Asuransi Mobil Honda

Asuransi Mobil Honda Terbaik Sesuai Anggaranmu

Cicilan 0% Temukan ratusan produk pilihan dari brand ternama, harga terjangkau!

+62
 

Pilihan Terbaik Asuransi Mobil Honda

Asuransi mobil Honda adalah produk perlindungan finansial untuk kendaraan mobil khusus bermerek Honda dengan tujuan meminimalkan kerugian akibat terjadinya risiko kecelakaan. 

Beberapa merek unit terkait yang bisa mendapatkan perlindungan melalui asuransi mobil Honda meliputi asuransi mobil untuk All New Honda Brio, New Honda Mobilio, All New Honda BR-V, New Honda Jazz, New Honda HR-V, New Honda City, All New Honda CR-V, New Honda Civic Hatchback RS, New Honda Civic Turbo, All New Honda Accord, New Honda Odyssey, dan Honda Civic Type R.

Asuransi mobil di Indonesia bisa dikatakan sebagai pilihan perlindungan yang tepat sebagaimana Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak, memiliki angka kepemilikan kendaraan yang terbilang tinggi. Berdasarkan data terkait jumlah kendaraan dari Badan Pusat Statistik pada tahun 2018, diketahui bahwa terdapat 16.440.987 unit kendaraan pribadi dan 7.778.544 mobil barang.

Jika berbicara mengenai data-data kecelakaan yang terjadi di Indonesia, Kementerian Perhubungan menyatakan melalui informasi dari Kepolisian Republik Indonesia, terdapat 3 penyebab utama terjadi kecelakaan, antara lain:

  • Faktor kondisi kendaraan yang tidak laik jalan, yaitu sebesar 9 persen.
  • Faktor prasarana dan lingkungan yang tidak memenuhi syarat keamanan publik ideal, yaitu sebesar 30 persen.
  • Faktor kemampuan berkendara dan karakter pengendara, yaitu sebesar 61 persen.

Tidak mengherankan jika kondisi ini memicu perkembangan peluang bisnis asuransi di Indonesia yang dinilai menjanjikan. Pada saat ini saja terdapat lebih dari 70 perusahaan asuransi umum yang menawarkan produk perlindungan finansial untuk mobil pribadi dan perusahaan. 

Tujuan dari memiliki asuransi mobil adalah melindungi pemilik dari mengalami kerugian akibat kerusakan fatal maupun ringan terhadap mobilnya. Melalui manfaat asuransi mobil, pemilik bisa mendapatkan ganti rugi berupa jasa perbaikan dan/atau uang tunai dari perusahaan asuransi.

Lifepal telah merangkum beberapa perusahaan asuransi mobil terbaik di Indonesia sekaligus dengan keunggulan mereka yang bisa dijadikan pertimbangan calon nasabah dalam menentukan pilihan produk perlindungan yang tepat dan sesuai kebutuhan.

1. Asuransi mobil Adira

Selain menawarkan variasi produk asuransi mobil yang berkualitas, asuransi Adira sudah memiliki reputasi sebagai perusahaan asuransi yang tepercaya di Indonesia. 

Adira menyediakan pertanggungan all risk dan TLO melalui produk Autocillin. Salah satu keunggulan dari menjadi nasabah asuransi mobil Adira adalah kemudahan mendapatkan referensi bengkel rekanan yang luas. Selain itu, nasabah mendapatkan jaminan selama enam bulan sejak selesai mendapatkan perbaikan di bengkel rekanan.

2. Asuransi mobil Garda Oto

Asuransi Garda Oto adalah produk perlindungan finansial yang khusus menanggung risiko kerugian yang menimpa mobil. PT Asuransi Astra Buana sebagai pemilik Garda Oto adalah bagian Astra International Tbk.

Dalam mengakses polis pribadi secara online, nasabah dimudahkan oleh kehadiran Garda Medical Otocare untuk melihat polis dan membeli produk. Selain itu ada layanan Pickup Delivery Service untuk antar dan jemput nasabah dari bengkel. 

3. Asuransi mobil ACA

Produk asuransi mobil yang ditawarkan asuransi mobil ACA difokuskan kepada perlindungan produk all risk. Secara umum, asuransi all risk cocok dimanfaatkan bagi pemilik mobil baru yang mana akan melindungi mobil atas risiko berbagai kerusakan ringan tanpa batas.

Mereka pun menawarkan beberapa polis asuransi terkait sesuai perluasan manfaat masing-masing, yaitu Otomate, Otomate Smart, Otomate Solitaire, dan All Comprehensive.

Salah satu keunggulan layanan yang ditawarkan kepada nasabah adalah fasilitas mobil pengganti selama mobil pribadi sedang diperbaiki di bengkel rekanan. Penggunaan mobil pengganti ini bisa dimaksimalkan hingga lima hari.

4. Asuransi mobil Chubb

Sebagai perusahaan asuransi berstandar internasional, asuransi mobil Chubb menawarkan dua produk perlindungan mobil, yaitu Chubb Comprehensive untuk menjamin ganti rugi kerusakan ringan hingga berat dan Chubb Total Loss Only (TLO) untuk menjamin ganti rugi atas kerusakan mobil fatal di atas 75 persen dan/atau hilang akibat dicuri.

Untuk memudahkan nasabahnya, Chubb menyediakan layanan berbasis online melalui situs web resmi dan aplikasi untuk mengakses informasi terkait polis pribadi dan pengajuan klaim asuransi.

5. Asuransi mobil Sinar Mas

Asuransi Sinar Mas memang cukup dikenal melalui produk asuransi jiwa dan kesehatannya, namun ternyata produk asuransi mobilnya pun sama bagusnya.

Asuransi mobil Sinar Mas menawarkan empat polis asuransi yang mencakup pertanggungan TLO dan all risk yang dilengkapi pula dengan pertanggungan tanggung jawab pihak ketiga atau disebut TPL (Third Party Liabilities). Tidak berhenti di situ, Sinar Mas turut memberikan jaminan perlindungan bagi pengemudi dan penumpang.

 

Sekilas tentang Honda

Honda Motor Company, Ltd sebagai produsen kendaraan bermotor dan permesinan berskala internasional adalah perusahaan otomotif yang berbasis di Tokyo, Jepang. 

Didirikan pada 24 September 1948, oleh perintisnya yang bernama Soichiro Honda, Honda mulai dikenal sebagai perusahaan manufaktur motor terbesar di dunia sejak tahun 1959. Sedangkan pada produksi kendaraan mobil, tahun 1963 adalah debut produksi mereka.

Jaringan Honda mobil mulai merambah ke Indonesia melalui kerja sama dengan PT Honda Prospect Motor (PT HPM) sejak bulan Maret 1999. PT HPM didirikan sebagai perusahaan ATPM atau Agen Tunggal Pemegang Merek mobil Honda di Indonesia. 

Dengan demikian, PT HPM menjadi satu-satunya perusahaan yang berhak mengimpor, merakit, dan melakukan inovasi produksi kendaraan bermerek Honda di Indonesia.

Landmark Honda mobil Indonesia ditandai dengan pembangunan pabrik perakitan pertama di Karawang (Jawa Barat) pada tahun 2003. Mengenai prestasi, pabrik Honda pertama di Karawang ini telah meraih pencapaian produksi ke-100.000 unit.

Saat ini, PT HPM telah menempatkan 145 dealer resmi 51 subdealer yang kesemuanya dapat melayani penjualan dan purnajual semua produk-produk mobil Honda. Kisaran harga resmi penjualan mobil Honda dimulai dari Rp146 juta untuk All New Honda Brio hingga Rp1,067 miliar untuk Honda Civic Typer R. Berikut kisaran harga untuk mobil Honda dari PT HPM di Indonesia.

  • All New Honda Brio: Rp146.000.000
  • New Honda Mobilio: Rp203.400.000
  • All New Honda BR-V: Rp248.900.000
  • New Honda Jazz: Rp250.200.000
  • New Honda HR-V: Rp297.000.000
  • New Honda City: Rp352.600.000
  • All New Honda CR-V: Rp463.900.000
  • New Honda Civic Hatchback RS: Rp499.000.000
  • New Honda Civic Turbo: Rp533.000.000
  • All New Honda Accord: Rp729.600.000
  • New Honda Odyssey: Rp776.000.000
  • Honda Civic Type R: Rp1.067.600.000

Secara umum, Honda telah menjadi merek dagang yang tepercaya di mata konsumen Tanah Air. Tiap model mobil yang ditawarkan pun telah disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan yang bervariasi, sebagaimana target pasar Honda Indonesia menyasar pada selera pengusaha milenial dan keluarga. Tidak mengherankan, Honda telah menjadi salah satu merek kendaraan yang terpopuler sekaligus tersukses di Indonesia.

 

Tips & Pertanyaan

Pembelian mobil Honda secara tunai pada umumnya tidak akan mendapatkan perlindungan asuransi. Dengan demikian, pemilik harus membeli asuransi mobil TLO atau all risk sendiri melalui agen atau broker asuransi.

Berbeda halnya jika pembelian mobil Honda dilakukan secara mencicil melalui perantara leasing mobil. Nyatanya, sebagian leasing telah bekerja sama dengan perusahaan asuransi tertentu sehingga pihak leasing kerap memanfaatkannya sebagai paket perlindungan asuransi.

Contohnya jika pembelian mobil dilakukan secara kredit melalui leasing Adira Finance, maka mobil yang akan dibeli bisa saja dilengkapi dengan proteksi dari Adira Autocillin

Tanyakan kepada perusahaan leasing yang ingin dipilih perihal adakah rekanan perusahaan asuransi tertentu. Perlu diketahui juga bahwa ada sebagian leasing yang memberikan pilihan rekanan asuransi kepada calon pembelinya. Jangan ragu untuk mengonsultasikan keunggulan dari masing-masing pilihan perusahaan asuransi.

Jika membutuhkan informasi yang lebih lengkap mengenai manfaat asuransi mobil dan berbagai referensi perusahaan yang menawarkan produk asuransi mobil, jangan ragu untuk mengonsultasikannya secara gratis di Lifepal.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Secara umum, biaya premi asuransi all risk lebih mahal dibandingkan dengan asuransi TLO. Di samping itu, terdapat peraturan batas atas dan bawah untuk pengelompokan wilayah serta harga unit mobil yang akan menentukan biaya premi yang perlu dibayarkan.

Sebagai contoh, berikut penghitungan biaya premi asuransi di wilayah Jakarta sebagai simulasi untuk All New Honda Brio sebagai mobil dengan harga terendah dan biaya asuransi untuk Honda Civic Type R sebagai mobil dengan harga tertinggi.

Merek Unit Mobil Asuransi All Risk Asuransi TLO
All New Honda Brio 

Wilayah: Jakarta

Harga: Rp146.000.000

Rp3.606.200

(2,47% x Rp146.000.000)

Rp642.400

(0,44% x Rp146.000.000)

Honda Civic Type R

Wilayah: Jakarta

Harga: Rp1.067.600.000

Rp11.209.800

(1,05% x Rp1.067.600.000)

Rp2.135.200

(0,2% x Rp1.067.600.000)

Premi untuk asuransi mobil bersifat tahunan, jadi pembayaran premi dilakukan satu kali untuk mendapatkan perlindungan selama setahun. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai ketentuan pertanggungan dan harga premi untuk asuransi mobil, jangan ragu untuk mencari tahu dan berkonsultasi di Lifepal.

Terdapat ketentuan batas waktu bagi pemilik mobil Honda yang telah menjadi nasabah asuransi mobil untuk mengajukan klaim asuransinya, yaitu umumnya maksimal lima hari sejak hari mengalami kerusakan pada mobil atau kehilangan. 

Sebagai langkah mengantisipasi kelupaan untuk melakukan pelaporan atau kelalaian lainnya, sebaiknya nasabah segera menghubungi call center perusahaan asuransi terkait atau melaporkannya melalui surel.

Seusai melakukan pelaporan, nasabah dihimbau untuk membuat surat laporan di kantor kepolisian setempat. Di sini, nasabah perlu menjelaskan kronologis kejadian dan kerugian yang dialaminya juga sebagai bagian dari pelaporan.

Selain surat laporan kepolisian, terdapat berkas-berkas lain yang perlu dilengkapi saat mengajukan klaim asuransi, yaitu Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli, fotokopi Surat Izin Mengemudi (SIM), dan fotokopi polis asuransi.

Nasabah dapat mengirim semua berkas terkait secara online melalui surel atau faksimile. Jika ingin menyerahkannya secara langsung, nasabah dapat memberikannya kepada agen asuransi pribadi atau kepada staf klaim di kantor asuransi.

Berapa pun nilai kerugian yang dialami, nasabah tidak dikenakan biaya apa pun saat mengajukan klaim asuransi. Namun, perlu diperhatikan bahwa wujud kerugian yang dialami sudah sesuai dengan ketentuan pertanggungan di dalam polis asuransi pribadi.

Namun di dalam asuransi mobil terdapat istilah yang disebut dengan own risk atau deductible. Artinya, nasabah hanya akan dibebankan biaya administrasi tiap kali mengajukan satu kasus klaim asuransi, yaitu sebesar maksimal Rp300 ribu. 

Asuransi mobil all risk meliputi pertanggungan kerugian berskala ringan hingga berat. Kerugian ringan biasanya hanya berdampak pada penampilan dan tidak memengaruhi performa mobil secara umum, misalnya kerusakan bodi berupa lecet, penyok, kaca pecah, dan lain-lain.

Pada skala berat, asuransi all risk turut menanggung kerugian yang bisa berdampak buruk bagi performa mobil, misalnya kerusakan akibat kecelakaan, gangguan mesin, kerusakan pada kelistrikan, dan lain-lain. 

Kerugian menyeluruh yang menimpa mobil seperti kerusakan total pada mesin sehingga mobil menjadi mogok atau bahkan kehilangan akibat pencurian, akan ditanggung pula oleh asuransi all risk

Asuransi TLO atau Total Loss Only adalah salah satu produk asuransi yang menjamin kerugian nasabah asuransi yang mengalami kehilangan mobil akibat pencurian atau kerusakan parah pada mobil sehingga menjadikannya tidak bisa digunakan kembali.

Dengan kata lain, asuransi TLO tidak menanggung kerugian pada mobil yang bersifat ringan. Contoh kerugian yang tidak ditanggung di dalam asuransi TLO adalah baret, lecet, penyok, spion bengkok, velg rusak, knalpot copot, dan lain-lain.

Secara umum terdapat beberapa faktor yang akan menentukan harga premi asuransi, yaitu:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Harga kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaraan.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Tujuan penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga asuransi mobil all risk di tahun 2020 bergantung pada ketetapan OJK mengenai penetapan tarif premi asuransi kendaraan bermotor. 

Tiap perusahaan asuransi mobil yang menawarkan perlindungan all risk dan TLO memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Konsultasikan kepada agen asuransi atau broker asuransi mobil pilihan untuk mendapatkan informasi yang lebih tepat.

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal