Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua

Diskon Terbaik Diskon Terbaik
500+ Pilihan 500+ Pilihan
Bantuan Klaim Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 25%
Perusahaan Anda Sudah Didaftarkan!
Konsultan kami akan mengirim penawaran untuk Anda segera
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 25%
 

Apa Itu Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua? 

Seiring pertambahan usia, risiko kesehatan juga semakin meningkat. Karena itu pentingnya memiliki asuransi kesehatan untuk orang tua sebagai solusi finansial jika tertanggung mengalami risiko medis.

Asuransi kesehatan untuk orang tua adalah polis asuransi kesehatan yang menanggung nasabah dengan rentang usia 60 hingga 99 tahun. Perlu dipahami bahwa premi asuransi kesehatan untuk orang tua cenderung lebih mahal, sebab risiko terserang penyakit juga lebih tinggi ketimbang nasabah usia muda.

 

Jenis-jenis Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua

Jenis-jenis asuransi kesehatan untuk orang tua pada dasarnya tidak berbeda dengan proteksi kesehatan pada umumnya. Berikut ini lima kategori jenis asuransi kesehatan yang dapat disesuaikan dengan usia dan kebutuhan orang tua: 

1. Asuransi Kesehatan Individu untuk Orang Tua 

Sesuai dengan namanya, asuransi kesehatan orang tua individu dikhususkan untuk tertanggung perorangan.

Asuransi kesehatan untuk orang tua jenis ini cukup banyak dicari orang sebab preminya lebih murah. Selain itu, memasuki usia lanjut, umumnya nasabah juga tidak lagi memiliki tanggungan seperti anak.

Berikut ini rekomendasi produk dari tim Lifepal: 

Cigna Proteksi Sehat Optima adalah asuransi kesehatan yang dihadirkan oleh Cigna. Pilihan asuransi Cigna ini cukup ideal untuk menanggung nasabah berusia lanjut, karena polisnya dapat diperpanjang hingga tertanggung berusia 75 tahun. Selain itu, premi asuransi kesehatan untuk orang tua juga sangat murah yaitu mulai dari Rp375 ribu hingga Rp1,3 juta per bulan. Padahal, umumnya premi asuransi kesehatan untuk orang tua bisa capai jauh lebih mahal dari itu.

Manfaat dasar yang diberikan yaitu santunan harian rawat inap di rumah sakit dan pertanggungan biaya pembedahan. Keunggulan lainnya, Cigna Proteksi Sehat Optima memberikan manfaat pengembalian premi 50 persen di tahun ketiga polis berjalan. Itu berarti, jika nasabah tidak mengajukan klaim hingga polis berjalan selama tiga tahun, maka 50 persen dari premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan kepada nasabah.

SmartCare Executive adalah polis asuransi kesehatan AXA Mandiri yang memberikan pertanggungan untuk peserta individu maupun keluarga. Polis asuransi kesehatan untuk orang tua ini menanggung usia nasabah hingga 70 tahun dengan premi mulai dari Rp5,6 hingga Rp17,4 juta per tahun. Jika dibandingkan dengan Cigna, polis asuransi kesehatan dari AXA Mandiri ini memang lebih mahal karena memberikan pertanggungan manfaat asuransi yang lebih besar juga.

Manfaat dasar yang diberikan mencakup pertanggungan biaya rawat inap, ICU, dokter umum, spesialis, sebelum dan sesudah rawat inap, pembedahan, dan darurat rawat jalan sesuai dengan tagihan rumah sakit. Sementara limit tahunannya hingga Rp500 juta dan manfaat santunan meninggal dunia Rp3 juta.

2. Asuransi Kesehatan Kelompok untuk Orang Tua 

Asuransi kesehatan orang tua ditujukan untuk tertanggung kelompok atau keluarga. Artinya dalam satu polis asuransi kesehatan sudah menanggung ayah, Ibu, dan anak.

Pilihan jenis asuransi ini ideal khususnya untuk nasabah keluarga yang belum memiliki asuransi kesehatan. Sebab, asuransi kesehatan kelompok cenderung lebih murah ketimbang mendaftarkan masing-masing anggota keluarga dalam asuransi kesehatan individu.

Berikut ini rekomendasi produk dari tim Lifepal: 

Cigna Family Care Optima memberikan manfaat asuransi kesehatan untuk keluarga dengan premi terjangkau. Untuk memberikan gambaran, dapat mengambil contoh profil nasabah usia 50 tahun, pasangan 60 tahun, dan tiga orang anak usia remaja, kisaran preminya adalah sekitar Rp795 ribu hingga Rp2,5 per bulan. Premi tersebut sudah menanggung lima anggota keluarga, ya.

Manfaat dasar yang diberikan mencakup santunan harian rawat inap di rumah sakit, biaya ICU, biaya pembedahan dengan limit tahunan mulai dari Rp100 hingga Rp400 juta. Selain itu, ada juga manfaat pengembalian premi 30 persen pada tahun kelima. Artinya, jika selama lima tahun polis berjalan dan tidak ada klaim, maka 30 persen dari total premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan kepada nasabah.

MiUltimate HealthCare adalah polis asuransi kesehatan keluarga yang cukup ideal untuk menanggung lanjut usia. Pilihan asuransi Manulife ini menanggung usia nasabah hingga 110 tahun atau hingga tertanggung anak berusia 25 tahun. Polis asuransi Manulife ini juga dapat digunakan di luar Indonesia.

Manfaat dasar yang diberikan mencakup tiga kali lipat dari UP jika di rawat di luar Indonesia dan Malaysia (kecuali Amerika Serikat), potongan premi 5 persen untuk asuransi keluarga, pembayaran mengikuti tagihan rumah sakit, dan limit tahunan asuransi Manulife ini akan ditambahkan jika nasabah mengalami risiko penyakit kritis.

3. Asuransi Kesehatan Unit Link untuk Orang Tua 

Jenis asuransi untuk orang tua ini menggabungkan manfaat asuransi kesehatan dan investasi sekaligus. Banyak yang beranggapan asuransi kesehatan unit link ideal untuk nasabah berusia lanjut, sebab asuransi kesehatan unit link umumnya memiliki batasan usia nasabah yang lebih panjang. Misal, asuransi kesehatan murni umumnya hanya menanggung hingga usia 65 tahun, sedangkan asuransi kesehatan unit link mencapai 79 tahun.

Berikut ini rekomendasi produk dari tim Lifepal: 

Premier Hospital & Surgical Plus adalah pilihan polis asuransi kesehatan dari AIA yang bersifat sebagai manfaat tambahan. Artinya, untuk bisa tergabung dalam Premier Hospital & Surgical Plus ini, nasabah harus terlebih dahulu terdaftar dalam polis dasar unit link AIA ProLink Assurance. Asuransi kesehatan AIA ini cukup ideal untuk nasabah berusia lanjut sebab dapat menanggung hingga usia 88 tahun.

Dengan menggabungkan AIA ProLink Assurance dan Premier Hospital & Surgical Plus, nasabah akan mendapatkan manfaat lengkap asuransi kesehatan dan investasi sekaligus. Adapun manfaat dasar dari Premier Hospital & Surgical Plus mencakup pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, dan pembedahan.

4. Asuransi Kesehatan Syariah untuk Orang Tua 

Asuransi kesehatan syariah memberikan proteksi sesuai dengan hukum Islam dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah (DPS).

Pada dasarnya manfaat yang diberikan asuransi syariah tidak jauh berbeda dengan pilihan konvensional. Hanya saja, yang membedakan ada pada pengelolaan dananya. Di mana asuransi syariah menggunakan akad tolong menolong, sedangkan asuransi konvensional menggunakan akad jual beli. 

Berikut ini rekomendasi produk dari tim Lifepal: 

Allisya Care adalah pilihan polis asuransi kesehatan syariah unggulan yang dihadirkan oleh Allianz. Asuransi Allianz syariah ini menanggung hingga nasabah berusia 70 tahun dengan besaran premi dan plafon yang terbagi menjadi delapan plan asuransi. Dengan delapan pilihan plan asuransi, nasabah dapat lebih mudah mencari asuransi kesehatan untuk orang tua yang sesuai kebutuhan dan anggaran.

Manfaat dasar yang diberikan mencakup rawat inap, rawat jalan, melahirkan, rawat gigi, dan santunan tunai. Terdapat juga manfaat santunan meninggal dunia yang diberikan baik akibat sakit maupun kecelakaan. Artinya, dalam satu polis, nasabah sudah mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, asuransi melahirkan, asuransi rawat jalan , hingga asuransi jiwa sekaligus.

PRUPrime HealthCare Plus Syariah adalah pilihan asuransi kesehatan syariah yang bersifat sebagai manfaat tambahan atau rider dari polis dasar PRULink Syariah Generasi Baru. Pilihan asuransi Prudential ini menanggung hingga usia nasabah 99 tahun. Karena itu, asuransi untuk orang tua Prudential ini cukup banyak dicari karena memiliki masa perpanjangan polis yang cukup unggul.

Manfaat dasar yang diberikan adalah pertanggungan biaya rawat inap di rumah sakit, rawat jalan untuk perawatan kanker dan cuci darah, kunjungan dokter umum dan spesialis, serta manfaat perawatan sebelum dan sesudah pembedahan.

 

Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua yang Bagus

Dalam memilih asuransi kesehatan yang bagus untuk orang tua pada dasarnya tergantung pada kebutuhan dan anggaran nasabah. Adapun enam poin penting yang dapat dipertimbangkan, sebagai berikut: 

1. Plafon atau Manfaat Asuransi 

Pertimbangkan kira-kira nasabah memiliki kecenderungan penyakit apa dari hasil medical check up. Kemudian cari tahu, untuk biaya perawatan penyakit tersebut kira-kira membutuhkan biaya berapa dalam setahun.

Setelah itu, barulah bandingkan plafon atau besaran manfaat dari setidaknya 5 pilihan polis asuransi yang ada. Pastikan pilih polis yang dapat menutupi pengeluaran kesehatan tersebut. 

2. Ketentuan Co-Payment 

Co-payment adalah persetujuan jumlah pembagian biaya perawatan kesehatan antara perusahaan asuransi dan nasabah. Karena itu, ketika membeli asuransi kesehatan untuk orang tua, baca dengan teliti polis yang dipilih. Sebaiknya polis dengan sistem co-payment yang tidak memberatkan nasabah. 

3. Pertanggungan Usia Nasabah

Sebaiknya cari polis asuransi yang menanggung hingga usia 99 tahun. Sebab, umumnya asuransi kesehatan hanya menerima usia masuk nasabah hingga 59 tahun. Setelah masuk di usia 59 tahun, barulah polis dapat diperpanjang hingga maksimal usia pertanggungan nasabah.

4. Ketentuan Masa Tunggu

Sebelum membeli asuransi kesehatan untuk orang tua, calon nasabah harus terlebih dahulu mengerti seperti apa ketentuan masa tunggu polis. Masa tunggu dalam asuransi adalah ketentuan di mana nasabah tidak dapat mengajukan klaim untuk penyakit yang sama dalam kurun waktu periode tertentu.

Periode masa tunggu umumnya adalah 30 hari. Jadi, misalnya jika nasabah mengalami risiko rawat inap akibat demam berdarah pada tanggal 1 Juni 2020 dan pada tanggal 20 Juni 2020 nasabah mengalami penyakit yang sama, maka klaim tidak dapat dilakukan karena belum melewati masa tunggu 30 hari. 

5. Ketentuan Pre-Existing Condition 

Beberapa asuransi kesehatan menanggung pre-existing condition dan beberapa tidak. Pre-existing condition adalah kondisi di mana nasabah telah terdiagnosa penyakit tertentu pada saat mendaftar ke asuransi.

Misal, nasabah memiliki riwayat penyakit diabetes. Apabila asuransi menanggung pre-existing condition, maka jika sewaktu nasabah membutuhkan perawatan kesehatan terkait penyakit diabetes, asuransi bersedia menanggung biaya tersebut. Begitupun sebaliknya, jika tidak, biaya atas perawatan kesehatan tersebut akan dibebankan pada nasabah. 

6. Masa Mempelajari Polis

Beberapa perusahaan asuransi memberikan manfaat masa mempelajari polis, yang artinya nasabah diberikan waktu biasanya 14 hari untuk mempelajari polis.

Jika dalam masa mempelajari polis nasabah kurang puas dengan manfaat polis tersebut, maka bisa melakukan pembatalan tanpa dikenakan biaya apapun. Manfaat ini sangat cocok khususnya untuk nasabah yang masih awam dengan dunia asuransi. 

Contoh Kasus Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua 

Bapak Moga merupakan nasabah asuransi kesehatan Sinarmas Simas Sehat Gold yang menanggung nasabah hingga berusia 75 tahun. Adapun profil nasabah dan manfaat dari Simas Sehat Gold yang dipilih adalah sebagai berikut: 

Profil Nasabah Manfaat Asuransi
  • Usia: 58 tahun 
  • Jenis Kelamin: Laki-laki 
  • Premi: Rp696 ribu per bulan 
  • Polis: Simas Sehat Gold 800
  • Pre-existing condition: autoimun
  • Tanggal masuk asuransi: 1 Mei 2020
  • Masa polis: 1 tahun 
  • Santunan harian: Rp800 ribu per hari
  • Biaya kamar: Rp 800 ribu per hari
  • Plafon: mengikuti tagihan rumah sakit
  • Limit: Rp400 juta per tahun 
  • Usia tertanggung maks: 75 tahun
  • Pre-existing condition: ditanggung 
  • Masa tunggu: 12 bulan

Contoh Kasus 1: 

Pada tanggal 1 Juni 2020 Bapak Moga harus dirawat di rumah sakit penyakit autoimun yang dideritanya sejak dua tahun belakangan. Adapun besaran tagihan biaya rawat inap Rp700 ribu per hari dan Bapak Moga dirawat di rumah sakit selama dua hari. Berarti total tagihan rawat inap Rp700 ribu x 2 hari = Rp1,4 juta. 

Karena manfaat yang diberikan polis Simas Jiwa berupan santunan harian, maka Bapak Moga tetap berhak mendapatkan santunan harian Rp800 ribu per hari x 2 hari = Rp1,6 juta. Artinya ada surplus Rp200 ribu yang bisa Bapak Moga terima. 

Contoh Kasus 2: 

Pada tanggal 1 Desember 2020, Bapak Moga harus kembali dirawat inap terkait penyakit autoimun nya. Maka perusahaan asuransi tidak dapat menanggung biaya rawat inap tersebut karena terdapat masa tunggu selama 12 bulan. Itu berarti, jika Bapak Moga di rawat inap karena autoimun 1 Juni 2021, barulah biaya perawatan dapat kembali ditanggung asuransi kesehatan Sinar Mas. 

Karena masa polis asuransi Simas Sehat Gold 1 tahun, maka polis asuransi akan kadaluarsa di tanggal 1 Mei 2021. Namun, dapat melakukan perpanjang masa polis hingga Bapak Moga berusia 75 tahun. 

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa asuransi kesehatan untuk orang tua sangatlah penting guna meminimalisir risiko finansial akibat gangguan medis. Hanya saja, premi asuransi kesehatan untuk orang tua tentu lebih mahal, karena itu nasabah harus lebih teliti dalam memilihnya. 

Sebagai rekomendasi, tim Lifepal menyarankan untuk tergabung dalam asuransi kesehatan individu murni untuk orang tua. Sebab, manfaat asuransi yang diberikan sangat optimal. Sementara untuk rekomendasi polis terbaiknya yaitu Cigna Proteksi Sehat Optima dan Smartcare Executive dengan premi yang terjangkau. 

Di sisi lain, jika nasabah dan keluarga belum memiliki proteksi kesehatan, sebaiknya pilih jenis asuransi kesehatan keluarga. Sebab, preminya lebih murah ketimbang mendaftarkan masing-masing anggota keluarga pada asuransi kesehatan individu. Hanya saja, biasanya plafon asuransi kesehatan ini lebih rendah dibandingkan pilihan proteksi individu murni. Adapun rekomendasi polisnya adalah Cigna Family Care Optima dan MiUltimate HealthCare. 

Tips: 

Sebelum beli asuransi kesehatan untuk orang tua lakukan medical check up guna mengetahui kondisi kesehatan terakhir nasabah. Barulah mulai pertimbangkan, misal jika nasabah memiliki kecenderungan penyakit kritis, maka pilih asuransi yang menanggung perawatan penyakit kritis. 

Sementara anggaran yang tepat perlu disesuaikan dengan pendapatan setiap bulannya. Misal, jika anak ingin membayarkan asuransi orangtuanya, maka dapat membuat alokasi budget 5 persen untuk kebutuhan asuransinya sendiri dan 10 persen dari gaji untuk asuransi orangtuanya, karena premi asuransi kesehatan untuk orang tua cenderung lebih mahal

 

Tanya Jawab

Berikut beberapa tips dan pertanyaan yang sering diajukan atau dicari mengenai asuransi kesehatan untuk orang tua:

Asuransi kesehatan yang bagus untuk orang tua adalah polis yang memiliki besaran premi dan plafon sebanding. Adapun beberapa rekomendasi polis terbaiknya adalah Cigna Proteksi Sehat Optima, SmartCare Executive, Cigna Family Care Optima, MiUltimate HealthCare, PRUPrime Healthcare Plus, Premier Hospital & Surgical Plus, Allisya Care, dan PRUPrime HealthCare Plus Syariah.

Simak ulasan lengkapnya pada poin Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua.

Sebelum membahas lebih jauh soal rekomendasi asuransi kesehatan murah, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa premi murah bukanlah indikator bahwa polis tersebut adalah yang terbaik. Melainkan cari premi dan plafon yang sebanding. Sebab, jika preminya murah namun besaran uang pertanggungannya terlalu kecil, sehingga tidak dapat menanggung biaya rumah sakit ketika mengalami risiko kesehatan. Jadinya, asuransi tersebut akan sia-sia dan tidak memberikan solusi yang tepat. 

Meski begitu, ada beberapa polis asuransi yang memberikan premi murah dan plafon berimbang, di antaranya adalah Cigna Proteksi Sehat Optima mulai dari Rp375 ribu per bulan, SmartCare Executive mulai dari Rp466 ribu per bulan, dan Cigna Family Care Optima mulai dari Rp795 ribu untuk lima anggota keluarga. 

Dapatkan ketiga polis tersebut dengan premi terbaik di Lifepal.

Sama halnya dengan asuransi kesehatan pada umumnya, besaran premi asuransi kesehatan untuk orang tua bergantung pada profil nasabah. Mulai dari usia, jenis kelamin, manfaat yang dipilih, dan kondisi kesehatan saat itu. Jika melihat rekomendasi polis dari Lifepal, kisaran besaran premi asuransi kesehatan untuk orang tua adalah Rp400 ribuan hingga Rp2 jutaan per bulan. 

Terdapat dua metode klaim asuransi kesehatan untuk orang tua, yaitu cashless dan reimbursement. Cashless merupakan pilihan metode klaim yang paling praktis, di mana nasabah cukup menunjukkan kartu peserta kepada pihak rumah sakit dan bisa langsung mendapatkan layanan kesehatan. Namun klaim cashless hanya dapat dilakukan di rumah sakit rekanan perusahaan asuransi terkait saja. 

Bawa kartu peserta asuransi ke rumah sakit/layanan kesehatan lainnya → gesek kartu → pihak rumah sakit melakukan konfirmasi kepada perusahaan asuransi → nasabah mendapatkan pelayanan medis → selesai

Sementara metode klaim reimbursement nasabah harus terlebih dahulu mebayarkan biaya perawatan kesehatan, barulah biaya tersebut akan digantikan oleh pihak perusahaan asuransi. Metode klaim reimbursement dapat dilakukan di rumah sakit mana saja, tanpa bergantung pada rekanan perusahaan asuransi. 

Ajukan klaim dan kirimkan dokumen yang diperlukan → lewat agen atau datang langsung ke kantor asuransi → pihak perusahaan asuransi melakukan pengecekan dokumen dan klaim → pembayaran klaim dilakukan → selesai

 

Reputasi perusahaan asuransi Allianz sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun jika membandingkan dengan polis-polis lainnya, asuransi kesehatan Allianz untuk orang tua ini unggul dalam kategori Syariah, yaitu Allisya Care. Allisya Care cukup ideal untuk orang tua karena polisnya dapat diperpanjang hingga nasabah berusia 70 tahun. 

Selain itu, asuransi kesehatan Allianz untuk orang tua ini juga memberikan manfaat dasar asuransi yang sangat lengkap bahkan unggul dibandingkan dengan polis-polis dari perusahaan asuransi lainnya: 

  • Manfaat pertanggungan biaya rawat inap
  • Manfaat pertanggungan biaya melahirkan 
  • Manfaat pertanggungan biaya rawat jalan 
  • Manfaat pertanggungan perawatan gigi
  • Manfaat memberikan santunan harian 
  • Manfaat santunan meninggal dunia

Artinya dalam satu polis, nasabah sudah bisa mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, melahirkan, rawat jalan, dan asuransi jiwa sekaligus. 

Asuransi kesehatan Manulife untuk orang tua adalah MiUltimate HealthCare. Asuransi kesehatan Manulife ini memberikan pilihan untuk tertanggung individu atau keluarga. Adapun polis asuransi Manulife ini menanggung hingga nasabah berusia 110 tahun, yang artinya unggul jika dibandingkan polis-polis asuransi untuk orang tua dari perusahaan lainnya. 

MiUltimate HealthCare berfokus pada manfaat dasar rawat inap, rawat jalan, pembedahan, dan santunan meninggal dunia dengan limit tahunan hingga Rp5 miliar. Asuransi kesehatan Manulife ini juga memberikan manfaat pertanggungan biaya penyuluhan psikologis hingga Rp2,5 juta per tahun. Padahal masih jarang perusahaan asuransi yang memberikan manfaat penyuluhan psikologis. 

  • Manfaat pertanggungan biaya rawat inap di seluruh dunia (kecuali Amerika Serikat) 
  • Manfaat pertanggungan biaya pembedahan
  • Manfaat pertanggungan biaya rawat jalan 
  • Manfaat pertanggungan perawatan gigi
  • Manfaat memberikan santunan harian 
  • Manfaat santunan meninggal dunia

Dalam satu polis MiUltimate HealthCare, nasabah sudah bisa mendapatkan manfaat asuransi kesehatan, rawat jalan, dan asuransi jiwa sekaligus.

Dari rekomendasi asuransi kesehatan untuk orang tua di atas, tim Lifepal paling merekomendasikan asuransi kesehatan Cigna Proteksi Sehat Optima yang menanggung usia nasabah hingga 75 tahun. Sebab, selain memberikan premi asuransi yang terjangkau yaitu mulai dari Rp375 ribu per bulan, terdapat juga manfaat pengembalian premi hingga 50 persen. 

Artinya, jika tidak ada klaim hingga tahun ketiga polis berjalan, premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan sebesar 50 persen. Selain itu manfaat dasar yang diberikan asuransi kesehatan Cigna ini mencakup:

  • Manfaat pertanggungan biaya pembedahan
  • Manfaat memberikan santunan harian rawat inap 
  • Manfaat pengembalian premi 50%

Meski manfaat dasar yang diberikan tidak terlalu luas, namun sebanding dengan besaran premi tiap bulannya. 

Ada cukup banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan beli asuransi kesehatan untuk orang tua secara online. Salah satunya adalah kemudahan dalam transaksi, sebab nasabah hanya perlu mengunjungi situs borker asuransi Lifepal.co.id untuk kemudian membandingkan ratusan produk asuransi. Selain itu, marketplace asuransi online juga umumnya menawarkan banyak diskon menarik, sehingga premi yang dibayarkan pun lebih murah. Seperti Lifepal, yang memiliki banyak promo menarik untuk pilihan asuransi kesehatan orang tua.

Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan