Zurich Insurance Indonesia

3.5 / 5.0 (2.509 Ulasan)
Diskon Terbaik
500+ Pilihan
Bantuan Klaim
+62
82 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
82 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
82 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
+62
82 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
82 orang sedang melihat asuransi ini di Lifepal
Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku.
1970/01/01 00:00:00Cicilan 0%Hemat 30%
 

Zurich Insurance Indonesia 

Asuransi Zurich Indonesia (ZII) adalah perusahaan asuransi jiwa yang berada di bawah naungan perusahaan global Zurich Group. Adapun produk yang dihadirkan antara lain asuransi jiwa dan kecelakaan, asuransi jiwa kredit, asuransi kesehatan, serta unit link

Di sisi lain varian polis yang luas menjadi salah satu daya tarik brand asal Swiss ini. Bahkan, salah satu polis asuransi jiwanya memberikan manfaat pengembalian premi 108 persen. Artinya, jika tidak ada klaim hingga masa polis berakhir, premi yang telah dibayarkan akan dikembalikan.

 
 

Daftar Polis Zurich Insurance Indonesia

Zurich Insurance hadirkan produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan nasabah, mulai dari asuransi jiwa, umum, dan bisnis. Berikut pilihan polis dan manfaat yang bisa dipertimbangkan:

Asuransi Jiwa dan Kecelakaan
Zurich Proteksi 8

Polis yang memberikan manfaat santunan meninggal dunia  akibat kecelakaan. Adapun keunggulan polis ada pada biaya preminya yang murah dan manfaat penembalian premi jika tidak ada klaim hingga masa polis berakhir.

  • Perlindungan jiwa selama 8 tahun dengan premi terjangkau (min. Rp50 ribu per bulan).
  • Pengembalian 108 persen premi.
Asuransi Jiwa dan Kecelakaan
Zurich Accident Protection

Polis yang memberikan manfaat santunan meninggal dunia  dan biaya perawatan kesehatan akibat kecelakaan. Adapun keunggulan polis menanggung hingga usia nasabah hingga 75 tahun. 

  • Perlindungan kecelakaan sampai usia 75 tahun.
  • Lima manfaat asuransi: santunan meninggal/cacat tetap, penggantian biaya medis, santunan harian tunai, santunan bulanan tetap, dan manfaat lain dari rider.
Asuransi Jiwa dan Kecelakaan
Perisai Protection

Polis yang memberikan manfaat santunan meninggal dunia dan pertanggungan biaya perawatan kesehatan akibat kecelakaan. Adapun nasabah bisa mendapatkan manfaa polis hingga Rp100 juta.

  • Perlindungan kecelakaan sampai usia 75 tahun dengan uang pertanggungan maks. Rp100 juta.
  • Klaim tanpa pemeriksaaan medis (guaranteed acceptance).
Asuransi Kesehatan
Zurich Critical Advantage

Polis yang memberikan manfaat santunan meninggal dunia dan biaya perawatan kesehatan jika nasabah terdiagnosa penyakit kritis. Polis dapat digunakan baik di dalam dan luar negeri.

  • Perawatan medis di seluruh dunia dengan fasilitas cashless.
  • Total manfaat sampai dengan USD2 juta.
  • Layanan opini medis kedua di luar negeri.
Asuransi Kesehatan
Zurich Principle Care

Polis yang memberikan manfaat pertanggungan biaya perawatan kesehatan dan santunan meninggal dunia. Artinya, nasabah bisa mendapatkan manfaat asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sekaligus.

  • Manfaat klaim ganda.
  • Menanggung penyakit kritis seperti kanker lanjutan dan angioplasti.
  • Santunan meninggal dunia.
Unit Link
Zurich Investa Plus

Polis yang memberikan manfaat santunan meninggal dunia  dan nilai untai investasi pasar modal sekaligus. Nasabah juga diberi kebebasan untuk memilih portofolio investasi sesuai dengan risk appetite masing-masing.

  • Manfaat meninggal dunia 125 persen.
  • Bebas memilih portofolio investasi.
  • Bonus loyalitas 2 persen di tahun kelima.
Unit Link
Zurich Prime Guard

Polis yang memberikan manfaat santunan meninggal dunia  dan nilai untai investasi sekaligus. Nasabah akan mendapatkan jaminan polis tetap aktif di empat tahun pertama.

  • Manfaat investasi yang fleksibel.
  • Fasilitas cuti premi pada tahun polis kelima.
Unit Link
MahaCita Protection

Polis yang memberikan manfaat santunan meninggal dunia  dan nilai untai investasi  sekaligus. Ada juga manfaat bonus loyalitas yang akan diberikan kepada nasabah di tahun keenam polis berjalan.

  • Bonus loyalitas 5 persen dari premi dasar mulai tahun keenam.
  • Investasi sejak tahun pertama polis.
  • Jaminan polis aktif pada 5 tahun pertama.
Unit Link
Zurich Pro-Fit 8

Polis yang memberikan manfaat santunan meninggal dunia  dan nilai untai investasi sekaligus. Nasabah akan mendapat manfaat pengembalian dana hingga 170 persen dari total uang pertanggungan.

  • Manfaat pengembalian dana dijamin (guaranteed cashback) sebesar 170 persen uang pertanggungan.
  • Terdiri dari 3 plan masa pembayaran asuransi: 3, 5, dan 8 tahun.
Unit Link
Zurich Maximum Protection

Polis yang memberikan manfaat santunan meninggal dunia  dan nilai untai investasi sekaligus. Polis ini menanggung hingga usia nasabah mencapai 100 tahun dan alokasi modal investasi 100 persen dari premi.

  • Bonus loyalitas sampai 100 persen dari premi dasar, dibayarkan pada tahun keenam sampai kesepuluh.
  • Alokasi tahun pertama 50 persen premi dasar dan 100 persen di tahun berikutnya.
Asuransi Tambahan
Zurich H&S Plus

Produk asuransi tambahan untuk melengkapi proteksi asuransi kesehatan yang dapat membantu meringankan beban biaya medis.

  • Pertanggungan biaya perawatan medis sampai Rp10 miliar per tahun.
  • Perawatan medis di seluruh dunia.
Bancassurance - Asuransi Jiwa Kredit
Proteksiku Menurun (CTBC Indonesia)

Produk asuransi jiwa kredit yang memberikan perlindungan terhadap nasabah penerima kredit CTBC Indonesia dari risiko meninggal dunia.

  • Perlindungan hingga usia 75 tahun dengan maksimal uang pertanggungan Rp20 miliar.
  • Pengembalian premi proporsional jika utang lunas lebih cepat.
Bancassurance - Asuransi Jiwa Kredit
Proteksiku Tetap (CTBC Indonesia)

Produk asuransi jiwa kredit yang memberikan perlindungan terhadap nasabah penerima kredit CTBC Indonesia dari risiko meninggal dunia.

  • Pembayaran sebagian atau seluruh pokok pinjaman jika nasabah meninggal dunia.
  • Perlindungan hingga usia 75 tahun dengan maksimal uang pertanggungan Rp20 miliar.
  • Pengembalian premi proporsional jika utang lunas lebih cepat.
Bancassurance - Asuransi Jiwa Kredit
Ziaga PA Plus (Bank Mayapada International)

Produk asuransi kecelakaan yang memberikan manfaat santunan meninggal dunia untuk nasabah Bank Mayapada International.

  • Perlindungan terhadap kecelakaan untuk usia 1-64 tahun dengan premi terjangkau.
Bancassurance - Asuransi Jiwa Kredit
Protection Ziaga Jiwa BMI (Bank Mayapada International)

Produk asuransi jiwa yang dihadirkan oleh perusahaan untuk memberikan manfaat santunan meninggal dunia khusus bagi nasabah BMI.

  • Pilihan masa asuransi 10, 15, 20, 25 tahun sampai usia 80 tahun.
  • Uang pertanggungan Rp450 juta sampai Rp3 miliar dengan premi tetap.
Bancassurance - Asuransi Jiwa Kredit
Z Life Credit Protection Mortgage (Bank Mayapada International)

Produk asuransi jiwa yang diberikan oleh perusahaan dengan manfaat pelunasan kredit jika nasabah penerima KPR BMI mengalami risiko gagal bayar.

  • Uang pertanggungan sampai Rp10 juta.
  • Masa perlindungan sampai 75 tahun.
Bancassurance - Asuransi Jiwa Kredit
Z Life Credit Protection Personal Loan (Bank Mayapada International)

Produk asuransi jiwa yang diberikan oleh perusahaan dengan manfaat pelunasan kredit jika nasabah penerima kredit BMI mengalami risiko gagal bayar.

  • Uang pertanggungan sampai Rp10 juta.
  • Masa perlindungan sampai 75 tahun.
Bancassurance - Asuransi Jiwa Kredit
MahaCita Protection (Bank Mayapada International)

Memberikan manfaat santunan meninggal dunia dan nilai tunia investasi hingga nasabah berusia 100 tahun. Adapun polis ditujukan khusus untuk nasabah Bank Mayapada

  • Bonus loyalitas 5 persen dari premi dasar mulai tahun keenam.
  • Investasi sejak tahun pertama polis.
  • Jaminan polis aktif pada 5 tahun pertama.
Bancassurance - Asuransi Jiwa Kredit
Prestigio (Bank Mayapada International)

Memberikan manfaat santunan meninggal dunia dan nilai tunia investasi hingga nasabah berusia 100 tahun. Adapun polis ditujukan khusus untuk nasabah BMI.

  • Fleksibilitas dalam memilih portofolio investasi.
  • Masa asuransi sampai tertanggung usia 100 tahun.

Dapatkan promo diskon 10% untuk polis asuransi jiwa. UP hingga Rp1 miliar dengan premi mulai dari Rp50 ribu/bulan!
 

Daftar Produk Asuransi Zurich Indonesia

Berikut daftar produk yang ditawarkan Zurich Insurance, meliputi:

Asuransi Jiwa dan Kecelakaan Untuk proteksi jiwa, perusahaan ini menawarkan polis Zurich Proteksi 8 pengembalian premi di atas 100 persen. Menariknya, produk tersebut termasuk asuransi term life dengan premi terjangkau. 

Sementara itu, perlindungan kecelakaan yang ditawarkan cukup menarik karena bisa melindungi tertanggung sampai usia 75 tahun dengan lima jenis manfaat (santunan kematian/cacat, biaya pengobatan cedera, santunan harian rumah sakit, santunan tetap bulanan, dan manfaat dari rider).

Asuransi Kesehatan Zurich menawarkan proteksi kesehatan menyeluruh untuk keluarga maupun khusus penyakit kritis. Sehingga, asuransi kesehatan Zurich Life cocok bagi yang sedang mencari perlindungan kesehatan untuk orangtua atau keluarga. Uniknya, produk brand ini turut menanggung biaya penyakit kanker lanjutan dan angioplasti, yang umumnya dikecualikan oleh asuransi lain karena biayanya tinggi.
Unit Link

 

Zurich Life memiliki banyak varian unit link yang disesuaikan dengan rencana keuangan. Misalnya, Mahacita Protection fokus pada manfaat investasi, sementara Zurich Investa Plus lebih fokus pada perlindungan jiwa. Sehingga, kita bisa menyelesaikannya dengan kebutuhan masing-masing.
Bancassurance

 

Zurich Life juga bekerja sama dengan tiga bank; Bank Mayapada International, CTBC Indonesia, dan Bank Tabungan negara. Sehingga, nasabah ketiga bank tersebut akan mendapatkan penawaran khusus seperti asuransi jiwa kredit untuk melindungi keluarga dari potensi utang yang belum lunas.

 

 

Sekilas Tentang Zurich Insurance Indonesia

PT Zurich Insurance Indonesia (ZII) adalah perusahaan asuransi umum yang berada di bawah naungan Zurich Insurance Group. Perusahaan menyediakan produk asuransi kesehatan dan kecelakaan diri, asuransi jiwa, asuransi perjalanan, asuransi properti, asuransi bisnis, dan asuransi mobil Zurich

Berasal dari Zurich, Swiss, Zurich berekspansi ke Indonesia sebagai Zurich Insurance Indonesia. ZII memiliki total lebih dari 300 orang karyawan, lebih dari 1.000 tenaga agen individu, satu kantor pelayanan klaim, dan delapan kantor pemasaran yang tersebar di beberapa wilayah Pulau Jawa.

Salah satu produk unggulan ZII adalah Asuransi Perjalanan Zurich, karena plan yang disediakan cukup variatif. Produk asuransi ini bisa digunakan oleh individu, keluarga, kumpulan, dengan tujuan perjalanan casual, bisnis, maupun ibadah. Selain itu, produk asuransi juga tersedia di berbagai platform digital, salah satunya Lifepal.

Asuransi Perjalanan Zurich terdiri atas pilihan polis, yaitu Zurich Umrah dan Haji yang ditujukan untuk perjalanan ibadah umrah dan haji dan EaZu Travel untuk perjalanan liburan dan bisnis.

Pada tahun 1991, Zurich Insurance Group masuk ke Indonesia dengan nama PT Zurich Insurance Indonesia yang melayani jasa asuransi umum.  Tidak berhenti di situ, tahun 2010, Zurich Insurance dan PT Mayapada Prasetya Prakarsa membuat perusahaan patungan PT Zurich Topas Life (Zurich Life) yang bergerak di bidang asuransi jiwa.

Kepemilikan saham Zurich Topas Life dimiliki oleh Zurich Insurance Company Ltd. sebesar 83,67 persen (730 ribu lembar) dan PT Mayapada Prasetya Prakarsa sebesar 16,33 persen (142,5 ribu lembar).

Hingga kini, Zurich Life memiliki 222 karyawan dan 5.500 mitra bisnis bank dan mitra penjual. Banyaknya agen tersebut berhasil meningkatkan pendapatan premi perusahaan sebesar 46 persen dari tahun 2017 ke 2018.

Zurich Life cocok bagi yang menginginkan asuransi berbalut investasi (unit link). Karena Zurich Life memang cukup banyak menyediakan produk asuransi tersebut. Misalnya, Mahacita Protection yang menggabungkan proteksi jiwa dengan investasi sampai usia 100 tahun. Kemudian, ada pula Zurich Maximum Protection, yaitu produk asuransi unit link yang dananya diinvestasikan sejak tahun pertama.

Zurich Insurance Indonesia telah mengantongi izin usaha dari lembaga terkait, dalam hal ini adalah Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Izin tersebut dikeluarkan melalui Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor KEP-1124/KM.11/1986 juncto (jo) Surat Menteri Keuangan S-927/MK.10/2009 juncto Surat Menteri Keuangan Nomor 426/KMK.06/20C3.Tidak hanya itu, Zurich Insurance juga telah tergabung dalam Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Di bawah ini sejumlah penghargaan dan prestasi yang pernah didapatkan Zurich Insurance Indonesia, di antaranya:

  • 2018: Top 5 Prestige Brand category Travel Insurance
  • 2018: Mitra Kerja KPK dalam Pemberantasan Korupsi
  • 2018: Innovative Company in Digital Marketing Services category Life Insurance versi Warta Ekonomi

Laporan keuangan tahun 2020 PT Zurich Insurance Indonesia (ZII) bisa menjadi acuan nasabah untuk mengetahui kesanggupan perusahaan dalam membayarkan klaim nasabahnya. Berikut adalah rinciannya:

  • Rasio solvabilitas: 985%
  • Jumlah ekuitas: Rp352,575 miliar
  • Jumlah aset: Rp643,602 miliar

Dari laporan keuangan tadi disimpulkan bahwa ZII sanggup membayarkan klaim nasabahnya dengan sangat baik. Hal itu tercermin dari rasio solvabilitas ZII yang telah melebihi standar Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu di atas 120 persen. Tidak hanya itu, kondisi keuangan ZII juga tergolong sehat karena berhasil melewati ketentuan yang telah ditetapkan lembaga tersebut, yakni memiliki ekuitas minimal Rp100 miliar dan aset minimal Rp150 miliar. Dengan kondisi seperti ini, risiko perusahaan mengalami gagal bayar kepada nasabah tidak akan terjadi.

 

Berita Terbaru Zurich Indonesia


April 2020 – Perkembangan virus Coronavirus Covid-19  di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia, terus mengalami peningkatan. Berdasarkan portal data BNPB Covid19.go.id, kasus positif Corona di Indonesia mencapai lebih dari 15 ribu kasus hingga 15 Mei 2020. Seiring dengan meningkatnya angka kasus virus Corona, kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis pun semakin meningkat. Gubernur Provinsi DKI Jakarta menyatakan kebutuhan alat pelindung diri di Ibu Kota mencapai 10.000 potong per hari.

Melihat kebutuhan tersebut, Zurich Indonesia mendonasikan sejumlah masker N95 dan APD ke RS Mitra Kemayoran, yang menjadi salah satu rumah sakit rujukan untuk pasien Covid-19. Masker dan APD bagi tenaga medis merupakan perlengkapan pelindung yang sangat penting untuk mencegah kontak terhadap cairan maupun droplet dari pasien Corona.


Februari 2020 – Zurich Indonesia mempublikasikan enam kandidat perusahaan rintisan terpilih dari Indonesia, Singapura, Hong Kong dan Amerika Serikat untuk mempresentasikan inovasi mereka di depan  juri untuk mendapatkan kesempatan memenangkan putaran tingkat Asia Pasifik di kompetisi  Zurich Innovation Championship (ZIC).  ZIC merupakan kompetisi global bagi para perusahaan rintisan untuk menyampaikan gagsan mereka untuk memenangkan kompetisi tersebut.

Sekitar 1.300 perusahan rintisan diterima setelah acara tersebut dimulai pada 24 September 2019 di kota Las Vegas, Amerika Serikat dengan gagasan yang mencerminkan tema kompetisi ‘Protecting the Next Generation’, dimana empat di antaranya berasal dari Indonesia. Mereka yang berasal dari berbagai latar belakang seperti produsen cat memanfaatkan sinar matahari untuk pendinginan, peternakan serangga, dan platform berlandaskan komunitas yang memberdayakan wanita dengan memperkuat pengetahuan keuangan mereka. Banyaknya peserta bertambah 3 kali lipat jika dibandingkan dengan event sebelumnya yang digelar.

Para perusahaan rintisan yang ikut akan melalui tiga putaran seleksi – tingkat negara, regional, dan global. Putaran seleksi regional dan global akan dilangsungkan pada bulan Juni dan Agustus 2020. Pada putaran akhir, Zurich akan memilih tiga perusahaan rintisan pemenang untuk dapat mengeksekusi inovasi mereka di negara asal masing-masing.


November 2019 – Zurich Insurance merampungkan akuisisi 80 persen saham PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) terhadap saham yang dimiliki oleh PT Bank Danamon Indonesia Tbk dan pemegang saham minoritas. Transaksi ini mencakup dua perjanjian distribusi jangka panjang masing-masing dengan Bank Danamon dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance).


Juni 2019  – Pada tahun 2018, Pendapatan Premi (GWP) bisnis Asuransi Umum Zurich tumbuh 18 persen dibandingkan GWP dari tahun sebelumnya, di saat industri asuransi umum hanya bertumbuh sebesar 9 persen. Dengan pencapaian pertumbuhan bisnis yang baik, Zurich Indonesia optimis bisnis asuransi akan bertumbuh dengan optimal.

 

Rumah Sakit Rekanan Zurich Insurance

Berikut ini adalah daftar rekanan rumah sakit yang bisa dikunjungil oleh nasabah: 

  • Rs Selaras Cisauk Jl. Raya Rumpin. Suradita. Cisauk ‘(021) 75791849 
  • Rs. Omni Alam Sutera Jl. Alam Sutera Boulevard Kav.25 Serpong ‘021-29779999/85550711 – 353438 
  • Rs Mitra Keluarga Gading Serpong Jl. Raya Legok – Karawaci. Kel. Medang ‘021-5568 9111 
  • Rs. Ariya Medika Jl. Industri Raya Blok A No.1-11. Jatake ‘021-5902229/5902232 
  • Bunda Dalima Hospital Nusaloka Blok J.11. No.1 Sektor Xiv. Serpong ‘021-53154447/8/9 
  • Rsia Ilanur Jl.  Raya Serang. No.1. Balaraja ‘021-59450898/5953241 
  • Rs. Khusus Bedah Tht Proklamasi Bsd Commercial Park Central Business Of District Bsd Kav.7 Tangerang Selatan ‘021-29002929 
  • Rsia. Bun Jl. Kosambi Timur Raya No.2. Rt.03/ Rw.06 (Kosambi Timur Barat) Kel.Kosambi T ‘(021) 9031659 Ext.115 
  • Rs. Hermina Ciputat Jl. Ciputat Raya No.2 Kertamukti. Ciputat ‘021-74702525/30492525/30492524 
  • Rsu. Dinda Jl. Galuh No.2. Gatot Subroto Km.5 Jatiuwung ‘021-55650577 Rs Emc Tangerang D/H Rs. Usada Insani Jl.  Kh Hasyim Ashari No.24 Cipondoh ‘021-55752575/5521270021-55755665/5521272 
  • Rs. Aminah Tangerang Jl. Hos Cokroaminoto (Ciledug Raya) No.4a Kreo Selatan-larangan ‘021-7371919/021-7371818 
  • Rsu. St Carolus Summarecon Jl. Gading Golf Boulevard Kav. 08 Gading Serpong ‘021-54220811 
  • Eka Hospital Bsd Central Business District. Lot Ix. Bsd City ‘021-25655555 
  • Rs. Medika Lestari Jl. Hos Cokroaminoto Perum Pondok Lestari Blok C.1 No.1-2 Ciledug ‘021-5854858 
  • Rsu. Sari Asih Sangiang Jl. Raya Mauk.Km.3.5  Simpang Tiga Sangiang ‘021-5582732 
  • Rs. Sari Asih Ciputat Jl.  Otista Raya No. 3 Sasak Tinggi Ciputat. Tangerang Selatan ‘021-7410808 
  • Rsia. Mutiara Bunda Tangerang Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo. No.3. Ciledug ‘021-7301365/73454951 
  • Rsia. Karunia Bunda Tangerang Jl. Aria Santika No.28 Kel. Margasari Kec. Karawaci ‘(021) 5520356 Bethsaida Hospital District Tivolli No.1 Paramount Serpong. Jl. Boulevard Raya Gading Serpong Kav. ‘021-29309999 
  • Rs. Sari Asih Ciledug Jl. Hos Cokroaminoto No.38 Ciledug ‘021-7333430/ 33553359021-7332758 Rs. Aqidah Jl. Raden Fatah No.40 Parung Serab. Ciledug ‘(021) 7310851 / 73450244 / 7319025 
  • Rs. Hermina Serpong Jl.  Raya Puspitek Km.8 No.99. Serpong. Tangerang Selatan ‘(021) 7588 4999 
  • Rsia. Citra Ananda Jl. Re Martadinata No. 30. Ciputat ‘(021) 7401347/ 0852 1795 1795 
  • Rsia. Buah Hati Pamulang Jl. Raya Siliwangi No 189 Pondok Benda Pamulang ‘021-7421149 / 7414488 
  • Rs. Dr. Suyoto Pusrehab Kemhan Jl.  Rc Veteran No. 178 Bintaro ‘021-7342012 / 73884000 
  • Rs. Hermina Bitung Jl. Raya Serang Km. 10 Rt 001/Rw 004 Desa Kadu Kec. Curug. Kab. Tangerang ‘021-59497525 Rs. Tiara Tangerang Jl. Bringin Raya No. 3-4-5. Kel. Nusajaya. Kec. Karawaci. Tangerang ‘(021) 29238000 / 29239967 
  • Rsia. Selaras Cikupa Jl. Raya Serang Km.18.5 Ds Bojong. Kec Cikupa Kab. Tangerang ‘021-5969145/59401289/021-59401277 
  • Siloam Hospitals Lippo Village (Karawaci) Jl. Siloam No.6. Lippo Karawaci 1600 ‘021-80646900 
  • Rs. Insan Permata Jl. Bhayangkara 1 No.68 Pakujaya. Serong Utara – Tangerang Selatan ‘021-53121344 
  • Rs. Permata Pamulang Jl. Raya Siliwangi No.1 A. Pamulang ‘021-74704999/74709079 
  • Rs. Permata Ibu Tangerang Jl. Kh. Mas Mansyur No.2 Kunciran ‘021-7334343/ 085959551616 / 7300883 
  • Rsia. Dhia Jl.  Cendrawasih No.90. Sawah Lama Ciputat. Tangerang Selatan ‘021-7494550/ 70310242 
  • Ciputra Hospital Jl. Citra Raya Boulevard Blok V 00/08 Sektor 3.4 Kec Panongan ‘021-59405555 
  • Rsia. Buah Hati Ciputat Jl. Aria Putra No 399 Serua Indah Ciputat – Tangerang ‘021-74632222 
  • Rs. Mulya Jl.  Kh.Hasyim Ashari No.18 Sudimara Pinang ‘021-7322443; 7322445 
  • Rs. Mulia Insani Jl.  Raya Serang Km 16.8 Cikupa Tangerang ‘021-5962790/5962998/5962996 
  • Rs. Premier Bintaro (D_h Rs.Internasional Bintaro) Jl. Mh Thamrin No.1. Sektor 7. Bintaro Jaya ‘021-745 5500/27625500 
  • Rs. An-nisa Tangerang Jl.  Gatot Soebroto. No.96. Km.3. Cibodas ‘021-5525564/021-557 91563 
  • Rs. Medika Bsd Jl.  Letnan Soetopo Kav. Kom. Iii A No 7. Bsd Tangerang ‘021 – 5372296 
  • Rsia. Keluarga Kita Jl. Raya Plp Curug Km 4 No.8 Sukabakti. Curug ‘021 – 59491011 / 021 – 5986572
  •  Rs. Karang Tengah Medika (Group Yadika) Jl.  Karyawan Iv. Karang Tengah Tangerang ‘021-7336699/7335599 
  • Rs. Hermina Tangerang Jl. Ks.Tubun No.10 Pasar Baru ‘021-55772525/55792356 
  • Rsia. Cinta Kasih Jl. Ciputat Baru Raya No.10 Ciputat ‘021 – 74706020 / 7424639 
  • Rsia. Tiara Tangerang Jl. Raya Serang. No.1. Km.14.5. Cikupa ‘021-59401999 
  • Rsb. Permata Sarana Husada Jl. Pamulang Permai. Blok D3. No.1-2. Pamulang ‘021-7407421/22 
  • Rs. Awal Bros Tangerang (D/H Rs. Global Medika Jl. Mh.Thamrin No.3 Kebon Nanas -cikokol ‘021-55758888/55780888/55781234 
  • Rs. Islam Asshobirin Jl. Raya Serpong Km.11 Pondok Jagung – Serpong Utara ‘021-5384314; 021-5374293 
  • Rsu. Bhakti Asih Jl. Raden Saleh. No.10. Karang Tengah ‘021-7305662/63/021-32575495 
  • Rsia. Pratiwi Jl. Rhm Noeradji. No.42. Karawaci ‘021-5520692/71342783021-43933978 
  • Rsia. Murni Asih Jl. Raya Legok No.86 Bojongnangka. Legok. Medang Pagedangan ‘021-36868757/5470263/54200982/5463672021-5463755 
  • Rsia. Bunda Sejati Jl. Prabu Siliwangi No.11. Jatiuwung ‘021-5900136 / 59315850 
  • Rsia. Bunda Sejahtera Jl.  Raya Puri Agung No 3. Kota Baru- Pasar Kemis ‘021-5925889 
  • Rs. Sari Asih Karawaci Jl. Imam Bonjol No.38 ‘021-552 2794; 021-5523239 
  • Mayapada Hospital Tangerang Jl. Honoris Raya Kav.6. Kota Modernland / Kodya Dati Ii ‘021-55781888 / 5529035/55781999 
  • Rs. Melati Tangerang Jl. Merdeka No.92 ‘021-5523945/55776739 
  • Rs. Bhineka Bakti Husada Jl.  Cabe Raya No.17 Pondok Cabe Pamulang ‘021-7490018/7490829 
  •  Rs. Qadr Komplek Islamic Village. Kelapa Dua ‘021-546 4466; 5463107; 5463106 
  • Rs. Ichsan Medical Center (Imc) Jl.  Raya Jombang No.56 Bintaro Sektor Ix ‘021-7456379/ 021-7456386 
  • Rs. Uin Syarif Hidayatullah Jl. Ir.H.Juanda No.95 Ciputat ‘021-30010100/7402718/7499129 
  • Rsia. Putra Dalima Griya Loka. Sektor 1.2. Blok Ua/26-27. Bumi Serpong Damai ‘021-5380375/5388279021-5388279 / 53741 
  • Rsia. Vitalaya Jl. Raya Siliwangi No.1 Perum Pondok Benda Indah No.1. Pamulang ‘021-7470 3313 
  • Mitra Keluarga Bintaro Jl. Raya Bintaro Utama Sektor 3a. Pondok Karya. Kecamatan Pondok Aren ‘021-27659777 
  • Rs. Pondok Indah Bintaro Jaya Cbc Emerald Blok Ce/C No. 01. Boulevard Bintaro Jaya ‘021-80828888 
  • Rumah Indonesia Sehat Hospital (Ris) Jl. Lengkong Gudang Timur Raya No.777. Bsd City ‘(021) 29660950-53 
  • Siloam Hospitals Lippo Karawaci Gedung B Jl. Siloam No.6 
  • Lippo Village Tangerang, Rt 05/Rw 02, Bencongan,   Rs. Grha Kedoya Jl.  Panjang No 26. Kedoya Utara ‘021-56982222/29910999 
  • Rs. Cendana Jl. Raya Kedoya No.2 Kebon Jeruk ‘021-29863838 
  • Rs. Ciputra Citra Garden City Jl. Boulevard Blok G-1 No.1 Citra 5 – Citra Garden City. Pegadungan. Kalideres ‘(021) 2255 7888 
  • Rs. Sumber Waras (Grogol) Jl. Kyai Tapa – Grogol ‘021-5682011/5605800

Bengkel & Rekanan Asuransi Zurich Insurance

Zurich Insurance Indonesia memiliki rekanan bengkel yang tersebar luas di Indonesia. Berikut daftar bengkel rekanan perusahaan asuransi Zurich Insurance.

  • Anugrah Sentosa Mandiri CV PLM, Jl. Kemandoran VIII / 10, 021-5482066
  • Bintang Bijaksana, PT, Jl.raya Kebayoran Lama (PAL VII) No.2, 021-5325378
  • Auto Klinik, CV, Jl. Bangunan Barat Raya No. 2 Rt.001/04 Kel. Kayu Putih, Rawamangun 13210, 021-47881363
  • PT Gema Prima Indonesia, Jl Mt. Haryono Kav 29 Jakarta 12820, 021 8294830 /ext : 302/304
  • Sutraco Mitra Sejati, Jl. Pondok Cabe Raya No.49 Tangerang, 021-0851 01 645379
  • Ujung Mas, Jl. Raya Kebayoran Lama No. 554, 021-7220392
  • ALyang Motor, Komplek Pluit Mas Blok E No.11a, Jembatan Tiga, 021-6681414
  • Bengkel Garasi, Jl. Pegangsaan Dua No. 88 Kelapa Gading Jakarta Utara, 021-46823808
  • Hanggar ( Bogor ), Jl.kh Soleh Iskandar Km 4 No. 3, 0251-7535239
  • Makmur Jaya Motor, PT Jl. Pajajaran No. 15a, 0251-8310166
  • Auto Sinar Makmur Bogor, Jl. K.H Soleh Iskandar Rt.04/rw.05 Kel. Cibadak Bogor, 0251-7540868/ 081380437979
  • LCC Motor Jl. Jendral Ahmad Yani No.889, 022-7202800
  • Garuda Motor, Jl. Jendral Sudirman No. 646 Kota Bandung, 022-6016744
  • Megah Jaya, CVJl. Bkr No. 28, Bandung, 022-7309271 022-7309271
  • Mentari Cahaya Utama, PT Jl.soekarno Hatta No.250B, 022-5431515
  • Virtue Auto Care, Jl.wastu Kencana No.39, 022-4234524
  • Quick Autorep, Jl. Jendral Sudirman 781, 022-70716398
  • Auto Cemerlang (PT. Aurea ), Jl. Soekarno Hatta No. 390 Bandung, 022-5221926
  • Nitro 1, CV Jl. Dr Radjiman No. 452, 0271 724940
  • Mandiri Motor (eka mandiri) Jl. Raya Baki No. 178 Solo Baru, 0271-6727070
  • Mega Merapi Kartasura Jl.raya Solo – Yogya No.180 Kertasura, 0271-5852011
  • Bandung Bondowoso (Sekawan Jadi) Jl. Tanjung Anom No.7 Solo Baru, 0271-7000777
  • Auto 168, Jl. Ahmad Yani No.383 Kerten Surakarta, 0271-716666
  • Bengkel 87, Expres/Karya Makmur Jl. Sei Batang Hari No. 124, Medan, 061-4563565
  • Karya Prima Medan, Jl. Krakatau No. 10 (simp. Jl. Cemara ), 061-6619583
  • Mitra Jaya Service, Jl. Makmur No. 12/14, 061 6620621
  • Belutu Otocare Medan, Jl. Sei Belutu No.43, Sumatera Utara – Medan, 061 8213300
  • Auto Care Medan, Jl. Sisingamangaraja 344 , Sumatera Utara – Medan, 061 7881001
  • Speedline Auto, Jl.adam Malik, Sumatera Utara Medan, 061 6641999
  • Unity Automobile Medan, Jl. Bambu I No. 10 / 69, 061- 6612029
  • Aman, Jl. Sutan Syahrir No.57 Palembang, 0711-715462
  • Subur Palembang, Jl. Dr. M. Isa No. 9 Palembang, 0711-715462
  • Bengkel Jernih, Jl. A. Yani No. 58 Plaju Palembang, 0711-511140
  • Anugrah Sentosa Mandiri CV Plm, Jl. Bambang Utoyo Lr, Astra Murca No.1, Palembang, 0711-717527
  • Muji Motor, Jl. Trengguli Gg XXII / 5, 0361-464646
  • Auto Metalic Denpasar, Jl. Raya Batu Bulan, Sukawati, Gianyar, 0361-299495
  • Paramitha Auto Graha, Jl. Ahmad Yani No. 999 Denpasar, 0361-423188
  • Sepanjang Bali, Jl. Gunung Catur No.22, 0361-4715434
  • Panji Laras, Jl. Pemelisan 7 Suwung, Badan Kendal Denpasar, 0361-720965
 

Lokasi dan Alamat Kantor Zurich Insurance Indonesia

Lokasi kantor Zurich Insurance tersebar di beberapa wilayah di Pulau Jawa dan Bali. Berikut adalah daftar lengkapnya.

Alamat Kantor Pusat Zurich Insurance

PT Zurich Insurance Indonesia

Mayapada Tower II, lantai 5, Jl. Jend. Sudirman Kav. 27, Jakarta 12920, Indonesia

Ph. (021) 526 2626

Fax. (021) 521 2131

Email: [email protected]

Plaza Sentral, 5B fl.

Jl. Jend. Sudirman Kav 47

Jakarta 12930, Indonesia

Ph. (021) 255 35 255

Fax. (021) 255 436 70

Email: [email protected]

  • Jakarta (Kelapa Gading): Jl. Boulevard Barat Raya Blok LC7 No. 47 Kelapa Gading Barat Jakarta 14240, Indonesia, Ph. (021) 458 762 88/89, Fax. (021) 458 762 98
  • Jakarta (Pondok Indah): Jl. Sultan Iskandar Muda No. 8D, Arteri Pondok Indah Jakarta 12240, Indonesia, Ph.(021) 729 0835, Fax. (021) 021 729 2821
  •  Jakarta (Tomang): Jl. Tomang Raya 12B Jakarta 11440, Indonesia, Ph. (021) 569 822 72, Fax. (021) 569 822 73
  • Bandung: Jl. Sunda 7B Kelurahan: Paledang, Kecamatan: Lengkong Bandung 40000, Ph. (022) 7333 848, Fax. (022) 7333 846
  • Yogyakarta: Ruko Cassa Grande No. 33, Jl. Ring Road Utara Yogyakarta 55282, Indonesia, Ph. (0274) 453 80 88, Fax. (0274) 871 033
  • Semarang: SoVoism Office Building Ruang D1, Jl. Dr. Cipto No 20 Semarang – 50126, Ph. (024) 358 4888 
  • Denpasar: Jl. Gatot Subroto Barat No. 380D Denpasar 80116, Indonesia, Ph. (0361) 471 5186
  • Surabaya: Jl. Diponegoro No. 26, Surabaya 60241, Indonesia, Ph. (031) 566 8868, Fax. (031) 566 8869
  • Zurich Insurance Platform: Memudahkan pembayaran premi setiap nasabah
  • Zurich Click: Portal online yang akan memudahkan nasabah dalam membeli produk asuransi perjalanan Zurich.
  • Zurich Insurance Platform: Aplikasi online yang akan memudahkan agen Zurich Indonesia dalam memasarkan produk asuransi Zurich, terutama asuransi kendaraan bermotor.
 

Cara Klaim Asuransi Zurich Insurance

Adapun cara klaim asuransi Zurich Indonesia berbeda-beda tergantung jenis produk yang Anda pilih. Berikut penjelasan cara klaim dari masing-masing jenis produk Asuransi Zurich Indonesia.

Tertanggung harus segera melaporkan klaim yang dialami dalam waktu tidak lebih dari 5 hari kalender (120 jam) setelah terjadinya kerugian/kecelakaan ke kantor pusat Zurich Insurance Indonesia. Adapun informasi yang harus disampaikan antara lain:

  • Nomor Polis Asuransi
  • Nama Tertanggung dalam Polis
  • Jenis Kendaraan & Nomor Polisi-nya
  • Tempat dan tanggal kecelakaan
  • Kerugian/kerusakan yang diderita
  • Cerita Kejadian-nya
  • Data Pihak Ketiga, bila ada

Tertanggung harus segera melaporkan klaim yang dialami dalam waktu tidak lebih dari 7 hari kalender setelah terjadinya kerugian/kecelakaan ke kantor pusat Zurich Insurance Indonesia. Adapun informasi yang harus disampaikan, antara lain:

Klaim Meninggal Dunia Karena Kecelakaan

    • Formulir klaim yang telah dilengkapi
    • Kronologis kejadian
    • Fotokopi KTP
    • Fotokopi SIM yang masih berlaku
    • Surat keterangan dokter/rumah sakit yang menyebutkan penyebab kematian
  • Visum et repertum
  • Surat keterangan kematian dari pejabat setempat
  • Laporan kepolisian (untuk kecelakaan lalu lintas, tindakan kriminal, dsb.)
  • Dokumen ahli waris (fotokopi Kartu Keluarga, Surat Nikah, Akte Kelahiran, dsb.)
  • Formulir klaim yang telah dilengkapi
  • Kronologis Kejadian
  • Fotokopi KTP
  • Foto Kopi SIM yang masih berlaku
  • Surat Keterangan Dokter
  • Kwitansi rumah sakit asli dan perinciannya
  • Laporan kepolisian
  • Dokumen lainnya, apabila diperlukan, akan diinformasikan secara terpisah setelah menerima dokumen awal
  • Formulir Klaim yang telah dilengkapi
  • Kroologis kejadian
  • Fotokopi KTP
  • Foto Kopi SIM yang masih berlaku 
  • Surat keterangan dokter
  • Laporan kepolisian
  • Dokumen lainnya, apabila diperlukan, akan diinformasikan secara terpisah setelah menerima dokumen awal

Tertanggung harus segera melaporkan klaim yang dialami dalam waktu tidak lebih dari lima hari kalender (120 jam) setelah terjadinya kerugian/kecelakaan ke kantor pusat Zurich Insurance Indonesia. Adapun informasi yang harus disampaikan, antara lain:

  • Formulir Klaim yang telah ditandatangani
  • Fotokopi tiket penerbangan
  • Fotokopi paspor

Tertanggung harus segera melaporkan klaim yang dialami dalam waktu tidak lebih dari 7 hari kalender setelah terjadinya kerugian/kecelakaan ke kantor pusat Zurich Insurance Indonesia. Adapun dokumen yang harus disiapkan, antara lain:

  • Formulir klaim yang telah dilengkapi
  • Kronologis kejadian
  • Laporan dari kepolisian (untuk kerugian yang disebabkan oleh tindakan kriminal)
  • Fotokopi tagihan untuk perbaikan/penggantian dari barang yang dipertanggungkan
  • Analisa teknis dari teknisi/produsen barang yang dipertanggungkan mengenai penyebab kerugian
  • Foto dari kerusakan pada properti atau barang yang dipertanggungkan
  • Fotokopi kwitansi pembelian untuk barang yang dipertanggungkan
  • Laporan bencana dari BMKG untuk kerugian yang disebabkan oleh bencana alam
  • Dokumen lainnya apabila diperlukan, akan diinformasikan secara terpisah setelah menerima dokumen awal

Tertanggung harus segera melaporkan klaim yang dialami dalam waktu tidak lebih dari 7 hari kalender setelah terjadinya kerugian/kecelakaan ke kantor pusat Zurich Insurance Indonesia. Adapun dokumen yang harus disiapkan, antara lain:

  • Formulir klaim yang telah dilengkapi
  • Kronologis kejadian
  • Laporan dari kepolisian (untuk kerugian yang disebabkan oleh tindakan kriminal)
  • Fotokopi tagihan untuk perbaikan/penggantian dari barang yang dipertanggungkan
  • Analisa teknis dari teknisi/produsen barang yang dipertanggungkan mengenai penyebab kerugian
  • Foto dari kerusakan pada properti atau barang yang dipertanggungkan
  • Fotokopi kwitansi pembelian untuk barang yang dipertanggungkan
  • Laporan bencana dari BMKG untuk kerugian yang disebabkan oleh bencana alam
  • Dokumen lainnya apabila diperlukan, akan diinformasikan secara terpisah setelah menerima dokumen awal

Tertanggung harus segera melaporkan klaim yang dialami dalam waktu tidak lebih dari 7 hari kalender setelah terjadinya kerugian/kecelakaan ke kantor pusat Zurich Insurance Indonesia. Kemudian melengkapi dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kerugian/kecelakaan paling lambat 14 hari dari tanggal kerugian/kecelakaan.

 

Tanya Jawab

Ini daftar pertanyaan yang paling sering diajukan calon nasabah maupun nasabah terkait asuransi ZII:

Zurich Insurance adalah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi umum yang berada di bawah naungan Zurich Insurance Group. Perusahaan ini adalah sister company dari Zurich Topas Life yang bergerak di bidang asuransi jiwa.

Zurich Insurance Group adalah sebuah perusahaan penyedia asuransi dengan nasabah perorangan, usaha kecil menengah, perusahaan besar, hingga perusahaan multinasional secara global di 210 negara. Saat ini perusahaan telah mempekerjakan 53 ribu orang di seluruh dunia. Zurich Insurance Group didirikan di Zurich, Swiss pada tahun 1872.

Berikut ini adalah highlight keuangan Zurich Insurance Group tahun 2018:

  • Laba operasi bisnis: USD4,6 miliar.
  • Laba bersih yang didistribusikan ke pemegang saham: USD3,7 miliar.
  • Return on equity: 12,1 persen.
  • Total pendapatan: USD51,6 miliar.
  • Portofolio investasi: USD195 miliar.
  • Jumlah total dampak investasi: USD3,8 miliar.
  • Partisipasi perempuan dalam tim kepemimpinan: 20 persen.

Zurich Life (PT Zurich Topas Life) dan Zurich Insurance (PT Zurich Insurance Indonesia) sama-sama beroperasi di bawah naungan Zurich Insurance Group. Zurich Life bergerak pada bidang asuransi jiwa, sementara Zurich Insurance lebih fokus pada asuransi umum.

Bagus atau tidaknya sebuah perusahaan asuransi bergantung pada keperluan masing-masing. Apabila sedang mencari asuransi jiwa dengan manfaat investasi, Zurich Life adalah pilihan yang tepat karena memiliki banyak varian unit link. Selain itu, asuransi Zurich juga memiliki produk asuransi jiwa murni term life dengan premi terjangkau, yaitu Rp50 ribu saja! Sehingga cocok untuk yang sedang mencari asuransi on budget.

Asuransi Zurich Life bisa dikatakan aman berdasarkan laporan keuangan tahun 2019. Pasalnya, kondisi keuangannya sehat jika dilihat dari rasio solvabilitasnya yang di atas ketentuan pemerintah (120 persen), yaitu sebesar 347 persen. Sebagai catatan, rasio solvabilitas adalah indikator yang digunakan untuk mengukur kesanggupan perusahaan dalam melunasi utang jangka panjangnya, termasuk klaim nasabah.

Berdasarkan situs resmi Zurich Life, seluruh nasabah yang memiliki polis aktif Zurich Life akan mendapatkan pertanggungan terhadap pandemi Covid-19. Tak hanya itu, perusahaan juga menawarkan manfaat tambahan bagi nasabah penderita Covid-19 sebesar Rp20 juta dengan ketentuan berikut:

  1. Khusus untuk polis yang terbit pada periode 9 Mei sampai 30 Juni 2020 dengan premi dasar tahunan minimal Rp6 juta.
  2. Telah melewati masa tunggu 14 hari sejak masa pertanggungan dimulai.
  3. Kondisi pasien dibuktikan dengan hasil tes PCR dan manfaat tambahan hanya berlaku satu kali per tertanggung.
  4. Kondisi penyebab klaim terjadi paling lambat September 2020.
  5. Maksimal pengajuan klaim 30 hari sejak kejadian klaim terjadi. 
  6. Ada limit total dari program ini, yaitu Rp5 juta.

Untuk mendapatkan informasi lebih jelas, bisa menghubungi Customer Care Zurich di nomor 1500 987 pada jam 08:30 sampai 16:30 atau alamat email [email protected]

Direksi Zurich Life

Presiden Direktur: Christopher Franz Benhl

Direktur: Budi Darmawan

Direktur: Tini Nurianto

Komisaris Zurich Life

Presiden Komisaris: Yuliana

Komisaris Independen: Endy Pattia Rahmadi Abdurrahman

Komisaris Independen: Harry Sasongko

Komisaris: Matthew Reilly

Cari tahu premi asuransi Zurich Life dengan cara mengakses laman produk di situs resmi perusahaan, menghubungi agen, maupun broker asuransi terkait.

Pada umumnya, premi asuransi dipengaruhi oleh berbagai faktor berikut:

  • Jenis asuransi yang diambil oleh pemegang polis.
  • Profil tertanggung: usia, pekerjaan, jenis kelamin, riwayat penyakit, dan lain-lain.
  • Jenis dan nilai aset atau harta benda yang diasuransikan.
  • Cakupan pertanggungan, mulai dari pertanggungan utama hingga rider (pertanggungan tambahan).

Pembayaran premi ZII bergantung pada jenis produk asuransi yang dipilih. Namun, secara umum, berikut prosedur pembayaran premi Asuransi Zurich Indonesia.

Melalui rekening luar asuransi

  1. Dapat melalui transfer ke rekening PT Zurich Topas Life
  2. Virtual Account BRI dan BCA
  3. Kode perusahaan PT Zurich Topas Life: 01163 
  4. Nomor Polis: 87654321
  5. Nomor Virtual Account BCA: 01163987654321
  6. Kode perusahaan PT Zurich Topas Life: 23111 
  7. Nomor Polis: 87654321
  8. Nomor Virtual Account BRI: 2311187654321

Melalui ATM seluruh Indonesia & Internet Banking

Sertakan nomor polis dalam kolom Keterangan di slip setor atau kolom berita agar pembayaran premi dapat terbukukan dengan baik. Setelah itu, kirimkan bukti transfer ke Customer Care Zurich Indonesia lewat email [email protected] atau ke kantor cabang Zurich Indonesia.

Nomor Rekening Zurich Indonesia:

  • BCA: 035-310-5938
  • Bank Mayapada: 100-300-17161
  • BRI: 0122-01-001507-30-4

Melalui debet rekening Zurich Indonesia

  • Debet Rekening BCA, Mandiri, BRI, Mayapada, dan Danamon.
  • Bisa menggunakan Debit Rekening Giro Perorangan untuk BCA.
  • Debet Rekening BRI

Melalui debet kartu kredit

Untuk mendaftarkan kartu kredit sebagai alat pembayaran premi, ini formulir. Syarat agar premi sah adalah biaya harus sudah diterima Zurich Indonesia paling lambat tiga hari kerja dalam 21 hari sebelum sampai 45 hari tanggal jatuh tempo pembayaran premi. 

Catatan:

  • Premi dianggap sah jika sudah diterima oleh rekening Zurich Indonesia, lalu akan dialokasikan ke dalam jumlah unit maksimal tiga hari kerja.
  • Biaya transfer adalah tanggungan nasabah.
  • Dilarang melakukan pembayaran premi melalui uang tunai, bilyet giro dan bilyet cash, travel cek, dan kartu yang tidak diketahui asal pemilik dananya seperti Flazz BCA, Brizzi BRI, E-money Mandiri, dan lain-lain.
  • Nasabah bisa membayar segala bentuk premi terkait produk Zurich Indonesia melalui Virtual Account ke rekening yang sudah ditentukan Zurich.
  • Apabila ada kelebihan premi di bawah Rp25 ribu, maka tidak akan dikembalikan ke nasabah.
  • Jika ada kelebihan premi di atas Rp25 ribu, maka dana akan dikembalikan ke rekening pengirim. Apabila rekening pengirim tidak teridentifikasi dan berbeda dengan nama pemegang polis, Zurich Indonesia berhak meminta informasi tambahan terkait pemilik rekening (lewat Form Pengembalian Premi).
  • Polis Renewal dengan metode bayar bulanan wajib menggunakan pembayaran debit rekening atau debit kartu kredit.
  • Zurich Indonesia akan mengirimkan SMS pengingat seminggu sebelum tanggal jatuh tempo.
  • Jika terjadi pembatalan pembayaran premi atas permintaan pemegang polis, biaya yang timbul karena penerbitan kartu kredit jadi tanggungan nasabah dengan pengembalian dana langsung dikurangi dari premi yang sudah didebit. 
  • Zurich Indonesia akan mengirimkan SMS berisi ucapan Terima Kasih untuk setiap premi yang telah diterima.

Metode penggantian biaya Asuransi Zurich Indonesia terdiri dari dua, yaitu reimbursement dan cashless. Berikut penjelasannya.

  • Reimbursement adalah metode penggantian biaya di mana nasabah harus membayar terlebih dahulu biaya kerugian rumah sakit, kemudian pihak asuransi akan mengganti biaya yang sudah dibayarkan. Biasanya metode ini digunakan untuk klaim biaya perawatan medis. 
  • Cashless adalah metode penggantian biaya di mana nasabah bisa langsung datang ke rumah sakit dan menjalani perawatan tanpa membayar; hanya mengisi formulir dan menunjukkan kartu asuransi. Biaya rumah sakit langsung dibayar dari perusahaan asuransi ke rumah sakit. Disebut metode cashless karena nasabah tidak perlu mengeluarkan uang tunai sama sekali. Metode ini biasanya digunakan untuk klaim biaya perawatan medis di rumah sakit rekanan Zurich Indonesia.

 

Zurich Life memiliki sistem pembayaran santunan harian tunai di mana penggantian yang diberikan sesuai dengan jumlah yang sudah ditentukan dalam dokumen polis. Misalnya seorang nasabah mengalami sakit dan memerlukan rawat inap. Zurich Hospital Cash akan mencairkan sejumlah uang yang sudah disepakati di awal, misalnya Rp1 juta per hari. Jika nasabah tersebut memerlukan rawat inap selama 4 hari, maka uang yang ia dapatkan adalah Rp4 juta.

Umumnya, metode klaim ini menggunakan konsep reimbursement, di mana nasabah perlu membayar dulu biaya rawat inap, setelah itu baru bisa mengajukan pencairan dana.

Nama metode klaim Zurich Indinesia Hospital Cash adalah Medi Cash, yang formulirnya bisa kita unduh di laman situs asuransi Zurich Life.

Untuk berhenti dari asuransi Zurich Life, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

  • Menghubungi agen asuransi atau perusahaan langsung untuk menyatakan keinginan untuk berhenti asuransi. 
  • Datang langsung ke kantor Zurich Life untuk mengajukan penutupan polis.
  • Menghubungi lewat call center Zurich Life.

Persiapkan juga dokumen terkait seperti polis asuransi dan identitas diri. Umumnya pihak asuransi akan mengenakan biaya penutupan polis. 

Berikut ini adalah data harga satuan unit link Zurich Indonesia per 2 Juni 2020.

Fund Unit Price (dalam rupiah)
Zurich Link Rupiah Money Market Rp1.345,2
Zurich Link Rupiah Fixed Income Rp1.1311,41
Zurich Link Rupiah Flexible Fund Rp1.223,55
Zurich Link Rupiah Amani Equity  Rp548,71
Zurich Link Rupiah Equity Fund Rp975,60

Terdapat perbedaan antara agen dan broker asuransi Zurich Life. Agen asuransi biasanya adalah orang pribadi yang bekerja untuk perusahaan asuransi, dalam hal ini Zurich Life. Sementara itu, broker adalah pihak independen yang menjadi perantara antara Zurich Life dengan calon peserta asuransi.

Agen asuransi Zurich Life disebut Agen Zurich. Untuk mendaftarkan diri menjadi agen asuransi Zurich Life, silakan akses halaman Hubungi Kami, lalu Distributor Asuransi Jiwa pada situs resmi zurich.co.id. Setelah itu, isi data diri dalam form yang telah disediakan. Atau, dapat mendatangi kantor pusat Zurich Life.

Beberapa broker di Indonesia pun menawarkan produk asuransi secara online. Salah satunya adalah Lifepal yang adalah broker asuransi online yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Saat ini, Lifepal belum bekerja sama dengan Zurich Life.

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.zurich.co.id/
  • https://pressrelease.kontan.co.id/release/zurich-indonesia-dan-z-zurich-foundation-berkolaborasi-dengan-habitat-for-humanity-indonesia-untuk-menyediakan-tempat-singgah-bagi-pejuang-garis-depan-covid-19
  • https://www.cnbcindonesia.com/market/20191128142951-17-118726/sah-zurich-akuisisi-80-saham-asuransi-adira-dari-danamon
  • https://www.zurich.co.id/id-id/layanan-nasabah/untuk-nasabah-asuransi-jiwa/perlindungan-pada-kondisi-yang-disebabkan-oleh-covid-19
Penulis Nisrina Salma Alifah Jurnalis bisnis yang sedang bergelut di dunia asuransi. Hidup untuk belajar dan berbahasa. Lihat profile penulis
Chat Bantuan Chat Bantuan