Jenis Asuransi Tanggung Gugat

Jenis asuransi tanggung gugat terdiri dari Asuransi Tanggung Gugat Perorangan (Personal Liability Insurance), Asuransi Tanggung Gugat Umum (General Liability Insurance), dan Asuransi Tanggung Gugat Profesi (Professional Liability Insurance)

Selain asuransi tanggung gugat, seorang pengusaha juga perlu mengasuransikan karyawannya agar kesehatan lebih baik dan produktivitas terjaga. Temukan asuransi kesehatan karyawan terbaik di Lifepal!

Asuransi dengan manfaat fleksibel sesuai kebutuhan perusahaan!
+62

Setiap jenis asuransi tanggung gugat memiliki pertanggungan risiko yang berbeda-beda. Berikut penjelasannya.

Asuransi Tanggung Gugat Perorangan (Personal Liability Insurance)

Jenis asuransi tanggung gugat ini memberikan ganti rugi kepada tertanggung terhadap risiko tanggung jawab hukum terhadap pihak lain (orang ketiga). Adapun tanggung jawab hukum tersebut timbul karena tertanggung menyebabkan cedera atau kerugian harta benda milik pihak ketiga. Berikut adalah beberapa contoh asuransi tanggung gugat perorangan.

Automobile Liability

Produk ini memberikan perlindungan kepada nasabah terhadap risiko tuntutan hukum yang berkaitan dengan kecelakaan lalu lintas.

Asuransi Tanggung Gugat Umum (General Liability Insurance)

Asuransi tanggung gugat umum biasanya ditujukan untuk perusahaan yang membutuhkan perlindungan. Jenis ini terbagi lagi ke dalam tiga tipe:

1. Public Liability

Public Liability menjamin kegiatan operasional perusahaan yang berisiko untuk menimbulkan kerugian pada masyarakat umum. Misalnya, pencemaran air, polusi udara, dan lain-lain. Produk ini bisa digunakan oleh pabrik, restoran, manufaktur, hingga perusahaan di sektor tambang.

2. Product Liability

Product Liability menjamin risiko gugatan pihak ketiga yang dirugikan akibat produk yang dipasarkan perusahaan. Adapun kerugian tersebut dapat berupa cedera badan dan kerusakan harta benda. Produk ini cocok bagi perusahaan produsen makanan atau alat elektronik.

3. Employer’s Liability

Employer’s Liability menawarkan pertanggungan risiko tuntutan pekerja terhadap perusahaan. Produk ini berlaku apabila pekerja mengalami cedera akibat kelalaian perusahaan selama melakukan pekerjaan. Jaminan ini dijamin dalam Undang-undang Kecelakaan Tenaga Kerja, dengan dasar Undang-undang Kecelakaan Tahun 1947. 

Asuransi Tanggung Gugat Profesi (Professional Liability Insurance)

Asuransi tanggung gugat profesi atau asuransi professional indemnity menawarkan pertanggungan terhadap risiko tuntutan pihak ketiga yang mengalami cedera atau kerugian harta benda akibat kelalaian profesi tertanggung atau karyawannya. Berikut beberapa contoh asuransi tanggung gugat profesi.

1. Asuransi Tanggung Gugat Profesi Dokter (Liability Dokter)

Asuransi tanggung gugat profesi dokter menanggung risiko tuntutan hukum yang dapat dialami oleh seorang dokter dalam menjalani praktik. Misalnya, apabila terdapat kelalaian dalam proses operasi dan pasien mengajukan tuntutan, maka asuransi akan mengganti kerugian tersebut.

2. Asuransi Tanggung Gugat Profesi Direktur dan Karyawan (Director and Officer’s Liability / D & O’s Liability)

Direktur adalah jabatan yang memiliki risiko tuntutan hukum tinggi. Pasalnya, Direktur banyak bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan perusahaan. Produk ini akan menjamin risiko jika terdapat pengambilan keputusan yang menimbulkan tuntutan hukum karena merugikan pihak ketiga.

3. Asuransi Tanggung Gugat Profesi Akuntan

Asuransi tanggung gugat untuk akuntan melindungi profesi tersebut dari risiko tuntutan hukum akibat kelalaiannya dalam melaporkan catatan keuangan.

Itulah penjelasan tentang jenis asuransi tanggung gugat. Cari tahu pilihan produk asuransi tanggung gugat terbaik di Lifepal!

Penulis Lifepal Teman Andalanmu untuk Keuangan dan Asuransi Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan