Hospital Cash Plan Sesuai Anggaranmu

DISKON HINGGA 20% Temukan ratusan produk terbaik dari brand ternama, harga terjangkau!

+62

Pengertian Hospital Cash Plan

Hospital cash plan adalah salah satu jenis asuransi kesehatan yang memberikan dana santunan harian apabila tertanggung memerlukan perawatan medis dengan nominal dana sesuai polis.

Misalnya, Anda membeli hospital cash plan dengan uang pertanggungan Rp1  juta untuk biaya kamar rawat inap dalam polis. Apabila Anda sakit dan membutuhkan rawat inap selama 7 hari, maka Anda akan mendapatkan dana sebesar Rp 7 juta terlepas dari berapapun biaya rumah sakit yang perlu Anda bayar. Jadi, meskipun harga kamar rawat inap hanya Rp 500 ribu sehari, Anda tetap akan mendapatkan dana Rp1 juta.

Cakupan tanggungan asuransi hospital cash plan adalah biaya rawat inap dan rawat jalan.

Untuk bisa mendapatkan asuransi hospital cash plan, Anda harus membayarkan premi yang berlaku. Besaran nominal premi asuransi hospital cash plan sudah ditentukan di awal dan tertera dalam polis.

Beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan hospital cash plan, antara lain Hospital Cash Plan PrudentialHospital Cash Plan RelianceHospital Cash Plan AdiraHospital Cash Plan InhealthHospital Cash Plan Allianz, dan Hospital Cash Plan Astra Life.

Manfaat Pakai Hospital Cash Plan

Mengapa asuransi hospital cash plan dibutuhkan? Karena manfaat asuransi hospital cash plan akan sangat membantu menggantikan uang yang habis akibat biaya perawatan medis. Berikut fungsi dan manfaat asuransi hospital cash plan secara umum yang bisa menjadi pertimbangan penting bagi calon nasabah.

  • Bisa melengkapi asuransi kesehatan yang sudah dimiliki. Asuransi kesehatan biasanya memiliki uang pertanggungan maksimal. Apabila biaya rumah sakit lebih besar daripada uang pertanggungan tersebut, hospital cash plan dapat memberikan bantuan untuk kelebihan dana tersebut.
  • Pengganti berkurangnya penghasilan akibat sakit. Munculnya kondisi mendadak seperti sakit akan mengurangi penghasilan Anda karena tidak bekerja. Produk hospital cash plan bisa menjadi alat untuk berjaga-jaga untuk menggantikan penghasilan yang hilang tersebut.
  • Kelebihan biaya tetap diberikan. Hospital cash plan tetap akan memberikan dana sesuai dengan polis, meskipun biaya rumah sakit di bawah nominal tersebut.
  • Klaim asuransi tetap bisa cair meski sudah memiliki asuransi lain. Hospital cash plan tetap memberikan 100 persen dana yang dijanjikan meskipun Anda sudah memiliki produk asuransi lain yang sama-sama menjamin.

Setelah memerhatikan fungsi dan manfaat asuransi hospital cash plan yang disebutkan di atas, kini ada baiknya untuk memperhatikan jenis produk asuransi hospital cash plan terbaik dan berbagai prosedurnya.

Cakupan Pertanggungan Hospital Cash Plan

Seperti halnya produk asuransi lain seperti asuransi hospital cash plan atau harta benda lain, terdapat jenis-jenis produk asuransi hospital cash plan yang terbagi menjadi:

Rawat Inap

Asuransi hospital cash plan rawat inap menanggung penyebab klaim akibat keperluan rawat inap karena menderita penyakit atau mengalami kecelakaan. Klaim uang pertanggungan bisa diajukan setelah tertanggung keluar dari rumah sakit.

Pembedahan

Asuransi hospital cash plan rawat inap menanggung penyebab klaim akibat keperluan pembedahan. Klaim uang pertanggungan dapat diajukan apabila tertanggung memerlukan tindakan pembedahan.

Biaya Ambulans

Selain rawat inap dan pembedahan, ada juga asuransi hospital cash plan yang menanggung biaya ambulans dalam keadaan darurat.

Perawatan dan Tindakan Dokter saat Rawat Inap

Asuransi hospital cash plan ini menjamin tindakan dokter serta perawatan lain selama tertanggung dirawat di rumah sakit.

Kelebihan dan Kekurangan Hospital Cash Plan

Memiliki asuransi hospital cash plan menghadirkan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Yuk, simak kelebihan maupun kekurangan mendaftar hospital cash plan.

Kelebihan memiliki hospital cash plan

  • Uang pertanggungan tetap diberikan 100 persen meskipun nominal biaya perawatan medis lebih rendah. Jadi, Anda bisa menggunakan selisihnya untuk keperluan lain.
  • Proses klaim tidak rumit dibandingkan dengan jenis asuransi lain.

Kekurangan memiliki hospital cash plan

  • Apabila biaya perawatan Anda lebih tinggi dari uang pertanggungan, Anda harus membayar selisihnya.
  • Pada beberapa perusahaan, Anda harus memilih asuransi utama dulu untuk menggunakan asuransi tambahan hospital cash plan.

Panduan Penting Sebelum Beli Hospital Cash Plan

Agar tidak salah pilih, perhatikan beberapa poin berikut sebelum memilih asuransi hospital cash plan terbaik di Indonesia bagi diri sendiri maupun keluarga atau perusahaan Anda.

Pilih asuransi hospital cash plan yang bagus

Produk hospital cash plan  yang bagus berarti produk yang menyediakan perlindungan yang dibutuhkan, mulai dari plafon dan premi yang sebanding. Selain itu, pastikan pula syarat dan ketentuan yang diberlakukan tidak memberatkan.

Beli asuransi hospital cash plan murah namun sesuai kebutuhan

Memilih asuransi hospital cash plan yang cocok juga harus mempertimbangkan premi. Jika memang ada yang murah namun sesuai kebutuhan, mengapa tidak?

Bandingkan produk asuransi hospital cash plan terbaik untuk Anda

Jangan lupa untuk membandingkan terlebih dahulu produk asuransi yang satu dengan yang lain.

Ini pilihan terbaik asuransi hospital cash plan yang bisa kita pertimbangkan.

Asuransi Kesehatan Adira
4.4
Asuransi Kesehatan AIA
4.3
Asuransi Kesehatan Prudential
4.1
Asuransi Kesehatan Manulife
4.3
Asuransi Kesehatan ABDA
4.4
Asuransi Kesehatan Sinarmas MSIG Life
4.0

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi mengganti pengeluaran Anda. Nah, dalam asuransi hospital cash plan biasanya metode penggantian tersebut dilakukan melalui pemberian uang pertanggungan dengan metode reimbursement.

Metode ini mengharuskan tertanggung untuk membayar terlebih dahulu biaya perawatan medis atas tertanggung. Kemudian, tertanggung mengirimkan dokumen klaim ke pihak perusahaan asuransi. Selanjutnya, perusahaan asuransi akan mengganti biaya tersebut sesuai nominal yang ada dalam premi.

Sebelum memilih asuransi hospital cash plan, calon nasabah harus memastikan bagaimana cara perusahaan asuransi memberikan uang pertanggungan.

Apabila Anda ingin mengajukan klaim asuransi hospital cash plan, ada serangkaian proses yang perlu dilalui. Hal ini penting untuk Anda cermati agar proses klaim berjalan lancar.

Pertama, tertanggung perlu membayar terlebih dahulu biaya perawatan medis yang dikenakan. Kedua, tertanggung melengkapi dokumen yang dibutuhkan, yaitu:

  • Formulir klaim asuransi  yang sudah diisi dan ditandatangani tertanggung.
  • Identitas diri. 
  • Catatan riwayat medis dan keterangan durasi rawat inap.
  • Kuitansi biaya perawatan medis.
  • Nomor rekening pembayaran klaim.
  • Hasil pemeriksaan laboratorium.
  • Dokumen pendukung klaim lainnya. 

Setelah menyerahkan dokumen, pihak penanggung akan melakukan penelitian polis Anda yang meliputi mengecek status premi sudah dibayarkan dan apakah polis masih berlaku. Selanjutnya, penanggung akan mengirimkan uang pertanggungan sesuai ketentuan polis ke rekening nasabah.

Perhitungan premi hospital cash plan ditentukan berdasarkan faktor berikut.

Usia tertanggung 

Premi asuransi hospital cash plan ditentukan berdasarkan usia tertanggung. Semakin tua usia tertanggung, maka semakin mahal premi yang dikenakan karena risiko mendapat penyakit lebih tinggi.

Besaran uang pertanggungan

Pada awal persetujuan polis, tertanggung dipersilakan untuk memilih nominal uang pertanggungan yang ingin didapatkan. Tentunya semakin besar uang pertanggungan, maka semakin besar juga premi yang akan dikenakan.

Jenis polis asuransi utama 

Sebagian perusahaan asuransi menawarkan hospital cash plan sebagai asuransi tambahan dari produk lainnya. Premi yang dikenakan nantinya tergantung dari jenis polis asuransi utama.

Pembayaran premi hospital cash plan dapat dilakukan melalui beberapa media tergantung kebijakan perusahaan asuransi hospital cash plan yang Anda pilih. Sila pilih yang paling nyaman dan mudah bagi Anda.

  • Transfer bank.
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi.
  • Autodebet rekening bank atau kartu kredit.

Sementara itu, frekuensi pembayaran asuransi hospital cash plan tergantung pada kesepakatan polis. Untuk asuransi hospital cash plan, biasanya menggunakan pembayaran setiap bulan.

Dasar hukum asuransi hospital cash plan mengacu pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian.

Produk hospital cash plan yang bagus mengacu pada poin-poin berikut yang bisa menjadi pertimbangan:

Rekam jejak dan reputasi yang baik

Asuransi hospital cash plan yang bagus datang dari perusahaan asuransi yang memiliki rekam jejak dan reputasi yang baik. Hal tersebut menandakan bahwa perusahaan memiliki kredibilitas dan dapat dipercaya. Contoh, Anda bisa mempertimbangkan asuransi hospital cash plan Tugu Mandiri, hospital cash plan Adira, atau dari perusahaan asuransi ternama lain.

Plafon dan premi sebanding dan sesuai dengan kebutuhan

Pastikan pula plafon dan premi yang ditawarkan sebanding, yaitu pilih asuransi yang memberikan plafon atau benefit yang lengkap dengan premi yang terjangkau.

Prosedur klaim jelas

Sebelum menyetujui polis, pastikan pihak penanggung menyertakan prosedur klaim secara jelas. Jangan sampai sudah terjadi kerugian, Anda kesulitan untuk mengajukan klaim.

Sementara itu, bagi calon nasabah yang mencari asuransi hospital cash plan murah, cobalah beberapa tips berikut:

Sesuaikan manfaat yang ditawarkan dengan kebutuhan

Setiap produk asuransi menawarkan manfaat yang bervariasi. Perhatikan manfaat tersebut, lalu bandingkan apakah sesuai dengan kebutuhan Anda, atau hanya sekadar ingin? Pilih produk dengan manfaat yang benar-benar Anda butuhkan.

Bandingkan terlebih dahulu

Agar mendapatkan asuransi hospital cash plan termurah, sebaiknya bandingkan terlebih dahulu produk asuransi hospital cash plan yang ada di pasaran. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah gunakan situs agregator seperti Lifepal.

Membeli asuransi hospital cash plan secara online memudahkan karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Anda juga dapat lebih leluasa memilih asuransi hospital cash plan sesuai kebutuhan dengan cara membandingkan satu produk perusahaan asuransi dengan yang lain.

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi yang juga menyediakan produk asuransi hospital cash plan. Berbagai pilihan asuransi hospital cash plan terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal.

Lifepal sebagai teman andalan Anda, memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim. Termasuk pula memberikan promo asuransi hospital cash plan gratis untuk beberapa proteksi.

Terdapat perbedaan antara agen asuransi dengan broker asuransi (dalam hal ini asuransi kesehatan). Agen asuransi kesehatan adalah orang pribadi yang bekerja sendiri pada perusahaan asuransi kesehatan.

Sementara itu, broker asuransi kesehatan merupakan perusahaan yang menjadi pihak perantara antara calon nasabah dengan perusahaan asuransi kesehatan. Dengan demikian, calon nasabah dapat membandingkan produk asuransi kesehatan terbaik bagi dirinya sendiri maupun kelompok.

Agen asuransi mewakili perusahaan asuransi. Akan tetapi, broker asuransi memposisikan diri sebagai orang yang mewakili kepentingan pihak calon nasabah. Broker asuransi juga senantiasa membantu nasabah dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi hospital cash plan.

Lifepal merupakan broker asuransi kesehatan terbaik di Indonesia. Anda dapat membandingkan produk asuransi kesehatan seperti hospital cash plan terbaik dan murah melalui situs web Lifepal.co.id. Lifepal adalah marketplace asuransi yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi kesehatan:

Aktuaris:

Orang profesional yang telah menjalani sekolah atau pelatihan tertentu di bidang asuransi. Sehingga memiliki pengetahuan mengenai asuransi secara detail dan akurat. Pekerjaannya adalah menghitung besaran premi calon nasabah.

Copayment:

Copayment adalah biaya yang harus dibayarkan saat melakukan klaim tagihan pelayanan medis (pada umumnya 10 persen dari total tagihan pelayanan medis).

Premi asuransi:

Premi asuransi adalah jumlah uang yang harus disetorkan kepada penanggung.

Polis asuransi:

Perjanjian tertulis antara Tertanggung (nasabah) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.

Klaim asuransi:

Permintaan secara resmi dari pihak nasabah untuk mendapatkan kompensasi alias jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.

Masa tenggang:

Periode waktu setelah tanggal jatuh tempo pembayaran premi namun polis asuransi masih berlaku. 

Masa tunggu:

Periode setelah polis diterbitkan namun benefit belum dapat digunakan oleh nasabah. Atau, periode antara satu benefit telah digunakan dan harus menunggu waktu tertentu hingga benefit yang sama bisa dimanfaatkan.

Penanggung:

Perusahaan yang sah tertulis di polis asuransi sebagai pihak yang menanggung asuransi (ganti rugi) yang dibeli oleh tertanggung.

Tertanggung:

Pihak yang sah tertulis di polis asuransi sebagai orang yang menerima manfaat atau benefit atas suatu produk asuransi.

Risiko:

Kerugian yang dialami oleh pihak yang dipertanggungkan oleh asuransi.

Benefit/manfaat:

Manfaat atau perlindungan adalah hak baik berupa fasilitas ataupun penggantian biaya yang akan diterima oleh pihak tertanggung atau nasabah.

Secondary Benefit:

Manfaat tambahan dari manfaat utama yang bisa didapatkan oleh nasabah. Akan tetapi, nasabah biasanya harus menambahkan nominal premi.

Coordination of Benefit (COB):

Sering disebut sebagai double claim, COB adalah proses dimana dua perusahaan asuransi menanggung nasabah yang sama agar nasabah bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk asuransi yang digunakan. Namun, total biaya yang akan dibayarkan tidak akan melebihi biaya perawatan medis yang ditagihkan. 

Informasi Umum

Pengertian Hospital Cash Plan

Hospital cash plan adalah salah satu jenis asuransi kesehatan yang memberikan dana santunan harian apabila tertanggung memerlukan perawatan medis dengan nominal dana sesuai polis.

Misalnya, Anda membeli hospital cash plan dengan uang pertanggungan Rp1  juta untuk biaya kamar rawat inap dalam polis. Apabila Anda sakit dan membutuhkan rawat inap selama 7 hari, maka Anda akan mendapatkan dana sebesar Rp 7 juta terlepas dari berapapun biaya rumah sakit yang perlu Anda bayar. Jadi, meskipun harga kamar rawat inap hanya Rp 500 ribu sehari, Anda tetap akan mendapatkan dana Rp1 juta.

Cakupan tanggungan asuransi hospital cash plan adalah biaya rawat inap dan rawat jalan.

Untuk bisa mendapatkan asuransi hospital cash plan, Anda harus membayarkan premi yang berlaku. Besaran nominal premi asuransi hospital cash plan sudah ditentukan di awal dan tertera dalam polis.

Beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan hospital cash plan, antara lain Hospital Cash Plan PrudentialHospital Cash Plan RelianceHospital Cash Plan AdiraHospital Cash Plan InhealthHospital Cash Plan Allianz, dan Hospital Cash Plan Astra Life.

Manfaat Pakai Hospital Cash Plan

Mengapa asuransi hospital cash plan dibutuhkan? Karena manfaat asuransi hospital cash plan akan sangat membantu menggantikan uang yang habis akibat biaya perawatan medis. Berikut fungsi dan manfaat asuransi hospital cash plan secara umum yang bisa menjadi pertimbangan penting bagi calon nasabah.

  • Bisa melengkapi asuransi kesehatan yang sudah dimiliki. Asuransi kesehatan biasanya memiliki uang pertanggungan maksimal. Apabila biaya rumah sakit lebih besar daripada uang pertanggungan tersebut, hospital cash plan dapat memberikan bantuan untuk kelebihan dana tersebut.
  • Pengganti berkurangnya penghasilan akibat sakit. Munculnya kondisi mendadak seperti sakit akan mengurangi penghasilan Anda karena tidak bekerja. Produk hospital cash plan bisa menjadi alat untuk berjaga-jaga untuk menggantikan penghasilan yang hilang tersebut.
  • Kelebihan biaya tetap diberikan. Hospital cash plan tetap akan memberikan dana sesuai dengan polis, meskipun biaya rumah sakit di bawah nominal tersebut.
  • Klaim asuransi tetap bisa cair meski sudah memiliki asuransi lain. Hospital cash plan tetap memberikan 100 persen dana yang dijanjikan meskipun Anda sudah memiliki produk asuransi lain yang sama-sama menjamin.

Setelah memerhatikan fungsi dan manfaat asuransi hospital cash plan yang disebutkan di atas, kini ada baiknya untuk memperhatikan jenis produk asuransi hospital cash plan terbaik dan berbagai prosedurnya.

Cakupan Pertanggungan Hospital Cash Plan

Seperti halnya produk asuransi lain seperti asuransi hospital cash plan atau harta benda lain, terdapat jenis-jenis produk asuransi hospital cash plan yang terbagi menjadi:

Rawat Inap

Asuransi hospital cash plan rawat inap menanggung penyebab klaim akibat keperluan rawat inap karena menderita penyakit atau mengalami kecelakaan. Klaim uang pertanggungan bisa diajukan setelah tertanggung keluar dari rumah sakit.

Pembedahan

Asuransi hospital cash plan rawat inap menanggung penyebab klaim akibat keperluan pembedahan. Klaim uang pertanggungan dapat diajukan apabila tertanggung memerlukan tindakan pembedahan.

Biaya Ambulans

Selain rawat inap dan pembedahan, ada juga asuransi hospital cash plan yang menanggung biaya ambulans dalam keadaan darurat.

Perawatan dan Tindakan Dokter saat Rawat Inap

Asuransi hospital cash plan ini menjamin tindakan dokter serta perawatan lain selama tertanggung dirawat di rumah sakit.

Kelebihan dan Kekurangan Hospital Cash Plan

Memiliki asuransi hospital cash plan menghadirkan kelebihan dan kekurangan tersendiri. Yuk, simak kelebihan maupun kekurangan mendaftar hospital cash plan.

Kelebihan memiliki hospital cash plan

  • Uang pertanggungan tetap diberikan 100 persen meskipun nominal biaya perawatan medis lebih rendah. Jadi, Anda bisa menggunakan selisihnya untuk keperluan lain.
  • Proses klaim tidak rumit dibandingkan dengan jenis asuransi lain.

Kekurangan memiliki hospital cash plan

  • Apabila biaya perawatan Anda lebih tinggi dari uang pertanggungan, Anda harus membayar selisihnya.
  • Pada beberapa perusahaan, Anda harus memilih asuransi utama dulu untuk menggunakan asuransi tambahan hospital cash plan.

Panduan Penting Sebelum Beli Hospital Cash Plan

Agar tidak salah pilih, perhatikan beberapa poin berikut sebelum memilih asuransi hospital cash plan terbaik di Indonesia bagi diri sendiri maupun keluarga atau perusahaan Anda.

Pilih asuransi hospital cash plan yang bagus

Produk hospital cash plan  yang bagus berarti produk yang menyediakan perlindungan yang dibutuhkan, mulai dari plafon dan premi yang sebanding. Selain itu, pastikan pula syarat dan ketentuan yang diberlakukan tidak memberatkan.

Beli asuransi hospital cash plan murah namun sesuai kebutuhan

Memilih asuransi hospital cash plan yang cocok juga harus mempertimbangkan premi. Jika memang ada yang murah namun sesuai kebutuhan, mengapa tidak?

Bandingkan produk asuransi hospital cash plan terbaik untuk Anda

Jangan lupa untuk membandingkan terlebih dahulu produk asuransi yang satu dengan yang lain.

Pilihan Terbaik

Ini pilihan terbaik asuransi hospital cash plan yang bisa kita pertimbangkan.

Asuransi Kesehatan Adira
4.4
Asuransi Kesehatan AIA
4.3
Asuransi Kesehatan Prudential
4.1
Asuransi Kesehatan Manulife
4.3
Asuransi Kesehatan ABDA
4.4
Asuransi Kesehatan Sinarmas MSIG Life
4.0
Tips & Pertanyaan

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi mengganti pengeluaran Anda. Nah, dalam asuransi hospital cash plan biasanya metode penggantian tersebut dilakukan melalui pemberian uang pertanggungan dengan metode reimbursement.

Metode ini mengharuskan tertanggung untuk membayar terlebih dahulu biaya perawatan medis atas tertanggung. Kemudian, tertanggung mengirimkan dokumen klaim ke pihak perusahaan asuransi. Selanjutnya, perusahaan asuransi akan mengganti biaya tersebut sesuai nominal yang ada dalam premi.

Sebelum memilih asuransi hospital cash plan, calon nasabah harus memastikan bagaimana cara perusahaan asuransi memberikan uang pertanggungan.

Apabila Anda ingin mengajukan klaim asuransi hospital cash plan, ada serangkaian proses yang perlu dilalui. Hal ini penting untuk Anda cermati agar proses klaim berjalan lancar.

Pertama, tertanggung perlu membayar terlebih dahulu biaya perawatan medis yang dikenakan. Kedua, tertanggung melengkapi dokumen yang dibutuhkan, yaitu:

  • Formulir klaim asuransi  yang sudah diisi dan ditandatangani tertanggung.
  • Identitas diri. 
  • Catatan riwayat medis dan keterangan durasi rawat inap.
  • Kuitansi biaya perawatan medis.
  • Nomor rekening pembayaran klaim.
  • Hasil pemeriksaan laboratorium.
  • Dokumen pendukung klaim lainnya. 

Setelah menyerahkan dokumen, pihak penanggung akan melakukan penelitian polis Anda yang meliputi mengecek status premi sudah dibayarkan dan apakah polis masih berlaku. Selanjutnya, penanggung akan mengirimkan uang pertanggungan sesuai ketentuan polis ke rekening nasabah.

Perhitungan premi hospital cash plan ditentukan berdasarkan faktor berikut.

Usia tertanggung 

Premi asuransi hospital cash plan ditentukan berdasarkan usia tertanggung. Semakin tua usia tertanggung, maka semakin mahal premi yang dikenakan karena risiko mendapat penyakit lebih tinggi.

Besaran uang pertanggungan

Pada awal persetujuan polis, tertanggung dipersilakan untuk memilih nominal uang pertanggungan yang ingin didapatkan. Tentunya semakin besar uang pertanggungan, maka semakin besar juga premi yang akan dikenakan.

Jenis polis asuransi utama 

Sebagian perusahaan asuransi menawarkan hospital cash plan sebagai asuransi tambahan dari produk lainnya. Premi yang dikenakan nantinya tergantung dari jenis polis asuransi utama.

Pembayaran premi hospital cash plan dapat dilakukan melalui beberapa media tergantung kebijakan perusahaan asuransi hospital cash plan yang Anda pilih. Sila pilih yang paling nyaman dan mudah bagi Anda.

  • Transfer bank.
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi.
  • Autodebet rekening bank atau kartu kredit.

Sementara itu, frekuensi pembayaran asuransi hospital cash plan tergantung pada kesepakatan polis. Untuk asuransi hospital cash plan, biasanya menggunakan pembayaran setiap bulan.

Dasar hukum asuransi hospital cash plan mengacu pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian.

Produk hospital cash plan yang bagus mengacu pada poin-poin berikut yang bisa menjadi pertimbangan:

Rekam jejak dan reputasi yang baik

Asuransi hospital cash plan yang bagus datang dari perusahaan asuransi yang memiliki rekam jejak dan reputasi yang baik. Hal tersebut menandakan bahwa perusahaan memiliki kredibilitas dan dapat dipercaya. Contoh, Anda bisa mempertimbangkan asuransi hospital cash plan Tugu Mandiri, hospital cash plan Adira, atau dari perusahaan asuransi ternama lain.

Plafon dan premi sebanding dan sesuai dengan kebutuhan

Pastikan pula plafon dan premi yang ditawarkan sebanding, yaitu pilih asuransi yang memberikan plafon atau benefit yang lengkap dengan premi yang terjangkau.

Prosedur klaim jelas

Sebelum menyetujui polis, pastikan pihak penanggung menyertakan prosedur klaim secara jelas. Jangan sampai sudah terjadi kerugian, Anda kesulitan untuk mengajukan klaim.

Sementara itu, bagi calon nasabah yang mencari asuransi hospital cash plan murah, cobalah beberapa tips berikut:

Sesuaikan manfaat yang ditawarkan dengan kebutuhan

Setiap produk asuransi menawarkan manfaat yang bervariasi. Perhatikan manfaat tersebut, lalu bandingkan apakah sesuai dengan kebutuhan Anda, atau hanya sekadar ingin? Pilih produk dengan manfaat yang benar-benar Anda butuhkan.

Bandingkan terlebih dahulu

Agar mendapatkan asuransi hospital cash plan termurah, sebaiknya bandingkan terlebih dahulu produk asuransi hospital cash plan yang ada di pasaran. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah gunakan situs agregator seperti Lifepal.

Membeli asuransi hospital cash plan secara online memudahkan karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Anda juga dapat lebih leluasa memilih asuransi hospital cash plan sesuai kebutuhan dengan cara membandingkan satu produk perusahaan asuransi dengan yang lain.

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi yang juga menyediakan produk asuransi hospital cash plan. Berbagai pilihan asuransi hospital cash plan terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal.

Lifepal sebagai teman andalan Anda, memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi maupun proses klaim. Termasuk pula memberikan promo asuransi hospital cash plan gratis untuk beberapa proteksi.

Terdapat perbedaan antara agen asuransi dengan broker asuransi (dalam hal ini asuransi kesehatan). Agen asuransi kesehatan adalah orang pribadi yang bekerja sendiri pada perusahaan asuransi kesehatan.

Sementara itu, broker asuransi kesehatan merupakan perusahaan yang menjadi pihak perantara antara calon nasabah dengan perusahaan asuransi kesehatan. Dengan demikian, calon nasabah dapat membandingkan produk asuransi kesehatan terbaik bagi dirinya sendiri maupun kelompok.

Agen asuransi mewakili perusahaan asuransi. Akan tetapi, broker asuransi memposisikan diri sebagai orang yang mewakili kepentingan pihak calon nasabah. Broker asuransi juga senantiasa membantu nasabah dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi hospital cash plan.

Lifepal merupakan broker asuransi kesehatan terbaik di Indonesia. Anda dapat membandingkan produk asuransi kesehatan seperti hospital cash plan terbaik dan murah melalui situs web Lifepal.co.id. Lifepal adalah marketplace asuransi yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi kesehatan:

Aktuaris:

Orang profesional yang telah menjalani sekolah atau pelatihan tertentu di bidang asuransi. Sehingga memiliki pengetahuan mengenai asuransi secara detail dan akurat. Pekerjaannya adalah menghitung besaran premi calon nasabah.

Copayment:

Copayment adalah biaya yang harus dibayarkan saat melakukan klaim tagihan pelayanan medis (pada umumnya 10 persen dari total tagihan pelayanan medis).

Premi asuransi:

Premi asuransi adalah jumlah uang yang harus disetorkan kepada penanggung.

Polis asuransi:

Perjanjian tertulis antara Tertanggung (nasabah) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.

Klaim asuransi:

Permintaan secara resmi dari pihak nasabah untuk mendapatkan kompensasi alias jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.

Masa tenggang:

Periode waktu setelah tanggal jatuh tempo pembayaran premi namun polis asuransi masih berlaku. 

Masa tunggu:

Periode setelah polis diterbitkan namun benefit belum dapat digunakan oleh nasabah. Atau, periode antara satu benefit telah digunakan dan harus menunggu waktu tertentu hingga benefit yang sama bisa dimanfaatkan.

Penanggung:

Perusahaan yang sah tertulis di polis asuransi sebagai pihak yang menanggung asuransi (ganti rugi) yang dibeli oleh tertanggung.

Tertanggung:

Pihak yang sah tertulis di polis asuransi sebagai orang yang menerima manfaat atau benefit atas suatu produk asuransi.

Risiko:

Kerugian yang dialami oleh pihak yang dipertanggungkan oleh asuransi.

Benefit/manfaat:

Manfaat atau perlindungan adalah hak baik berupa fasilitas ataupun penggantian biaya yang akan diterima oleh pihak tertanggung atau nasabah.

Secondary Benefit:

Manfaat tambahan dari manfaat utama yang bisa didapatkan oleh nasabah. Akan tetapi, nasabah biasanya harus menambahkan nominal premi.

Coordination of Benefit (COB):

Sering disebut sebagai double claim, COB adalah proses dimana dua perusahaan asuransi menanggung nasabah yang sama agar nasabah bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk asuransi yang digunakan. Namun, total biaya yang akan dibayarkan tidak akan melebihi biaya perawatan medis yang ditagihkan. 

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal