Asuransi Mobil Zurich

DISKON HINGGA 20% Temukan pilihan polis sesuai kebutuhan dan anggaranmu!

+62
+62
+62

Asuransi mobil Zurich adalah produk asuransi mobil yang dimiliki Zurich Insurance dengan perlindungan terhadap risiko kerusakan atau kerugian yang bisa terjadi pada mobil. Zurich Insurance yang berada di bawah naungan PT Zurich Insurance Indonesia (ZII) adalah perusahaan asuransi umum.

Zurich Indonesia hadir dengan menyediakan dua pilihan asuransi mobil, yaitu asuransi all risk/komprehensif dan TLO dan produk asuransi Mobil Z. Meskipun produk asuransi mobil tersebut memiliki jenis manfaat yang berbeda, tetapi terdapat beberapa jaminan yang sama berupa perbaikan akibat terjadinya tabrakan, pencurian, dan hal apapun yang bisa menimbulkan kerusakan atau kerugian pada mobil yang dimiliki nasabah.

Selain itu, salah satu keunggulan asuransi mobil yang ditawarkan oleh Zurich Indonesia adalah adanya layanan Zurich Action Promises. Layanan tersebut memberikan kompensasi berupa voucher belanja apabila janji klaim yang diajukan nasabah tidak dapat pihak asuransi penuhi tepat pada waktunya.

Asuransi mobil Zurich terdiri dari dua jenis polis dengan plan yang berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Berikut pilihan polis asuransi mobil Zurich yang bisa Anda pertimbangkan.

Asuransi Mobil Zurich
Asuransi Komprehensif dan TLO
Produk asuransi mobil yang mampu memberikan perlindungan komprehensif atas mobil yang dimiliki.
Asuransi Mobil Zurich
Asuransi Mobil Z
Produk asuransi mobil yang memberikan perlindungan menyeluruh atas kerusakan atau kerugian pada kendaraan akibat tabrakan, pencurian, ataupun kecelakaan lainnya.

Pertanggungan asuransi mobil Zurich sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil Zurich berdasarkan jenis produknya.

Asuransi Komprehensif dan TLO

Produk asuransi komprehensif dan total loss only (TLO) yang ditawarkan Zurich Indonesia mampu memberikan perlindungan komprehensif atas mobil yang nasabah miliki. Adapun manfaat perlindungan yang diberikan, antara lain:

  • Perlindungan komprehensif atas kerugian sebagian dan total akibat risiko-risiko yang dijamin dalam polis.
  • Perlindungan total loss only (TLO) akibat pencurian atas kerusakan yang nilainya di atas 75 persen.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat angin topan, badai, hujan es, banjir dan/atau tanah longsor.
  • Jaminan perluasan tambahan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, tanggung jawab hukum terhadap penumpang, kecelakaan diri pengemudi, dan kecelakaan diri penumpang.

Selain manfaat utama, terdapat dua manfaat tambahan lain yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Bengkel resmi rekanan yang sesuai dengan merek kendaraan.
  • ZAP (Zurich Action Promises) 250, yaitu kompensasi berupa voucher belanja akibat janji klaim yang tidak dapat pihak asuransi tepati.

Asuransi Mobil Z

Produk asuransi Mobil Z adalah produk asuransi mobil Zurich yang memberikan perlindungan menyeluruh atas kerusakan atau kerugian pada kendaraan akibat tabrakan, pencurian, ataupun kecelakaan lainnya. Produk asuransi mobil ini terbilang lebih lengkap daripada asuransi sebelumnya.

Adapun manfaat perlindungan yang diberikan, antara lain:

  • Perlindungan menyeluruh atas kerusakan atau kerugian yang terjadi karena tabrakan, pencurian, atau kecelakaan lalu lintas.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat gempa bumi, tsunami dan letusan gunung berapi.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat angin topan, badai, hujan es, banjir dan/atau tanah longsor.
  • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga maupun penumpang hingga Rp50 juta per kendaraan.
  • Kecelakaan diri pengemudi hingga Rp50 juta per orang.
  • Kecelakaan diri penumpang hingga Rp50 juta dengan maksimal empat orang.
  • Penggantian biaya pengobatan akibat kecelakaan hingga Rp5 juta per kendaraan.

Selain manfaat utama, terdapat dua manfaat tambahan yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Manfaat penggunaan mobil pengganti dengan maksimal penggunaan 5×24 jam.
  • Bantuan dari pihak Zurich atau bengkel rekanan ketika keadaan darurat seperti kerusakan mesin atau mogok terjadi.
  • Layanan derek 24 jam.
  • Biaya ambulans maksimal Rp1 juta.
  • Penggunaan bengkel resmi sesuai dengan merek kendaraan.
  • Fasilitas penggantian kendaraan sesuai dengan harga pembelian kendaraan (khusus kendaraan baru dalam kurun waktu enam bulan pertama sejak tanggal pembelian).
  • Valet parking protection.

 

 

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Zurich, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Selain faktor yang disebutkan di atas, terdapat kategori wilayah yang turut memengaruhi persentase harga premi asuransi mobil baik all risk atau TLO. Persentase asuransi mobil tersebut didasarkan pada Wilayah I, Wilayah II, dan Wilayah III. Berikut penjelasan mengenai wilayah pertanggungan asuransi kendaraan:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Tarif Premi Asuransi Mobil All Risk

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat nonbus/truk) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori asuransi all risk:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 2,83 persen hingga 4,20 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 2,07 persen hingga 2,94 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 1,40 persen hingga 1,88 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 1,20 persen hingga 1,32 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 1,05 persen hingga 1,16 persen tergantung wilayah.

Tarif Premi Asuransi Mobil TLO

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat non truk/bus) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori kerugian total loss:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 0,36 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 0,31 persen hingga 0,53 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 0,29 persen hingga 0,35 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 0,25 persen hingga 0,30 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 0,20 persen hingga 0,24 persen tergantung wilayah.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Membeli asuransi Zurich secara online tentu akan memudahkan sehingga Anda tidak perlu datang ke kantor cabang terdekat untuk mendapatkan penawaran yang cocok. Dengan agen asuransi mobil Zurich yang tersebar di beberapa kota di Indonesia tentu membuat aktivitas membeli asuransi mobil menjadi lebih mudah.

Untuk mengetahui bagaimana cara membeli asuransi mobil Zurich secara online, Anda bisa menghubungi layanan call center 24 jam Zurich melalui nomor telepon 1500987. 

Sebelum Anda membeli asuransi mobil Zurich secara online, Anda juga bisa membandingkan asuransi mobil terbaik melalui situs agregator atau marketplace asuransi seperti Lifepal. Anda dapat membandingkan produk asuransi mobil Zurich dengan produk asuransi mobil dari perusahaan asuransi lainnya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar penggantian biaya klaim asuransi mobil Zurich, sila hubungi layanan call center 24 jam Zurich melalui nomor 1500987.

Terdapat beberapa metode pembayaran untuk produk asuransi mobil yang dimiliki Zurich Indonesia. Berikut adalah daftar cara pembayaran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Pembayaran asuransi mobil Zurich melalui ATM BCA

  • Pilih menu “Transaksi Lainnya” kemudian pilih “Transfer”.
  • Pilih Menu ke “Rek BCA Virtual Account”.
  • Masukkan “00299” diikuti tujuh digit nomor polis atau nomor agen, kemudian pilih “Benar”.
  • Masukkan jumlah tagihan premi yang akan ditransfer.
  • Periksa kembali rekening tujuan dan jumlah transfer, kemudian pilih “Benar”.

Pembayaran asuransi mobil Zurich melalui jaringan ATM Bersama & PRIMA

  • Pilih jenis transaksi “Transfer”.
  • Masukkan kode bank CIMB Niaga: 022, kemudian masukkan secara lengkap nomor kode akun Zurich, yaitu:
    • Rekening Nasabah: 2559 00000 dan tujuh digit nomor polis (rupiah/dolar).
    • Rekening Agen: 2559 00010 dan tujuh digit nomor polis (rupiah/dolar).
  • Masukkan jumlah premi yang akan ditransfer dan nomor referensi tujuan.
  • Kemudian pilih “Transfer”

Pembayaran asuransi mobil Zurich melalui teller bank

Isi formulir dengan informasi sebagai berikut:

  • Bank Penerima: CIMB NIAGA.
  • Rekening Nasabah: 2559 00000 dan tujuh digit nomor polis.
  • Rekening Agen: 2559 00010 dan  tujuh digit nomor agen.
  • Rekening atas nama: PT Zurich Insurance Indonesia.

Pembayaran asuransi mobil Zurich melalui kartu kredit dan kartu debet

  • Kartu debit: Pendebetan dapat dilakukan dengan mendatangi kantor cabang atau Head Office PT. Zurich Insurance Indonesia. Pendebetan dapat dilakukan dengan kartu, seperti Master Card, Visa, dan BCA Card.
  • Kartu kredit: Pendebetan baru bisa dilakukan ketika Anda melengkapi dan menandatangani formulir surat kuasa pendebetan kartu kredit dan kirim formulir tersebut melalui faksimile ke nomor 021 – 25543670 atau email [email protected]

Untuk melakukan klaim asuransi mobil di Zurich Indonesia, maka tertanggung harus segera melaporkan klaim dalam durasi waktu tidak lebih dari lima hari kalender (120 jam) setelah kejadian. Adapun informasi yang harus disampaikan, antara lain:

  • Nomor polis asuransi.
  • Nama tertanggung dalam polis.
  • Jenis kendaraan dan plat nomor.
  • Tempat dan tanggal kecelakaan terjadi.
  • Kerugian atau kerusakan yang diderita.
  • Kronologi kejadian.
  • Data pihak ketiga (jika ada).

Setelah melakukan pelaporan, maka Anda harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat klaim. Setiap dokumen yang dibutuhkan dibedakan atas jenis risiko yang dialami. Mulai dari pencurian, total loss, hingga melibatkan pihak ketiga. Berikut daftar dokumen yang dibutuhkan sesuai jenis kejadian.

Persyaratan klaim asuransi mobil Zurich untuk pencurian dan total loss

  • Formulir klaim asuransi mobil Zurich.
  • Fotokopi SIM pengemudi dan STNK.
  • BPKB.
  • Faktur.
  • Kuitansi kosong (rangkap tiga dan bermaterai).
  • Dua buah kunci kontak kendaraan.
  • Laporan polisi.
  • Berita acara pemeriksaan (BAP).
  • Surat keterangan Kadit Serse POLDA.
  • Surat pemblokiran STNK kendaraan.
  • Surat pelimpahan hak atas kendaraan.

Persyaratan klaim asuransi mobil Zurich yang melibatkan pihak ketiga

  • Formulir klaim asuransi mobil Zurich.
  • Fotokopi SIM dan STNK pihak ketiga.
  • Surat tuntutan dan pernyataan tidak ada jaminan dari asuransi mana pun dan pencabutan tuntutan
  • Foto kerusakan kendaraan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melanjutkan proses klaim asuransi mobil, yaitu:

  • Pihak asuransi akan menentukan bengkel rekanan yang harus dituju oleh tertanggung. Biasanya bengkel rekanan dipilih berdasarkan lokasi terdekat dari tempat tinggal atau kantor tertanggung.
  • Tertanggung dilarang meminta perbaikan tanpa persetujuan pihak asuransi.
  • Batas ganti rugi tidak lebih dari kondisi yang ditanggung pada polis.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika Anda melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil Zurich.

Cara berhenti asuransi mobil Zurich secara umum dapat dilakukan dengan prosedur berikut.

  • Menghubungi kantor pemasaran Asuransi Zurich terdekat dan jelaskan alasan keinginan menutup polis asuransi mobil.
  • Mengisi formulir penutupan polis asuransi mobil Zurich. Jangan lupa untuk pahami isi dokumen dan minta penjelasan untuk denda dan hal lain yang ditimbulkan oleh penutupan polis.
  • Lengkapi persyaratan yang diminta, seperti fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dari kendaraan yang akan diasuransikan, kartu identitas diri, dan buku polis asuransi.
  • Untuk informasi lebih lengkap seputar cara berhenti asuransi mobil Zurich, Anda dapat menghubungi layanan call center 24 jam Zurich melalui nomor 1500987.
Informasi Umum

Asuransi mobil Zurich adalah produk asuransi mobil yang dimiliki Zurich Insurance dengan perlindungan terhadap risiko kerusakan atau kerugian yang bisa terjadi pada mobil. Zurich Insurance yang berada di bawah naungan PT Zurich Insurance Indonesia (ZII) adalah perusahaan asuransi umum.

Zurich Indonesia hadir dengan menyediakan dua pilihan asuransi mobil, yaitu asuransi all risk/komprehensif dan TLO dan produk asuransi Mobil Z. Meskipun produk asuransi mobil tersebut memiliki jenis manfaat yang berbeda, tetapi terdapat beberapa jaminan yang sama berupa perbaikan akibat terjadinya tabrakan, pencurian, dan hal apapun yang bisa menimbulkan kerusakan atau kerugian pada mobil yang dimiliki nasabah.

Selain itu, salah satu keunggulan asuransi mobil yang ditawarkan oleh Zurich Indonesia adalah adanya layanan Zurich Action Promises. Layanan tersebut memberikan kompensasi berupa voucher belanja apabila janji klaim yang diajukan nasabah tidak dapat pihak asuransi penuhi tepat pada waktunya.

Pilihan Polis

Asuransi mobil Zurich terdiri dari dua jenis polis dengan plan yang berbeda-beda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Berikut pilihan polis asuransi mobil Zurich yang bisa Anda pertimbangkan.

Asuransi Mobil Zurich
Asuransi Komprehensif dan TLO
Produk asuransi mobil yang mampu memberikan perlindungan komprehensif atas mobil yang dimiliki.
Asuransi Mobil Zurich
Asuransi Mobil Z
Produk asuransi mobil yang memberikan perlindungan menyeluruh atas kerusakan atau kerugian pada kendaraan akibat tabrakan, pencurian, ataupun kecelakaan lainnya.
Ulasan Produk & Bengkel

Pertanggungan asuransi mobil Zurich sangat bergantung pada jenis produk dan plan yang dipilih. Berikut adalah pertanggungan asuransi mobil Zurich berdasarkan jenis produknya.

Asuransi Komprehensif dan TLO

Produk asuransi komprehensif dan total loss only (TLO) yang ditawarkan Zurich Indonesia mampu memberikan perlindungan komprehensif atas mobil yang nasabah miliki. Adapun manfaat perlindungan yang diberikan, antara lain:

  • Perlindungan komprehensif atas kerugian sebagian dan total akibat risiko-risiko yang dijamin dalam polis.
  • Perlindungan total loss only (TLO) akibat pencurian atas kerusakan yang nilainya di atas 75 persen.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat gempa bumi, tsunami, dan letusan gunung berapi.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat angin topan, badai, hujan es, banjir dan/atau tanah longsor.
  • Jaminan perluasan tambahan tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga, tanggung jawab hukum terhadap penumpang, kecelakaan diri pengemudi, dan kecelakaan diri penumpang.

Selain manfaat utama, terdapat dua manfaat tambahan lain yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Bengkel resmi rekanan yang sesuai dengan merek kendaraan.
  • ZAP (Zurich Action Promises) 250, yaitu kompensasi berupa voucher belanja akibat janji klaim yang tidak dapat pihak asuransi tepati.

Asuransi Mobil Z

Produk asuransi Mobil Z adalah produk asuransi mobil Zurich yang memberikan perlindungan menyeluruh atas kerusakan atau kerugian pada kendaraan akibat tabrakan, pencurian, ataupun kecelakaan lainnya. Produk asuransi mobil ini terbilang lebih lengkap daripada asuransi sebelumnya.

Adapun manfaat perlindungan yang diberikan, antara lain:

  • Perlindungan menyeluruh atas kerusakan atau kerugian yang terjadi karena tabrakan, pencurian, atau kecelakaan lalu lintas.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat kerusuhan, huru-hara, terorisme, dan sabotase.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat gempa bumi, tsunami dan letusan gunung berapi.
  • Jaminan perluasan manfaat akibat angin topan, badai, hujan es, banjir dan/atau tanah longsor.
  • Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga maupun penumpang hingga Rp50 juta per kendaraan.
  • Kecelakaan diri pengemudi hingga Rp50 juta per orang.
  • Kecelakaan diri penumpang hingga Rp50 juta dengan maksimal empat orang.
  • Penggantian biaya pengobatan akibat kecelakaan hingga Rp5 juta per kendaraan.

Selain manfaat utama, terdapat dua manfaat tambahan yang bisa Anda gunakan, yaitu:

  • Manfaat penggunaan mobil pengganti dengan maksimal penggunaan 5×24 jam.
  • Bantuan dari pihak Zurich atau bengkel rekanan ketika keadaan darurat seperti kerusakan mesin atau mogok terjadi.
  • Layanan derek 24 jam.
  • Biaya ambulans maksimal Rp1 juta.
  • Penggunaan bengkel resmi sesuai dengan merek kendaraan.
  • Fasilitas penggantian kendaraan sesuai dengan harga pembelian kendaraan (khusus kendaraan baru dalam kurun waktu enam bulan pertama sejak tanggal pembelian).
  • Valet parking protection.

 

 

Ada beberapa faktor yang memengaruhi harga premi asuransi mobil Zurich, antara lain:

  • Kota atau wilayah domisili kendaraan.
  • Nilai kendaraan.
  • Tipe atau jenis kendaran.
  • Tipe proteksi atau jenis asuransi yang dipilih.
  • Usia kendaraan.
  • Jenis penggunaan.
  • Perluasan jaminan yang dipilih.

Harga premi polis asuransi all risk biasanya akan lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO, karena manfaat pertanggungannya lebih banyak. Khusus untuk asuransi all risk, terdapat biaya risiko yang tidak ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Biaya tersebut sebesar Rp300 ribu per klaim kejadian.

Selain faktor yang disebutkan di atas, terdapat kategori wilayah yang turut memengaruhi persentase harga premi asuransi mobil baik all risk atau TLO. Persentase asuransi mobil tersebut didasarkan pada Wilayah I, Wilayah II, dan Wilayah III. Berikut penjelasan mengenai wilayah pertanggungan asuransi kendaraan:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Tarif Premi Asuransi Mobil All Risk

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat nonbus/truk) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori asuransi all risk:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 2,83 persen hingga 4,20 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 2,07 persen hingga 2,94 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 1,40 persen hingga 1,88 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 1,20 persen hingga 1,32 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 1,05 persen hingga 1,16 persen tergantung wilayah.

Tarif Premi Asuransi Mobil TLO

Berikut ini persentase asuransi kendaraan khusus mobil (roda empat non truk/bus) yang ditetapkan asuransi kendaraan secara umum kategori kerugian total loss:

  • Harga maksimal Rp125 juta: 0,36 persen hingga 0,78 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp125-200 juta: 0,31 persen hingga 0,53 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp200-400 juta: 0,29 persen hingga 0,35 persen tergantung wilayah.
  • Harga Rp400-800 juta: 0,25 persen hingga 0,30 persen tergantung wilayah.
  • Harga lebih dari Rp800 juta: 0,20 persen hingga 0,24 persen tergantung wilayah.

Penentuan harga premi asuransi mobil merujuk pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor pada tahun 2017.

Membeli asuransi Zurich secara online tentu akan memudahkan sehingga Anda tidak perlu datang ke kantor cabang terdekat untuk mendapatkan penawaran yang cocok. Dengan agen asuransi mobil Zurich yang tersebar di beberapa kota di Indonesia tentu membuat aktivitas membeli asuransi mobil menjadi lebih mudah.

Untuk mengetahui bagaimana cara membeli asuransi mobil Zurich secara online, Anda bisa menghubungi layanan call center 24 jam Zurich melalui nomor telepon 1500987. 

Sebelum Anda membeli asuransi mobil Zurich secara online, Anda juga bisa membandingkan asuransi mobil terbaik melalui situs agregator atau marketplace asuransi seperti Lifepal. Anda dapat membandingkan produk asuransi mobil Zurich dengan produk asuransi mobil dari perusahaan asuransi lainnya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling ringan.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara perusahaan asuransi memberikan manfaat pertanggungan, yaitu dalam bentuk santunan maupun biaya perawatan. Penggantian biaya asuransi akan dilakukan berdasarkan produk asuransi serta plan yang dipilih oleh nasabah.

Penggantian biaya asuransi mobil biasanya disesuaikan dengan jenis polis yang dimiliki. Sebagai contoh, untuk produk asuransi TLO, penggantian dilakukan dengan cara pembayaran uang pertanggungan secara sekaligus kepada nasabah jika klaimnya disetujui oleh perusahaan asuransi.

Sedangkan untuk penggantian jenis asuransi comprehensive atau all risk, penggantian dilakukan secara cashless. Mobil yang mengalami kerusakan akan diperbaiki di bengkel rekanan asuransi. Nasabah juga akan dikenai biaya risiko sendiri per kejadian berdasarkan klaim yang diajukan.

Jika terdapat manfaat perluasan berupa jaminan kepada penumpang saat terjadi kecelakaan, maka tertanggung juga akan mendapatkan penggantian biaya perawatan di rumah sakit disesuaikan dengan ketentuan polis. Umumnya untuk penggantian biaya asuransi kecelakaan dapat menggunakan metode penggantian cashless maupun reimbursement. 

Metode penggantian yang disebutkan di atas adalah cara umum yang berlaku dalam proses klaim asuransi mobil.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap seputar penggantian biaya klaim asuransi mobil Zurich, sila hubungi layanan call center 24 jam Zurich melalui nomor 1500987.

Terdapat beberapa metode pembayaran untuk produk asuransi mobil yang dimiliki Zurich Indonesia. Berikut adalah daftar cara pembayaran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Pembayaran asuransi mobil Zurich melalui ATM BCA

  • Pilih menu “Transaksi Lainnya” kemudian pilih “Transfer”.
  • Pilih Menu ke “Rek BCA Virtual Account”.
  • Masukkan “00299” diikuti tujuh digit nomor polis atau nomor agen, kemudian pilih “Benar”.
  • Masukkan jumlah tagihan premi yang akan ditransfer.
  • Periksa kembali rekening tujuan dan jumlah transfer, kemudian pilih “Benar”.

Pembayaran asuransi mobil Zurich melalui jaringan ATM Bersama & PRIMA

  • Pilih jenis transaksi “Transfer”.
  • Masukkan kode bank CIMB Niaga: 022, kemudian masukkan secara lengkap nomor kode akun Zurich, yaitu:
    • Rekening Nasabah: 2559 00000 dan tujuh digit nomor polis (rupiah/dolar).
    • Rekening Agen: 2559 00010 dan tujuh digit nomor polis (rupiah/dolar).
  • Masukkan jumlah premi yang akan ditransfer dan nomor referensi tujuan.
  • Kemudian pilih “Transfer”

Pembayaran asuransi mobil Zurich melalui teller bank

Isi formulir dengan informasi sebagai berikut:

  • Bank Penerima: CIMB NIAGA.
  • Rekening Nasabah: 2559 00000 dan tujuh digit nomor polis.
  • Rekening Agen: 2559 00010 dan  tujuh digit nomor agen.
  • Rekening atas nama: PT Zurich Insurance Indonesia.

Pembayaran asuransi mobil Zurich melalui kartu kredit dan kartu debet

  • Kartu debit: Pendebetan dapat dilakukan dengan mendatangi kantor cabang atau Head Office PT. Zurich Insurance Indonesia. Pendebetan dapat dilakukan dengan kartu, seperti Master Card, Visa, dan BCA Card.
  • Kartu kredit: Pendebetan baru bisa dilakukan ketika Anda melengkapi dan menandatangani formulir surat kuasa pendebetan kartu kredit dan kirim formulir tersebut melalui faksimile ke nomor 021 – 25543670 atau email [email protected]

Untuk melakukan klaim asuransi mobil di Zurich Indonesia, maka tertanggung harus segera melaporkan klaim dalam durasi waktu tidak lebih dari lima hari kalender (120 jam) setelah kejadian. Adapun informasi yang harus disampaikan, antara lain:

  • Nomor polis asuransi.
  • Nama tertanggung dalam polis.
  • Jenis kendaraan dan plat nomor.
  • Tempat dan tanggal kecelakaan terjadi.
  • Kerugian atau kerusakan yang diderita.
  • Kronologi kejadian.
  • Data pihak ketiga (jika ada).

Setelah melakukan pelaporan, maka Anda harus menyiapkan dokumen yang dibutuhkan sebagai syarat klaim. Setiap dokumen yang dibutuhkan dibedakan atas jenis risiko yang dialami. Mulai dari pencurian, total loss, hingga melibatkan pihak ketiga. Berikut daftar dokumen yang dibutuhkan sesuai jenis kejadian.

Persyaratan klaim asuransi mobil Zurich untuk pencurian dan total loss

  • Formulir klaim asuransi mobil Zurich.
  • Fotokopi SIM pengemudi dan STNK.
  • BPKB.
  • Faktur.
  • Kuitansi kosong (rangkap tiga dan bermaterai).
  • Dua buah kunci kontak kendaraan.
  • Laporan polisi.
  • Berita acara pemeriksaan (BAP).
  • Surat keterangan Kadit Serse POLDA.
  • Surat pemblokiran STNK kendaraan.
  • Surat pelimpahan hak atas kendaraan.

Persyaratan klaim asuransi mobil Zurich yang melibatkan pihak ketiga

  • Formulir klaim asuransi mobil Zurich.
  • Fotokopi SIM dan STNK pihak ketiga.
  • Surat tuntutan dan pernyataan tidak ada jaminan dari asuransi mana pun dan pencabutan tuntutan
  • Foto kerusakan kendaraan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melanjutkan proses klaim asuransi mobil, yaitu:

  • Pihak asuransi akan menentukan bengkel rekanan yang harus dituju oleh tertanggung. Biasanya bengkel rekanan dipilih berdasarkan lokasi terdekat dari tempat tinggal atau kantor tertanggung.
  • Tertanggung dilarang meminta perbaikan tanpa persetujuan pihak asuransi.
  • Batas ganti rugi tidak lebih dari kondisi yang ditanggung pada polis.

Setiap nasabah berhak mengajukan penutupan polis karena alasan apapun. Namun, sebelum mengajukan penutupan polis, sebaiknya pastikan perusahaan asuransi memberikan manfaat free-look provision. Artinya, jika nasabah merasa perjanjian yang tertera dalam buku polis dirasa kurang sesuai dengan kebutuhan, maka Anda berhak melakukan pembatalan dan mendapatkan pengembalian premi yang telah dibayarkan.

Jika Anda melakukan penutupan polis saat manfaat pertanggungan telah aktif maka kemungkinan tidak ada pengembalian premi. Sila hubungi pihak perusahaan asuransi untuk mengetahui cara penutupan polis asuransi mobil Zurich.

Cara berhenti asuransi mobil Zurich secara umum dapat dilakukan dengan prosedur berikut.

  • Menghubungi kantor pemasaran Asuransi Zurich terdekat dan jelaskan alasan keinginan menutup polis asuransi mobil.
  • Mengisi formulir penutupan polis asuransi mobil Zurich. Jangan lupa untuk pahami isi dokumen dan minta penjelasan untuk denda dan hal lain yang ditimbulkan oleh penutupan polis.
  • Lengkapi persyaratan yang diminta, seperti fotokopi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dari kendaraan yang akan diasuransikan, kartu identitas diri, dan buku polis asuransi.
  • Untuk informasi lebih lengkap seputar cara berhenti asuransi mobil Zurich, Anda dapat menghubungi layanan call center 24 jam Zurich melalui nomor 1500987.
Artikel Terkait Lainnya

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal