Jenis Asuransi Perjalanan

Jenis asuransi perjalanan di Indonesia dibagi menjadi beberapa kategori yang mengakomodasi perjalanan domestik dan internasional. Mulai dari asuransi perjalanan untuk domestik dan perjalanan internasional, seperti Asia, Visa Schengen, dan Umrah.

Sedang mencari asuransi perjalanan yang bagus? Tenang, cari asuransi perjalanan tak perlu ribet karena bisa dibeli secara online di Lifepal. Tidak hanya itu, kita juga bisa mendapatkan asuransi termurah, lho!

Dapatkan asuransi perjalanan mulai dari Rp24.900 per orang!

Berikut ini jenis asuransi perjalanan untuk perjalanan dalam negeri dan ke luar negeri.

Asuransi Perjalanan Domestik

Jenis asuransi perjalanan domestik adalah asuransi perjalanan yang memberikan uang pertanggungan di wilayah Indonesia saja. Kamu yang ingin bepergian di dalam negeri sebaiknya memilih asuransi perjalanan dengan pertanggungan kerusakan bagasi dan kendala penerbangan seperti delay atau perubahan jadwal perjalanan.

Asuransi Perjalanan Internasional

Jenis asuransi perjalanan internasional adalah asuransi perjalanan untuk tertanggung yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Asuransi perjalanan internasional di beberapa negara wajib dimiliki, salah satunya wilayah Eropa di 26 negara yang disebut asuransi perjalanan Visa Schengen.

1. Asuransi perjalanan Visa Schengen

Asuransi perjalanan Visa Schengen adalah asuransi perjalanan yang wajib dimiliki untuk bepergian ke sejumlah negara di Eropa. Asuransi perjalanan menjadi syarat utama untuk mengajukan visa.

Adapun negara Uni Eropa dan non-Uni Eropa yang mewajibkan pengunjungnya memiliki asuransi perjalanan Visa Schengen adalah sebagai berikut:

  • Eropa Timur: Republik Ceko, Polandia, Hungaria, Slovakia
  • Eropa Barat: Jerman, Swiss, Perancis, Belanda, Belgia, Luksemburg, Austria, Liechtenstein
  • Eropa Selatan: Italia, Yunani, Spanyol, Portugal, Malta, Slovenia
  • Eropa Utara: Norwegia, Denmark, Finlandia, Islandia, Estonia, Latvia, Lithuania, Swedia

Wilayah Schengen lainnya:

  1. Monako, San Marino, dan Vatikan telah membuka perbatasan untuk Visa Schengen(bukan anggota visa resmi atau masuk kategori zona bebas)
  2. Islandia, Liechtenstein, Norwegia, dan Swiss adalah anggota asosiasi dari Wilayah Schengen (bukan anggota wilayah Uni Eropa)
  3. Azores, Madeira, dan Kepulauan Canary adalah anggota khusus Uni Eropa dan bagian dari Zona Schengen (di luar benua Eropa).

2. Asuransi perjalanan ke Asia

Jenis asuransi perjalanan ke Asia adalah asuransi perjalanan luar negeri yang memberikan jaminan perjalanan ke berbagai negara di Asia. Jepang adalah salah satu negara yang mewajibkan turis memiliki asuransi perjalanan ketika berkunjung.

3. Asuransi perjalanan haji dan umroh

Jenis asuransi perjalanan haji dan umroh adalah salah satu jenis asuransi perjalanan yang khusus memberikan jaminan selama menjalani ibadah haji atau wisata religi umrah ke Tanah Suci.

Beberapa manfaat asuransi perjalanan haji dan umroh adalah ganti rugi kerusakan/kehilangan bagasi, biaya perawatan karena sakit atau kecelakaan, serta pemulangan jenazah jika meninggal dunia.

Perbandingan Asuransi Perjalanan Mandiri vs Maskapai Penerbangan

Ada beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan fasilitas asuransi tambahan ketika kita membeli tiket. Tapi, seringkali kita ragu apakah lebih baik membeli travel insurance dari maskapai, atau lebih baik membeli secara terpisah?

Berikut ini perbandingan kedua jenis asuransi tersebut.

Asuransi Perjalanan Mandiri
Bisa membandingkan berbagai polis yang berbeda. Oleh sebab itu, kita lebih leluasa untuk memilih asuransi  dengan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan.Cocok jika kita ingin pergi ke tujuan dengan risiko terkena penyakit yang tinggi, atau pergi ke berbagai tujuan berbeda.Lebih baik pilih proteksi dari provider asuransi langsung apabila dalam perjalanan kita menggunakan maskapai penerbangan yang berbeda-beda dari satu tujuan ke tujuan lain.Biasanya, ditawarkan dalam bentuk paket manfaat. Jadi, kita hanya bisa membeli asuransi dengan manfaat yang sudah dipilihkan oleh maskapai.
Asuransi Perjalanan dari Maskapai
Cocok jika rencana bepergian tidak menimbulkan risiko yang tinggi. Keuntungannya membeli asuransi ini adalah cenderung lebih praktis karena transaksinya berbarengan dengan tiket pesawat.Biasanya, maskapai bekerja sama dengan perusahaan asuransi untuk menyediakan asuransi, misalnya Garuda Indonesia dan Allianz. Jadi, meskipun membeli asuransi travel lewat maskapai, sebenarnya yang menjamin kita tetap perusahaan asuransi.

Manfaat Asuransi perjalanan

Melakukan perjalanan dan memiliki travel insurance ternyata banyak manfaatnya. Salah satunya adalah ganti rugi kehilangan atau kerusakan bagasi.

Dengan memiliki travel insurance, perjalanan akan terasa lebih nyaman karena tidak khawatir akan berbagai risiko. 

Daftar Manfaat Asuransi Perjalanan

  1. Biaya medis. Kebanyakan polis memberikan pertanggungan biaya medis selama perjalanan. Hal itu sudah termasuk biaya rawat inap dan pengobatan akibat sakit atau terluka dalam perjalanan.
  2. Biaya evakuasi medis. Bila membutuhkan evakuasi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan secepatnya, perusahaan asuransi akan mengurus keperluan tersebut.
  3. Kompensasi kehilangan bagasi. Jika maskapai penerbangan kehilangan bagasi kita, perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi.
  4. Santunan kematian dan disabilitas. Jika terjadi kematian atau cacat akibat kecelakaan pada orang yang ditanggung, perusahaan asuransi  akan memberikan dana santunan kepada keluarganya.
  5. Kompensasi kerusuhan. Apabila kita bepergian ke suatu wilayah, kita tidak bisa meramalkan kejadian yang akan terjadi. Bisa saja kebetulan terjadi kerusuhan saat kita berada di sana. Proteksi perjalanan menanggung risiko kerugian yang terjadi karena hal tersebut. 
  6. Biaya perjalanan darurat. Apabila terjadi sesuatu yang mengharuskan kita pulang ke tempat asal, kita bisa mengklaim biaya tersebut kepada penjamin asuransi perjalanan. 
  7. Kompensasi kehilangan paspor. Kehilangan paspor di negara tujuan bisa menjadi sangat merepotkan. Mau tak mau harus mengajukan kehilangan paspor dan pembuatan paspor baru, yang tentunya tidak gratis. Apabila sudah mendaftar asuransi, kita punya hak untuk mengklaim biaya tersebut.
  8. Biaya hukum . Risiko tuntutan hukum dari pihak lain tetap ada bahkan saat bepergian ke luar negeri. Bisa jadi kita tidak sengaja menyebabkan orang terluka atau merusak properti orang lain. Apabila hal ini terjadi, perusahaan asuransi akan membayar biaya hukum tersebut.
  9. Kompensasi penundaan penerbangan. Pada kondisi tertentu, maskapai seringkali menunda, mengalihkan, atau membatalkan penerbangan. Kondisi ini bisa menimbulkan kerugian pada penumpang, misalnya tiket hotel yang sudah dibeli. Apabila memiliki polis proteksi perjalanan, kita akan mendapatkan kompensasi.
  10. Pertanggungan tambahan (rider). Ada beberapa hal yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi tetapi kita masih bisa peroleh kalau menambah premi. Beberapa rider atau pertanggungan tambahan yang bisa diambil, antara lain: olahraga ekstrem, penyakit yang sudah diderita sebelum berangkat (pre-existing condition), dan risiko rawan perang.

Cara Klaim Asuransi Perjalanan

Setelah membeli polis jenis asuransi perjalanan , kemudian kita berada di situasi tidak menguntungkan (misalnya kecelakaan) dan ingin mengajukan klaim. Bagaimana mengajukan klaimnya?

Jika asuransi yang dipilih memiliki fasilitas worldwide provider, kita tinggal menunjukkan kartu atau dokumen asuransi kepada pihak rumah sakit.  Metode ini disebut klaim cashless.

Namun, jika perusahaan asuransi atau jenis asuransi perjalanan yang dibeli tidak memiliki fasilitas tersebut, biasanya kita perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya rumah sakit sementara. Setelah sampai di Indonesia, kita bisa mengajukan penggantian biaya yang keluar. Nah, metode ini disebut dengan reimbursement.

Untuk klaim kerugian lain seperti kehilangan bagasi dan keterlambatan pesawat pada jenis asuransi perjalanan domestik atau internasional, biasanya metode klaim yang digunakan adalah reimbursement.

Dokumen mengajukan klaim asuransi perjalanan

Jika ingin mengajukan klaim, pastikan jenis asuransi perjalanan sesuai. Selain itu ada beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan. Ada baiknya mengetahui ini sebelum berangkat ke destinasi Anda supaya tidak repot saat memang dibutuhkan.

  1. Sebelum berangkat, bawa dokumen yang diperlukan untuk kebutuhan klaim: KTP, paspor, polis asuransi, nomor kontak penyedia asuransi, dan lain-lain.
  2. Segera urus klaim saat diperlukan. Uruslah di negara tujuan jangan tunggu pulang dahulu.
  3. Siapkan dokumen untuk klaim, yaitu formulir pengajuan klaim, identitas diri, tiket pesawat, surat keterangan maskapai, surat keterangan dokter, surat keterangan polisi, dan lain-lain.
  4. Jika terjadi pembatalan penerbangan atau hal lain yang memerlukan dokumen khusus, pastikan dokumen yang Anda terima sah: mengandung kop surat, tanda tangan, cap, dan lain-lain.

Berapa Premi Asuransi untuk Perjalanan Domestik dan Luar Negeri?

Premi dari berbagai jenis asuransi perjalanan yang telah disebutkan berbeda-beda karena ada beberapa faktor penentu. Yuk, simak harga asuransi perjalanan!
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan