Asuransi Keluarga

DISKON HINGGA 20% Bebaskan keluarga dari risiko biaya pengobatan besar. Miliki asuransi keluarga terbaik sesuai anggaran dan kebutuhan.

+62

Apa Itu Asuransi Keluarga?

Asuransi keluarga adalah jaminan perlindungan asuransi yang dirancang untuk melindungi seluruh keluarga dengan satu polis saja. Adapun pertanggungan yang diberikan terbagi atas dua kategori yaitu perawatan kesehatan (asuransi kesehatan keluarga) dan proteksi finansial atas risiko yang mengancam jiwa (asuransi jiwa keluarga).

Untuk asuransi kesehatan keluarga umumnya mencakup pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan baik pra-rawat inap maupun pasca-rawat inap, hingga pengembalian premi. Sementara untuk asuransi jiwa keluarga mencakup santunan meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan, tergantung dengan plan yang dipilih.

Sama halnya dengan jenis asuransi lainnya, untuk bisa mendapatkan asuransi keluarga, nasabah harus terlebih dahulu membayarkan premi secara rutin. Umumnya, premi asuransi keluarga dapat dibayarkan secara berkala, yaitu per tahun dan per bulan.

Sementara untuk besaran premi harus disesuaikan dengan manfaat atau plan asuransi yang dipilih. Profil nasabah juga memengaruhi besaran premi, misalnya kondisi kesehatan tertanggung, riwayat kesehatan tertanggung, risiko pekerjaan, manfaat, dan ketentuan lainnya yang diatur oleh perusahaan asuransi.

Manfaat Punya Asuransi Keluarga

Mungkin Anda bertanya-tanya, seberapa penting memiliki asuransi keluarga? Asuransi keluarga sangat penting dimiliki untuk meminimalisasi risiko finansial yang diakibatkan oleh risiko sakit maupun meninggal dunia pada salah satu anggota keluarga. Berikut fungsi dan manfaat asuransi keluarga secara umum yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

  • Premi asuransi keluarga lebih terjangkau. Karena pada umumnya ada paket manfaat asuransi yang ditawarkan untuk lima anggota keluarga, mulai suami, istri, dan tiga orang anak. Sebagai contohnya, Anda tidak perlu lagi membayar premi asuransi kesehatan misalnya Rp500 ribu untuk masing-masing anggota keluarga. Namun, cukup bayar dalam bentuk paket asuransi keluarga misalnya Rp1 juta untuk seluruh anggota keluarga.
  • Kondisi finansial keluarga bisa lebih stabil. Ini dikarenakan perlindungan asuransi dapat meminimalisasi risiko finansial akibat risiko yang tidak diinginkan, misalnya sakit. Sehingga keuangan keluarga tidak tergerus akibat biaya pengobatan.
  • Proteksi diri sendiri dan keluarga atas risiko kesehatan dan kerugian finansial akibat meninggal dunia. Ini dikarenakan asuransi kesehatan keluarga menjamin biaya perawatan kesehatan mulai dari rawat inap, penyakit kritis. Selain itu, asuransi jiwa keluarga juga memberikan uang pertanggungan (UP) yang digunakan untuk melanjutkan hidup apabila salah satu anggota keluarga meninggal dunia.
  • Memiliki keuntungan berganda. Sekarang sudah ada banyak asuransi keluarga yang menyediakan manfaat investasi. Artinya, dana yang Anda bayarkan sebagai premi dapat dikelola oleh pihak asuransi sebagai investasi. Dengan begitu Anda dan keluarga bisa mendapatkan keuntungan ganda.

Setelah mengerti fungsi dan manfaat asuransi keluarga yang telah disebutkan di atas, mari perhatikan jenis produk asuransi keluarga terbaik dan berbagai prosedurnya.

Pilihan Produk Asuransi Keluarga

Adapun berbagai jenis produk asuransi keluarga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut penjelasannya:

Pengelolaan dana

Terdapat perbedaan antara asuransi keluarga khususnya asuransi kesehatan keluarga yang berasal dari pemerintah dan swasta.

Asuransi pemerintah (BPJS Kesehatan)

Asuransi pemerintah dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Jaminan kesehatan dari pemerintah ini bersifat wajib. Baik perusahaan maupun individu diwajibkan untuk mengikutkan karyawan dan keluarganya menjadi anggota BPJS Kesehatan.

Asuransi keluarga swasta

Asuransi keluarga swasta adalah produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan swasta kepada anggota keluarga. Adapun beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi keluarga antara lain, AXA, Sequis, dan Cigna. Berbeda dengan asuransi pemerintah, asuransi swasta tidak bersifat wajib namun akan lebih baik Anda miliki untuk mendapatkan perlindungan kesehatan dan jiwa tambahan yang maksimal.

Jenis Perawatan 

Secara umum, Anda dan keluarga akan mendapatkan manfaat yang tidak jauh berbeda dengan asuransi kesehatan dan jiwa individu.

Asuransi rawat inap

Asuransi rawat inap memberikan pertanggungan biaya pasien yang opname (tinggal/rawat inap) di rumah sakit, sedikitnya satu malam.

Asuransi rawat jalan 

Asuransi rawat jalan memberikan jaminan pertanggungan biaya perawatan pasien yang diharuskan menjalani pelayanan medis tanpa opname. Umumnya, jenis perawatan ini digunakan sebelum dan sesudah rawat inap, diagnosis, pengobatan, dan rehabilitasi.

Asuransi rawat ICU

Asuransi rawat Intensive Care Unit (ICU) memberikan jaminan pertanggungan biaya atas perawatan di ICU rumah sakit akibat sakit atau kecelakaan.

Asuransi pembedahan

Asuransi pembedahan memberikan jaminan pertanggungan biaya apabila tertanggung memerlukan tindakan pembedahan yang diakibatkan oleh sakit atau kecelakaan.

Asuransi jiwa keluarga 

Asuransi jiwa memberikan manfaat berupa uang pertanggungan apabila terjadi risiko meninggal dunia dalam salah satu anggota keluarga tertanggung akibat sakit maupun kecelakaan.

Uang pertanggungan

Limit dan plafon yang diberikan oleh perusahaan asuransi atas manfaat asuransi kesehatan dan jiwa terbagi menjadi kategori berikut.

Asuransi kesehatan keluarga:

Tanggungan total

Perusahaan asuransi yang memberikan tanggungan total artinya bersedia untuk menanggung biaya keseluruhan perawatan kesehatan. Mulai dari biaya rawat inap, pra-rawat inap, pasca-rawat inap, pembedahan, dan obat-obatan. Tentu saja tanggungan ini harus disesuaikan dengan ketentuan yang tercatat dalam polis asuransi.

Tanggungan tinggi

Perusahaan asuransi yang memberikan tanggungan tinggi artinya hanya bersedia untuk menanggung  biaya tertinggi saja atau paling besar saja. Sebagai contohnya adalah biaya rawat inap atau bedah saja, sementara biaya diagnosis maupun pra dan pasca-rawat inap tidak ditanggung.

Asuransi jiwa keluarga:

Uang pertanggungan

Untuk asuransi jiwa keluarga, terdapat manfaat berupa uang pertanggungan yang bisa dicairkan saat risiko terjadi. Risiko tersebut adalah yang tercantum di polis, biasanya adalah risiko meninggal dunia, cacat tetap total, dan lain-lain.

Nilai tunai 

Selain uang pertanggungan, terdapat nilai tunai dalam asuransi jiwa keluarga. Nilai tunai adalah hasil pengembangan dari premi yang disetorkan oleh nasabah. Biasanya, nilai tunai berlaku dalam asuransi jiwa berbalut investasi (unit link) atau tabungan.

Objek tertanggung

Asuransi keluarga diperuntukkan bagi tertanggung individu dan keluarga. Umumnya ada ketentuan maksimal nasabah, seperti lima anggota keluarga antara lain ayah, ibu, dan tiga orang anak.

Cakupan Pertanggungan yang Diperoleh

Pertanggungan asuransi keluarga mencakup informasi manfaat yang diterima oleh nasabah. Berikut sejumlah benefit atau pertanggungan umum yang dapat digunakan sesuai dengan ketentuan polis asuransi.

Rawat inap

Pertanggungan biaya rawat inap mencakup kamar, kunjungan dokter harian, hingga biaya obat-obatan di rumah sakit.

Pembedahan

Pertanggungan biaya tindakan pembedahan, seperti pembedahan reseksi, amputasi, atau rekonstruktif.

Rawat jalan

Pertanggungan asuransi atas biaya perawatan medis yang tidak mengharuskan tertanggung di rawat inap. Umumnya manfaat ini digunakan saat pra dan pasca rawat inap maupun sekedar diagnosis dan pengobatan rawat jalan.

Medical check-up

Pertanggungan asuransi untuk biaya medical check-up atau pemeriksaan kondisi kesehatan.

Santunan nilai tunai 

Santunan nilai tunai ditujukan jika tertanggung atau salah satu anggota keluarga meninggal dunia atau cacat tetap total. Uang pertanggungan akan diberikan kepada ahli waris atau tertanggung dengan besaran yang disesuaikan dengan profil nasabah. Umumnya untuk tertanggung anak, persentase dari nilai tunai lebih kecil dibandingkan tertanggung ayah.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Keluarga

Setiap perusahaan asuransi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Tak terkecuali asuransi keluarga. Sebelum mendaftarkan diri dan keluarga, sebaiknya simak informasi di bawah ini terlebih dahulu

Kelebihan memiliki asuransi keluarga 

  • Jika premi asuransi individu sebesar Rp300 ribu per bulan, asuransi keluarga memberikan harga premi sebesar Rp1 juta per bulan untuk lima anggota keluarga. Jika dibagi, maka nilai premi per orang adalah Rp200 ribu saja.
  • Satu polis asuransi bisa digunakan untuk beberapa anggota keluarga lainnya, sehingga menghemat waktu dalam pengurusan polis.
  • Jika pembelian polis asuransi tiap anggota keluarga terpisah, maka Anda harus membayar biaya administrasinya satu per satu. Namun dengan asuransi keluarga yang menjadi satu premi, maka besaran biaya administrasi juga akan lebih murah.
  • Keluarga Anda dapat selalu terlindungi dari risiko finansial yang mungkin terjadi apabila anggota keluarga membutuhkan biaya perawatan secara tiba-tiba.

Kekurangan memiliki asuransi keluarga

  • Untuk manfaat asuransi jiwa, uang pertanggungan yang diberikan untuk anak umumnya lebih rendah jika dibandingkan dengan ayah dan ibu.
  • Jika tidak mengambil asuransi tambahan atau rider, manfaat yang diberikan cukup terbatas, yaitu manfaat yang diberikan meliputi pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, dan santunan meninggal dunia saja.
  • Umumnya premi akan hangus apabila tidak digunakan. Namun, saat ini sudah banyak perusahaan asuransi keluarga yang menawarkan manfaat pengembalian premi di akhir masa polis.
  • Terdapat beberapa prosedur medis atau penyakit kritis yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi. Pasalnya, kebanyakan perusahaan asuransi swasta belum menanggung perawatan medis untuk penyakit HIV/AIDS dan gangguan mental.

Trik Mendapatkan Asuransi Keluarga Terbaik

Secara umum, asuransi keluarga yang bagus mengacu pada poin-poin berikut yang bisa menjadi pertimbangan:

Pilih asuransi keluarga dengan fasilitas cashless 

Sebaiknya cari perusahaan asuransi keluarga yang mengutamakan sistem klaim cashless atau non tunai. Dengan begitu, proses klaim asuransi kesehatan keluarga dapat berjalan lebih praktis, dimana Anda tidak perlu repot-repot lagi mengurus prosedur untuk reimbursement.

Memiliki pilihan asuransi keluarga murni 

Asuransi keluarga murni yang dimaksud di sini adalah tidak berbalut investasi, melainkan 100 persen premi yang dibayarkan dialokasikan untuk manfaat kesehatan dan jiwa. Jadi, manfaat asuransi yang Anda dan keluarga dapatkan bisa berjalan secara optimal.

Memiliki jaringan rumah sakit yang luas

Sebaiknya utamakan perusahan asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit yang tersebar luas di dalam dan luar negeri. Sehingga Anda tidak perlu kesulitan dalam mencari rumah sakit rekanan.

Memiliki manfaat rawat inap yang sesuai

Perlu dipahami bahwa biaya rawat inap umumnya jauh lebih mahal ketimbang rawat jalan. Untuk itu, sebaiknya pilih produk asuransi keluarga yang memberikan manfaat rawat inap yang lebih tinggi dibandingkan manfaat lainnya.

 

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara yang dilakukan oleh perusahaan asuransi dalam mengganti biaya klaim. Metode penggantian pun dapat dibedakan berdasarkan jenis produk asuransinya. Agar lebih jelas mari simak penjelasannya. 

 Reimbursement

Reimbursement adalah metode penggantian yang mengharuskan tertanggung membayarkan tagihan perawatan kesehatannya. Kemudian, tertanggung mengirimkan dokumen klaim ke pihak perusahaan asuransi. Selanjutnya, perusahaan asuransi akan mengganti biaya tersebut. . 

 Cashless

Cashless adalah adalah metode penggantian biaya asuransi kesehatan dengan menggunakan kartu saja. Untuk mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit atau klinik, biasanya tertanggung dapat menggesekkan kartu (swipe card) atau cukup menunjukkan kartu (show card). 

 Santunan tunai 

Santunan tunai adalah adalah metode penggantian berupa uang santunan kepada ahli waris atau keluarga tertanggung yang meninggal dunia karena kecelakaan atau sakit. Santunan tunai juga diberikan kepada tertanggung yang mengalami cacat total tetap akibat kecelakaan. 

Sebagai contoh, seorang tertanggung mendapatkan UP sebesar Rp100 juta, maka metode penggantian yang berlaku adalah: 

  • Pembayaran sekaligus (lump sum). Setelah melakukan klaim, ahli waris akan mendapatkan uang santunan sesuai UP Rp100 juta secara sekaligus. 
  • Pembayaran bulanan. Setelah melakukan klaim, ahli waris akan mendapatkan uang santunan Rp100 juta dalam jangka waktu 50 bulan ke depan. Jadi, ahli waris akan mendapatkan Rp2 juta setiap bulannya. 
  • Pembayaran gabungan atau campuran antara pembayaran sekaligus dan bulanan. Setelah melakukan klaim, ahli waris akan mendapatkan 50 persen dari UP atau sebesar Rp50 juta secara sekaligus. Sisa 50 persennya akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi untuk 50 bulan ke depan dengan nilai Rp1 juta setiap bulannya. 

Itu sebabnya, khusus untuk asuransi jiwa keluarga, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bagaimana cara perusahaan membayarkan uang pertanggungan. Untuk manfaat asuransi kesehatan sebaiknya cari yang asuransi kesehatan keluarga cashless. Dengan begitu, prosedur klaim pun dapat berjalan dengan lebih praktis.

Adapun proses klaim asuransi kesehatan keluarga dapat dilakukan dengan prosedur berikut.

Reimbursement

Tertanggung mengirimkan formulir klaim → Datang langsung ke kantor perusahaan asuransi/Kurir/Lifepal → Perusahaan asuransi mengecek dokumen dan analisis → Pembayaran klaim → Selesai.

Cashless

Tertanggung membawa kartu saat di rumah sakit/klinik → Gesek kartu → Rumah sakit mengkonfirmasi ke pihak perusahaan asuransi → Tertanggung mendapatkan pelayanan medis.

Cara Klaim Asuransi Jiwa Keluarga

Sementara untuk klaim asuransi jiwa keluarga, ahli waris dapat menyiapkan beberapa berkas berikut ini: 

  • Polis asuransi asli.
  • Fotokopi hasil pemeriksaan laboratorium dan radiologi apabila tertanggung meninggal karena sakit.
  • Fotokopi KTP ahli waris yang sah.
  • Surat keterangan kematian dari dokter/rumah sakit beserta informasi penyebab kematian tertanggung.
  • Surat keterangan kematian dari pemerintah setempat, dapat diurus di catatan sipil secara gratis dengan membawa KTP tertanggung.
  • Surat keterangan kepolisian (BAP) apabila kematian disebabkan karena kecelakaan lalu lintas. 

Setelah menyiapkan berkas-berkas lengkap di atas, ahli waris dapat mengurus klaim asuransi dengan mengikuti langkah-langkah berikut: 

  • Segera informasikan kepada pihak perusahaan bahwa tertanggung telah meninggal dunia. Lampirkan dokumen dan persyaratan klaim asuransi jiwa, nomor polis asuransi, surat kematian, dan dokumen lainnya yang dibutuhkan. 
  • Perusahaan asuransi akan mengirimkan formulir klaim asuransi yang harus dilengkapi secara lengkap dan sejujur-jujurnya oleh ahli waris.
  • Setelah berkas berhasil diterima oleh perusahaan asuransi, data Anda akan diverifikasi guna menghindari hal-hal yang tidak sesuai dengan perjanjian polis. 
  • Apabila risiko meninggal dunia sesuai dengan perjanjian yang tercatat dalam polis dan tidak melanggar ketentuan hukum, maka perusahaan asuransi akan menghitung kewajiban yang harus diberikan kepada penerima manfaat. 
  • Setelah proses perhitungan dan administrasi selesai, maka perusahaan asuransi akan segera mencairkan uang pertanggungan sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi. Umumnya pencarian nilai tunai ini akan dibayarkan dengan sistem transfer ke nomor rekening ahli waris. 

Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi perhitungan harga premi asuransi keluarga. Berikut adalah beberapa di antaranya: 

Tanggungan keluarga

Dalam asuransi keluarga, jumlah tanggungan keluarga tentu akan memengaruhi harga premi asuransi. Premi asuransi tiga orang anggota keluarga tentu lebih murah dibandingkan total lima orang anggota keluarga. 

Usia dan jenis kelamin

Usia dan jenis kelamin menjadi salah satu faktor utama yang dapat membedakan harga premi asuransi keluarga. Ini dikarenakan semakin tua usia nasabah, maka semakin tinggi pula risiko penyakit muncul. Selain itu, jenis kelamin juga dapat memberi faktor berbeda untuk risiko penyakit tertentu. 

Pekerjaan

Profesi atau pekerjaan tertanggung juga dapat memengaruhi risiko yang mungkin dialami oleh calon nasabah. Sebagai contoh, nasabah yang bekerja di kantor tentu memiliki risiko kecelakaan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan nasabah yang bekerja di lapangan. 

Riwayat kesehatan

Faktor riwayat kesehatan juga dapat memengaruhi harga premi asuransi. Calon nasabah yang memiliki riwayat penyakit tertentu akan dikenakan harga premi yang lebih tinggi. 

Secara umum, pembayaran premi asuransi keluarga dapat dilakukan melalui media berikut ini. Bergantung pada perusahaan asuransi yang Anda pilih. Berikut beberapa pilihan media pembayaran yang tersedia. 

  • Transfer bank
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi
  • Autodebet rekening atau kartu kredit

Sementara frekuensi pembayaran asuransi keluarga bergantung pada polis yang telah disepakati bersama. Berikut adalah beberapa pilihannya: 

Sementara itu, frekuensi pembayaran asuransi jiwa tergantung pada kesepakatan polis. Berikut beberapa pilihannya:

  • Pembayaran premi tunggal yang mengharuskan nasabah membayarkan premi sekali saja untuk rentang waktu pertanggungan tertentu.
  • Pembayaran premi berkala yang mengharuskan nasabah membayarkan premi secara berkala. Ada yang bulanan maupun tahunan.

Dasar hukum asuransi keluarga mengacu pada undang-undang asuransi secara umum. Adapun hukum asuransi dijabarkan dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 yang memuat tentang segala peraturan usaha perasuransian. 

Agar bisa mendapatkan produk asuransi keluarga terbaik, mari perhatikan beberapa poin berikut yang dapat membantu Anda dalam memilih produk asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhan dan manfaat finansial Anda.

Pilih asuransi keluarga dengan layanan yang bagus

Asuransi kesehatan yang bagus berarti asuransi kesehatan yang menyediakan perlindungan yang dibutuhkan. Mulai dari plafon dan premi yang sebanding. Selain itu, pastikan juga perusahaan asuransi keluarga yang baik memiliki jaringan rumah sakit yang luas serta syarat dan ketentuan yang tidak memberatkan nasabah.

Beli asuransi keluarga murah namun sesuai kebutuhan

Hal pertama yang perlu Anda ketahui ketika membeli produk asuransi adalah kebutuhan Anda. Cari perusahaan asuransi keluarga yang murah namun tetap sesuai dengan kebutuhan.

Bandingkan produk asuransi terbaik untuk Anda

Sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi keluarga, sebaiknya bandingkan produk asuransi keluarga yang satu dengan yang lain terlebih dahulu.

Anda juga bisa mendapatkan produk asuransi jiwa atau asuransi kesehatan keluarga premi murah dengan mengikuti beberapa tips berikut ini:

Beli plan asuransi keluarga dengan satu polis 

Asuransi keluarga yang dapat digabungkan menjadi satu polis tentu akan lebih murah ketimbang mendaftarkan setiap anggota keluarga dalam asuransi individu. Umumnya, Anda bisa mendapatkan premi asuransi keluarga dengan pertanggungan lima orang anggota keluarga dengan harga Rp1 juta.

Pilih asuransi keluarga murni 

Secara umum, asuransi keluarga murni memiliki harga premi yang lebih murah ketimbang berbalut investasi. Ini dikarenakan dana premi yang dibayarkan oleh nasabah dikelola sepenuhnya untuk kebutuhan pelayanan medis dan manfaat jiwa.

Di era serba digital ini, proses jual beli asuransi tersedia secara online sehingga dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Selain lebih praktis, membeli asuransi keluarga secara online juga dapat memudahkan Anda dalam membandingkan satu produk perusahaan asuransi dengan yang lainnya. Sehingga Anda bisa mendapatkan produk asuransi terbaik yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah selesai membandingkan produk asuransi dan menetapkan manfaat asuransi keluarga yang diinginkan, Anda dapat membeli produk asuransi secara online baik melalui call center, situs, atau bahkan aplikasi yang disediakan oleh perusahaan asuransi. Lalu, lakukan  lakukan pembayaran premi secara berkala maupun sekaligus dengan metode pembayaran transfer atau metode pembayaran lainnya.

Cara lainnya, Anda bisa memanfaatkan marketplace asuransi yang menyediakan produk asuransi keluarga seperti Lifepal. Berbagai pilihan asuransi keluarga terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal.

Lifepal sebagai teman andalan Anda, bersedia memberikan layanan pembelian asuransi hingga proses klaim selama 24 jam. Adapun beragam promo asuransi keluarga gratis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Selain itu, membeli asuransi keluarga secara online juga umumnya lebih murah jika dibandingkan membelinya secara offline atau melalui agen.

Produk asuransi keluarga bisa Anda dapatkan melalui agen maupun broker asuransi. Perlu dipahami bahwa terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi keluarga adalah orang pribadi yang bekerja dan mewakili perusahaan asuransi keluarga.

Sementara broker asuransi adalah perusahaan independen yang menjadi perantara antara calon nasabah dengan perusahaan asuransi. Di sini broker asuransi memberi ruang bebas untuk membandingkan produk asuransi keluarga yang diinginkan dengan perusahaan asuransi lainnya.

Artinya, dapat dilihat perbedaannya bahwa agen asuransi mewakili perusahaan asuransi dan broker asuransi memposisikan diri sebagai badan yang mewakili kepentingan calon nasabah. Broker asuransi juga berfungsi untuk membantu proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi agar berjalan dengan lancar dan adil.

Lifepal merupakan broker asuransi terbaik di Indonesia yang hadir untuk membantu Anda mendapatkan produk asuransi keluarga terbaik dengan harga premi paling murah. Lifepal adalah marketplace asuransi nomor satu di Indonesia yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Agar dapat lebih memahami manfaat polis asuransi, berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi keluarga: 

  • Aktuaris: Orang profesional yang telah menjalani sekolah atau pelatihan tertentu di bidang asuransi. Sehingga memiliki pengetahuan mengenai asuransi secara detail dan akurat.
  • Copayment: Biaya yang harus dibayarkan nasabah kepada pelayanan medis saat melakukan klaim. Pada umumnya biaya yang dikenakan adalah 10 persen dari total tagihan pelayanan medis.  
  • Premi asuransi: Tagihan yang yang harus disetorkan oleh tertanggung kepada perusahaan asuransi. 
  • Polis asuransi: Perjanjian tertulis terkait perjanjian hak dan kewajiban antara nasabah dengan perusahaan asuransi.  
  • Klaim asuransi: Pengajuan resmi oleh nasabah kepada perusahaan asuransi untuk mendapatkan manfaat alias jaminan yang dijanjikan sesuai dengan yang tertulis dalam polis. 
  • Masa tenggang: Ketentuan periode pengambilan nilai tunai apabila nasabah belum membayar premi hingga waktu yang ditentukan. 
  • Masa tunggu: Periode yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi dimana nasabah harus menunggu hingga manfaat asuransi dapat digunakan. 
  • Penanggung: Pihak yang membayarkan premi atas polis asuransi, sesuai dengan yang tertulis secara sah dalam polis. 
  • Tertanggung: Pihak yang menerima manfaat atas produk asuransi keluarga dan tertulis secara sah dalam polis.  
  • Risiko: Kerugian yang dialami oleh pihak yang ditanggung, dalam hal ini adalah anggota keluarga tertanggung. 
  • Benefit/manfaat: Manfaat atau fasilitas yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada nasabah, seperti penggantian biaya, santunan tunai, dan sebagainya. 
  • Secondary Benefit: Manfaat tambahan di luar manfaat pokok yang bisa didapatkan oleh nasabah. Untuk mendapatkan secondary benefit, nasabah akan dikenakan biaya premi tambahan. 
  • Coordination of Benefit (COB): Dikenal juga dengan istilah double claim, COB merupakan kesepakatan antar dua perusahaan asuransi untuk menanggung risiko tertanggung yang sama. Namun, total yang dibayarkan oleh kedua perusahaan asuransi tidak akan melebihi biaya perawatan medis yang ditagihkan. Dengan begitu manfaat yang didapatkan pun akan lebih maksimal. 

 

 

 

Informasi Umum

Apa Itu Asuransi Keluarga?

Asuransi keluarga adalah jaminan perlindungan asuransi yang dirancang untuk melindungi seluruh keluarga dengan satu polis saja. Adapun pertanggungan yang diberikan terbagi atas dua kategori yaitu perawatan kesehatan (asuransi kesehatan keluarga) dan proteksi finansial atas risiko yang mengancam jiwa (asuransi jiwa keluarga).

Untuk asuransi kesehatan keluarga umumnya mencakup pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan baik pra-rawat inap maupun pasca-rawat inap, hingga pengembalian premi. Sementara untuk asuransi jiwa keluarga mencakup santunan meninggal dunia akibat sakit maupun kecelakaan, tergantung dengan plan yang dipilih.

Sama halnya dengan jenis asuransi lainnya, untuk bisa mendapatkan asuransi keluarga, nasabah harus terlebih dahulu membayarkan premi secara rutin. Umumnya, premi asuransi keluarga dapat dibayarkan secara berkala, yaitu per tahun dan per bulan.

Sementara untuk besaran premi harus disesuaikan dengan manfaat atau plan asuransi yang dipilih. Profil nasabah juga memengaruhi besaran premi, misalnya kondisi kesehatan tertanggung, riwayat kesehatan tertanggung, risiko pekerjaan, manfaat, dan ketentuan lainnya yang diatur oleh perusahaan asuransi.

Manfaat Punya Asuransi Keluarga

Mungkin Anda bertanya-tanya, seberapa penting memiliki asuransi keluarga? Asuransi keluarga sangat penting dimiliki untuk meminimalisasi risiko finansial yang diakibatkan oleh risiko sakit maupun meninggal dunia pada salah satu anggota keluarga. Berikut fungsi dan manfaat asuransi keluarga secara umum yang bisa menjadi bahan pertimbangan Anda.

  • Premi asuransi keluarga lebih terjangkau. Karena pada umumnya ada paket manfaat asuransi yang ditawarkan untuk lima anggota keluarga, mulai suami, istri, dan tiga orang anak. Sebagai contohnya, Anda tidak perlu lagi membayar premi asuransi kesehatan misalnya Rp500 ribu untuk masing-masing anggota keluarga. Namun, cukup bayar dalam bentuk paket asuransi keluarga misalnya Rp1 juta untuk seluruh anggota keluarga.
  • Kondisi finansial keluarga bisa lebih stabil. Ini dikarenakan perlindungan asuransi dapat meminimalisasi risiko finansial akibat risiko yang tidak diinginkan, misalnya sakit. Sehingga keuangan keluarga tidak tergerus akibat biaya pengobatan.
  • Proteksi diri sendiri dan keluarga atas risiko kesehatan dan kerugian finansial akibat meninggal dunia. Ini dikarenakan asuransi kesehatan keluarga menjamin biaya perawatan kesehatan mulai dari rawat inap, penyakit kritis. Selain itu, asuransi jiwa keluarga juga memberikan uang pertanggungan (UP) yang digunakan untuk melanjutkan hidup apabila salah satu anggota keluarga meninggal dunia.
  • Memiliki keuntungan berganda. Sekarang sudah ada banyak asuransi keluarga yang menyediakan manfaat investasi. Artinya, dana yang Anda bayarkan sebagai premi dapat dikelola oleh pihak asuransi sebagai investasi. Dengan begitu Anda dan keluarga bisa mendapatkan keuntungan ganda.

Setelah mengerti fungsi dan manfaat asuransi keluarga yang telah disebutkan di atas, mari perhatikan jenis produk asuransi keluarga terbaik dan berbagai prosedurnya.

Pilihan Produk Asuransi Keluarga

Adapun berbagai jenis produk asuransi keluarga yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Berikut penjelasannya:

Pengelolaan dana

Terdapat perbedaan antara asuransi keluarga khususnya asuransi kesehatan keluarga yang berasal dari pemerintah dan swasta.

Asuransi pemerintah (BPJS Kesehatan)

Asuransi pemerintah dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan). Jaminan kesehatan dari pemerintah ini bersifat wajib. Baik perusahaan maupun individu diwajibkan untuk mengikutkan karyawan dan keluarganya menjadi anggota BPJS Kesehatan.

Asuransi keluarga swasta

Asuransi keluarga swasta adalah produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan swasta kepada anggota keluarga. Adapun beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi keluarga antara lain, AXA, Sequis, dan Cigna. Berbeda dengan asuransi pemerintah, asuransi swasta tidak bersifat wajib namun akan lebih baik Anda miliki untuk mendapatkan perlindungan kesehatan dan jiwa tambahan yang maksimal.

Jenis Perawatan 

Secara umum, Anda dan keluarga akan mendapatkan manfaat yang tidak jauh berbeda dengan asuransi kesehatan dan jiwa individu.

Asuransi rawat inap

Asuransi rawat inap memberikan pertanggungan biaya pasien yang opname (tinggal/rawat inap) di rumah sakit, sedikitnya satu malam.

Asuransi rawat jalan 

Asuransi rawat jalan memberikan jaminan pertanggungan biaya perawatan pasien yang diharuskan menjalani pelayanan medis tanpa opname. Umumnya, jenis perawatan ini digunakan sebelum dan sesudah rawat inap, diagnosis, pengobatan, dan rehabilitasi.

Asuransi rawat ICU

Asuransi rawat Intensive Care Unit (ICU) memberikan jaminan pertanggungan biaya atas perawatan di ICU rumah sakit akibat sakit atau kecelakaan.

Asuransi pembedahan

Asuransi pembedahan memberikan jaminan pertanggungan biaya apabila tertanggung memerlukan tindakan pembedahan yang diakibatkan oleh sakit atau kecelakaan.

Asuransi jiwa keluarga 

Asuransi jiwa memberikan manfaat berupa uang pertanggungan apabila terjadi risiko meninggal dunia dalam salah satu anggota keluarga tertanggung akibat sakit maupun kecelakaan.

Uang pertanggungan

Limit dan plafon yang diberikan oleh perusahaan asuransi atas manfaat asuransi kesehatan dan jiwa terbagi menjadi kategori berikut.

Asuransi kesehatan keluarga:

Tanggungan total

Perusahaan asuransi yang memberikan tanggungan total artinya bersedia untuk menanggung biaya keseluruhan perawatan kesehatan. Mulai dari biaya rawat inap, pra-rawat inap, pasca-rawat inap, pembedahan, dan obat-obatan. Tentu saja tanggungan ini harus disesuaikan dengan ketentuan yang tercatat dalam polis asuransi.

Tanggungan tinggi

Perusahaan asuransi yang memberikan tanggungan tinggi artinya hanya bersedia untuk menanggung  biaya tertinggi saja atau paling besar saja. Sebagai contohnya adalah biaya rawat inap atau bedah saja, sementara biaya diagnosis maupun pra dan pasca-rawat inap tidak ditanggung.

Asuransi jiwa keluarga:

Uang pertanggungan

Untuk asuransi jiwa keluarga, terdapat manfaat berupa uang pertanggungan yang bisa dicairkan saat risiko terjadi. Risiko tersebut adalah yang tercantum di polis, biasanya adalah risiko meninggal dunia, cacat tetap total, dan lain-lain.

Nilai tunai 

Selain uang pertanggungan, terdapat nilai tunai dalam asuransi jiwa keluarga. Nilai tunai adalah hasil pengembangan dari premi yang disetorkan oleh nasabah. Biasanya, nilai tunai berlaku dalam asuransi jiwa berbalut investasi (unit link) atau tabungan.

Objek tertanggung

Asuransi keluarga diperuntukkan bagi tertanggung individu dan keluarga. Umumnya ada ketentuan maksimal nasabah, seperti lima anggota keluarga antara lain ayah, ibu, dan tiga orang anak.

Cakupan Pertanggungan yang Diperoleh

Pertanggungan asuransi keluarga mencakup informasi manfaat yang diterima oleh nasabah. Berikut sejumlah benefit atau pertanggungan umum yang dapat digunakan sesuai dengan ketentuan polis asuransi.

Rawat inap

Pertanggungan biaya rawat inap mencakup kamar, kunjungan dokter harian, hingga biaya obat-obatan di rumah sakit.

Pembedahan

Pertanggungan biaya tindakan pembedahan, seperti pembedahan reseksi, amputasi, atau rekonstruktif.

Rawat jalan

Pertanggungan asuransi atas biaya perawatan medis yang tidak mengharuskan tertanggung di rawat inap. Umumnya manfaat ini digunakan saat pra dan pasca rawat inap maupun sekedar diagnosis dan pengobatan rawat jalan.

Medical check-up

Pertanggungan asuransi untuk biaya medical check-up atau pemeriksaan kondisi kesehatan.

Santunan nilai tunai 

Santunan nilai tunai ditujukan jika tertanggung atau salah satu anggota keluarga meninggal dunia atau cacat tetap total. Uang pertanggungan akan diberikan kepada ahli waris atau tertanggung dengan besaran yang disesuaikan dengan profil nasabah. Umumnya untuk tertanggung anak, persentase dari nilai tunai lebih kecil dibandingkan tertanggung ayah.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Keluarga

Setiap perusahaan asuransi tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Tak terkecuali asuransi keluarga. Sebelum mendaftarkan diri dan keluarga, sebaiknya simak informasi di bawah ini terlebih dahulu

Kelebihan memiliki asuransi keluarga 

  • Jika premi asuransi individu sebesar Rp300 ribu per bulan, asuransi keluarga memberikan harga premi sebesar Rp1 juta per bulan untuk lima anggota keluarga. Jika dibagi, maka nilai premi per orang adalah Rp200 ribu saja.
  • Satu polis asuransi bisa digunakan untuk beberapa anggota keluarga lainnya, sehingga menghemat waktu dalam pengurusan polis.
  • Jika pembelian polis asuransi tiap anggota keluarga terpisah, maka Anda harus membayar biaya administrasinya satu per satu. Namun dengan asuransi keluarga yang menjadi satu premi, maka besaran biaya administrasi juga akan lebih murah.
  • Keluarga Anda dapat selalu terlindungi dari risiko finansial yang mungkin terjadi apabila anggota keluarga membutuhkan biaya perawatan secara tiba-tiba.

Kekurangan memiliki asuransi keluarga

  • Untuk manfaat asuransi jiwa, uang pertanggungan yang diberikan untuk anak umumnya lebih rendah jika dibandingkan dengan ayah dan ibu.
  • Jika tidak mengambil asuransi tambahan atau rider, manfaat yang diberikan cukup terbatas, yaitu manfaat yang diberikan meliputi pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, dan santunan meninggal dunia saja.
  • Umumnya premi akan hangus apabila tidak digunakan. Namun, saat ini sudah banyak perusahaan asuransi keluarga yang menawarkan manfaat pengembalian premi di akhir masa polis.
  • Terdapat beberapa prosedur medis atau penyakit kritis yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi. Pasalnya, kebanyakan perusahaan asuransi swasta belum menanggung perawatan medis untuk penyakit HIV/AIDS dan gangguan mental.

Trik Mendapatkan Asuransi Keluarga Terbaik

Secara umum, asuransi keluarga yang bagus mengacu pada poin-poin berikut yang bisa menjadi pertimbangan:

Pilih asuransi keluarga dengan fasilitas cashless 

Sebaiknya cari perusahaan asuransi keluarga yang mengutamakan sistem klaim cashless atau non tunai. Dengan begitu, proses klaim asuransi kesehatan keluarga dapat berjalan lebih praktis, dimana Anda tidak perlu repot-repot lagi mengurus prosedur untuk reimbursement.

Memiliki pilihan asuransi keluarga murni 

Asuransi keluarga murni yang dimaksud di sini adalah tidak berbalut investasi, melainkan 100 persen premi yang dibayarkan dialokasikan untuk manfaat kesehatan dan jiwa. Jadi, manfaat asuransi yang Anda dan keluarga dapatkan bisa berjalan secara optimal.

Memiliki jaringan rumah sakit yang luas

Sebaiknya utamakan perusahan asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit yang tersebar luas di dalam dan luar negeri. Sehingga Anda tidak perlu kesulitan dalam mencari rumah sakit rekanan.

Memiliki manfaat rawat inap yang sesuai

Perlu dipahami bahwa biaya rawat inap umumnya jauh lebih mahal ketimbang rawat jalan. Untuk itu, sebaiknya pilih produk asuransi keluarga yang memberikan manfaat rawat inap yang lebih tinggi dibandingkan manfaat lainnya.

 

Pilihan Terbaik
Tips & Pertanyaan

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara yang dilakukan oleh perusahaan asuransi dalam mengganti biaya klaim. Metode penggantian pun dapat dibedakan berdasarkan jenis produk asuransinya. Agar lebih jelas mari simak penjelasannya. 

 Reimbursement

Reimbursement adalah metode penggantian yang mengharuskan tertanggung membayarkan tagihan perawatan kesehatannya. Kemudian, tertanggung mengirimkan dokumen klaim ke pihak perusahaan asuransi. Selanjutnya, perusahaan asuransi akan mengganti biaya tersebut. . 

 Cashless

Cashless adalah adalah metode penggantian biaya asuransi kesehatan dengan menggunakan kartu saja. Untuk mendapatkan pelayanan medis di rumah sakit atau klinik, biasanya tertanggung dapat menggesekkan kartu (swipe card) atau cukup menunjukkan kartu (show card). 

 Santunan tunai 

Santunan tunai adalah adalah metode penggantian berupa uang santunan kepada ahli waris atau keluarga tertanggung yang meninggal dunia karena kecelakaan atau sakit. Santunan tunai juga diberikan kepada tertanggung yang mengalami cacat total tetap akibat kecelakaan. 

Sebagai contoh, seorang tertanggung mendapatkan UP sebesar Rp100 juta, maka metode penggantian yang berlaku adalah: 

  • Pembayaran sekaligus (lump sum). Setelah melakukan klaim, ahli waris akan mendapatkan uang santunan sesuai UP Rp100 juta secara sekaligus. 
  • Pembayaran bulanan. Setelah melakukan klaim, ahli waris akan mendapatkan uang santunan Rp100 juta dalam jangka waktu 50 bulan ke depan. Jadi, ahli waris akan mendapatkan Rp2 juta setiap bulannya. 
  • Pembayaran gabungan atau campuran antara pembayaran sekaligus dan bulanan. Setelah melakukan klaim, ahli waris akan mendapatkan 50 persen dari UP atau sebesar Rp50 juta secara sekaligus. Sisa 50 persennya akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi untuk 50 bulan ke depan dengan nilai Rp1 juta setiap bulannya. 

Itu sebabnya, khusus untuk asuransi jiwa keluarga, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bagaimana cara perusahaan membayarkan uang pertanggungan. Untuk manfaat asuransi kesehatan sebaiknya cari yang asuransi kesehatan keluarga cashless. Dengan begitu, prosedur klaim pun dapat berjalan dengan lebih praktis.

Adapun proses klaim asuransi kesehatan keluarga dapat dilakukan dengan prosedur berikut.

Reimbursement

Tertanggung mengirimkan formulir klaim → Datang langsung ke kantor perusahaan asuransi/Kurir/Lifepal → Perusahaan asuransi mengecek dokumen dan analisis → Pembayaran klaim → Selesai.

Cashless

Tertanggung membawa kartu saat di rumah sakit/klinik → Gesek kartu → Rumah sakit mengkonfirmasi ke pihak perusahaan asuransi → Tertanggung mendapatkan pelayanan medis.

Cara Klaim Asuransi Jiwa Keluarga

Sementara untuk klaim asuransi jiwa keluarga, ahli waris dapat menyiapkan beberapa berkas berikut ini: 

  • Polis asuransi asli.
  • Fotokopi hasil pemeriksaan laboratorium dan radiologi apabila tertanggung meninggal karena sakit.
  • Fotokopi KTP ahli waris yang sah.
  • Surat keterangan kematian dari dokter/rumah sakit beserta informasi penyebab kematian tertanggung.
  • Surat keterangan kematian dari pemerintah setempat, dapat diurus di catatan sipil secara gratis dengan membawa KTP tertanggung.
  • Surat keterangan kepolisian (BAP) apabila kematian disebabkan karena kecelakaan lalu lintas. 

Setelah menyiapkan berkas-berkas lengkap di atas, ahli waris dapat mengurus klaim asuransi dengan mengikuti langkah-langkah berikut: 

  • Segera informasikan kepada pihak perusahaan bahwa tertanggung telah meninggal dunia. Lampirkan dokumen dan persyaratan klaim asuransi jiwa, nomor polis asuransi, surat kematian, dan dokumen lainnya yang dibutuhkan. 
  • Perusahaan asuransi akan mengirimkan formulir klaim asuransi yang harus dilengkapi secara lengkap dan sejujur-jujurnya oleh ahli waris.
  • Setelah berkas berhasil diterima oleh perusahaan asuransi, data Anda akan diverifikasi guna menghindari hal-hal yang tidak sesuai dengan perjanjian polis. 
  • Apabila risiko meninggal dunia sesuai dengan perjanjian yang tercatat dalam polis dan tidak melanggar ketentuan hukum, maka perusahaan asuransi akan menghitung kewajiban yang harus diberikan kepada penerima manfaat. 
  • Setelah proses perhitungan dan administrasi selesai, maka perusahaan asuransi akan segera mencairkan uang pertanggungan sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi. Umumnya pencarian nilai tunai ini akan dibayarkan dengan sistem transfer ke nomor rekening ahli waris. 

Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi perhitungan harga premi asuransi keluarga. Berikut adalah beberapa di antaranya: 

Tanggungan keluarga

Dalam asuransi keluarga, jumlah tanggungan keluarga tentu akan memengaruhi harga premi asuransi. Premi asuransi tiga orang anggota keluarga tentu lebih murah dibandingkan total lima orang anggota keluarga. 

Usia dan jenis kelamin

Usia dan jenis kelamin menjadi salah satu faktor utama yang dapat membedakan harga premi asuransi keluarga. Ini dikarenakan semakin tua usia nasabah, maka semakin tinggi pula risiko penyakit muncul. Selain itu, jenis kelamin juga dapat memberi faktor berbeda untuk risiko penyakit tertentu. 

Pekerjaan

Profesi atau pekerjaan tertanggung juga dapat memengaruhi risiko yang mungkin dialami oleh calon nasabah. Sebagai contoh, nasabah yang bekerja di kantor tentu memiliki risiko kecelakaan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan nasabah yang bekerja di lapangan. 

Riwayat kesehatan

Faktor riwayat kesehatan juga dapat memengaruhi harga premi asuransi. Calon nasabah yang memiliki riwayat penyakit tertentu akan dikenakan harga premi yang lebih tinggi. 

Secara umum, pembayaran premi asuransi keluarga dapat dilakukan melalui media berikut ini. Bergantung pada perusahaan asuransi yang Anda pilih. Berikut beberapa pilihan media pembayaran yang tersedia. 

  • Transfer bank
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi
  • Autodebet rekening atau kartu kredit

Sementara frekuensi pembayaran asuransi keluarga bergantung pada polis yang telah disepakati bersama. Berikut adalah beberapa pilihannya: 

Sementara itu, frekuensi pembayaran asuransi jiwa tergantung pada kesepakatan polis. Berikut beberapa pilihannya:

  • Pembayaran premi tunggal yang mengharuskan nasabah membayarkan premi sekali saja untuk rentang waktu pertanggungan tertentu.
  • Pembayaran premi berkala yang mengharuskan nasabah membayarkan premi secara berkala. Ada yang bulanan maupun tahunan.

Dasar hukum asuransi keluarga mengacu pada undang-undang asuransi secara umum. Adapun hukum asuransi dijabarkan dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 yang memuat tentang segala peraturan usaha perasuransian. 

Agar bisa mendapatkan produk asuransi keluarga terbaik, mari perhatikan beberapa poin berikut yang dapat membantu Anda dalam memilih produk asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhan dan manfaat finansial Anda.

Pilih asuransi keluarga dengan layanan yang bagus

Asuransi kesehatan yang bagus berarti asuransi kesehatan yang menyediakan perlindungan yang dibutuhkan. Mulai dari plafon dan premi yang sebanding. Selain itu, pastikan juga perusahaan asuransi keluarga yang baik memiliki jaringan rumah sakit yang luas serta syarat dan ketentuan yang tidak memberatkan nasabah.

Beli asuransi keluarga murah namun sesuai kebutuhan

Hal pertama yang perlu Anda ketahui ketika membeli produk asuransi adalah kebutuhan Anda. Cari perusahaan asuransi keluarga yang murah namun tetap sesuai dengan kebutuhan.

Bandingkan produk asuransi terbaik untuk Anda

Sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi keluarga, sebaiknya bandingkan produk asuransi keluarga yang satu dengan yang lain terlebih dahulu.

Anda juga bisa mendapatkan produk asuransi jiwa atau asuransi kesehatan keluarga premi murah dengan mengikuti beberapa tips berikut ini:

Beli plan asuransi keluarga dengan satu polis 

Asuransi keluarga yang dapat digabungkan menjadi satu polis tentu akan lebih murah ketimbang mendaftarkan setiap anggota keluarga dalam asuransi individu. Umumnya, Anda bisa mendapatkan premi asuransi keluarga dengan pertanggungan lima orang anggota keluarga dengan harga Rp1 juta.

Pilih asuransi keluarga murni 

Secara umum, asuransi keluarga murni memiliki harga premi yang lebih murah ketimbang berbalut investasi. Ini dikarenakan dana premi yang dibayarkan oleh nasabah dikelola sepenuhnya untuk kebutuhan pelayanan medis dan manfaat jiwa.

Di era serba digital ini, proses jual beli asuransi tersedia secara online sehingga dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Selain lebih praktis, membeli asuransi keluarga secara online juga dapat memudahkan Anda dalam membandingkan satu produk perusahaan asuransi dengan yang lainnya. Sehingga Anda bisa mendapatkan produk asuransi terbaik yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Setelah selesai membandingkan produk asuransi dan menetapkan manfaat asuransi keluarga yang diinginkan, Anda dapat membeli produk asuransi secara online baik melalui call center, situs, atau bahkan aplikasi yang disediakan oleh perusahaan asuransi. Lalu, lakukan  lakukan pembayaran premi secara berkala maupun sekaligus dengan metode pembayaran transfer atau metode pembayaran lainnya.

Cara lainnya, Anda bisa memanfaatkan marketplace asuransi yang menyediakan produk asuransi keluarga seperti Lifepal. Berbagai pilihan asuransi keluarga terbaik dapat Anda temukan melalui platform asuransi Lifepal.

Lifepal sebagai teman andalan Anda, bersedia memberikan layanan pembelian asuransi hingga proses klaim selama 24 jam. Adapun beragam promo asuransi keluarga gratis yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Selain itu, membeli asuransi keluarga secara online juga umumnya lebih murah jika dibandingkan membelinya secara offline atau melalui agen.

Produk asuransi keluarga bisa Anda dapatkan melalui agen maupun broker asuransi. Perlu dipahami bahwa terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi. Agen asuransi keluarga adalah orang pribadi yang bekerja dan mewakili perusahaan asuransi keluarga.

Sementara broker asuransi adalah perusahaan independen yang menjadi perantara antara calon nasabah dengan perusahaan asuransi. Di sini broker asuransi memberi ruang bebas untuk membandingkan produk asuransi keluarga yang diinginkan dengan perusahaan asuransi lainnya.

Artinya, dapat dilihat perbedaannya bahwa agen asuransi mewakili perusahaan asuransi dan broker asuransi memposisikan diri sebagai badan yang mewakili kepentingan calon nasabah. Broker asuransi juga berfungsi untuk membantu proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi agar berjalan dengan lancar dan adil.

Lifepal merupakan broker asuransi terbaik di Indonesia yang hadir untuk membantu Anda mendapatkan produk asuransi keluarga terbaik dengan harga premi paling murah. Lifepal adalah marketplace asuransi nomor satu di Indonesia yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Agar dapat lebih memahami manfaat polis asuransi, berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi keluarga: 

  • Aktuaris: Orang profesional yang telah menjalani sekolah atau pelatihan tertentu di bidang asuransi. Sehingga memiliki pengetahuan mengenai asuransi secara detail dan akurat.
  • Copayment: Biaya yang harus dibayarkan nasabah kepada pelayanan medis saat melakukan klaim. Pada umumnya biaya yang dikenakan adalah 10 persen dari total tagihan pelayanan medis.  
  • Premi asuransi: Tagihan yang yang harus disetorkan oleh tertanggung kepada perusahaan asuransi. 
  • Polis asuransi: Perjanjian tertulis terkait perjanjian hak dan kewajiban antara nasabah dengan perusahaan asuransi.  
  • Klaim asuransi: Pengajuan resmi oleh nasabah kepada perusahaan asuransi untuk mendapatkan manfaat alias jaminan yang dijanjikan sesuai dengan yang tertulis dalam polis. 
  • Masa tenggang: Ketentuan periode pengambilan nilai tunai apabila nasabah belum membayar premi hingga waktu yang ditentukan. 
  • Masa tunggu: Periode yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi dimana nasabah harus menunggu hingga manfaat asuransi dapat digunakan. 
  • Penanggung: Pihak yang membayarkan premi atas polis asuransi, sesuai dengan yang tertulis secara sah dalam polis. 
  • Tertanggung: Pihak yang menerima manfaat atas produk asuransi keluarga dan tertulis secara sah dalam polis.  
  • Risiko: Kerugian yang dialami oleh pihak yang ditanggung, dalam hal ini adalah anggota keluarga tertanggung. 
  • Benefit/manfaat: Manfaat atau fasilitas yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada nasabah, seperti penggantian biaya, santunan tunai, dan sebagainya. 
  • Secondary Benefit: Manfaat tambahan di luar manfaat pokok yang bisa didapatkan oleh nasabah. Untuk mendapatkan secondary benefit, nasabah akan dikenakan biaya premi tambahan. 
  • Coordination of Benefit (COB): Dikenal juga dengan istilah double claim, COB merupakan kesepakatan antar dua perusahaan asuransi untuk menanggung risiko tertanggung yang sama. Namun, total yang dibayarkan oleh kedua perusahaan asuransi tidak akan melebihi biaya perawatan medis yang ditagihkan. Dengan begitu manfaat yang didapatkan pun akan lebih maksimal. 

 

 

 

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal