Asuransi Gigi Tidak Boleh Disepelekan, Ini Alasannya!

penting untuk memiliki asuransi gigi

Asuransi gigi adalah solusi yang paling tepat untuk mengatasi biaya medis perawatan gigimu. Tentu saja biaya ini tidak kecil karena kamu tentu membutuhkan layanan perawatan yang tepercaya oleh dokter gigi yang berpengalaman, bukan?

Nah, itulah alasan utama kenapa kamu harus memiliki asuransi gigi. Lalu, apa saja rekomendasi produk asuransi yang cocok untukmu? 

Bermula di Amerika Serikat

Berbeda dengan asuransi kesehatan, asuransi gigi baru muncul pada abad ke-20, tepatnya pada tahun 1954 di California. Fenomena ini ternyata semakin meningkat hingga pada tahun 1970. Setiap tahun jenis asuransi tersebut telah memberikan santunan kepada masyarakat Amerika Serikat mencapai 1.000 Dollar Amerika Serikat per tahun.

Perusahaan asuransi pertama yang mulai meluncurkan produk tersebut oleh Delta Dental. Terobosan ini diikuti oleh beberapa perusahaan asuransi di Amerika Serikat lainnya seperti Guardian Insurance, Blue Cross Blue Shield, Concordia, Cigna dan sebagainya.

Kenapa harus membeli asuransi gigi?

Perawatan gigi adalah salah satu faktor utama dalam menjaga kesehatan tubuh. Mungkin menurutmu gigi masih belum menjadi prioritas utama dalam menjaga kesehatan pribadu. Tapi tahukah kamu bahwa di antara semua jenis perawatan kesehatan tubuh, perawatan gigi termasuk paling mahal meskipun melakukan perawatan rutin?

Jadi, kamu pun harus tahu seberapa penting asuransi gigi bagi kesehatan karena kerusakan gigi pun akan mengganggu kesehatan lainnya seperti pencernaan bahkan syaraf.

1. Perawatan paling mahal

Seperti yang disebutkan sebelumnya, perawatan gigi merupakan perawatan kesehatan tubuh paling mahal di antara perawatan lainnya. Hal itu disebabkan baru sedikit sekali perusahaan asuransi yang menjamin perlindungan biaya perawatan kesehatan gigi, termasuk dari pemerintah.

Jika kita merawat gigi di sembarang klinik yang belum kita tahu kualitasnya, justru akan mempengaruhi kesehatan lainnya dan merusak tampilan gigi. Itulah sebabnya jika tidak dibiasakan untuk merawat gigi dengan hati-hati, akan mengakibatkan kerusakan yang fatal.

2. Paket asuransi terpisah

Ketika kamu membeli asuransi kesehatan atau jiwa, pastikan untuk menanyakannya dahulu kepada agen asuransi bahwa paket asuransi yang kamu pilih sudah termasuk asuransi gigi beserta manfaat-manfaat yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Jika paket yang dibeli belum termasuk dengan asuransi gigi, pastikan perusahaan asuransi tersebut memiliki paket tambahan perlindungan gigi supaya proteksi kesehatanmu semakin maksimal.

Jenis perawatan asuransi gigi

Supaya tidak salah memilih jenis perawatan yang tepat dengan kondisimu, berikut jenis-jenis perawatan gigi yang biasa ditawarkan di rumah sakit atau klinik gigi.

1. Perawatan dasar (Basic Care)

Jenis perawatan gigi ini merupakan hal yang paling umum dilakukan oleh masyarakat biasanya. Perawatan tersebut dilakukan tidak hanya pada saat mengalami kerusakan pada gigi sehingga kamu bisa melakukan kunjungan rutin kapan saja.

Perawatan basic care ini bisa berupa penambalan gigi, pembersihan karang gigi, perbaikan akar gigi, atau pencabutan gigi.

2. Perawatan kompleks (Major Care)

Perawatan ini dikhususkan bagi yang sudah memiliki masalah pada gigi dan membutuhkan perlindungan khusus secara finansial karena membutuhkan biaya yang sangat banyak. Jenis perawatan ini terdiri dari pembedahan gigi dan implantasi gigi.

Perawatan ini juga bisa dilakukan untuk kamu yang mengalami kecelakaan dan membutuhkan perawatan terhadap gigi karena membutuhkan penanganan khusus.

3. Pemasangan gigi palsu

Penggunaan gigi palsu tidak boleh sembarangan karena harus melakukan persetujuan dari dokter gigi. Dalam hal ini, pastikan kamu sudah memiliki resep atau surat pengantar dari dokter untuk melakukan klaim asuransi untuk pemasangan gigi palsu.

Rekomendasi 3 perusahaan asuransi gigi terbaik

Jenis Perawatan Asuransi Gigi

 

Setelah mengetahui jenis-jenis perawatan gigi, perusahaan asuransi mana saja yang baik untuk direkomendasikan? Berikut ini polis asuransi dari tiga perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia.

1. Cigna Senyum Sehat

Asuransi Kesehatan Cigna meluncurkan sebuah terobosan ‘Cigna Senyum Sehat’ yang melayani perlindungan khusus untuk menjamin pengeluaran untuk perawatan gigi.

Asuransi gigi ini dikhususkan untuk semua orang mulai usia anak-anak (1-17 tahun) dan dewasa (21-59 tahun). Hanya dengan membayar premi sebesar Rp6.000 per hari, kamu akan mendapatkan manfaat proteksi gigi maksimal sebesar 24 juta per tahun.

Selain itu, asuransi ini dapat menjangkau lebih dari 700 rumah sakit di seluruh Indonesia yang menerapkan sistem layanan cashless supaya transaksimu semakin nyaman.

2. Asuransi Dental Danamon

Bank Danamon juga memiliki produk asuransi gigi yang bekerja sama dengan ACE Insurance. Produk ini menawarkan perlindungan dental yang cocok untuk semua usia mulai dari anak-anak (1-17 tahun) dan dewasa (18-60 tahun) dengan perlindungan maksimal hingga usia 65 tahun.

Manfaat asuransi ini dapat kamu nikmati hingga Rp10.000.000 per tahun. Produk ini memiliki 3 (tiga) paket menarik dengan manfaat yang bermacam-macam, yaitu:

  • Plan 1 dengan pembayaran premi sebesar Rp148.000 dengan 100% jaminan untuk Provider Jaringan Utama dan 70% jaminan untuk bukan anggota jaringan.
  • Plan 2 dengan pembayaran premi sebesar Rp170.000 dengan 80% jaminan untuk Provider Jaringan Utama dan 50% jaminan untuk bukan anggota jaringan.
  • Plan 3 dengan pembayaran premi sebesar Rp188.000 dengan 100% jaminan untuk Provider Jaringan Utama dan 70% jaminan untuk bukan anggota jaringan.

3. Asuransi Gigi Mandiri

Produk asuransi gigi dari Bank Mandiri ini bekerja sama dengan PT Chubb General Insurance untuk memberikan perlindungan pada gigimu. Produk ini ditujukan untuk pengguna kartu kredit Bank Mandiri yang digantikan berupa uang tunai terhadap perawatan gigi nasabahnya.

Produk asuransi dari Bank Mandiri ini ditujukan untuk kamu yang berusia 18-60 tahun. Kamu bisa memilih salah satu dari empat polis perlindungan gigi dari mereka, yaitu:

  • Plan A dengan pembayaran premi sebesar Rp131.000 per bulan atau Rp1.572.000 per bulan dengan 80% jaminan untuk Provider Jaringan Utama dan 50% jaminan untuk bukan anggota jaringan.
  • Plan B dengan pembayaran premi sebesar Rp150.000 per bulan atau Rp1.800.000 per bulan dengan 100% jaminan untuk Provider Jaringan Utama dan 70% jaminan untuk bukan anggota jaringan.
  • Plan C dengan pembayaran premi sebesar Rp167.500 per bulan atau Rp187.000 per bulan dengan 80% jaminan untuk Provider Jaringan Utama dan 50% jaminan untuk bukan anggota jaringan
  • Plan D dengan pembayaran premi sebesar Rp187.000 per bulan atau Rp2.244.000 per bulan dengan 100% jaminan untuk Provider Jaringan Utama dan 70% jaminan untuk bukan anggota jaringan

Itulah sekilas info penting seputar asuransi gigi. Perlu diketahui bahwa faktor utama permasalahan pada gigi disebabkan oleh makanan dan kebersihan gigi yang kurang merata.

Oleh karena itu, buatlah perencanaan pola makan yang sehat dan susunlah bujet keuanganmu secara ideal sekaligus mengalokasikannya sebagian untuk mendapatkan perlindungan kesehatan gigi.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →