Hospital Cash Plan Sesuai Anggaranmu

DISKON HINGGA 20% Temukan ratusan produk terbaik dari brand ternama, harga terjangkau!

+62
 

Daftar Asuransi Hospital Cash Plan (HCP) Terbaik

Sangatlah penting untuk setiap calon nasabah membandingkan asuransi kesehatan hospital cash plan guna mendapatkan yang terbaik. Terdapat pilihan produk asuransi kesehatan hospital cash plan di Indonesia, membandingkan satu per satu tentu bukan hal yang mudah dilakukan. Untuk itu, Lifepal hadir sebagai platform asuransi yang dapat membantu nasabah untuk bandingkan dan beli asuransi kesehatan hospital cash plan secara online melalui Lifepal.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih asuransi kesehatan terbaik. Empat di antaranya adalah keuangan perusahaan, layanan dan kepuasan pelanggan, pilihan polis asuransi yang tersedia, dan popularitas brand asuransi. 

Mengacu pada keempat indikator tersebut, mari lihat rekomendasi asuransi HCP terbaik. Berikut beberapa di antaranya:

Polis hospital cash plan terbaik 

Simas Complete Care

  • Jumlah hari rawat inap

Sama halnya dengan produk hospital cash plan Allianz sebelumnya, Simas Complete Care juga menetapkan maksimum rawat inap hingga 180 hari dalam setahun. 

  • Terdapat manfaat pengembalian premi

Apabila tidak ada klaim selama lima tahun berturut-turut, maka nasabah berhak mendapatkan pengembalian premi sebesar 100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.

  • Harga premi terjangkau

Besaran premi Simas Complete Care berkisar mulai dari Rp60 ribuan hingga Rp200 ribuan per bulan.

Asuransi Simas Jiwa
4.0

Asuransi kesehatan terbaik untuk keadaan darurat 

Kita tidak akan pernah tahu kapan akan dihadapkan dengan keadaan darurat kesehatan. Untuk itu, asuransi kesehatan yang memiliki layanan call center 24 jam akan sangat membantu. Khususnya bagi nasabah yang memiliki kondisi penyakit bawaan, sehingga membutuhkan call center yang dapat mengakomodasi kebutuhan darurat nasabah saat perlu perawatan di rumah sakit.  Berikut ini lima perusahaan asuransi kesehatan terbaik rekomendasi Lifepal dengan layanan call center 24 jam: 

Perusahaan Asuransi Kesehatan dengan Layanan Darurat

PT Lippo General Insurance Tbk 

Layanan 24 Jam melalui fitur chat pada aplikasi eBenefit (aplikasi asuransi kesehatan milik LippoInsurance).

Asuransi Lippo Insurance
3.6
PT Asuransi Cigna 

Layanan 24 jam dan aplikasi nasabah. 

Asuransi Cigna
3.7
AXA Mandiri

Layanan AXA Voice 24 jam (021) 30059999.

PT Central Asia Financial

Layanan bantuan 24 jam.

Asuransi JAGADIRI
3.2
 

Apa Itu Hospital Cash Plan? 

Ketika mengalami risiko jatuh sakit,  biaya perawatan di rumah sakit tentu tidak selalu sama dengan limit pertanggungan yang tertulis dalam polis.

Misalnya, asuransi kesehatan yang kita beli memberikan manfaat rawat inap maksimal Rp1 juta per hari, sementara harga rawat inap nyatanya hanya Rp500 ribu per hari. Dari angka di atas, kita sebenarnya surplus Rp500 ribu, bukan?

Di lain kesempatan, asuransi kesehatan yang kita miliki mungkin hanya memberikan limit Rp500 ribu untuk rawat inap. Sementara biaya kamar sebenarnya adalah Rp700 ribu. Berarti kita punya ekses (kelebihan dana) yang harus dibayarkan. 

Di sinilah keuntungan memiliki asuransi kesehatan tipe hospital cash plan (HCP) karena pihak asuransi akan memberikan nominal dana sesuai kesepakatan polis. Dana yang diberikan pun dalam bentuk santunan tunai.

Jadi, meskipun harga kamar rawat inap hanya Rp 500 ribu sehari, bila nasabah punya manfaat santunan dari HCP sebesar Rp1 juta maka dia akan dapat dana tersebut.

Perlu dipahami bahwa hospital cash plan ada yang bersifat sebagai manfaat tambahan atau rider dan ada pula dalam bentuk produk sendiri (stand alone), contohnya adalah Hospital Cash Plan Adira

Seberapa pentingkah asuransi kesehatan hospital cash plan

Asuransi hospital cash plan adalah salah satu produk turunan dari asuransi kesehatan. Jika saat ini nasabah telah menjadi peserta BPJS Kesehatan atau memiliki asuransi kesehatan tanpa manfaat santunan tunai, maka plan HCP bisa digunakan sebagai rider untuk melengkapi seluruh kebutuhan biaya jika kita jatuh sakit. 

Lalu, manfaat apa saja yang diberikan hospital cash plan dan berapa besaran preminya? Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Daftar Isi

  • Cakupan manfaat pertanggungan asuransi gigi
  • Pilih hospital cash plan syariah atau konvensional? 
  • Hal yang perlu diperhatikan sebelum beli produk HCP
  • Ilustrasi produk HCP
  • Bandingkan hospital cash plan terbaik 
  • Kriteria produk HCP yang bagus
  • Besaran premi HCP
  • Pahami istilah-istilah dalam asuransi HCP

Cakupan Manfaat Pertanggungan Hospital Cash Plan 

Secara sederhana, asuransi kategori hospital cash plan memberikan manfaat dasar yang serupa dengan asuransi kesehatan, yaitu pertanggungan biaya rawat inap dan pembedahan. Berikut ringkasan manfaat pertanggungan hospital cash plan: 

Biaya kamar rawat inap yang diberikan oleh hospital cash plan tidak bergantung pada kwitansi rumah sakit, melainkan polis asuransi. Adapun santunan yang diberikan bersifat harian.
Biaya kamar perawatan intensif atau ICU yang diberikan hospital cash plan bersifat harian dengan jumlah sesuai dengan yang tertulis dalam polis.
Umumnya hospital cash plan juga memberikan manfaat santunan tunai harian untuk kunjungan dokter setiap harinya. Adapun besaran santunan sesuai dengan yang tertulis dalam polis.
Biaya umum rumah sakit yang dimaksud meliputi obat-obatan, makan, lab, dan lain sebagainya.Santunan yang diberikan juga bersifat harian.
Biaya operasi yang ditanggung meliputi dokter ahli bedah, dokter ahli anestesi, dan ruang operasi. Santunan yang diberikan umumnya bersifat per tindakan.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Beli HCP

Hospital cash plan memiliki manfaat yang dapat sangat menguntungkan setiap nasabahnya. Meski begitu, sebelum membeli asuransi kesehatan hospital cash plan, sebaiknya pertimbangkan kelebihan dan kekurangan berikut: 

Kelebihan hospital cash plan: 

  • Bisa melengkapi asuransi kesehatan yang sudah dimiliki. Asuransi kesehatan biasanya memiliki uang pertanggungan maksimal. Apabila biaya rumah sakit lebih besar daripada uang pertanggungan tersebut, hospital cash plan dapat memberikan bantuan untuk kelebihan dana tersebut. 
  • Pengganti berkurangnya penghasilan akibat sakit. Munculnya kondisi mendadak seperti sakit akan mengurangi penghasilan nabasah karena tidak bekerja. Produk hospital cash plan bisa menjadi alat berjaga-jaga untuk menggantikan penghasilan yang hilang tersebut.
  • Kelebihan biaya tetap diberikan. Hospital cash plan tetap akan memberikan dana sesuai dengan polis, meskipun biaya rumah sakit di bawah nominal tersebut.
  • Klaim asuransi tetap bisa cair meski sudah memiliki asuransi lain. Hospital cash plan tetap memberikan 100 persen dana yang dijanjikan meskipun nasabah sudah memiliki produk asuransi lain yang sama-sama menjamin.

Kekurangan hospital cash plan: 

  • Pilihan metode klaim terbatas. Metode klaim hospital cash plan hanya dapat dilakukan dengan sistem reimbursement. Artinya, nasabah harus terlebih dahulu membayarkan biaya perawatan rumah sakit, lalu pihak asuransi akan menggantinya.
  • Pilihan manfaat asuransi terbatas. Umumunya asuransi hospital cash plan hanya dapat dilakukan dengan sistem reimbursement. Artinya, nasabah harus terlebih dahulu membayarkan biaya perawatan rumah sakit, lalu pihak asuransi akan menggantinya.
  • Pilihan manfaat asuransi terbatas. Umumnya asuransi hospital cash plan tidak memberikan manfaat asuransi gigi, asuransi melahirkan, dan jenis asuransi lainnya selain pertanggungan asuransi kesehatan dasar.
  • Selisih biaya perawatan tidak ditanggung. Apabila biaya perawatan Anda lebih tinggi dari uang pertanggungan, Anda harus membayar selisihnya.

Ilustrasi Produk Hospital Cash Plan 

Bapak Dono berusia 30 tahun sebagai nasabah produk Cigna Proteksi Sehat Optima dengan pilihan Plan 1. 

Premi Bulanan: Rp300 ribuan

Manfaat asuransi: 

  • Rawat inap harian Rp300 ribu
  • Pembedahan Rp3 juta

Bapak Dono mengalami risiko jatuh sakit dan membutuhkan perawatan selama 3 hari dan harus dilakukan pembedahan sedang. Artinya, Bapak Dono berhak mendapatkan manfaat asuransi berupa: 

asuransi hospital cash plan

Dapatkan produk Cigna Proteksi Sehat Optima di sini!

Bandingkan Plan Hospital Cash Plan Terbaik 

Untuk mendapatkan asuransi hospital cash plan terbaik, ada tipsnya. Caranya? Pertama, bandingkan asuransi hospital cash plan terbaik yang ada di Indonesia. Kedua, baca panduan lengkap mengenai asuransi hospital cash plan. 

Kriteria Hospital Cash Plan yang Bagus 

Peningkatan atau inflasi biaya kesehatan di Indonesia menjadi salah satu yang paling tinggi di Asia, yaitu sebesar 12,6 persen di tahun 2018. Itu sebabnya, kita perlu lebih cermat dalam memilih asuransi kesehatan seperti hospital cash plan. Berikut ini adalah beberapa kriteria asuransi kesehatan hospital cash plan yang bagus dan menguntungkan nasabah: 

  • Manfaat pengembalian premi. Beberapa plan asuransi kesehatan hospital cash plan menawarkan manfaat pengembalian premi apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. Umumnya besaran pengembalian premi tiap polis perusahaan berbeda-beda ada yang 20 persen, 50 persen, bahkan hingga 100 persen dari total premi yang telah dibayarkan. 
  • Besaran santunan tunai. Santunan tunai yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan memang sekilas terkesan besar. Misal total santunan tunai Rp20 juta terkesan banyak saat ini. Namun, jika dibandingkan dengan biaya perawatan kesehatan di Indonesia saat ini yang mana biaya operasi besar memakan biaya sekitar Rp7-15 juta, tentu manfaat pertanggungan Rp20 juta sangatlah kecil.
  • Rasio klaim tahunan. Penting untuk kita mencari tahu catatan penyelesaian klaim atas perusahaan asuransi sebelum membeli produknya. Tanyakan rasio klaim (ICR) perusahaan asuransi kepada agen atau broker terkait, atau dapat melihat laporan tahunan perusahaan dan menghitung rumus ICR. ICR: Beban Klaim/ Pendapatan Premi
  • Kebijakan renewal guarantee. Artinya, perusahaan asuransi menjamin kebijakan perpanjangan polis yang berlaku untuk kondisi sakit apapun yang diderita nasabah selama masa pertanggungan. Kebijakan ini dapat membuat nasabah lebih tenang meski mendekati masa akhir polis asuransi.

Besaran Premi Hospital Cash Plan 

Selain jumlah santunan tunai, ada cukup banyak faktor yang dapat memengaruhi besaran premi asuransi kesehatan hospital cash plan. Berikut adalah beberapa faktornya: 

1. Usia dan jenis kelamin 

Semakin tua usia peserta asuransi, maka semakin besar premi yang harus dibayarkan karena risiko penyakit juga semakin tinggi. Selain itu, jenis kelamin turut memberi faktor berbeda untuk risiko penyakit tertentu. Umumnya, harga premi untuk jenis kelamin perempuan lebih rendah ketimbang pria.

2. Pekerjaan 

Mereka yang bekerja di kantor tentu memiliki risiko kecelakaan semakin sedikit. Sementara itu, mereka yang bekerja di lapangan dan berada di area yang cukup berbahaya memiliki tingkat risiko kecelakaan yang makin tinggi. Itu sebabnya, besaran premi asuransi pekerja lapangan lebih besar.

3. Riwayat kesehatan

Calon peserta asuransi dengan riwayat penyakit tertentu biasanya akan dikenakan premi yang lebih tinggi atau pengecualian tertentu.

4. Tanggungan keluarga 

Premi asuransi kesehatan hospital cash plan individu biasanya lebih murah daripada asuransi kelompok atau keluarga. Namun, jika dibandingkan mendaftarkan tiap anggota keluarga ke asuransi individu, asuransi keluarga sebenarnya jauh lebih menguntungkan.

 

Tips & Pertanyaan

Sederhananya, asuransi kesehatan hospital cash plan memberikan santunan tunai harian senilai perjanjian polis yang telah disepakati sejak awal. Jadi, jika biaya rawat inap yang harus dibayarkan Rp200 ribu per hari, namun manfaat santunan tunai dalam polis hospital cash plan adalah senilai Rp400 ribu per hari. Maka, nasabah tetap berhak mendapatkan santunan Rp400 ribu per hari. 

Umumnya asuransi kesehatan mencakup keseluruhan biaya perawatan rumah sakit, sementara hospital cash plan hanya menanggung biaya rawat inap harian saja. Selain itu besaran santunan yang diberikan hospital cash plan sesuai dengan kesepakatan polis. Misal, santunan rawat inap yang disepakati dalam polis hospital cash plan sebesar Rp1 juta per hari, namun harga rawat inap nyatanya hanya Rp500 ribu per hari. Tertanggung tetap akan mendapatkan santunan tunai sebesar Rp1 juta. 

 Besaran premi hospital cash plan bergantung pada beberapa faktor, mulai dari besaran santunan tunai yang diberikan hingga reputasi perusahaan asuransi. Mengacu pada polis Simas Complete Care bisa didapatkan dengan kisaran premi mulai dari Rp60 ribu hingga Rp200 ribuan. 

Dapatkan produk Simas Complete Care di sini! 

Asuransi kesehatan hospital cash plan akan sangat menguntungkan untuk nasabah yang telah memiliki asuransi kesehatan hospital benefit. Sebab, hospital cash plan memberikan 100 persen dana santunan yang dijanjikan, meski nasabah telah memilih produk asuransi kesehatan lainnya yang sama-sama menjamin. 

Asuransi kesehatan hospital cash plan yang bagus tidak semata-mata hanya mengacu pada harga premi yang murah saja. Pastikan hospital cash plan yang dipilih memiliki rekam jejak dan reputasi perusahaan yang baik. Pastikan pula plafon dan premi yang ditawarkan sebanding dan memiliki prosedur klaim yang jelas. 

Caranya adalah sesuaikan manfaat yang ditawarkan dengan kebutuhan. Setelah itu, bandingkan plan hospital cash plan yang diinginkan secara online. Ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan situs marketplace asuransi seperti Lifepal.co.id.

Berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi kesehatan:

 

  • Santunan tunai: Sejumlah uang yang diberikan kepada tertanggung atau nasabah ketika mengalami risiko sesuai yang tertulis dalam perjanjian polis.
  • Aktuaris: Orang profesional yang telah menjalani sekolah atau pelatihan tertentu di bidang asuransi. Sehingga memiliki pengetahuan mengenai asuransi secara detail dan akurat. Pekerjaannya adalah menghitung besaran premi calon nasabah.
  • Copayment: Biaya yang harus dibayarkan saat melakukan klaim tagihan pelayanan medis (pada umumnya 10 persen dari total tagihan pelayanan medis).
  • Premi asuransi: Jumlah uang yang harus disetorkan kepada penanggung.
  • Polis asuransi: Perjanjian tertulis antara Tertanggung (nasabah) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.
  • Klaim asuransi: Permintaan secara resmi dari pihak nasabah untuk mendapatkan kompensasi alias jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.
  • Masa tenggang: Periode waktu setelah tanggal jatuh tempo pembayaran premi namun polis asuransi masih berlaku.
  • Masa tunggu: Periode setelah polis diterbitkan namun benefit belum dapat digunakan oleh nasabah. Atau, periode antara satu benefit telah digunakan dan harus menunggu waktu tertentu hingga benefit yang sama bisa dimanfaatkan.
  • Penanggung: Perusahaan yang sah tertulis di polis asuransi sebagai pihak yang menanggung asuransi (ganti rugi) yang dibeli oleh tertanggung.
  • Tertanggung: Pihak yang sah tertulis di polis asuransi sebagai orang yang menerima manfaat atau benefit atas suatu produk asuransi.
  • Risiko: Kerugian yang dialami oleh pihak yang dipertanggungkan oleh asuransi.
  • Benefit/manfaat: Manfaat atau perlindungan adalah hak baik berupa fasilitas ataupun penggantian biaya yang akan diterima oleh pihak tertanggung atau nasabah.
  • Secondary Benefit: Manfaat tambahan dari manfaat utama yang bisa didapatkan oleh nasabah. Akan tetapi, nasabah biasanya harus menambahkan nominal premi.
  • Coordination of Benefit (COB): Sering disebut sebagai double claim, COB adalah proses dimana dua perusahaan asuransi menanggung nasabah yang sama agar nasabah bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk asuransi yang digunakan. Namun, total biaya yang akan dibayarkan tidak akan melebihi biaya perawatan medis yang ditagihkan.

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal