabah akan diminta melakukan centang persetujuan pada produk yang telah dipilih, metode pembayaran, dan juga jumlah yang akan dibayar. Setelah itu klik button “Bayar” untuk melanjutkan proses.
- Sebelum proses pembayaran, jika nasabah belum register/login maka akan muncul pop up window yang mengharuskan untuk login/register terlebih dahulu.
- Setelah login/register, maka nasabah dapat melanjutkan dengan melakukan klik pada button “Bayar”. Nasabah akan diminta untuk mengisi data pembayaran sesuai metode pembayaran yang dipilih.
- Setelah melakukan pembayaran, nasabah akan masuk laman step terakhir yaitu konfirmasi mengenai pembayaran berhasil atau gagal.
- Hasil pembayaran berhasil atau gagal, akan ada konfirmasi tertulis melalui payment gateway Adira ke alamat email pribadi.
Jika Pembeli Memilih Pembayaran via Keranjang
- Jika nasabah telah melakukan simulasi produk asuransi motor Adira, maka otomatis hasil simulasi produk asuransi Adira tersebut masuk keranjang pembelian.
- Sebelum melanjutkan pembayaran, nasabah diminta untuk mencentang persetujuan pada produk yang telah dipilih, metode pembayaran, dan juga jumlah yang akan dibayar. Setelah itu klik button “Bayar” untuk melanjutkan proses.
- Sebelum proses pembayaran, jika nasabah belum register/login maka akan muncul pop up window yang mengharuskan nasabah login/register terlebih dahulu.
- Setelah login/register, maka nasabah dapat melanjutkan dengan melakukan klik pada button “Bayar”. Nasabah akan diminta untuk mengisi data pembayaran sesuai metode pembayaran yang dipilih.
- Setelah melakukan pembayaran, nasabah akan masuk laman step terakhir, yaitu konfirmasi mengenai pembayaran berhasil atau gagal.
- Hasil pembayaran berhasil atau gagal, akan ada konfirmasi tertulis melalui payment gateway Adira ke alamat email pribadi.
Atau, jika ingin lebih berimbang, calon nasabah dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Garda Oto saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula.
Bagaimana cara melakukan pembayaran premi asuransi motor Adira?
Premi asuransi Asuransi Adira bisa dibayar secara tahunan sekaligus atau diangsur setiap semester (per enam bulan), kuartal (per tiga bulan), atau setiap bulan. Adapun kanal pembayaran yang disediakan adalah sebagai berikut ini:
- Transfer melalui ATM
- Online Banking (Mandiri Clickpay, Danamon Online)
- Kartu Kredit (VISA/Master)
- Cicilan 0 persen dari Bank Danamon
Jangan lupa simpan bukti pembayaran sebagai arsip jika suatu waktu dibutuhkan. Terdapat notifikasi pada setiap transaksi pembayaran yang berhasil melalui SMS ataupun email di hari yang sama.
Bagaimana cara berhenti menjadi nasabah asuransi motor Adira?
Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision.
Jika nasabah melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi motor Adira.
Bengkel dan rumah sakit rekananan asuransi Motor Adira
Asuransi motor Adira memiliki rekanan bengkel untuk kendaraan dan rekanan rumah sakit, klinik, laboratorium, jika dibutuhkan oleh tertanggung sesuai dengan risiko dan pertanggungan yang dijamin dalam polis asuransi.
Lihat daftar lengkapnya pada tab Rekanan
Call center asuransi motor Adira
Kantor Pusat Adira
Asuransi Adira Dinamika (ADIRA Insurance) Graha Adira, Jl MT Haryono Kav 42 , Jakarta Selatan 12950 Telepon. (021) 2966-7373 Call Centre 1500-456 SMS 0812-111-3456 |
Perusahaan lain yang menyediakan asuransi kendaraan bermotor seperti Adira
Ada beberapa perusahaan lain yang menyediakan asuransi kendaraan motor seperti Adira Insurance, di antaranya:
- Asuransi Kendaraan AXA
- Asuransi Mobil ABDA
- Asuransi Mobil ACA
- Asuransi Mobil Adira
- Asuransi Mobil Allianz
- Asuransi Mobil Aswata
- Asuransi Mobil Autocillin
- Asuransi Mobil Avrist
- Asuransi Mobil AXA
- Asuransi Mobil AXA Mandiri
- Asuransi Mobil BCA Insurance
- Asuransi Mobil BESS
- Asuransi Mobil Bintang
- Asuransi Mobil Chubb
- Asuransi Mobil Dayin Mitra
- Asuransi Mobil Garda Oto
- Asuransi Mobil Jasindo
- Asuransi Mobil KSK
- Asuransi Mobil MAG
- Asuransi Mobil Malacca Trust
- Asuransi Mobil MNC Insurance
- Asuransi Mobil MPM Insurance
- Asuransi Mobil Pan Pacific
- Asuransi Mobil Raksa
- Asuransi Mobil Ramayana
- Asuransi Mobil Reliance
- Asuransi Mobil Simas Insurtech
- Asuransi Mobil Sinar Mas
- Asuransi Mobil Sompo
- Asuransi Mobil Tokio Marine
- Asuransi Mobil Zurich
- Asuransi Motor Adira
- Asuransi Oto Jagadiri
Sumber dan referensi
Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.
Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:
- https://asuransiadira.com/