Biaya Asuransi Karyawan dan Premi

Biaya asuransi karyawan dan perhitungan premi bergantung pada beberapa faktor. Di antaranya adalah jenis asuransi, jumlah karyawan, demografi, rasio klaim, dan jenis industri perusahaan dan pekerjaan karyawan. Pembayaran premi tersebut pun dilakukan secara kontinu sesuai kesepakatan.

Polis fleksibel dapat disesuaikan kebutuhan perusahaan!
+62

Cara Perhitungan Biaya Premi Asuransi Karyawan

Dalam menetapkan premi asuransi karyawan terdapat beberapa pertimbangan dan faktor yang menentukan besaran premi asuransi karyawan yang harus dibayarkan oleh perusahaan.

  • Jenis asuransi: Faktor ini menjadi penentu utama karena harga premi disesuaikan dengan produk asuransi yang diambil. Misalnya, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, atau dana pensiun. Setiap produk asuransi tersebut tentu memiliki ketentuan harga premi masing-masing.
  • Jumlah karyawan: Asuransi memiliki ketentuan minimal jumlah karyawan yang dapat diasuransikan. Biasanya, semakin banyak jumlah karyawan, maka harga premi per orang akan lebih murah.
  • Demografi karyawan: Demografi atau rata-rata usia dan jenis kelamin yang mendominasi perusahaan akan menentukan besaran premi. Sebab, semakin tua usia karyawan biasanya akan semakin tinggi preminya. Sebab, risiko penyakit juga meningkat. Sementara itu, asuransi juga mengenakan premi yang lebih tinggi apabila memiliki lebih banyak karyawan perempuan.
  • Claim ratio atau rasio klaim: Jika perusahaan sudah memiliki asuransi sebelumnya, maka rasio klaim atau jumlah klaim yang dilakukan karyawan turut mempengaruhi harga premi.
  • Jenis industri perusahaan dan pekerjaan karyawan: Semakin tinggi risiko terjadinya kecelakaan akibat industri perusahaan atau jenis pekerjaan karyawan, maka semakin tinggi premi yang akan dikenakan. Sebab, karyawan yang bekerja di dalam ruangan dan bekerja di lapangan (misal, konstruksi, pertambangan, atau gas) tentu memiliki risiko kecelakaan yang berbeda.

Metode Pembayaran Premi Asuransi Karyawan

Pembayaran premi asuransi karyawan dapat dilakukan melalui transfer bank. Sementara itu, frekuensi pembayaran asuransi karyawan tergantung pada kesepakatan antara perusahaan dan asuransi. Berikut beberapa pilihannya: 

  • Tahunan
  • Semester*
  • Kuartal*

*Syarat dan ketentuan berlaku

Lifepal menyediakan produk asuransi karyawan terbaik dengan premi terjangkau dan sesuai kebutuhan karyawan. Sila isi informasi perusahaan dan karyawan melalui halaman asuransi karyawan yang terdapat pada marketplace asuransi Lifepal.
Penulis Lifepal Teman Andalanmu untuk Keuangan dan Asuransi Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan