Asuransi Kumpulan Allianz

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62

Asuransi Kumpulan Allianz

Asuransi kumpulan Allianz adalah asuransi yang memberikan proteksi bagi karyawan perusahaan atau anggota organisasi/komunitas selama di dalam jam kerja maupun di luar jam kerja.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Kumpulan Allianz versi Lifepal

  • (+) DPLK Allianz hanya seharga 5 persen dari gaji bulanan dengan tingkat suku bunga 6 persen. 
  • (+) Tersedia asuransi all in one, Allianz Global, yang menggabungkan produk asuransi jiwa, dana pensiun, dan asuransi kesehatan dengan 100 jaringan lokal asuransi tingkat global di 80 negara yang berbeda.
  • (+) Kemudahan proses klaim dengan aplikasi eAZy Claim.
  • (+) Ada fasilitas layanan pesan resep dokter, Allianz eAZy Med.
  • (-) Asuransi jiwa kumpulan Allianz tidak menawarkan manfaat penggantian rawat jalan, rawat gigi, dan kacamata.

Sekilas tentang Asuransi Kumpulan Allianz

Asuransi kumpulan Allianz adalah salah satu produk di antara produk Allianz lainnya yang meliputi asuransi individu, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi umum yang ditawarkan Allianz di Indonesia. Selain melindungi karyawan dari berbagai risiko yang ada, asuransi kumpulan Allianz juga memberikan proteksi atas risiko yang mungkin dialami oleh perusahaan atau bisnis yang dijalankan.

Asuransi Kumpulan Allianz adalah produk asuransi dari perusahaan asuransi Allianz yang memberikan layanan asuransi kumpulan berupa asuransi jiwa karyawan, proteksi kecelakaan karyawan, tabungan pensiun untuk karyawan, dan produk asuransi terbaik lainnya dengan manfaat komprehensif dari setiap produk yang ditawarkan. 

Salah satu kelebihan asuransi kumpulan Allianz menawarkan produk Allianz Global yang memberikan perlindungan dengan jangkauan secara internasional di lebih dari 80 negara di dunia.

Asuransi Kumpulan Allianz terdiri atas polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah. Mulai dari kesehatan hingga dana pensiun. Berikut pilihan polis asuransi kumpulan Allianz yang bisa Anda pertimbangkan.

Asuransi Kumpulan Allianz
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)
Pengelolaan dana pensiun lembaga keuangan bagi perusahaan dan karyawan serta dapat digunakan sebagai program pesangon.
Asuransi Kumpulan Allianz
Allianz Global
Layanan asuransi bagi karyawan berupa asuransi jiwa, pensiun, dan kesehatan dengan standar global.
Asuransi Kumpulan Allianz
SmartHealth
Produk asuransi kesehatan untuk karyawan yang memberikan penggantian biaya perawatan, rawat inap, melahirkan, dan hingga kehamilan.
Asuransi Kumpulan Allianz
Smart Protection
Produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko kecelakaan kerja selama 24 jam serta uang pertanggungan jika terjadi kematian.
Asuransi Kumpulan Allianz
Smart Finance
Program kesejahteraan karyawan berupa proteksi pesangon dan program penghargaan kepada karyawan.

Asuransi Kumpulan Allianz memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan masing-masing polis asuransi kesehatan Allianz, premi, dan cara pembeliannya.

Pertanggungan asuransi kumpulan Allianz amat bergantung pada produk yang Anda pilih. Berikut ini adalah ulasan ringkasnya.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

DPLK adalah program pengelolaan dana pensiun lembaga keuangan bagi perusahaan dan karyawan serta dapat digunakan sebagai program pesangon.

  • Iuran DPLK hanya 5 persen dari total gaji bulanan.
  • Tingkat suku bunga 6 persen.
  • Biaya pengelolaan hanya 0,09 persen per bulan.
  • Manfaat investasi bersifat proyeksi atau perkiraan sehingga kemungkinan akan ada perbedaan dengan hasil yang didapatkan sesungguhnya.

Allianz Global

Allianz Global adalah layanan asuransi bagi karyawan berupa asuransi jiwa, pensiun, dan kesehatan dengan standar global.

  • 100 jaringan lokal asuransi tingkat global di 80 negara yang berbeda.
  • Solusi manfaat karyawan lintas negara.
  • Opsi untuk meningkatkan manajemen risiko dan tata kelola solusi bagi karyawan.

SmartHealth

SmartHealth adalah produk asuransi kesehatan untuk karyawan yang memberikan penggantian biaya perawatan, rawat inap, melahirkan, dan hingga kehamilan.

  • Manfaat penggantian biaya perawatan berupa rawat inap dan melahirkan.
  • Manfaat pencegahan keluarga berencana dan kontrol kehamilan.

Smart Protection

Smart Protection adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko kecelakaan kerja selama 24 jam serta uang pertanggungan jika terjadi kematian.

  • Uang pertanggungan jika karyawan meninggal dunia dengan perlindungan selama 24 jam (asuransi jiwa kumpulan).
  • Santunan kematian dan cacat akibat kecelakaan.
  • Santunan cacat total dan tetap akibat penyakit maupun kecelakaan.
  • Medical reimbursement (MR) berupa tambahan pengobatan rawat jalan jika mengalami kecelakaan. 

Smart Finance

Smart Finance adalah program kesejahteraan karyawan berupa proteksi pesangon dan program penghargaan kepada karyawan.

  • Manfaat nilai tunai pada saat masa pertanggungan berakhir.
  • Manfaat nilai tunai pada saat berhenti bekerja yang ditentukan oleh pemberi kerja atau kondisi lain, misalnya nasabah berhenti dari perusahaan.

Dalam menetapkan premi asuransi kumpulan Allianz, terdapat beberapa pertimbangan dan faktor yang menentukan besaran premi, yaitu:

  • Jenis asuransi.
  • Jumlah tertanggung/peserta asuransi.
  • Demografi.
  • Jenis pekerjaan.
  • Riwayat kesehatan.

Informasi lebih lanjut mengenai premi asuransi jiwa Allianz, sila hubungi call center Allianz atau cek melalui situs resmi Allianz.co.id.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Penggantian biaya asuransi kumpulan Allianz atau klaim manfaat asuransi kumpulan Allianz dapat dilakukan dengan berbagai cara. Adapun fitur klaim yang disediakan oleh Allianz bagi para nasabahnya, antara lain:

  • Proses klaim secara cashless. Metode penggantian tidak dilakukan secara tunai alias menggunakan kartu anggota yang dapat digesek di semua rekanan klinik maupun rumah sakit rekanan Allianz Indonesia. Cara ini bisa dilakukan tanpa harus mengajukan penggantian dengan metode reimbursement sehingga prosesnya menjadi lebih praktis, singkat, dan mudah. Penggunaan cashless dapat digunakan untuk rawat inap dan melahirkan, serta rawat jalan dan rawat gigi.
  • Proses klaim reimbursement. Metode penggantian ini dilakukan dengan menggunakan dana atau uang pribadi nasabah terlebih dahulu kemudian akan dilakukan penggantian dalam waktu 7 hari kerja setelah mengajukan klaim. Pengajuan klaim dilakukan paling lambat dalam waktu 30 hari sejak berakhirnya perawatan. Agar mendapatkan penggantian biaya dari Allianz, nasabah wajib menyertakan dokumen-dokumen yang menjadi syarat klaim reimbursement secara lengkap.
  • Klaim asuransi kumpulan melalui aplikasi eAZy Claim. Layanan ini memberikan kemudahan bagi nasabah asuransi kumpulan Allianz langsung melalui ponsel berbasis Android maupun iPhone. Layanan ini dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan gambar tagihan hingga tidak perlu lagi mengirimkan dokumen melalui pos atau email karena semua proses langsung terintegrasi di dalam aplikasi. Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna layanan dengan fitur klaim reimbursement.
  • Allianz eAZy Med adalah layanan pesan resep dokter hanya dengan menggunakan aplikasi HaloDoc yang sudah bekerja sama dengan apotek rekanan Allianz. Nasabah bisa mendapatkan obat resep dokter tanpa harus repot antre di apotek. Obat akan dikirimkan langsung ke rumah Anda oleh kurir atau jasa layanan antar tanpa harus menambah biaya sama sekali. 

Pembayaran asuransi kumpulan Allianz tidak dikenakan biaya administrasi sama sekali melalui berbagai kanal yang disediakan oleh PT Asuransi Allianz Life Indonesia.

Adapun kanal pembayaran yang disediakan sebagai berikut.

  • Pembayaran melalui Indomaret.
  • Pembayaran secara setor tunai di loket kantor Allianz.
  • Pembayaran melalui ATM BCA dan ATM Mandiri.
  • Pembayaran melalui internet banking.
  • Pembayaran menggunakan virtual account.
  • Pembayaran dengan autodebet kartu kredit atau rekening bank.
  • Pembayaran melalui Kantor POS.
  • Pembayaran melalui kantor Pegadaian.
  • Pembayaran melalui GOPAY. 

Cara pembayaran pada dasarnya sama saja, yang penting Anda mengetahui nomor polis yang dibayarkan. Bagi perusahaan yang memiliki produk asuransi kumpulan, bisa membayarkannya dalam satu nomor polis untuk kumpulan karyawan yang didaftarkan secara resmi oleh perusahaan. 

Setelah itu, informasikan atau input nomor polis yang sesuai. Kemudian bayar premi sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. Jangan lupa simpan bukti pembayaran untuk arsip. Setiap transaksi pembayaran yang telah dipenuhi akan diberi tahu melalui SMS ataupun email di hari yang sama. 

Cara klaim asuransi kumpulan Allianz dapat dilakukan dengan sangat mudah. Ikuti langkah berikut ini untuk prosedur klaim asuransi kumpulan yang berkaitan dengan penggantian biaya rumah sakit atau klinik yang sudah menjadi rekanan dengan Asuransi Allianz:

  • Bawa dan isi lengkap formulir Allianz saat berobat ke dokter atau rumah sakit.
  • Mintalah surat rujukan, hasil pemeriksaan, penunjang diagnostik dan fisioterapi, diagnosis dokter, laporan riwayat medis yang ditandatangani dan dicap dokter dan rumah sakit serta salinan resepnya.
  • Mintalah bukti pembayaran rincian biaya obat, tindakan, dan lainnya dengan kuitansi asli.
  • Anda juga bisa melakukan klaim melalui layanan Allianz eAZy Claim.
  • Klaim semua dokumen klaim ke kantor pusat Allianz Jakarta ke bagian mailing room.
  • Staf analis klaim Allianz akan menganalisis dan memutuskan status klaim sesuai dengan polis asuransi Anda dan peraturan perusahaan.
  • Klaim akan dibayarkan dalam waktu tujuh hari kerja.

Penggantian biaya tersebut hanya berlaku bagi penggantian dengan metode reimbursement. Sementara untuk penggantian dengan metode cashless, nasabah asuransi kumpulan Allianz hanya perlu menunjukkan kartu asuransi sebelum dilakukan tindakan medis, baik di klinik maupun rumah sakit yang sudah menjadi rekananan asuransi Allianz produk kumpulan.

Adapun persyaratan yang harus disiapkan untuk mengajukan klaim, yaitu:

  • Fotokopi identitas tertanggung.
  • Formulir pemberitahuan no rekening/fotokopi buku rekening.
  • Fotokopi hasil pemeriksaan yang telah dilakukan tertanggung.
  • Formulir klaim asuransi kumpulan perorangan.
  • Formulir riwayat medis dari dokter.
  • Kuitansi asli perawatan rumah sakit beserta perinciannya.
  • Surat rujukan dari dokter untuk perawatan dan pengobatan ke dokter spesialis, pemeriksaan penunjang diagnostik dan fisioterapi.
  • Salinan hasil pemeriksaan penunjang diagnostik dan salinan resep yang berkaitan dengan perawatan.
  • Dokumen lain yang menunjang jika diperlukan.

Klaim Asuransi Jiwa

  • Nasabah meminta klaim dan formulir surat keterangan dokter dari customer service.
  • Unduh formulir klaim surat keterangan dokter di situs www.allianz.co.id.
  • Lengkapi formulir klaim beserta dengan dokumen persyaratan yang dibutuhkan.
  • Serahkan formulir dan dokumen pendukung kepada Allianz.
  • Allianz akan melakukan verifikasi data.
  • Jika data lengkap, Allianz akan melakukan analisis terhadap klaim yang diajukan.
  • Jika data belum lengkap, Allianz akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada nasabah dengan tembusan ke agen. Setelah itu bisa diserahkan kembali kepada Allianz.
  • Jika klaim disetujui, Allianz akan melakukan pembayaran klaim dalam 7 hari kerja.
  • Jika klaim ditolak, Allianz akan mengirimkan surat penolakan ke nasabah.

Cara klaim asuransi kesehatan Allianz bisa dilakukan melalui layanan Allianz eAZy Claim dengan mudah melalui situs www.allianz.co.id/eAZyClaim

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika ingin melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif, sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui ketentuan mengenai ada atau tidaknya pengembalian premi.

Jika ingin berhenti membayar polis asuransi kumpulan Allianz, nasabah bisa mengikuti prosedur berikut ini.

  • Hubungi call center asuransi Allianz melalui nomor (021) 29268888.
  • Unduh formulir pembatalan asuransi.
  • Mengisi formulir dengan lengkap.
  • Mengembalikan buku polis asuransi.
  • Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan.
  • Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak, dan administrasi bila ada.
  • Menunggu proses pembatalan asuransi.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.allianz.co.id/layanan
Informasi Umum

Asuransi Kumpulan Allianz

Asuransi kumpulan Allianz adalah asuransi yang memberikan proteksi bagi karyawan perusahaan atau anggota organisasi/komunitas selama di dalam jam kerja maupun di luar jam kerja.

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Kumpulan Allianz versi Lifepal

  • (+) DPLK Allianz hanya seharga 5 persen dari gaji bulanan dengan tingkat suku bunga 6 persen. 
  • (+) Tersedia asuransi all in one, Allianz Global, yang menggabungkan produk asuransi jiwa, dana pensiun, dan asuransi kesehatan dengan 100 jaringan lokal asuransi tingkat global di 80 negara yang berbeda.
  • (+) Kemudahan proses klaim dengan aplikasi eAZy Claim.
  • (+) Ada fasilitas layanan pesan resep dokter, Allianz eAZy Med.
  • (-) Asuransi jiwa kumpulan Allianz tidak menawarkan manfaat penggantian rawat jalan, rawat gigi, dan kacamata.

Sekilas tentang Asuransi Kumpulan Allianz

Asuransi kumpulan Allianz adalah salah satu produk di antara produk Allianz lainnya yang meliputi asuransi individu, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi umum yang ditawarkan Allianz di Indonesia. Selain melindungi karyawan dari berbagai risiko yang ada, asuransi kumpulan Allianz juga memberikan proteksi atas risiko yang mungkin dialami oleh perusahaan atau bisnis yang dijalankan.

Asuransi Kumpulan Allianz adalah produk asuransi dari perusahaan asuransi Allianz yang memberikan layanan asuransi kumpulan berupa asuransi jiwa karyawan, proteksi kecelakaan karyawan, tabungan pensiun untuk karyawan, dan produk asuransi terbaik lainnya dengan manfaat komprehensif dari setiap produk yang ditawarkan. 

Salah satu kelebihan asuransi kumpulan Allianz menawarkan produk Allianz Global yang memberikan perlindungan dengan jangkauan secara internasional di lebih dari 80 negara di dunia.

Pilihan Polis

Asuransi Kumpulan Allianz terdiri atas polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan nasabah. Mulai dari kesehatan hingga dana pensiun. Berikut pilihan polis asuransi kumpulan Allianz yang bisa Anda pertimbangkan.

Asuransi Kumpulan Allianz
Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)
Pengelolaan dana pensiun lembaga keuangan bagi perusahaan dan karyawan serta dapat digunakan sebagai program pesangon.
Asuransi Kumpulan Allianz
Allianz Global
Layanan asuransi bagi karyawan berupa asuransi jiwa, pensiun, dan kesehatan dengan standar global.
Asuransi Kumpulan Allianz
SmartHealth
Produk asuransi kesehatan untuk karyawan yang memberikan penggantian biaya perawatan, rawat inap, melahirkan, dan hingga kehamilan.
Asuransi Kumpulan Allianz
Smart Protection
Produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko kecelakaan kerja selama 24 jam serta uang pertanggungan jika terjadi kematian.
Asuransi Kumpulan Allianz
Smart Finance
Program kesejahteraan karyawan berupa proteksi pesangon dan program penghargaan kepada karyawan.
Ulasan Produk

Asuransi Kumpulan Allianz memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan masing-masing polis asuransi kesehatan Allianz, premi, dan cara pembeliannya.

Pertanggungan asuransi kumpulan Allianz amat bergantung pada produk yang Anda pilih. Berikut ini adalah ulasan ringkasnya.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

DPLK adalah program pengelolaan dana pensiun lembaga keuangan bagi perusahaan dan karyawan serta dapat digunakan sebagai program pesangon.

  • Iuran DPLK hanya 5 persen dari total gaji bulanan.
  • Tingkat suku bunga 6 persen.
  • Biaya pengelolaan hanya 0,09 persen per bulan.
  • Manfaat investasi bersifat proyeksi atau perkiraan sehingga kemungkinan akan ada perbedaan dengan hasil yang didapatkan sesungguhnya.

Allianz Global

Allianz Global adalah layanan asuransi bagi karyawan berupa asuransi jiwa, pensiun, dan kesehatan dengan standar global.

  • 100 jaringan lokal asuransi tingkat global di 80 negara yang berbeda.
  • Solusi manfaat karyawan lintas negara.
  • Opsi untuk meningkatkan manajemen risiko dan tata kelola solusi bagi karyawan.

SmartHealth

SmartHealth adalah produk asuransi kesehatan untuk karyawan yang memberikan penggantian biaya perawatan, rawat inap, melahirkan, dan hingga kehamilan.

  • Manfaat penggantian biaya perawatan berupa rawat inap dan melahirkan.
  • Manfaat pencegahan keluarga berencana dan kontrol kehamilan.

Smart Protection

Smart Protection adalah produk asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko kecelakaan kerja selama 24 jam serta uang pertanggungan jika terjadi kematian.

  • Uang pertanggungan jika karyawan meninggal dunia dengan perlindungan selama 24 jam (asuransi jiwa kumpulan).
  • Santunan kematian dan cacat akibat kecelakaan.
  • Santunan cacat total dan tetap akibat penyakit maupun kecelakaan.
  • Medical reimbursement (MR) berupa tambahan pengobatan rawat jalan jika mengalami kecelakaan. 

Smart Finance

Smart Finance adalah program kesejahteraan karyawan berupa proteksi pesangon dan program penghargaan kepada karyawan.

  • Manfaat nilai tunai pada saat masa pertanggungan berakhir.
  • Manfaat nilai tunai pada saat berhenti bekerja yang ditentukan oleh pemberi kerja atau kondisi lain, misalnya nasabah berhenti dari perusahaan.

Dalam menetapkan premi asuransi kumpulan Allianz, terdapat beberapa pertimbangan dan faktor yang menentukan besaran premi, yaitu:

  • Jenis asuransi.
  • Jumlah tertanggung/peserta asuransi.
  • Demografi.
  • Jenis pekerjaan.
  • Riwayat kesehatan.

Informasi lebih lanjut mengenai premi asuransi jiwa Allianz, sila hubungi call center Allianz atau cek melalui situs resmi Allianz.co.id.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh pemegang polis.

Penggantian biaya asuransi kumpulan Allianz atau klaim manfaat asuransi kumpulan Allianz dapat dilakukan dengan berbagai cara. Adapun fitur klaim yang disediakan oleh Allianz bagi para nasabahnya, antara lain:

  • Proses klaim secara cashless. Metode penggantian tidak dilakukan secara tunai alias menggunakan kartu anggota yang dapat digesek di semua rekanan klinik maupun rumah sakit rekanan Allianz Indonesia. Cara ini bisa dilakukan tanpa harus mengajukan penggantian dengan metode reimbursement sehingga prosesnya menjadi lebih praktis, singkat, dan mudah. Penggunaan cashless dapat digunakan untuk rawat inap dan melahirkan, serta rawat jalan dan rawat gigi.
  • Proses klaim reimbursement. Metode penggantian ini dilakukan dengan menggunakan dana atau uang pribadi nasabah terlebih dahulu kemudian akan dilakukan penggantian dalam waktu 7 hari kerja setelah mengajukan klaim. Pengajuan klaim dilakukan paling lambat dalam waktu 30 hari sejak berakhirnya perawatan. Agar mendapatkan penggantian biaya dari Allianz, nasabah wajib menyertakan dokumen-dokumen yang menjadi syarat klaim reimbursement secara lengkap.
  • Klaim asuransi kumpulan melalui aplikasi eAZy Claim. Layanan ini memberikan kemudahan bagi nasabah asuransi kumpulan Allianz langsung melalui ponsel berbasis Android maupun iPhone. Layanan ini dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan gambar tagihan hingga tidak perlu lagi mengirimkan dokumen melalui pos atau email karena semua proses langsung terintegrasi di dalam aplikasi. Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh pengguna layanan dengan fitur klaim reimbursement.
  • Allianz eAZy Med adalah layanan pesan resep dokter hanya dengan menggunakan aplikasi HaloDoc yang sudah bekerja sama dengan apotek rekanan Allianz. Nasabah bisa mendapatkan obat resep dokter tanpa harus repot antre di apotek. Obat akan dikirimkan langsung ke rumah Anda oleh kurir atau jasa layanan antar tanpa harus menambah biaya sama sekali. 

Pembayaran asuransi kumpulan Allianz tidak dikenakan biaya administrasi sama sekali melalui berbagai kanal yang disediakan oleh PT Asuransi Allianz Life Indonesia.

Adapun kanal pembayaran yang disediakan sebagai berikut.

  • Pembayaran melalui Indomaret.
  • Pembayaran secara setor tunai di loket kantor Allianz.
  • Pembayaran melalui ATM BCA dan ATM Mandiri.
  • Pembayaran melalui internet banking.
  • Pembayaran menggunakan virtual account.
  • Pembayaran dengan autodebet kartu kredit atau rekening bank.
  • Pembayaran melalui Kantor POS.
  • Pembayaran melalui kantor Pegadaian.
  • Pembayaran melalui GOPAY. 

Cara pembayaran pada dasarnya sama saja, yang penting Anda mengetahui nomor polis yang dibayarkan. Bagi perusahaan yang memiliki produk asuransi kumpulan, bisa membayarkannya dalam satu nomor polis untuk kumpulan karyawan yang didaftarkan secara resmi oleh perusahaan. 

Setelah itu, informasikan atau input nomor polis yang sesuai. Kemudian bayar premi sesuai dengan jumlah yang harus dibayarkan. Jangan lupa simpan bukti pembayaran untuk arsip. Setiap transaksi pembayaran yang telah dipenuhi akan diberi tahu melalui SMS ataupun email di hari yang sama. 

Cara klaim asuransi kumpulan Allianz dapat dilakukan dengan sangat mudah. Ikuti langkah berikut ini untuk prosedur klaim asuransi kumpulan yang berkaitan dengan penggantian biaya rumah sakit atau klinik yang sudah menjadi rekanan dengan Asuransi Allianz:

  • Bawa dan isi lengkap formulir Allianz saat berobat ke dokter atau rumah sakit.
  • Mintalah surat rujukan, hasil pemeriksaan, penunjang diagnostik dan fisioterapi, diagnosis dokter, laporan riwayat medis yang ditandatangani dan dicap dokter dan rumah sakit serta salinan resepnya.
  • Mintalah bukti pembayaran rincian biaya obat, tindakan, dan lainnya dengan kuitansi asli.
  • Anda juga bisa melakukan klaim melalui layanan Allianz eAZy Claim.
  • Klaim semua dokumen klaim ke kantor pusat Allianz Jakarta ke bagian mailing room.
  • Staf analis klaim Allianz akan menganalisis dan memutuskan status klaim sesuai dengan polis asuransi Anda dan peraturan perusahaan.
  • Klaim akan dibayarkan dalam waktu tujuh hari kerja.

Penggantian biaya tersebut hanya berlaku bagi penggantian dengan metode reimbursement. Sementara untuk penggantian dengan metode cashless, nasabah asuransi kumpulan Allianz hanya perlu menunjukkan kartu asuransi sebelum dilakukan tindakan medis, baik di klinik maupun rumah sakit yang sudah menjadi rekananan asuransi Allianz produk kumpulan.

Adapun persyaratan yang harus disiapkan untuk mengajukan klaim, yaitu:

  • Fotokopi identitas tertanggung.
  • Formulir pemberitahuan no rekening/fotokopi buku rekening.
  • Fotokopi hasil pemeriksaan yang telah dilakukan tertanggung.
  • Formulir klaim asuransi kumpulan perorangan.
  • Formulir riwayat medis dari dokter.
  • Kuitansi asli perawatan rumah sakit beserta perinciannya.
  • Surat rujukan dari dokter untuk perawatan dan pengobatan ke dokter spesialis, pemeriksaan penunjang diagnostik dan fisioterapi.
  • Salinan hasil pemeriksaan penunjang diagnostik dan salinan resep yang berkaitan dengan perawatan.
  • Dokumen lain yang menunjang jika diperlukan.

Klaim Asuransi Jiwa

  • Nasabah meminta klaim dan formulir surat keterangan dokter dari customer service.
  • Unduh formulir klaim surat keterangan dokter di situs www.allianz.co.id.
  • Lengkapi formulir klaim beserta dengan dokumen persyaratan yang dibutuhkan.
  • Serahkan formulir dan dokumen pendukung kepada Allianz.
  • Allianz akan melakukan verifikasi data.
  • Jika data lengkap, Allianz akan melakukan analisis terhadap klaim yang diajukan.
  • Jika data belum lengkap, Allianz akan mengirimkan surat pemberitahuan kepada nasabah dengan tembusan ke agen. Setelah itu bisa diserahkan kembali kepada Allianz.
  • Jika klaim disetujui, Allianz akan melakukan pembayaran klaim dalam 7 hari kerja.
  • Jika klaim ditolak, Allianz akan mengirimkan surat penolakan ke nasabah.

Cara klaim asuransi kesehatan Allianz bisa dilakukan melalui layanan Allianz eAZy Claim dengan mudah melalui situs www.allianz.co.id/eAZyClaim

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika ingin melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif, sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui ketentuan mengenai ada atau tidaknya pengembalian premi.

Jika ingin berhenti membayar polis asuransi kumpulan Allianz, nasabah bisa mengikuti prosedur berikut ini.

  • Hubungi call center asuransi Allianz melalui nomor (021) 29268888.
  • Unduh formulir pembatalan asuransi.
  • Mengisi formulir dengan lengkap.
  • Mengembalikan buku polis asuransi.
  • Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan.
  • Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak, dan administrasi bila ada.
  • Menunggu proses pembatalan asuransi.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.allianz.co.id/layanan

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal