Jenis-Jenis Asuransi Properti

Jenis-jenis asuransi properti terbagi dua yaitu pribadi (rumah tapak ataupun rumah susun/apartemen) serta bisnis seperti ruko, gudang, toko, dan lainnya.

Jenis Asuransi Properti di Indonesia

Berikut ini penjelasan mengenai jenis-jenis asuransi properti yang bisa kita pilih.

1. Asuransi Properti Rumah

Jenis asuransi properti pertama adalah asuransi properti rumah. Jenis asuransi properti ini memberikan proteksi finansial apabila terjadi risiko kerugian atau kerusakan pada objek rumah tinggal, apartemen, rumah susun, atau beserta isinya.

Berdasarkan situs resmi OJK, jenis asuransi properti ini terbagi lagi menjadi dua ketegori, yaitu:

Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)Polis Asuransi Property All Risk
Polis ini hanya menjamin risiko kebakaran yang tercantum dalam polis untuk rumah,apartemen/rumah susun, dan/atau beserta isinya.Polis ini hanya menjamin risiko kebakaran, pencurian, hingga bencana alam, dan lainnya yang tercantum dalam polis untuk rumah,apartemen/rumah susun, dan/atau beserta isinya.

2. Asuransi Properti Bisnis

Asuransi properti bisnis dikhususkan untuk objek asuransi yang bersifat sebagai kantor, rumah sakit, sekolah, hingga pabrik. Jenis asuransi bisnis ini juga terbagi menjadi dua kategori, yaitu:

Asuransi Properti Non Industri (bukan industri besar)Asuransi Properti Industri (industri besar)
Polis yang biasa digunakan untuk bisnis non industri seperti sektor jasa. Jenis polis ini adalah all risk dan biasanya memberikan jaminan ganti rugi untuk bangunan seperti perkantoran, sekolah, hingga rumah sakit.Polis asuransi yang biasa digunakan bisnis skala industri seperti produsen makanan hingga perabotan. Pertanggungan yang diberikan biasanya termasuk kerugian bisnis ketika terjadi musibah.

Jadi, sederhana properti non industri lebih berfokus pada bisnis yang bukan industri besar. Umumnya risiko dari asuransi properti non industri tidak terlalu besar dibandingkan asuransi properti industri yang berskala besar seperti pabrik, dan lain sejenisnya.

Selain asuransi properti, seorang pengusaha juga perlu mengasuransikan karyawannya agar kesehatan lebih baik dan produktivitas terjaga. Temukan asuransi kesehatan karyawan terbaik di Lifepal!

Asuransi dengan manfaat fleksibel sesuai kebutuhan perusahaan!
+62

Manfaat Asuransi Properti

Dari berbagai jenis asuransi properti yang ditawarkan, manfaat utama dari asuransi ini adalah pertanggungan terhadap risiko tertentu. Selain itu, ada juga risiko yang tidak ditanggung. Berikut penjelasannya.

1. Risiko yang ditanggung asuransi properti

Adapun dibagi menjadi dua kategori, yaitu Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI) dan Polis Asuransi Property All Risk.

Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)Polis Asuransi Properti All Risk.
Kebakaran yang akibat keteledoran tertanggung maupun pihak lain, api yang muncul dari panas suatu barang, dan hubungan arus pendek. Sambaran petir sehingga mengakibatkan kebakaran pada objek yang diasuransikan. Ledakan yang artinya pelepasan tenaga secara tiba-tiba akibat gas atau uap. Contohnya pipa meledak, ledakan akibat reaksi kimia, ketel uap, dan lain sejenisnya.Kejatuhan pesawat terbang atau sehingga mengakibatkan kebakaran.Asap yang muncul akibat kebarakan.Kebakaran, petir, ledakan, kejatuhan pesawat terbang, dan asap, banjir, badai, angin topan, kerusakan akibat air, kerusakan akibat kendaraan, dan pembongkaran. Kerusuhsan, pemogokan, perbuatan jahat, dan huru hara. Terorisme dan sabotase, Gempa bumi, letusan gunung berapi, dan tsunami.

2. Pengecualian atau risiko yang tidak ditanggung asuransi properti

Adapun risiko yang tidak ditanggung asuransi properti umumnya adalah sebagai berikut:

  • Kerusakan mesin karena pemakaian
  • Wear and tear and gradual
  • Karena sifat benda atau barang itu sendiri
  • Nuklir, reaksi atom, radioaktif, dan sejenisnya
  • Perang termasuk perang saudara
  • Properti dalam pengangkutan atau berada ditempat lain
  • Waterborne atau airbome property
  • Unexplained disappearance
  • Testing involving abnormal conditions atau intentional overloading
  • Niat jahat dari orang-orang atau pekerja tertanggung.

Kulik Lebih Dalam mengenai Asuransi Properti All Risk

Dari antara jenis asuransi properti yang telah disebutkan, ada satu yang cukup populer. Simak penjelasan mengenai asuransi properti all risk dan manfaatnya lebih detail.
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan