Cari Tahu Manfaat dan Harga Produk Asuransi Kecelakaan

Kecelakaan pesawat

Kecelakaan kerap kali terjadi di luar kontrol kita, terlepas dari upaya kita untuk selalu berhati-hati. 

Musibah kecelakaan memberi kita tekanan baik dari segi fisik, mental, serta finansial. Maka dari itu, penting bagi kita untuk berjaga-jaga dengan memiliki asuransi kecelakaan. Kita tidak perlu khawatir dengan harga asuransi kecelakaan sebab tentu akan sebanding dengan manfaat yang akan kita dapatkan.

Jenis-Jenis Asuransi Kecelakaan

Produk FMCG

Asuransi kecelakaan terdiri atas beberapa jenis dengan manfaatnya yang berbeda-beda, yaitu:

1. Asuransi kecelakaan diri

Asuransi kecelakaan diri ini berguna untuk melindungi kita dari bahaya yang menimpa dan hal-hal yang menyebabkan beberapa akibat, seperti kematian, cacat permanen, cacat sementara, biaya pengobatan, dan perawatan rumah sakit.

Ada beberapa syarat mendasar yang menjadikan sebuah kecelakaan dapat terkategori dalam ketentuan asuransi kecelakaan diri, antara lain:

  • Sumber kecelakaan harus mendadak atau tiba-tiba.
  • Sumber kecelakaan adalah dari faktor luar dan bukan disengaja.
  • Sumber kecelakaan disertai dengan kekerasan.
  • Sumber kecelakaan harus terlihat jelas serta hubungan sebab dan akibat tidak boleh putus.
  • Datangnya sumber kecelakaan tidak dikehendaki.
  • Akibat dari kecelakaan harus berupa luka fisik.

2. Asuransi kecelakaan kerja

Jika pekerjaan kita memiliki risiko, terutama yang berisiko tinggi, asuransi kecelakaan kerja ini sangat kita perlukan. Asuransi ini akan memberikan santunan nantinya akan kepada keluarga jika tertanggung mengalami cacat atau meninggal dunia.

Namun asuransi kecelakaan kerja juga memiliki beberapa syarat terkait pemberian santunan, yakni:

  • Cacat sebagian namun bersifat selamanya atau permanen yang artinya kecelakaan tersebut telah mengakibatkan hilangnya salah satu atau lebih anggota tubuh. 
  • Cacat kekurangan fungsi merupakan kecelakaan yang mengakibatkan hilangnya beberapa fungsi anggota tubuh. 
  • Cacat total merupakan kecelakaan yang menyebabkan seseorang tidak mampu lagi bekerja atau menggerakkan tubuhnya.

3. Asuransi kecelakaan lalu lintas

Angka kematian yang disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas cukup tinggi. Oleh karena itu, kita perlu memiliki asuransi kecelakaan lalu lintas untuk melindungi diri. 

Sebagaimana jenis asuransi lain, pengajuan klaim asuransi kepada perusahaan asuransi harus memenuhi beberapa persyaratan mendasar, yaitu:

  • Mengisi formulir pengajuan serta membawa kelengkapan diri.
  • Memiliki bukti-bukti yang kuat atas terjadinya kecelakaan seperti kuitansi ataupun surat dari polisi.
  • Penentuan ahli waris terdiri dari anggota keluarga itu sendiri.
  • Penentuan jenis santunan berdasarkan kondisi yang dialami oleh orang yang diasuransikan.
  • Penentuan besarnya jumlah uang santunan disesuaikan dengan risiko yang dialami.

4. Asuransi kecelakaan pesawat

Asuransi kecelakaan pesawat ini diperuntukkan khusus bagi pengguna jasa transportasi pesawat terbang yang kini telah dijadikan sarana transportasi ke luar kota maupun negeri. Biasanya asuransi ini telah termasuk dalam tiket pesawat yang dibayar oleh penumpang.  

Apa Manfaat Memiliki Asuransi Kecelakaan?

Renumerasi

Memiliki asuransi kecelakaan jenis apapun tentu akan memberikan kita banyak keuntungan. Pertama, memberi rasa aman bagi yang tertanggung (insured) dan keluarganya dari sisi keuangan. Terutama jika yang terkena musibah merupakan kepala keluarga. Apalagi yang namanya musibah kecelakaan tidak ada yang tahu. Bisa terjadi kapan saja tanpa bisa diprediksi dan tentu saja dengan biaya yang tidak terduga.

Kedua, meringankan biaya pengobatan. Kecelakaan, terutama jika parah, tentu membutuhkan biaya yang besar. Untuk kondisi seperti ini asuransi kecelakaan menjadi solusi terbaik yang bisa meringankan saat terjadi musibah. Ketiga, bisa dijadikan sebagai jaminan hari tua. Dalam jangka panjang, asuransi kecelakaan layaknya sebuah tabungan atau simpanan untuk risiko yang mungkin terjadi di masa depan.

Keempat, melindungi keluarga jika terjadi risiko pada jiwa yang tertanggung (insured). Kecelakaan bisa saja berakibat fatal sampai menimbulkan kematian. Jika ini terjadi, keluarga yang ditinggalkan akan terkena dampaknya akibat terhentinya pendapatan kepala keluarga. 

Jika memiliki asuransi kecelakaan, khususnya kecelakaan diri, penghasilan dari tertanggung yang terkena musibah hingga menyebabkan pendapatan terhenti akan diganti oleh pihak asuransi dalam bentuk santunan bulanan dalam waktu tertentu seperti yang termuat dalam polis.

Contoh Produk Asuransi Kecelakaan dan Harganya

Tabungan biasa dan pendidikan

Berikut adalah lima perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia yang menawarkan proteksi keuangan melalui produk asuransi kecelakaan.

1. Simas Personal Accident – Asuransi Sinar Mas (ASM)

Asuransi kecelakaan diri ini menjamin empat jenis risiko, yakni:

Risiko kematian akibat kecelakaan

Apabila tertanggung meninggal dunia akibat kecelakaan, maka ahli waris tertanggung akan mendapatkan sejumlah santunan.

Cacat tetap akibat kecelakaan

Apabila tertanggung menderita cacat tetap akibat kecelakaan, maka perusahaan akan membayarkan sejumlah santunan sesuai dengan tabel persentase penggantian cacat tetap kepada tertanggung.

Biaya perawatan di rumah sakit akibat kecelakaan

Apabila akibat kecelakaan, tertanggung harus menjalani perawatan di rumah sakit, maka perusahaan akan membayarkan tagihan rumah sakit sesuai dengan kwitansi biaya perawatan atau maksimum sesuai dengan limit jaminan yang dipilih.

Perluasan risiko sepeda motor

Perusahaan juga akan membayarkan sejumlah santunan apabila tertanggung mengalami kecelakaan sebagai akibat dari mengendarai atau sebagai penumpang sepeda motor. Besarnya santunan sesuai dengan limit pertanggungan masing-masing jaminan.

Simas Personal Accident dari Asuransi Sinar Mas memberikan lima pilihan nilai pertanggungan, yakni Rp10 juta, Rp25 juta, Rp50 juta, Rp75 juta, dan Rp100 juta dengan syarat batas usia calon tertanggung adalah 18-60 tahun.

2. Asuransi Kecelakaan Diri Gratis dari Cigna

Asuransi Cigna menghadirkan asuransi gratis untuk perlindungan atas musibah kecelakaan dengan premi Rp0. Asuransi ini memberikan manfaat sebesar Rp20 juta untuk risiko meninggal dunia akibat kecelakaan dengan masa perlindungan selama 30 hari sejak bukti kepesertaan diterima.

3. Axa Care Protection dari AXA

AXA Care Protection adalah program perlindungan dari AXA Financial Indonesia. Produk asuransi kecelakaan diri ini memberikan manfaat uang pertanggungan sebesar hingga 100 persen jika meninggal dunia akibat kecelakaan. 

Keunggulan produk ini adalah kebebasan atas besaran premi, jadi kita bisa menentukannya sendiri dengan masa pertanggungan tiga atau enam bulan. Untuk memiliki asuransi ini, usia yang disyaratkan adalah 16-84 tahun.

4. Zurich Accident Solution (ZAS) dari Zurich

ZAS adalah asuransi kecelakaan diri dengan terobosan perlindungan atas kematian karena sebab alami (natural death) di mana saja dan kapan saja. Dengan syarat batas usia 16-65 tahun, manfaat tambahan meninggal dunia akibat sebab alami merupakan manfaat opsional oleh Zurich Life hingga Rp500 juta, dengan pelaporan klaim asuransi maksimum 30 hari.

5. Asuransi Lalu Lintas dari Jasa Raharja

Asuransi Jasa Raharja adalah asuransi sosial milik negara (BUMN) yang bertanggung jawab mengelola asuransi kecelakaan lalu lintas bagi penumpang angkutan umum, kendaraan pribadi, maupun pejalan kaki. 

Jasa Raharja memiliki dua program asuransi sosial, yaitu Asuransi Kecelakaan Alat Angkutan Umum yang dilaksanakan berdasarkan UU No. 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang dan Asuransi Tanggung Jawab Menurut Hukum Terhadap Pihak Ketiga yang dilaksanakan berdasarkan UU No. 34 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Lalu-Lintas Jalan.

Lantas berapa harga preminya? Premi asuransi di sini berbentuk Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) yang otomatis telah kita bayarkan saat melakukan pendaftaran atau perpanjangan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan). begitu pula saat kita menggunakan transportasi umum. Tarif yang kita bayarkan sudah termasuk premi Jasa Raharja.

Artinya, harga asuransi kecelakaan sangatlah beragam tergantung produk asuransi yang kita pilih. Asuransi pemerintah seperti Jasa Raharja, harganya sudah termasuk layanan transportasi yang kita gunakan. Sedangkan untuk asuransi swasta, harganya berbeda-beda tergantung perusahaannya.

Jika membutuhkan ulasan tentang asuransi kecelakaan yang lebih lengkap atau jika ingin berkonsultasi langsung secara gratis mengenai manfaat asuransi kecelakaan, silakan mengunjungi Lifepal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →