Klaim Asuransi Gigi

Klaim asuransi gigi dibedakan menjadi dua jenis, yaitu cashless (non tunai) dan reimbursement (tunai). Asuransi gigi cashless adalah metode penggantian klaim di mana nasabah hanya perlu menunjukkan kartu asuransi agar bisa mendapatkan pelayanan perawatan dental. 

Sedangkan, reimbursement mengharuskan nasabah untuk terlebih dahulu membayarkan tagihan perawatan dental, yang kemudian akan diganti sebagian atau seluruh tagihan tersebut sesuai dengan kesepakatan dalam polis.

Yuk, isi formulir di bawah untuk membantu Anda dalam memilih polis terbaik dengan premi murah, mulai dari Rp100 ribu per bulan!
🦷 Menanggung Scaling & Tambal, Premi Rp100 Ribu/Bulan
+62

Alasan Klaim Ditolak

Klaim yang diajukan nasabah bisa saja ditolak karena beberapa alasan. Berikut ini di antaranya:

1. Penyebab Klaim Termasuk dalam Pengecualian

Ada beberapa penyebab klaim yang masuk dalam klausul pengecualian, misalnya asuransi dental tidak menanggung perawatan untuk tujuan kosmetik atau kecantikan. Maka, jika nasabah mengajukan pemasangan behel untuk alasan kecantikan, klaim otomatis akan ditolak. 

2. Dokumen Klaim Tidak Lengkap

Saat mengajukan klaim, ada beberapa dokumen penting yang perlu diikutsertakan. Misalnya untuk klaim cashless perlu menunjukkan kartu peserta asuransi dan KTP kepada pihak rumah sakit. Sementara untuk klaim reimbursement perlu menyertakan dokumen:

  • Polis asli
  • Mengunduh dan mengisi formulir klaim
  • Surat keterangan dokter
  • Kwitansi rumah sakit/dokter gigi asli

3. Sedang dalam Masa Tunggu Polis

Setelah mendaftarkan diri dalam asuransi dental, akan ada masa tunggu di mana polis belum dapat digunakan. Karena itu, sebaiknya tanyakan kepada pihak perusahaan asuransi, berapa lama masa tunggu polis. 

4. Sudah Melebihi Limit yang Ditentukan

Asuransi dental juga memiliki limit. Misalnya dalam setahun limit perawatan gigi Rp4 juta. Maka, bila sudah melewati limit tersebut, klaim nasabah akan ditolak. 

Memilih Asuransi Gigi Terbaik

Setelah mengetahui serba serbi hingga cara klaim asuransi gigi, saatnya untuk menentukan anggaran. Kemudian, bandingkan pilihan polis asuransi gigi yang ada di Indonesia secara online. Dengan begitu calon nasabah bisa mendapatkan asuransi yang sesuai kebutuhan dengan premi murah!

Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan