Premi Asuransi Melahirkan 

Premi asuransi melahirkan tiap polisnya berbeda-beda, tergantung pada plafon (limit) dan profil nasabah. Untuk memberikan gambaran, premi asuransi melahirkan Manulife berkisar Rp1juta – Rp3 jutaan (atau lebih) per bulannya. Dengan premi tersebut, nasabah sudah bisa mendapatkan uang pertanggungan (UP) hingga Rp30 juta!

🤰 Asuransi Melahirkan dengan UP Hingga Rp30 Juta!
+62

Sementara, frekuensi pembayaran asuransi kesehatan disesuaikan dengan kesepakatan polis. Ada yang per bulan dan per tahun. Untuk metode pembayarannya sendiri dapat dilakukan dengan cara transfer bank, autodebit atau kredit, virtual account, di supermarket, dan lain sebagainya

Tips Memilih Asuransi Melahirkan Premi Murah

Kunci utama dalam mencari asuransi melahirkan terbaik adalah memilih yang sesuai kebutuhan. Misal, jika tidak ada rencana untuk melakukan perjalanan ke luar negeri, tidak perlu mencari polis yang menanggung hingga jangkauan internasional. Meski begitu, pastikan polisnya sebanding dengan biaya melahirkan di rumah sakit saat ini. 

Di Indonesia, rata-rata biaya melahirkan adalah sekitar Rp5 juta – Rp17 juta untuk persalinan normal. Sementara untuk persalinan Caesar berkisar Rp20 jutaan dan kondisi kelahiran yang rumit atau abnormal bisa memakan biaya sebesar Rp100 jutaan. Hal ini karena ada beberapa biaya tak terduga, seperti berikut ini:

  • Placental Abruption: Kondisi ketika plasenta terlepas dari uterus sebelum bayi lahir. Biaya perawatan pada kondisi ini bisa menghabiskan hingga Rp16,7 juta (estimasi).
  • Diabetes Gestasional: Kondisi ketika produksi insulin dalam tubuh ibu hamil kurang. Biaya perawatan untuk kondisi ini diperkirakan berkisar Rp18,6 juta (estimasi).
  • Operasi Persalinan Kompleks hingga Rp100 juta: Komplikasi akibat kondisi medis tertentu, seperti cacat lahir, posisi janin kurang ideal, dll. Biaya perawatan hingga Rp50 jutaan (tergantung jenis kelas perawatan).
Biaya Kehamilan + PersalinanBiaya
Biaya Tes TORCH (infeksi pada masa kehamilan)Rp2 juta x 1 pertemuan = Rp2 juta
Check up di dokterRp200 ribu x 12 pertemuan = Rp2,4 juta
USG 2 DimensiRp200 ribu x 10 pertemuan = Rp2 juta
USG 3 DimensiRp500 ribu x 1 pertemuan = Rp500 ribu
Biaya persalinan normalRp7 juta x 1 pertemuan = Rp7 juta
TOTALRp13,9 juta

Estimasi biaya persalinan operasi Caesar dengan jenis kamar kelas tiga sekitar Rp10 juta hingga Rp18 jutaan. Sementara untuk kelas di atasnya mulai dari Rp20 juta hingga Rp50 jutaan. Berikut contohnya.

Biaya Kehamilan + PersalinanTotal Biaya
Biaya Tes TORCH (infeksi pada masa kehamilan)Rp2 juta x 1 pertemuan = Rp2 juta
Check up di dokterRp200 ribu x 12 pertemuan = Rp2,4 juta
USG 2 DimensiRp200 ribu x 10 pertemuan = Rp2 juta
USG 3 DimensiRp500 ribu x 1 pertemuan = Rp500 ribu
Biaya persalinan CaesarRp15 juta x 1 pertemuan = R15 juta
TOTALRp21,9 juta

Biaya-biaya yang disebutkan tadi tidak sedikit. Maka dari itu, Anda butuh waktu untuk mengumpulkan dana tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan biaya persalinan adalah dengan menggunakan asuransi.

Pilih Asuransi Melahirkan Seperti Apa?

Kalau sudah ada gambaran dalam memilih polis dengan manfaat apa dan anggaran premi berapa, saatnya untuk mulai bandingkan polis asuransi melahirkan terbaik! Ini bisa dilakukan dengan mudah secara online melalui Lifepal!

Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan