• Promo Page car

Asuransi Tanggung Gugat

DapatkanDISKON 25%+ CASHBACK 10% *Daftar sekarang untuk penawaran terbatas
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku
Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!
1
2
3
Isi formulir untuk melihat pilihan
Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi gratis melalui telepon
Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan asuransi terbaik
Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

Asuransi Tanggung Gugat

Asuransi tanggung gugat adalah asuransi yang menanggung risiko tuntutan kepada nasabah atas kelalaiannya yang merugikan pihak ketiga. Contohnya, jika pengendara mobil tidak sengaja menyerempet kendaraan lain di jalan. Asuransi ini juga disebut sebagai Liability Insurance.

Asuransi tanggung gugat ini memiliki tiga jenis pertanggungan yang tersedia. Setiap jenis asuransi memiliki pertanggungan risiko yang berbeda-beda. Adapun jenis asuransi tanggung gugat adalah sebagai berikut.

  1.  Asuransi gugat perorangan.
  2.  Asuransi gugat umum.
  3.  Asuransi gugat profesi.

Daftar Asuransi Tanggung Gugat Terbaik di Indonesia

Sebagai proteksi Anda bisa memilih asuransi tanggung gugat sesuai dengan kebutuhan. Lantas apa saja pilihan polis asuransi tanggung gugat terbaik? Berikut ini adalah pilihan dan daftar asuransi tanggung gugat terbaik di Indonesia yang bisa jadi rujukan sebelum Anda membeli polis.

Pengertian Asuransi Tanggung Gugat

Pengertian asuransi tanggung gugat adalah produk asuransi yang memberikan ganti rugi terhadap risiko kelalaian nasabah sehingga menimbulkan kerugian pihak ketiga dan dapat dituntut secara hukum. Contohnya, menabrak mobil orang lain di jalan.

Asuransi akan memberikan sejumlah uang ganti rugi kepada pihak ketiga, dengan syarat kasus tersebut telah melewati proses pengadilan. Intinya, tanggung jawab nasabah untuk memberikan ganti rugi dialihkan kepada pihak asuransi.

Dasar Hukum Asuransi Tanggung Gugat

Dasar hukum asuransi tanggung gugat diatur  dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata pasal 1365 sampai pasal 1371. Isinya adalah sebagai berikut:

Pasal 1365

Setiap tindakan melanggar hukum yang merugikan orang lain, maka pelaku wajib memberikan ganti rugi.

Pasal 1366

Setiap orang bertanggung jawab memberikan ganti rugi terhadap kerugian yang disebabkan oleh perbuatan dan kelalaiannya.

Pasal 1367

Setiap orang tidak hanya bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan oleh perbuatannya sendiri, tetapi juga kerugian yang disebabkan oleh orang yang ia tanggung, atau benda yang berada di bawah pengaawasannya.

Contohnya, orang tua bertanggung jawab terhadap kerugian yang disebabkan oleh anak-anaknya. Atau majikan yang bertanggung jawab atas kerugian yang disebabkan oleh bawahannya.

Pasal 1368

Pemilik binatang bertanggung jawab terhadap kerusakan yang disebabkan oleh binatang peliharaannya.

Pasal 1369

Pemilik sebuah gedung bertanggung jawab terhadap kerugian yang terjadi akibat ambruknya gedung karena kelalaian dalam pemeliharaannya.

Pasal 1370

Apabila terjadi tindakan pembunuhan atau kematian seseorang karena kelalaian suatu pihak, maka pihak tersebut perlu memberikan ganti rugi nafkah yang seharusnya diberikan oleh seseorang yang meninggal tersebut.

Pasal 1371

Seseorang yang menyebabkan cacat anggota badan terhadap pihak ketiga, wajib memberikan ganti rugi.

Fungsi dan Manfaat Asuransi Tanggung Gugat

Asuransi tanggung gugat memiliki fungsi yang sebenarnya sama dengan asuransi lain, yaitu mengalihkan risiko nasabah. Namun, produk ini berkaitan dengan pihak ketiga yang dirugikan oleh nasabah.

Nah, asuransi ini sangat bermanfaat bagi beberapa peran, di antaranya:

1. Pemilik mobil

Pemilik mobil memiliki risiko menyerempet atau menabrak kendaraan lain selama berkendara di jalanan. Kelalaian ini seringkali menimbulkan tuntutan dari pihak yang dirugikan, yaitu berupa ganti rugi atas kerusakan kendaraan atau cedera.

Asuransi sangat penting untuk menggantikan kerugian tersebut. Sehingga, nasabah terhindar dari kewajibannya membayar ganti rugi kepada pihak ketiga.

2. Profesional

Beberapa pekerjaan memang memiliki risiko tinggi mendapat tuntutan hukum. Biasanya, pekerjaan tersebut memiliki tanggung jawab yang besar seperti dokter, hakim, sampai direktur perusahaan.

Dokter bertanggung jawab terhadap nyawa dan kesehatan pasiennya, hakim bertanggung jawab terhadap keputusan hukum yang ia buat, sementara itu direktur bertanggung jawab menandatangani keputusan besar dalam perusahaan.

Asuransi berfungsi untuk melindungi profesi-profesi tersebut dari tuntutan hukum akibat pekerjaannya.

3. Pengusaha

Seorang pengusaha memiliki tanggung jawab yang sangat besar, yaitu kepada masyarakat. Pasalnya, sebuah usaha bisa saja merugikan publik melalui kualitas produk yang kurang baik atau pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh pabrik.

Fungsi asuransi bagi pengusaha adalah untuk menanggung risiko-risiko bisnis tersebut dengan memberi ganti rugi kepada pihak ketiga.

Jenis Asuransi Tanggung Gugat

Asuransi tanggung gugat memiliki tiga jenis pertanggungan yang tersedia. Setiap jenis asuransi memiliki pertanggungan risiko yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya apa yang dimaksud dengan asuransi tanggung gugat perorangan, umum, dan profesi.

1. Asuransi Tanggung Gugat Perorangan (Personal Liability Insurance)

Jenis asuransi  ini memberikan ganti rugi kepada tertanggung terhadap risiko tanggung jawab hukum terhadap pihak lain (orang ketiga). Adapun tanggung jawab hukum tersebut timbul karena tertanggung menyebabkan cedera atau kerugian harta benda milik pihak ketiga. Contoh asuransi tanggung gugat perorangan adalah Automobile Liability. Automobile Liability memberikan perlindungan kepada nasabah terhadap risiko tuntutan hukum yang berkaitan dengan kecelakaan lalu lintas.

2. Asuransi Tanggung Gugat Umum (General Liability Insurance)

Asuransi tanggung gugat umum biasanya ditujukan untuk perusahaan yang membutuhkan perlindungan. Jenis ini terbagi lagi ke dalam tiga tipe:

Public Liability

Public Liability menjamin kegiatan operasional perusahaan yang berisiko untuk menimbulkan kerugian pada masyarakat umum. Misalnya, pencemaran air, polusi udara, dan lain-lain. Produk ini bisa digunakan oleh pabrik, restoran, manufaktur, hingga perusahaan di sektor tambang.

Product Liability

Product Liability menjamin risiko gugatan pihak ketiga yang dirugikan akibat produk yang dipasarkan perusahaan. Adapun kerugian tersebut dapat berupa cedera badan dan kerusakan harta benda. Produk ini cocok bagi perusahaan produsen makanan atau alat elektronik.

Employer’s Liability

Employer’s Liability menawarkan pertanggungan risiko tuntutan pekerja terhadap perusahaan. Produk ini berlaku apabila pekerja mengalami cedera akibat kelalaian perusahaan selama melakukan pekerjaan. Jaminan ini dijamin dalam Undang-undang Kecelakaan Tenaga Kerja, dengan dasar Undang-undang Kecelakaan Tahun 1947.

3. Asuransi Tanggung Gugat Profesi (Professional Liability Insurance)

Asuransi tanggung gugat profesi atau asuransi professional indemnity menawarkan pertanggungan terhadap risiko tuntutan pihak ketiga yang mengalami cedera atau kerugian harta benda akibat kelalaian profesi tertanggung atau karyawannya. Berikut beberapa contohnya:

Asuransi Tanggung Gugat Profesi Dokter (Liability Dokter)

Asuransi tanggung gugat profesi dokter menanggung risiko tuntutan hukum yang dapat dialami oleh seorang dokter dalam menjalani praktik. Misalnya, apabila terdapat kelalaian dalam proses operasi dan pasien mengajukan tuntutan, maka asuransi akan mengganti kerugian tersebut.

Asuransi Tanggung Gugat Profesi Direktur dan Karyawan (Director and Officer’s Liability / D & O’s Liability)

Direktur adalah jabatan yang memiliki risiko tuntutan hukum tinggi. Pasalnya, Direktur banyak bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan perusahaan. Produk ini akan menjamin risiko jika terdapat pengambilan keputusan yang menimbulkan tuntutan hukum karena merugikan pihak ketiga.

Asuransi Tanggung Gugat Profesi Akuntan

Asuransi ini melindungi profesi tersebut dari risiko tuntutan hukum akibat kelalaiannya dalam melaporkan catatan keuangan.

Cara Klaim Asuransi Tanggung Gugat

Pengajuan klaim asuransi tanggung gugat dibedakan untuk tiap jenisnya. Berikut mekanisme mekanisme pengajuan yang perlu kita lakukan.

1. Melaporkan Indikasi Kejadian Klaim Kepada Asuransi

Apabila selama masa waktu pertanggungan nasabah mengetahui adanya indikasi bahwa klaim akan terjadi, ia wajib melaporkannya kepada pihak penyedia asuransi secara tertulis.

2. Pelaporan Klaim 

Jika terjadi kejadian yang menimbulkan klaim, nasabah wajib segera melaporkannya secara tertulis kepada penyedia asuransi selama masa pertanggungan.

3. Pembelaan dan Penyelesaian

Dalam klaim asuransi, tertanggung tidak diperbolehkan menyelesaikan masalah atau mengeluarkan biaya terkait dengan tanggung jawab hukum tanpa persetujuan tertulis dari penyedia asuransi. Perusahaan asuransi tidak bertanggung jawab terhadap pembayaran yang dilakukan tanpa persetujuan tertulis tersebut.

Perusahaan asuransi juga berhak untuk menyelesaikan pembelaan atau penyelesaian klaim atas nama tertanggung.

4. Penasihat Hukum

Perusahaan asuransi menghendaki tertanggung tidak menentang klaim apapun kecuali penasihat hukum memberitahukan bahwa klaim harus ditentang (dengan persetujuan perusahaan asuransi).

Dalam memberikan saran, penasehat hukum perlu mempertimbangkan aspek ekonomi, kerugian, dan biaya yang mungkin diperoleh oleh pihak yang mengajukan klaim. Dana yang dipakai untuk membayar penasihat hukum juga termasuk ke dalam biaya pengeluaran asuransi.

5. Usaha Meringankan Klaim

Tertanggung harus sikap melakukan tindakan yang dapat menghindari atau mengurangi tanggung jawab hukum. Tertanggung juga perlu bersikap jujur kepada perusahaan asuransi dalam mengajukan informasi yang relevan.

6. Mengajukan Dokumen yang Dibutuhkan

Saat mengajukan klaim, ada beberapa persyaratan dokumen yang dibutuhkan, di antaranya:

  • Formulir klaim dengan rincian kerugian.
  • Berita acara kejadian dari kepolisian setempat
  • Pernyataan dari saksi-saksi
  • Skema tempat dan peristiwa kejadian
  • Skema tempat dan peristiwa kejadian
  • Perjanjian sewa serta perjanjian lainnya.
  • Tiket, kartu, dan formulir.
  • Kuitansi yang membuktikan jumlah kerugian.
  • Foto kerusakan atau kerugian.

Tips Memilih Asuransi Tanggung Gugat Terbaik

Memih asuransi tanggung gugat yang bagus dan murah patut menjadi pertimbangan. Untuk itu, berikut adalah tips mendapatkan asuransi tanggung gugat terbaik dengan premi murah.

1. Cari Tahu Latar Belakang Perusahaan

Tips agar Anda mendapatkan asuransi tanggung gugat terbaik adalah cari tahu latar belakang perusahaan. Sebelum membeli polis, Anda bisa melakukan riset melalui berbagai media. Jangan hanya tergiur perusahaan tersebut sudah dikenal luas ataupun populer. Pastikan juga memiliki laporan keuangan yang sehat. Selain itu, cari tahu juga apakah tepat waktu membayar klaim nasabah atau tidak.

2. Pilihlah Produk Sesuai Kebutuhan

Agar Anda mendapatkan proteksi yang maksimal, maka pilihlah produk sesuai kebutuhan. Jadi, ada baiknya membaca dengan teliti manfaat pertanggungan yang ditawarkan ketika ingin membeli polis tersebut.

3. Bandingkan Polis Dari Berbagai Perusahaan untuk Mendapatkan Harga Premi Termurah

Agar bisa mendapatkan polis asuransi dengan premi murah dan manfaat lengkap, calon nasabah disarankan untuk membandingkan polis dari berbagai perusahaan secara online. Ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fitur perbandingan polis dari Lifepal! 

Pertanyaan Seputar Asuransi Tanggung Gugat

Berikut adalah daftar pertanyaan yang sering diajukan terkait dengan asuransi tanggung gugat/liability insurance.

Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Tanggung Gugat?

Asuransi tanggung gugat adalah produk yang memberikan perlindungan terhadap risiko tuntutan hukum pihak ketiga yang dirugikan atas kelalaian tertanggung. Jadi, asuransi akan memberikan ganti rugi terhadap kerugian yang didapatkan pihak ketiga atas nama tertanggung. Pihak ketiga adalah pihak yang berisiko mengalami kerugian yang disebabkan nasabah.

Premi Asuransi Tanggung Gugat

Premi asuransi dihitung berdasarkan beberapa hal berikut ini:

  • Jenis lingkup usaha
  • Batas pertanggungan
  • Total pendapatan tahunan
  • Lokasi pertanggungan
  • Kondisi lingkungan sekitar
Contoh Asuransi Tanggung Gugat

Asuransi tanggung gugat/liability insurance terbagi menjadi perorangan, umum, dan profesi. Penjelasan contoh asuransi tanggung gugat selengkapnya dapat dilihat di tab Jenis.

Mekanisme Pengajuan Klaim Asuransi Tanggung Gugat

Cara mekanisme klaim asuransi tanggung gugat tidak jauh berbeda dengan berbagai polis lain. Agar Anda mengetahui prosedur lengkap pengajuannya, bisa tab klaim untuk tahu informasi selengkapnya.

Apa Itu Tanggung Gugat Perawat?

Pengertian tanggung gugat perawat adalah suatu bentuk asuransi yang akan melindungi profesi tersebut ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya ketika perawat berpartisipasi membuat suatu keputusan maka ketika ada pihak yang ingin menggugatnya bisa menyatakan siap dan berani menghadapi asalnya keputusan tersebut memang benar adanya.

Apa itu Asuransi Tanggung Gugat Profesi Dokter?

Asuransi tanggung gugat profesi dokter adalah produk asuransi yang memberikan jaminan kerugian atas profesi medis yang dijalani. Jadi secara hukum bertanggung jawab membayar ganti rugi ketika terjadi kerugian yang timbul akibat cedera pada orang lain yang disebabkan profesi tersebut.

Apakah Polis Menjamin Biaya Pembelaan Perkara?

Ya, polis asuransi menjamin biaya pembelaan perkara. Hal ini penting karena pembelaan hukum umumnya memakan waktu dan biaya yang besar.

Produk Apa Sajakah yang Termasuk dalam Asuransi Tanggung Gugat?

Contoh produk yang termasuk dalam asuransi tanggung gugat diantaranya sebagai berikut ini.

  • General liability (asuransi tanggung gugat umum) : public liability, product liability, comprehensive general liability.
  • Professional liability (asuransi tanggung gugat profesi) : medical malpractice, professional indemnity, directors’ and officers’ liability.
Contoh Asuransi Tanggung Jawab Hukum

Contoh asuransi tanggung jawab hukum kepada pihak ketiga (TJH III) adalah asuransi tanggung gugat. Asuransi ini merupakan polis tambahan (rider) yang akan menanggung risiko ketika terjadi kerugian yang melibatkan pihak ketiga akibat ulah tertanggung. Misalnya ketika tertanggung mengendarai mobil dan tidak sengaja menyerempet mobil orang lain. Maka ketika terjadi kerugian seperti biaya perbaikan atas mobil yang diserempet bisa ditanggung oleh pihak asuransi.

Dasar Hukum Asuransi Tanggung Gugat

Hukum di Indonesia yang menjadi dasar hukum asuransi tanggung gugat adalah Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (Pasal 1365 – Pasal 1860). Anda bisa tab tentang untuk informasi detail isi dari setiap pasal tersebut.

Apa Itu Retroactive Date?

Retroactive date adalah tanggal berlaku yang biasanya sama dengan tanggal berlakunya polis (inception date) pada asuransi tanggung gugat. Biasanya retroactive date akan digunakan ketika melakukan claim made basis. Claim made basis adalah ketika Anda mengajukan suatu kerugian tanggung gugat tanpa memandang waktu kerugian selama masa pertanggungan polis.

Contoh risiko tanggung gugat

Contoh risiko tanggung gugat adalah peristiwa yang diakibatkan atau diperbuat oleh tertanggung yang berakibat terjadinya kerugian pada orang lain. Contohnya adalah ketika pengendara mobil tidak sengaja menyerempet kendaraan lain di jalan.

Apa Itu Respon Polis Claim Made Basis?

Respon polis claim made basis adalah salah satu cara klaim asuransi tanggung gugat. Dimana polis tanggung gugat akan merespon suatu kerugian yang diajukan pada periode polis. Jadi, tanpa melihat kapan tanggal kerugian tersebut terjadi. Biasanya tanggal retroactive date sama dengan tanggal mulainya pertanggungan.

Apa Itu Professional Indemnity Insurance Indonesia?

professional indemnity insurance Indonesia adalah asuransi tanggung gugat yang ditunjukan untuk memberikan jaminan perlindungan bagi para pekerja profesi/profesional dalam menghadapi tuntutan hukum dalam menjalankan tugas ataupun usaha atas profesinya.

Apa Itu Indemnity Benefit ?

Indemnity Benefit adalah metode ganti rugi finansial perusahaan asuransi kepada tertanggung. Dimana biasanya akan terdiri dari benefit as charge atas risiko yang dialami dan inner limit.

Apa Itu Occurrece Basis?

Occurrence basis adalah respon polis asuransi tanggung gugat yang menanggung kerugian tanpa melihat kapan klaim dilaporkan selama polis masih aktif. Namun biasanya occurrence basis akan dibatasi limit setiap kejadian.

Apa Itu Subrogasi Asuransi?

Pengertian subrogasi asuransi adalah salah satu hak dalam prinsip asuransi yang diatur dalam pasal 284 Kitab Undang-Undang Hukum Dagang. Dimana berisi tentang tertanggung berhak mendapat penggantian tidak lebih dari kerugian yang dialaminya, jika setelah penggantian oleh penanggung ada hak keuangan lain maka menjadi hak penanggung.

Dalam Hal Kerugian Seperti Apakah Pihak Ketiga Berhak Memperoleh Ganti Rugi Atau Kompensasi?

Ganti rugi yang diberikan pada pihak ketiga oleh penyedia asuransi tanggung gugat adalah kerusakan harta benda, cedera badan, kerugian keuangan, dan kehilangan keuntungan.

Contoh Polis Standar Asuransi Tanggung Gugat

Polis standar asuransi tanggung gugat adalah produk asuransi yang memberikan jaminan perlindungan kepada tertanggung (nasabah suatu perusahaan asuransi) terhadap risiko yang timbul karena adanya tuntutan dari pihak ketiga atas aktifitas yang mengakibatkan kerugian orang lain. Misalnya saja tidak sengaja menyerempet mobil orang lain ketika berkendara. Untuk contoh produknya adalah Allianz Asuransi Automobile Liability, Sinarmas Asuransi Tanggung Gugat, AIG Personal Indemnity dan lain-lain.

Asuransi Profesi Dokter Allianz

Asuransi profesi dokter Allianz adalah polis asuransi tanggung gugat profesi dokter atas terjadinya risiko yang mengakibatkan tuntutan pihak ketiga. Polis ini akan memberikan beberapa manfaat perlindungan pada profesi dokter dari Asuransi Allianz ini,  diantaranya:

  • Mengganti kerugian cedera fisik/mental/kematian dari pihak ketiga (pasien) yang disebabkan malpraktek oleh dokter atau karyawannya
  • Penggantian terhadap biaya pengacara atau pengadilan, dimana secara hukum dokter  terbukti harus bertanggung jawab pada pihak ketiga (terbatas pada kasus perdata)
  • Menjamin kelalaian dokter saat bertugas di luar lingkup ruang praktek sehari-hari karena keadaan mendesak atau darurat
Siapakah Pihak Ketiga Dalam Asuransi Tanggung Gugat?

Dalam asuransi tanggung gugat, pihak ketiga adalah pihak yang berisiko mengalami kerugian akibat kelalaian dari tertanggung, misalnya pasien, klien bisnis, atau konsumen suatu produk.

Hal Apakah Yang Tidak Dijamin Oleh Asuransi Tanggung Gugat?

Terdapat beberapa penyebab klaim yang tidak dijamin oleh asuransi tanggung gugat pada umumnya, yaitu:

  • Kerugian akibat perang, kerusuhan, nuklir, radioaktivitas, polusi, asbestos, dan sebagainya.
  • Risiko yang dijamin dalam polis lainnya.
  • Kerugian akibat tindakan yang disengaja.
  • Risiko yang berhubungan dengan intellectual property.
  • Risiko denda yang diputuskan pengadilan terhadap diri tertanggung.
  • Tuntukan klaim terjadi sebelum masa asuransi dimulai. 
  • Pengecualian wilayah yuridiksi Amerika Serikat dan Kanada. 
Asuransi Profesi Dokter Bumida

Asuransi profesi dokter Bumida adalah produk asuransi dari Bumida Bumiputera yang menanggung risiko tuntutan pihak ketiga sebagai akibat dari profesi yang dijalankan.

Mengapa Perusahaan Anda Membutuhkan Jaminan Asuransi Tanggung Gugat?

Karena risiko terhadap tuntutan hukum dari pihak ketiga sangat tinggi, terutama jika kita memiliki perusahaan atau menjabat posisi penting dalam sebuah perusahaan. Asuransi tanggung gugat bisa meminimalisir risiko kerugian finansial yang muncul dari risiko tersebut.

Dasar Hukum Asuransi Tanggung Gugat

Dasar hukum asuransi tanggung gugat tertuang dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, untuk penjelasan selengkapnya cek tab Tentang.

Contoh Perusahaan Asuransi Tanggung Gugat
Istilah dalam Tanggung Gugat
  • Asuransi: Produk pengalihan risiko dari tertanggung atau pemegang polis ke perusahaan asuransi.
  • Kerugian: Seseorang menderita atau menanggung rugi akibat tindakan tertanggung
  • Pihak ketiga: Pihak yang mengajukan tuntutan hukum karena telah mengalami kerugian atas kelalaian tertanggung. 
  • Pemegang polis: Pihak yang membuat perjanjian tentang pengalihan risiko dengan perusahaan asuransi. 
  • Polis asuransi: Dokumen yang berisikan perjanjian antara perusahaan asuransi dengan pemegang polis.
  • Premi: Sejumlah iuran yang dibayarkan pemegang polis untuk mendapatkan jasa asuransi.
  • Rasio solvabilitas: indikator dalam laporan keuangan perusahaan asuransi untuk menilai kesanggupan perusahaan dalam membayar utang jangka pendeknya. Batas 
  • Tertanggung: Pihak yang ditanggung oleh asuransi, maksudnya pihak yang berisiko melakukan kelalaian yang akan merugikan pihak ketiga.
Dapatkan Promo