Asuransi Gigi Terbaik Sesuai Anggaran

DISKON HINGGA 20% Temukan asuransi gigi premi murah dari ratusan brand ternama!

+62

Apa itu Asuransi Gigi?

Asuransi gigi adalah jenis asuransi yang menjamin biaya yang harus dikeluarkan saat melakukan perawatan gigi. Berbeda dengan asuransi lainnya seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, asuransi gigi baru hadir pada tahun 1954 di California. Saat itu, perusahaan asuransi yang memberikan asuransi gigi tersebut telah memberikan santunan mencapai USD1.000 per tahun kepada masyarakat Amerika Serikat.

Jenis cakupan yang ditanggung oleh asuransi gigi biasanya adalah biaya penambalan gigi, pembersihan karang, hingga pembedahan gigi. Tidak hanya itu, terdapat pula asuransi kawat gigi dan penggantian biaya perawatan gigi yang bertujuan sebagai perawatan estetik.

Untuk bisa mendapatkan asuransi gigi, nasabah harus membayarkan premi secara berkala, dengan rata-rata pembayaran dilakukan per bulan, per tahun, maupun sekaligus. Namun, asuransi gigi umumnya bisa Anda dapatkan sebagai rider (manfaat tambahan) dari asuransi kesehatan. Sementara, besaran premi bergantung pada perusahaan asuransi maupun manfaat produk yang dipilih.

Kenapa Asuransi Gigi Penting?

Mengapa asuransi gigi sangat dibutuhkan? Banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika seseorang menggunakan asuransi gigi, salah satunya adalah mengurangi biaya pengeluaran saat melakukan perawatan gigi. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah fungsi dan manfaat asuransi gigi secara umum yang dapat dijadikan pertimbangan oleh para calon nasabah.

Mahalnya perawatan gigi

Seringkali orang baru memeriksakan kondisi giginya ketika sudah mengalami sakit yang cukup parah sehingga membutuhkan biaya perawatan yang mahal. Beberapa faktor yang membuat biaya perawatan gigi mahal, antara lain alat dan bahan material kedokteran gigi, mahalnya obat yang dibutuhkan, dan membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi.

Sehingga dengan menggunakan asuransi gigi, maka biaya yang harus dikeluarkan menjadi lebih sedikit karena asuransi gigi akan menanggung berbagai perawatan yang sudah tercantum dalam polis.

Premi asuransi gigi yang terjangkau

Banyak produk asuransi gigi yang ditawarkan berbagai perusahaan asuransi memiliki harga yang terjangkau. Biasanya harga premi asuransi gigi berkisar antara Rp100 ribu – Rp300 ribu. Dengan besaran premi yang terjangkau maka Anda tidak perlu menggunakan biaya dari pengeluaran pribadi.

Sakit gigi merupakan penyakit umum

Sakit gigi merupakan penyakit yang umum dan bisa diderita siapa saja, baik anak-anak maupun orang tua. Meskipun umum, penyakit ini juga kerap menjadi penyakit yang sering terlambat ditangani dikarenakan biaya perawatan yang mahal, terbukti dengan tingkat penderita masalah gigi dan mulut di Indonesia mencapai angka 57,6 persen.

Dengan adanya asuransi gigi, maka akses penanganan akan masalah gigi menjadi lebih mudah dan dapat digunakan oleh siapa saja, karena preminya yang terjangkau.

Setelah memerhatikan fungsi dan manfaat asuransi gigi yang disebutkan di atas, kini ada baiknya perhatikan jenis produk asuransi gigi terbaik dan berbagai prosedurnya.

Cakupan Perawatan Gigi yang Ditanggung Asuransi

Pertanggungan asuransi gigi terdiri dari pelayanan yang diterima dan digunakan oleh peserta asuransi gigi. Berikut adalah sejumlah pertanggungan paling umum yang bisa digunakan sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam polis.

  • Pemberian santunan jasa layanan darurat gigi (nyeri, pembengkakan, atau pendarahan gigi).
  • Santunan pencegahan seperti pemeriksaan mulut, pembersihan gigi, dan pengaplikasian floride.
  • Radiologi gigi (x-ray panoramic).
  • Pencabutan gigi bukan pembedahan.
  • Santunan perawatan saluran akar gigi.
  • Santunan konservatif berupa tindakan amalgam.

Produk asuransi gigi terbagi menjadi tiga kategori. Adapun jenis produk asuransi gigi terbagi berdasarkan kriteria tertentu yang akan dijabarkan sebagai berikut:

1. Asuransi Gigi Perawatan Dasar (Basic Care)

Jenis perawatan gigi ini merupakan hal yang paling umum dilakukan oleh masyarakat biasanya. Perawatan tersebut dilakukan tidak hanya pada saat mengalami kerusakan pada gigi, namun juga dapat digunakan saat kunjungan rutin.

Perawatan dari asuransi gigi basic care mencakup penambalan gigi, pembersihan karang gigi, perbaikan akar gigi, atau pencabutan gigi.

2. Asuransi Gigi Perawatan Kompleks (Major Care)

Perawatan asuransi gigi ini dikhususkan untuk perawatan kesehatan gigi yang lebih kompleks. Jenis perawatan ini mencakup pembedahan gigi dan implantasi gigi. Jenis asuransi gigi ini juga menjamin perawatan gigi akibat kecelakaan dan membutuhkan perawatan terhadap gigi karena membutuhkan penanganan khusus.

3. Asuransi Gigi Pemasangan Gigi Palsu

Penggunaan asuransi gigi palsu harus dilakukan dengan persetujuan langsung dari dokter gigi. Pada saat akan menggunakan asuransi ini, pastikan sudah memiliki resep atau surat pengantar dari dokter untuk melakukan klaim asuransi untuk pemasangan gigi palsu.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Gigi

Memiliki asuransi gigi tentu menghadirkan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini kelebihan maupun kekurangan mendaftar asuransi gigi yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Kelebihan memiliki asuransi gigi

  • Menurut Chief Distribution Officer Cigna Indonesia, Herlin Susanto, setiap tahun biaya perawatan gigi naik 7-10 persen. Dengan asuransi gigi maka seluruh biaya perawatan gigi akan ditanggung oleh pihak asuransi sesuai dengan ketentuan polis.
  • Membantu mengurangi tingkat kematian akibat komplikasi masalah gigi yang sering terlambat ditangani akibat biaya perawatan yang mahal.
  • Premi asuransi gigi cenderung lebih murah ketimbang membayar dengan tabungan yang dimiliki.
  • Asuransi gigi yang dihadirkan dapat berupa rider atau beli satuan.
  • Benefit yang diberikan asuransi gigi cukup banyak, mulai dari layanan pemeriksaan terbaik hingga jaminan pertanggungan apabila terdapat komplikasi selama proses perawatan di klinik maupun rumah sakit.
  • Menghemat uang sebab peserta asuransi akan mendapatkan penggantian biaya perawatan, sehingga tidak perlu menguras tabungan atau dana investasi yang telah terkumpul.

Kekurangan memiliki asuransi gigi

  • Tidak bisa dijadikan semacam tabungan atau investasi yang nantinya premi dari asuransi gigi ini memiliki nilai tunai. Apabila perawatan gigi tidak dilakukan hingga masa asuransi tertanggung berakhir. Maka tidak dapat dilakukan klaim asuransi atau asuransi hangus.
  • Beberapa produk asuransi gigi tidak meng-cover perawatan estetika pada gigi dan mulut. Akan tetapi, Anda masih bisa mencari produk asuransi yang memberikan pertanggungan untuk kebutuhan estetika seperti itu.

Panduan dan Cara Memilih Asuransi Gigi Terbaik

Agar tidak salah pilih, perhatikan beberapa poin berikut sebelum memilih asuransi gigi bagi diri sendiri maupun keluarga atau perusahaan Anda.

1. Pilih asuransi gigi yang bagus

Asuransi gigi yang bagus berarti menyediakan pertanggungan yang dibutuhkan setiap nasabahnya. Mulai dari plafon dan premi yang sebanding. Kemudian, pastikan pula syarat dan ketentuan yang diberlakukan tidak memberatkan.

2. Beli asuransi yang murah namun sesuai kebutuhan

Memilih asuransi gigi yang cocok juga harus mempertimbangkan premi yang ditetapkan perusahaan asuransi. Pilih produk asuransi yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki dan pastikan juga bahwa produk asuransi gigi tersebut mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi Anda.

3. Bandingkan produk asuransi terbaik untuk Anda

Jangan lupa untuk membandingkan terlebih dahulu produk asuransi gigi antara perusahaan asuransi yang satu dengan yang lain.

Asuransi JAGADIRI
4.0
Asuransi Cigna
3.2
Asuransi Manulife
Asuransi Chubb Life
4.5

 

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi mengganti biaya klaim Anda. Dalam asuransi gigi biasanya terdapat dua metode penggantian biaya dari klaim Anda.

1. Reimbursement

Metode penggantian biaya asuransi gigi dengan cara ini dilakukan dengan cara peserta asuransi harus membayarkan tagihan biaya perawatan giginya terlebih dahulu. Kemudian, untuk mendapatkan penggantian biaya, peserta harus menyiapkan sejumlah dokumen yang menjadi persyaratan penggantian biaya ke pihak perusahaan asuransi. Selanjutnya, akan dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen, jika dianggap sudah sesuai maka perusahaan asuransi akan segera mengganti biaya tersebut. 

2. Cashless

Metode penggantian biaya asuransi ini dilakukan dengan cara peserta cukup menunjukkan kartu kepesertaan yang dimiliki kepada pihak rumah sakit yang telah menjadi rekanan perusahaan asuransi. Kemudian pihak rumah sakit akan berkoordinasi dengan perusahaan asuransi untuk melakukan pembiayaan.

Pada umumnya, tidak ada perbedaan cara klaim asuransi gigi dengan pengajuan klaim asuransi lain. Anda bisa mengikuti tahapan berikut ini:

Klaim dengan metode cashless

  • Nasabah memberi tahu terlebih dahulu pihak asuransi bahwa akan melakukan perawatan gigi di rekanan klinik asuransi.
  • Tunjukkan kartu kepesertaan asuransi dan identitas diri berupa KTP di klinik gigi sebelum menggunakan jasa layanan dokter gigi.
  • Selanjutnya perawatan gigi sudah bisa dilakukan.

Klaim dengan metode reimbursement

  • Formulir klaim gigi manfaat pertanggungan yang disediakan perusahaan asuransi.
  • Kuitansi asli yang menunjukkan jumlah uang yang dibayarkan atau surat pengantar kwitansi lengkap dengan tanda terima lunas.
  • Dokumen penunjang lain.

Namun, perlu diketahui bahwa dalam pengajuan klaim tidak boleh melebihi batas waktu yang telah ditentukan agar klaim asuransi dapat diterima, diproses, dan klaim dibayarkan sesuai perjanjian.

Perhitungan premi asuransi gigi mengacu pada beberapa faktor. Baik dari produk asuransi yang Anda ikuti, profil peserta asuransi, dan beberapa hal lain.

 1. Usia

Usia tentu memengaruhi besaran premi yang akan diberlakukan. Sebab, semakin tua usia peserta asuransi maka risiko terserang penyakit gigi akan lebih tinggi sehingga premi pun akan lebih besar.

2. Riwayat penyakit

Riwayat penyakit seorang pun akan dinilai oleh pihak perusahaan asuransi. Calon peserta asuransi dengan riwayat penyakit tertentu yang berisiko memberikan dampak pada kesehatan gigi biasanya akan dikenakan premi yang lebih tinggi atau pengecualian tertentu.

3. Nilai manfaat atau limit pertanggungan

Semakin besar nilai manfaat atau limit pertanggungan yang dibutuhkan, maka premi yang harus dibayarkan pun akan semakin besar. Limit pertanggungan senilai Rp1 juta dengan limit pertanggungan perawatan gigi senilai Rp10 juta, tentu memiliki tingkat premi yang berbeda.

Metode pembayaran premi asuransi gigi tentunya bergantung pada perusahaan asuransi yang dipilih. Umumnya, asuransi gigi menyediakan metode pembayaran premi berikut ini:

  • Transfer bank.
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi.
  • Autodebet rekening atau kartu kredit.

Sementara itu, frekuensi pembayaran asuransi tergantung pada kesepakatan polis awal. Rata-rata perusahaan asuransi menetapkan pembayaran polis asuransi gigi dilakukan per bulan maupun per tahun.

Dasar hukum asuransi gigi diatur dalam undang-undang Republik Indonesia nomor 40 tahun 2014 tentang perasuransian.

Memiliki asuransi gigi tentu menghadirkan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini kelebihan maupun kekurangan mendaftar asuransi gigi yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

1. Kelebihan memiliki asuransi gigi

  • Menurut Chief Distribution Officer Cigna Indonesia, Herlin Susanto, setiap tahun biaya perawatan gigi naik 7-10 persen. Dengan asuransi gigi maka seluruh biaya perawatan gigi akan ditanggung oleh pihak asuransi sesuai dengan ketentuan polis.
  • Membantu mengurangi tingkat kematian akibat komplikasi masalah gigi yang sering terlambat ditangani akibat biaya perawatan yang mahal. 
  • Premi asuransi gigi cenderung lebih murah ketimbang membayar dengan tabungan yang dimiliki.
  • Asuransi gigi yang dihadirkan dapat berupa rider atau beli satuan.
  • Benefit yang diberikan asuransi gigi cukup banyak, mulai dari layanan pemeriksaan terbaik hingga jaminan pertanggungan apabila terdapat komplikasi selama proses perawatan di klinik maupun rumah sakit.
  • Menghemat uang sebab peserta asuransi akan mendapatkan penggantian biaya perawatan, sehingga tidak perlu menguras tabungan atau dana investasi yang telah terkumpul.

2. Kekurangan memiliki asuransi gigi

  • Tidak bisa dijadikan semacam tabungan atau investasi yang nantinya premi dari asuransi gigi ini memiliki nilai tunai. Apabila perawatan gigi tidak dilakukan hingga masa asuransi tertanggung berakhir. Maka tidak dapat dilakukan klaim asuransi atau asuransi hangus.
  • Beberapa produk asuransi gigi tidak meng-cover perawatan estetika pada gigi dan mulut. Akan tetapi, Anda masih bisa mencari produk asuransi yang memberikan pertanggungan untuk kebutuhan estetika seperti itu.

Asuransi gigi yang bagus mengacu pada empat poin berikut yang bisa menjadi pertimbangan:

1. Terdapat pilihan metode penggantian dan pembayaran yang diinginkan

Untuk mendapatkan asuransi gigi yang bagus, sebaiknya pilih yang menyediakan metode penggantian klaim dan pembayaran yang lengkap dan mudah dilakukan, seperti reimbursement dan cashless. Kemudian, untuk pembayaran premi,pilih yang dapat melayani seperti transfer, autodebet, sampai pembayaran secara online. Dengan demikian, Anda semakin mudah untuk membayarkan premi asuransi dan melakukan klaim.

2. Plafon dan premi sebanding dan sesuai dengan kebutuhan

Pastikan pula plafon dan premi yang ditawarkan sebanding dengan apa yang Anda dapatkan. Yaitu pilih asuransi yang memberikan plafon atau benefit yang lengkap dengan besaran premi yang terjangkau.

3. Jaringan rumah sakit luas

Tanyakan apakah jaringan rumah sakit rekanan dari perusahaan asuransi gigi tersebut cukup luas atau tidak. Sehingga Anda bisa mendapatkan pelayanan perawatan di mana dan kapan saja tanpa perlu takut ditolak.

4. Masa tunggu

Pilih asuransi gigi dengan masa tunggu yang tidak lama. Sehingga Anda dapat menggunakan asuransi tersebut apabila penyakit yang sama terjadi dalam waktu dekat dan butuh perawatan yang sama.

Bagi calon peserta asuransi yang mencari asuransi gigi murah, cobalah untuk membandingkan terlebih dahulu produk asuransi gigi yang beredar saat ini, mulai dari segi premi, manfaat, dan cara klaim yang diterapkan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan situs agregator dan marketplace asuransi seperti Lifepal.

Membeli asuransi gigi secara online memudahkan karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Anda juga juga dapat lebih leluasa memilih asuransi gigi sesuai kebutuhan dengan cara membandingkan satu produk perusahaan asuransi dengan yang lain.

Pembelian produk asuransi dapat dilakukan cukup secara online. Kemudian, lakukan transfer maupun metode pembayaran lain untuk pembayaran premi secara berkala maupun sekaligus.

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi yang khususnya menyediakan produk asuransi. Berbagai pilihan asuransi terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal yang siap memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim.

Salah satu rahasia mengapa asuransi gigi online menjadi lebih untung karena harganya bisa lebih murah 40 persen daripada membeli asuransi secara offline maupun dari agen.

Terdapat perbedaan antara agen asuransi dengan broker asuransi. Agen asuransi gigi adalah orang pribadi yang bekerja sendiri pada perusahaan asuransi tersebut.

Sementara itu, broker asuransi merupakan perusahaan yang menjadi pihak perantara antara calon peserta asuransi dengan perusahaan asuransi. Dengan demikian, calon peserta asuransi dapat membandingkan produk asuransi terbaik bagi dirinya sendiri maupun kelompok.

Agen asuransi mewakili perusahaan asuransi. Akan tetapi, broker asuransi memposisikan diri sebagai orang yang mewakili kepentingan pihak calon peserta asuransi. Broker asuransi juga senantiasa membantu peserta asuransi dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi.

Lifepal merupakan broker asuransi terbaik di Indonesia. Anda dapat membandingkan produk asuransi terbaik dan murah melalui situs web Lifepal.co.id. Lifepal bekerja sama dengan PT Mitra Ibisnis Terapan adalah pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-18/NB.1/2016 dan anggota APPARINDO 230-2016.

Berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi gigi:

  • Polis asuransi: Perjanjian tertulis antara tertanggung (peserta asuransi) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.
  • Klaim asuransi: Permintaan secara resmi dari pihak peserta asuransi untuk mendapatkan kompensasi alias jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.
  • Premi asuransi: Jumlah uang yang harus disetorkan kepada perusahaan asuransi sesuai dengan polis yang telah disetujui bersama.
  • Copayment: Biaya yang harus dibayarkan saat melakukan klaim tagihan pelayanan medis (pada umumnya 10 persen dari total tagihan pelayanan medis).
  • Uang pertanggungan: Sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh perusahaan asuransi apabila terjadi klaim dari pemegang polis atas risiko selama proses perawatan gigi yang telah dijaminkan.
  • Basic care: Asuransi yang menanggung perawatan gigi mendasar.
  • Major care: Asuransi yang menanggung perawatan gigi yang lebih kompleks.
Informasi Umum

Apa itu Asuransi Gigi?

Asuransi gigi adalah jenis asuransi yang menjamin biaya yang harus dikeluarkan saat melakukan perawatan gigi. Berbeda dengan asuransi lainnya seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan, asuransi gigi baru hadir pada tahun 1954 di California. Saat itu, perusahaan asuransi yang memberikan asuransi gigi tersebut telah memberikan santunan mencapai USD1.000 per tahun kepada masyarakat Amerika Serikat.

Jenis cakupan yang ditanggung oleh asuransi gigi biasanya adalah biaya penambalan gigi, pembersihan karang, hingga pembedahan gigi. Tidak hanya itu, terdapat pula asuransi kawat gigi dan penggantian biaya perawatan gigi yang bertujuan sebagai perawatan estetik.

Untuk bisa mendapatkan asuransi gigi, nasabah harus membayarkan premi secara berkala, dengan rata-rata pembayaran dilakukan per bulan, per tahun, maupun sekaligus. Namun, asuransi gigi umumnya bisa Anda dapatkan sebagai rider (manfaat tambahan) dari asuransi kesehatan. Sementara, besaran premi bergantung pada perusahaan asuransi maupun manfaat produk yang dipilih.

Kenapa Asuransi Gigi Penting?

Mengapa asuransi gigi sangat dibutuhkan? Banyak manfaat yang bisa didapatkan ketika seseorang menggunakan asuransi gigi, salah satunya adalah mengurangi biaya pengeluaran saat melakukan perawatan gigi. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah fungsi dan manfaat asuransi gigi secara umum yang dapat dijadikan pertimbangan oleh para calon nasabah.

Mahalnya perawatan gigi

Seringkali orang baru memeriksakan kondisi giginya ketika sudah mengalami sakit yang cukup parah sehingga membutuhkan biaya perawatan yang mahal. Beberapa faktor yang membuat biaya perawatan gigi mahal, antara lain alat dan bahan material kedokteran gigi, mahalnya obat yang dibutuhkan, dan membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi.

Sehingga dengan menggunakan asuransi gigi, maka biaya yang harus dikeluarkan menjadi lebih sedikit karena asuransi gigi akan menanggung berbagai perawatan yang sudah tercantum dalam polis.

Premi asuransi gigi yang terjangkau

Banyak produk asuransi gigi yang ditawarkan berbagai perusahaan asuransi memiliki harga yang terjangkau. Biasanya harga premi asuransi gigi berkisar antara Rp100 ribu – Rp300 ribu. Dengan besaran premi yang terjangkau maka Anda tidak perlu menggunakan biaya dari pengeluaran pribadi.

Sakit gigi merupakan penyakit umum

Sakit gigi merupakan penyakit yang umum dan bisa diderita siapa saja, baik anak-anak maupun orang tua. Meskipun umum, penyakit ini juga kerap menjadi penyakit yang sering terlambat ditangani dikarenakan biaya perawatan yang mahal, terbukti dengan tingkat penderita masalah gigi dan mulut di Indonesia mencapai angka 57,6 persen.

Dengan adanya asuransi gigi, maka akses penanganan akan masalah gigi menjadi lebih mudah dan dapat digunakan oleh siapa saja, karena preminya yang terjangkau.

Setelah memerhatikan fungsi dan manfaat asuransi gigi yang disebutkan di atas, kini ada baiknya perhatikan jenis produk asuransi gigi terbaik dan berbagai prosedurnya.

Cakupan Perawatan Gigi yang Ditanggung Asuransi

Pertanggungan asuransi gigi terdiri dari pelayanan yang diterima dan digunakan oleh peserta asuransi gigi. Berikut adalah sejumlah pertanggungan paling umum yang bisa digunakan sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam polis.

  • Pemberian santunan jasa layanan darurat gigi (nyeri, pembengkakan, atau pendarahan gigi).
  • Santunan pencegahan seperti pemeriksaan mulut, pembersihan gigi, dan pengaplikasian floride.
  • Radiologi gigi (x-ray panoramic).
  • Pencabutan gigi bukan pembedahan.
  • Santunan perawatan saluran akar gigi.
  • Santunan konservatif berupa tindakan amalgam.

Produk asuransi gigi terbagi menjadi tiga kategori. Adapun jenis produk asuransi gigi terbagi berdasarkan kriteria tertentu yang akan dijabarkan sebagai berikut:

1. Asuransi Gigi Perawatan Dasar (Basic Care)

Jenis perawatan gigi ini merupakan hal yang paling umum dilakukan oleh masyarakat biasanya. Perawatan tersebut dilakukan tidak hanya pada saat mengalami kerusakan pada gigi, namun juga dapat digunakan saat kunjungan rutin.

Perawatan dari asuransi gigi basic care mencakup penambalan gigi, pembersihan karang gigi, perbaikan akar gigi, atau pencabutan gigi.

2. Asuransi Gigi Perawatan Kompleks (Major Care)

Perawatan asuransi gigi ini dikhususkan untuk perawatan kesehatan gigi yang lebih kompleks. Jenis perawatan ini mencakup pembedahan gigi dan implantasi gigi. Jenis asuransi gigi ini juga menjamin perawatan gigi akibat kecelakaan dan membutuhkan perawatan terhadap gigi karena membutuhkan penanganan khusus.

3. Asuransi Gigi Pemasangan Gigi Palsu

Penggunaan asuransi gigi palsu harus dilakukan dengan persetujuan langsung dari dokter gigi. Pada saat akan menggunakan asuransi ini, pastikan sudah memiliki resep atau surat pengantar dari dokter untuk melakukan klaim asuransi untuk pemasangan gigi palsu.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Gigi

Memiliki asuransi gigi tentu menghadirkan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini kelebihan maupun kekurangan mendaftar asuransi gigi yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Kelebihan memiliki asuransi gigi

  • Menurut Chief Distribution Officer Cigna Indonesia, Herlin Susanto, setiap tahun biaya perawatan gigi naik 7-10 persen. Dengan asuransi gigi maka seluruh biaya perawatan gigi akan ditanggung oleh pihak asuransi sesuai dengan ketentuan polis.
  • Membantu mengurangi tingkat kematian akibat komplikasi masalah gigi yang sering terlambat ditangani akibat biaya perawatan yang mahal.
  • Premi asuransi gigi cenderung lebih murah ketimbang membayar dengan tabungan yang dimiliki.
  • Asuransi gigi yang dihadirkan dapat berupa rider atau beli satuan.
  • Benefit yang diberikan asuransi gigi cukup banyak, mulai dari layanan pemeriksaan terbaik hingga jaminan pertanggungan apabila terdapat komplikasi selama proses perawatan di klinik maupun rumah sakit.
  • Menghemat uang sebab peserta asuransi akan mendapatkan penggantian biaya perawatan, sehingga tidak perlu menguras tabungan atau dana investasi yang telah terkumpul.

Kekurangan memiliki asuransi gigi

  • Tidak bisa dijadikan semacam tabungan atau investasi yang nantinya premi dari asuransi gigi ini memiliki nilai tunai. Apabila perawatan gigi tidak dilakukan hingga masa asuransi tertanggung berakhir. Maka tidak dapat dilakukan klaim asuransi atau asuransi hangus.
  • Beberapa produk asuransi gigi tidak meng-cover perawatan estetika pada gigi dan mulut. Akan tetapi, Anda masih bisa mencari produk asuransi yang memberikan pertanggungan untuk kebutuhan estetika seperti itu.

Panduan dan Cara Memilih Asuransi Gigi Terbaik

Agar tidak salah pilih, perhatikan beberapa poin berikut sebelum memilih asuransi gigi bagi diri sendiri maupun keluarga atau perusahaan Anda.

1. Pilih asuransi gigi yang bagus

Asuransi gigi yang bagus berarti menyediakan pertanggungan yang dibutuhkan setiap nasabahnya. Mulai dari plafon dan premi yang sebanding. Kemudian, pastikan pula syarat dan ketentuan yang diberlakukan tidak memberatkan.

2. Beli asuransi yang murah namun sesuai kebutuhan

Memilih asuransi gigi yang cocok juga harus mempertimbangkan premi yang ditetapkan perusahaan asuransi. Pilih produk asuransi yang sesuai dengan anggaran yang dimiliki dan pastikan juga bahwa produk asuransi gigi tersebut mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi Anda.

3. Bandingkan produk asuransi terbaik untuk Anda

Jangan lupa untuk membandingkan terlebih dahulu produk asuransi gigi antara perusahaan asuransi yang satu dengan yang lain.

Pilihan Terbaik
Asuransi JAGADIRI
4.0
Asuransi Cigna
3.2
Asuransi Manulife
Asuransi Chubb Life
4.5

 

Tips & Pertanyaan

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi mengganti biaya klaim Anda. Dalam asuransi gigi biasanya terdapat dua metode penggantian biaya dari klaim Anda.

1. Reimbursement

Metode penggantian biaya asuransi gigi dengan cara ini dilakukan dengan cara peserta asuransi harus membayarkan tagihan biaya perawatan giginya terlebih dahulu. Kemudian, untuk mendapatkan penggantian biaya, peserta harus menyiapkan sejumlah dokumen yang menjadi persyaratan penggantian biaya ke pihak perusahaan asuransi. Selanjutnya, akan dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen, jika dianggap sudah sesuai maka perusahaan asuransi akan segera mengganti biaya tersebut. 

2. Cashless

Metode penggantian biaya asuransi ini dilakukan dengan cara peserta cukup menunjukkan kartu kepesertaan yang dimiliki kepada pihak rumah sakit yang telah menjadi rekanan perusahaan asuransi. Kemudian pihak rumah sakit akan berkoordinasi dengan perusahaan asuransi untuk melakukan pembiayaan.

Pada umumnya, tidak ada perbedaan cara klaim asuransi gigi dengan pengajuan klaim asuransi lain. Anda bisa mengikuti tahapan berikut ini:

Klaim dengan metode cashless

  • Nasabah memberi tahu terlebih dahulu pihak asuransi bahwa akan melakukan perawatan gigi di rekanan klinik asuransi.
  • Tunjukkan kartu kepesertaan asuransi dan identitas diri berupa KTP di klinik gigi sebelum menggunakan jasa layanan dokter gigi.
  • Selanjutnya perawatan gigi sudah bisa dilakukan.

Klaim dengan metode reimbursement

  • Formulir klaim gigi manfaat pertanggungan yang disediakan perusahaan asuransi.
  • Kuitansi asli yang menunjukkan jumlah uang yang dibayarkan atau surat pengantar kwitansi lengkap dengan tanda terima lunas.
  • Dokumen penunjang lain.

Namun, perlu diketahui bahwa dalam pengajuan klaim tidak boleh melebihi batas waktu yang telah ditentukan agar klaim asuransi dapat diterima, diproses, dan klaim dibayarkan sesuai perjanjian.

Perhitungan premi asuransi gigi mengacu pada beberapa faktor. Baik dari produk asuransi yang Anda ikuti, profil peserta asuransi, dan beberapa hal lain.

 1. Usia

Usia tentu memengaruhi besaran premi yang akan diberlakukan. Sebab, semakin tua usia peserta asuransi maka risiko terserang penyakit gigi akan lebih tinggi sehingga premi pun akan lebih besar.

2. Riwayat penyakit

Riwayat penyakit seorang pun akan dinilai oleh pihak perusahaan asuransi. Calon peserta asuransi dengan riwayat penyakit tertentu yang berisiko memberikan dampak pada kesehatan gigi biasanya akan dikenakan premi yang lebih tinggi atau pengecualian tertentu.

3. Nilai manfaat atau limit pertanggungan

Semakin besar nilai manfaat atau limit pertanggungan yang dibutuhkan, maka premi yang harus dibayarkan pun akan semakin besar. Limit pertanggungan senilai Rp1 juta dengan limit pertanggungan perawatan gigi senilai Rp10 juta, tentu memiliki tingkat premi yang berbeda.

Metode pembayaran premi asuransi gigi tentunya bergantung pada perusahaan asuransi yang dipilih. Umumnya, asuransi gigi menyediakan metode pembayaran premi berikut ini:

  • Transfer bank.
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi.
  • Autodebet rekening atau kartu kredit.

Sementara itu, frekuensi pembayaran asuransi tergantung pada kesepakatan polis awal. Rata-rata perusahaan asuransi menetapkan pembayaran polis asuransi gigi dilakukan per bulan maupun per tahun.

Dasar hukum asuransi gigi diatur dalam undang-undang Republik Indonesia nomor 40 tahun 2014 tentang perasuransian.

Memiliki asuransi gigi tentu menghadirkan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini kelebihan maupun kekurangan mendaftar asuransi gigi yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

1. Kelebihan memiliki asuransi gigi

  • Menurut Chief Distribution Officer Cigna Indonesia, Herlin Susanto, setiap tahun biaya perawatan gigi naik 7-10 persen. Dengan asuransi gigi maka seluruh biaya perawatan gigi akan ditanggung oleh pihak asuransi sesuai dengan ketentuan polis.
  • Membantu mengurangi tingkat kematian akibat komplikasi masalah gigi yang sering terlambat ditangani akibat biaya perawatan yang mahal. 
  • Premi asuransi gigi cenderung lebih murah ketimbang membayar dengan tabungan yang dimiliki.
  • Asuransi gigi yang dihadirkan dapat berupa rider atau beli satuan.
  • Benefit yang diberikan asuransi gigi cukup banyak, mulai dari layanan pemeriksaan terbaik hingga jaminan pertanggungan apabila terdapat komplikasi selama proses perawatan di klinik maupun rumah sakit.
  • Menghemat uang sebab peserta asuransi akan mendapatkan penggantian biaya perawatan, sehingga tidak perlu menguras tabungan atau dana investasi yang telah terkumpul.

2. Kekurangan memiliki asuransi gigi

  • Tidak bisa dijadikan semacam tabungan atau investasi yang nantinya premi dari asuransi gigi ini memiliki nilai tunai. Apabila perawatan gigi tidak dilakukan hingga masa asuransi tertanggung berakhir. Maka tidak dapat dilakukan klaim asuransi atau asuransi hangus.
  • Beberapa produk asuransi gigi tidak meng-cover perawatan estetika pada gigi dan mulut. Akan tetapi, Anda masih bisa mencari produk asuransi yang memberikan pertanggungan untuk kebutuhan estetika seperti itu.

Asuransi gigi yang bagus mengacu pada empat poin berikut yang bisa menjadi pertimbangan:

1. Terdapat pilihan metode penggantian dan pembayaran yang diinginkan

Untuk mendapatkan asuransi gigi yang bagus, sebaiknya pilih yang menyediakan metode penggantian klaim dan pembayaran yang lengkap dan mudah dilakukan, seperti reimbursement dan cashless. Kemudian, untuk pembayaran premi,pilih yang dapat melayani seperti transfer, autodebet, sampai pembayaran secara online. Dengan demikian, Anda semakin mudah untuk membayarkan premi asuransi dan melakukan klaim.

2. Plafon dan premi sebanding dan sesuai dengan kebutuhan

Pastikan pula plafon dan premi yang ditawarkan sebanding dengan apa yang Anda dapatkan. Yaitu pilih asuransi yang memberikan plafon atau benefit yang lengkap dengan besaran premi yang terjangkau.

3. Jaringan rumah sakit luas

Tanyakan apakah jaringan rumah sakit rekanan dari perusahaan asuransi gigi tersebut cukup luas atau tidak. Sehingga Anda bisa mendapatkan pelayanan perawatan di mana dan kapan saja tanpa perlu takut ditolak.

4. Masa tunggu

Pilih asuransi gigi dengan masa tunggu yang tidak lama. Sehingga Anda dapat menggunakan asuransi tersebut apabila penyakit yang sama terjadi dalam waktu dekat dan butuh perawatan yang sama.

Bagi calon peserta asuransi yang mencari asuransi gigi murah, cobalah untuk membandingkan terlebih dahulu produk asuransi gigi yang beredar saat ini, mulai dari segi premi, manfaat, dan cara klaim yang diterapkan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan situs agregator dan marketplace asuransi seperti Lifepal.

Membeli asuransi gigi secara online memudahkan karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Anda juga juga dapat lebih leluasa memilih asuransi gigi sesuai kebutuhan dengan cara membandingkan satu produk perusahaan asuransi dengan yang lain.

Pembelian produk asuransi dapat dilakukan cukup secara online. Kemudian, lakukan transfer maupun metode pembayaran lain untuk pembayaran premi secara berkala maupun sekaligus.

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi yang khususnya menyediakan produk asuransi. Berbagai pilihan asuransi terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal yang siap memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim.

Salah satu rahasia mengapa asuransi gigi online menjadi lebih untung karena harganya bisa lebih murah 40 persen daripada membeli asuransi secara offline maupun dari agen.

Terdapat perbedaan antara agen asuransi dengan broker asuransi. Agen asuransi gigi adalah orang pribadi yang bekerja sendiri pada perusahaan asuransi tersebut.

Sementara itu, broker asuransi merupakan perusahaan yang menjadi pihak perantara antara calon peserta asuransi dengan perusahaan asuransi. Dengan demikian, calon peserta asuransi dapat membandingkan produk asuransi terbaik bagi dirinya sendiri maupun kelompok.

Agen asuransi mewakili perusahaan asuransi. Akan tetapi, broker asuransi memposisikan diri sebagai orang yang mewakili kepentingan pihak calon peserta asuransi. Broker asuransi juga senantiasa membantu peserta asuransi dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi.

Lifepal merupakan broker asuransi terbaik di Indonesia. Anda dapat membandingkan produk asuransi terbaik dan murah melalui situs web Lifepal.co.id. Lifepal bekerja sama dengan PT Mitra Ibisnis Terapan adalah pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-18/NB.1/2016 dan anggota APPARINDO 230-2016.

Berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi gigi:

  • Polis asuransi: Perjanjian tertulis antara tertanggung (peserta asuransi) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.
  • Klaim asuransi: Permintaan secara resmi dari pihak peserta asuransi untuk mendapatkan kompensasi alias jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.
  • Premi asuransi: Jumlah uang yang harus disetorkan kepada perusahaan asuransi sesuai dengan polis yang telah disetujui bersama.
  • Copayment: Biaya yang harus dibayarkan saat melakukan klaim tagihan pelayanan medis (pada umumnya 10 persen dari total tagihan pelayanan medis).
  • Uang pertanggungan: Sejumlah uang yang harus dibayarkan oleh perusahaan asuransi apabila terjadi klaim dari pemegang polis atas risiko selama proses perawatan gigi yang telah dijaminkan.
  • Basic care: Asuransi yang menanggung perawatan gigi mendasar.
  • Major care: Asuransi yang menanggung perawatan gigi yang lebih kompleks.

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal