• Promo_Page_jiwa1 (FIX)
FLASHSALE
Diskon 10%

Asuransi Unit Link

  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Pengertian Unit Link

Apa ituĀ unit link? Pengertian unit link adalah produkĀ asuransi jiwaĀ yang dengan tambahan manfaat investasi. Sebagian premi nasabah akan diinvestasikan dan dikelola oleh unit link. Sementara itu, sisanya untuk membayar manfaat proteksi.

Dalam beberapa tahun, investasi akan memberikan imbal hasil dalam bentuk nilai tunai. Kita bisa menarik nilai tunai tersebut atau menggunakannya untuk berbagai kebutuhan.

Cara Kerja Unit Link

Cara kerja unit link cukup rumit, tetapi tidak mustahil jika dipelajari dengan seksama. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa di dalamnya terdapat karakteristik asuransi jiwa unit link, yaitu biaya asuransiĀ danĀ biaya akuisisi. Biaya asuransi harus terus disetor agar polis tetap aktif, sementara biaya akuisisi dikenakan pada awal masa pertanggungan saja (biasanya 5 tahun pertama).

Nah, premi tersebut baru bisa diinvestasikan setelah biaya akuisisi tersebut lunas, yaitu tahun ke-5. Oleh sebab itu memang keuntungan dan manfaat unit link pada tahun-tahun awal belum terasa karena masih sibuk melunasi biaya akuisisi.

Porsi premi yang diinvestasikan ini nantinya akan menghasilkan nilai polis. Nilai polis ibarat dompet hasil investasi yang digunakan untuk membayar biaya asuransi dan biaya lainnya sehingga polis bisa tetap aktif.

Sebagai catatan, biaya asuransi yang perlu kita bayarkan akan meningkat dari tahun ke tahun, mengikuti pertambahan usia kita. Hal ini seringkali tidak terlalu jelas tercantum dalam polis.

Apakah Unit Link Benar-benar Menguntungkan?

Jawabannya, tergantung. Asuransi jiwa unit link bisa menguntungkan kalau kita benar-benar paham tentang manfaat dan risiko produk, sehingga dapat menyesuaikannya dengan rencana keuangan.

Pasalnya, banyak nasabah unit link yang merasa kecewa di tengah jalan karena kurang memahami produk. Bukannya merasa untung, tapi mereka malah berpikir asuransi unit link merugikan atau tidak mendapatkan manfaat unit link.

Perlu dicatat bahwa unit link juga memiliki risiko kerugian sama seperti investasi lainnya. Kalau portofolio sedang rugi, saldo bakal menipis dan harus kita isi kembali.

Manfaat Unit Link

ManfaatĀ unit linkĀ adalah adanya dua hal yang ditawarkan dalam satu produk, yaitu proteksi jiwa dan investasi. Selain itu,Ā produk asuransiĀ ini juga mungkinkan nasabah mengembangkan nilai aset dan memilih beberapa pilihan investasi. Nasabah juga tidak perlu repot-repot mengelola investasinya sendiri.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan tentang manfaat unit link berikut ini:

Jenis Asuransi Jiwa Unit Link

Jenis asuransi jiwa unit link dibagi berdasarkan empat hal, yaitu penempatan investasi, pembayaran premi, dan tujuan investasi. Berikut penjelasan fitur produk unit link:

Premi Asuransi Unit Link

PremiĀ unit linkĀ berkisar mulai dari Rp62 ribu hingga jutaan rupiah per bulan! Cara kerjanya sederhana, di mana nasabah membayarkan sejumlah uang kepada perusahaan asuransi, kemudian bisa mendapatkan manfaat proteksi asuransi dan nilai tunai investasi sekaligus.

Banyak yang beranggapan bahwa premi asuransi unit link mahal, padahal ada kok pilihan premi bersahabat dengan fitur produk unit link lengkap. Lihat pilihan polisnya dengan isi formulir berikut!

Komponen Premi Unit Link

Dalam unit link, komponen premi terdiri dari berbagai jenis biaya, di antaranya:

  • Biaya akuisisi unit link: biaya mendapatkan polis yang digunakan untuk operasional perusahaan dan komisi agen. Biasanya dibayarkan pada lima tahun pertama.
  • Biaya asuransi: biaya untuk mendapatkan manfaat perlindungan jiwa. Jumlahnya akan bertambah seiring waktu.
  • Biaya manfaat tambahan: biaya pembelian manfaat tambahan di luar perlindungan jiwa, misalnya penyakit kritis atau cacat tetap.
  • Biaya administrasi: dibebankan untuk ongkos administrasi polis.
  • Biaya pengelolaan dana: digunakan untuk ongkos pengelolaan investasi kita.
  • Biaya pengalihan dana: dikenakan ketika memindahkan dana investasi.
  • Biaya penarikan: biaya yang muncul jika nasabah menarik dana pada masa awal kepesertaan. Tapi kebanyakan asuransi tidak memberlakukan biaya ini karena sudah ada biaya akuisisi.
  • Biaya topup: dikenakan saat nasabah melakukan pengisian pada nilai tunai polis
  • Biaya penghentian polis: dipotong dari nilai investasi unit link jika nasabah melakukan penghentian polis sebelum batas waktu yang ditentukan.

Perhitungan Unit Link

Untuk lebih memahami mengenai perhitungan unit link, simak contoh kasus asuransi unit link di bawah ini yang dikutip dari ringkasan dua jenis polis unit link yang berbeda.

Contoh Alokasi Dana Premi Unit Link

Premi yang disetorkan pada produk unit link sebagian akan dipakai untuk membayar biaya asuransi dan sebagian lagi dipakai untuk investasi. Nah, contoh kasus asuransi unit link untuk pembagian atau alokasi dana premi tersebut kurang lebih seperti berikut:

Pembagian PremiProteksi/AkusisiInvestasi
Tahun Pertama100%0%
Tahun Kedua60%40%
Tahun Ketiga15%85%
Tahun Keempat15%85%
Tahun Kelima15%85%
Tahun Keenam0%100%

Pada tahun pertama, 100 persen premi kita akan dialokasikan pada proteksi, atau membayar biaya akuisisi. Persentase tersebut berangsur-angsur bergeser ke alokasi investasi pada tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun keenam, akhirnya 100 persen premi kita disetor untuk investasi.

Namun, perlu dicatat bahwa penjelasan di atas hanya contoh. Setiap fitur produk unit link menetapkan alokasi yang berbeda-beda.

Cara Klaim Unit Link

Karena asuransi unit link masuk dalam kategori asuransi jiwa, maka secara umum pengajuan klaimnya mengikuti prosedur cara klaim asuransi jiwa.

Ada dua kondisi pengajuan klaim unit link, yaitu jika tertanggung meninggal dunia (pencairan santunan), atau nasabah masih hidup sampai akhir masa pertanggungan asuransi (berupa pencairan nilai tunai).

Untuk klaim meninggal dunia, ahli waris segera melaporkan klaim kepada perusahaan asuransi. Setelah itu, kirimkan dokumen yang diminta untuk di-review oleh pihak asuransi. Apabila klaim nasabah diterima, sejumlah uang pertanggungan akan dikirimkan ke rekening ahli waris.

Untuk pencairan nilai tunai, hubungi perusahaan asuransi setelah masa asuransi habis. Persiapkan dokumen yang diminta dan pengajuan nasabah akan segera diproses.

Tips Memilih Unit Link Terbaik

Terdapat beberapa produk unit link terbaik dengan manfaat lengkap, misalnya seperti Asuransi Unit Link Prudential. Sebelum membeli unit link, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu tips berikut ini.

Pertanyaan Seputar Asuransi Unit Link

Chat Bantuan