8 Asuransi Perjalanan ke Eropa buat Syarat Visa Schengen

Asuransi perjalanan ke Eropa buat syarat visa Schengen

Kenapa sih asuransi perjalanan ke Eropa menjadi syarat Visa Schengen? Apakah diwajibkan?

Untuk pertanyaan kedua di atas, jawabannya adalah ya. Coba saja mengurus visa Schengen tanpa beli asuransi perjalanan ke Eropa. Begitu ke kedutaan besar negara terkait, pasti disuruh pulang, beli dulu asuransi.

Bahkan gak bisa sembarang asuransi perjalanan ke Eropa. Minimal pertanggungannya harus 30 ribu euro atau US$ 50 ribu.

Untuk pertanyaan pertama, memang gak ada penjelasan resmi dari pihak terkait. Yang jelas, asuransi untuk perjalanan itu sangatlah penting. Apalagi ke Eropa, yang jaraknya belasan ribu kilometer dari Indonesia.

Gimana kalau saat di Eropa sana terlibat kecelakaan? Jika ada keluarga sih, masih bisa diatasi. Tapi jika gak, asuransi perjalanan ke Eropa bisa jadi solusi.

Yang kini jadi pertanyaan, asuransi perjalanan ke Eropa mana yang terbaik? Pilihannya sebenarnya ada banyak. Berikut ini Lifepal rangkum informasi asuransi perjalanan ke Eropa di bawah ini.

1. AXA Smart Traveller

Dengan pertanggungan maksimal US$ 100 ribu, proteksi AXA Smart Traveller terhitung sangat luas. Ada dana pertanggungan jika laptop rusak atau paspor hilang. Harga premi terendah program Platinum untuk perorangan US$ 70 dengan durasi perjalanan 26-31 hari.

2. AIG Travel Guard

Pertanggungan maksimal AIG Travel Guard adalah US$ 500 ribu untuk program Premier. Yang menarik, ada santunan jika terjadi penyalahgunaan kartu kredit selama di luar negeri. Harga premi terendah untuk perorangan Rp 1,3 juta dengan durasi perjalanan 26-31 hari.

3. ACA Travel Safe

Sama seperti AXA, pertanggungan maksimal dari ACA Travel Save adalah sebesar US$ 100 ribu. Preminya termasuk miring dibanding penawaran asuransi lain. Tapi fasilitas yang diberikan terhitung standar. Harga premi terendah untuk perorangan US$55 dengan durasi perjalanan 26-31 hari.

4. Allianz Travel Pro

Untuk program Premium Allianz Travel Pro, pertanggungan maksimalnya sebesar US$ 100 ribu. Fitur terbarunya adalah ada perlindungan terhadap terorisme. Mungkin karena akhir-akhir ini banyak kejadian teror di Eropa.

5. Asuransi AXA Mandiri Travel Platinum

Ini adalah produk asuransi yang dirilis Mandiri AXA General Insurance yang memberikan layanan kesehatan menjamin perawatan medis selama periode perjalanan.

Polis asuransi yang diberikan bisa dalam bentuk polis single trip maupun annual trip. Kemudian pilihan jenis perjalanan yang dilakukan bisa dipilih jenis perjalanan tunggal dan perjalanan tahunan ke tujuan negara Eropa.

Nah, pilihan jenis paket yang bisa dipilih adalah Gold atau Platium. Bagi yang menginginkan jenis paket platium, tentu manfaat yang didapat akan lebih maksimal.

Ada 27 manfaat yang bisa diterima dengan nilai pertanggungan mencapai Rp5,2 miliar jika terjadi risiko penutupan penerbangan ganda. Sementara untuk risiko kecelakaan diri, nilai pertanggungannya bisa mencapai Rp2,6 miliar.

6. Asuransi perjalanan Simas Travel Overseas

Asuransi ini memberikan dua jenis produk asuransi perjalanan, yakni luar negeri dalam produk Simas Travel Overseas dan perjalanan dalam negeri dalam Simas Travel Domestic.

Asuransi ini bisa menjadi pilihan asuransi perjalanan ke Eropa karena perjalanannya tidak dibatasi untuk negara atau kota tujuan mana saja asalkan dilakukan dalam satu perjalanan.

Calon pembeli dapat membeli produk khusus, yakni Simas Travel Overseas Plan B, yang limit pertanggungannya Rp400 juta.

Nilai limit tersebut sudah sesuai dengan batas limit minimal sebesar Rp360 juta. Polis berlaku selama 90 hari dengan batas pemegang polis antara 17 – 80 tahun.

7. Asuransi perjalanan Chubb Schengen 

Chubb Travel Insurance adalah salah satu asuransi perjalanan ke Eropa yang diterima sebagai salah satu persyaratan visa Schengen.

Beberapa manfaat yang diterima, antara lain penggantian biaya medis, gigi akibat kecelakaan, ataupun sakit. Nilai pertanggungan yang diterima mencapai Rp2,6 miliar.

Selain itu, Chubb Travel Insurance juga memberikan berbagai pertanggungan, seperti kehilangan atau kerusakan bagasi termasuk barang-barang yang dibawa dalam perjalanan semisal laptop dan peralatan golf.

Risiko lain yang ditanggung juga terkait pembatalan perjalanan, miskoneksi, dan penundaan penerbangan hingga manfaat istimewa, seperti evakuasi medis darurat, tanggung gugat pribadi, serta risiko sendiri atas penyewaan mobil.

8. Asuransi perjalanan Zurich Passport Travel Silver 

Perlindungan asuransi ini diberikan ketika wisatawan meninggalkan rumah mereka di Indonesia menuju negara di Eropa hingga kembali ke Indonesia.

Asuransi Perjalanan Zurich Passport Travel Silver ini memberikan perlindungan risiko bila terjadi sakit, pembatalan perjalanan akibat kondisi tertentu, penundaan perjalanan karena transportasi yang dijadwalkan ditunda karena kondisi darurat.

Selain itu, risiko yang dikaver adalah keterlambatan bagasi, pengurangan perjalanan yang memaksa pemilik polis meninggalkan perjalanan mereka dari luar negeri akibat kondisi tertentu. Selanjutnya perlindungan kecelakaan diri dan masih banyak lain. 

Nilai pertanggungan yang diterima maksimal bisa mencapai Rp700 juta untuk biaya medis. Lalu, Rp500 juta jika terjadi kecelakaan diri. 

Tips memilih asuransi perjalanan ke Eropa 

Sudah mendapat gambaran tentang produk asuransi perjalanan ke Eropa? Lalu, sekarang masih bingung untuk memilih yang mana sesuai dengan kebutuhan perjalanan kamu nanti?

Sebenarnya tidak sulit, kamu hanya perlu menyesuaikan rencana perjalanan kamu nantinya dengan perlindungan yang kamu butuhkan. 

Misalnya, jika berencana berangkat ke Eropa untuk tujuan berkegiatan ekstrem, seperti naik gunung atau berselancar, pastikan produk asuransi perjalanan yang kamu pilih mencakup hal tersebut.

Atau jika membawa barang-barang berharga dan penting seperti: peralatan olahraga atau laptop pilih produk asuransi perjalanan yang juga memberikan perlindungan tersebut. 

Nah, agar dapat membantu kamu memilih asuransi perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan, berikut ini tips memilih asuransi perjalanan ke Eropa yang terbaik: 

1. Tentukan batas maksimal pembelian

Pastikan kamu telah menyisihkan bujet untuk membeli produk asuransi perjalanan. Nilainya sesuaikan dengan kebutuhan saat berjalan-jalan di Eropa. Selain itu pastikan juga saat berlibur barang berharga yang kamu bawa apakah butuh perlindungan.

2. Pertimbangkan untuk membayar manfaat lebih

Jika kamu membeli asuransi perjalanan dengan manfaat lebih, pertimbangkan masak-masak dan hitung teliti apakah hal tersebut dibutuhkan.

3. Periksa apa yang sudah ditanggung polis asuransi

Memeriksa dengan teliti apa saja yang ditanggung dalam polis asuransi yang hendak dibeli. Apakah sudah cukup untuk perlindungan kebutuhan kita termasuk hal-hal yang sangat mendasar.

4. Pertimbangkan membeli pertanggungan tahunan

Jika kamu berpergian lebih dari tiga kali setahun maka akan lebih hemat untuk membeli polis asuransi tahunan. Tapi pastikan jika memang ini telah direncanakan sejak awal supaya manfaatnya terasa dan lebih efisien.

5. Pahami dan pastikan batasan usia dan pengecualian medis

Jika kamu berangkat bersama keluarga yang salah satunya adalah keluarga maka pastikan polis asuransi tersebut menjamin usia yang memang memungkinkan melindungi orang tua.

Selain itu pastikan juga pengecualian medis dari perusahaan asuransi tersebut agar tidak menjadi masalah di kemudian hari.

Sudah menentukan pilihan asuransi perjalanan ke Eropa? Semoga informasi di atas bisa membantu kamu memutuskan pelindung diri selama berada di Eropa ya. Untuk informasi lebih lanjut bisa kamu dapatkan di sini!

Terakhir, disarankan pilih yang pertanggungannya paling lengkap. Premi mahal sedikit gak apa-apa, daripada nanti di Eropa kenapa-kenapa. Selamat liburan!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →