Dapatkan Asuransi
		Sesuai Kebutuhan dan
		Anggaran Anda!

Asuransi Motor Terbaik Sesuai Anggaranmu


Temukan ratusan produk pilihan dari brand ternama, harga terjangkau!

+62

Perusahaan Asuransi Motor

Berikut perusahaan asuransi terpercaya yang menyediakan asuransi motor yang memberikan uang pertanggungan terbaik, nilai tunai, serta manfaat bagi tertanggung dan ahli waris.

Ulasan Tentang Asuransi Motor

Pahami asuransi motor lebih mendalam mulai dari fungsi dan manfaatnya, jenis, pertanggungan yang diberikan, metode penggantian biaya, cara klaim, hukum serta kelebihan dan kekurangannya sehingga Anda bisa memutuskan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Asuransi Motor adalah proteksi atau perlindungan terhadap risiko kerusakan atau kehilangan kendaraan roda dua atau sepeda motor. Kerusakan atau kehilangan bisa diakibatkan oleh berbagai sebab seperti kelalaian diri sendiri, orang lain, atau kejadian yang tidak diinginkan seperti huru-hara, kerusuhan hingga bencana alam.

Adapun pertanggungan asuransi motor biasanya mencakup kerusakan kecil, kerusakan parah, kehilangan, atau bahkan perawatan motor secara berkala. Bahkan, beberapa perusahaan menyediakan penggantian motor sementara maupun baru apabila motor hilang atau sedang diperbaiki.

Secara umum dan singkat, asuransi motor terbagi menjadi dua kategori, yaitu TLO dan comprehensive. Yaitu menanggung hanya pada kejadian dan kerusakan tertentu saja atau menanggung seluruh risiko yang terjadi pada sepeda motor.

Premi asuransi motor sudah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perhitungannya berdasarkan pada persentase yang sudah diatur oleh OJK dan disesuaikan dengan merek dan tipe motor Anda.

Saat ini, asuransi motor pun sudah tersedia baik itu asuransi konvensional maupun asuransi syariah. Perbedaannya terletak pada prinsip yang digunakan dalam akad atau perjanjian di awal sehingga lebih menentramkan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Fungsi dan manfaat memiliki asuransi motor adalah untuk berjaga-jaga terhadap risiko finansial yang diakibatkan oleh kerusakan atau kehilangan motor. Tentu ada sejumlah dana yang harus Anda keluarkan apabila itu terjadi, bukan? Nah, pahami beberapa poin berikut sebagai pertimbangan mengenai perlunya asuransi motor.

1. Fungsi Asuransi Motor 

  • Asuransi Motor memberikan perlindungan jika motor mengalami kecelakaan atau kerusakan akibat kecelakaan.
  • Asuransi motor memberi penggantian jika motor hilang karena kejahatan maupun karena pencurian.
  • Asuransi motor memberikan perlindungan terhadap tuntutan hukum pihak ketiga sehingga bisa meminimalisasi kerugian finansial.
  • Beberapa produk asuransi motor juga memberikan proteksi bagi pengendara maupun penumpang. 

2. Manfaat Asuransi Motor

  • Asuransi motor akan mengganti biaya kerusakan yang terjadi sesuai dengan batasan perlindungan yang tertera dalam polis asuransi.
  • Asuransi motor akan mengganti kehilangan maksimal lebih dari 75 persen dari total kerugian atau kehilangan sesuai dengan perlindungan yang tertera dalam polis asuransi. 
  • Asuransi motor akan memberikan penggantian biaya pengobatan atau perawatan karena kecelakaan motor sehingga Anda tidak perlu pusing lagi memikirkan biaya pengobatan.
  • Beberapa asuransi motor memberikan santunan cacat total tetap maupun santunan kematian akibat kecelakaan.
  • Beberapa asuransi kehilangan motor juga akan memberikan ganti jika motor rusak atau hilang akibat huru-hara/kerusuhan atau bencana alam sesuai dengan perluasan dalam polis asuransi yang dipilih.

Produk asuransi motor pun bermacam-macam disesuaikan dengan kebutuhan peserta asuransi. Adapun asuransi motor yang biasa ditawarkan oleh perusahaan asuransi terbagi menjadi dua kategori, yaitu asuransi all risk atau comprehensive dan asuransi total loss only (TLO).

1. Asuransi motor all risk

Asuransi all risk (comprehensive) adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan atau ganti rugi untuk segala risiko yang terjadi pada motor Anda seperti lecet, tabrakan, sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam polis asuransi. 

2. Asuransi TLO motor

Asuransi Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan atau penggantian biaya jika motor Anda hilang atau rusak lebih dari 75 persen saja. Jadi tidak memberikan penggantian jika motor lecet atau rusak kurang dari 75 persen. Kehilangan motor bisa disebabkan karena pencurian atau aksi kejahatan, kebakaran atau sesuai dengan syarat dan ketentuan dalam polis asuransi.

Adapun pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi kendaraan motor bergantung pada jenis asuransi yang Anda ambil. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Pertanggungan asuransi motor all risk (comprehensive)

Pertanggungan asuransi motor all risk atau comprehensive diberikan dalam bentuk perbaikan di bengkel rekanan, bukan dalam bentuk santunan tunai seperti yang diberikan dalam asuransi TLO motor. 

Asuransi akan mengganti seluruh kerusakan maupun kehilangan karena asuransi all risk menanggung semua risiko kerugian yang bisa terjadi pada sepeda motor Anda. Itulah sebabnya mengapa premi asuransi all risk lebih mahal dibandingkan dengan premi asuransi TLO.

2. Pertanggungan asuransi TLO

Pertanggungan asuransi TLO akan diberikan dalam bentuk tunai. Akan tetapi, jika kerusakan kurang dari 75 persen sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi, Anda tidak akan mendapatkan penggantian. 

Ukuran kerusakan akan ditentukan oleh analis dari perusahaan asuransi bukan dari asumsi tertanggung atau pemegang polis. Premi asuransi TLO relatif lebih murah dibandingkan dengan asuransi all risk sehingga cocok baik untuk sepeda motor baru maupun sepeda motor yang sudah berumur asal tidak melebihi batas umur yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi.

1. Metode lump sum

Metode pembayaran ini memberikan uang pertanggungan kepada peserta asuransi secara sekaligus. Contohnya jika uang pertanggungannya sebesar Rp100 juta, maka seluruhnya akan diberikan kepada penerima manfaat.

Metode penggantian biaya asuransi motor ini biasanya untuk jenis asuransi TLO yang akan diberikan penggantian secara tunai sesuai dengan ketentuan polis asuransi. Selain itu, bisa juga untuk penggantian santunan dana kematian atau santunan cacat total tetap dengan menggunakan metode penggantian lump sum atau pembayaran sekaligus.

2. Metode cashless

Metode pembayaran ini dilakukan ketika ada penggantian atau perbaikan sepeda motor untuk bagian tertentu saja. Metode penggantian ini biasanya untuk jenis asuransi all risk/comprehensive sehingga tertanggung hanya perlu membayar biaya risiko sendiri atau own risk per kejadian. Barulah setelah itu perusahaan asuransi akan menanggung sisanya untuk perbaikan sepeda motor. 

3. Metode reimbursement

Metode pembayaran ini dilakukan jika ada penggantian yang harus dibayarkan terlebih dahulu oleh peserta atau tertanggung kemudian dengan bukti pembayaran yang ada dapat diganti oleh perusahaan asuransi.

Contohnya dalam kondisi pengemudi motor mengalami kecelakaan sehingga harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Biaya perawatan di rumah sakit harus dibayarkan terlebih dahulu oleh peserta kemudian diganti oleh perusahaan asuransi dengan menyertakan bukti-bukti pembayaran, diagnosis, rekam medis, dan dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi.

Ada dua cara klaim Asuransi Motor sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih.

1. Asuransi Motor yang mengakibatkan Pengemudi Meninggal Dunia

Cara klaimnya hampir sama dengan klaim asuransi jiwa harus melampirkan berbagai berkas dokumen persyaratan, polis asuransi, KTP tertanggung, dan hal-hal yang berkaitan dengan penerima manfaat dalam hal ini adalah ahli waris. Silakan cek cara klaim asuransi jiwa.

2. Asuransi motor TLO

Cara klaim asuransi TLO pada dasarnya ada tiga tahap yang harus dilakukan yaitu melaporkan kejadian, melakukan tindakan yang perlu dilakukan, mengajukan klaim dengan menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. 

  • Laporkan kejadian tidak lebih dari 7 hari sejak kejadian (setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan yang mungkin berbeda-beda).
  • Melakukan tindakan untuk mencegah kematian dan kerusakan obyek asuransi lebih besar lagi.
  • Foto kerusakan atau kejadian yang tak terduga sebagai bukti.
  • Melibatkan satuan keamanan atau pemadam kebakaran dalam menanggulangi kejadian.
  • Memindahkan objek yang diasuransikan jika bisa dilakukan.
  • Proses klaim akan diverifikasi oleh investigator/surveyor dari perusahaan asuransi.
  • Perusahaan asuransi akan melakukan survei ke lokasi kejadian.
  • Menyerahkan semua dokumen klaim yang dibutuhkan maksimal 15 hari setelah kejadian (setiap perusahaan asuransi memiliki ketentuan yang mungkin berbeda-beda) .
  • Jika sudah lengkap, adjuster dari perusahaan asuransi akan melakukan perhitungan klaim.
  • Setelah semua lengkap akan dilakukan pembayaran/perbaikan oleh perusahaan asuransi terhadap kerugian yang ditanggung sesuai dengan kontrak atau polis yang disepakati.
  • Beberapa perusahaan asuransi motor umumnya memiliki layanan yang berbeda. Perbaikan bisa dilakukan di bengkel rekanan atau kendaraan akan dijemput oleh perusahaan asuransi kemudian dilakukan perbaikan di bengkel sendiri.
  • Untuk pencairan dana klaim asuransi motor TLO biasanya akan cair setelah 14 hari kerja setelah proses lengkap.

Perhitungan premi asuransi sepeda motor ditentukan oleh harga sepeda motor, wilayah dan biaya administrasi.

Berdasarkan surat edaran OJK (Otoritas Jasa Keuangan) RI Nomor 6/SEOJK.05/2017, begini cara menghitung premi asuransi motor all risk maupun asuransi TLO dengan mudah.

1. Asuransi all risk

Wilayah I: 3,18-3,50%

Wilayah II: 3,18-3,50%

Wilayah III: 3,18-3,50%

2. Asuransi TLO

Wilayah I: 1,76-2,11%

Wilayah II: 1,80-2,16%

Wilayah III: 0,67-0,80%

Catatan

Wilayah 1 : Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya;

Wilayah 2 : DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten; dan

Wilayah 3 : Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2.

Sebagai contoh, misalnya Anda membeli motor Honda Beat Sporty CW tahun 2019 dengan harga Rp15 juta. Dengan catatan, menggunakan KTP DKI Jakarta. Maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Apabila menggunakan asuransi all risk maka perhitungannya.

3,18% x Rp15.000.000 = Rp477.000

Apabila menggunakan asuransi TLO maka perhitungannya.

1,80% x Rp15.000.000 = Rp270.000

Dari perhitungan di atas didapatkan angka premi untuk asuransi all risk yang harus dibayarkan per tahun adalah Rp477 ribu. Sedangkan premi yang harus dibayarkan untuk asuransi TLO adalah Rp270 ribu per tahun.

Pembayaran kontribusi atau premi asuransi motor sesuai dengan metode pembayaran yang disediakan. Adapun pembayaran yang disediakan oleh Lifepal saat Anda membeli asuransi motor melalui situs Lifepal secara langsung yaitu:

  • Transfer melalui bank.
  • Pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.
  • Pembayaran dengan menggunakan pihak ketiga.

Pada umumnya setiap perusahaan sudah memiliki metode pembayaran masing-masing. Ada yang perlu setor manual atau ada pula yang bisa autodebet dari rekening atau kartu kredit. 

Jika masih bingung atau mengalami kesulitan dalam pembayaran asuransi, Anda bisa menghubungi tim Lifepal. Lifepal akan membantu pembayaran premi asuransi motor Anda hingga mendapatkan bukti pembayarannya secara jelas.

Pada dasarnya setiap produk asuransi memiliki dasar hukum, termasuk asuransi motor. Dasar hukum asuransi dilindung oleh Undang-undang, antara lain:

  • Undang-undang Nomor 2 Tahun 1992 tentang Usaha Perasuransian.
  • Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) Pasal 1320 dan Pasal 1774 tentang pertanggungan dan perjanjian dua belah pihak serta persetujuan tentang perkara suatu kejadian yang belum pasti.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 1992 tentang Penyelenggaraan Usaha Perasuransian.
  • Surat edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 6/SEOJK.05/2017 yang mengatur tentang penetapan tarif premi atau kontribusi pada lini usaha asuransi harta benda dan asuransi kendaraan bermotor tahun 2017.

Asuransi Motor memang masih memiliki market yang sangat luas seiring dengan pertumbuhan kendaraan bermotor di Indonesia. Berikut ini adalah ulasan kelebihan dan kekurangan asuransi motor.

Kelebihan Asuransi Motor

  • Premi asuransi motor lebih murah dibandingkan dengan asuransi mobil atau asuransi kerugian lainnya. 
  • Produk asuransi motor dapat dibeli secara online baik melalui perusahaan asuransi maupun broker asuransi tepercaya seperti Lifepal tanpa harus melalui agen asuransi.
  • Manfaat yang diberikan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dengan beragam pilihan perluasan jaminan.
  • Pembayaran premi dapat dibayarkan sekaligus atau dibayarkan dengan cara dicicil sesuai dengan kemampuan atau kesepakatan antara tertanggung dengan perusahaan asuransi.
  • Asuransi motor memberikan perlindungan bukan hanya kendaraannya saja tetapi juga perlindungan terhadap pengendara dan penumpang.
  • Harga premi yang berimbang dan sudah ditentukan berdasarkan nilai pertanggungan. 

Kekurangan Asuransi Motor

  • Asuransi motor tidak menyediakan metode pembayaran secara cashless jika pengendara mengalami kecelakaan dan harus dilakukan perawatan di rumah sakit. Pengendara harus terlebih dahulu membayar pengobatan dan perawatan sebelum mengajukan klaim dengan metode reimbursement. 
  • Premi akan hangus jika tidak digunakan. Yaitu tidak memiliki manfaat tunai maupun investasi.
  • Harus membayar biaya risiko sendiri atau own risk sehingga mau tak mau nasabah atau peserta juga harus siap-siap mengeluarkan dana sebelum mendapatkan penggantian atau perbaikan dari perusahaan asuransi. 
  • Untuk jenis asuransi TLO harus benar-benar memenuhi syarat kerusakan 75 persen lebih atau sepeda motor tidak bisa digunakan kembali jika ingin mendapatkan penggantian. Jika kerusakan di bawah persentase itu atau sepeda motor masih bisa digunakan, perusahaan asuransi tidak akan menjamin penggantian.
  • Usia maksimal sepeda motor dibatasi sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan asuransi.
  • Tidak semua asuransi motor memberikan perlindungan bagi semua motor atau pengendara. Produk komersial akan berbeda dengan produk lain seperti produk asuransi untuk melindungi pengendara ojek online dan penumpangnya.

Ada beberapa istilah dalam Asuransi Motor. Tentu istilah ini tidak terlepas dari bahasa asing sehingga perlu dijelaskan maknanya agar bisa dipahami oleh semua peserta atau penerima manfaat yang terdaftar atau berniat untuk membeli asuransi motor.

  • Comprehensive/All Risk:

Istilah jenis asuransi motor yang memberikan proteksi untuk semua risiko kerugian yang mungkin terjadi.

  • Deductible/Own Risk:

Biaya yang harus dibayarkan oleh tertanggung atau peserta asuransi motor dari setiap kejadian yang dialami. Besarannya adalah Rp300 ribu per kejadian.

  • Endorsement:

Perjanjian asuransi yang dikeluarkan oleh peserta asuransi atas persetujuan perusahaan asuransi untuk mengubah polis asuransi.

  • Harga pertanggungan:

Nilai kendaraan sepeda motor saat didaftarkan menjadi obyek asuransi. Harga di dalam polis asuransi menjadi acuan untuk harga maksimal yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Umumnya harga pertanggungan disesuaikan dengan harga pasar sepeda motor pada periode tersebut.

  • Harga pasar:

Nilai jual pasar sepeda motor yang menjadi objek jaminan 

  • Premi:

Nilai uang yang harus dibayarkan oleh peserta asuransi kepada perusahaan asuransi sebagai imbalan layanan yang diberikan. Premi dapat dibayarkan sesuai dengan cara dan periode yang disepakati oleh kedua belah pihak. 

  • Polis asuransi:

Kontrak tertulis antara perusahaan asuransi dengan peserta asuransi yang berisi pengalihan risiko dan syarat-syarat yang harus dipatuhi kedua belah pihak. Polis umumnya mencantumkan informasi jumlah pertanggungan, jenis risiko yang ditanggung, pengecualian, jangka waktu perjanjian dan lain sebagainya.

  • Surat Permintaan Penutupan Asuransi (SPPA):

Surat tertulis yang harus diajukan oleh peserta asuransi kepada perusahaan asuransi untuk menanggung risiko yang terjadi sesuai dengan perjanjian dalam polis asuransi. 

  • Total Loss Only:

istilah jenis asuransi motor yang memberikan proteksi atau jaminan pertanggungan jika terjadi kehilangan total atau kerusakan lebih dari 75 persen.

Memilih dan Membeli Asuransi Motor

Agar tak salah pilih, perhatikan beberapa poin berikut sebelum memilih dan membeli asuransi motor bagi diri sendiri maupun keluarga.

Memilih asuransi  motor dapat dilakukan dengan langkah-langkah yang sangat mudah. Berikut adalah beberapa poin yang perlu dipertimbangkan dalam memilih asuransi motor.

  • Identifikasi apa yang sebenarnya perlu Anda prioritaskan antara jenis asuransi yang disediakan antara asuransi TLO atau all risk.
  • Jika motor Anda adalah motor baru, sebaiknya membeli asuransi all risk yang memberikan perlindungan menyeluruh meskipun premi yang dibayarkan lebih tinggi.
  • Jika motor Anda adalah motor bekas atau motor seken, opsi terbaik yang dipilih adalah asuransi TLO yang memberikan penggantian jika motor rusak lebih dari 75 persen atau hilang baik karena pencurian atau perampasan/perampokan di jalan.
  • Pahami skema perhitungan premi asuransi motor sehingga Anda bisa memilih perusahaan asuransi yang menawarkan persentase premi lebih rendah dengan pertanggungan yang tidak berbeda jauh dengan yang ditawarkan perusahaan asuransi lainnya.
  • Pilih perusahan asuransi yang sudah memberikan kemudahan baik dalam proses pembelian, hingga klaim secara online dengan berbagai kanal yang disediakan.
  • Pilih perusahaan asuransi yang sudah terdaftar di OJK secara resmi.
  • Pilih perusahaan asuransi yang memiliki rekanan bengkel yang luas sehingga memudahkan jika terjadi klaim untuk perbaikan kendaraan.

Memilih asuransi motor terbaik harus didasari dengan pemahaman tentang perjanjian serta jenis asuransi yang dipilih. Berikut ini adalah beberapa poin penting yang bisa membantu Anda dalam memilih asuransi motor terbaik 2019.

  • Asuransi motor terbaik adalah asuransi yang menawarkan jaminan yang beragam dan manfaat yang luas seperti kecelakaan, penggantian risiko dari huru-hara/kerusuhan dan akibat bencana alam.
  • Asuransi motor terbaik adalah asuransi yang menawarkan harga premi dengan batas rendah berdasarkan tabel premi TLO dan all risk.
  • Asuransi motor terbaik adalah yang memberikan perlindungan dasar sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih.
  • Asuransi motor terbaik adalah yang memberikan nilai own risk atau harga deductible rendah sehingga proporsinya bisa lebih meringankan bagi peserta asuransi.
  • Asuransi motor terbaik adalah yang memberikan manfaat dasar sekaligus manfaat perluasan tanpa ada penambahan harga premi.

Ada tiga hal pokok yang menjadi ukuran asuransi motor yang baik, yaitu:

  • Menawarkan harga premi sesuai dengan tabel batas atas dan batas bawah yang ditetapkan oleh pemerintah.
  • Memberikan jaminan perlindungan dasar dengan jangkauan yang lebih luas di seluruh Indonesia.
  • Menawarkan premi sepadan dengan layanan dan pertanggungan yang diberikan.

Masyarakat yang baru mengenal asuransi tentu akan mencari asuransi motor dengan premi murah agar tidak mengganggu pengeluaran bulanan. Ada beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang bagaimana cara mendapatkan asuransi motor yang murah dan terjangkau.

  • Pilih jenis asuransi motor TLO agar premi yang dibayarkan lebih rendah dibandingkan dengan asuransi motor all risk atau comprehensive.
  • Pilih asuransi motor yang memberikan perlindungan dasar tanpa embel-embel jaminan perluasan atau asuransi tambahan (rider).

Pilih asuransi yang memberikan value lebih, seperti proteksi terhadap pengemudi dan penumpang.

Lifepal sebagai broker asuransi terdepan di Indonesia memberikan kemudahan kepada Anda untuk membeli dan memilih Asuransi Motor yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Lifepal menyediakan asuransi motor dari beberapa perusahaan asuransi motor ternama. Selain itu, terdapat pula asuransi untuk beberapa merek motor, seperti asuransi motor Honda, asuransi motor Sinarmas, asuransi motor Yamaha. Anda hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen serta mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Menyiapkan info dan identitas kendaraan. 
  • Menyiapkan identitas diri dan dokumen dalam bentuk softcopy atau foto.
  • Melakukan pendaftaran.
  • Melakukan pembayaran melalui kanal yang disediakan baik secara online maupun offline.
  • Menerima polis asuransi secara online maupun offline. Polis asuransi digital dapat dikirimkan langsung melalui email atau surat elektronik.

Dengan adanya broker asuransi online, Anda bisa membandingkan manfaat dan jumlah pertanggungan yang didapatkan. Selain itu juga bisa menambahkan perluasan jaminan atau perlindungan dengan sangat mudah.

Terdapat perbedaan antara agen asuransi dengan broker asuransi (dalam hal ini asuransi kesehatan). Agen asuransi motor adalah orang pribadi yang bekerja sendiri pada perusahaan asuransi motor. 

Sementara itu, broker asuransi motor merupakan perusahaan yang menjadi pihak perantara antara calon peserta asuransi dengan perusahaan asuransi motor. Dengan demikian, calon peserta asuransi dapat membandingkan produk asuransi motor terbaik bagi kendaraan sepeda motornya. 

Agen asuransi pada umumnya mewakili perusahaan asuransi. Akan tetapi, broker asuransi memposisikan diri sebagai perwakilan alias jembatan kepentingan pihak calon peserta asuransi. Broker asuransi membantu peserta asuransi dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi motor.

Lifepal merupakan broker asuransi motor terbaik di Indonesia. Anda dapat membandingkan produk Asuransi Motor terbaik dan murah melalui situs Lifepal.co.id. Lifepal bekerja sama dengan PT Mitra Ibisnis Terapan yang merupakan pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-18/NB.1/2016 dan anggota APPARINDO 230-2016.

Waspada terhadap penipuan asuransi motor. Hal ini bisa dilakukan dengan memahami produk asuransi motor, cara kerja, cara klaim, serta pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi motor.

Meski demikian, Anda tetap harus memahami mana modus penipuan asuransi motor atau memang Anda yang kurang memahami pengecualian dalam asuransi motor. Oleh karena itu, pelajari polis asuransi motor sebelum membeli. Sehingga, tidak terjadi kesalahpahaman yang mengakibatkan Anda berpikir telah ditipu padahal tidak.

Berikut ini adalah beberapa poin penting agar terhindari dari modus yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung dengan asuransi motor.

  • Pahami secara jelas apa bedanya antara asuransi all risk dan TLO agar bisa memahami manfaat perlindungan yang didapatkan.
  • Harga premi kendaraan bermotor sudah diatur dengan ketentuan batas atas dan batas bawah yang disesuaikan dengan harga pertanggungan atau harga motor. Agar tidak membayar premi lebih mahal, pastikan juga Anda memahami cara menghitung premi asuransi all risk maupun TLO agar bisa membandingkan produk-produk yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi.
  • Jangan pernah merekayasa identitas diri maupun identitas kendaraan bermotor yang berakibat pada penolakan asuransi.
  • Pilihlah bengkel resmi yang menjadi rekanan asuransi motor Anda. Jangan sampai menjadi korban penipuan dari beberapa oknum bengkel nakal yang hanya bertujuan untuk memperoleh manfaat lebih besar klaim asuransi.
  • Perkirakan biaya perbaikan di bengkel lain sebagai perbandingan harga yang wajar.
  • Berkendara dengan menaati aturan. Seperti membawa surat-surat lengkap seperti SIM dan STNK serta mengenakan helm. Jika mengalami kejadian yang tidak diinginkan dan terbukti tidak menggunakan alat standar keamanan dan/atau tidak melengkapi dokumen yang lengkap, asuransi motor berpotensi tidak bisa diklaim.
  • Jangan gunakan motor untuk membawa barang melebihi kapasitasnya.
  • Motor yang dimodifikasi pada masa asuransi berjalan akan berpotensi kehilangan perlindungan.
  • Pengendara mabuk sehingga berkendara dalam keadaan dipengaruhi alkohol berlebihan sehingga klaim asuransi bisa ditolak. 

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui. Penipuan asuransi motor bisa terjadi lebih banyak karena produk asuransi motor lebih mudah dijual dibandingkan dengan produk asuransi lainnya.