Jenis Asuransi Kesehatan Keluarga

Jenis asuransi kesehatan keluarga terbagi menjadi dua, yaitu berdasarkan produknya dan manfaatnya. Berdasarkan produk, nasabah dapat memilih polis asuransi konvensional atau syariah. Sementara untuk jenis manfaat asuransi, nasabah bisa beli manfaat dasar atau melengkapinya dengan manfaat tambahan (rider). 

Berdasarkan Jenis Produknya

Berdasarkan produk secara sederhana dapat dibedakan menjadi dua kategori, yaitu konvensional dan syariah. Berikut ini ulasannya: 

1. Asuransi Kesehatan Keluarga Konvensional 

Asuransi kesehatan keluarga konvensional adalah proteksi kesehatan untuk keluarga yang dihadirkan oleh perusahaan asuransi konvensional atau non syariah. Adapun manfaat yang diberikan berupa pertanggungan biaya rawat inap dan rawat jalan apabila salah satu dari anggota keluarga jatuh sakit. 

2. Asuransi Kesehatan Keluarga Syariah 

Asuransi kesehatan syariah memiliki manfaat asuransi yang serupa dengan asuransi kesehatan konvensional. Yang membedakan adalah produk asuransi ini mengikuti prinsip syariah atau sesuai syariat Islam.

Setelah mengetahui jenis asuransi kesehatan keluarga seperti apa yang dibutuhkan, mari bandingkan pilihan polis dari berbagai perusahaan asuransi secara online!
πŸ‘¨β€πŸ‘©β€πŸ‘§ Menanggung Sekeluarga Premi Mulai Rp500 Ribu/bulan!
+62

Berdasarkan Jenis Manfaatnya

Manfaatnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu manfaat dasar dan manfaat tambahan (rider). Berikut perbedaannya: 

1. Manfaat Dasar

Manfaat dasar dalam asuransi kesehatan keluarga adalah pertanggungan utama yang diberikan oleh perusahaan asuransi (penanggung) kepada peserta asuransi (tertanggung). Adapun manfaat yang diberikan umumnya mencakup rawat inap, rawat jalan, dan pembedahan. 

2. Manfaat Tambahan (Rider)

Manfaat tambahan dalam asuransi kesehatan keluarga adalah pertanggungan ekstra untuk melengkapi manfaat dasar polis, dan akan dikenakan premi tambahan. Manfaat tambahan yang diberikan umumnya mencakup manfaat asuransi melahirkan, perawatan gigi dan mata, hingga medical check-up.

Berapa Premi Asuransi Kesehatan Keluarga?

Sekarang calon nasabah sudah memiliki gambaran jenis asuransi kesehatan keluarga seperti apa yang dibutuhkan. Langkah selanjutnya adalah menentukan premi asuransi kesehatan keluarga. 
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan