Cicilan 0%
Hemat 25%

Asuransi Rumah

  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Asuransi Rumah Terbaik 2021

Asuransi rumah memberikan jaminan ganti rugi atas risiko kerusakan/kehilangan bangunan dan harta benda yang dijaminkan. Asuransi ini adalah salah satu bagian dari asuransi properti.

Berikut rekomendasi Lifepal untuk asuransi rumah terbaik 2021!

Jenis Asuransi Rumah

Asuransi rumah tinggal secara umum terbagi dua yaitu asuransi kebakaran dan asuransi all risk. Asuransi kebakaran populer dengan istilah PSAKI atau Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI).

Jenis-jenis Asuransi untuk Bangunan Rumah

Asuransi rumah tinggal PSAKI secara sederhana hanya memberikan jaminan ganti rugi akibat kerusakan atau kehilangan yang disebabkan kebakaran. Asuransi rumah tinggal all risk memberikan jaminan lebih banyak termasuk banjir hingga kerusakan akibat tertabrak kendaraan atau tertimpa pohon tumbang.

Masing-masing jenis asuransi rumah tinggal tersebut ditujukan bagi bangunan pribadi non komersial. Contohnya rumah tapak, apartemen, dan rumah susun. Simak ulasan lengkap jenis asuransi rumah berikut ini.

1. Asuransi Rumah Kebakaran

Jenis asuransi rumah tinggal ini mengacu pada Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI). Artinya polis ini hanya menjamin risiko kerugian properti akibat:

  • Kebakaran yang terjadi karena keteledoran tertanggung, api yang muncul dari panas suatu barang, dan hubungan arus pendek.
  • Sambaran petir yang mengakibatkan kebakaran.
  • Ledakan seperti pipa meledak, ledakan akibat reaksi kimia, ketel uap, dan lain sejenisnya.
  • Kejatuhan pesawat terbang dan mengakibatkan kebakaran.
  • Asap yang muncul akibat kebakaran.

Untuk merangkum, jenis asuransi rumah ini hanya menanggung risiko kerugian pada bangunan rumah tinggal beserta harta benda di dalamnya akibat kebakaran saja. Jadi risiko seperti banjir dan pencurian tidak ditanggung dalam jenis proteksi rumah ini.

2. Asuransi Rumah All Risk

Berbeda dengan jenis sebelumnya, asuransi rumah tinggal all risk memberikan ganti rugi atas penyebab kerugian rumah tinggal yang lebih luas atau tidak hanya mengacu pada risiko PSAKI saja. Berikut ini risiko yang ditanggung all risk:

  • Risiko kebakaran PSAKI yang disebutkan di poin sebelumnya.
  • Kerusuhan, pemogokan, dan kerusakan akibat perbuatan jahat.
  • Kebongkaran atau pencurian.
  • Kecelakaan diri akibat kerugian pada rumah.
  • Rumah tertabrak kendaraan.

Pada dasarnya, asuransi rumah all risk (PAR) hanya berlaku bagi bangunan non industri seperti kantor, rumah tinggal, rumah sakit, sekolah dan berbagai bangunan properti lainnya. Sedangkan untuk bangunan industri seperti pabrik, gudang, mal, dan toko akan digunakan asuransi jenis Industrial All Risk (IAR).

Manfaat Asuransi Rumah

Manfaat asuransi rumah yang paling utama adalah memberikan ganti rugi finansial atas kerusakan atau kehilangan akibat risiko yang ditanggung jenis asuransi rumah tinggal. Artinya, manfaat asuransi rumah baru diterima ketika musibah terjadi.

Tentunya, banyak yang beranggapan jika memiliki asuransi rumah tinggal merugikan karena premi hangus setelah satu tahun jika tidak melakukan klaim.

Bagi pemilik rumah di kawasan rawan banjir, banyak pepohonan tinggi, dekat bandara, atau dekat pabrik, asuransi rumah akan sangat membantu ketika terjadi musibah. Berikut ini beberapa manfaat asuransi rumah yang perlu diketahui.

Premi Asuransi Rumah

Premi asuransi rumah ditetapkan perusahaan asuransi berdasarkan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, ganti rugi dan harga premi yang ditetapkan perusahaan asuransi tidak bisa sembarangan.

Berdasarkan Surat Edaran OJK Nomor 6 /SEOJK.05/2017 Tentang Penetapan Tarif Premi Atau Kontribusi Pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda Dan Asuransi Kendaraan Bermotor Tahun 2017, preminya ditentukan dari beberapa faktor.

Faktor Penetapan Harga Premi Asuransi Rumah

Untuk besaran tarif premi atau kontribusi yang diterapkan bergantung pada kelas konstruksi rumah, dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Kelas Konstruksi I: dinding, lantai, dan semua komponen penunjang struktural serta penutup (atap) terbuat seluruhnya dan sepenuhnya dari bahan tidak mudah terbakar. Jendela dan/atau pintu beserta rangka, dinding partisi, dan penutup lantai boleh diabaikan.
  • Kelas Konstruksi II: kriteria sama seperti yang disebutkan pada Kelas Konstruksi I, tetapi penutup atap terbuat dari sirap kayu keras, dinding boleh mengandung bahan mudah terbakar maksimum 20 persen dari luas dinding, serta lantai dan struktur penunjang boleh terbuat dari kayu.
  • Kelas Konstruksi III: semua bangunan selain yang disebutkan pada Kelas Konstruksi I atau II.
Untuk calon nasabah yang memiliki perusahaan atau kantor, dapat mempertimbangkan untuk memiliki asuransi karyawan. Yuk, bandingkan pilihan polis asuransi karyawan terbaik!

Aturan Besaran Premi dari OJK

Dikutip dari SEOJK Nomor 6 Tahun 2017 Bagian III Tentang Tarif Premi dan Kontribusi Lini Usaha Asuransi Harta Benda. Perusahaan dengan pertimbangan profesional underwriter dapat menetapkan premi dan potongan premi atau kontribusi dengan pertimbangan berikut:

  • Uang pertanggungan (UP) kurang dari US$100 juta tidak diberikan potongan tarif premi atau kontribusi.
  • UP mulai US$100-200 juta mendapat potongan premi 10 persen.
  • UP antara US$200-300 juta mendapat potongan premi 20 persen.
  • UP antara US$300 juta-1 miliar mendapat potongan premi tertinggi 50 persen.
  • UP di atas US$1 miliar mengikuti mekanisme internasional.

Cara Menghitung Premi Asuransi Rumah

Sebelum mengetahui cara menghitung premi asuransi rumah, nasabah harus memastikan terlebih dahulu apakah perusahaan asuransi yang dipilih menanggung objek bangunan saja atau bangunan dan isi rumah sekaligus.

1. Premi bangunan

Untuk menghitung bangunan saja, maka kita harus mengetahui nilai pertanggungan rumah. Cara sederhana menghitung nilai pertanggungan adalah mengetahui luas bangunan serta biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut.

Contoh:

Suatu rumah yang akan diasuransikan memiliki luas 200 m2 dengan biaya yang dibutuhkan untuk membangunnya adalah Rp7 juta/m2. Dengan nilai tersebut, maka nominal uang pertanggungan (UP) yang dibutuhkan adalah:

Nilai bangunan:Rp7 juta/m2 x 200 m2 = Rp1,4 miliar

Setelah mengetahui nilai bangunan, maka dilanjutkan dengan menghitung rate premi asuransi rumah yaitu tingkat premi yang dikenakan. Tingkat premi ini berbeda-beda antara satu perusahaan asuransi rumah dengan perusahaan asuransi lainnya.

Dalam menghitung rate premi juga ada beberapa cara yaitu dengan satuan per mil dan ada pula yang dihitung berdasarkan satuan persentase.

Misalnya saja rate premi perusahaan asuransi A adalah 0,2194 persen. Maka, premi yang harus dibayarkan dengan nilai pertanggungan Rp1,4 miliar adalah sebagai berikut:

Premi asuransi:Rp1,4 miliar x 0,2194% = Rp3.071.600

Berarti, premi tahunan asuransi rumah seluas 200m2 dari perusahaan asuransi A adalah Rp3.071.600.

2. Premi bangunan dan isi

Sama seperti hitungan asuransi bangunan, asuransi bangunan dan isi membutuhkan nilai pertanggungan juga. Satu yang harus diketahui adalah harga premi akan lebih tinggi karena isi rumah turut diasuransikan.

Rumus untuk menghitungnya juga cukup mudah. Misalnya saja dengan nilai pertanggungan bangunan yang sama dengan contoh di atas yaitu Rp1,4 miliar plus isi bangunan Rp500 juta, misalnya. Maka, premi per tahun yang harus dibayarkan adalah sebagai berikut:

Nilai bangunan + isi rumah:Rp1,4 miliar + Rp599 juta = Rp1,9 miliar

Sama dengan contoh sebelumnya, rate premi perusahaan asuransi A adalah 0,2194 persen. Maka, premi yang harus dibayarkan adalah sebagai berikut:

Premi asuransi:Rp1,9 miliar x 0,2194% = Rp4.168.600

Kesimpulannya, premi tahunan asuransi atas objek bangunan dan isi rumah seluas 200m2 dari perusahaan asuransi A adalah Rp4.168.600.

Tips Memilih Asuransi Rumah Terbaik

Asuransi rumah terbaik adalah yang memiliki manfaat sesuai kebutuhan dan berasal dari perusahaan asuransi kredibel. Contoh, nasabah yang tinggal di kawasan rawan banjir, sebaiknya pilih asuransi yang memberikan manfaat ganti rugi atas risiko banjir.

Ada tiga poin penting yang perlu diperhatikan saat memilih asuransi rumah terbaik:

Pertanyaan Seputar Asuransi Rumah

Chat Bantuan