Astra Garda Medika

4.4 / 5.0 (6.046 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Garda Medika

Garda Medika adalah satu-satunya produk asuransi kesehatan dari  PT Asuransi Astra Buana. Asuransi yang diluncurkan pada 2008 ini bertujuan menyediakan solusi asuransi kesehatan bagi karyawan dengan premi terjangkau dan pelayanan kesehatan berkualitas.

Polis Garda Medika memberikan manfaat utama rawat inap bagi karyawan perusahaan. Tersedia pilihan manfaat tambahan yaitu persalinan, perawatan gigi, dan kacamata sesuai kebutuhan karyawan perusahaan.

Ringkasan

  • Salah satu produk asuransi kesehatan karyawan terlengkap yang hadir di Indonesia dengan manfaat dasar berupa rawat inap dan rawat jalan untuk sakit atau kecelakaan.
  • Tersedia lebih dari 900 rekanan rumah sakit (RS) yang tersebar di Indonesia.
  • Saat klaim atau menjalani perawatan tidak perlu membayar tunai karena menerapkan sistem cashless di RS rekanan. Hanya perlu tunjukan kartu kepesertaan Garda Medika.
  • Tersedia fasilitas Garda Giaga Emergency Medical Assistance (EMA) atau populer dengan sebutan Garda Siaga. Fasilitas ini adalah paramedis bersertifikat yang bisa dihubungi kapanpun dan akan datang dengan ambulan atau sepeda motor yang dibekali peralatan medis sesuai standar.

Sekilas tentang Garda Medika

Astra Garda Medika menawarkan proteksi lengkap mulai manfaat asuransi dasar hingga rider (tambahan) dengan berbagai keunggulan. Adapun manfaat utamanya adalah rawat inap dan rawat jalan bagi karyawan.

Salah satu fitur unggul dari produk asuransi korporasi ini adalah Garda Mobile HR-Akses yang memudahkan HR Department atau departemen kepegawaian memantau semua benefit dan histori klaim karyawan. Dengan fitur ini, karyawan tidak bisa beralasan sakit hanya untuk bolos kerja, karena bisa dipantau oleh HRD.

PT Asuransi Astra Buana (Astra Buana) adalah perusahaan asuransi umum yang merupakan bagian dari grup Astra. Perusahaan tidak hanya menyediakan asuransi kesehatan tetapi juga asuransi mobil Garda Oto.

 
 

Tabel Manfaat Garda Medika

Produk asuransi kesehatan dari Astra Buana hanya terdiri atas satu jenis polis yaitu Garda Medika. Produk asuransi ini pun hanya ditujukan bagi karyawan perusahaan dan tidak bisa dibeli perorangan.

Berikut ini detail manfaat dasar yang diberikan asuransi Astra Garda Medika sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli polis asuransi Garda Medika.

Manfaat Keterangan
Manfaat Rawat Inap Memberikan pertanggungan rawat inap di rumah sakit baik rekanan atau tidak karena kecelakaan ataupun sakit
Manfaat Rawat Jalan Memberikan pertanggungan rawat jalan di rumah sakit baik rekanan atau tidak karena kecelakaan ataupun sakit
Manfaat Klaim Ganda Tersedia pengajuan klaim ganda jika memiliki lebih dari satu asuransi baik Garda Medika sebagai asuransi pertama ataupun asuransi kedua

Pengecualian Garda Medika

Astra Garda Medika memiliki aturan tertentu untuk klaim yang diajukan peserta. Adapun tabel manfaat sebelumnya tidak bisa digunakan jika pengecualian ini terjadi.

  • Jika tertanggung terbukti tidak jujur atau tidak memberikan informasi lengkap dalam mengisi data kesehatan, pekerjaan, dan hobi.
  • Polis laps atau telah habis masa pertanggungan.
 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan oleh calon nasabah ataupun nasabah terkait Garda Medika, baik informasi premi, profil perusahaan, dan lain sebagainya.

Garda Medika dan Garda Oto merupakan polis yang dirancang oleh Asuransi Astra. Garda Medika seperti penjelasan sebelumnya, adalah satu-satunya asuransi kesehatan dari Astra. Namun, asuransi kesehatan ini hanya memberikan jaminan kesehatan bagi karyawan atau biasa disebut asuransi kumpulan atau perusahaan.

Garda Oto adalah asuransi khusus mobil bagi nasabah Asuransi Astra. Polis ini memberikan jaminan berdasarkan plan yang dipilih nasabah. Contoh, tersedia polis jaminan komprehensif (all risk) atau total loss only (TLO). Garda Oto juga memiliki manfaat tambahan seperti jaminan ganti rugi pihak ketiga (TPL).

 

Untuk menjadi peserta asuransi Astra Garda Medika, syarat pertama yang harus dipenuhi adalah Anda terdaftar sebagai karyawan perusahaan. Kemudian, perusahaan yang akan mendaftarkan peserta (karyawannya) sesuai persyaratan dan ketentuan yang telah ditetapkan Astra Buana, termasuk harga premi hingga masa pertanggungan. Kunjungi situs resmi atau hubungi call center Astra Buana untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat dan cara daftar Garda Medika.

Cari tahu premi asuransi Garda Medika dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Cara klaim asuransi Garda Medika disesuaikan dengan ketentuan polis yang dimiliki. Kunjungi tautan https://www.asuransiastra.com/health/support atau hubungi call center Astra Buana untuk mendapatkan informasi seputar klaim asuransi Garda Medika.

Berikut ini cara klaim Garda Medika yang tercantum dalam situs resmi perusahaan:

  • Peserta (dalam hal ini karyawan) menunjukkan kartu asuransi Astra Garda Medika saat melakukan perawatan baik inap maupun jalan karena kecelakaan atau sakit di rumah sakit rekanan Astra Buana.
  • Peserta menjalani perawatan sesuai diagnosa.
  • Setelah selesai, maka peserta bisa langsung pulang jika seluruh biaya perawatan ditanggung atau sesuai polis yang tersedia, jika tidak, maka peserta harus membayar kekurangan biaya rumah sakit.

Berikut prosedur melakukan klaim rawat inap dengan Asuransi Garda Medika

  • Membawa kartu Garda Medika saat datang ke rumah sakit.
  • Daftar ke bagian administrasi rawat inap dan mengisi formulir keterangan medis.
  • Melakukan konsultasi dan pemeriksaan fisik atau tes diagnostik (laboratorium hingga radiologi).
  • Menyerahkan rujukan rawat inap ke rumah sakit atau bagian administrasi.
  • Surat jaminan Garda Medika dikirimkan setelah rumah sakit menghubungi call center Garda Akses Asuransi Astra.
  • Menjalani rawat inap hingga selesai sesuai arahan dokter. Khusus peserta yang tidak memiliki benefit rawat jalan, kartu Garda Medika dibawa ke bagian administrasi rumah sakit setelah peserta mendapat rujukan rawat inap oleh dokter.
  • Setelah rumah sakit melakukan konfirmasi pasien pulang ke Garda Medika untuk surat jaminan akhir, maka pasien perawatan selesai dan pasien atau keluarganya perlu membayar biaya nonmedis dan selisih biaya perawatan jika ada.

Prosedur klaim rawat jalan menggunakan Garda Medika

  • Membawa kartu Garda Medika saat datang ke rumah sakit atau klinik.
  • Menunjukkan kartu Garda Medika ke bagian administrasi rawat jalan untuk verifikasi awal.
  • Pasien mendapatkan pelayanan kesehatan atau konsultasi dokter.
  • Setelah pelayanan selesai, pasien memberikan kartu Garda Medika ke bagian kasir rumah sakit atau klinik untuk digesek (pembayaran). Jika ada kekurangan pembayaran atau melebihi plafon yang tercantum dalam polis, maka pasien membayar kelebihan tersebut.

Prosedur klaim reimbursement Asuransi Garda Medika

  • Peserta datang ke rumah sakit atau klinik.
  • Mendapat layanan kesehatan  baik rawat jalan maupun rawat inap.
  • Peserta membayar seluruh biaya selama perawatan sebelum pulang.
  • Mengisi data dan mengirimkan form reimbursement dan dokumen pendukung sesuai ketentuan Garda Medika atau Asuransi Astra.
  • Pihak asuransi Astra Garda Medika akan memeriksa dokumen dan formulir yang dikirim tertanggung.
  • Pembayaran klaim ke rekening peserta maksimal 14 hari kerja setelah dokumen klaim dianggap sah.

Prosedur klaim jika kartu Garda Medika hilang

  • Peserta atau tertanggung yang perlu menjalani rawat inap di rumah sakit tetapi kartu peserta belum diterima, hilang atau rusak, maka harus menghubungi call center Garda Akses Asuransi Astra 1500112 (tanpa kode area), tekan 3 untuk minta penjaminan rawat inap.
  • Petugas call center Garda Akses Asuransi Astra akan menginformasikan nomor peserta bila peserta dirujuk untuk rawat inap.
  • Peserta cukup menunjukkan identitas diri dan menyampaikan nomor peserta yang diinformasikan call center Garda Akses Asuransi Astra ke bagian administrasi rawat inap rumah sakit.
  • Peserta menjalani rawat inap hingga selesai.
  • Jika perawatan yang dilakukan di rumah sakit atau klinik rekanan, maka proses klaim merujuk pada cara cashless (menunjukkan kartu kepesertaan asuransi Astra Garda Medika). Apabila ada kekurangan pembayaran atau lebih besar dari nominal plafon di buku polis, maka pasien harus membayarnya.
  • Jika perawatan yang dilakukan di rumah sakit atau klinik bukan rekanan, maka proses klaim merujuk pada cara reimbursement.
  • Peserta membuat permohonan kepada Garda Medika melalui call center Garda Akses Asuransi Astra di 1500112 tekan 3 untuk pengajuan sisa klaim yang tidak dijaminkan oleh Garda Medika ke asuransi lain.
  • Garda Medika akan mengeluarkan surat pemberitahuan berupa jumlah yang diajukan oleh oleh peserta dan jumlah yang sudah diganti oleh Garda Medika.
  • Garda Medika akan membuat salinan kuitansi yang telah dibayarkan serta dilegalisasi, termasuk dokumen yang sudah diserahkan peserta untuk memudahkan peserta mengajukan klaim ke asuransi lain maksimal 14 hari setelah dokumen lengkap diterima dari rumah sakit.
  • Peserta mengirimkan semua salinan kuitansi yang telah dilegalisasi oleh asuransi pertama disertai dengan surat pemberitahuan dari asuransi pertama tentang jumlah klaim yang sudah diajukan, termasuk jumlah yang telah dibayarkan oleh asuransi tersebut serta kuitansi asli yang sudah dibayarkan peserta di rumah sakit.
  • Setelah semua dokumen diterima, maksimal 14 hari kerja klaim asuransi sudah diterima peserta.

Layanan nasabah atau call center Garda Medika dapat dicapai dengan berbagai media yang tersedia di Asuransi Astra Buana.. Adapun informasi lebih jelas mengenai produk asuransi karyawan ini hingga cara klaim bisa menghubungi kontak berikut.

Call Center Astra Buana

  • Garda Akses: 1500112
  • Website: asuransiastra.com

Layanan Garda Medika

  • Medcare Goes Social: Fitur untuk bersosialisasi sesama pengguna Medcare
  • Easy Access and Feedback: Informasi mengenai limit benefit Garda Medika
  • Keep Fit & Healthy: Fitur untuk menginformasikan kesehatan peserta Garda Medika

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.asuransiastra.com/health
  • https://www.asuransiastra.com/health/support
  • https://www.asuransiastra.com/service/garda-mobile/medcare
Penulis Dzulfikar Financial Content Writer yang mengemas informasi, tips, dan kiat keuangan dengan bahasa yang lebih mudah dicerna. Lihat profile penulis