Pelayanan Rawat Jalan dan Asuransinya

Pelayanan rawat jalan adalah layanan medis kepada pasien untuk tujuan pengamatan, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan layanan kesehatan lainnya. Pelayanan rawat jalan tidak mengharuskan pasien rawat inap untuk mengatasi keluhan kesehatan yang dialami.

Dengan kata lain, manfaat pada asuransi rawat jalan hanya untuk memeriksakan atau mengatasi gangguan keluhan kesehatan ringan, termasuk membeli obat.

Lifepal menyediakan asuransi rawat jalan dengan premi terjangkau dan manfaat terlengkap. Bandingkan di sini!

Gratis konsultasi dokter dan biaya obat hanya dengan Rp50 ribu/bulan!
+62

Pelayanan Rawat Jalan

Dalam asuransi rawat jalan, manfaat yang diperoleh antara lain:

  • Pemeriksaan dokter umum atau spesialis, berlaku untuk perawatan kesehatan pra dan pasca rawat inap.
  • Biaya obat-obatan, harus sertakan resep dari dokter.
  • Perawatan gigi, mulai dari pemeriksaaan, pembersihan, tambal, hingga pencabutan gigi.
  • Perawatan mata, mulai dari pemeriksaan hingga pembuatan kacamata.
  • Kehamilan, persalinan, dan nifas, mulai dari pemeriksaan rutin dan perawatan setelahnya.
  • Fisioterapi, berlaku untuk pemulihan yang disebabkan oleh risiko kecelakaan.

Pelayanan dalam Asuransi Rawat Jalan

Selain pelayanan yang disebutkan di atas, terdapat sejumlah pelayanan rawat jalan yang memaksimalkan manfaat yang diterima tertanggung. Berikut penjelasannya!

1. Pelayanan di Provider yang Bekerja Sama

Pelayanan kesehatan di provider yang bekerja sama mendukung kenyamanan tertanggung. Misalnya saja, tertanggung memiliki jaminan perawatan pemeriksaan dokter spesialis. Jika tertanggung mendatangi klinik umum dan tidak bekerja sama, maka pelayanan klaim yang dilakukan tidak bisa cashless.

Salah satu pertimbangan dalam memilih asuransi rawat jalan adalah layanannya yang bisa dilakukan di jaringan provider atau fasilitas kesehatan luas. Misalnya, cashless rawat jalan bisa dilakukan di semua kota besar di Indonesia.

2. Pelayanan Double Claim

BPJS Kesehatan adalah pelayanan rawat jalan dan rawat inap wajib dari pemerintah. Salah satu keunggulan dari double claim adalah mengurangi kemungkinan tertanggung harus membayar biaya rawat jalan dan obat yang tidak ditanggung.

Trik untuk mendapatkan pelayanan maksimal adalah memiliki produk asuransi rawat jalan yang bisa melakukan double claim. Dengan begitu, semua biaya yang tidak ditanggung asuransi rawat jalan bisa di-cover BPJS Kesehatan.

3. Pelayanan Fisioterapi

Pelayanan fisioterapi atau banyak yang menyebut rehabilitasi medis adalah proses merehabilitasi seseorang agar terhindar dari cacat fisik akibat cedera atau penyakit. Terapi ini dilakukan melalui serangkaian tindakan pencegahan, diagnosis, dan penanganan untuk mengatasi gangguan fisik.

Fisioterapi bisa dilakukan pada pasien dari semua rentang usia, misalnya untuk mengobati sakit punggung hingga persiapan olahraga dan persalinan. Pastikan manfaat rawat jalan pada asuransi yang dipilih menanggung fisioterapi.

4. Pelayanan Klaim

Pelayanan klaim sebaiknya yang memberikan kemudahan dalam memilih metode cashless dan reimbursement. Metode klaim reimbursement bisa menguntungkan ketika terjadi sakit atau kecelakaan dan tidak ada rumah sakit rekanan terdekat. Meski harus membayar tagihan terlebih dahulu, tentunya lebih baik dibandingkan harus mencari rumah sakit untuk cashless yang lokasinya lebih jauh.

5. Pelayanan Pembayaran Premi

Hampir semua perusahaan asuransi memudahkan tertanggung untuk melakukan pembayaran premi. Pastikan manfaat rawat jalan dari asuransi yang dipilih memiliki kemudahan dalam pembayaran premi seperti transfer ATM, mobile banking, hingga pembayaran di gerai minimarket.

6. Pelayanan Tutup Polis

Tutup polis sebelum waktu pertanggungan berakhir biasanya melalui tahapan yang panjang. Pihak perusahaan asuransi akan meminta sejumlah dokumen dan menanyakan alasan tutup polis.

Pastikan asuransi rawat jalan yang dipilih memiliki pelayanan tutup polis yang mudah. Apalagi jika pelayanan asuransi tersebut kurang maksimal seperti tidak memiliki provider yang luas.

Jangan lupa cek rekomendasi asuransi terbaik untuk rawat jalan hanya di marketplace asuransi Lifepal. Premi mulai dari Rp100 ribu per bulan!
Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan