Dapatkan Asuransi
		Sesuai Kebutuhan dan
		Anggaran Anda!

Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik


Temukan ratusan produk pilihan dari brand ternama, harga terjangkau!

+62

Ulasan Tentang Asuransi Kesehatan Keluarga

Pahami asuransi kesehatan keluarga lebih mendalam mulai dari fungsi dan manfaatnya, jenis, pertanggungan yang diberikan, metode penggantian biaya, cara klaim, hukum serta kelebihan dan kekurangannya sehingga Anda bisa memutuskan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Asuransi kesehatan keluarga adalah jenis asuransi yang menanggung lebih dari satu anggota keluarga, mulai dari pasangan, anak-anak, hingga tanggungan lainnya. Umumnya asuransi kesehatan keluarga melindungi hingga lima orang anggota keluarga dengan pembayaran hanya satu premi. 

Pertanggungan perawatan asuransi kesehatan keluarga adalah biaya rawat inap, rawat jalan pasca rawat inap, dan pembedahan. Manfaat tersebut dapat diperluas dengan asuransi tambahan atau rider. Untuk itu, pertanggungan asuransi kelompok ini sebaiknya didiskusikan oleh masing-masing agen untuk menentukan klaim yang didapat.

Perlindungan asuransi kesehatan keluarga tentu memiliki premi yang lebih besar ketimbang dengan asuransi kesehatan individu. Ini dikarenakan, asuransi kesehatan keluarga menanggung lebih dari satu anggota keluarga. Namun, besaran premi tersebut tetap tidak semahal jika mendaftarkan anggota keluarga satu per satu dalam asuransi kesehatan individu.

Harga premi yang ditetapkan setiap perusahaan asuransi pun berbeda-beda. Harga tersebut juga mengacu pada manfaat yang dipilih, kondisi kesehatan nasabah, riwayat kesehatan, risiko pekerjaan, manfaat, dan ketentuan lain yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Pembayaran asuransi kesehatan keluarga dapat dilakukan secara tahunan, semesteran, kuartalan, atau bulanan. 

Asuransi kesehatan sangatlah penting untuk dimiliki Anda dan anggota keluarga. Ini dikarenakan asuransi dapat melindungi Anda dari risiko finansial yang diakibatkan oleh sakit. Adapun fungsi dan manfaat asuransi kesehatan keluarga seperti berikut ini: 

  • Menjamin kemampuan melunasi biaya pengobatan, seperti biaya rawat inap, tes sakit/penyakit, dan obat-obatan. Asuransi kesehatan keluarga dapat meringankan risiko finansial atas biaya pengobatan ketika anggota keluarga jatuh sakit. 
  • Mampu melindungi keluarga Anda dengan baik. Ketika terproteksi oleh asuransi, Anda dan keluarga tidak perlu merepotkan orang lain atau orang terdekat ketika jatuh sakit. Ini dikarenakan Anda dapat mengandalkan manfaat asuransi kesehatan keluarga. 
  • Harga premi asuransi kesehatan keluarga lebih terjangkau, jika dibandingkan dengan harga asuransi premi individu. Selain itu, jumlah biaya perawatan kesehatan yang harus dikeluarkan ketika jatuh sakit umumnya juga sangat besar.
  • Mampu mengatur keuangan lebih baik. Biaya rawat inap dapat dikategorikan sebagai pengeluaran tidak terduga. Nah, jenis pengeluaran ini dapat menimbulkan masalah pada keuangan Anda. Dengan asuransi ini Anda dan keluarga dapat mengatur cash flow dengan lebih baik.

Sekarang Anda sudah mengerti manfaat asuransi kesehatan keluarga di atas. Akan lebih baik jika Anda mengetahui produk asuransi kesehatan keluarga terbaik.

Asuransi keluarga pada dasarnya merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh asuransi kesehatan. Adapun produknya terbagi atas tiga jenis, seperti berikut ini: 

  • Asuransi Kesehatan Rawat Jalan

Asuransi kesehatan rawat jalan adalah jaminan terhadap perawatan pasien yang diharuskan menjalani pelayanan medis yang tidak harus opname kepada tertanggung perorangan dan keluarga (Rider). Contohnya, sebelum dan sesudah rawat inap, diagnosis, pengobatan, fisioterapi, dan sebagainya.

  • Asuransi Kesehatan Rawat Inap

Asuransi kesehatan rawat inap menjamin biaya tertanggung perorangan dan keluarga (Rider) yang opname atau rawat inap di rumah sakit setidaknya satu malam. Masa pertanggungan asuransi rawat inap dapat ditentukan untuk jangka waktu tertentu, seperti satu tahun, beberapa tahun, atau bahkan seumur hidup (long term care). 

  • Asuransi Kesehatan Syariah 

Asuransi kesehatan syariah adalah perlindungan kesehatan yang dikelola menggunakan prinsip syariah, dimana peserta asuransi saling tolong-menolong dengan peserta lainnya. Asuransi kesehatan syariah menyediakan dua jenis layanan yaitu individu dan  keluarga (Rider). 

 Pertanggungan asuransi kesehatan keluarga menjabarkan manfaat yang diterima oleh tertanggung sesuai dengan yang tercatat dalam polis asuransi. Berikut adalah sejumlah pertanggungan umum yang diterima oleh peserta asuransi kesehatan keluarga. 

  • Rawat inap 

Pertanggungan asuransi untuk rawat inap di rumah sakit jika tertanggung jatuh sakit atau kecelakaan. Manfaat harian rawat inap setiap perusahaan asuransi umumnya berbeda-beda. Ada yang mulai dari Rp300 ribu hingga Rp1,2 juta per hari. 

  • Perawatan ICU 

Pertanggungan asuransi untuk biaya perawatan Intensive Care Unit (ICU), yang diakibatkan oleh sakit/penyakit atau kecelakaan. Pada umumnya, manfaat yang diberikan untuk perawatan ICU lebih besar dari pada biaya pertanggungan rawat inap. Tergantung dengan produk dan perusahaan asuransi yang dipilih. 

  • Rawat jalan setelah dirawat inap

Pertanggungan asuransi untuk biaya penyembuhan pasca opname atau 30 hari sejak tertanggung selesai dirawat inap. Umumnya manfaat ini diberikan setelah tertanggung dirawat inap minimal 5 hari di rumah sakit. 

  • Pembedahan 

Pertanggungan asuransi untuk tindakan pembedahan yang disebabkan oleh sakit/penyakit atau kecelakaan. Untuk besaran manfaat yang diberikan pun harus disesuaikan dengan tipe pembedahan kecil, sedang, besar, atau khusus. Manfaat yang diberikan juga umumnya terbilang cukup besar, yaitu mulai dari Rp6 juta hingga Rp24 juta, tergantung produk asuransi yang dipilih. 

  • Layanan pendampingan

Pertanggungan asuransi yang diberikan saat tertanggung berada di rumah maupun ketika bepergian. Adapun manfaat yang diberikan adalah konsultasi medis, evaluasi, rujukan, evakuasi medis dalam keadaan darurat, repatriasi medis, dan pemulangan jenazah. 

  • Perawatan gigi

Pertanggungan asuransi untuk perawatan kesehatan gigi, mulai dari pemeriksaan, pembersihan, tambal, hingga pencabutan gigi.

  • Perawatan mata

Pertanggungan asuransi untuk perawatan kesehatan mata, mulai dari pemeriksaan hingga termasuk kacamata.

1. Reimbursement

Reimbursement adalah metode penggantian biaya asuransi dengan cara peserta harus membayarkan sendiri biaya pengobatannya terlebih dahulu, kemudian diklaim untuk akhirnya diganti oleh pihak asuransi. Umumnya metode penggantian biaya asuransi ini digunakan untuk layanan perawatan medis rawat jalan. 

2. Cashless

Cashless adalah metode penggantian biaya asuransi kesehatan dimana peserta bisa mendapatkan pelayanan di sejumlah rumah sakit dengan menggesek kartu asuransi yang dimilikinya. Umumnya, metode penggantian cashless digunakan untuk layanan asuransi rawat inap. 

Metode proses klaim asuransi kesehatan keluarga memiliki prosedur yang berbeda antara reimbursement dan cashless. Agar lebih jelas, simak penjelasan lengkap di bawah ini.

1. Reimbursement

Peserta mengirimkan dokumen klaim  → Datang langsung ke kantor perusahaan asuransi/kurir/Lifepal → Perusahaan asuransi mengecek dokumen dan analisis → Pembayaran klaim → Selesai.

Klaim asuransi kesehatan dengan metode reimbursement harus disertakan beberapa dokumen penting, antara lain: 

  • Polis asli
  • Mengunduh dan mengisi formulir klaim
  • Bukti general check-up
  • Surat keterangan dokter
  • Hasil laboratorium dan/atau radiologi
  • Kuitansi rumah sakit asli
  • Surat keterangan polisi apabila dirawat karena kecelakaan

2. Cashless

Peserta asuransi membawa kartu saat di rumah sakit/klinik → Gesek kartu → Rumah sakit mengkonfirmasi ke pihak perusahaan asuransi → Peserta asuransi mendapatkan pelayanan medis.

Meski begitu, setiap perusahan asuransi biasanya memiliki prosedur penggantian biaya asuransi yang berbeda-beda. Itu sebabnya, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bagaimana cara perusahaan membayarkan uang pertanggungan jika ada klaim dari tertanggung. 

Biaya premi adalah jumlah uang yang wajib dibayarkan oleh pemegang polis kepada penanggung (perusahaan asuransi) sesuai dengan perjanjian yang telah disetujui bersama dan tercatat dalam polis asuransi. 

Biaya premi asuransi kesehatan keluarga harus disesuaikan dengan produk dan perusahaan asuransi yang dipilih. Sebagai contoh, biaya premi asuransi kesehatan keluarga Cigna Family Care berkisar Rp590 ribuan per bulan. Sementara, untuk biaya premi asuransi kesehatan keluarga Allianz SmartHealth Maxi Violet berkisar Rp500 ribuan per bulan. 

Penetapan premi asuransi kesehatan keluarga mengacu pada beberapa faktor berikut.

1. Usia dan jenis kelamin

Semakin tua umur seseorang, semakin mahal pula premi yang harus dibayarkan. Ini dikarenakan, lansia cenderung lebih rentan terkena sakit/penyakit, sehingga lebih banyak membutuhkan pengobatan atau perawatan. . Selain itu, jenis kelamin juga dapat memberi faktor berbeda untuk risiko penyakit tertentu.

2. Profesi

Pasalnya, ada beberapa profesi yang memiliki risiko kecelakaan lebih tinggi jika dibandingkan dengan profesi lainnya. Contohnya, untuk pekerja lapangan memiliki tingkat risiko kecelakaan yang lebih tinggi jika dibandingkan pekerja kantoran. 

3. Riwayat kesehatan

Riwayat kesehatan calon peserta juga akan dinilai oleh pihak perusahaan asuransi. Pasalnya, calon peserta asuransi dengan riwayat penyakit tentu biasanya akan dikenakan premi yang lebih tinggi. Terlebih tidak semua jenis penyakit ditanggung oleh asuransi kesehatan swasta. Sebut saja contoh penyakitnya adalah HIV/AIDS, penyakit banyaan, dan sebagainya. 

4. Kebiasaan merokok

Jika salah satu anggota keluarga memiliki kebiasaan merokok atau perokok aktif, harga premi yang ditetapkan pun akan lebih tinggi. 

Itu sebabnya, pahami dengan betul hak dan kewajiban Anda agar tidak salah dalam memiliki produk ataupun perusahaan asuransi. 

Pada umumnya ada tiga pilihan media yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran premi asuransi kesehatan keluarga.  Anda dapat memilih metode paling nyaman dan mudah bagi Anda. 

  • Transfer bank
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi
  • Autodebet rekening atau kartu kredit

Adapun frekuensi pembayaran dapat dilakukan secara tahunan, semesteran, kuartalan, dan bulanan. Sedangkan masa pertanggungan tahunan umumnya dapat diperpanjang hingga usia 70 tahun untuk tertanggung utama, pasangan, dan anak dewasa.

Dasar hukum asuransi kesehatan keluarga tercatat secara resmi dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian. 

Asuransi kesehatan keluarga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Agar lebih jelas, mari simak kelebihan dan kekurangan mendaftar di asuransi kesehatan keluarga yang dapat dijadikan bahan pertimbangan. 

1. Kelebihan memiliki asuransi kesehatan keluarga 

  • Meski di awal harga premi yang ditetapkan terkesan cukup mahal asuransi kesehatan keluarga sebenarnya lebih murah jika dibandingkan dengan mendaftarkan setiap anggota keluarga dalam asuransi kesehatan individu. 
  • Benefit atau manfaat asuransi kesehatan keluarga tergolong cukup lengkap, mulai dari biaya rumah sakit, rawat inap, rawat jalan pasca opname, perawatan gigi, dan sebagainya. 
  • Terlindungi dari risiko finansial. Ini dikarenakan, Anda akan mendapatkan penggantian biaya perawatan medis. Jadi, tidak perlu bingung ketika harus melunasi biaya pengobatan ketika diri sendiri atau anggota keluarga jatuh sakit atau kecelakaan. 

2. Kekurangan memiliki asuransi kesehatan keluarga 

  • Jaminan manfaat yang diberikan asuransi kesehatan keluarga terbilang terbatas. Pasalnya, Anda harus memilih untuk mendaftarkan diri dalam asuransi kesehatan keluarga rawat jalan atau rawat inap. Untuk mendapatkan kedua manfaatnya Anda perlu mengeluarkan uang lebih dengan mengambil paket tambahan atau rider.  
  • Banyak orang beranggapan mendaftar ke asuransi kesehatan rugi karena premi akan hangung apabila tidak digunakan. Padahal anggapan ini tidaklah sepenuhnya benar. 
  • Beberapa asuransi kesehatan keluarga tidak menanggung prosedur medis ataupun penyakit kritis. Sebagai contohnya, saat ini asuransi kesehatan swasta tidak menanggung perawatan kesehatan untuk penyakit HIV/AIDS dan penyakit mental. 

Adapun beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi kesehatan keluarga: 

  • Aktuaris:

Seseorang ahli atau profesional yang menjalankan pelatihan khusus, sehingga memiliki pengetahuan  detail dan akurat terkait asuransi. Tugasnya adalah menghitung besaran premi calon peserta asuransi. 

  • Copayment:

Copayment adalah jumlah dana yang harus dilunaskan saat melakukan klaim tagihan pelayanan medis. Pada umumnya nominalnya berjumlah 10 persen dari total tagihan pelayanan medis yang diterima.  

  • Premi asuransi:

Premi asuransi adalah jumlah uang yang harus disetorkan oleh tertanggung kepada penanggung, dalam hal ini adalah perusahaan asuransi. 

  • Polis asuransi:

Perjanjian tertulis antara Tertanggung (peserta asuransi) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.

  • Klaim asuransi:

Permintaan yang dibuat oleh peserta asuransi secara resmi untuk mendapatkan jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi, sesuai dengan kesepakatan tercatat dalam polis. 

  • Masa tenggang:

Periode waktu setelah tanggal jatuh tempo pembayaran premi, namun polis asuransi masih berlaku. 

  • Masa tunggu:

Jenjang waktu setelah polis diterbitkan, namun manfaat belum dapat digunakan oleh peserta asuransi. Atau, manfaat yang sama telah digunakan dalam kurun waktu dekat, dan harus menunggu beberapa waktu hingga manfaat yang sama dapat digunakan kembali. 

  • Penanggung:

Pihak yang resmi tertulis di polis asuransi sebagai orang yang membayarkan premi atas polis tersebut, dalam hal ini perusahaan asuransi. 

  • Tertanggung:

Pihak yang resmi tertulis di polis asuransi sebagai orang yang menerima benefit atau manfaat atas suatu produk asuransi, dalam hal ini peserta asuransi. 

  • Risiko:

Risiko atau kerugian yang dialami oleh pihak yang dipertanggungkan oleh asuransi.

  • Benefit/manfaat:

Perlindungan yang dijanjikan akan diterima oleh pihak tertanggung, baik berupa fasilitas ataupun penggantian biaya. 

  • Secondary Benefit:

Manfaat tambahan dari manfaat utama yang bisa didapatkan oleh peserta asuransi. Akan tetapi, nominal premi akan ikut meningkat dengan secondary benefit. 

  • Coordination of Benefit (COB):

Dikenal dengan sebutan double claim, COB adalah proses dimana dua perusahaan asuransi menanggung peserta asuransi yang sama, guna mendapatkan manfaat maksimal dari produk asuransi yang digunakan. Meski begitu, total biaya yang akan dibayarkan tidak akan melebihi biaya perawatan medis yang ditagihkan. 

Memilih dan Membeli Asuransi Kesehatan Keluarga

Agar tak salah pilih, perhatikan beberapa poin berikut sebelum memilih dan membeli asuransi kesehatan keluarga bagi diri sendiri maupun keluarga.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih asuransi kesehatan dengan manfaat dan harga terbaik di Indonesia. Berikut ini diantaranya: 

1. Penawaran perusahaan asuransi kesehatan keluarga bagus 

Asuransi kesehatan keluarga yang bagus tentu mampu menyediakan perlindungan kesehatan yang dibutuhkan oleh Anda dan keluarga. Ini berarti perusahaan asuransi tersebut memiliki plafon dan premi yang sebanding. Perhatikan juga jaringan rumah sakit yang disediakan dan ketentuan hak serta kewajiban yang ditentukan tidak memberatkan Anda. 

2.  Premi murah namun mampu memenuhi kebutuhan 

Asuransi kesehatan yang bagus tidak selalu berarti memiliki premi yang mahal. Sebaliknya, jangan ragu ketika untuk membeli produk asuransi dengan premi murah dan memiliki manfaat yang sesuai dengan kebutuhan Anda serta keluarga. 

3. Bandingkan produk asuransi terbaik

Untuk memilih produk asuransi kesehatan keluarga terbaik, sebaiknya bandingkan beberapa produk asuransi yang sejenisnya terlebih dahulu. 

Asuransi kesehatan yang bagus mengacu pada poin-poin berikut yang bisa menjadi pertimbangan:

1. Metode klaim dan pembayaran lengkap

Asuransi kesehatan keluarga yang bagus tentu memiliki pilihan metode klaim dan pembayaran premi yang lengkap. Pilih perusahaan asuransi yang menyediakan layanan penggantian dengan cara reimbursement dan cashless. Selain itu pembayaran premi yang lengkap meliputi transfer, autodebet, ataupun marketplace. Dengan begitu, Anda dapat memilih metode yang paling mudah dan nyaman bagi Anda. 

2. Plafon dan premi sebanding 

Asuransi kesehatan keluarga yang bagus memiliki plafon dan premi sebanding. Artinya, perusahaan asuransi tersebut memberikan manfaat asuransi kesehatan keluarga yang lengkap dengan harga sesuai. Pastikan juga Anda memilih premi yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda. 

3. Rekanan rumah sakit yang luas

Jaringan rumah sakit penting untuk diperhatikan, sehingga Anda dan keluarga bisa mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik di mana saja. 

4. Masa tunggu penyakit

Asuransi yang baik umumnya memiliki masa tunggu penyakit yang singkat. Artinya, Anda atau anggota keluarga terserang penyakit yang sama dalam waktu dekat, manfaat asuransi dapat Anda gunakan dalam waktu yang singkat. 

Menemukan asuransi kesehatan keluarga yang murah dengan polis yang lengkap tidaklah yang mudah. Namun, jangan khawatir, mari perhatikan beberapa tips berikut: 

1. Pilih asuransi kesehatan keluarga murni

Asuransi kesehatan keluarga murni artinya tidak berbalut unit-link atau investasi. Dengan kata lain, dana premi yang disetorkan hanya ditujukan untuk kebutuhan pelayanan medis peserta asuransi (diri sendiri dan anggota keluarga). Umumnya, asuransi murni memiliki harga premi yang lebih bersahabat. 

2. Cermat memilih asuransi tambahan (rider)

Pembelian asuransi tambahan atau rider memang akan menambah sejumlah biaya premi asuransi Anda dan keluarga. Itu sebabnya, jika fokus Anda mencari produk asuransi dengan harga premi yang murah, sebaiknya menghindari produk asuransi tambahan dan beli produk yang sangat dibutuhkan saja. 

Namun sebaliknya, jika Anda ingin mengurangi risiko pengeluaran yang melonjak akibat kerugian seperti sakit/penyakit atau kecelakaan, maka jangan ragu untuk membeli rider. Meski begitu, tetap sesuaikan dengan kemampuan finansial Anda dan anggota keluarga, ya. 

3.Tidak perlu gunakan asuransi seumur hidup

Produk asuransi kesehatan keluarga seumur hidup umumnya mengenakan premi yang besar. Pada umumnya, premi akan terus meningkat sering dengan peningkatan usia peserta asuransi. Untuk itu, menghindari asuransi kesehatan keluarga seumur hidup bisa menjadi salah satu trik mendapatkan premi asuransi yang murah. 

4. Bandingkan produk asuransi

Sebelum memilih produk asuransi kesehatan keluarga, sebaiknya bandingkan produk beberapa asuransi kesehatan yang ada di pasaran. Salah satu tips mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan situs agregator asuransi seperti Lifepal. 

5. Beli asuransi syariah

Asuransi kesehatan keluarga syariah menghindarkan dari fungsi asuransi yang mengandung Riba atau bunga. Untuk itu harga preminya pun tergolong lebih murah dibandingkan produk asuransi konvensional. Asuransi syariah terbuka untuk siapa saja, tidak hanya umat Islam saja yang bisa menikmati manfaatnya. 

Membeli asuransi kesehatan keluarga akan lebih mudah dilakukan secara online  karena dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Selain itu, membeli asuransi secara online juga bisa memberikan kebebasan lebih dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan lebih leluasa membandingkannya dengan produk perusahaan asuransi yang lain. Salah satu cara sederhananya adalah dengan memanfaatkan situs agregator asuransi seperti Lifepal. 

Lifepal adalah salah satu marketplace asuransi yang secara khusus menyediakan beragam produk asuransi kesehatan dan jiwa. Berbagai pilihan asuransi kesehatan keluarga terbaik dapat Anda temukan di situs resmi Lifepal. 

Lifepal sebagai teman andalan Anda, memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi hingga proses klaim. Selain itu, ada juga berbagai promo asuransi kesehatan gratis untuk beberapa proteksi, seperti proteksi terhadap kecelakaan, demam berdarah, dan asuransi tipes.

Selain itu, membeli asuransi kesehatan keluarga secara online juga lebih murah 40 persen ketimbang membeli asuransi secara offline ataupun dari agen.

Calon peserta asuransi bisa membeli produk asuransi kesehatan keluarga terbaik melalui agen atau broker asuransi. Namun, perlu dimengerti bahwa agen asuransi dan broker asuransi  (dalam hal ini asuransi kesehatan keluarga) memiliki fungsi yang berbeda. Agen asuransi adalah orang pribadi yang bekerja pada perusahaan asuransi. 

Sementara broker asuransi adalah perusahaan yang menjadi perantara antara calon peserta asuransi dengan perusahaan asuransi. Dengan demikian, calon peserta asuransi dapat lebih mudah membandingkan produk asuransi kesehatan keluarga yang sesuai dengan kebutuhannya. 

Perlu dipahami bahwa jika agen asuransi mewakili perusahaan asuransi, broker asuransi mewakili kepentingan pihak calon peserta asuransi. Untuk itu, broker asuransi senantiasa membantu peserta asuransi dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi dan memastikan tertanggung menerima hak sesuai dengan perjanjian yang tercatat dalam polis. 

Lifepal merupakan agen dan broker asuransi kesehatan terbaik di Indonesia. Mari bandingkan produk asuransi kesehatan keluarga terbaik dan murah melalui situs web Lifepal.co.id. Lifepal bekerja sama dengan PT Mitra Ibisnis Terapan adalah pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-18/NB.1/2016 dan anggota APPARINDO 230-2016.

Terlepas dari segala keuntungannya, Anda juga perlu berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan perusahaan maupun broker asuransi. Pastikan tempat Anda membeli produk asuransi kesehatan keluarga telah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan asosiasi asuransi resmi yang terkait. 

Berikut cara menghindari penipuan terhadap penawaran asuransi kesehatan keluarga: 

  • Perhitungkan manfaat asuransi yang diberikan oleh pihak perusahaan maupun broker asuransi. Pastikan plafon dan premi yang diberikan sebanding. Ingat, semakin besar manfaat yang diberikan akan semakin besar pula premi yang harus dibayarkan. 
  • Bijak dalam memilih jenis-jenis asuransi, seperti asuransi kesehatan keluarga murni, asuransi kesehatan keluarga tradisional, asuransi kesehatan keluarga unit link, atau asuransi kesehatan keluarga syariah. Pasalnya, setiap jenis asuransi tersebut memiliki tujuan yang berbeda-beda. Jadi, sesuaikan dengan tujuan yang dibutuhkan Anda dan anggota keluarga. 
  • Lakukan beberapa perbandingan terhadap produk asuransi kesehatan keluarga. Mulai dari segi premi, manfaat, plafon, hingga rumah sakit rekanannya. Pilihan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. 
  • Pertimbangkan perusahaan asuransi yang dipilih. Ini dikarenakan reputasi perusahaan asuransi juga tidak kalah pentingnya. Hindari perusahaan yang belum terdaftar secara resmi dalam situs OJK. 
  • Untuk membantu memilih asuransi kesehatan keluarga yang cocok, jangan ragu untuk konsultasikan bersama Lifepal. Ini dikarenakan Lifepal adalah pialang asuransi yang berpihak pada nasabah (tertanggung), sehingga akan mewakili semua kepentingan tertanggung, termasuk proses klaim dan sebagainya. 
  • Minta dummy polis kepada pihak perusahaan asuransi sebelum memutuskan membeli polis asuransi kesehatan keluarga tersebut. 
  • Hindari menitipkan pembayaran premi asuransi kepada agen, terlebih secara tunai. Sebaiknya, gunakan metode resmi seperti transfer bank, auto debet kartu debit atau kartu kredit, datang langsung ke kantor perusahaan, dan melalui marketplace. Cara lainnya adalah melalui broker terpercaya seperti Lifepal, terjamin aman dan mudah. 
  • Simpan bukti pembayaran untuk dijadikan bukti jika terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kesalahan sistem dan lainnya. 
  • Diskusikan segala pertanyaan terkait asuransi dengan Lifepal. Lifepal akan senantiasa membantu Anda menyelesaikan berbagai persoalan dan menjawab pertanyaan Anda secara sederhana agar mudah dimengerti.