Asuransi TLO Terbaik Sesuai Anggaranmu

PENAWARAN TERBATAS! Temukan asuransi dari ratusan pilihan brand ternama, harga terjangkau!

+62
 

Pilihan Asuransi TLO Terbaik di Indonesia

Dari sekian banyak perusahaan asuransi yang menyediakan asuransi TLO. Mendapatkan perusahaan asuransi yang cocok memang bukan hal mudah. Sebagai bahan referensi, berikut ini beberapa pilihan terbaik versi Lifepal.

Asuransi TLO motor terbaik

Setiap polis asuransi TLO tentu memiliki keunggulannya masing-masing. Supaya tidak bingung, berikut adalah polis asuransi TLO terbaik rekomendasi Lifepal.

Daftar Polis Asuransi TLO untuk Motor

Asuransi Adira Motor Motopro Plus

  • Tersedianya jaminan TLO, kecelakaan diri, penggantian biaya pengobatan, dan jaminan dari risiko angin topan, banjir, hujan es, dan tanah longsor.
  • Perluasan manfaat tanggung jawab pihak ketiga.

Asuransi Adira Dinamika
3.8
Asuransi Garda Motor Astra

  • Tersedia jaminan TLO dengan manfaat layanan nasabah Garda Akses yang memudahkan proses klaim dan layanan darurat.

Asuransi Astra Buana
4.0
Asuransi Motor Zurich

  • Jaminan  perlindungan asuransi TLO
  • Perlindungan atas kehilangan total akibat pencurian.
  • Perlindungan kecelakaan diri 24 jam untuk risiko meninggal dunia atau cacat tetap akibat kecelakaan maksimal Rp 200 juta.

Asuransi Zurich Insurance
3.3
Asuransi Simas Motor

  • Jaminan perlindungan TLO.
  • Pemberian nilai pertanggungan didasarkan pada harga kendaraan atau harga pasar pada saat penutupan atau harga perolehan kendaraan sesuai faktur.

Asuransi Sinar Mas
4.2

Asuransi TLO mobil terbaik

Sedangkan untuk perusahaan asuransi TLO mobil terbaik versi Lifepal dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Polis Asuransi TLO untuk Mobil
Asuransi Autocillin TLO Adira

  • Tersedianya jaminan TLO dan derek karena kecelakaan.
  • Perluasan manfaat tanggung jawab pihak ketiga, kecelakaan diri, longsor, banjir, hujan es, angin topan, gempa bumi, tsunami, gunung meletus, kerusuhan, dan terorisme.

Asuransi Adira Dinamika
3.8
Asuransi Simas Mobil

  • Jaminan perlindungan TLO+TPL (tanggung jawab hukum pihak ketiga).

Asuransi Sinar Mas
4.2
Asuransi Kendaraan Bermotor Tri Pakarta 

  • Jaminan perlindungan TLO
  • Menjamin kendaraan pengangkut penumpang dan pengangkut barang (truk, pick-up, box, dan lain-lain).

Asuransi Tri Pakarta
3.1
Asuransi Kendaraan Bermotor Jasa Raharja

  • Jaminan perlindungan TLO.

Asuransi Jasaraharja Putera
3.1
 

Apa itu Asuransi TLO?

Ketika kita membeli asuransi mobil atau kendaraan tentu kita sering mendengar salah satu jenis asuransinya yang bernama TLO (total loss only). Dari namanya saja kita dapat mengetahui kalau asuransi ini memberikan pertanggungan “jika kehilangan total” artinya hanya akan menanggung ketika terjadi kehilangan. 

Tapi, nyatanya asuransi ini tidak hanya memberikan pertanggungan ketika kendaraan yang kita punya hilang akibat kriminalitas melainkan juga kendaraan yang mengalami kerusakan. Cuma, kerusakan yang ditanggung hanya jika nilai kerusakan tersebut sama atau lebih dari 75 persen dari harga kendaraan pada saat itu. Alasan dipatoknya angka 75 persen adalah karena dengan kerusakan sebesar itu maka dipastikan kendaraan itu dalam kondisi rusak parah yang tak mungkin digunakan.

Jadi pada intinya, asuransi TLO adalah asuransi kendaraan yang khusus memberikan pertanggungan apabila terjadi kerusakan kendaraan lebih dari 75 persen ataupun kehilangan kendaraan akibat kriminalitas.

Meski hanya memberikan pertanggungan ketika terjadi kerusakan total pada kendaraan, asuransi TLO memiliki besaran premi yang lebih rendah jika dibandingkan dengan asuransi all risk.

Jenis asuransi ini sangat cocok bagi mereka yang sering memarkir kendaraanya dalam waktu lama bahkan berhari-hari, sebab bisa saja kendaraan tersebut menjadi target pelaku kriminal. Apalagi jika lokasi tinggal berada di area rawan pencurian, maka risiko yang dimiliki pun lebih tinggi.

Kenapa perlu asuransi TLO?

Ada dua faktor yang membuat kita harus memiliki asuransi TLO, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Kasus kecelakaan yang meningkat setiap tahunnya

Jumlah pemilik kendaraan di Indonesia meningkat setiap tahunnya. Peningkatan tersebut tentu memberikan dampak juga pada jumlah kecelakaan yang terjadi. Banyak faktor yang bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas terjadi, salah satunya adalah cara berkendara yang tidak tertib.

Menurut data BPS Indonesia, jumlah kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya mengalami kenaikan sebanyak 3,30 persen. Berikut jumlah kasus kecelakaan kendaraan bermotor dari tahun 2016 – 2018.

  • Tahun 2016: 106,644 kasus.
  • Tahun 2017: 104,327 kasus.
  • Tahun 2018: 109,215 kasus.

Kasus pencurian kendaraan bermotor yang terus meningkat.

Selain kecelakaan, kasus begal dan pencurian kendaraan terus meningkat setiap harinya. Berdasarkan informasi kriminalitas yang didapat dari BPS, jumlah kejadian pencurian kendaraan bermotor di Indonesia terbanyak berada di wilayah Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, dan daerah lainnya.

Kasus-pencurian-motor

Bencana banjir yang dapat terjadi kapan saja

Sebagai negara tropis, tentu bencana banjir sudah menjadi hal yang sering kita lihat. Ketika banjir datang tentu akan memberikan dampak kerugian material. Misalnya saja kita menjadi harus pergi ke bengkel untuk melakukan perbaikan kendaraan yang terendam banjir. Biaya perbaikan kendaraan yang terendam banjir pun tidaklah murah. 

Dilansir dari Kompas.com, kisaran biaya perbaikan kendaraan di bengkel dibagi menjadi tiga tipe, yaitu:

  • Mobil Tipe A (mobil mewah, seperti Alphard, Land Cruiser, Mercedes-Benz dan lain-lain): Rp3 juta – Rp7 juta.
  • Mobil Tipe B (mobil kelas menengah, seperti Accord, Camry, Fortuner, Pajero Sport dan lain-lain): Rp2 juta – Rp6 juta.
  • Mobil Tipe C (mobil-mobil MPV dan city car seperti Avanza, Innova, Xpander, Calya, Ayla, Brio, Vios, Jazz, dan lain-lain): Rp2 juta – Rp5 juta

Dari data di atas, sangat logis apabila seseorang memutuskan untuk membeli asuransi TLO untuk kendaraannya. Selain memberikan jaminan, asuransi ini pun memiliki besaran premi yang ringan.

Bandingkan Asuransi TLO Terbaik

Hampir setiap perusahaan asuransi kendaraan menghadirkan pilihan produk asuransi TLO, tapi bagaimana caranya mendapatkan asuransi TLO terbaik? Salah satu cara untuk mendapatkan asuransi TLO terbaik adalah dengan membandingkan produk asuransi yang satu dengan yang lain. Oleh karena itu, kita sangat membutuhkan platform online yang bisa memudahkan dalam urusan membandingkan.

Untuk menjawab permasalah tersebut, Lifepal hadir sebagai platform asuransi yang dapat membantu nasabah untuk bandingkan dan beli asuransi TLO secara online. Melalui Lifepal.co.id, calon nasabah dapat dengan mudah membandingkan harga premi dan manfaat asuransi TLO yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi. 

Untuk mendapatkan penawaran asuransi TLO terbaik dengan premi yang paling terjangkau. Silahkan isi formulir di atas dan dapatkan konsultasi gratis bersama Lifepal.

Keuntungan Memiliki Asuransi TLO

Punya kendaraan di zaman sekarang sudah seperti memiliki anak, sebab kita harus mengurusnya dengan baik. Jika tidak, bisa saja kendaraan tersebut rusak dan hilang. Kalau sudah seperti ini, tentu kita yang sendiri yang repot. Untuk mengantisipasi masalah ini, memiliki asuransi TLO bisa menjadi solusi terbaik. Untuk lebih jelasnya, mari simak keuntungan apa saja yang didapat dengan memiliki asuransi TLO.

  • Mengurangi risiko kerugian finansial karena kerusakan kendaraan lebih dari 75 persen tergolong parah dan biaya perbaikannya hampir mencapai harga pembelian. Selain itu, jika terjadi risiko kehilangan kendaraan, kita tidak perlu membeli yang baru dengan uang pribadi sebab perusahaan asuransi akan memberikan ganti rugi sesuai dengan harga barang pada saat kendaraan hilang.
  • Tabungan tidak cukup untuk perbaikan ataupun membeli baru. Mobil ataupun motor saat ini bisa dibeli dengan cara kredit. Namun, jika terjadi risiko hilang ataupun kecelakaan yang berakibat kerusakan parah pada kendaraan, tentu akan terasa berat untuk membelinya lagi ataupun memperbaikinya. Dengan adanya asuransi TLO, tentu kita tidak perlu khawatir akan biaya perbaikan yang besar.
  • Premi asuransi TLO yang ringan. Besaran premi asuransi TLO yang ringan tentu tidak sebanding dengan jumlah yang harus dikeluarkan apabila menggunakan tabungan ataupun investasi sebagai pengganti biaya perbaikan kendaraan.
  • Tidak merepotkan orang lain. Dengan memiliki jaminan dari perusahaan asuransi apabila secara mendadak risiko yang tidak diinginkan menimpa tentu kita tidak perlu merepotkan orang lain apabila dana yang dimiliki untuk perbaikan kurang.
  • Membantu mengatur keuangan atau cash-flow. Dengan menggunakan asuransi TLO maka pengeluaran bulanan yang sudah diatur tidak akan berantakan akibat risiko tidak terduga seperti perbaikan kendaraan yang rusak parah bahkan hilang.

Cakupan Pertanggungan Asuransi TLO

Yang ditanggung

Ketika membeli asuransi TLO, tentu kita harus mengetahui hal apa saja yang akan kita dapatkan ketika menggunakan produk asuransi mobil. Berdasarkan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI), berikut hal-hal yang ditanggung asuransi mobil.

  • Pemberian ganti rugi atau biaya perbaikan apabila terjadi risiko kerusakan sama atau lebih dari 75 persen, apabila disebabkan oleh hal-hal berikut ini.
    • Tabrakan, benturan, tergelincir, dan terperosok.
    • Perbuatan jahat.
    • Pencurian yang diikuti dengan kekerasan atau ancaman.
    • Kebakaran akibat terbakarnya benda lain yang berdekatan dengan tempat disimpannya mobil.
    • Kebakaran akibat sambaran petir.
    • Kerusakan karena air yang digunakan untuk memadamkan kebakaran.
    • Dimusnahkannya kendaraan atas perintah pihak berwenang dalam upaya pencegahan kebakaran.
  • Mobil yang berada di atas kapal yang mengalami kecelakaan.
  • Tanggung jawab hukum pihak ketiga, akibat terjadinya kecelakaan yang menyebabkan kematian, cedera, dan kerusakan properti.

Yang tidak ditanggung

Pertanggungan asuransi mobil juga memiliki beberapa pengecualian. Berikut adalah daftar selengkapnya. 

  • Kecelakaan kendaraan yang melibatkan pengemudi di bawah umur.
  • Kerusakan mobil tidak ditanggung jika digunakan untuk:
    • Memberi pelajaran mengemudi.
    • Mengikuti perlombaan, kampanye, atau unjuk rasa.
    • Dijadikan transportasi dalam aksi penggelapan, penipuan, dan hipnotis.
  • Hilangnya mobil akibat kejahatan yang dilakukan keluarga atau kerabat sendiri.
  • Membawa muatan yang melebihi kapasitas.
  • Kerusakan akibat zat kimia atau benda cair lainnya yang berada di dalam mobil.
  • Dikemudikan oleh seseorang yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku.
  • Dikemudikan oleh seseorang yang berada di bawah pengaruh minuman keras dan obat terlarang.
  • Melanggar rambu lalu lintas.

Cara Penghitungan Premi

Penghitungan Premi Asuransi TLO

Untuk premi atau biaya asuransi TLO sangat bergantung pada dua hal, yaitu kisaran harga kendaraan pada saat ini dan wilayah tempat kita tinggal.

Mengacu pada surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 6/SEOJK.05/2017 tentang “Penetapan Premi atau Kontribusi pada Lini Usaha Asuransi Harta Benda dan Asuransi Kendaraan Bermotor” pada tahun 2017, wilayah untuk penghitungan premi asuransi TLO terbagi menjadi tiga wilayah, yaitu:

  • Wilayah I meliputi Sumatera dan kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah II meliputi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.
  • Wilayah III meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Ketika sudah mengetahui wilayah tempat tinggal dan mengetahui kisaran harga kendaraan maka kita dapat menghitung premi dengan cara berikut.

Persentase premi x Harga Mobil

Hasil dari perhitungan di ataslah, kisaran premi yang harus kita bayarkan ke perusahaan asuransi. Sekarang mari ketahui berapa persentase premi asuransi TLO melalui tabel di bawah ini.

Kategori Wilayah 1 Wilayah 2 Wilayah 3
Jenis kendaraan non bus/truk
Kategori 1

(Maks. Rp125 juta)

0,47% – 0,56%  0,65% – 0,78%  0,51% – 0,56%
Kategori 2

(Rp125-200 juta)

0,63% – 0,69%  0,44% – 0,53% 0,44% – 0,48%
Kategori 3

(Rp200-400 juta)

0,41% – 0,46%  0,38% – 0,42%  0,29% – 0,35%
Kategori 4

(Rp400-800 juta)

0,25% – 0,30% 0,25% – 0,30% 0,23% – 0,27%
Kategori 5

(lebih dari Rp800 juta)

0,20% – 0,24%  0,20% – 0,24%  0,20% – 0,24%
Kendaraan bus/truk/Pickup
Kategori 6

(Truk dan pick up)

0,88% – 1,07% 1,68% – 2,02%  0,81% – 0,98%
Kategori 7

(Bus)

0,23% – 0,29%  0,23% – 0,29%  0,18% – 0,22%
Kendaraan roda dua (motor)
Kategori 8

(Semua uang pertanggungan)

1,76% – 2,11% 1,80% – 2,16% 0,67% – 0,80%

Untuk lebih jelasnya, mari simak contoh penghitungan premi berikut ini dengan menggunakan batas bawah (minimal) persentase premi.

Biaya asuransi TLO mobil

Harga mobil Rp150 juta dan bertempat tinggal di Jakarta, maka besaran premi atau biaya asuransi TLO mobil yang harus dibayarkan adalah:

0,44% x Rp150.000.000 = Rp660.000

Biaya asuransi TLO truk

Harga kendaraan truk Rp180 juta dan bertempat tinggal di Jakarta, maka besaran premi atau biaya asuransi TLO truk yang harus dibayarkan adalah:

1,68% x Rp180.000.000 = Rp3.024.000

Biaya asuransi TLO motor

Harga motor Rp25 juta dan bertempat tinggal di Jakarta, maka besaran premi atau biaya asuransi TLO motor yang harus dibayarkan adalah:

1,80% x Rp25.000.000 = Rp450.000

Perlu diingat juga, bahwa contoh di atas belum termasuk biaya administrasi yang harus ditanggung tiap nasabah asuransi TLO.

Penghitungan Premi Perluasan Asuransi TLO

Sama halnya dengan asuransi all risk, asuransi TLO juga dapat diperluas dengan beberapa jaminan perluasan. Perluasan jaminan ini tentunya bisa kita ambil maupun tidak. Tapi, dengan mengambil jaminan perluasan tentunya membuat kendaraan yang kita asuransikan menjadi lebih terlindungi dan terjamin.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), terdapat tujuh jenis perluasan jaminan asuransi TLO. Berikut ini daftar selengkapnya.

  1. Banjir termasuk angin topan.
  2. Gempa bumi dan tsunami.
  3. Huru hara dan kerusuhan (SRCC).
  4. Terorisme dan sabotase.
  5. Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga.
  6. Kecelakaan diri untuk penumpang.
  7. Tanggung jawab hukum terhadap penumpang.

Kita tentu dapat memilih salah satu atau mengambil semua jenis perluasan yang sudah ditetapkan oleh OJK. Besaran premi untuk setiap perluasan pun berbeda-beda. Berikut ini adalah tabel persentase perluasan premi asuransi TLO.

No Jaminan Tarif premi  Risiko Sendiri
1 Banjir termasuk angin topan Mengikuti tabel perluasan banjir 10% dari nilai klaim

yang disetujui, paling

sedikit Rp500 ribu

per kejadian.

2 Gempa bumi dan tsunami Mengikuti tabel perluasan gempa bumi
3 Huru hara dan kerusuhan (SRCC) 0,035%
4 Terorisme dan sabotase 0,035%
5 Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (kendaraan penumpang dan sepeda motor) a. UP* hingga Rp25 juta: 1% dari UP

b. UP > Rp25 juta – Rp50 juta: 0,5% dari UP

c. UP > Rp50 juta – Rp100 juta: 0,25% dari UP

d. UP > Rp100 juta: ditentukan oleh underwriter perusahaan

Tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga (kendaraan niaga, truk, dan bus) a. UP hingga Rp25 juta: 1,50% dari UP

b. UP > Rp25 juta – Rp50 juta: 0,75% dari UP

c. UP > Rp50 juta – Rp100 juta: 0,375% dari UP

d. UP > Rp100 juta: ditentukan oleh underwriter perusahaan

7 Kecelakaan diri untuk penumpang a.Untuk pengemudi: 0,50% dari UP kecelakaan diri

b.Untuk penumpang: 0,10% dari UP kecelakaan diri untuk setiap tempat duduk penumpang

8 Tanggung jawab hukum terhadap penumpang a. UP hingga Rp25 juta: 0,50% dari UP

b. UP > Rp25 juta – Rp50 juta: 0,25% dari UP

c. UP > Rp50 juta – Rp100 juta: 0,125% dari UP

d. UP > Rp100 juta: ditentukan oleh underwriter perusahaan

*UP: Uang Pertanggungan. (Besaran uang pertanggungan ini kita dapatkan sesuai dengan kesepakatan awal dengan agen perusahaan asuransi TLO)

Tarif Perluasan Banjir dan Gempa Bumi Asuransi TLO

Untuk tarif perluasan banjir dan gempa bumi bergantung pada wilayah tempat kita tinggal. Berikut adalah tabel perluasan selengkapnya.

No Wilayah Tarif Premi Perluasan Banjir Tarif Premi Perluasan Gempa Bumi
1 Wilayah 1

(Sumatera dan kepulauan di sekitarnya)

0,05% – 0,075% 0,085% – 0,11%
2 Wilayah 2

(Jakarta, Banten, dan Jawa Barat)

0,075% – 0,1% 0,075% – 0,10%
3 Wilayah 3

(Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara)

0,05% – 0,075% 0,05% – 0,075%

Untuk lebih jelasnya mengenai penghitungan premi serta perluasannya. Mari simak contoh berikut ini.

Contoh:

Pak Andalan memiliki mobil seharga Rp150 juta dan bertempat tinggal di Jakarta (Wilayah 2). Kemudian Pak Andalan mengambil jaminan perluasan meliputi banjir, gempa bumi, kerusuhan, dan terorisme. Maka penghitungan premi serta perluasannya sebagai berikut:

Jaminan Premi (%)
Premi murni asuransi TLO 0,44%
Banjir 0,075%
Gempa bumi 0,075%
Kerusuhan 0,035%
Terorisme  0,035%
Total 0,66%

Maka premi yang harus dibayarkan adalah:

Rp150 juta x 0,66% = Rp990.000

Dengan demikian, premi yang harus dibayar Pak Andalan untuk asuransi TLO beserta perluasannya menjadi Rp990,000.

Dari contoh di atas, bisa kita ketahui bahwa dengan menggunakan perluasan biaya premi akan meningkat namun jaminan yg didapat menjadi lebih luas. Jika masih bingung dengan jaminan perluasan yang harus dipilih, silakan konsultasikan bersama Lifepal dengan mengsi formulir di atas dan dapatkan penawaran asuransi TLO terbaik.

Ciri-Ciri Asuransi TLO yang Layak untuk Dipilih

Setelah kita mengetahui bagaimana cara penghitungan premi atau biaya asuransi TLO. Maka kita harus lebih selektif lagi dalam memilih perusahaan asuransi TLO. Ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan ketika memilih asuransi TLO. Berikut ini adalah daftar yang harus kita pertimbangkan pada saat memilih perusahaan asuransi.

  • Menjelaskan apa yang dikecualikan. Perusahaan asuransi TLO yang layak adalah perusahaan asuransi yang menjelaskan kepada nasabah apa saja pengecualian yang tercantum pada polis.
  • Pertimbangkan rekomendasi dealer. Biasanya dealer kendaraan akan memberikan informasi mengenai perusahaan asuransi TLO mana yang dapat dipercaya dan memiliki jaminan pertanggungan yang baik.
  • Metode pembayaran premi. Umumnya pembayaran premi asuransi TLO dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti melalui teller, transfer bank, auto debet atau kredit, e-banking, pusat perbelanjaan, marketplace, virtual account, bahkan hingga kantor POS dan Pegadaian. Usahakan cari perusahaan asuransi yang menyediakan metode pembayaran premi paling lengkap.
  • Rasio keluhan pelanggan. Sebelum memilih, pastikan perusahaan asuransi TLO tersebut memiliki rasio keluhan pelanggan yang sedikit bahkan belum memiliki keluhan. Hal ini akan menjadi tolak ukur akan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.
  • Prosedur klaim. Perusahaan asuransi TLO yang layak dipilih tentunya tidak memiliki prosedur klaim yang berbelit-belit dan susah dimengerti nasabah.
  • Jaringan bengkel luas. Dengan jaringan bengkel yang luas, nasabah bisa mendapatkan pelayanan perbaikan atas kerusakan di mana saja tanpa ditolak.
  • Masa tunggu. Masa tunggu adalah periode tertentu setelah polis diterbitkan. Pada umumnya perusahaan asuransi akan menetapkan masa tunggu normalnya 30 hari setelah menandatangani klausul.

Istilah-Istilah dalam Asuransi TLO

  • Harga pertanggungan yaitu nilai beli kendaraan saat dibuatnya polis asuransi kendaraan. Harga ini tercantum dalam polis asuransi dan menjadi batas maksimum tanggung jawab pihak asuransi.
  • Harga pasar yaitu nilai jual kendaraan bermotor yang menjadi objek jaminan itu di pasaran yang dapat diperoleh nasabah (tertanggung).
  • Premi yaitu jumlah uang yang harus disetorkan untuk mendapatkan manfaat asuransi.
  • Total lost yaitu semua kerusakan atau kehilangan yang terjadi hingga 75 persen ditanggung perusahaan asuransi.
  • All risk yaitu perusahaan asuransi menanggung semua risiko yang dijamin dalam PSAKBI.
  • Deductible atau risiko sendiri adalah nilai yang menjadi beban dari pihak tertanggung dalam setiap kerugian atau kerusakan yang diperhitungkan dari jumlah ganti rugi.
  • Endorsement yaitu perjanjian asuransi yang diterbitkan pihak kedua dengan persetujuan pihak pertama untuk mengubah polis asuransi.
  • Polis asuransi yaitu perjanjian tertulis antara tertanggung (peserta asuransi) dan perusahaan asuransi mengenai hak dan kewajiban masing-masing terkait asuransi yang dibeli.
  • Klaim asuransi yaitu permintaan secara resmi dari pihak peserta asuransi untuk mendapatkan kompensasi alias jaminan yang dijanjikan oleh perusahaan asuransi sesuai dengan kesepakatan di polis.
  • Uang Pertanggungan: Harga beli sebuah kendaraan saat dimulainya masa pertanggungan dan tercatat dalam polis asuransi yang bersangkutan yang merupakan batas maksimal tanggung jawab dari penanggung dalam perjanjian asuransi.
 

Tips & Pertanyaan

Bagi yang sedang mencari premi asuransi kendaraan dengan harga ringan, mengambil asuransi TLO bisa menjadi jalan keluar terbaik. Dengan mengambil asuransi TLO, nasabah dapat lebih menghemat pengeluaran. Berbeda dengan asuransi All Risk yang memang memiliki jaminan pertanggungan yang lebih besar namun biaya asuransinya pun juga tinggi.

Premi atau biaya asuransi TLO mobil bekas sama dengan premi asuransi mobil baru. Dengan rata-rata persentase premi asuransi kendaraan TLO adalah 0,18 hingga 2,16 persen.

Asuransi TLO dapat digunakan untuk jenis motor apa saja dengan harga Rp30 juta ke bawah.

 

Biasanya cara klaim asuransi TLO dilakukan dengan cara cashless artinya tertanggung tidak perlu mengeluarkan biaya selama melakukan perbaikan di bengkel.

Umumnya batas usia untuk mobil adalah 15 tahun. Sedangkan usia untuk motor berbeda-beda pada tiap perusahaan asuransi, misalnya pada produk asuransi Simas Motor memberikan perlindungan dengan usia maksimal 10 tahun dan asuransi Zurich memberikan batas usia 7 tahun.

Cara klaim asuransi TLO mudah untuk dilakukan. Pada dasarnya ada dua tahap yang harus dilakukan untuk klaim asuransi TLO yaitu melaporkan kejadian maksimal 3-7 hari kalender dan menyiapkan dokumen yang diperlukan.

Jika berkas sudah disetujui, biasanya pencairan dana klaim akan memakan waktu 14 hari kerja.

Cara klaim kehilangan mobil asuransi TLO harus dilakukan paling lambat 72 jam setelah kejadian berlangsung. Sementara pada asuransi Simasnet maksimal lima hari atau 120 jam.

Setelahnya, buat berita acara kehilangan ke kepolisian dan lengkapi dokumen yang dibutuhkan. Kemudian ajukan klaim ke perusahaan asuransi. 

Tentu bisa, namun nasabah akan dikenakan biaya. Biasanya untuk upgrade dari all risk ke TLO akan dikenakan biaya 2,7 persen dari harga kendaraan. Sedangkan untuk TLO ke all risk biaya yang dikenakan akan jauh lebih besar tergantung pada tiap perusahaan asuransi.

Apa Kata Mereka Tentang Kami

qudratullah Akim
qudratullah Akim
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Pusaka Ayudiguna
Pusaka Ayudiguna
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
Tri Aprilistiyani
Tri Aprilistiyani
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0
didik setyadi
didik setyadi
(5.0)
Sangat Baik
5.0 / 5.0

Mereka yang Sudah Percaya pada Lifepal

Client Lifepal
Client Lifepal