• Asuransi Kesehatan 2022 Dekstop

Asuransi Rawat Jalan

Dapatkan
DISKON 10% *
Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!
1
2
3
Isi formulir untuk melihat pilihan
Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi gratis melalui telepon
Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan asuransi terbaik
Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

Asuransi Rawat Jalan Terbaik 2022

Asuransi rawat jalan adalah manfaat asuransi yang menanggung biaya  konsultasi dokter umum, medical check-up, pertawatan gigi, dan perawatan medis lain yang tidak butuh rawat inap di rumah sakit. Manfaat asuransi kesehatan ini bisa didapatkan melalui asuransi kesehatan maupun stand alone (satuan, tanpa perlu membeli asuransi kesehatan).

Saat ini Lifepal telah bekerjasama dengan sejumlah perusahaan asuransi rawat jalan terbaik dengan premi mulai Rp50 ribuan per bulan. Lihat dan bandingkan polisnya secara online!

Berikut daftar rekomendasi Lifepal untuk polis asuransi rawat jalan terbaik!

  • Smartcare Executive AXA Mandiri
  • Astra Garda Healthtech
  • Simply HealthCare BRI Life
  • HealthPlus Family (+RJ) Lippo Insurance
  • Cigna Premium Health Protection
  • Simas Sehat Sinar Mas
  • Spectra HealthCare BNI Life
  • Jaga Sehat Keluarga Jagadiri
  • Smartmed Premier Allianz
  • PRUPrime Healthcare Plus Prudential
  • MiUltimate HealthCare Manulife

Pengertian Rawat Jalan

Secara umum, pengertian rawat jalan adalah pelayanan medis kepada pasien dengan tujuan pengamatan (observasi), diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lainnya. Rawat jalan di fasilitas kesehatan tidak mengharuskan pasien dirawat inap. Selain itu, keuntungan lain yang bisa diperoleh pasien bila melakukan rawat jalan ini adalah tak perlu mengeluarkan biaya menginap (opname).

Dari pengertian rawat jalan di atas, asuransi kesehatan rawat jalan adalah asuransi yang menanggung biaya perawatan kesehatan tanpa syarat rawat inap di rumah sakit. Pada dasarnya, asuransi rawat jalan adalah bagian dari manfaat asuransi kesehatan.

Manfaat atau pertanggungan rawat jalan pada asuransi kesehatan cenderung terbatas hanya berupa manfaat tambahan (rider). Meski begitu, manfaatnya tidak bisa dianggap remeh. Adapun manfaat tambahan pada asuransi rawat jalan meliputi biaya pemulihan pra dan pasca rawat inap, perawatan gigi, kacamata, dan kunjungan ke dokter umum atau spesialis.

Manfaat Pelayanan Rawat Jalan dan Asuransinya

Pelayanan rawat jalan adalah layanan medis kepada pasien untuk tujuan pengamatan, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan layanan kesehatan lainnya. Pelayanan rawat jalan tidak mengharuskan pasien menjalani rawat inap untuk mengatasi keluhan kesehatan yang dialaminya.

Dengan kata lain, manfaat pada asuransi rawat jalan hanya untuk memeriksakan atau mengatasi gangguan keluhan kesehatan ringan, termasuk membeli obat. Untuk itu, berikut manfaat rawat jalan selengkapnya.

  • Pemeriksaan dokter umum atau spesialis, berlaku untuk perawatan kesehatan pra dan pasca rawat inap
  • Biaya obat-obatan, harus menyertakan resep dari dokter
  • Perawatan gigi, mulai dari pemeriksaan, pembersihan, tambal, hingga pencabutan gigi
  • Perawatan mata, mulai dari pemeriksaan hingga pembuatan kacamata
  • Kehamilan, persalinan, dan nifas, mulai dari pemeriksaan rutin dan perawatan setelahnya
  • Fisioterapi, berlaku untuk pemulihan yang disebabkan oleh risiko kecelakaan

Selain manfaat pertanggungan tersebut, khusus Anda pemilik BPJS Kesehatan juga bisa melakukan double claim. Yang artinya mengurangi kemungkinan tertanggung harus membayar biaya rawat jalan dan obat yang tidak ditanggung ketika didiagnosis penyakit tertentu.

Tertarik memiliki polis asuransi rawat jalan terbaik dengan premi mulai dari Rp100 ribu dan manfaat pertanggungan lengkap? Sebelum menentukan pilihan bandingkan dulu tiap polisnya untuk mendapatkan harga premi terbaik di sini!

Jenis-Jenis Asuransi Rawat Jalan

Secara umum, terdapat dua jenis asuransi rawat jalan yang ada di Indonesia, yaitu asuransi rawat jalan murni dan asuransi rawat jalan tambahan (rider). Berikut masing-masing penjelasannya:

  • Asuransi rawat jalan murni adalah asuransi rawat jalan yang bisa dibeli tanpa harus memiliki produk asuransi jiwa, asuransi jiwa plus investasi (unit link), atau asuransi kesehatan.
  • Asuransi rawat jalan rider adalah asuransi rawat jalan sebagai manfaat tambahan. Untuk memanfaatkan produk ini, tertanggung harus membeli polis dasar asuransi kesehatan yang manfaat utamanya rawat inap.

Selain asuransi rawat jalan di atas, ada pula asuransi rawat jalan yang didasarkan pada jumlah tertanggung. Berikut penjelasannya:

  • Asuransi rawat jalan perorangan adalah asuransi rawat jalan yang diberikan untuk satu tertanggung. Jenis polis ini bisa dibeli dalam bentuk asuransi rawat jalan murni atau sebagai tambahan (rider).
  • Asuransi rawat jalan keluarga adalah asuransi rawat jalan untuk satu keluarga. Biasanya, jumlah anggota keluarga yang ditanggung produk asuransi ini maksimal 5 orang. Tak hanya itu, manfaat dari asuransi rawat jalan keluarga ini juga cukup luas, termasuk perawatan kesehatan tanpa harus rawat inap.
  • Asuransi rawat jalan kelompok (grup) yaitu asuransi rawat jalan untuk karyawan. Manfaat asuransi ini biasanya termasuk perawatan gigi, asuransi melahirkan, kacamata, dan perawatan kesehatan tanpa rawat inap.

Dari segi pembayaran klaimnya sendiri, asuransi rawat jalan juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu cashless dan reimbursement. Berikut penjelasan dari keduanya:

  • Asuransi rawat jalan cashless yaitu asuransi rawat jalan yang memberikan jaminan biaya perawatan kesehatan tanpa uang tunai. Tertanggung hanya perlu menunjukkan kartu asuransi di fasilitas kesehatan.
  • Asuransi rawat jalan reimbursement yaitu asuransi rawat jalan yang memberikan jaminan penggantian biaya perawatan kesehatan setelah tertanggung membayar terlebih dulu tagihan rumah sakit.

Sekadar informasi, asuransi rawat jalan cashless terbaik biasanya bisa digunakan di fasilitas kesehatan yang sudah menjadi rekanan perusahaan asuransi. Termasuk di beberapa negara, tergantung kerja sama perusahaan yang mengeluarkan produk asuransi tersebut.

Sementara, asuransi reimbursement biasanya diterapkan untuk klaim yang dilakukan tidak pada rumah sakit rekanan atau di fasilitas kesehatan di luar negeri.

Perbedaan Asuransi Rawat Jalan dan Rawat Inap

Usai memahami pengertian asuransi rawat jalan serta jenis-jenisnya, kini saatnya Anda mengetahui perbedaan asuransi rawat jalan dan rawat inap.

Secara sederhana, perbedaan asuransi jalan dan rawat inap ada pada pertanggungan atau manfaat yang diberikan dari masing-masing produk asuransi tersebut. Misalnya, manfaat asuransi rawat jalan hanya menanggung biaya periksa dokter, biaya laboratorium, dan biaya obat.

Sementara, manfaat asuransi rawat inap menanggung semua biaya perawatan di rumah sakit. Salah satunya adalah biaya kamar saat rawat inap.

Berikut perbedaan asuransi rawat jalan dan rawat inap:

1. Lokasi perawatan


Asuransi rawat inap hanya digunakan untuk menanggung biaya perawatan kesehatan saat opname di rumah sakit dalam jangka waktu tertentu. Sementara, lokasi perawatan asuransi rawat jalan adalah fasilitas kesehatan yang tidak hanya terpaku pada rumah sakit, tapi juga fasilitas kesehatan lainnya, seperti klinik, laboratorium, dan optik.

2. Jenis penyakit

Asuransi rawat inap memberikan pertanggungan untuk sejumlah penyakit yang lebih serius, hingga mengharuskan pasien menjalani opname. Sementara, jenis penyakit pada asuransi rawat jalan adalah penyakit ringan seperti cabut gigi atau perawatan gigi dan pemeriksaan mata oleh dokter spesialis.

3. Fleksibilitas memilih manfaat

Manfaat atau pertanggungan dari masing-masing asuransi ini berbeda. Pada jenis asuransi rawat inap, tertanggung bisa memilih kelas kamar perawatan saat opname. Fleksibilitas memilih manfaat atau pertanggungan asuransi rawat jalan adalah pada jenis risiko sakit yang akan ditanggung perusahaan.

4. Biaya

Manfaat asuransi rawat inap lebih banyak karena termasuk rawat jalan sebelum dan sesudah rawat inap. Itu sebabnya, harga premi atau biaya asuransinya lebih mahal jika dibandingkan asuransi rawat jalan.Sementara, biaya premi asuransi rawat jalan adalah sesuai limit yang ditetapkan dan manfaat yang dipilih. Jadi, biaya premi asuransi rawat jalan cenderung lebih murah ketimbang asuransi rawat inap.

Harga Premi Asuransi Rawat Jalan

Besaran premi asuransi rawat jalan murah tentu berbeda-beda antara satu polis dan lainnya. Namun, jika melihat rekomendasi produk asuransi rawat jalan terbaik yang telah dibahas oleh tim Lifepal di tab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa kisaran premi asuransi rawat jalan adalah Rp25 ribuan hingga Rp300 ribuan per bulan.

Namun ada juga yang bisa mencapai hingga jutaan rupiah per bulan dengan manfaat asuransi yang lebih menguntungkan. Untuk besaran penghitungan harga premi rawat jalan sendiri ditentukan oleh beberapa faktor. Faktor penentu besaran penghitungan harga premi rawat jalan diantaranya adalah:

  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Pekerjaaan
  • Riwayat kesehatan
  • Jenis dan manfaat polis

Cara Klaim Asuransi Rawat Jalan

Klaim asuransi kesehatan rawat jalan dan inap dibedakan menjadi dua kategori, yaitu cashless (non tunai) dan reimbursement (tunai).

Klaim cashless adalah pilihan yang paling praktis, sebab tertanggung hanya perlu menunjukkan kartu peserta asuransi ke pihak rumah sakit rekanan. Kemudian bisa langsung mendapatkan layanan kesehatan.

Sementara, reimbursement mengharuskan tertanggung membayar tagihan rumah sakit dengan dana pribadi terlebih dahulu. Setelah itu, mengajukan klaim ke pihak perusahaan asuransi terkait, barulah dana tagihan rumah sakit tadi akan diganti. Keunggulan metode klaim ini adalah dapat digunakan di rumah sakit non rekanan perusahaan asuransi.

Prosedur Klaim Asuransi Rawat Jalan

Berikut ini adalah langkah-langkah cara klaim asuransi untuk rawat jalan dan rawat inap cashless dan reimbursement:

Prosedur Klaim Cashless
Nasabah membawa kartu saat di rumah sakit/klinik → Gesek kartu → Rumah sakit mengkonfirmasi ke pihak perusahaan  → Langsung mendapatkan pelayanan medis.

Prosedur Klaim Reimbursement
Pengiriman dokumen klaim ke perusahaan asuransi→ Perusahaan melakukan analisis klaim → Pembayaran klaim → Selesai.

Untuk dokumen klaim yang dibutuhkan ketika ingin melakukan pengajuan berbeda-beda. Silakan menghubungi pihak perusahaan asuransi terkait untuk mendapatkan dokumen klaim asuransi rawat inap.

Cara Memilih Kriteria Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Terbaik

Ketika membeli asuransi kesehatan yang mengcover rawat jalan dan inap, ada beberapa aspek penting yang perlu kita pertimbangkan terlebih dahulu. Mulai dari harga premi, besaran plafon, metode klaim, dan lain sebagainya. Agar lebih jelas, mari simak penjelasan berikut tentang cara mendapatkan asuransi rawat jalan murah dan terbaik:

Tersedia metode klaim cashless dan reimbursement

Untuk klaim cashless tentu saja lebih praktis, Meski begitu, pilihan rumah sakit yang menerima klaim reimbursement lebih banyak ketimbang cashless. AXA Mandiri, Cigna , Allianz, Manulife, Avrist, Lippo Insurance, Sequis, BNI Life, dan AIA yang disebutkan pada kolom rekomendasi sebelumnya menyediakan kedua pilihan klaim tersebut.

Besaran premi berimbang dengan plafon asuransi

Biaya rawat jalan di Indonesia tidaklah murah. Untuk itu, sebaiknya pilih asuransi rawat jalan dengan harga premi yang berimbang dengan plafon asuransi. Misal, uang pertanggungan Rp1 juta sekilas terkesan banyak. Namun, jika dibandingkan dengan biaya perawatan operasi gigi bungsu saat ini bisa memakan biaya mulai dari Rp2 hingga Rp4 juta. Artinya, manfaat pertanggungan Rp1 juta sangatlah kecil.

Pertanggungan biaya rawat jalan sebagai manfaat utama

Setiap calon nasabah tentu menginginkan besaran premi asuransi rawat jalan yang murah, bukan? Karena itu, sebaiknya cari polis asuransi yang menanggung biaya perawatan jalan sebagai manfaat dasar. Seperti polis SmartCare Executive AXA Mandiri, Cigna Premium Health Protection, Allianz Smartmed Premier, dan Manulife MiUltimate HealthCare.

Pertanyaan Seputar Asuransi Rawat Jalan

Berikut ini adalah daftar pertanyaan yang sering ditanyakan oleh nasabah seputar asuransi rawat jalan. Baik itu harga premi, klaim sampai dengan daftar asuransi rawat jalan yang bagus.

Apa itu asuransi rawat jalan?

Asuransi rawat jalan adalah salah satu bagian manfaat dari asuransi kesehatan. Bisanya asuransi untuk rawat jalan bersifat sebagai manfaat tambahan atau rider. Artinya, jika ingin mendapatkan manfaat rawat jalan, maka nasabah harus terlebih dahulu beli asuransi kesehatan sebagai manfaat atau polis dasar.

Bedanya asuransi rawat jalan dan rawat inap?

Asuransi rawat jalan dan rawat inap sama-sama merupakan bagian dari asuransi kesehatan. Perbedaannya, asuransi untuk rawat jalan menanggung biaya perawatan seperti pemeriksaan dokter umum, perawatan gigi, perawatan mata, perawatan pada masa kehamilan, hingga fisioterapi. Sementara rawat inap, menanggung biaya yang dibutuhkan selama nasabah rawat inap di rumah sakit.

Apa saja asuransi yang mengcover rawat jalan?

Pada umumnya, hampir seluruh asuransi kesehatan mengcover rawat jalan. Hanya saja, ada yang bersifat sebagai polis tambahan atau rider ada juga yang bersifat sebagai manfaat dasar. Adapun beberapa rekomendasi asuransi yang bisa rawat jalan adalah Jagadiri, BNI Life, Sinarmas, AIA, dan masih banyak lagi.

Apakah ada asuransi rawat jalan cashless?

Pada umumnya asuransi rawat jalan menyediakan dua jenis klaim yang dapat dipilih oleh nasabah yaitu cashless dan reimbursement. Contohnya adalah asuransi rawat jalan Allianz, Asuransi Rawat Jalan AXA Mandiri, Asuransi Rawat Jalan Prudential, Sinarmas, dan Jaga Diri yang telah disebutkan di tab rekomendasi produk sebelumnya.

Apakah Asuransi Prudential bisa untuk rawat jalan?

Asuransi Prudential bisa untuk menanggung rawat jalan. Untuk pilihan produk asuransi kesehatan rawat jalan yang ditanggung oleh Prudential, silakan tab laman Asuransi Kesehatan Prudential.

Contoh produk asuransi rawat jalan dan rawat inap perorangan

Bagi Anda yang sedang mencari produk asuransi rawat jalan dan rawat inap perorangan maka bisa menggunakan berbagai pilihan polis dari asuransi kesehatan terbaik di Indonesia. Untuk contoh produk asuransi rawat jalan dan inap perorangan adalah SmartMed Premier, SmarthHealth Maxi Violet dari Asuransi Kesehatan Allianz.

MiUltimate HealthCare dari Asuransi Kesehatan Manulife, Premium Health Protection dari Asuransi Kesehatan Cigna yang bisa digunakan sebagai pilihan produk asuransi rawat jalan individu dan keluarga. Dan berbagai pilihan produk asuransi kesehatan lainnya.

Definisi pelayanan rawat jalan menurut Permenkes

Definisi pelayanan rawat jalan menurut Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 66/MENKES/11/1987 yang dimaksud Rawat Jalan dan Pelayanan Rawat Jalan, yaitu:

Pelayanan terhadap orang yang masuk rumah sakit/puskesmas/klinik, untuk keperluan observasi, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi medik dan pelayanan kesehatan lainnya.

Apa tujuan rawat jalan?

Sejalan dengan definisi rawat jalan, tujuannya adalah melakukan observasi diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lainnya tanpa mengharuskan pasien tersebut mejalani rawat inap.

Adakah contoh penyakit yang bisa rawat jalan?

Contoh rawat jalan bisa dilakukan ketika sesorang mengalami kondisi yang tidak begitu parah. Untuk tingkat keparahan sendiri biasanya tergantung pada dokter yang menangani. Tapi untuk contoh penyakit yang bisa rawat jalan ada maag, sakit tenggorokan, migrain dan lain-lain.

Apa yang dimaksud instalasi rawat jalan?

Instalasi rawat jalan adalah salah satu pelayanan rawat jalan yang ada di rumah sakit. Layanan instalasi rawat jalan biaanya akan memberikan spesialiasi sesuai kebutuhan pasien. Pelayanan rawat jalan kepada pasien tersebut meliputi pemeriksaan, pengobatan, dan tindakan medis sesuai dengan jenis dan kondisi penyakit pasien.

Alur pelayanan rawat jalan rumah sakit

Untuk alur pelayanan rawat jalan rumah sakit sebenarnya berbeda-beda tergantung RS yang Anda kunjungi. Namun umumnya ketika ingin melakukan pelayanan rawat jalan adalah sebagai berikut ini.

  • Pasien datang ke loket pendaftaran
  • Pihak pendaftaran melakukan pengecekan apakah pasien adalah pasien baru atau pasien lama.
  • Jika pasien adalah pasien baru, maka mengisi formulir pasien baru lebih dulu.
  • Jika pasien adalah pasien lama, maka pasien bisa langsung mendapatkan nomer antrian.
  • Dokter melakukan pengecekan kesehatan pasien
  • Selanjutnya dokter akan menentukan apakah penyakit yang diderita pasien bisa untuk menjalani rawat inap atau rawat jalan
  • Kemudian bisa langsung melakukan pembayaran sesuai dengan keadaan yang dialami.
Apakah asuransi kesehatan bisa dicairkan?

Uang pertanggungan yang diberikan asuransi kesehatan untuk rawat jalan dan rawat inap pada dasarnya tidak dapat dicairkan. Namun, saat ini sudah ada banyak perusahaan asuransi yang bisa rawat jalan dan memberikan manfaat no claim bonus atau pengembalian premi. Artinya, jika tidak ada klaim hingga masa polis asuransi berakhir, maka sekian persen dari premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan. Sesuai dengan perjanjian awal yang tertulis dalam polis.

Contoh Asuransi Kesehatan Rawat Jalan Keluarga

Sama halnya dengan asuransi untuk rawat jalan individu, berikut ini adalah contoh produk asuransi kesehatan rawat jalan keluarga yang bisa jadi pilihan.

  • PRUPrime Healthcare Plus : Asuransi kesehatan rawat jalan keluarga dari Prudential
  • SmartHealth Maxi Violet : Asuransi kesehatan rawat jalan dari Allianz
  • MiUltimate HealthCare: Asuransi Kesehatan rawat jalan dari Manulife
  • Jaga Sehat Keluarga : Asuransi kesehatan rawat jalan dari JAGADIRI
Apa saja pilihan asuransi rawat jalan di Indonesia?

Secara umum, calon nasabah dapat memilih antara asuransi rawat jalan tunggal dan asuransi rawat jalan + rawat inap. Agar lebih jelasnya, mari lihat menu-tab Informasi Umum di sini!

Apa itu post rawat inap?

Post rawat inap adalah klaim sesudah perawatan (post hospital). Dimana klaim tersebut diajukan atas biaya perawatan yang dijalani oleh tertanggung setelah keluar dari rumah sakit namun masih melakukan perawatan lanjutan dengan dokter yang sama. Batasan maksimal post rawat inap maksimal 90 hari setelah keluar dari rumah sakit.

Apakah asuransi Prudential bisa untuk rawat jalan?

Prudential juga menawarkan sejumlah polis asuransi rawat jalan, salah satunya yang unggul adalah PRUPrime HealthCare yang bersifat sebagai manfaat tambahan atau rider dari PRULink Generasi Baru. Hanya saja informasi terkait polis cukup terbatas. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi perusahaan terkait.

Bagaimana cara menggunakan Asuransi Reliance?

Cara menggunakan Asuransi Reliance sangat mudah dilakukan. Yaitu Anda bisa melakukan klaim sesuai dengan produk asuransi yang dimiliki. Untuk tahapan klaim sendiri umumnya juga bervariasi sesuai dengan risiko yang dialami. Tapi umumnya tahapan klaim untuk Asuransi Kesehatan Reliance bisa dilakukan secara cashless. Dimana nasabah hanya perlu menunjukkan kartu kepesertaan Asuransi Kesehatan Reliance pada petugas pendaftaran baik sebelum dan setelah mendapatkan layanan atau perawatan.

Bagaimana perhitungan besaran premi asuransi rawat jalan?

Terdapat beberapa aspek yang dapat memengaruhi besaran premi asuransi rawat jalan. Di antaranya adalah usia dan jenis kelamin. Artinya, semakin tua usia peserta asuransi semakin tinggi pula premi asuransi yang ditetapkan. Selain itu, tertanggung yang bekerja di kantoran memiliki besaran premi yang lebih rendah dibandingkan dengan yang bekerja di lapangan atau wilayah yang berbahaya. Aspek lainnya adalah riwayat kesehatan keluarga dapat berdampak pada harga premi asuransi rawat jalan. Misal, tertanggung pernah menderita diabetes maka premi akan lebih mahal.

Bagaimana cara cek limit Asuransi Kesehatan Reliance?

Bagi Anda nasabah PT Asuransi Reliance yang ingin melakukan cek limit Asuransi Reliance maka bisa menghubungi layanan Hotline Center 24 Jam Asuransi Reliance 0800 1000327 atau (021) 8082 3177.

Berapa Premi Asuransi Rawat Jalan?

Besaran premi asuransi rawat jalan tentu berbeda-beda antara satu polis dan lainnya. Namun, jika melihat rekomendasi produk asuransi rawat jalan terbaik yang telah dibahas oleh tim Lifepal di tab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa kisaran premi asuransi rawat jalan adalah Rp25 ribuan hingga Rp300 ribuan per bulan. Namun ada juga yang bisa mencapai hingga jutaan rupiah per bulan dengan manfaat asuransi yang lebih menguntungkan ya.

UU Asuransi Kesehatan Nasional

Bagi Anda yang ingin membeli asuransi kesehatan rawat jalan dan rawat inap individu ataupun keluarga tidak perlu khwatir. Sebab sudah ada UU Asuransi Kesehatan Nasional yang bisa melindungi Anda ketika membeli berbagai polis asuransi baik asuransi rawat jalan pribadi atau perorangan, keluaraga ataupun kelompok. UU yang mengatur tentang asuransi kesehatan antara lain adalah.

  • Undang Undang No. 2 Tahun 1992 Terkait Usaha Perasuransian
  • UU No. 2 Tahun 1992, KUHD Bab 9 Pasal 246 menjelaskan regulasi terkait pertanggungan asuransi, batas maksimal pertanggungan, proses klaim, pembatalan proses pertanggungan, hingga poin-poin penting lainnya yang tertulis dalam dokumen polis.
Keuntungan Beli Asuransi Rawat Jalan Online

Banyak manfaat yang bisa nasabah dapatkan dengan membeli asuransi rawat jalan secara online. Pertama, calon nasabah dapat dengan mudah buka situs broker asuransi Lifepal.co.id dan membandingkan ratusan polis asuransi yang tersedia. Selain itu, jika bingung dalam memilih asuransi rawat jalan yang bagus dan sesuai, calon nasabah dapat memanfaatkan layanan konsultasi gratis dari Lifepal

Kedua, Lifepal juga menawarkan berbagai promo diskon menarik untuk pilihan asuransi rawat jalan terbaik di Indonesia. Sehingga calon nasabah bisa mendapatkan harga premi asuransi paling ringan dengan plafon atau manfaat asuransi yang sesuai kebutuhan.  Namun, jika ingin membeli secara online, pastikan perusahaan broker yang dipilih telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

  • Kamu bisa membandingkan produk asuransi kesehatan sepaket rawat jalan atau asuransi khusus rawat jalan dari berbagai brand dengan sangat mudah lewat Lifepal.co.id.
  • Lifepal juga menawarkan berbagai promo diskon menarik untuk pilihan asuransi rawat jalan terbaik di Indonesia
Berapa Lama Proses Klaim Asuransi Rawat Jalan?

Umumnya proses klaim asuransi rawat jalan saja dapat cair selambat-lambatnya 14 hari kerja setelah dokumen diserahkan. Namun, kembali lagi bergantung pada ketentuan yang ditetapkan tiap perusahaan asuransi yang dipilih.

Contoh Formulir Klaim CAR

Salah satu asuransi cover rawat jalan yang bagus dan banyak dicari orang saat ini adalah CAR. Untuk memudahkan nasabah dalam mengajukan klaim, berikut ini contoh formulir rawat jalan Asuransi CAR yang bisa dan bisa diunduh di situs resmi perusahaan terkait

Apakah bisa membeli asuransi rawat jalan secara online?

Terdapat beberapa pilihan asuransi yang menyediakan layanan beli online. Salah satu contohnya adalah AXA, asuransi rawat jalan Sequis Financial, asuransi kesehatan Jagadiri, dan masih banyak lagi. Pilihan lainnya adalah membandingkan produk hingga konsultasi gratis secara online melalui marketplace asuransi seperti Lifepal.