FPG Insurance Indonesia

3.8 / 5.0 (5.490 Ulasan)
  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Cashback 10%
Diskon 25%*
  • ACA_43_1_D
26 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

FPG Insurance Indonesia: Produk, Premi, & Call Center

FPG Insurance adalah salah satu perusahaan asuransi umum yang telah mendapatkan izin usaha Otoritas Jasa Keuangan. Produk asuransi yang ditawarkan tersedia bagi nasabah individu dan korporasi. Salah satu produk unggulannya adalah asuransi mobil yang memberikan manfaat polis lengkap dengan premi murah!

Bandingkan FPG Insurance dengan perusahaan asuransi mobil terbaik lainnya premi mulai Rp38 ribuan per bulan di Lifepal. Yuk, cek pilihan polisnya sekarang!

*syarat dan ketentuan berlaku

Pilihan Polis Asuransi FPG Insurance

Berikut pilihan polis FPG Insurance yang dapat dipertimbangkan.

Mencari produk asuransi terbaik dengan premi termurah? Lifepal telah mengumpulkan rekomendasinya untuk Anda. Yuk cek dan dapatkan diskon hingga 25%

Rangkuman Produk FPG Insurance

FPG Insurance membagi produknya menjadi lima kategori yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan calon nasabahnya. Berikut rangkuman produk serta manfaatnya.

ProdukManfaat
Asuransi MobilJaminan ganti rugi atas kerusakan pada kendaraan yang diasuransikan
Asuransi PerjalananJaminan ganti rugi atas ketidaknyamanan selama perjalanan, baik di dalam dan luar negeri
Asuransi RumahJaminan ganti rugi atas kerugian yang terjadi pada rumah yang diasuransikan
Asuransi Kecelakaan DiriPertanggungan biaya perawatan medis + santunan meninggal dunia akibat kecelakaan
Produk KorporasiProteksi finansial guna melindungi risiko kerugian pada perusahaan

Sekilas Tentang FPG Insurance Indonesia

PT Asuransi FPG Indonesia (FPG) adalah perusahaan asuransi umum (kerugian) di Indonesia. Perusahaan ini memiliki produk asuransi umum yang cukup lengkap, mulai dari asuransi mobil, perjalanan, hingga korporasi.

Produk-produk yang ditawarkan juga cocok bagi nasabah individu maupun komersial (perusahaan) yang membutuhkan jaminan ganti rugi atas aset yang dimiliki perusahaan. Keunggulan lain dari FPG Insurance adalah pengalaman dalam melayani nasabah selama puluhan tahun.

Lebih Lanjut Tentang FPG Insurance

Situs resmi perusahaan menginformasikan bahwa perusahaan berpengalaman dalam melayani nasabah di Asia Tenggara lebih dari 50 tahun. Produk asuransi yang ditawarkan tersedia bagi nasabah individu dan korporasi.

Dalam situs AAUI, FPG disebutkan memiliki jaringan cabang di 17 kota besar. Perusahaan asuransi ini juga didukung oleh perusahaan farmasi asal Hong Kong, Zeuling Group.

Perjalanan melayani nasabah tidak terlepas dari FPG Insurance company profile. Perusahaan FPG merupakan gabungan dua perusahaan asuransi yang memiliki rekam jejak panjang dalam bisnis keuangan.

Pertama adalah NV Semarangsche Zee en Brand Assurantie Maatschappij yang didirikan pada 1866. Perusahaan kemudian diakuisisi Sun Alliance Insurance asal Inggris pada 1926. Sejak saat itu, nama perusahaan berubah menjadi PT Samarang Sea & Fire Co. Ltd Anno 1866. Pada 1990, perusahaan berganti nama lagi menjadi Sun Alliance Insurance Indonesia.

Perusahaan kedua adalah PT Asuransi Royal Indrapura yang didirikan pada 1976. Perusahaan ini merupakan hasil patungan antara Royal Insurance asal Inggris dan PT Maskapai Asuransi Indrapura (Asuransi milik Julius Tahija, pendiri Bank Niaga).

Pada 1996, Sun Alliance dan Royal Insurance melakukan merger menjadi Royal & Sun Alliance. Aksi korporasi dua perusahaan tersebut berdampak pada perusahaan di Indonesia yang berubah nama pada 1998.

Pada 2002, Austindo Nusantara Jaya mengakuisisi saham Royal & Sun Alliance Indrapura Insurance dan mengubah namanya menjadi Asuransi Indrapura. Sepuluh tahun kemudian, tepatnya pada 2012, perusahaan berganti pemilik yaitu Zuellig Group, perusahaan investasi sejak 1912 dan populer di Asia Pasifik. Tiga tahun kemudian, tepatnya pada 2015, perusahaan resmi menyandang nama Asuransi FPG Indonesia PT.

Hukum dan Legalitas

Asuransi FPG terdaftar sebagai anggota AAUI. Selain itu, legalitas perusahaan diberikan oleh OJK dengan terdaftar dan memiliki izin usaha dari lembaga regulator tersebut. Perusahaan juga telah mendapatkan izin usaha di bidang asuransi kerugian berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan dengan nomor KEP-3963/MD/1987 tanggal 24 Juni 1987.

Prestasi dan Penghargaan

Asuransi FPG telah meraih berbagai prestasi dan penghargaan bergengsi di Indonesia. Penghargaan yang pernah diraih FPG sebagai perusahaan asuransi umum (kerugian) antara lain:

  • InfoBank Insurance Awards 2019 kategori Perusahaan Asuransi Umum
  • Asuransi Umum dengan Performa Keuangan Terbaik Kategori Aset Rp1,5-2,5 triliun dari  Indonesia Insurance Consumer Choice Award 2018
  • Digital Brand of The Year Kategori Asuransi Umum dari 8th InfoBank Digital Brand Awards 2019
Laporan Keuangan

Rasio solvabilitas perusahaan asuransi di Indonesia wajib memenuhi standardisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016). Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

Rasio solvabilitas adalah kemampuan perusahaan asuransi bersangkutan dalam memenuhi kewajiban terhadap nasabahnya. Kewajiban ini dapat diartikan sebagai kesanggupan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Mengacu kepada laporan keuangan tahun 2020, berikut ini performa finansial PT Asuransi FPG Indonesia.

  • Rasio solvabilitas: 206%
  • Jumlah aset: Rp1,618 triliun
  • Ekuitas: Rp282,749 miliar

Dari data keuangan tersebut dapat disimpulkan bahwa FPG cukup aman dari sisi kesehatan keuangan perusahaan. Kondisi finansial yang kuat akan memberikan jaminan kepada kualitas produk dan pemenuhan kebutuhan klaim para nasabahnya hingga tuntas.

Berita Terbaru FPG Insurance

FPG Merambah Pasar Komunikasi dan Marketing

November 2019 – PT Asuransi FPG Indonesia melihat peluang dalam perkembangan industri periklanan di era industri 4.0. Managing Director FPG Indonesia, Wahab Afwan mengatakan, FPG melihat peluang di era kreatif tersebut. Itu sebabnya, FPG melebarkan sayap bisnis sebagai strategic communication consultant yang menyediakan layanan kreatif dan implementasi media.

Layanan Nasabah FPG Insurance Indonesia

Layanan nasabah FPG Insurance dapat dijangkau dengan berbagai media. Atau, bisa juga dengan mendatangi langsung kantor pusat/cabang FPG terdekat. Berikut informasi selengkapnya: 

Asuransi FPG Head Office

Chase Plaza Tower 4th Floor, 

Jalan Jend. Sudirman Kav. 21, 

Jakarta 12920, Indonesia

FPG Call Center: (021) 50821555

Fax: (021) 5200175

Email: [email protected]

Website: www.fpgins.com

Kantor Cabang
  • FPG Insurance Medan: Sinarmas Land Plaza 8th Floor, Jalan P Diponegoro No.18 Medan 20152, Indonesia. Telepon: +6261 4517737
  • FPG Insurance Surabaya: Gedung Bumi Mandiri 6th Floor, Suite 603, Jalan Jend. Basuki Rahmat No.129-137 Surabaya 60271, Indonesia. Telepon: +6231 5320635
  • FPG Insurance Bandung: Jalan Burangrang No.35B Bandung 40262, Indonesia. Telepon: +6222 7333868
  • FPG Insurance Semarang: Griya Kanaan, Jalan Dr. Cipto No.151 Blok A Semarang 50123, Indonesia. Telepon: +6224 8446661
  • FPG Insurance Palembang: Jalan Kapten A Rivai No.219A Palembang 30135, Indonesia. Telepon: +62711 354617/361527
  • FPG Insurance Yogyakarta: Ruko Casa Grande No.41, Jalan Ringroad Utara, Sleman, Yogyakarta 55283, Indonesia. Telepon: +62274 871094

Harga Premi FPG Insurance

Harga premi Asuransi FPG sebenarnya berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut, seperti:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan)

Namun dilansir dari situs resmi perusahaan, berikut harga premi asuransi perjalanan FPG:

  • Perjalanan Dunia: mulai Rp49.500/5 hari
  • Perjalanan Asia: mulai Rp49.500/5 hari
  • Perjalanan Lokal: mulai Rp36 ribu/5 hari
  • Pilgrim Umrah/Hajj: mulai Rp40 ribu/4 hari
  • Tanah Suci Pilgrim: mulai Rp40 ribu/4 hari

Sementara, produk asuransi lain tidak dicantumkan berapa besaran harga preminya. Untuk mengetahui lebih lengkap harga premi dari produk FPG, silakan menghubungi call center FPG Insurance di (021) 50821555.

Selain itu, supaya lebih mudah ketika ingin menghitung harga premi Asuransi Mobil FPG Insurance dan berbagai perusahaan lainnya. Silakan melakukan simulasi dengan mengisi formulir di bawah ini.

Cara Klaim Asuransi FPG

Cara klaim FPG Insurance haruslah disesuaikan dengan produk asuransi yang dimiliki nasabah. Berikut beberapa cara klaim berdasarkan kategori produknya: 

Cara Klaim Asuransi Mobil

Klaim asuransi mobil bisa dilakukan dengan cara online. Nasabah hanya perlu mengunjungi situs resmi perusahaan (www.fpgins.com), kemudian mengisi formulir yang terdiri atas data diri nasabah, informasi kendaraan, keterangan kerugian/kerusakan, pihak ketiga, data pengemudi, dan surat pernyataan.

Adapun dokumen yang dibutuhkan untuk melakukan FPG Insurance claims review adalah:

  • Formulir klaim yang telah diisi lengkap dan benar
  • Fotokopi SIM yang masih berlaku
  • Fotokopi STNK yang masih berlaku
  • Dokumen pendukung lain untuk klaim TLO
  • Surat keterangan pelaporan kepolisian (untuk klaim terkait kasus kriminal)

Cara Klaim Asuransi Perjalanan

Dalam Asuransi Perjalanan FPG, klaim yang diajukan berdasarkan kerugian yang dialami seperti kehilangan bagasi, keterlambatan penerbangan, hingga lainnya. Nasabah akan dipermudah untuk melakukan klaim dengan cara mengunjungi situs resmi perusahaan.

Kemudian, mengisi formulir melampirkan dokumen yang dibutuhkan. Nasabah juga bisa memilih cara klaim via telepon atau mendatangi langsung kantor pusat/cabang FPG. Adapun informasi yang perlu diisi dalam klaim asuransi perjalanan, yaitu:

  • Detail tertanggung
  • Jenis kerugian yang terjadi
  • Jenis klaim
  • Unggah dokumen
  • Deklarasi

Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Diri

Untuk melakukan klaim kecelakaan yang berakibat kematian, cacat total tetap, ataupun perawatan di rumah sakit, nasabah atau ahli waris harus menghubungi pihak Asuransi FPG. Atau, bisa melakukan klaim online dengan cara berikut ini:

  • Mengajukan klaim kecelakaan secara online
  • Mengisi formulir elektronik yang tersedia di website resmi perusahaan, seperti informasi pengaduan (nasabah), informasi ketenagakerjaan (peserta asuransi kumpulan), informasi kecelakaan, informasi dokter dan rumah sakit, serta surat pernyataan
  • Setelah kelengkapan dokumen dikirim, pihak perusahaan asuransi akan meninjau klaim dan segera menghubungi nasabah atau ahli waris untuk mengonfirmasi detail klaim

Formulir Klaim FPG Insurance

Form klaim FPG adalah formulir klaim dari FPG Insurance. Form ini disediakan untuk klaim asuransi kecelakaan diri, perjalanan, serta asuransi mobil. Masing-masing formulir klaim tadi bisa diunduh di situs resmi FPG Insurance Indonesia.

Bengkel Rekanan FPG Insurance Indonesia

FPG Insurance Indonesia telah bekerja sama dengan sejumlah bengkel yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Berikut beberapa daftar bengkel rekanannya:

Bengkel Rekanan FPG
  • Aceh: Pro Motor, Jalan TP Nyak Makam No.88, Banda Aceh. Telepon: (0651) 7555551, 08126903089
  • Bali: Paramitha Auto Graha (PAG), Jalan A Yani Utara No.999 Dauh Puri Kaja, Denpasar Utara. Telepon: (0361) 423188
  • Balikpapan: Gifa Mandiri, Jalan Marsma Iswahyudi RT. 106, RW. 10. N0. 2, Sepinggan. Telepon: (0542) 761603
  • Bandung: Pitstop, Jalan Holis No. 246-248, Bandung. Telepon: (022) 6021621
  • Bekasi: Duta Auto Body, Jl Raya Serang Cibarusah No.68. Cikarang, Kp. Pasirandu rt 011 rw 005, Sukasari. Serang Baru Bekasi. Telepon: 021-89954072
  • Jakarta Pusat: King Ford, Jalan Let. Jend. Suprapto No.78A Cempaka Putih. Telepon: (021) 4254033
  • Cibubur: CNC Body Repair, Jalan Raya Ciangsana (Dekat Kampus Trisakti ) – Alternatif Cibubur. Telepon: (021) 84931412
  • Depok: Handi Jaya Motor (HJM), Jalan Kartini Raya No. 50 Pancoran Mas, Depok. Telepon: (021) 77204060
  • Jakarta Timur: Dharma Motor, Jalan Jatibening Estate No. 91 Jati Kramat – Pondok Gede. Telepon: (021) 84992507
  • Tangerang: Marga Jaya, Jalan MH Thamrin No 8 Cikokol, Tangerang. Telepon: (021) 55753375

Pertanyaan Seputar FPG Insurance Indonesia

Apakah Anda memiliki pertanyaan seputar PT FPG Insurance Indonesia atau terkait asuransi lainnya yang belum terjawab? Jangan ragu untuk mengkonsultasikannya dengan ahli asuransi secara online melalui Tanya Lifepal!

Apa itu FPG Insurance? 

FPG Insurance adalah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi umum (kerugian) dan telah berdiri sejak tahun 1866. Produk FPG Insurance sangat cocok untuk nasabah yang membutuhkan asuransi mobil untuk pribadi maupun proteksi perusahaan.

Apa kepanjangan dari FPG Insurance?

FPG singkatan dari Federal Phoenix Group Indonesia. FPG Insurance merupakan rebranding dan pergantian nama PT Asuransi Indrapura. Dengan adanya rebranding ini, PT Asuransi Indrapura menjadi bagian dari Zuellig Group of Companies. Saat ini FPG Asuransi sudah beroperasi di Thailand dan Filipina.

Alamat FPG Insurance Jakarta

FPG Insurance Jakarta juga menjadi FPG Insurance head office. Untuk itu bagi Anda yang ingin mendatangi FPG Insurance Jakarta bisa datang ke kantor pusat FPG Insurance address di Chase Plaza Tower 4th Floor,  Jalan Jend. Sudirman Kav. 21, Jakarta 12920, Indonesia.

Bagaimana cara pembayaran premi Asuransi FPG?

Pembayaran premi Asuransi FPG tergantung pada jenis polis yang dibeli. Terdapat beberapa metode pembayaran yang bisa dipilih nasabah untuk memudahkan pembayaran. Berikut pilihannya.

  • Autodebet kartu kredit atau debit
  • Virtual account
  • ATM
  • Setoran tunai di bank/ATM
  • Bilyet/giro
  • Mobile banking
  • Internet banking

Cara pembayaran pada umumnya sama saja, yang terpenting mengetahui nomor polis, jumlah premi yang harus dibayar, dan nomor rekening atau virtual account FPG. Setelah membayar, simpan bukti pembayaran sebagai arsip.

Nomor telepon FPG Insurance

FPG Insurance memiliki berbagai layanan yang bisa Anda capai. Untuk FPG Insurance contact number yang bisa dihubungi adalah (021) 50821555. Sementara untuk FPG Insurance email address adalah [email protected]

Bagaimana cara membeli Asuransi FPG secara online?

Membeli FPG Asuransi bisa dilakukan dengan tiga cara berdasarkan laman resmi perusahaan, yaitu pembelian secara online, pembelian melalui call center, dan mendatangi langsung FPG Insurance office terdekat.

Namun, jika ingin lebih berimbang, calon nasabah dapat membandingkan produk dan polis asuransi terbaik melalui situs agregator seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya membandingkan produk dari satu perusahaan asuransi, melainkan dari berbagai perusahaan asuransi yang ada di Indonesia. Dengan begitu, calon nasabah mendapatkan proteksi terbaik dan harga paling ringan.

Cabang FPG Insurance

FPG Insurance branches tersebar di berbagai kota di Indonesia maupun luar negeri. Salah satunya adalah FPG Insurance Surabaya, FPG Insurance Semarang, dan FPG Insurance Makati, Philippines dan berbagai kota lainnya.

Bagaimana cara berhenti Asuransi FPG?

Berikut cara menutup polis Asuransi FPG sesuai penjelasan yang tertera dalam situs resmi perusahaan, yaitu:

  • Mengisi formulir aplikasi secara lengkap
  • Melampirkan fotokopi identitas diri KTP/SIM untuk WNI
  • Melampirkan Paspor dan KITAS (Kartu Tinggal Terbatas) untuk WNA

Yang pasti, siapkan dokumen lengkap berupa polis asuransi dan identitas diri. Kemudian, biasanya nasabah akan dikenakan biaya atau potongan tertentu apabila melakukan penutupan polis sebelum tanggal jatuh tempo. Informasi lebih lengkap seputar cara penutupan polis, sila menghubungi call center FPG Insurance, agen, atau broker terkait.

Berapa harga premi FPG Insurance?

Harga premi Asuransi FPG sebenarnya beragam sesuai dengan profil nasabah maupun jenis asuransi yang dipilih. Silakan tab premi untuk mengetahui faktor penentu besaran harga premi FPG Insurance selengkapnya.

Seperti apa metode penggantian FPG Insurance?

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Penggantian asuransi kesehatan biasanya dilakukan dengan dua cara, yaitu cashless dan reimbursement. Sementara metode penggantian asuransi jiwa dilakukan dengan santunan tunai sekaligus dan berkala sesuai dengan perjanjian yang tertera dalam polis.

Penggantian asuransi kendaraan dilakukan berdasarkan jenis kerugian yang dialami disesuaikan dengan polis asuransi. Penggantian asuransi umum lain, seperti asuransi perjalanan dan asuransi kerugian lainnya, dilakukan berdasarkan metode penggantian yang sudah disepakati dalam polis dengan syarat tertentu.

Bengkel rekanan Asuransi FPG

Asuransi FPG memiliki rekanan bengkel yang tersebar di hampir seluruh kota di Indonesia. Lihat daftar bengkel rekanan FPG Insurance selengkapnya pada tab Rekanan.

Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.fpgins.com/