Asuransi Mobil Zurich

4.6 / 5.0 (4.803 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cicilan 0%Hemat 15%
 

Asuransi Mobil Zurich

Asuransi mobil Zurich adalah produk asuransi mobil yang dimiliki Zurich Insurance dengan perlindungan terhadap risiko kerusakan atau kerugian yang bisa terjadi pada mobil. Zurich Insurance yang berada di bawah naungan PT Zurich Insurance Indonesia (ZII) adalah perusahaan asuransi umum

Kelebihan dan Kekurangan Asuransi Mobil Zurich versi Lifepal

  • (+) Terdapat 127 bengkel rekanan resmi dan 116 bengkel non rekanan yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.
  • (+) Layanan Zurich Action Promises yang memberikan kompensasi berupa voucher belanja apabila janji klaim yang diajukan nasabah tidak dapat pihak asuransi penuhi tepat pada waktunya.
  • (-) Zurich Insurance Indonesia sampai saat ini hanya memiliki delapan kantor pemasaran, yang tersebar di Pulau Jawa dan Bali saja sehingga sulit dijangkau bagi masyarakat yang berada di luar pulau Jawa.

Sekilas tentang Asuransi Mobil Zurich

PT Zurich Insurance Indonesia (ZII) merupakan salah satu anak perusahaan dari Zurich Insurance Group yang didirikan pada tahun 1991. Zurich Indonesia hadir dengan berbagai pilihan produk asuransi umum yang berguna untuk melindungi aset/properti, kendaraan, hingga kecelakaan diri, baik individu maupun kelompok.

Untuk melayani kebutuhan masyarakat akan asuransi, PT Zurich Insurance Indonesia memiliki jaringan pemasaran yang cukup luas. Dengan total jaringan pemasaran mencapai lebih dari 300 orang karyawan dan lebih dari 1.000 tenaga agen individu yang tersebar di sembilan kantor pemasaran di Indonesia.

PT Zurich Insurance Indonesia telah memiliki izin usaha di bidang asuransi umum dan terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) serta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada  tanggal 19 September 1991 dengan nomor izin usaha KEP-284/KM.13/1991.

Zurich Indonesia hadir dengan menyediakan dua pilihan asuransi mobil, yaitu asuransi all risk (komprehensif) dan TLO dan produk asuransi Mobil Z. Meskipun produk asuransi mobil tersebut memiliki jenis manfaat yang berbeda, tetapi terdapat beberapa jaminan yang sama berupa perbaikan akibat terjadinya tabrakan, pencurian, dan hal apa pun yang bisa menimbulkan kerusakan atau kerugian pada mobil yang dimiliki nasabah.

 

Asuransi mobil Zurich terdiri dari dua jenis polis dengan plan yang berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Berikut pilihan polis asuransi mobil Zurich yang bisa Anda pertimbangkan.

Asuransi Mobil Zurich
Asuransi Komprehensif dan TLO
Produk asuransi mobil yang mampu memberikan perlindungan komprehensif atas mobil yang dimiliki.
Asuransi Mobil Zurich
Asuransi Mobil Z
Produk asuransi mobil yang memberikan perlindungan menyeluruh atas kerusakan atau kerugian pada kendaraan akibat tabrakan, pencurian, ataupun kecelakaan lainnya.
 

Asuransi mobil Zurich memberikan benefit atau manfaat yang dapat disesuaikan dengan ketentuan polis asuransi yang dipilih. Berikut ulasan pertanggungan polis asuransi mobil Zurich, premi, dan cara pembeliannya.

Pertanggungan asuransi mobil Zurich sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil Zurich berdasarkan jenis produknya.

Asuransi Komprehensif dan TLO

Produk asuransi komprehensif dan total loss only (TLO) yang ditawarkan Zurich Indonesia mampu memberikan perlindungan komprehensif atas mobil yang nasabah miliki. Adapun manfaat perlindungan yang diberikan, antara lain:

  • Perlindungan komprehensif atas kerugian sebagian dan total akibat risiko-risiko yang dijamin dalam polis.
  • Perlindungan total loss only (TLO) akibat pencurian atas kerusakan yang nilainya di atas 75 persen.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat angin topan, badai, hujan es, banjir dan/atau tanah longsor.
  • Jaminan perluasan tambahan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, tanggung jawab hukum terhadap penumpang, kecelakaan diri pengemudi, dan kecelakaan diri penumpang.

Selain manfaat utama, terdapat dua manfaat tambahan lain yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Bengkel resmi rekanan yang sesuai dengan merek kendaraan.
  • ZAP (Zurich Action Promises) 250, yaitu kompensasi berupa voucher belanja akibat janji klaim yang tidak dapat pihak asuransi tepati.

Asuransi Mobil Z

Produk asuransi Mobil Z adalah produk asuransi mobil Zurich yang memberikan perlindungan menyeluruh atas kerusakan atau kerugian pada kendaraan akibat tabrakan, pencurian, ataupun kecelakaan lainnya. Produk asuransi mobil ini terbilang lebih lengkap daripada asuransi sebelumnya.

Adapun manfaat perlindungan yang diberikan, antara lain:

  • Perlindungan menyeluruh atas kerusakan atau kerugian yang terjadi karena tabrakan, pencurian, atau kecelakaan lalu lintas.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat gempa bumi, tsunami dan letusan gunung berapi.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat angin topan, badai, hujan es, banjir dan/atau tanah longsor.
  • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga maupun penumpang hingga Rp50 juta per kendaraan.
  • Kecelakaan diri pengemudi hingga Rp50 juta per orang.
  • Kecelakaan diri penumpang hingga Rp50 juta dengan maksimal empat orang.
  • Penggantian biaya pengobatan akibat kecelakaan hingga Rp5 juta per kendaraan.

Selain manfaat utama, terdapat dua manfaat tambahan yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Manfaat penggunaan mobil pengganti dengan maksimal penggunaan 5×24 jam.
  • Bantuan dari pihak Zurich atau bengkel rekanan ketika keadaan darurat seperti kerusakan mesin atau mogok terjadi.
  • Layanan derek 24 jam.
  • Biaya ambulans maksimal Rp1 juta.
  • Penggunaan bengkel resmi sesuai dengan merek kendaraan.
  • Fasilitas penggantian kendaraan sesuai dengan harga pembelian kendaraan (khusus kendaraan baru dalam kurun waktu enam bulan pertama sejak tanggal pembelian).
  • Valet parking protection.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Zurich, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Khusus untuk produk asuransi Z bisa dibilang harga preminya lebih mahal daripada produk komprehensif maupun TLO. Namun, pertanggungan yang diberikan pun jauh lebih lengkap. Karena terdapat berbagai fasilitas pendukung seperti peminjaman mobil dan sebagainya.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Membeli asuransi Zurich secara online tentu akan memudahkan sehingga tidak perlu datang ke kantor cabang terdekat untuk mendapatkan penawaran yang cocok. Dengan agen asuransi mobil Zurich yang tersebar di beberapa kota di Indonesia tentu membuat aktivitas membeli asuransi mobil menjadi lebih mudah.

Untuk mengetahui bagaimana cara membeli asuransi mobil Zurich secara online,  bisa menghubungi layanan call center 24 jam Zurich melalui nomor telepon 1500987. 

Sebelum membeli asuransi mobil Zurich secara online, calon nasabah juga bisa membandingkan asuransi mobil terbaik melalui situs agregator atau marketplace asuransi seperti Lifepal. Calon nasabah dapat membandingkan produk asuransi mobil Zurich dengan produk asuransi mobil dari perusahaan asuransi lainnya. Dengan demikian, nasabah akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan.

Penggantian biaya untuk asuransi mobil Zurich tergantung pada jenis produk asuransi yang dipilih.

Untuk asuransi komprehensif dan TLO, penggantian biaya dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan dibayarkan secara sekaligus kepada nasabah jika klaim telah disetujui oleh pihak asuransi.

Sedangkan untuk produk asuransi Mobil Z, penggantian biaya dilakukan dengan metode cashless, yakni mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi Zurich.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar penggantian biaya klaim asuransi mobil Zurich, sila hubungi layanan call center 24 jam Zurich melalui nomor 1500987.

Terdapat beberapa metode pembayaran untuk produk asuransi mobil yang dimiliki Zurich Indonesia. Berikut adalah daftar cara pembayaran yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Pembayaran asuransi mobil Zurich melalui ATM BCA

  • Pilih menu “Transaksi Lainnya” kemudian pilih “Transfer”.
  • Pilih Menu ke “Rek BCA Virtual Account”.
  • Masukkan “00299” diikuti tujuh digit nomor polis atau nomor agen, kemudian pilih “Benar”.
  • Masukkan jumlah tagihan premi yang akan ditransfer.
  • Periksa kembali rekening tujuan dan jumlah transfer, kemudian pilih “Benar”.

Pembayaran asuransi mobil Zurich melalui jaringan ATM Bersama & PRIMA

  • Pilih jenis transaksi “Transfer”.
  • Masukkan kode bank CIMB Niaga: 022, kemudian masukkan secara lengkap nomor kode akun Zurich, yaitu:
    • Rekening Nasabah: 2559 00000 dan tujuh digit nomor polis (rupiah/dolar).
    • Rekening Agen: 2559 00010 dan tujuh digit nomor polis (rupiah/dolar).
  • Masukkan jumlah premi yang akan ditransfer dan nomor referensi tujuan.
  • Kemudian pilih “Transfer”

Pembayaran asuransi mobil Zurich melalui teller bank

Isi formulir dengan informasi sebagai berikut:

  • Bank Penerima: CIMB NIAGA.
  • Rekening Nasabah: 2559 00000 dan tujuh digit nomor polis.
  • Rekening Agen: 2559 00010 dan  tujuh digit nomor agen.
  • Rekening atas nama: PT Zurich Insurance Indonesia.

Pembayaran asuransi mobil Zurich melalui kartu kredit dan kartu debet

  • Kartu debit: Pendebetan dapat dilakukan dengan mendatangi kantor cabang atau Head Office PT. Zurich Insurance Indonesia. Pendebetan dapat dilakukan dengan kartu, seperti Master Card, Visa, dan BCA Card.
  • Kartu kredit: Pendebetan baru bisa dilakukan ketika nasabah melengkapi dan menandatangani formulir surat kuasa pendebetan kartu kredit dan kirim formulir tersebut melalui faksimile ke nomor 021 – 25543670 atau email [email protected]

Untuk melakukan klaim asuransi mobil di Zurich Indonesia, maka tertanggung harus segera melaporkan klaim dalam durasi waktu tidak lebih dari lima hari kalender (120 jam) setelah kejadian. Adapun informasi yang harus disampaikan, antara lain:

  • Nomor polis asuransi.
  • Nama tertanggung dalam polis.
  • Jenis kendaraan dan plat nomor.
  • Tempat dan tanggal kecelakaan terjadi.
  • Kerugian atau kerusakan yang diderita.
  • Kronologi kejadian.
  • Data pihak ketiga (jika ada).

Setelah melakukan pelaporan, maka harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat klaim. Setiap dokumen yang dibutuhkan dibedakan atas jenis risiko yang dialami. Mulai dari pencurian, total loss, hingga melibatkan pihak ketiga. Berikut daftar dokumen yang dibutuhkan sesuai jenis kejadian.

Persyaratan klaim asuransi mobil Zurich untuk pencurian dan total loss

  • Formulir klaim asuransi mobil Zurich.
  • Fotokopi SIM pengemudi dan STNK.
  • BPKB.
  • Faktur.
  • Kuitansi kosong (rangkap tiga dan bermaterai).
  • Dua buah kunci kontak kendaraan.
  • Laporan polisi.
  • Berita acara pemeriksaan (BAP).
  • Surat keterangan Kadit Serse POLDA.
  • Surat pemblokiran STNK kendaraan.
  • Surat pelimpahan hak atas kendaraan.

Persyaratan klaim asuransi mobil Zurich yang melibatkan pihak ketiga

  • Formulir klaim asuransi mobil Zurich.
  • Fotokopi SIM dan STNK pihak ketiga.
  • Surat tuntutan dan pernyataan tidak ada jaminan dari asuransi mana pun dan pencabutan tuntutan
  • Foto kerusakan kendaraan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melanjutkan proses klaim asuransi mobil, yaitu:

  • Pihak asuransi akan menentukan bengkel rekanan yang harus dituju oleh tertanggung. Biasanya bengkel rekanan dipilih berdasarkan lokasi terdekat dari tempat tinggal atau kantor tertanggung.
  • Tertanggung dilarang meminta perbaikan tanpa persetujuan pihak asuransi.
  • Batas ganti rugi tidak lebih dari kondisi yang ditanggung pada polis.

Berhenti asuransi mobil Zurich secara umum dapat dilakukan dengan prosedur yang mudah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menghubungi pihak Zurich baik melalui call center atau datang ke kantor cabang terdekat untuk memberitahukan keinginan menutup polis. Apabila sudah, berikut langkah yang bisa diikuti.

  • Mengisi formulir penutupan polis asuransi mobil Zurich yang diminta. 
  • Lengkapi dokumen yang dibutuhkan, seperti fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dari kendaraan yang akan diasuransikan, kartu identitas diri, dan buku polis asuransi, dan dokumen lain yang diminta.
  • Untuk informasi lebih lengkap seputar cara berhenti asuransi mobil Zurich,  dapat menghubungi layanan call center Zurich di nomor 1500987. 

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.zurich.co.id/
Penulis Ruri Sari Mantan peracik tulisan di media sosial yang mencoba berbagi informasi seputar mengelola keuangan pribadi dan sharing trik-trik jitu yang bisa kita semua nikmati. Lihat profile penulis