Asuransi Tob Insurance

3.5 / 5.0 (5.710 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Asuransi Tob Insurance

PT Asuransi Total Bersama (Tob Insurance) adalah perusahaan asuransi umum yang didirikan pada tahun 2018 dan resmi beroperasi sejak tahun 2019. Meski tergolong baru, Asuransi Total Bersama memiliki kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tob Insurance menawarkan produk asuransi kendaraan bermotor, asuransi harta benda, asuransi kecelakaan diri, asuransi pengangkutan, dan asuransi aneka. Keunggulan Tob Insurance adalah layanan klaim yang sangat mudah, yaitu melalui Whatsapp.

Ringkasan

  • Polis asuransi kendaraan bermotor menawarkan perlindungan lengkap Comprehensive dan Total Loss Only dengan perluasan banjir, bencana alam, dan tanggung jawab hukum pihak ketiga.
  • Memiliki fasilitas klaim online, yaitu melalui Whatsapp. Hal ini memudahkan nasabah untuk mengajukan klaim, tanpa perlu datang langsung ke kantor cabang Tob Insurance.
  • Kantor cabang perusahaan tersebar di berbagai wilayah Indonesia, meskipun belum ada di Provinsi Papua.
  • Tob Insurance didukung oleh grup Triputra Group sebagai dealer Honda. Sehingga kredibilitasnya diasumsikan baik, terutama untuk klaim kendaraan Honda.
  • Kesehatan perusahaan sangat baik, dengan rasio solvabilitas 1.407 persen yang berarti dapat membayar utang jangka panjangnya sebanyak 14 kali lipat.

Sejarah Tob Insurance

PT Daya Adicipta Mustika (Daya Group) adalah anak perusahaan dari Triputra Group yang memiliki 8 anak perusahaan lainnya. Bidang bisnis Daya Group adalah main dealer kendaraan bermotor dan suku cadang Honda. Tob Insurance dikenal secara umum sebagai penyedia asuransi kendaraan bermotor, khususnya untuk kendaraan bermerek Honda.

Asuransi Total Bersama terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Dalam beroperasi, perusahaan ini telah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan dengan Nomor KEP-5/D.05/2019 tanggal 10 Januari 2019.

Tob Insurance belum pernah mendapatkan penghargaan. Hal ini wajar, karena Asuransi Total Bersama baru beroperasi pada awal tahun 2019. Pada umumnya, suatu penghargaan diberikan berdasarkan hasil laporan keuangan tahunannya.

Laporan keuangan berikut ini disadur dari data Laporan Keuangan Tahunan 2018 yang dirilis pada situs resmi Tob Insurance. Data-data berikut dapat dijadikan rujukan untuk menentukan suatu perusahaan asuransi sehat atau tidak.

  • Rasio solvabilitas: 1.407 persen.
  • Jumlah aset: Rp311,225 miliar.
  • Ekuitas: Rp192,037 miliar.

Poin yang disebutkan di atas merupakan beberapa indikator kesehatan keuangan perusahaan asuransi dan reasuransi yang perlu dipertimbangkan, berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas Tob Insurance mencapai 1.407 persen di tahun 2018 terbilang sangat sempurna. Rasio solvabilitas secara sederhana adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajibannya. Tob Insurance memiliki kemampuan sangat tinggi untuk membayar utang. Hal ini terbilang wajar sebagaimana perusahaan baru beroperasi pada awal tahun 2019 sehingga utang klaim yang dimiliki belum sebesar perusahaan asuransi lainnya.

Sementara itu, jumlah aset perusahaan terbilang lumayan untuk ukurang perusahaan asuransi baru, yaitu Rp311,225 miliar. Padahal, ketentuan minimal dari pemerintah hanya Rp150 miliar. Hal ini diduga karena keuangan perusahaan didukung oleh induk perusahaannya.

 
 

Daftar Produk Tob Insurance

Asuransi Total Bersama menghadirkan berbagai macam produk mulai dari produk kendaraan bermotor, kecelakaan diri hingga pengangkutan dengan manfaatnya masing-masing. Berikut ini adalah daftar ulasan singkat lima produk yang dimiliki oleh Tob insurance.

1. Asuransi  Kendaraan Bermotor

Asuransi kendaraan bemotor menawarkan pertanggungan kerugian terhadap kendaraan bermotor dengan cakupan All Risk (kerusakan kecil, parah, dan kehilangan) dan Total Loss Only (kerusakan parah dan kehilangan saja). keunggulan dari produk ini adalah tersedianya. opsi perluasan manfaat pertanggungan risiko banjir, gempa bumi, huru-hara, dan tanggung jawab pihak ketiga.

2. Asuransi Harta Benda

Asuransi harta benda dari Tob Insurance memberikan pertanggungan terhadap aset rumah dan harta benda lainnya. Adapun pertanggungan yang ditawarkan adalah akibat kejadian gempa bumi, letusan gunung berapi, kebakaran dan ledakan yang mengikuti terjadinya gempa bumi dan tsunami dan opsi perluasan hingga banjir, angin topan serta badai.

3. Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri menawarkan ganti rugi terhadap risiko kecelakaan individu dengan pertanggungan cacat tetap total, meninggal karena kecelakaan dan manfaat biaya medis atau pengobatan karena kecelakaan.

4. Asuransi Pengangkutan

Asuransi pengangkutan menawarkan pertanggungan ganti rugi akibat rusaknya barang selama pengiriman melalui darat, laut, dan udara akibat kecelakaan kapal, pembajakan, dan bencana alam.

5. Asuransi Aneka

Asuransi aneka berisikan lima jenis asuransi kerugian, yaitu asuransi keuangan, perjalanan, alat berat, barang bergerak, dan tanggung gugat. Keunggulan dari produk ini adalah pertanggungan yang komplit untuk memenuhi setiap kebutuhan manajemen risiko nasabah.

 

Daftar Polis Asuransi Tob Insurance

Tob Insurance menghadirkan berbagai produk asuransi, mulai dari asuransi kendaraan bermotor, asuransi kebakaran, asuransi kecelakaan diri, asuransi pengangkutan, dan asuransi aneka. Berikut ini adalah pilihan polis yang bisa digunakan oleh para nasabah.

Asuransi Kendaraan Bermotor

Comprehensive atau All Risk

Produk asuransi kendaraan bermotor yang menawarkan penggantian kerugian akibat kerusakan kendaraan bermotor sebagian atau total, juga pencurian.

  • Manfaat perlindungan penuh atas kerugian karena kecelakaan ataupun pencurian
  • Opsi perluasan bencana banjir, gempa bumi hingga huru hara
  • Manfaat perlindungan tanggung jawab pihak ketiga
Asuransi Kendaraan Bermotor

Total Loss Only (TLO)

Produk asuransi kendaraan bermotor yang menawarkan penggantian kerugian akibat kerusakan total kendaraan bermotor atau pencurian.

  • Manfaat perlindungan dari kerusakan atau kehilangan dengan biaya perbaikan 75% atau lebih dari nilai aktual
  • Opsi perluasan bencana banjir, gempa bumi hingga terorisme
Asuransi Kebakaran dan Harta Benda

Property/Industry All Risk

Produk asuransi yang memberikan uang penggantian kerugian akibat kerusakan properti.

  • Manfaat perlindungan penuh atas kerugian rumah beserta harta benda isinya
  • Opsi perluasan akibat sabotase serta terorisme
Asuransi Kebakaran dan Harta Benda

Asuransi Kebakaran

Produk asuransi yang memberikan uang penggantian kerusakan harta benda akibat kebakaran dan penyebab lain.

  • Manfaat perlindungan atas kejadian Kebakaran, Petir, Ledakan, Kejatuhan Pesawat Terbang
  • Opsi perluasan akibat kerusuhan, pemogokkan serta huru hara
Asuransi Kebakaran dan Harta Benda

Asuransi Gempa Bumi

Produk asuransi yang memberikan uang penggantian kerusakan harta benda akibat gempa bumi.

  • Manfaat perlindungan penuh atas kejadian, Gempa bumi, Letusan Gunung Berapi, Kebakaran dan Ledakan yang mengikuti terjadinya Gempa Bumi dan Tsunami
  • Opsi perluasan hingga banjir, angin topan dan badai
Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi Kecelakaan Diri

Produk asuransi yang memberikan santunan kecelakaan diri kepada nasabah. Berikut ini adalah beberapa manfaat pertanggungannya:

  • Manfaat uang tanggungan cacat tetap total, meninggal karena kecelakaan
  • Manfaat biaya medis atau pengobatan karena kecelakaan.
Asuransi Pengangkutan

Asuransi Pengangkutan

Produk asuransi yang memberikan uang penggantian kerugian akibat risiko selama pengangkutan barang lewat jalur transportasi.

  • Manfaat perlindungan dari armada darat, laut hingga udara
  • Meliputi semua jenis pengangkutan ICC A, ICC B dan ICC C
  • Perlindungan terhadap pembajakan, gempa bumi hingga kecelakaan kapal

 

Asuransi Aneka

Asuransi Keuangan

Produk asuransi yang memberikan uang penggantian apabila terjadi kehilangan uang. Berikut ini adalah beberapa manfaat pertanggungannya:

  • Manfaat perlindungan sesuai dengan nilai aktual objek pertanggungan
Asuransi Aneka

Asuransi Perjalanan

Produk asuransi yang memberikan kompensasi apabila terjadi kerugian selama perjalanan nasabah.

  • Manfaat perlindungan cacat tetap total dan meninggal dunia akibat kecelakaan perjalanan
  • Manfaat biaya perawatan medis
  • Manfaat pembatalan biaya tiket
Asuransi Aneka

Asuransi Alat Berat

Produk asuransi yang memberikan kompensasi apabila terjadi kerusakan alat berat.  Berikut ini adalah beberapa manfaat pertanggungannya:

  • Manfaat perlindungan total kerusakan atau kerugian terhadap alat berat
  • Meliputi hampir seluruh jenis alat berat seperti Crace hingga Eskavator
Asuransi Aneka

Asuransi Barang Bergerak

Produk asuransi yang memberikan kompensasi apabila terjadi kerusakan barang bergerak.

  • Manfaat perlindungan terhadap barang bergerak seperti handphone, laptop hingga gadget lainnya
Asuransi Aneka

Asuransi Tanggung Gugat

Produk asuransi yang memberikan kompensasi apabila terjadi tuntutan pihak ketiga. Berikut

  • Manfaat perlindungan atas tuntutan pihak ketiga
  • Manfaat pendampingan hukum
 
September 2019 -Tob Insurance menyediakan asuransi jiwa untuk pelanggan sepeda motor Honda di Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku. Adapun pelanggan harus membeli produk sepeda motor Honda dari PT Daya Adicipta Wisesa untuk mendapatkan asuransi tersebut.

Asuransi tersebut diberikan untuk pengendara dan penumpang kendaraan bermotor, dengan uang pertanggungan sebesar Rp10 juta.

Agustus 2019 - Tob Insurance mencatat telah menerbitkan 320 ribu polis pada tahun pertamanya beroperasi. Kontribusi terbesar terhadap angka tersebut adalah dari asuransi sepeda motor. Jumlah polis tersebut menghasilkan Rp70 miliar.
 

Tanya Jawab

Berikut ini adalah beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh nasabah terkait asuransi Total Bersama

PT Asuransi Total Bersama atau Tob Insurance adalah perusahaan asuransi umum yang didirikan pada tahun 2018 dan resmi beroperasi sejak tahun 2019. Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta ini adalah usaha patungan dari beberapa perusahaan lain, yaitu PT Ananta Andal Prima, PT Daya Adicipta Mustika, PT Ommitra Bersama Sahabat.

Pemilik Asuransi Total Bersama adalah PT Daya Adicipta Mustika yang merupakan bagian dari Triputra Group yang didirikan oleh Bpk Theodore Permadi Rachmat serta perusahaan PT Ananta Andal Prima yang didirikan oleh Bpk Anton Setiawan sebagai pendiri Tunas Group.

  • Direktur Utama: Rudy Gunawan
  • Direktur Teknik: Diana Tjandra Gunawan
  • Direktur Keuangan:  Fransiskus Xaverius Wandy
  • Komisatur Utama: Hong Anton Leoman
  • Komisaris: Krisgianto Lilikwargawidjaja
  • Komisaris Independen: Sintong Parlauangan Nainggolan
  • Komisaris Independen: Kristinan Benny Hapsoro

Asuransi Total Bersama telah memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan dengan Nomor KEP-5/D.05/2019 tanggal 10 Januari 2019.

Cari tahu premi asuransi Tob Insurance dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut.

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.

Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pembayaran premi asuransi Tob Insurance bergantung pada ketentuan pada polis asuransi. Silakan menghubungi call center Tob Insurance, agen, maupun broker asuransi terkait. Atau, perhatikan informasi panduan pembayaran premi pada polis.

Adapun cara klaim asuransi Asuransi Total Bersama relatif praktis karena memiliki layanan klaim melalui Whatsapp Chat di 0853 7309 1000. Berikut ini langkah klaim asuransi Tob Insurance.

  1. Segera menghubungi Asuransi Total Bersama setelah terjadi kejadian klaim melalui Whatsapp atau mengisi formulir di situs Tob Insurance. 
  2. Menyerahkan formulir klaim beserta dokumen klaim yang rinciannya akan diberikan pada saat melapor klaim di awal.
  3. Pihak Tob Insurance akan melakukan survei terhadap kerusakan/kehilangan.
  4. Mengirimkan dokumen pendukung klaim.
  5. Tob Insurance memeriksa klaim.
  6. Bila klaim disetujui, Asuransi Total Bersama akan mengirimkan pembayaran klaim ke rekening nasabah.

Untuk membeli asuransi Tob Insurance, dapat dengan mengisi formulir pada situs tob-ins.com. Setelah itu, pihak perusahaan asuransi akan menghubungi terkait kelanjutan pembelian asuransi.

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi atau perusahaan yang bekerja mewakili perusahaan asuransi. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara perusahaan asuransi dengan calon nasabah.

Tidak tersedia informasi mengenai keagenan asuransi Tob Insurance. Untuk mendapatkan informasi tersebut, silakan menghubungi call center Tob Insuance melalui sambungan (021) 2260 7272.

Layanan nasabah atau call center Asuransi Total Bersama dapat dicapai dengan berbagai media. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk, klaim Tob Insurance, dan sebagainya, silakan hubungi kontak berikut.

  • Layanan Klaim Whatsapp: 0853 7309 1000
  • Customer Care Centre: Springhill Office Tower Lantai 20 Unit ABGH, Jalan Benyamin Suaeb Blok D6 Ruas D7 Kemayoran, Jakarta Utara 14410.
  • Telepon: (021) 2260 7272. 
  • Faksimile: (021) 6543 799.
  • Situs resmi: tobs-ins.com.

Asuransi Tob Insurance memiliki bengkel rekanan yang tersebar luas di Indonesia. Berikut daftar bengkel rekanan perusahaan asuransi Tob Insurance.

DKI Jakarta

  • Fontana Indah Motor: Jalan Gunung Sahari XI Nomor 21 (Gang Lilin). Telepon: (021) 628 1147.
  • Cahaya Utama Motor: Jalan Swadarma Raya Nomor 25 11630. Telepon: (021) 586 1456.
  • Sunter Star Auto: Jalan Raya Sunter Kemayoran Nomor 13. Telepon: (021) 658 30174.
  • Ghia Trias Mitra: Jalan TB Simatupang Nomor 63. Telepon: (021) 788 38259.

Jawa Barat

  • Karya Agung Serang: Jalan Raya Serang KM 06 Nomor 168, Banten. Telepon: (0254) 280 369.
  • Mobil Care: Jalan Jend Gatot Subroto Nomor 176, Bandung. Telepon: (022) 733 0575.
  • Pacific Motor: Jalan Perintis Kemerdekaan, Cianjur. Telepon: (0263) 260 358.
  • Selecta Grace Raya: Jalan Kalijaga Nomor 108, Cirebon. Telepon: (0231) 203 313.

Jawa Tengah & Yogyakarta

  • Gemilang: Jalan Karangrejo II A Srondol Wetan Banyumanik Semarang 50263. Telepon: 0812 8227 1836.
  • Auto 168: Jalan Jenderal Gatot Subroto Nomor 27, Desa Sokaraja, Banyumas. Telepon: (0281) 763 3178.
  • MJM: Jalan Raya Grogol – Sukoharjo Nomor 128 Solo. Telepon: (0217) 623293.
  • Auto Ted’s: Jalan Kapt Sudibyo 73 Tegal. Telepon: (0283) 358 727.

Jawa Timur 

  • Cahaya: Jalan Bendul Merisi Tengah Nomor 71 Surabaya. Telepon: (031) 998 51142.
  • Surya Indah Kediri: Jalan Raya Jongbiru Nomor 286 Kediri. Telepon: (0354) 452 6107.
  • Prototype: Jalan Sunandar Priyo Sudarmo Nomor 28 Malang. Telepon: (0341) 489 080. 

Sumatera

  • Mascot: Jalan H.A. Manaf Lubis / Gaperta Nomor 4 Medan. Telepon: (061) 844 5527.
  • Auto Hass: Jalan Soekarno Hatta, Desa Lamreng Aceh. Telepon: 0813 6057 1101.
  • Arengka Pratama: Jalan Sukajaya Nomor 28 B Pekanbaru. Telepon: (0761) 561 199.
  • Helios: Jalan Kapt. Pattimura Lrg. Pattimura RT 12 Jambi. Telepon: (0741) 305 1192.
  • JPW: Jalan Naskah RT 023 RW 008 Palembang. Telepon: 0812 1918 7142.

Kalimantan

  • Autoservice: Jalan Ahmad Yani KM 5,5 Nomor 23 Banjarmasin. Telepon: (0511) 325 1964.
  • Prima Jaya Motor: Jalan Tekam GG Abdullah Tanjung Hulu Pontianak. Telepon: (0561) 749 238.

Sulawesi

  • Juanda Auto Raya: Jalan A Torro, Kumala II Selatan Nomor 70 Makassar. Telepon: (0411) 857 069.
  • Surya Winangun: Kelurahan Winangun Satu, Malalayang Manado. Telepon: (0431) 836 103.

Asuransi Total Bersama tersebar di beberapa wilayah di Indonesia, yaitu di pulau Jawa, Sumatera, Bali, dan Riau.

Berikut alamat Asuransi Total Bersama, baik kantor pusat maupun kantor cabang yang tersebar di beberapa kota besar Indonesia.

Alamat Kantor Pusat Tob Insurance

Springhill Office Tower Lantai 20 Unit ABGH, Jalan Benyamin Suaeb Blok D6 Ruas D7, Kemayoran, Jakarta Utara 14410.

Telepon : 021 2260 7272. 

Faksimile : 021 6543 799.

Website: tob-ins.com.

Alamat Kantor Cabang Tob Insurance

  • Asuransi Total Bersama Bandung: Jalan HMS Mintareja Sarjana Hukum Nomor 234, Baros, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521.
  • Asuransi Total Bersama Surabaya: Gedung Advant Lantai 2 Jalan Biliton Nomor 43, Surabaya.
  • Asuransi Total Bersama Semarang: Plaza Building 1D & 2A Jalan K.H. Agus Salim Nomor 7, Semarang.
  • Asuransi Total Bersama Medan: Jalan H. Adam Malik Nomor 34a Kelurahan Silalas, Medan Barat.
  • Asuransi Total Bersama Lampung: Jalan Pramuka Nomor 1, Rajabasa Bandar Lampung, 35144.
  • Asuransi Total Bersama Jambi: Jalan H. Adam Malik Nomor 61-62, Jambi Selatan.
  • Asuransi Total Bersama Pangkalpinang: Jalan Ahmad Yani Nomor 147 Kecamatan Taman Sari, Pangkal Pinang Bangka Belitung, 33133.
  • Asuransi Total Bersama Palembang: Jalan Jend Sudirman KM 4,5 Simp. Polda Palembang Sumatera Selatan, 30128.
  • Asuransi Total Bersama Bengkulu: Gedung Patria Anugerah Sentosa Jalan Jend. Sudirman Nomor 272 B, Pintu Batu Teluk Segara Bengkulu, 38115.
  • Asuransi Total Bersama Pekanbaru: Jalan Terubuk, Wonorejo, Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru Riau 28122
  • Asuransi Total Bersama Solo: Lantai 3, Griya Solo Pos Jalan Adisucipto No 190, Solo Jawa Tengah.
  • Asuransi Total Bersama Manado: Jalan Raya Manado-Bitung KM 10 Watutumou Minahasa Utara Sulawesi Utara, 95371.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://tob-ins.com/
  • https://ekbis.sindonews.com/read/1426510/178/tob-insurance-catat-320000-polis-di-tahun-pertama-1564827786
Penulis Dzulfikar Financial Content Writer yang mengemas informasi, tips, dan kiat keuangan dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Lihat profile penulis