Asuransi Kesehatan Keluarga

Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
+62
Cicilan 0%Hemat 25%
 

Daftar Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Ada cukup banyak pilihan asuransi kesehatan di Indonesia yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran kita. Berikut ini beberapa di antaranya: 

Polis asuransi kesehatan yang dirancang khusus bagi keluarga

Ada ratusan pilihan polis asuransi kesehatan yang tersedia di Indonesia. Setiap polis memiliki keunggulannya masing-masing. Biar tidak bingung membandingkan ratusan polis asuransi kesehatan, mari simak pilihan polis rekomendasi Lifepal berikut. 

1. Cigna Family Care 

Keunggulan:

  • Masa mempelajari polis asuransi selama 30 hari. 
  • Manfaat pendampingan saat di rumah dan perjalanan. 
  • Manfaat layanan ambulans lokal. 
  • Harga premi terjangkau.

2. Cigna Family Care Optima

Keunggulan:

  • Masa mempelajari polis asuransi selama 30 hari. 
  • Manfaat pendampingan saat di rumah dan perjalanan. 
  • Manfaat layanan ambulans lokal. 
  • Manfaat pengembalian premi.

3. LippoHealth Plus Family

Keunggulan:

  • Usia masuk tertanggung 0-60 tahun. 
  • Manfaat klaim bisa digunakan lebih dari 500 rumah sakit di Indonesia. 
  • Manfaat Personal Medical Assistance. 
  • Harga premi terjangkau.

4. AXA SmartCare Executive

Keunggulan:

  • Diskon 50 persen untuk premi anak kedua dan seterusnya. 
  • Pilihan manfaat asuransi hingga Rp500 juta. 
  • Layanan klaim online melalui myAXA Claim.

Asuransi kesehatan dengan jaringan rumah sakit terluas

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, jumlah rumah sakit di Indonesia pada tahun 2018 mencapai 2.817. Angka tersebut terbilang cukup banyak berbanding dengan total 34 provinsi di Indonesia. Itu berarti, akses rumah sakit dapat dicapai dengan mudah apabila kita cerdas dalam memilih perusahaan asuransi. Berikut ini tiga perusahaan asuransi dengan jumlah rekanan layanan kesehatan terluas: 

Perusahaan Asuransi Kesehatan Jumlah RS & Klinik Rekanan
PT AIA Financial Indonesia 1.092
PT Asuransi Allianz Life Indonesia 851
PT BNI Life Insurance 721
PT Lippo General Insurance Tbk  500

Asuransi kesehatan terbaik dengan layanan darurat

Kita tidak akan pernah tahu kapan akan dihadapkan dengan keadaan darurat kesehatan. Untuk itu, asuransi kesehatan yang memiliki layanan call center 24 jam akan sangat membantu. Khususnya bagi nasabah yang memiliki kondisi penyakit bawaan, sehingga membutuhkan call center yang dapat mengakomodasi kebutuhan darurat nasabah saat perlu perawatan di rumah sakit.  Berikut ini lima perusahaan asuransi kesehatan terbaik dengan layanan call center 24 jam: 

Perusahaan Asuransi Kesehatan dengan Layanan 24 Jam

PT Asuransi Cigna 

Customer Care 24 jam setiap harinya

PT Asuransi AXA Indonesia 

AXA Voice (021) 3005 9999

PT Lippo General Insurance Tbk 

Contact Center dan Case Monitoring 24 jam

PT Asuransi Sinar Mas (ASM)

24 Hour Customer Care (021) 23567888/ 50507888

 

Pengertian Asuransi Kesehatan Keluarga 

Asuransi kesehatan keluarga adalah asuransi kesehatan yang menanggung lebih dari satu orang atau seluruh anggota keluarga dengan satu polis. Kebanyakan asuransi kesehatan keluarga di Indonesia hanya menanggung total lima anggota keluarga, yaitu ayah, ibu, dan tiga orang anak. Jika total anggota keluarga lebih dari lima orang maka akan dikenakan tambahan biaya premi. 

Untuk manfaat asuransi yang diberikan serupa dengan asuransi kesehatan pada umumnya, seperti pertanggungan biaya rawat inap di rumah sakit, manfaat pembedahan, dan rawat jalan pra atau pasca rawat inap.

Saat ini ada puluhan pilihan polis asuransi kesehatan keluarga dengan keunggulannya masing-masing. Kita sebagai nasabah harus cerdas dalam memilih produk asuransi kesehatan keluarga terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. 

Salah satu cara praktis untuk mendapatkan asuransi terbaik adalah dengan memanfaatkan platform asuransi seperti Lifepal. Kita bisa isi profil keluarga, mulai dari jumlah anggota keluarga dan usia masing-masing anggota keluarga pada formulir di atas. Dari situ, akan ditampilkan rekomendasi asuransi yang cocok bagi keluarga, baik berdasarkan premi termurah dan paling sesuai dengan profil keluarga kita.

Daftar Isi

Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan Keluarga 

Mungkin beberapa dari kita masih bertanya-tanya, “kenapa memilih asuransi kesehatan keluarga dibandingkan asuransi kesehatan individu?”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak keuntungan memilih asuransi kesehatan keluarga berikut ini. 

  • Prosesnya lebih sederhana

Ini dikarenakan satu polis bisa digunakan untuk beberapa anggota keluarga sekaligus. Jadi, lebih menghemat waktu dalam pengurusan polisnya.

  • Besaran premi lebih terjangkau

Total biaya premi lima anggota keluarga sekaligus akan lebih murah dibandingkan premi asuransi individu untuk lima orang. Sebab, premi tidak dihitung berdasarkan per individu melainkan per paket. Jika nominal premi per paket dibagi per individu maka harganya menjadi lebih murah.

Sebagai contoh, berikut perbandingan premi antara asuransi kesehatan individu dan keluarga dari perusahaan asuransi Sinar Mas. 

perbandingan-simas

Dapatkan produk Simas Sehat Executive di laman Asuransi Sinar Mas

  • Terlindungi dari risiko finansial 

Dengan terlindungi oleh asuransi kesehatan keluarga, kita akan selalu siap dengan risiko jika salah satu anggota keluarga membutuhkan biaya perawatan secara tiba-tiba. 

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Keluarga Terbaik

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih asuransi kesehatan keluarga terbaik. Empat di antaranya adalah layanan dan kepuasan pelanggan, pilihan polis asuransi yang tersedia, plafon dan cakupan pertanggungan, dan popularitas brand asuransi. 

Mengacu pada keempat indikator tersebut, mari lihat rekomendasi Lifepal pada menu-tab Pilihan Terbaik atau klik di sini!

Seperti Ini Cara Kerja Asuransi Kesehatan Keluarga

Meski hanya menggunakan satu polis, besaran premi untuk tiap anggota keluarga berbeda-beda. Misal, besaran premi untuk ayah dan ibu tentu biasanya akan lebih tinggi dibandingkan anak-anak. Meski demikian, total premi seluruh keluarga jika dibagi per kepala menjadi jauh lebih ringan. 

Berikut adalah ketentuan yang perlu diperhatikan: 

  • Maksimum anggota adalah lima orang (ayah, ibu, dan 3 anak). Lebih dari lima orang akan dikenakan biaya premi tambahan. 
  • Polis asuransi akan berakhir begitu anggota keluarga tertua mencapai usia pertanggungan maksimum asuransi. 
  • Polis asuransi tidak menanggung batas usia anak yang ditentukan dalam polis asuransi. 

Jenis-Jenis Asuransi Keluarga 

Asuransi untuk keluarga sebenarnya tidak hanya tersedia dalam bentuk produk asuransi kesehatan, melainkan juga rider atau produk asuransi penyakit kritis dan asuransi jiwa.

Asuransi kesehatan keluarga konvensional 

Asuransi kesehatan keluarga konvensional memberikan manfaat berupa pertanggungan biaya rawat inap dan rawat jalan apabila salah satu dari anggota keluarga jatuh sakit. 

Nasabah juga dapat memperluas manfaat asuransi dengan membeli rider (manfaat tambahan di luar manfaat dasar). Jenis-jenis rider yang ditawarkan meliputi biaya perawatan gigi, perawatan mata, asuransi maternity. Untuk mendapatkan manfaat rider, nasabah akan dikenakan biaya premi tambahan sesuai dengan plan yang dipilih. 

Asuransi kesehatan keluarga syariah 

Asuransi kesehatan syariah memiliki manfaat asuransi yang serupa dengan asuransi kesehatan konvensional. Yang membedakan adalah produk asuransi ini mengikuti prinsip syariah atau sesuai syariat Islam. 

Artinya, dana asuransi adalah dana milik bersama atau semua peserta asuransi. Jadi, jika ada peserta lainnya yang membutuhkan bantuan, peserta asuransi lain akan membantu melalui dana kontribusi tersebut. Selain itu, umumnya asuransi kesehatan syariah mewajibkan pesertanya membayar zakat. Untuk nominalnya ditentukan berdasarkan keuntungan perusahaan. 

Asuransi penyakit kritis keluarga 

Sesuai dengan namanya, asuransi kesehatan keluarga ini memberikan solusi finansial apabila salah satu dari anggota keluarga terkena penyakit kritis. Produk ini mungkin masih kurang populer. Padahal risiko terserang penyakit kritis di Indonesia terus meningkat setiap tahunnya dan sangat besar.

Menurut Prof. Dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FACP selaku ketua Yayasan Kanker Indonesia, 8-10 persen kasus kanker dipengaruhi oleh genetik. Itu sebabnya, asuransi ini sangat cocok khususnya untuk nasabah yang memiliki riwayat penyakit kritis yang diwariskan dari keluarga. 

Asuransi jiwa untuk satu keluarga

Selain proteksi kesehatan, juga terdapat pilihan asuransi jiwa keluarga. Berbeda dengan jenis-jenis asuransi keluarga sebelumnya, asuransi jiwa untuk satu keluarga akan memberikan uang santunan apabila terjadi risiko cacat tetap atau meninggal dunia pada pencari nafkah keluarga. 

Baca selengkapnya tentang asuransi jiwa keluarga di sini

Manfaat Pelayanan Kesehatan yang Didapatkan

Pertanggungan asuransi kesehatan untuk keluarga menjabarkan manfaat yang diterima oleh tertanggung sesuai dengan yang tercatat dalam polis asuransi. Berikut adalah sejumlah pertanggungan umum yang diterima oleh peserta asuransi kesehatan keluarga. 

Pertanggungan asuransi untuk rawat inap di rumah sakit jika salah satu anggota keluarga jatuh sakit atau kecelakaan. Manfaat harian rawat inap setiap perusahaan asuransi umumnya berbeda-beda. Ada yang mulai dari Rp300 ribu hingga Rp1,2 juta per hari.
Pertanggungan asuransi untuk biaya perawatan Intensive Care Unit (ICU), yang diakibatkan oleh sakit/penyakit atau kecelakaan. Pada umumnya, manfaat yang diberikan untuk perawatan ICU lebih besar daripada biaya pertanggungan rawat inap. Tergantung dengan produk dan perusahaan asuransi yang dipilih.
Pertanggungan asuransi untuk biaya penyembuhan pasca opname atau 30 hari sejak tertanggung selesai dirawat inap. Umumnya manfaat ini diberikan setelah tertanggung dirawat inap minimal 5 hari di rumah sakit.
Pertanggungan asuransi untuk tindakan pembedahan yang disebabkan oleh sakit/penyakit atau kecelakaan. Untuk besaran manfaat yang diberikan pun harus disesuaikan dengan tipe pembedahan kecil, sedang, besar, atau khusus.
Pertanggungan asuransi yang diberikan saat tertanggung berada di rumah maupun ketika bepergian. Adapun manfaat yang diberikan adalah konsultasi medis, evaluasi, rujukan, evakuasi medis dalam keadaan darurat, repatriasi medis, dan pemulangan jenazah. Manfaat asuransi ini umumnya tergolong sebagai manfaat tambahan atau rider, sehingga akan dikenakan biaya premi tambahan.
Pertanggungan asuransi untuk perawatan kesehatan gigi, mulai dari pemeriksaan, pembersihan, tambal, hingga pencabutan gigi. Perawatan gigi juga tergolong rider.
Manfaat asuransi tambahan atau rider untuk perawatan kesehatan mata, mulai dari pemeriksaan hingga termasuk kacamata.

Sesuaikan manfaat dengan kebutuhan

Hampir semua perusahaan asuransi kesehatan keluarga memberikan manfaat dasar pertanggungan biaya rawat inap dan rawat jalan. Akan tetapi, terkadang kita membutuhkan manfaat lebih yang perlu disesuaikan dengan manfaat profil keluarga. Agar tidak salah pilih, mari simak beberapa jenis asuransi berdasarkan manfaatnya berikut ini.

Kebutuhan Jenis asuransi yang cocok
Memiliki anak berusia bayi atau baru lahir.  Asuransi kesehatan keluarga yang menanggung usia peserta mulai dari usia 0 dan pertanggungan biaya imunisasi. 
Rekanan rumah sakit yang dekat dengan tempat tinggal.  Asuransi kesehatan keluarga dengan pilihan klaim cashless dan reimbursement. 
Metode klaim tanpa harus mengeluarkan anggaran besar terlebih dahulu.  Asuransi kesehatan keluarga dengan klaim cashless. Pastikan rekanan rumah sakit yang menerima klaim cashless memiliki reputasi baik. 

Kriteria Asuransi Kesehatan Keluarga yang Paling OK!

Biaya pelayanan kesehatan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bahkan Indonesia menjadi salah satu negara dengan inflasi biaya kesehatan paling tinggi di Asia. Artinya, jika dulu kita bisa mendapatkan perawatan di rumah sakit dengan biaya Rp200 ribuan saja, sekarang kita harus menyiapkan dana minimal Rp500 ribuan untuk perawatan standar. Itu sebabnya, kita perlu melindungi keluarga kira dengan asuransi kesehatan. Berikut ini adalah beberapa kriteria asuransi kesehatan keluarga yang bagus dan menguntungkan nasabah: 

  • Metode klaim cashless. Dengan sistem klaim cashless nasabah bisa datang ke rumah sakit bermodal kartu peserta asuransi kesehatan saja. Artinya, nasabah tidak perlu mengeluarkan anggaran yang besar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit rekanan. Namun, cashless tidak selalu menjadi terbaik. Tetap ada plus-minus. Baca di sini mengenai perbandingan klaim cashless dan reimbursement.
  • Menanggung biaya rawat jalan. Manfaat ini sangat penting dimiliki, khususnya untuk nasabah yang memiliki anak usia bayi. Mengingat, pada usia dini sistem imun tubuh anak masih belum terbentuk dengan sempurna. Alhasil lebih mudah jatuh sakit. Belum lagi biaya perawatan pra dan pasca rawat inap tidaklah murah. Itu sebabnya, kita perlu asuransi kesehatan yang menanggung biaya rawat jalan sebagai solusi finansial ketika anak sakit.
  • Manfaat pengembalian premi asuransi kesehatan. Beberapa asuransi juga menawarkan pengembalian premi apabila tidak ada klaim hingga masa polis berakhir. Umumnya besaran pengembalian premi tiap polis perusahaan berbeda-beda ada yang 20 persen, 50 persen, bahkan hingga 100 persen dari total premi yang telah dibayarkan.
  • Metode pembayaran premi. Umumnya pembayaran premi dapat dilakukan melalui teller, transfer bank, auto debet atau kredit, e-banking, pusat perbelanjaan, marketplace, virtual account, bahkan hingga kantor POS dan Pegadaian. Usahakan cari perusahaan asuransi yang menyediakan metode pembayaran premi paling lengkap.
  • Plafon asuransi kesehatan. Plafon yang ditawarkan oleh asuransi kesehatan keluarga memang sekilas terkesan besar. Misal uang pertanggungan Rp20 juta terkesan banyak saat ini. Namun, jika dibandingkan dengan biaya perawatan kesehatan di Indonesia saat ini yang mana biaya operasi memakan biaya sekitar Rp7-15 juta, tentu manfaat pertanggungan Rp20 juta sangatlah kecil.
  • Memiliki polis khusus untuk asuransi keluarga. Beberapa perusahaan menghadirkan polis asuransi kesehatan khusus untuk keluarga. Di antaranya adalah Cigna, Lippo Insurance, dan AXA. Biasanya akan ada diskon untuk pilihan asuransi kesehatan keluarga. 

Berencana untuk membeli asuransi kesehatan berupa paket untuk keluarga? Sila isi formulir di atas dan tim Lifepal akan membantu kita untuk mendapatkan paket asuransi kesehatan yang pas dengan kebutuhan dan bujet.

 

Tips dan Pertanyaan

Sebenarnya asuransi kesehatan keluarga dan individu memiliki keunggulannya masing-masing. Bagi nasabah yang telah berkeluarga dan memiliki lebih dari satu orang anak, sangat disarankan untuk memilih asuransi kesehatan keluarga. Karena biaya premi yang dikeluarkan akan lebih murah. 

Namun, untuk nasabah yang belum berkeluarga atau belum memiliki anak, akan lebih menguntungkan jika memilih asuransi individu agar manfaat asuransi yang diterima akan lebih maksimal.

Besaran premi asuransi kesehatan keluarga yang ditawarkan oleh tiap perusahaan asuransi tentu berbeda-beda. Umumnya dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, jumlah tanggungan keluarga, dan manfaat tambahan (rider). 

Sebagai rekomendasi, besaran asuransi kesehatan keluarga sangat beragam, mulai dari sekitar Rp4 jutaan hingga Rp18 jutaan. Sehingga, dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran calon nasabah. 

Mendapatkan asuransi kesehatan keluarga dengan premi murah bisa dengan cara: pilih asuransi kesehatan murni karena tidak ada pembagian antara proteksi dan investasi, lebih selektif dalam memilih rider, dan bandingkan plan yang ada. Salah satu cara bandingkan asuransi kesehatan paling efektif adalah menggunakan platform asuransi seperti Lifepal. Di Lifepal, tersedia lebih dari 100 pilihan asuransi kesehatan yang bisa kita beli.

Pertama, tentukan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki keluarga. Kemudian, bandingkan plan asuransi secara online. Pilih asuransi yang sesuai kebutuhan dan anggaran kita. Agar lebih mudah, dapat memanfaatkan platform asuransi Lifepal.co.id. 

Lifepal sebagai teman andalanmu memberikan kemudahan dalam membandingkan produk asuransi dari berbagai perusahaan asuransi di Indonesia. Dengan begitu, proteksi terbaik dan harga paling ringan bisa didapatkan. 

Batas usia masuk asuransi kesehatan bergantung pada perusahaan asuransi yang menawarkan. Artinya, mulai dari usia 0 hingga 99 bahkan 100 tahun. 

Asuransi keluarga yang bagus adalah sesuai kebutuhan dan anggaran nasabah. Untuk lebih jelasnya dapat melihat kriteria asuransi kesehatan keluarga yang paling bagus di sini, atau lihat rekomendasi Lifepal di sini