• ACA_43_1_D
Cashback 10%
Diskon 25%*

Asuransi Tanggung Gugat

  • Diskon Terbaik
  • 500+ Pilihan
  • Bantuan Klaim
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.

Daftar Polis Asuransi Tanggung Gugat Terbaik di Indonesia

Asuransi tanggung gugat adalah asuransi yang menanggung risiko tuntutan kepada nasabah atas kelalaiannya yang merugikan pihak ketiga. Contohnya, jika pengendara mobil tidak sengaja menyerempet kendaraan lain di jalan. Asuransi ini juga disebut sebagai Liability Insurance.

Asuransi tanggung gugat ini memiliki tiga jenis pertanggungan yang tersedia. Setiap jenis asuransi memiliki pertanggungan risiko yang berbeda-beda. Adapun jenis asuransi tanggung gugat adalah sebagai berikut.

  1.  Asuransi gugat perorangan.
  2. Asuransi gugat umum.
  3.  Asuransi gugat profesi.

Nah, ada berbagai brand asuransi yang menawarkan asuransi tanggung gugat di Indonesia. Untuk menemukan yang terbaik, berikut daftar brand terbaik yang bisa kita bandingkan.

Fungsi dan Manfaat Asuransi Tanggung Gugat

Asuransi tanggung gugat memiliki fungsi yang sebenarnya sama dengan asuransi lain, yaitu mengalihkan risiko nasabah. Namun, produk ini berkaitan dengan pihak ketiga yang dirugikan oleh nasabah.

Nah, asuransi ini sangat bermanfaat bagi beberapa peran, di antaranya:

1. Pemilik mobil

Pemilik mobil memiliki risiko menyerempet atau menabrak kendaraan lain selama berkendara di jalanan. Kelalaian ini seringkali menimbulkan tuntutan dari pihak yang dirugikan, yaitu berupa ganti rugi atas kerusakan kendaraan atau cedera.

Asuransi sangat penting untuk menggantikan kerugian tersebut. Sehingga, nasabah terhindar dari kewajibannya membayar ganti rugi kepada pihak ketiga.

2. Profesional

Beberapa pekerjaan memang memiliki risiko tinggi mendapat tuntutan hukum. Biasanya, pekerjaan tersebut memiliki tanggung jawab yang besar seperti dokter, hakim, sampai direktur perusahaan.

Dokter bertanggung jawab terhadap nyawa dan kesehatan pasiennya, hakim bertanggung jawab terhadap keputusan hukum yang ia buat, sementara itu direktur bertanggung jawab menandatangani keputusan besar dalam perusahaan.

Asuransi berfungsi untuk melindungi profesi-profesi tersebut dari tuntutan hukum akibat pekerjaannya.

3. Pengusaha

Seorang pengusaha memiliki tanggung jawab yang sangat besar, yaitu kepada masyarakat. Pasalnya, sebuah usaha bisa saja merugikan publik melalui kualitas produk yang kurang baik atau pencemaran lingkungan yang ditimbulkan oleh pabrik.

Fungsi asuransi bagi pengusaha adalah untuk menanggung risiko-risiko bisnis tersebut dengan memberi ganti rugi kepada pihak ketiga.

Jenis Asuransi Tanggung Gugat

Asuransi tanggung gugat memiliki tiga jenis pertanggungan yang tersedia. Setiap jenis asuransi memiliki pertanggungan risiko yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya apa yang dimaksud dengan asuransi tanggung gugat perorangan, umum, dan profesi.

1. Asuransi Tanggung Gugat Perorangan (Personal Liability Insurance)

Jenis asuransi  ini memberikan ganti rugi kepada tertanggung terhadap risiko tanggung jawab hukum terhadap pihak lain (orang ketiga). Adapun tanggung jawab hukum tersebut timbul karena tertanggung menyebabkan cedera atau kerugian harta benda milik pihak ketiga. Contoh asuransi tanggung gugat perorangan adalah Automobile Liability. Automobile Liability memberikan perlindungan kepada nasabah terhadap risiko tuntutan hukum yang berkaitan dengan kecelakaan lalu lintas.

2. Asuransi Tanggung Gugat Umum (General Liability Insurance)

Asuransi tanggung gugat umum biasanya ditujukan untuk perusahaan yang membutuhkan perlindungan. Jenis ini terbagi lagi ke dalam tiga tipe:

3. Asuransi Tanggung Gugat Profesi (Professional Liability Insurance)

Asuransi tanggung gugat profesi atau asuransi professional indemnity menawarkan pertanggungan terhadap risiko tuntutan pihak ketiga yang mengalami cedera atau kerugian harta benda akibat kelalaian profesi tertanggung atau karyawannya. Berikut beberapa contohnya:

Cara Klaim Asuransi Tanggung Gugat

Pengajuan klaim asuransi tanggung gugat dibedakan untuk tiap jenisnya. Berikut mekanisme mekanisme pengajuan yang perlu kita lakukan.

1. Melaporkan Indikasi Kejadian Klaim Kepada Asuransi

Apabila selama masa waktu pertanggungan nasabah mengetahui adanya indikasi bahwa klaim akan terjadi, ia wajib melaporkannya kepada pihak penyedia asuransi secara tertulis.

2. Pelaporan Klaim 

Jika terjadi kejadian yang menimbulkan klaim, nasabah wajib segera melaporkannya secara tertulis kepada penyedia asuransi selama masa pertanggungan.

3. Pembelaan dan Penyelesaian

Dalam klaim asuransi, tertanggung tidak diperbolehkan menyelesaikan masalah atau mengeluarkan biaya terkait dengan tanggung jawab hukum tanpa persetujuan tertulis dari penyedia asuransi. Perusahaan asuransi tidak bertanggung jawab terhadap pembayaran yang dilakukan tanpa persetujuan tertulis tersebut.

Perusahaan asuransi juga berhak untuk menyelesaikan pembelaan atau penyelesaian klaim atas nama tertanggung.

4. Penasihat Hukum

Perusahaan asuransi menghendaki tertanggung tidak menentang klaim apapun kecuali penasihat hukum memberitahukan bahwa klaim harus ditentang (dengan persetujuan perusahaan asuransi).

Dalam memberikan saran, penasehat hukum perlu mempertimbangkan aspek ekonomi, kerugian, dan biaya yang mungkin diperoleh oleh pihak yang mengajukan klaim. Dana yang dipakai untuk membayar penasihat hukum juga termasuk ke dalam biaya pengeluaran asuransi.

5. Usaha Meringankan Klaim

Tertanggung harus sikap melakukan tindakan yang dapat menghindari atau mengurangi tanggung jawab hukum. Tertanggung juga perlu bersikap jujur kepada perusahaan asuransi dalam mengajukan informasi yang relevan.

6. Mengajukan Dokumen yang Dibutuhkan

Saat mengajukan klaim, ada beberapa persyaratan dokumen yang dibutuhkan, di antaranya:

  • Formulir klaim dengan rincian kerugian.
  • Berita acara kejadian dari kepolisian setempat
  • Pernyataan dari saksi-saksi
  • Skema tempat dan peristiwa kejadian
  • Skema tempat dan peristiwa kejadian
  • Perjanjian sewa serta perjanjian lainnya.
  • Tiket, kartu, dan formulir.
  • Kuitansi yang membuktikan jumlah kerugian.
  • Foto kerusakan atau kerugian.

Penjelasan Singkat Asuransi Tanggung Gugat

Pengertian asuransi tanggung gugat adalah produk asuransi yang memberikan ganti rugi terhadap risiko kelalaian nasabah sehingga menimbulkan kerugian pihak ketiga dan dapat dituntut secara hukum. Contohnya, menabrak mobil orang lain di jalan.

Asuransi akan memberikan sejumlah uang ganti rugi kepada pihak ketiga, dengan syarat kasus tersebut telah melewati proses pengadilan. Intinya, tanggung jawab nasabah untuk memberikan ganti rugi dialihkan kepada pihak asuransi.

Dasar Hukum Asuransi Tanggung Gugat

Dasar hukum asuransi tanggung gugat diatur  dalam Kitab Undang-Undang Hukum Perdata pasal 1365 sampai pasal 1371. Isinya adalah sebagai berikut:

Pertanyaan Seputar Asuransi Tanggung Gugat

Berikut adalah daftar pertanyaan yang sering diajukan terkait dengan asuransi tanggung gugat/liability insurance.

Chat Bantuan