Asal Mula Asuransi AXA Mandiri: Dulu dan Sekarang

Asuransi AXA Mandiri

Asuransi tidak pernah lepas dari peran bank untuk melancarkan transaksi asuransi dalam pembayaran premi juga pengajuan klaim asuransi, seperti asuransi AXA Mandiri. Perusahaan asuransi AXA Mandiri adalah perusahaan asuransi yang berkoalisi dengan perusahaan bank dan perusahaan asuransi dari Prancis.

Asuransi AXA Mandiri mulai muncul ke pasar asuransi di Indonesia sejak tahun 2003. Perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan joint venture antara Bank Mandiri dengan perusahaan asuransi AXA.

Mungkin sebagian dari Anda baru mengetahui tentang informasi ini. Jika penasaran, mari kita simak asal mula perusahaan asuransi AXA Mandiri hingga berkembang di Indonesia hari ini.

Asuransi AXA Dimulai dari Kota Rouen

Bank Mandiri dengan AXA Insurance mulai menggabungkan diri di akhir tahun 2003 dengan nama asuransi AXA Mandiri

Usaha bisnis asuransi ini kemudian kerap meningkat pada tahun 2011. Hingga saat ini kedua perusahaan ini telah memegang saham Asuransi AXA (49%) dan Bank Mandiri (51%).

Sebelum mengembangkan perusahaan asuransi AXA ini, mereka mulai berperan sebagai penasihat keuangan yang tersebar yang baru dikembangkan di beberapa kantor cabang asuransi, yaitu 20 kantor cabang yang diwakili oleh 40 staf konsultan keuangan.

Hingga saat ini, asuransi AXA telah semakin berkembang dan meluas dengan 1.000 lebih karyawan konsultasi keuangan yang tersebar di seluruh Indonesia.

AXA Mandiri meluncurkan sekolah Bancassurance pertama di benua Asia demi memperkaya sumber daya manusia terhadap bidang perbankan dan asuransi. Tujuan sekolah ini untuk mendapatkan pelatihan secara komprehensif dan agresif tidak hanya untuk kompetensi staf asuransi AXA Mandiri tetapi juga staf Bank Mandiri juga.

Misi AXA dengan Bank Mandiri dalam mencapai misi perlindungan finansial untuk masyarakat Indonesia semakin meningkat dengan lebih dari puluhan ribu nasabah di seluruh Indonesia.

Bagi Anda yang mulai mempertimbangkan asuransi AXA sebagai asuransi pilihan dalam perlindungan finansial dan jaminan kesehatan, apa saja produk-produk yang ditawarkan dari asuransi AXA Mandiri? 

Produk-produk Asuransi AXA Mandiri

Asuransi AXA Mandiri memiliki banyak sekali pilihan produk yang dapat Anda pertimbangkan, yaitu:

Asuransi Kesehatan

Seperti yang sudah Anda tahu, asuransi kesehatan menjamin perlindungan terhadap biaya rawat inap, pengobatan, operasi dan sebagainya. Hal yang membedakan dari asuransi lain adalah Asuransi AXA Mandiri Hospitalife.

Produk asuransi ini memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan tersebut yaitu mendapatkan uang pertanggungan kematian hingga 100% pada saat Anda telah menyelesaikan pembayaran premi pada tahun pertama sampai keempat.

Perlindungan Jiwa

Hal yang perlu Anda tahu bahwa jenis produk asuransi AXA Mandiri ini memiliki banyak sekali pilihan yang dapat Anda pertimbangkan.

Produk ini tidak hanya menawarkan produk asuransi konvensional, melainkan juga berupa produk asuransi syariah. 

Sesuai namanya, Perlindungan Jiwa sangat bermanfaat bagi Anda yang mencari perlindungan kecelakaan (termasuk cacat permanen), santunan kematian, manfaat investasi dan loyalty bonus dalam mata uang Rupiah (IDR) dan Dollar Amerika Serikat (USD).

Asuransi Umum

Jenis asuransi ini memang jarang terdengar oleh Anda tetapi setidaknya dapat Anda pertimbangkan demi rencana tabungan masa depan.

Produk-produk asuransi AXA Mandiri ini terdiri dari Mandiri Hospitalife, Mandiri Travel, Mandiri Properti, Mandiri Mobil, Kecelakaan Diri dan Mandiri RTI-GAP (asuransi untuk kendaraan bermotor).

Penyakit Kritis

Bagi Anda yang memiliki risiko penyakit kritis, jenis asuransi AXA Mandiri ini merupakan pilihan yang cocok untuk Anda.

Manfaat asuransi yang akan Anda dapat berupa 2 macam. Manfaat tersebut berupa uang pertanggungan dan maslahat pengembalian premi. Syarat untuk mendapatkan klaim adalah telah melakukan pelunasan dalam waktu pertama dan keempat tahun dalam persetujuan.

Jenis-jenis produk asuransi AXA Mandiri terhadap penyakit kritis ada empat macam. Jenis tersebut yaitu Mandiri Proteksi Kanker, Mandiri Perlindungan Sejahtera, Mandiri Heart Protection dan Mandiri Perlindungan Sejahtera Syariah.

Asuransi Aset

Sesuai dengan namanya, jenis asuransi ini cocok untuk Anda yang memiliki harta kekayaan tidak bergerak seperti properti, alat berat, elektronik dan sebagainya.

Perlindungan ini bisa Anda dapatkan berupa tanggungan dari bencana alam seperti kebakaran, banjir, pencurian atau perampokan hingga Total Loss Only (TLO).

Asuransi Pendidikan

Asuransi AXA Mandiri juga cocok sekali bagi anak Anda yang ingin memiliki simpanan tabungan pendidikan. Melalui asuransi ini, Anda tidak hanya untuk melakukan investasi melainkan perlindungan jiwa dari cacat total hingga meninggal dunia.

Asuransi Pensiun

Asuransi ini juga disebut dengan Mandiri Tabungan Rencana yang dikhususkan untuk Anda yang ingin memiliki simpanan tabungan selama 1-20 tahun. Kelebihan lainnya yang akan Anda dapatkan dari produk ini adalah Anda dapat melakukan pengajuan tanpa proses underwriting.

Corporate Solution

Jenis asuransi AXA Mandiri ini adalah gabungan dari berbagai macam produk asuransi yang ditujukan kepada suatu organisasi atau komunitas yang dapat Anda pilih sesuai kebutuhan.

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan AXA Mandiri

Produk asuransi kesehatan AXA Mandiri punya beberapa pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan, seperti:

Asuransi Kesehatan Mandiri Prima

Kalau kamu mencari asuransi kesehatan dengan proteksi yang lengkap, Auransi Kesehatan Mandiri Prima bisa jadi pertimbangan. 

Pasalnya, asuransi ini selain memberikan santunan rawat inap akibat kecelakaan atau sakit, juga memberikan manfaat rawat jalan dan manfaat tunai yang memberikan perlindungan ganti rugi yang menyeluruh.

Beberapa keunggulan yang bisa didapatkan dari asuransi ini adalah:

  1. Perlindungan kesehatan menyeluruh di berbagai rumah sakit swasta, dokter umum atau dokter spesialis.
  2. Proses seleksi kesehatannya sangat sederhana. Kamu cuma diminta untuk menjawab tiga pertanyaan di surat permintaan asuransi kesehatan, tanpa medical check up.
  3. Setelah melewati tiga tahun masa tunggu, kamu bisa menikmati perlindungan kesehatan khusus untuk pre-existing condition.
  4. Ada perlindungan rawat inap termasuk biaya akomodasi untuk orang tua tertanggung serta manfaat tunai sebagai bonus.
  5. Adanya ganti rugi untuk perawatan rawat jalan, seperti chriopractic, akupuntur, pengobatan tradisional Cina hingga tindakan bedah rawat jalan.
  6. Bantuan transportasi ambulans dan instalasi gawat darurat yang berlaku global dan perawatan gigi yang disebabkan kecelakaan.
  7. Pengembalian premi sebesar 100 persen meskipun tak ada klaim.

Asuransi Mandiri Jaminan Kesehatan

Asuransi ini memberikan perlindungan selain buat tertanggung, juga buat keluarga tertanggung dalam menjalani rawat jalan atau rawat inap.

Buat kamu yang tertarik dengan produk ini, simak dulu ya keunggulannya berikut ini:

  1. Kalau lima tahun berturut-turut gak terjadi klaim, kamu akan mendapat pengembalian premi yang tidak diibayarkan sebesar 100 persen.
  2. Dapat diskon 10 persen untuk untuk total premi yang sudah dibayarkan mengikutsertakan keluarga (suami, istri atau anak)
  3. Bayar premi tahunan cukup 10 bulan saja.
  4. Ada manfaat harian rawat inap akibat kecelakaan atau penyakit dengan maksimum 90 hari per tahun polis berlaku.
  5. Ada manfaat santunan untuk perawatan di IGD selama 30 hari per tahun polis aktif.
  6. Ada manfaat pembedahan sampai Rp10 juta per pembedahan.
  7. Biaya penggantian transportasi ke rumah sakit sampai dengan Rp1 juta saat menjalani rawat inap.

Asuransi Mandiri Proteksi Kanker

Produk ini dirancang khusus untuk kamu yang peduli dengan resiko kanker dan berlaku juga untuk melindungi anggota keluarga. Ada beberapa plan yang bisa dipilih dengan pertanggungan hingga Rp250 juta.

Beberapa keunggulan dari produk ini dibanding asuransi kesehatan yang lain adalah:

  1. Kalau tertanggung meninggal dunia akibat kanker atau didiagnosa mengidap penyakit kanker, ada pertanggungan senilai hingga Rp250 juta.
  2. Pengembalian premi bila 3 tahun berturut-turut tidak terjadi klaim. Untuk 1 hingga 3 tahun mendapat 25 persen dari total premi, 4 hingga 6 tahun mendapat 50 persen dan 7 hingga 9 tahun mendapat 100 persen.

Asurani Mandiri Hospitalise

Produk ini lebih bersifat memberikan proteksi terhadap masa depan dengan memberikan santunan pada pengobatan rawat inap dan meninggal dunia. 

Beberapa keunggulannya yang bisa jadi bahan pertimbangan adalah:

  1. Santunan harian rawat inap dan santunan jiwa dengan pengembalian hingga 100 persen.
  2. Pengembalian premi 100 persen dengan terjadi atau tidak terjadi klaim.
  3. Preminya dalam jangka waktu empat tahun.
  4. Santunan rawat inap berupa rawat inap harian, rawat inap akrena penyakit tropis dan perawatan IGD.    

Asuransi Mandiri Heart Protection

Buat kamu yang peduli dengan risiko penyakit jantung atau didiagnosa menderita penyakit jantung. 

Manfaat dari proteksinya berlaku untuk tertanggung bila terdiagnosa menderita penyakit jantung, terkena stroke atau meninggal dunia karena sebab apapun.

Beberapa keunggulannya adalah:

  1. Pemberian manfaat uang perawatan bila tertanggung didiagnosa mengalami penyakit jantung atau stroke.
  2. Pemberian santunan apabila tertanggung meninggal dunia
  3. Pengembalian uang premi sebesar 105 persen dari total premi yang dibayar selama akumulasi 120 bulan terakhir apabila polis tetap aktif sampai ulang tahunnya yang ke-10 sejak tanggal polis berlaku. 

Keuntungan Memilih Asuransi Kesehatan AXA Mandiri

Ada banyak keuntungan secara umum yang bisa kamu dapatkan bila membeli produk asuransi ini. Beberapa di antaranya adalah:

  1. Banyak pilihan produk yang beragam dan memberikan perlindungan juga untuk keluarga.
  2. Asuransi rawat inap dengan manfaat hingga Rp1 juta per hari.
  3. Preminya terjangkau sesuai usia dan jenis paket yang ditawarkan.
  4. Sistem pembayaran yang terpadu dengan berbagai kemudahan dan bisa dilakukan dari bank-bank terkenal di Indonesia.
  5. Proses klaimnya mudah dan cepat.
  6. Ada layanan customer care yang tersedia setiap saat.
  7. Jaringan rumah sakit rekanannya tersebar di seluruh dunia.

Kelebihan Mengajukan Asuransi Kesehatan AXA Mandiri Secara Online

Asuransi Kesehatan AXA Mandiri juga bisa dibeli secara online dengan berbagai keuntungannya tersendiri, seperti berikut ini:

  1. Lebih hemat waktu, karena semua proses registrasi dilakukan dengan online dalam sistem yang terintegrasi. Kamu gak perlu repot bertemu dengan agen asuransi.
  2. Pengajuan secara online juga bisa membuat kamu mendapatkan premi yang lebih murah karena pengurangan biaya distribusi dan infrastruktur.
  3. Banyak jenis produk yang ditawarkan secara online sehingga nasabah bisa bebas memilih dan membandingkan satu sama lain sesuai dengan kebutuhan.
  4. Portal yang menarik dan lengkap membuat nasabah bisa dengan mudah mengisi proses pengajuan asuransi tanpa ribet.
  5. Selain website yang menarik, kamu juga bisa melihat berbagai testimoni dari para pengguna asuransi. Jadi bisa bikin kamu semakin yakin dengan produk pilihan kamu.

Syarat Membeli Polis Asuransi Kesehatan AXA Mandiri

Untuk membeli polis asuransi kesehatan AXA Mandiri gak sulit kok. Kamu tinggal mengikuti beberapa persyaratan berikut ini:

  1. Tertanggung harus berusia minimal 6 bulan dan maksimal 70 tahun.
  2. Melengkapi dokumen dan data pribadi, seperti:
  3. a) Fotokopi KTP/KITAS
  4. b) Lampiran hasil pemeriksaan kesehatan (bila dibutuhkan)
  5. Mengisi formulir asuransi kesehatan AXA Mandiri.

Pengecualian dalam Asuransi Kesehatan AXA Mandiri

Perlu kamu ketahui, namanya asuransi pasti akan ada pengecualian untuk lingkup proteksinya. Untuk asuransi kesehatan AXA Mandiri berikut ini adalah pengecualiannya:

  1. Penyakit yang sudah ada sebelumnya (pre-existing condition). Tapi ini tergantung pada jenis produk asuransi apa yang kamu pilih.
  2. Pengajuan klaim manfaat yang diajukan lebih dari 30 hari terhitung sejak tertanggung dan/atau menjalani proses perawatan dengan memberikan formulir klaim dan dokumen pendukung lainnya.

Itulah perjalanan panjang dan jenis produk asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi AXA Mandiri. Kamu dapat mempertimbangkan penawaran terbaik ini kepada keluarga atau rekan kamu karena jaminan kesehatan dan finansial untuk masa depan yang lebih baik adalah hal utama. (Editor: Chaerunnisa)