Dapatkan Asuransi
		Sesuai Kebutuhan dan
		Anggaran Anda!

Asuransi Rawat Jalan Sesuai Anggaranmu


Temukan asuransi dari ratusan pilihan brand ternama, harga terjangkau!

+62

Ulasan Tentang Asuransi Rawat Jalan

Pahami asuransi rawat jalan lebih mendalam mulai dari fungsi dan manfaatnya, jenis, pertanggungan yang diberikan, metode penggantian biaya, cara klaim, hukum serta kelebihan dan kekurangannya sehingga Anda bisa memutuskan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Asuransi rawat jalan adalah bagian dari layanan asuransi kesehatan yang menjamin biaya pengobatan dan pemulihan kesehatan terutama pasca masa rawat inap di rumah sakit. Umumnya asuransi rawat jalan diberikan sebagai manfaat tambahan dari asuransi rawat inap peserta. Dalam asuransi rawat jalan, Anda bisa melakukan klaim atas berbagai tindakan pengobatan tanpa syarat perawatan inap di rumah sakit. 

Pertanggungan perawatan asuransi rawat jalan adalah biaya pemulihan pasca rawat inap, perawatan gigi, kacamata, dan kunjungan ke dokter umum atau spesialis. Meski begitu, pertanggungan asuransi rawat jalan perlu didiskusikan oleh masing-masing agen untuk menentukan klaim yang akan didapat. 

Untuk bisa menikmati pertanggungan asuransi rawat jalan, nasabah harus membayar premi. Harga premi yang ditetapkan setiap perusahan asuransi pun berbeda-beda dan mengacu pada manfaat yang dipilih, kondisi kesehatan nasabah, riwayat kesehatan, risiko pekerjaan, manfaat, dan ketentuan lain yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi. Sementara untuk pembayaran asuransi rawat jalan dapat dilakukan secara berkala, per tahun, atau per bulan. 

Asuransi sangatlah penting untuk dimiliki, karena manfaat asuransi rawat jalan dapat membantu melindungi kita dari risiko finansial yang diakibatkan oleh sakit. Adapun fungsi dan manfaat asuransi rawat jalan yang bisa Anda pertimbangkan: 

  • Mengurangi kemungkinan kerugian finansial yang disebabkan oleh proses pemulihan saat sakit, seperti pemeriksaan dokter, tes, dan obat-obatan. Asuransi rawat jalan akan membantu meringankan pengeluaran atas biaya pengobatan tersebut. 
  • Kesulitan melunasi biaya pengobatan jalan. Tidak seorang pun tahu kapan akan jatuh sakit. Untuk itu, asuransi rawat jalan dapat memberikan jaminan perlindungan atas biaya pengobatan yang tidak terduga tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir karena kesulitan melunasi biaya pengobatan. 
  • Harga premi asuransi rawat jalan yang terjangkau apabila dibandingkan dengan jumlah biaya perawatan kesehatan yang harus dikeluarkan ketika jatuh sakit dan harus menanggung semua pengobatan. 
  • Tidak merepotkan orang lain dan orang terdekat. Ini dikarenakan Anda telah terproteksi oleh perusahaan asuransi apabila mendadak jatuh sakit. 
  • Pengaturan keuangan menjadi lebih baik. Pengeluaran yang tidak terduga dapat menimbulkan masalah pada keuangan Anda. Dengan perlindungan asuransi rawat jalan, Anda dapat mengatur pengeluaran bulanan dengan lebih baik

Setelah mengetahui manfaat asuransi rawat jalan di atas, ada baiknya jika Anda mengetahui produk asuransi rawat jalan terbaik dan berbagai prosedurnya.

Seperti halnya produk asuransi pada umumnya, produk asuransi rawat jalan juga terbagi atas dua jenis yang akan dijabarkan sebagai berikut: 

Asuransi Rawat Jalan Individu

Asuransi rawat jalan individu adalah jaminan perlindungan kesehatan kepada tertanggung perorangan. Masa pertanggungan asuransi rawat jalan individu umumnya dapat ditentukan untuk jangka waktu tertentu, seperti satu tahun, beberapa tahun, atau bahkan seumur hidup (long term care). 

  • Asuransi rawat jalan tunggal: Asuransi rawat jalan tunggal difokuskan pada perawatan kesehatan rawat jalan saja. Artinya, tidak menanggung biaya rawat inap karena alasan apa pun.
  • Asuransi rawat jalan dan rawat inap: Kategori asuransi ini tidak hanya memberikan jaminan perlindungan atas rawat jalan saja, melainkan juga rawat inap. Hanya saja syarat bergabung dalam asuransi ini umumnya tidak boleh kurang dari 15 tahun dan lebih dari 60 tahun.

Asuransi Rawat Jalan Kelompok 

Asuransi rawat jalan kelompok memberikan jaminan perlindungan kepada tertanggung yang terdiri atas sekelompok orang dengan menggunakan satu polis asuransi. Adapun beberapa kategorinya sebagai berikut: 

  • Asuransi rawat jalan karyawan: Asuransi rawat jalan karyawan memberikan perlindungan kesehatan rawat jalan kepada karyawan perusahaan.
  • Asuransi rawat jalan keluarga: Asuransi rawat jalan keluarga memberikan perlindungan kesehatan rawat jalan kepada tertanggung perorangan dan keluarga.
  • Asuransi rawat jalan suami/istri: Asuransi rawat jalan suami/istri  memberikan perlindungan kesehatan rawat jalan kepada pasangan hidup (suami/istri) dari tertanggung.

 

Asuransi rawat jalan individu adalah jaminan perlindungan kesehatan kepada tertanggung perorangan maupun kelompok. Masa pertanggungan asuransi rawat jalan umumnya dapat ditentukan untuk jangka waktu tertentu, seperti satu tahun, beberapa tahun, atau bahkan seumur hidup (long term care).  Berikut sejumlah pertanggungan yang umumnya diterima oleh peserta dan tercatat dalam polis asuransi rawat jalan. 

  • Pemeriksaan dokter atau spesialis: Pertanggungan asuransi untuk pemeriksaan dokter atau spesialis terkait kondisi kesehatan. Berlaku untuk perawatan kesehatan pra-opname atau pasca-opname.
  • Biaya obat-obatan: Pertanggungan asuransi untuk obat-obatan yang disertakan resep dari dokter.
  • Perawatan gigi: Pertanggungan asuransi untuk perawatan kesehatan gigi, mulai dari pemeriksaan, pembersihan, tambal, hingga pencabutan gigi.
  • Perawatan mata: Pertanggungan asuransi untuk perawatan kesehatan mata, mulai dari pemeriksaan hingga termasuk kacamata.
  • Kehamilan, persalinan & nifas: Pertanggungan asuransi atas proses melahirkan, mulai dari pemeriksaan rutin, proses persalinan baik operasi ataupun normal, dan perawatan setelahnya.
  • Fisioterapi: Pertanggungan asuransi atas biaya fisioterapis yang dikeluarkan untuk biaya pemulihan disebabkan oleh kecelakaan.

Metode penggantian biaya asuransi adalah cara yang digunakan oleh perusahaan asuransi untuk mengganti biaya klaim Anda. Penggantian asuransi rawat jalan umumnya dilakukan dengan cara reimbursement. 

Reimbursement adalah metode penggantian biaya asuransi dengan cara peserta harus membayarkan sendiri biaya pengobatannya terlebih dahulu, kemudian diklaim untuk akhirnya diganti oleh pihak asuransi. 

Umumnya proses klaim penggantian reimbursement harus menyertakan tagihan perawatan kesehatan dan dokumen penting lainnya, seperti tanda pengenal, formulir klaim, dan lainnya. Namun perlu diingat bahwa setiap perusahan asuransi biasanya memiliki metode penggantian biaya asuransi yang berbeda-beda. 

Oleh karena itu, sebelum memilih asuransi rawat jalan, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bagaimana cara perusahaan membayarkan uang pertanggungan jika ada klaim dari tertanggung. 

Adapun proses klaim asuransi rawat jalan harus disertai dengan beberapa berkas berikut ini: 

  • Formulir Klaim Asuransi Kesehatan Allianz yang diisi dengan lengkap dan ditandatangani oleh peserta dan dokter yang merawat, dengan nama jelas dan cap dokter beserta nomor izin praktik. 
  • Resume medis.
  • Kuitansi asli dengan stempel rumah sakit, lengkap dengan alamat dan nomor teleponnya. 
  • Rincian biaya dan salinan resep obat. 
  • Dokumen penunjang medis. 
  • Khusus untuk klaim rawat gigi karena kecelakaan lalu lintas, lampirkan surat keterangan polisi serta kronologi waktu terjadinya kecelakaan tersebut. 

Setelah melengkapi berkas-berkas di atas, peserta dapat mengikuti langkah-langkah prosedur reimbursement berikut ini: 

  • Peserta umumnya bebas memilih rumah sakit atau klinik rekanan perusahaan asuransi. 
  • Peserta mendapatkan perawatan dokter. 
  • Peserta membayarkan biaya pengobatan dan meminta dokumen yang diperlukan kepada rumah sakit atau klinik tempatnya mendapatkan perawatan kesehatan. 
  • Kirimkan dokumen klaim ke perusahaan asuransi setidaknya 30 hari sejak tanggal melakukan perawatan kesehatan. 
  • Perusahaan asuransi kemudian akan memproses klaim yang diajukan.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi perhitungan premi asuransi rawat jalan. Berikut diantaranya: 

1. Usia dan jenis kelamin

Semakin tua usia peserta asuransi, maka risiko penyakit juga akan semakin tinggi. Selain itu, jenis kelamin juga dapat memberi faktor berbeda untuk risiko penyakit tertentu. Itu sebabnya usia dan jenis kelamin menjadi faktor utama yang memengaruhi premi yang diberlakukan oleh perusahaan asuransi. 

2. Pekerjaan

Mereka yang bekerja di kantoran tentu memiliki risiko kecelakaan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang bekerja di lapangan dan berada di area yang cukup berbahaya. Untuk itu, pekerjaan juga berpengaruh terhadap perhitungan premi asuransi. 

3. Penyakit bawaan 

Riwayat kesehatan keluarga juga berdampak pada harga premi asuransi rawat jalan. Apabila calon peserta memiliki riwayat kesehatan yang buruk, misalnya, pernah menderita sakit berat seperti diabetes atau hipertensi, biaya premi asuransi calon peserta kemungkinan mahal. 

4. Kebiasaan merokok

Umumnya, perusahaan asuransi menilai calon peserta yang memiliki kebiasaan merokok atau perokok aktif memiliki risiko lebih tinggi. Itu sebabnya, perokok aktif juga dapat memengaruhi a premi asuransi rawat jalan. 

5. Tanggungan keluarga

Premi asuransi kesehatan individu biasanya lebih murah daripada asuransi kelompok atau keluarga.

Pada umumnya, pembayaran premi asuransi rawat jalan tidak berbeda dengan asuransi kesehatan. Meski begitu, setiap perusahan asuransi tentu saja metode pembayaran yang berbeda-beda. Ada tiga metode pembayaran premi dasar yang bisa Anda pilih. 

  • Transfer bank
  • Melalui rekanan perusahaan asuransi
  • Autodebet rekening atau kartu kredit

Sementara untuk frekuensi pembayaran asuransi rawat jalan dapat disesuaikan dengan kesepakatan polis. Pilihan frekuensi pembayaran asuransi rawat jalan adalah premi bulanan,triwulan, semester, dan tahunan.

Dasar hukum asuransi kesehatan mengacu pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2014 tentang Perasuransian. 

Memiliki asuransi rawat jalan ada kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Mari simak kelebihan dan kekurangannya dari perusahaan asuransi swasta. 

Kelebihan memiliki asuransi rawat jalan 

  • Premi asuransi rawat jalan terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan asuransi jiwa pada umumnya. 
  • Benefit yang diberikan lebih spesifik dan lengkap. Mulai dari perawatan gigi, kehamilan, konsultasi dokter, fisioterapi, dan sebagainya. 
  • Lebih hemat karena peserta asuransi akan mendapatkan penggantian biaya perawatan medis. Sehingga tidak perlu mengorbankan uang tabungan jika jatuh sakit. 
  • Bebas memilih rumah sakit atau klinik rekanan perusahaan asuransi.

Kekurangan memiliki asuransi rawat jalan

  • Jika tidak mengambil paket asuransi tambahan atau rider, manfaat yang diberikan oleh pihak asuransi cukup terbatas. 
  • Premi akan hangus apabila tidak digunakan. Meski begitu, jika dibandingkan dengan manfaat yang diberikan jika jatuh sakit, asuransi rawat jalan tidak akan menjadi kerugian. 
  • Beberapa produk asuransi rawat jalan tidak menanggung manfaat rawat inap. 
  • Ada beberapa penyakit kritis yang tidak ditanggung oleh perusahaan asuransi rawat jalan. Sebagai contoh, saat ini asuransi swasta tidak menanggung perawatan medis untuk penyakit HIV/AIDS dan penyakit mental.

Berikut beberapa istilah yang sering digunakan dalam asuransi rawat jalan:

  • Aktuaris: Orang ahli yang telah menjalani sekolah atau pelatihan tertentu di bidang asuransi. Sehingga pengetahuan mengenai asuransi dimilikinya secara detail dan akurat. Pekerjaan Aktuaris adalah menghitung besaran premi calon peserta asuransi.
  • Copayment: Copayment adalah biaya yang harus dibayarkan saat melakukan klaim tagihan pelayanan medis (pada umumnya 10 persen dari total tagihan pelayanan medis).
  • Premi asuransi: Premi asuransi adalah jumlah uang yang harus disetorkan oleh peserta asuransi kepada perusahaan asuransi.
  • Polis asuransi: Perjanjian tertulis antara Tertanggung (peserta asuransi) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.
  • Klaim asuransi: Permintaan secara resmi dari pihak peserta asuransi untuk mendapatkan jaminan sesuai dengan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.
  • Masa tenggang: Periode waktu setelah tanggal jatuh tempo pembayaran premi namun polis asuransi masih berlaku.
  • Masa tunggu: Periode setelah polis diterbitkan namun manfaat asuransi belum dapat digunakan oleh peserta. Atau, periode antara satu manfaat telah digunakan dan harus menunggu waktu tertentu hingga manfaat yang sama bisa dimanfaatkan.
  • Penanggung: Pihak yang sah tertulis dalam polis asuransi sebagai orang yang membayarkan premi atas polis tersebut.
  • Tertanggung: Pihak yang sah tertulis di polis asuransi sebagai orang yang berhak menerima manfaat atau benefit atas suatu produk asuransi.
  • Risiko: Kerugian yang dialami oleh pihak yang dipertanggungkan oleh asuransi.
  • Benefit/manfaat: Perlindungan berupa fasilitas ataupun penggantian biaya yang akan diterima oleh pihak tertanggung atau peserta asuransi.
  • Secondary Benefit: Manfaat tambahan dari manfaat utama yang bisa didapatkan oleh peserta asuransi. Akan tetapi, peserta asuransi biasanya harus mengakumulasi nominal premi.
  • Coordination of Benefit (COB): Dikenal dengan sebuta double claim, COB adalah proses di mana dua perusahaan asuransi menanggung peserta asuransi yang sama agar peserta asuransi bisa mendapatkan manfaat maksimal dari produk asuransi yang digunakan. Namun, total biaya yang akan dibayarkan tidak akan melebihi biaya perawatan medis yang ditagihkan.

 

Memilih dan Membeli Asuransi Rawat Jalan

Agar tak salah pilih, sebaiknya perhatikan beberapa poin penting berikut sebelum memilih dan membeli asuransi kesehatan bagi diri sendiri maupun keluarga atau perusahaan Anda.

Pertimbangkan beberapa  poin berikut sebelum memilih asuransi rawat jalan bagi diri sendiri maupun keluarga atau perusahaan Anda.

1. Pilih asuransi rawat jalan yang bagus

Yang dimaksud dengan asuransi rawat jalan yang bagus dalam hal ini adalah mampu menyediakan perlindungan yang dibutuhkan. Mulai dari plafon dan permi yang sebanding. Kemudian, perusahaan asuransi yang bagus umumnya memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Pastikan juga syarat dan ketentuan yang diberlakukan perusahaan asuransi tidak memberatkan peserta. 

2. Beli asuransi rawat jalan sesuai kemampuan finansial dan kebutuhan

Asuransi rawat jalan tidak berarti selalu memiliki premi yang mahal. Sebaliknya, akan lebih baik jika mendapatkan asuransi rawat jalan yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda dan namun tetap mampu memenuhi kebutuhan Anda. 

3. Bandingkan produk asuransi terbaik untuk Anda

Jangan lupa untuk membandingkan terlebih dahulu produk asuransi rawat jalan yang satu dengan yang lain.

Asuransi rawat jalan yang bagus mengacu pada poin-poin berikut. Yuk, coba pertimbangkan: 

1. Terdapat pilihan metode penggantian dan pembayaran yang diinginkan

Sebaiknya pilih yang menyediakan metode penggantian klaim dan pembayaran yang paling nyaman untuk Anda. Umumnya untuk asuransi rawat jalan menggunakan cara reimbursement. Lalu, untuk pembayaran preminya dapat dilakukan dengan beberapa cara, mulai dari transfer, autodebet, ataupun pembayaran secara online. Dengan begitu, mengajukan perpanjangan asuransi dan klaim pun akan lebih mudah. 

2. Plafon dan premi sebanding dan sesuai 

Asuransi yang bagus memiliki plafon dan premi yang sebanding. Untuk itu, sebaiknya pilih asuransi yang memberikan plafon atau manfaat lengkap dengan harga premi terjangkau. 

3. Jaringan rumah sakit luas

Pastikan apakah rekanan rumah sakit dan klinik perusahaan asuransi rawat jalan yangAnda pilih luas atau tidak. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di mana saja. 

4. Masa Tunggu Penyakit

Masa tunggu penyakit adalah persyaratan di mana peserta asuransi tidak bisa menerima manfaat asuransi apabila terserang penyakit sama dalam waktu dekat dalam jenjang waktu yang ditentukan. Itu sebabnya, pilih asuransi rawat jalan dengan masa tunggu yang tidak lama.

Adapun beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan asuransi rawat jalan murah. Berikut ini tipsnya:

1. Beli asuransi rawat jalan murni

Asuransi rawat jalan murni adalah produk asuransi yang berdiri sendiri. Asuransi rawat jalan murni jauh lebih murah ketimbang dilengkapi dengan manfaat investasi. Dalam asuransi murni premi diperuntukkan semata – mata untuk pertanggungan biaya kesehatan peserta asuransi. 

2. Lakukan perbandingan 

Agar bisa mendapatkan asuransi rawat jalan termurah, sebaiknya bandingkan beberapa produk asuransi yang ada di pasaran terlebih dahulu. Ini dapat Anda lakukan dengan mengunjungi situs agregator seperti Lifepal.

3. Beli asuransi mikro

Asuransi mikro atau micro-insurance adalah  produk asuransi yang diperuntukkan bagi masyarakat yang memiliki penghasilan rendah. Asuransi ini memiliki  fitur dan proses administrasi yang sederhana, sehingga mudah didapat dengan harga yang ekonomis serta mampu memberikan santunan kesehatan dengan cepat. Asuransi mikro umumnya juga menyediakan asuransi untuk penyakit khusus, seperti demam berdarah, tipes, dan lain-lain. Harga preminya pun tentu lebih murah ketimbang asuransi rawat jalan lengkap.

Membeli asuransi rawat jalan semakin mudah dengan cara online yang dapat dilakukan di mana dan kapan saja. Metode online juga dapat memberikan kebebasan bagi calon peserta untuk membandingkan satu perusahaan asuransi dengan yang lainnya. Kabar baiknya, Anda dapat mengakses berbagai produk asuransi di situs Lifepal. 

Lifepal merupakan salah satu marketplace asuransi yang khususnya menyediakan produk asuransi kesehatan. Berbagai pilihan asuransi kesehatan terbaik dapat Anda temukan melalui situs resmi asuransi Lifepal.

Lifepal sebagai teman andalan Anda, memberikan layanan 24 jam untuk pembelian asuransi hingga proses klaim. Adapun berbagai promo asuransi kesehatan gratis untuk beberapa manfaat asuransi, seperti proteksi terhadap kecelakaan, demam berdarah, dan asuransi tipes.

Selain itu, asuransi kesehatan online faktanya menawarkan harga produk asuransi yang lebih murah hingga 40 persen ketimbang membeli asuransi secara offline ataupun dari agen.

Perlu dipahami bahwa agen asuransi dengan broker asuransi memiliki fungsi yang berbeda. Agen asuransi adalah orang pribadi yang bekerja sendiri pada perusahaan asuransi kesehatan. 

Sementara broker asuransi merupakan perusahaan yang menjadi pihak perantara antara calon peserta asuransi dengan perusahaan asuransi kesehatan. Dengan begitu, calon peserta bisa mendapatkan produk asuransi terbaik yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansialnya.  

Agen asuransi mewakili perusahaan asuransi, sementara broker asuransi memposisikan diri sebagai orang yang mewakili kepentingan pihak calon peserta asuransi. Broker asuransi juga senantiasa membantu peserta asuransi dalam proses klaim kepada pihak perusahaan asuransi kesehatan.

Lifepal merupakan broker asuransi kesehatan terbaik di Indonesia yang memberikan layanan perbandingan produk asuransi kesehatan dan jiwa terbaik dan murah melalui situs Lifepal.co.id. Lifepal bekerja sama dengan PT Mitra Ibisnis Terapan adalah pialang asuransi terdaftar dan diawasi oleh OJK sesuai KEP-18/NB.1/2016 dan anggota APPARINDO 230-2016.

Hindari penipuan mengatasnamakan perusahaan maupun broker asuransi rawat jalan. Selalu pastikan perusahaan asuransi maupun broker tersebut telah terdaftar resmi di OJK dan asosiasi asuransi yang terkait.

Berikut cara menghindari penipuan terhadap penawaran asuransi kesehatan:

  • Perhitungkan manfaat yang dibutuhkan. Artinya, semakin banyak manfaat yang diberikan akan semakin baik. Namun, hal ini juga harus disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda, karena semakin banyak manfaat yang diberikan, semakin tinggi pula harga premi yang harus dibayarkan. 
  • Bijak dalam memilih jenis asuransi yang ditawarkan, seperti asuransi kesehatan murni atau asuransi kesehatan tradisional dan asuransi kesehatan unit link. Sesuaikan jenis dengan kebutuhan Anda. .
  • Lakukan perbandingan terhadap beberapa produk asuransi rawat jalan yang ada baik dari permi maupun uang pertanggungan yang didapatkan. Caranya, Anda bisa mengunjungi situs Lifepal yang memberikan perbandingan asuransi kesehatan untuk membantu Anda mendapatkan produk terbaik sesuai dengan kebutuhan. 
  • Pilihlah produk asuransi dari perusahaan asuransi kesehatan terbaik. Jangan hanya berfokus pada premi rendah saja, tetapi reputasi perusahaan juga harus dipertimbangkan. Jangan sampai memilih perusahaan asuransi yang belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan RI.
  • Konsultasikan bersama Lifepal. Lifepal adalah marketplace asuransi terpercaya yang akan memberikan produk asuransi terbaik untuk kebutuhan Anda. Lifepal adalah pialang asuransi yang berada di pihak nasabah (tertanggung) sehingga akan mewakili semua kepentingan calon tertanggung termasuk membantu saat proses klaim. Lifepal akan menjadi teman andalan Anda dalam memilih produk asuransi terbaik sehingga Anda terhindar dari segala bentuk penipuan asuransi jiwa.
  • Pilih pialang atau broker asuransi yang tepercaya. Lifepal termasuk pialang atau broker asuransi yang bekerja sama dengan pialang lain yang sudah terdaftar di OJK.
  • Pelajari manfaat yang diberikan dari perusahaan melalui dummy polis sebelum memutuskan membeli polis asuransi rawat jalan yang dibutuhkan. 
  • Jangan menitipkan pembayaran premi asuransi kepada agen secara tunai. Sebaiknya bayarkan premi asuransi rawat jalan  Anda melalui metode yang dipercaya seperti bank transfer langsung kepada perusahaan asuransi, broker terpercaya atau dengan berbagai metode aman lain yang disediakan seperti kartu kredit atau dompet digital seperti yang disediakan oleh Lifepal. Pembayaran premi melalui Lifepal terjamin aman dan mudah untuk dilakukan. 
  • Simpan bukti pembayaran dengan baik agar bisa dijadikan bukti jika terjadi hal yang tidak diinginkan. 
  • Diskusikan dengan tim Lifepal jika ada agen asuransi yang meminta biaya tambahan atau premi tambahan terhadap produk asuransi rawat jalan yang dibeli. Lifepal akan senantiasa membantu Anda menyelesaikan berbagai persoalan terkait asuransi kesehatan yang Anda beli.