Asuransi Mobil Autocillin

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62

Asuransi mobil Autocillin adalah produk asuransi mobil yang ditawarkan oleh PT Asuransi Adira Dinamika. Produk asuransi mobil yang ditawarkan memberikan manfaat comprehensive (all risk) dan total loss only (TLO). 

Asuransi Adira Dinamika berfokus pada produk-produk asuransi umum yang memberikan proteksi pada kendaraan, kecelakaan, kerugian, perjalanan hingga produk kesehatan. Salah satu kelebihan asuransi mobil Autocillin adalah produk asuransi tersebut telah mendapatkan penghargaan sebagai top brand award asuransi mobil di Indonesia dari majalah Marketing.

Proteksi yang diberikan oleh asuransi mobil Autocillin bukan hanya jenis asuransi comprehensive dan TLO saja, tetapi juga jaminan perluasan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Asuransi mobil Autocillin terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan peserta asuransi. Berikut pilihan polis asuransi mobil Autocillin yang bisa dipertimbangkan.

Asuransi Mobil Autocillin
Asuransi Autocillin Comprehensive
Produk asuransi mobil yang memberikan proteksi secara menyeluruh atas segala risiko yang terjadi pada mobil nasabah. Usia maksimal kendaraan (baru dan bekas) yang bisa diasuransikan adalah 8 tahun.
Asuransi Mobil Autocillin
Asuransi Autocillin Total Loss Only
Produk asuransi mobil yang memberikan proteksi terhadap kerusakan atau kehilangan dengan nilai sama dengan atau melebihi dari 75 persen dari harga pasar kendaraan sebelum kerugian terjadi. Usia maksimal kendaraan 15 tahun baik kendaraan baru maupun bekas.

Asuransi mobil Autocillin memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan polis asuransi mobil Autocillin, premi, dan cara pembeliannya.

Pertanggungan asuransi Autocillin sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Produk asuransi mobil Autocillin terdiri dari dua pilihan, seperti halnya asuransi mobil dari perusahaan lain, yaitu asuransi comprehensive (all risk) dan asuransi mobil total loss only (TLO).

Salah satu kelebihan asuransi mobil Autocillin adalah terdapat layanan darurat Autocillin Rescue 24 jam yang dapat dipanggil oleh nasabah apabila mobilnya mengalami mogok, terperosok, hingga kondisi darurat lain.

Berikut ini adalah manfaat atau pertanggungan yang didapatkan jika memilih salah satu produk asuransi mobil Autocillin. Kenali lebih dalam pertanggungannya, sesuaikan dengan kebutuhan.

Asuransi Mobil Autocillin Comprehensive

Paket asuransi mobil Autocillin Comprehensive memberikan proteksi secara menyeluruh jika terjadi kerusakan kecil maupun total. Proteksi yang diberikan bersifat menyeluruh, sehingga semua akan ditanggung oleh Adira Autocillin sesuai ketentuan dalam polis asuransi.

Adapun manfaat pertanggungan yang diberikan, antara lain:

  • Layanan darurat 24 jam lewat Autocillin Rescue.
  • Klaim langsung lewat aplikasi di smartphone ataupun call center.
  • Garansi seumur hidup jika perbaikan kurang sempurna selama masih berada dalam masa pertanggungan.
  • Mobil yang diasuransikan dan mengalami kerusakan atau kendala akan diantarkan dan dijemput dengan menggunakan mobil derek (towing car).
  • Laporkan progres klaim sehingga proses pengerjaan bisa dipantau hanya melalui aplikasi di smartphone saja.
  • Terdapat pula layanan perpanjang STNK Mobil secara gratis alias tanpa biaya sama sekali.

Asuransi Mobil Autocillin Total Loss Only (TLO)

Paket asuransi mobil Autocillin TLO memberikan proteksi dasar asuransi jika terjadi kerusakan akibat tabrakan, benturan, kecelakaan, terbalik, tergelincir, perbuatan jahat, terperosok kebakaran atau risiko lain yang ditanggung dalam polis dengan kerusakan sama dengan atau lebih dari 75 persen dari harga pasar kendaraan sebelum terjadinya risiko kerusakan/kehilangan.

Adapun manfaat yang diberikan dari produk asuransi Autocillin TLO adalah jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian atau keseluruhan sesuai dengan ketentuan dalam polis asuransi.

Jaminan Perluasan Asuransi Mobil Autocillin

Selain memberikan proteksi utama lewat asuransi mobil comprehensive (all risk) dan TLO, Asuransi Mobil Adira juga memberikan perluasan jaminan seperti informasi berikut ini:

  • Tanggung jawab hukum pada pihak ketiga (third party liability/TPL): Perluasan jaminan yang memberikan manfaat berupa pembayaran kepada pihak ketiga jika terjadi tuntutan akibat mobil yang diasuransikan.
  • Kecelakaan diri (personal accident/PA): Perluasan jaminan jika terjadi kematian, cedera badan yang berakibat pada cacat tetap, biaya pengobatan baik terhadap pengemudi maupun penumpang yang berada di dalam kendaraan yang diasuransikan jika terjadi kecelakaan.
  • Angin topan, banjir, badai, tanah longsor dan hujan es: Perluasan jaminan jika terjadi kerusakan yang diakibatkan secara langsung oleh bencana alam atau fenomena alam yang disebutkan di dalam polis asuransi.
  • Huru hara dan kerusuhan: Perluasan jaminan jika terjadi kerusakan akibat kerusuhan, pemogokan, tawuran, penghalangan jalan saat hendak berangkat kerja, huru-hara, demo besar hingga revolusi. 

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Autocillin, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Selain faktor yang disebutkan di atas, terdapat kategori wilayah yang turut memengaruhi persentase harga premi asuransi mobil baik all risk atau TLO. Persentase asuransi mobil tersebut didasarkan pada Wilayah I, Wilayah II, dan Wilayah III. Berikut penjelasan mengenai wilayah pertanggungan asuransi kendaraan:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Tarif Premi Asuransi Mobil All Risk

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat nonbus/truk) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori asuransi all risk:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 2,83 persen hingga 4,20 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 2,07 persen hingga 2,94 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 1,40 persen hingga 1,88 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 1,20 persen hingga 1,32 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 1,05 persen hingga 1,16 persen tergantung wilayah.

Tarif Premi Asuransi Mobil TLO

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat non truk/bus) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori kerugian total loss:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 0,36 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 0,31 persen hingga 0,53 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 0,29 persen hingga 0,35 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 0,25 persen hingga 0,30 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 0,20 persen hingga 0,24 persen tergantung wilayah.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian asuransi mobil Autocillin, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi Adira.

Asuransi mobil Autocillin bisa dibeli melalui agen atau langsung ke kantor cabang Autocillin terdekat. Calon nasabah juga bisa membeli asuransi melalui telepon ke nomor call center Autocillin melalui nomor  081294211333, (021) 77211517, atau mendaftar melalui situs resmi Autocillin dengan mengisi formulir yang sudah disediakan. Setelah itu, Autocillin akan menghubungi untuk proses pembelian polis yang dibutuhkan.

Atau, jika ingin lebih berimbang, calon nasabah dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Garda Oto saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula.

Pembayaran premi asuransi Autocillin bergantung pada kanal pembayaran yang dipilih. Nasabah bisa membayar premi menggunakan berbagai metode berikut ini:

  • Kartu kredit (Visa/Master).
  • Online Banking (Mandiri Clickpay, Danamon Online).
  • ATM Transfer.
  • Cicilan nol persen (Danamon)

Berikut penjelasan cara pembayaran premi Autocillin.

Cara pembayaran premi asuransi Autocillin saat melakukan pembelian online

  • Klik button “Simulasi” yang terdapat pada laman home situs resmi asuransiadira.com ataupun laman produk.
  • Setelah berada di laman simulasi, silakan pilih produk asuransi yang dikehendaki. Setelah itu klik button “Masukan Data” di bagian bawah situs laman untuk melanjutkan proses berikutnya.
  • Pada step ini, isi data diri pribadi sebagai pembeli dan data asuransi pihak/orang yang menjadi objek asuransi. Setelah melengkapi data yang dibutuhkan, klik button “Hitung Premi” untuk mengetahui jumlah nominal yang dibayarkan.
  • Pada step “Hasil Premi”, akan terlihat detail nominal premi dan juga santunan yang didapatkan peserta asuransi. Lalu, pembeli dapat memilih, langsung bayar atau memasukan ke keranjang belanja dengan melakukan “centang” terlebih dahulu untuk persetujuan ketentuan yang berlaku.

Cara pembayaran premi asuransi Autocillin melakukan pembayaran online

  • Pembeli akan dibawa ke laman pembayaran pada step “Metode Pembayaran”. Pada step ini, pembeli dapat melihat produk-produk asuransi yang sudah dipilih sebelumnya. Pada step ini juga pembeli diminta memilih metode pembayaran yang dikehendaki.
  • Sebelum melanjutkan pembayaran, pembeli diminta melakukan centang persetujuan akan produk yang telah dipilih, metode pembayaran, dan juga jumlah yang akan dibayar. Setelah itu klik button “Bayar” untuk melanjutkan proses.
  • Sebelum proses pembayaran, jika pembeli belum register/login akan muncul pop up window yang mengharuskan pembeli login/register terlebih dahulu.
  • Setelah login/register, maka pembeli dapat melanjutkan dengan melakukan klik pada button “Bayar”. Pembeli akan diminta untuk mengisi data pembayaran sesuai metode pembayaran yang dipilih.
  • Setelah melakukan pembayaran, pembeli akan masuk laman step terakhir, yaitu konfirmasi pembayaran berhasil atau gagal.
  • Hasil pembayaran berhasil atau gagal, akan ada konfirmasi tertulis dari payment gateway Adira Autocillin ke alamat email pembeli.

Pembayaran premi asuransi mobil Autocillin via keranjang

  • Jika pembeli telah melakukan simulasi produk asuransi, maka otomatis hasil simulasi produk asuransi tersebut akan masuk keranjang pembelian.
  • Sebelum melanjutkan pembayaran, pembeli diminta centang persetujuan akan produk yang telah dipilih, metode pembayaran, dan juga jumlah yang akan dibayar. Setelah itu klik button “Bayar” untuk melanjutkan proses.
  • Sebelum proses pembayaran, jika pembeli belum register/login akan muncul pop up window untuk mengharuskan pembeli login/register terlebih dahulu.
  • Setelah login/register, maka pembeli dapat melanjutkan dengan melakukan klik pada button “Bayar”. Dan pembeli akan diminta untuk mengisi data pembayaran sesuai metode pembayaran yang dipilih.
  • Setelah melakukan pembayaran, pembeli akan masuk ke laman step terakhir, yaitu konfirmasi pembayaran berhasil atau gagal.
  • Hasil pembayaran berhasil atau gagal, akan ada konfirmasi tertulis dari payment gateway Adira Autocillin ke alamat email pembeli.

Sebagai informasi, pembelian produk asuransi melalui situs Adira Autocillin tidak diperkenankan untuk dilakukan cancel atau refund. Jika terdapat pertanyaan atau penjelasan mengenai asuransi mobil Adira Autocillin, sila hubungi Adira Care 1500456.

Prosedur klaim asuransi mobil Autocillin sangat mudah, berikut adalah prosedur klaim asuransi mobil Adira.

  • Melaporkan klaim
  • Siapkan dokumen klaim
  • Survei (jika dibutuhkan) dan analisis klaim
  • Hasil analisis dan penilaian klaim (jika disetujui)

Laporan klaim kerugian harus dilakukan maksimal lima hari sejak terjadinya kerugian. Adapun saluran klaim yang bisa dihubungi adalah sebagai berikut ini:

Melapor Klaim

  • Mendatangi kantor Adira Insurance terdekat
  • Telepon ke Adira Care 1500 456
  • Kirim SMS ke Nomor 08121113456
  • Melaporkan melalui aplikasi Autocillin Mobile Claim (Khusus Autocillin)
  • Melaporkan melalui laman https://asuransiadira.com/hubungi 

Menyiapkan Dokumen

  • Dokumen asuransi sesuai petunjuk.
  • Melampirkan form klaim sesuai produk yang diisi.
  • Menyerahkan dokumen asuransi dan form klaim ke Adira.
  • Foto-foto sesaat setelah terjadinya kerugian yang dialami.

Survei dan Analisis Klaim

Survei dilakukan untuk mengetahui secara jelas penyebab terjadinya kerugian dan proses penghitungan estimasi total kerugian yang terjadi. Survei dilakukan terhadap objek pertanggungan.

Hasil Analisis dan Penilaian Klaim

Setelah keseluruhan dokumen dan hasil survei dianalisis, tim Adira akan memberikan penilaian terhadap klaim yang sudah diajukan oleh nasabah.

Penggantian Klaim

Proses penggantian klaim kerugian dilakukan sesuai dengan jenis kerugian yang ditanggung dalam polis.

Semua jenis klaim wajib disertakan kronologi kejadian dalam formulir laporan kerugian yang diberikan oleh petugas Adira. Nasabah wajib menandatangani dokumen yang sudah disertakan.

Asuransi kendaraan bermotor wajib memberikan dokumen berikut:

  • Salinan SIM yang masih berlaku.
  • Salinan STNK yang masih berlaku.
  • Dokumen lain yang disesuaikan dengan jenis klaim.
  • Dokumen pendukung sesuai dengan ketentuan polis masing-masing.

Informasi lebih lengkap tentang klaim produk asuransi Autocillin, bisa menghubungi Adira Care 1500456 atau kantor cabang terdekat.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika nasabah melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil Autocillin.

Nasabah dapat menutup polis asuransi mobil Autocillin, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak Adira akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.
Informasi Umum

Asuransi mobil Autocillin adalah produk asuransi mobil yang ditawarkan oleh PT Asuransi Adira Dinamika. Produk asuransi mobil yang ditawarkan memberikan manfaat comprehensive (all risk) dan total loss only (TLO). 

Asuransi Adira Dinamika berfokus pada produk-produk asuransi umum yang memberikan proteksi pada kendaraan, kecelakaan, kerugian, perjalanan hingga produk kesehatan. Salah satu kelebihan asuransi mobil Autocillin adalah produk asuransi tersebut telah mendapatkan penghargaan sebagai top brand award asuransi mobil di Indonesia dari majalah Marketing.

Proteksi yang diberikan oleh asuransi mobil Autocillin bukan hanya jenis asuransi comprehensive dan TLO saja, tetapi juga jaminan perluasan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Pilihan Polis

Asuransi mobil Autocillin terdiri dari berbagai polis dengan plan yang disesuaikan kebutuhan peserta asuransi. Berikut pilihan polis asuransi mobil Autocillin yang bisa dipertimbangkan.

Asuransi Mobil Autocillin
Asuransi Autocillin Comprehensive
Produk asuransi mobil yang memberikan proteksi secara menyeluruh atas segala risiko yang terjadi pada mobil nasabah. Usia maksimal kendaraan (baru dan bekas) yang bisa diasuransikan adalah 8 tahun.
Asuransi Mobil Autocillin
Asuransi Autocillin Total Loss Only
Produk asuransi mobil yang memberikan proteksi terhadap kerusakan atau kehilangan dengan nilai sama dengan atau melebihi dari 75 persen dari harga pasar kendaraan sebelum kerugian terjadi. Usia maksimal kendaraan 15 tahun baik kendaraan baru maupun bekas.
Ulasan Produk

Asuransi mobil Autocillin memberikan benefit atau manfaat yang disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan polis asuransi mobil Autocillin, premi, dan cara pembeliannya.

Pertanggungan asuransi Autocillin sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Produk asuransi mobil Autocillin terdiri dari dua pilihan, seperti halnya asuransi mobil dari perusahaan lain, yaitu asuransi comprehensive (all risk) dan asuransi mobil total loss only (TLO).

Salah satu kelebihan asuransi mobil Autocillin adalah terdapat layanan darurat Autocillin Rescue 24 jam yang dapat dipanggil oleh nasabah apabila mobilnya mengalami mogok, terperosok, hingga kondisi darurat lain.

Berikut ini adalah manfaat atau pertanggungan yang didapatkan jika memilih salah satu produk asuransi mobil Autocillin. Kenali lebih dalam pertanggungannya, sesuaikan dengan kebutuhan.

Asuransi Mobil Autocillin Comprehensive

Paket asuransi mobil Autocillin Comprehensive memberikan proteksi secara menyeluruh jika terjadi kerusakan kecil maupun total. Proteksi yang diberikan bersifat menyeluruh, sehingga semua akan ditanggung oleh Adira Autocillin sesuai ketentuan dalam polis asuransi.

Adapun manfaat pertanggungan yang diberikan, antara lain:

  • Layanan darurat 24 jam lewat Autocillin Rescue.
  • Klaim langsung lewat aplikasi di smartphone ataupun call center.
  • Garansi seumur hidup jika perbaikan kurang sempurna selama masih berada dalam masa pertanggungan.
  • Mobil yang diasuransikan dan mengalami kerusakan atau kendala akan diantarkan dan dijemput dengan menggunakan mobil derek (towing car).
  • Laporkan progres klaim sehingga proses pengerjaan bisa dipantau hanya melalui aplikasi di smartphone saja.
  • Terdapat pula layanan perpanjang STNK Mobil secara gratis alias tanpa biaya sama sekali.

Asuransi Mobil Autocillin Total Loss Only (TLO)

Paket asuransi mobil Autocillin TLO memberikan proteksi dasar asuransi jika terjadi kerusakan akibat tabrakan, benturan, kecelakaan, terbalik, tergelincir, perbuatan jahat, terperosok kebakaran atau risiko lain yang ditanggung dalam polis dengan kerusakan sama dengan atau lebih dari 75 persen dari harga pasar kendaraan sebelum terjadinya risiko kerusakan/kehilangan.

Adapun manfaat yang diberikan dari produk asuransi Autocillin TLO adalah jaminan ganti rugi atau biaya perbaikan atas kehilangan/kerusakan sebagian atau keseluruhan sesuai dengan ketentuan dalam polis asuransi.

Jaminan Perluasan Asuransi Mobil Autocillin

Selain memberikan proteksi utama lewat asuransi mobil comprehensive (all risk) dan TLO, Asuransi Mobil Adira juga memberikan perluasan jaminan seperti informasi berikut ini:

  • Tanggung jawab hukum pada pihak ketiga (third party liability/TPL): Perluasan jaminan yang memberikan manfaat berupa pembayaran kepada pihak ketiga jika terjadi tuntutan akibat mobil yang diasuransikan.
  • Kecelakaan diri (personal accident/PA): Perluasan jaminan jika terjadi kematian, cedera badan yang berakibat pada cacat tetap, biaya pengobatan baik terhadap pengemudi maupun penumpang yang berada di dalam kendaraan yang diasuransikan jika terjadi kecelakaan.
  • Angin topan, banjir, badai, tanah longsor dan hujan es: Perluasan jaminan jika terjadi kerusakan yang diakibatkan secara langsung oleh bencana alam atau fenomena alam yang disebutkan di dalam polis asuransi.
  • Huru hara dan kerusuhan: Perluasan jaminan jika terjadi kerusakan akibat kerusuhan, pemogokan, tawuran, penghalangan jalan saat hendak berangkat kerja, huru-hara, demo besar hingga revolusi. 

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Autocillin, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Selain faktor yang disebutkan di atas, terdapat kategori wilayah yang turut memengaruhi persentase harga premi asuransi mobil baik all risk atau TLO. Persentase asuransi mobil tersebut didasarkan pada Wilayah I, Wilayah II, dan Wilayah III. Berikut penjelasan mengenai wilayah pertanggungan asuransi kendaraan:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Tarif Premi Asuransi Mobil All Risk

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat nonbus/truk) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori asuransi all risk:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 2,83 persen hingga 4,20 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 2,07 persen hingga 2,94 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 1,40 persen hingga 1,88 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 1,20 persen hingga 1,32 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 1,05 persen hingga 1,16 persen tergantung wilayah.

Tarif Premi Asuransi Mobil TLO

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat non truk/bus) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori kerugian total loss:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 0,36 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 0,31 persen hingga 0,53 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 0,29 persen hingga 0,35 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 0,25 persen hingga 0,30 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 0,20 persen hingga 0,24 persen tergantung wilayah.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil. Informasi jelas terkait metode penggantian asuransi mobil Autocillin, sila hubungi pihak perusahaan, agen, atau broker asuransi Adira.

Asuransi mobil Autocillin bisa dibeli melalui agen atau langsung ke kantor cabang Autocillin terdekat. Calon nasabah juga bisa membeli asuransi melalui telepon ke nomor call center Autocillin melalui nomor  081294211333, (021) 77211517, atau mendaftar melalui situs resmi Autocillin dengan mengisi formulir yang sudah disediakan. Setelah itu, Autocillin akan menghubungi untuk proses pembelian polis yang dibutuhkan.

Atau, jika ingin lebih berimbang, calon nasabah dapat membandingkan produk asuransi mobil terbaik melalui situs agregator semacam Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, calon nasabah tidak hanya dapat membandingkan produk asuransi Garda Oto saja tetapi juga dari perusahaan lain. Dengan demikian, calon nasabah akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan pula.

Pembayaran premi asuransi Autocillin bergantung pada kanal pembayaran yang dipilih. Nasabah bisa membayar premi menggunakan berbagai metode berikut ini:

  • Kartu kredit (Visa/Master).
  • Online Banking (Mandiri Clickpay, Danamon Online).
  • ATM Transfer.
  • Cicilan nol persen (Danamon)

Berikut penjelasan cara pembayaran premi Autocillin.

Cara pembayaran premi asuransi Autocillin saat melakukan pembelian online

  • Klik button “Simulasi” yang terdapat pada laman home situs resmi asuransiadira.com ataupun laman produk.
  • Setelah berada di laman simulasi, silakan pilih produk asuransi yang dikehendaki. Setelah itu klik button “Masukan Data” di bagian bawah situs laman untuk melanjutkan proses berikutnya.
  • Pada step ini, isi data diri pribadi sebagai pembeli dan data asuransi pihak/orang yang menjadi objek asuransi. Setelah melengkapi data yang dibutuhkan, klik button “Hitung Premi” untuk mengetahui jumlah nominal yang dibayarkan.
  • Pada step “Hasil Premi”, akan terlihat detail nominal premi dan juga santunan yang didapatkan peserta asuransi. Lalu, pembeli dapat memilih, langsung bayar atau memasukan ke keranjang belanja dengan melakukan “centang” terlebih dahulu untuk persetujuan ketentuan yang berlaku.

Cara pembayaran premi asuransi Autocillin melakukan pembayaran online

  • Pembeli akan dibawa ke laman pembayaran pada step “Metode Pembayaran”. Pada step ini, pembeli dapat melihat produk-produk asuransi yang sudah dipilih sebelumnya. Pada step ini juga pembeli diminta memilih metode pembayaran yang dikehendaki.
  • Sebelum melanjutkan pembayaran, pembeli diminta melakukan centang persetujuan akan produk yang telah dipilih, metode pembayaran, dan juga jumlah yang akan dibayar. Setelah itu klik button “Bayar” untuk melanjutkan proses.
  • Sebelum proses pembayaran, jika pembeli belum register/login akan muncul pop up window yang mengharuskan pembeli login/register terlebih dahulu.
  • Setelah login/register, maka pembeli dapat melanjutkan dengan melakukan klik pada button “Bayar”. Pembeli akan diminta untuk mengisi data pembayaran sesuai metode pembayaran yang dipilih.
  • Setelah melakukan pembayaran, pembeli akan masuk laman step terakhir, yaitu konfirmasi pembayaran berhasil atau gagal.
  • Hasil pembayaran berhasil atau gagal, akan ada konfirmasi tertulis dari payment gateway Adira Autocillin ke alamat email pembeli.

Pembayaran premi asuransi mobil Autocillin via keranjang

  • Jika pembeli telah melakukan simulasi produk asuransi, maka otomatis hasil simulasi produk asuransi tersebut akan masuk keranjang pembelian.
  • Sebelum melanjutkan pembayaran, pembeli diminta centang persetujuan akan produk yang telah dipilih, metode pembayaran, dan juga jumlah yang akan dibayar. Setelah itu klik button “Bayar” untuk melanjutkan proses.
  • Sebelum proses pembayaran, jika pembeli belum register/login akan muncul pop up window untuk mengharuskan pembeli login/register terlebih dahulu.
  • Setelah login/register, maka pembeli dapat melanjutkan dengan melakukan klik pada button “Bayar”. Dan pembeli akan diminta untuk mengisi data pembayaran sesuai metode pembayaran yang dipilih.
  • Setelah melakukan pembayaran, pembeli akan masuk ke laman step terakhir, yaitu konfirmasi pembayaran berhasil atau gagal.
  • Hasil pembayaran berhasil atau gagal, akan ada konfirmasi tertulis dari payment gateway Adira Autocillin ke alamat email pembeli.

Sebagai informasi, pembelian produk asuransi melalui situs Adira Autocillin tidak diperkenankan untuk dilakukan cancel atau refund. Jika terdapat pertanyaan atau penjelasan mengenai asuransi mobil Adira Autocillin, sila hubungi Adira Care 1500456.

Prosedur klaim asuransi mobil Autocillin sangat mudah, berikut adalah prosedur klaim asuransi mobil Adira.

  • Melaporkan klaim
  • Siapkan dokumen klaim
  • Survei (jika dibutuhkan) dan analisis klaim
  • Hasil analisis dan penilaian klaim (jika disetujui)

Laporan klaim kerugian harus dilakukan maksimal lima hari sejak terjadinya kerugian. Adapun saluran klaim yang bisa dihubungi adalah sebagai berikut ini:

Melapor Klaim

  • Mendatangi kantor Adira Insurance terdekat
  • Telepon ke Adira Care 1500 456
  • Kirim SMS ke Nomor 08121113456
  • Melaporkan melalui aplikasi Autocillin Mobile Claim (Khusus Autocillin)
  • Melaporkan melalui laman https://asuransiadira.com/hubungi 

Menyiapkan Dokumen

  • Dokumen asuransi sesuai petunjuk.
  • Melampirkan form klaim sesuai produk yang diisi.
  • Menyerahkan dokumen asuransi dan form klaim ke Adira.
  • Foto-foto sesaat setelah terjadinya kerugian yang dialami.

Survei dan Analisis Klaim

Survei dilakukan untuk mengetahui secara jelas penyebab terjadinya kerugian dan proses penghitungan estimasi total kerugian yang terjadi. Survei dilakukan terhadap objek pertanggungan.

Hasil Analisis dan Penilaian Klaim

Setelah keseluruhan dokumen dan hasil survei dianalisis, tim Adira akan memberikan penilaian terhadap klaim yang sudah diajukan oleh nasabah.

Penggantian Klaim

Proses penggantian klaim kerugian dilakukan sesuai dengan jenis kerugian yang ditanggung dalam polis.

Semua jenis klaim wajib disertakan kronologi kejadian dalam formulir laporan kerugian yang diberikan oleh petugas Adira. Nasabah wajib menandatangani dokumen yang sudah disertakan.

Asuransi kendaraan bermotor wajib memberikan dokumen berikut:

  • Salinan SIM yang masih berlaku.
  • Salinan STNK yang masih berlaku.
  • Dokumen lain yang disesuaikan dengan jenis klaim.
  • Dokumen pendukung sesuai dengan ketentuan polis masing-masing.

Informasi lebih lengkap tentang klaim produk asuransi Autocillin, bisa menghubungi Adira Care 1500456 atau kantor cabang terdekat.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka nasabah berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika nasabah melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil Autocillin.

Nasabah dapat menutup polis asuransi mobil Autocillin, dengan catatan sesuai dengan kesepakatan tertulis pada polis. Berikut tahapan menutup polis asuransi mobil secara umum.

  • Mengisi dan menandatangani formulir atau Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA).
  • Lengkapi dokumen berupa polis dengan fotokopi STNK kendaraan bermotor dan identitas nasabah. 
  • Mengirimkan Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA) untuk asuransi mobil melalui faksimile, email, atau mengontak via telepon sesuai dengan kanal atau kontak yang disediakan. 
  • Pihak Adira akan melakukan pemeriksaan jika masih ada tagihan tertunggak agar diselesaikan dulu oleh nasabah sebelum dilakukan penutupan.

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal