Pengertian Rawat Jalan

pengertian rawat jalan adalah pelayanan medis kepada pasien dengan tujuan pengamatan, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan lainnya. Rawat jalan di fasilitas kesehatan tidak mengharuskan pasien tersebut dirawat inap. Keuntungannya, pasien tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menginap (opname).

Dari pengertian rawat jalan di atas, asuransi kesehatan rawat jalan adalah asuransi yang menanggung biaya tindakan perawatan kesehatan tanpa syarat rawat inap di rumah sakit. Pada dasarnya, asuransi rawat jalan adalah bagian dari manfaat asuransi kesehatan.

Namun, manfaat atau pertanggungan rawat jalan pada asuransi kesehatan cenderung terbatas hanya berupa manfaat tambahan (riders). Beberapa manfaat asuransi rawat jalan adalah biaya pemulihan pra dan pasca rawat inap, perawatan gigi, kacamata, dan kunjungan ke dokter umum atau spesialis.

Semua manfaat tersebut bisa didapatkan di Lifepal hanya dengan menyisihkan Rp50 ribu per bulan. Temukan produknya di sini!

Gratis konsultasi dokter dan biaya obat hanya dengan Rp50 ribu/bulan!
+62

Jenis-Jenis Asuransi Rawat Jalan

Secara umum ada dua jenis asuransi rawat jalan. Pertama adalah asuransi rawat jalan murni dan kedua asuransi rawat jalan riders

Berikut penjelasan mengenai jenis asuransi rawat jalan yang ada di Indonesia.

  • Asuransi rawat jalan murni adalah asuransi rawat jalan yang bisa dibeli tanpa harus memiliki produk asuransi jiwa, asuransi jiwa plus investasi (unit link), atau asuransi kesehatan.
  • Asuransi rawat jalan riders adalah asuransi rawat jalan sebagai manfaat tambahan. Untuk memanfaatkan produk ini, tertanggung harus membeli polis dasar asuransi kesehatan yang manfaat utamanya rawat inap.

Selain asuransi rawat jalan di atas, terdapat asuransi rawat jalan yang didasarkan pada jumlah tertanggung. Berikut penjelasannya:

  • Asuransi rawat jalan perorangan adalah asuransi rawat jalan yang diberikan untuk satu tertanggung. Jenis polis ini bisa dibeli dalam bentuk asuransi rawat jalan murni dan sebagai riders.
  • Asuransi rawat jalan keluarga adalah asuransi rawat jalan untuk satu keluarga, biasanya maksimal 5 orang. Pertanggungan asuransi rawat jalan keluarga biasanya cukup luas, termasuk perawatan kesehatan tanpa harus rawat inap.
  • Asuransi rawat jalan kelompok (grup) yaitu asuransi rawat jalan untuk karyawan. Manfaat asuransi ini biasanya termasuk perawatan gigi, asuransi melahirkan, kacamata, dan perawatan kesehatan tanpa rawat inap.

Dari segi pembayaran klaim, asuransi rawat jalan terdiri atas dua jenis, yaitu:

  • Asuransi rawat jalan cashless yaitu asuransi rawat jalan yang memberikan jaminan biaya perawatan kesehatan tanpa uang tunai. Tertanggung hanya perlu menunjukkan kartu asuransi di fasilitas kesehatan.
  • Asuransi rawat jalan reimbursement yaitu asuransi rawat jalan yang memberikan jaminan penggantian biaya perawatan kesehatan setelah tertanggung membayar terlebih dulu tagihan rumah sakit.

Sekadar informasi, asuransi rawat jalan cashless biasanya bisa digunakan di fasilitas kesehatan yang menjadi rekanan perusahaan asuransi. Termasuk di beberapa negara, tergantung kerjasama perusahaan tersebut.

Asuransi reimbursement biasanya diterapkan untuk klaim yang dilakukan tidak pada rumah sakit rekanan atau di fasilitas kesehatan di luar negeri.

Perbedaan Asuransi Rawat Jalan dan Rawat Inap

Perbedaan asuransi rawat inap dan asuransi rawat jalan adalah pertanggungan atau manfaat yang diberikan dari masing-masing produk asuransi kesehatan tersebut. Misalnya manfaat asuransi rawat jalan adalah biaya periksa dokter, biaya laboratorium, dan biaya obat.

Sementara, manfaat asuransi rawat inap yang paling utama adalah biaya perawatan di rumah sakit. Salah satunya adalah biaya kamar saat dirawat inap.

Berikut perbedaan asuransi rawat jalan dan rawat inap:

1. Lokasi perawatan

Asuransi rawat inap hanya digunakan untuk menanggung biaya perawatan kesehatan saat opname di rumah sakit dalam jangka waktu tertentu. Lokasi perawatan asuransi rawat jalan adalah fasilitas kesehatan yang tidak hanya rumah sakit, seperti klinik, laboratorium, dan optik.

2. Jenis penyakit

Asuransi rawat inap memberikan pertanggungan untuk sejumlah penyakit yang lebih serius, hingga mengharuskan pasien menjalani opname. Sementara, jenis penyakit pada asuransi rawat jalan adalah penyakit ringan seperti cabut gigi atau perawatan gigi dan pemeriksaan mata oleh dokter spesialis.

3. Fleksibilitas memilih manfaat

Manfaat atau pertanggungan dari masing-masing asuransi ini berbeda. Pada jenis asuransi rawat inap, tertanggung bisa memilih kelas kamar perawatan saat opname. Fleksibilitas memilih manfaat atau pertanggungan asuransi rawat jalan adalah pada jenis risiko sakit yang akan ditanggung perusahaan.

4. Biaya

Manfaat asuransi rawat inap lebih luas karena termasuk rawat jalan sebelum dan sesudah rawat inap. Itu sebab, harga premi atau biaya asuransinya lebih mahal jika dibandingkan asuransi rawat jalan.

Sementara, biaya premi asuransi rawat jalan adalah sesuai limit yang ditetapkan dan manfaat yang dipilih. Jadi, biaya premi asuransi rawat jalan cenderung lebih murah ketimbang asuransi rawat inap.

Apa Saja Pelayanan dalam Rawat Jalan?

Selain jenis, kenali pelayanan asuransi rawat jalan yang sesuai kebutuhan! Lifepal bakal menjelaskan mengenai pelayanan yang biasanya disediakan oleh asuransi untuk rawat jalan.

Penulis Clara Naomi Penulis yang memiliki pengalaman dalam bidang finansial dan asuransi. Menulis guna mendorong masyarakat sadar pentingnya pengaturan keuangan yang baik dan ideal. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan