Perlindungan Asuransi Perjalanan [Plus Jenis & Premi]

Jangan-Disepelekan-Asuransi-Perjalanan-Itu-Sangat-Penting-Lho-Shutterstock.-FB

Asuransi perjalanan adalah produk asuransi yang memberikan ganti rugi atas berbagai risiko selama kamu bepergian.

Apa saja perlindungan asuransi perjalanan?

Ternyata gak cuma risiko kehilangan atau kerusakan bagasi saja, lho! Ada berbagai risiko yang dijaminkan dalam produk asuransi perjalanan.

Beberapa di antaranya adalah santunan rawat inap akibat sakit hingga kecelakaan, ketidaknyamanan perjalanan termasuk pembatalan perjalanan, hingga ada cover kerusakan mobil sewaan di destinasi kamu.

Itu sebabnya membeli asuransi perjalanan penting kamu lakukan jika hendak melakukan perjalanan bisnis atau wisata. Salah satu contohnya asuransi perjalanan dari Allianz

Bahkan, nih, beberapa asuransi perjalanan memberikan jaminan atas properti yang kamu tinggalkan.

Penasaran? Yuk cari tahu perlindungan asuransi perjalanan yang bikin kamu tenang!

Perlindungan asuransi perjalanan

Umumnya, ada lima bentuk pertanggungan dari asuransi perjalanan, yaitu risiko kecelakaan dan sakit, bantuan darurat, manfaat kunjungan dan perawatan, ketidaknyamanan perjalanan, serta perlindungan rumah. Simak ulasannya berikut ini!

1. Perlindungan asuransi perjalanan dari risiko kecelakaan dan sakit

Perlindungan asuransi perjalanan yang pertama adalah risiko kecelakaan dan sakit. Selama perjalanan, tentunya kita gak bakal tahu kapan musibah tersebut menimpa.

Meskipun gak mengharapkan dua kejadian ini, kamu tetap wajib mewaspadainya dengan cara memiliki asuransi perjalanan.

Rata-rata asuransi perjalanan memberikan jaminan atas risiko kecelakaan dan sakit dalam bentuk santunan tunai. Untuk kecelakaan, santunan diberikan dalam wujud biaya rawat jalan, rawat inap, cacat total tetap, hingga santunan meninggal dunia.

Nah kalau perlindungan asuransi perjalanan untuk risiko sakit, jaminan yang diberikan berupa santunan rawat jalan dan rawat inap.

Itu sebabnya, dalam perjalanan apapun, akan lebih baik memiliki asuransi perjalanan.

2. Bantuan darurat

Perlindungan asuransi perjalanan yang bakal kamu dapatkan adalah bantuan darurat. Dalam bentuk apa?

Contohnya ketika di negeri orang sedang berbisnis atau wisata, kita mengalami hal tidak terduga.

Beberapa perusahaan asuransi umum yang memiliki produk asuransi perjalanan memberikan jaminan berupa bantuan darurat mencakup hotline bantuan darurat 24 jam, evakuasi medis, hingga pemulangan jenazah.

3. Manfaat kunjungan dan perawatan

Mengalami kecelakaan atau sakit yang menyebabkan rawat inap hingga pembedahan tentu gak enak banget. Apalagi kalau gak ada keluarga di negara tersebut dan bahasa yang digunakan bukan bahasa Inggris.

Pasti butuh banget asuransi perjalanan ke Eropa biar kunjungan keluarga ke rumah sakit tempat dirawat bakal di-cover perusahaan asuransi lho!

Gak cuma tiket, termasuk biaya akomodasi lain saat kerabat atau keluarga berkunjung untuk menemani nasabah selama menjalani perawatan. Tentunya ini gak bakal memberatkan nasabah dan keluarganya.

4. Ketidaknyamanan perjalanan

Risiko perjalanan yang mungkin banget terjadi oleh siapapun adalah barang bawaan dicuri. Termasuk koper di bagasi pesawat atau bandara.

Entah itu oleh-oleh atau pakaian yang dibawa, pasti bakal bikin emosi!

Nah lewat perlindungan asuransi perjalanan, kamu gak perlu pusing ketika hal tersebut kejadian.

Salah satu bentuk perlindungan asuransi perjalanan adalah ganti rugi atas ketidaknyamanan selama perjalanan. Ini sudah termasuk keterlambatan penerbangan hingga urusan barang bawaan yang hilang atau rusak.

5. Perlindungan rumah

Siapa bilang asuransi perjalanan cuma buat nasabah dan barang bawaannya selama di negeri orang?

Ternyata, perlindungan asuransi perjalanan lain yang bakal menguntungkan adalah proteksi atas rumah yang ditinggalkan.

Jika kamu sudah memiliki perlindungan asuransi perjalanan, dijamin deh rumah yang ditinggalkan gak lagi bikin was-was. Risiko kebakaran atau perampokan ditanggung, kok!

Jenis asuransi perjalanan dan premi

Banyak banget ya manfaat asuransi perjalanan! Itu sebabnya kamu perlu memiliki asuransi perjalanan untuk wisata atau bisnis.

Selain manfaatnya, ini jenis-jenis asuransi perjalanan dan preminya berdasarkan beberapa kategori. Biar kamu gak salah beli!

1. Asuransi perjalanan berdasarkan jangka waktu

Perlindungan asuransi perjalanan pada kategori ini terdapat dua jenis yaitu:

  • Asuransi perjalanan sekali (single trip): asuransi yang memberikan jaminan untuk satu kali perjalanan yaitu ketika berangkat atau pulang.
  • Asuransi perjalanan tahunan (annual travel): asuransi yang cover perjalanan tahunan untuk bisnis atau wisata. Biasanya, durasi perjalanan maksimal yang di-cover adalah 180 hari.

2. Asuransi perjalanan berdasarkan jumlah nasabah

Perlindungan asuransi perjalanan berdasarkan jumlah nasabah juga ada dua jenis, yaitu:

  • Asuransi individu (individual travel insurance): asuransi yang diperuntukan bagi kamu yang melakukan perjalanan bisnis atau wisata seorang diri. Namun, produk ini juga bisa diterapkan untuk satu orang dewasa dan keluarganya.
  • Asuransi kelompok (group travel insurance): asuransi yang diperuntukan bagi perusahaan, institusi, dan lainnya dalam bentuk grup perjalanan.

3. Asuransi perjalanan berdasarkan destinasi perjalanan

Perlindungan asuransi perjalanan berdasarkan destinasi tersedia dalam 2 pilihan, yaitu:

  • Asuransi perjalanan domestik: asuransi perjalanan untuk kamu yang bepergian di dalam negeri.
  • Asuransi internasional: asuransi yang ditujukan bagi kamu yang pergi ke luar negeri. Biasanya terbagi lagi dalam kawasan seperti asuransi perjalanan Asia atau asuransi perjalanan Eropa.

4. Asuransi perjalanan berdasarkan jenis perjalanan

Perlindungan asuransi perjalanan berdasarkan kategori ini terdiri atas tiga jenis, yaitu:

  • Asuransi perjalanan wisata: asuransi yang dikhususkan bagi kamu yang akan berlibur.
  • Asuransi perjalanan bisnis: asuransi yang dikhususkan untuk perjalanan bisnis dengan jaminan risiko tambahan seperti peralatan terkait pekerjaan.
  • Asuransi perjalanan ibadah haji/umrah (rohani/pilgrim): asuransi bagi kamu yang ingin menjalankan perjalanan ibadah keagamaan seperti haji/umrah dan lainnya.

Untuk premi asuransinya, disesuaikan dengan ketentuan perusahaan. Beberapa hal yang memengaruhi premi perlindungan asuransi perjalanan adalah:

  • Destinasi perjalanan
  • Usia
  • Jumlah tertanggung
  • Jangka waktu perjalanan
  • Dan masih banyak lagi.

Jika kamu tertarik dengan topik ini dan masih pengin cari informasi lebih mendalam tentang asuransi, kamu bisa cek Tanya Lifepal.

Tanya jawab

Asuransi perjalanan adalah jenis asuransi yang memberikan solusi finansial atas risiko yang mungkin terjadi selama Anda bepergian. Proteksi perjalanan ini sangat cocok untuk calon nasabah yang sering melakukan perjalanan baik di dalam dan khususnya luar negeri.

Penting banget memiliki perlindungan asuransi perjalanan karena risiko selama perjalanan tidak terduga. Selain itu, keuangan mau bakal tetap aman jika terjadi kehilangan bagasi hingga kerusakan atas mobil sewaan.

Asuransi perjalanan domestik tahunan di beberapa perusahaan asuransi tidak tersedia. Asuransi perjalanan tahunan biasanya diperuntukan bagi kamu yang hendak bepergian lama dan berpindah-pindah tempat selama setahun.

Visa Schengen adalah visa khusus yang diberlakukan di Eropa. Asuransi perjalanan yang memberikan proteksi untuk wisata atau perjalanan bisnis ke Eropa cukup banyak.

Preminya berkisar Rp700 ribu hingga 1 juta per 30 hari dengan rata-rata premi harian Rp100 ribu.

Untuk memilih asuransi perjalanan ke Eropa terbaik, kamu bisa kunjungi Lifepal. Selain mendapatkan premi terbaik, pasti sesuai bujet kamu!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →