Asuransi Zurich Syariah (Adira): Profil dan Produk Terbaru

Asuransi Zurich Syariah (Adira): Profil dan Produk Terbaru

4.2 / 5.0 (376 Ulasan)
Cashback 10%
Diskon 25%*
  • Promo Page car

Cari Manfaat Terbaik dengan Harga Murah

Dengan lanjut, Saya setuju syarat & ketentuan berlaku
Cari Asuransi Semudah 1, 2, 3!
1
2
3
Isi formulir untuk melihat pilihan
Sesuai Profil & Kebutuhanmu
Konsultasi gratis melalui telepon
Dengan tim ahli, cukup 5 menit
Temukan asuransi terbaik
Sesuai Kebutuhan dan Anggaranmu

Asuransi Zurich Syariah 

Zurich Syariah adalah perusahan asuransi umum berbasis syariah yang terdaftar dan diawasi OJK. Zurich Syariah menjalankan akad Wakalah Bil Ujrah untuk mengelola risiko, sedangkan di antara peserta asuransi menggunakan akad Tabarru’ dengan tujuan tolong-menolong.

PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) terbentuk setelah proses konversi lisensi PT Zurich Insurance Indonesia menjadi asuransi syariah dan pengalihan portfolio Unit Usaha Syariah (UUS) Adira Insurance (saat ini ZAI). Zurich Syariah memperoleh izin usaha di bidang asuransi umum syariah dari Otoritas Jasa Keuangan melalui Keputusan Dewan Komisioner OJK No. KEP-60/D.05/2021 tanggal 15 Juli 2021.

Zurich berdiri sejak 1872. Berkantor pusat di Zurich, Switzerland, didukung oleh sekitar 55,000 karyawan di lebih dari 215 negara dan bagian di seluruh dunia. Kami adalah salah satu perusahaan asuransi yang paling berpengalaman. Zurich di Indonesia beroperasi melalui 3 entitas; PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI), PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah), dan PT Zurich Topas Life (ZTL).

Produk-produk unggulan Zurich Syariah, antara lain Autocillin Ikhlas (asuransi mobil syariah), Motopro Syariah (asuransi motor syariah), dan Zurich Syariah Travel Insurance (asuransi perjalanan syariah untuk memberikan perlindungan saat haji dan umrah serta perjalanan halal atau halal trip). Zurich Syariah juga menyediakan produk lain, seperti asuransi properti syariah, asuransi kecelakaan diri syariah, asuransi pengangkutan

Peroleh Izin OJK, Zurich Syariah Resmi Beroperasi

Agustus 2021 – Pasca mengakuisis 80 persen saham Adira Insurance, Zurich kini mendirikan PT Zurich General Takaful Indonesia (Zurich Syariah) dan telah mengantongi izn usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada bulan Juli 2021 lalu sebagai perusahaan asuransi umum syariah.

Adira Insurance sendiri akan mengalihkan portofolio bisnis syariahnya alias Adira Syariah kepada Zurich Syariah. Ke depannya, Zurich Syariah berkomitmen untuk menjadi operator asuransi syariah internasional terbesar di Indonesia.

Adira Insurance Resmi Ganti Nama Jadi Zurich Asuransi Indonesia

Agustus 2021 – PT Asuransi Adira Dinamika Tbk. atau Adira Insurance kini resmi mengganti nama perusahaan menjadi Zurich Asuransi Indonesia. Hal ini berkaitan setelah 80 persen saham asuransi Adira diakuisisi oleh perusahaan asuransi internasional asal Swiss, Zurich.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga telah memberikan izin usaha di bidang asuransi umum kepada PT Zurich Asuransi Indonesia dengan Nomor KEP-542/NB.11/2021 tanggal 13 Agustus 2021.

Layanan Nasabah Zurich Syariah

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan lengkap mengenai Asuransi Zurich, Anda dapat menghubungi layanan Zurich Care maupun mendatangi kantor pusat atau cabang terdekat secara langsun. Berikut informasi selengkapnya:

Alamat Kantor Pusat Zurich Syariah

PT Zurich General Takaful Indonesia

Graha Zurich

Jl. MT Haryono Kav. 42 Jakarta Selatan

Telp/Zurich Care: 1500 456

Website: zurich.co.id

Email: [email protected]

  • Zurich Care: sebelumnya bernama Adira Care, merupakan layanan informasi produk, laporan klaim, permintaan derek/ambulan yang dapat diakses melalui berbagai kanal yang disediakan mulai dari sambungan telepon, SMS, email dan situs resmi selama 24 jam.
  • Autocillin Mobile Claim: aplikasi yang dapat memudahkan cara klaim Asuransi Autocillin Ikhlas. Fitur ini dapat Peserta unduh
    pada smartphone Peserta melalui Android Google Play atau Apple App Store.
  • Autocillin Mobile Service: layanan berjalan bagi nasabah Autocillin dalam mobil VW Combi untuk melakukan berbagai layanan seperti klaim, penutupan klaim, informasi produk, informasi bengkel dengan jam operasional tertentu.

Pilihan Polis Terbaik Zurich Syariah

Autocillin Ikhlas sebagai produk asuransi kendaraan mobil dari Zurich Syariah menyediakan pilihan paket Comprehensive yang dapat memberikan penggantian untuk kerusakan parsial serta paket Total Loss Only. Selain itu, Zurich Syariah juga memiliki produk asuransi untuk kendaraan motor yaitu Motopro Syariah dengan pilihan paket Motopro Classic and Motopro Classic Plus. Autocillin Ikhlas maupun Motopro Syariah juga menyediakan beragam perluasan manfaat yang dapat menyesuaikan kebutuhan Anda.

Untuk itu berikut informasi polis dan manfaat dari asuransi kendaraan Zurich Syariah selengkapnya :

Autocillin Ikhlas

Produk asuransi kendaraan roda empat (mobil) sesuai dengan prinsip syariah dengan paket comprehensive, paket comprehensive plus dan paket TLO.

  • Jaminan ganti rugi dan biaya perbaikan atas segala akibat kerusakan dan kehilangan.
  • Sebagian kontribusi akan dialokasikan untuk membayar Zakat.
  • Fitur New for Old, jasa perpanjangan STNK, Autocillin Ikhlas Rescure
  • Ganti rugi apabila terjadi kerusakan atau kehilangan barang yang ada di dalam kendaraan senilai maksimal Rp2 juta.
  • Memiliki perluasan jaminan untuk kasus kerusakan atau kehilangan yang diakibatkan karena banjir, topan, badai, gempa, tsunami, dan lain-lain. (Comprehensive Plus)
Motopro Syariah

Produk asuransi motor dari Zurich Syariah memberikan perlindungan atas risiko kerugian atau kerusakan total (lebih 75 persen) akibat kebakaran, pencurian, bencana alam, dan kecelakaan.

  • Perluasan jaminan kecelakaan diri, biaya pengobatan medis, hingga tanggung jawab pihak ketiga untuk paket Motopro Syariah Plus
  • Pilihan paket Motopro Syariah dengan harga pertanggungan hingga Rp500 juta dan Motopro Syariah Plus hingga Rp100 juta.

Premi Asuransi Zurich Syariah

Harga premi Asuransi Zurich Syariah tergantung dari paket produk yang dipilih kemudian disesuaikan dengan limit objek yang akan diasuransikan:

  • Autocillin Ikhlas disesuaikan dengan obyek asuransi

Cara Pembayaran Premi Zurich Syariah

Premi Asuransi Zurich Syariah bisa dibayar secara tahunan sekaligus atau diangsur setiap semester (per enam bulan), kuartal (per tiga bulan), setiap bulan sekali, dan akan diakui penanggung pada saat premi diterima di rekening penanggung.

Jangan lupa simpan bukti pembayaran untuk arsip. Setiap transaksi pembayaran yang berhasil akan dikirimkan melalui sms ataupun email di hari yang sama. Adapun kanal pembayaran yang disediakan adalah sebagai berikut ini:

Untuk pemilik rekening Bank Danamon melalui ATM, Danamon Online, dan Danamon Mobile

  • Pilih menu “Transfer ke Rekening Bank Danamon”.
  • Masukkan nomor Virtual Account yang tercantum di Nota Debet.
  • Masukkan jumlah premi yang akan dibayarkan dan mengisi Berita Acara/Pesan dengan nomor polis.
  • Periksa nomor Virtual Account, Nama Rekening Tujuan a.n Zurich General Takaful Indonesia, Berita Acara/Pesan, dan jumlah premi.
  • Jika sudah sesuai, ikuti instruksi selanjutnya.

Untuk pemilik rekening bank lainnya melalui jaringan ATM Bersama, ALTO, Prima

  • Pilih menu “Transfer”.
  • Pilih menu “Transfer antar Bank” atau “Ke Rekening Bank Lain”.
  • Masukkan Kode Bank dan nomor rekening atau Virtual Account sesuai dengan yang tercantum di Nota Debet.
  • Masukkan jumlah premi yang akan dibayarkan.
  • Periksa Nomor Rekening, Nama Rekening Tujuan a.n Zurich General Takaful Indonesia, Berita Acara/Pesan (jika ada), dan jumlah premi.
  • Jika sudah sesuai, ikuti instruksi selanjutnya.
  • Masukkan Kode Bank dan nomor rekening sesuai dengan yang tercantum di Nota Debet.
  • Masukkan jumlah premi yang akan dibayarkan.
  • Periksa Nomor Rekening, Nama Rekening Tujuan a.n Zurich General Takaful Indonesia, Berita Acara/Pesan (jika ada), dan jumlah premi.
  • Jika sudah sesuai, ikuti instruksi selanjutnya.
  • Nasabah dapat melakukan pembayaran dengan cara menghubungi Customer Care Center ([email protected]).
  • Nasabah dapat mendatangi outlet Zurich Syariah terdekat yang menyediakan mesin EDC.

Cara Klaim Asuransi Zurich Syariah

Untuk asuransi mobil, Zurich Syariah memiliki aplikasi Autocillin Mobile Claim yang dapat diunduh melalui melalui Android Google Play atau Apple App Store. Anda dapat melaporkan kerugian dan memantau proses klaim atau perbaikan apabila dilakukan di bengkel rekanan Zurich.

Sedangkan untuk asuransi motor, proses klaim dapat dilakukan dengan menghubungi Zurich Care di 1500 456 untuk pelaporan kerugian. Dokumen klaim dan proses selanjutnya mengacu pada wording polis.

Rekanan Asuransi Zurich Syariah

Rekanan Zurich  Syariah baik rumah sakit maupun bengkel tersebar di seluruh Indonesia untuk nasabahnya. Simak informasi selengkapnya.

Untuk bengkel rekanan Zurich Syariah, khususnya untuk pemegang polis Autocillin Ikhlas, dapat menggunakan layanan Autocillin Garage. Berikut alamat lengkapnya:

Nama Bengkel Nama Perusahaan Alamat Nomor Telepon
Autocillin Garage 01 PT. Karya Murni Sentosa Jl. Siliwangi KM. 7 No. 50 Caringin Rawalumbu Bekasi 085312649895 (Tika)
Autocillin Garage 02 CV Karya Mandiri l. Raya Bangkingan-Gedung No. 24 Ds. Gadung Rt.01 Rw.01-Desa Gadung, Surabaya 08570611180 (Satrya)
085739776969 (Siti)
082257418996 (Selly)
Autocillin Garage 03 PT. Karya Murni Sentosa Jl. Seha No.88 Jakarta Selatan 082125892206 (Lingga)
Autocillin Garage 04 CV. Molindo Inti Perkasa Jl. Gatot Subroto Baru No. 51 Tallo Makassar 081355888620 (Lina)
085340862202 (Erby)
Autocillin Garage 05 Karya Prima Jl. Krakatau No. 10 Medan 081362075234 (Yuni)
Autocillin Garage 06 CV Karya Mandiri Jl.Gatot Subroto Timur No.340 Tembau Denpasar 081999505897 (Dita)
Autocillin Garage 07 Auto Focus Jl. Sidosermo II / 72A Surabaya 081259262077 (Dilla)
081330489252 (Sukaryanto)
Autocillin Garage 08 UD Metro Motor Jl. Prof. Dr. Satrio No. 273 Karet Kuningan Jakarta 08161872434 (Yogi)
Autocillin Garage 09 PT. Karya Murni Sentosa Jl. By Pass km 15,5 Air Pacah, Padang (samping TVRI) 082385113113 (Wiwit)
Autocillin Garage 10 PT Megalos Auto
Cemerlang
Jl. Kopo Cirangrang No.443 Kel. Margasuka Kec. Babakan Ciparay Kota Bandung 087823364933 (Sansan)
Autocillin Garage 11 CV Jaya Bersama Jl. Bima No.89 Pekanbaru 082170018408 (Ari Wijaya)
Autocillin Garage 12 PT Glassindo Mobil Utama Jl. Gunung Sahari V No 9 Jakarta Pusat 087884278388 (Kusnadi)

Lihat daftar bengkel rekanan Asuransi Adira Syariah selengkapnya di sini!

Pertanyaan Seputar Asuransi Zurich Syariah

Apa itu Asuransi Adira Syariah dan Zurich Syariah?

Zurich Syariah merupakan salah satu unit usaha Zurich Insurance Group di Indonesia. Perusahaan terbentuk melalui konversi lisensi dari PT Zurich Insurance Indonesia dan spin off dari Unit Usaha Syariah (UUS) Adira Insurance yaitu Adira Insurance Syariah.

Sebelumnya dikenal sebagai Adira Insurance Syariah, Perusahaan didirikan pada tanggal 5 Maret 2004, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia No. KEP- 092/KM.6/2004, guna memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia akan produk syariah. Kedepannya sebagai asuransi Zurich Syariah, Perusahaan berkomitmen untuk terus memberikan perlindungan berbasis Syariah terbaik di kelasnya untuk masyarakat Indonesia.

Seperti Apa Metode Penggantian Biaya Asuransi Zurich Syariah?

Penggantian biaya atau cara pembayaran manfaat Asuransi Zurich Syariah akan dilakukan berdasarkan produk serta plan yang dipilih oleh nasabah.

  • Untuk penggantian asuransi kendaraan seperti asuransi motor dan mobil ditentukan oleh jenis produk yang dipilih. Untuk produk asuransi All Risk diberikan penggantian melalui perbaikan yang dilakukan di rekanan Zurich Insurance, sementara untuk total loss only (TLO) diberikan dalam bentuk tunai sesuai dengan perjanjian polis dan ketentuan yang berlaku. 
  • Untuk penggantian asuransi kesehatan dilakukan dengan sistem pembayaran reimbursement dan cashless.
  • Untuk penggantian asuransi perjalanan disesuaikan dengan klaim yang diajukan. Untuk klaim meninggal dunia diberikan dalam bentuk tunai, klaim kesehatan dalam bentuk cashless dan reimbursement tergantung plan dan produk yang dipilih.
  • Untuk asuransi kecelakaan dengan klaim kematian diberikan secara tunai, sedangkan untuk biaya pengobatan perawatan karena kecelakaan diberikan dalam bentuk reimbursement.
Bagaimana Cara Membeli Asuransi Zurich Syariah Secara Online?

Membeli produk Zurich secara online akan sangat praktis. Sebab, Anda tak perlu mendatangi kantor cabang Asuransi Zurich Syariah terdekat sekalipun. Dengan agen asuransi yang mencapai ratusan, cukup mudah bagi Anda membeli Asuransi Zurich melalui mereka.

Adapun beberapa produk yang dapat dibeli secara online melalui situs resmi Zurich Insurance, seperti produk:

  • Asuransi Mobil
  • Asuransi Motor

Atau, jika ingin lebih berimbang, Anda dapat membandingkan Zurich Insurance Syariah dengan produk asuransi lain secara online melalui situs aggregator asuransi seperti Lifepal. Melalui marketplace asuransi online Lifepal.co.id, Anda tidak hanya dapat membandingkan berbagai produk asuransi saja, tetapi juga membeli produk asuransi yang sesuai kebutuhan dan anggaran. 

Dengan demikian, Anda akan mendapatkan proteksi terbaik sesuai kebutuhan dengan premi paling menguntungkan. Beli asuransi online di Lifepal mudah dan cepat, cek caranya di sini!

Apa itu Adira Finance?

Adira Finance yang masih berada di bawah bendera PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pembiayaan. Mulai dari pembiayaan mobil, motor, barang elektronik, hingga kredit multiguna. Adira Finance adalah rekanan perusahaan Zurich Group.

Tersedia juga Adira Finance Syariah bagi yang nasabah yang ingin melakukan pembiayaan barang sesuai dengan syariat Islam.

Apa Bedanya Adira Syariah dan Adira Finance?

Adira Syariah dan Adira Finance adalah produk yang dimiliki oleh PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. Adira Syariah merupakan produk pembiayaan yang berlandaskan syariat Islam.

Sebaliknya, Adira Finance adalah produk pembiayaan yang menerapkan prinsip konvensional. Itulah yang membuat kedua produk ini berbeda antara satu dengan yang lain.

Bagaimana Cara Berhenti Menjadi Nasabah Asuransi Zurich Syariah?

Jika Anda ingin berhenti membayar polis Zurich Syariah bisa mengikuti prosedur berikut ini:

  • Hubungi call center Zurich Care di 1500456
  • Unduh formulir pembatalan asuransi/surrender.
  • Mengisi formulir dengan lengkap.
  • Mengembalikan buku polis asuransi.
  • Menyertakan fotokopi KTP dan buku tabungan,
  • Membayar kewajiban yang belum diselesaikan, pajak, dan administrasi bila ada.
  • Menunggu proses pembatalan asuransi dalam waktu maksimal 14 hari kerja.
  • Cara berhenti Zurich Syariah juga bisa dilakukan langsung lewat agen asuransi Anda.
Sumber dan Referensi

Lifepal berusaha untuk menyajikan informasi yang akurat dan terbaru tentang Zurich Syariah tetapi dapat berbeda dari informasi yang diberikan oleh penyedia layanan/institusi keuangan. Keseluruhan informasi diberikan tanpa jaminan, kami menyarankan untuk melakukan verifikasi sebelum melakukan keputusan finansial.

Berikut ini daftar laman situs yang disadur oleh tim penulis Lifepal.co.id:

  • https://www.zurich.co.id/id-id/
Daftar dan dapatkan promo asuransi terbaik! Diskon 25%
Dapatkan Promo