Informasi Seputar Asuransi Kesehatan Anak [Plus Cara Memilihnya]

Asuransi kesehatan anak

Salah satu bukti kecintaan orang tua pada buah hatinya adalah dengan memberikan asuransi kesehatan anak.

Sebab siapa sih yang menginginkan anaknya sakit? Namun, kalau itu pun terjadi, orangtua akan lebih tenang karena sudah ada proteksi.

Jika sudah memiliki asuransi kesehatan keluarga, kamu bisa menyertakan anak dalam satu polis asuransi yang sama. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi membeli dua polis asuransi yang berbeda dengan manfaat serupa.

Mengapa perlu asuransi kesehatan anak?

Ada beberapa alasan mengapa perlu asuransi khusus untuk anak-anak .

1. Asuransi kesehatan yang kamu miliki tidak memberikan perlindungan terhadap anak

Artinya, kamu harus mencari asuransi kesehatan yang cocok untuk anak. Ada pula yang memberikan perlindungan pada anak namun dengan catatan anak berusia lebih dari 5 tahun. Kurang dari usia tersebut, anak tidak di-cover oleh asuransi tersebut.

Salah satunya adalah perlindungan dari BPJS Kesehatan. Anak yang baru lahir tidak serta-merta ditanggung oleh BPJS Kesehatan, lho. BPJS biasanya hanya menanggung semua tindakan yang berkaitan dengan ibu si bayi.

Padahal penanganan antara dokter umum dengan dokter spesialis anak sangat berbeda. Itulah sebabnya, asuransi kesehatan anak sangat diperlukan untuk meng-cover segala kebutuhan anak, terutama untuk pemeriksaan dan perawatan di rumah sakit khusus anak.

2. Asuransi kesehatan untuk anak memberikan perlindungan yang dirancang khusus memang untuk anak-anak

Asuransi kesehatan anak ini umumnya sudah mencakup pemeriksaan kesehatan rutin, pemeriksaan mata, dan penggantian biaya untuk imunisasi.

Ada asuransi anak yang dihitung sejak anak berumur 5 bulan sejak dilahirkan dan ada pula asuransi kesehatan anak yang meng-cover sejak anak dilahirkan.

Bagaimana sih asuransi kesehatan untuk anak tersebut? Simak penjelasan berikut.

Asuransi kesehatan keluarga bisa melindungi anak

Tak banyak yang tahu bahwa saat ini sudah ada asuransi kesehatan keluarga yang sekaligus memberikan proteksi pada anak.

Keunggulannya, kamu hanya cukup memiliki satu polis asuransi saja tetapi melindungi seluruh keluarga. Produk ini biasanya akan melindungi tiga sampai lima orang dalam satu keluarga yang dibuktikan oleh kartu keluarga.

Cakupan perlindungannya juga beragam. Mulai dari rawat jalan, rawat inap, santunan perawatan di rumah sakit karena penyakit dan kecelakaan, dan santunan pembedahan. Nah, premi asuransi kesehatan keluarga tersebut tentu disesuaikan dengan benefit yang akan diterima.

Berikut ciri asuransi kesehatan yang cocok untuk anak dan panduan memilih yang tepat.

Kriteria penting asuransi kesehatan anak

Perlu diketahui bahwa asuransi kesehatan dewasa berbeda dengan asuransi kesehatan anak. Begitu pula jika kamu memiliki asuransi kesehatan keluarga, pastikan bahwa di dalam polis asuransi terdapat manfaat khusus untuk anak.

Perbedaan paling utama antara asuransi kesehatan biasa dengan asuransi kesehatan anak adalah manfaat yang didapatkan tertanggung dalam hal ini adalah anak-anak di usia tertentu, diantaranya seperti:

  • Vaksinasi/Imunisasi
  • Rawat Jalan, dan
  • Rawat Inap

Sementara itu, asuransi kesehatan biasa hanya meng-cover rawat jalan dan rawat inap saja. Padahal anak-anak masih membutuhkan beberapa imunisasi wajib untuk menghindari beberapa risiko terkena penyakit tertentu saat mereka beranjak dewasa.

Selain itu, kamu juga bisa melihat dari jaringan rumah sakit yang disediakan oleh perusahaan asuransi. Beberapa kota kini sudah tersedia rumah sakit khusus ibu dan anak. Pilih rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Jika kamu sudah memiliki dokter spesialis anak tertentu, pastikan dokter tersebut sudah terjangkau dalam polis asuransi kesehatan anak yang dipilih.

Begitu juga dengan layanan kesehatan seperti NICU (Neonatal Intensive Care Unit), karena tidak semua rumah sakit memiliki fasilitas tersebut.

NICU adalah ruang perawatan khusus di rumah sakit yang digunakan untuk bayi prematur dan baru lahir untuk mendapatkan perawatan secara intensif agar mencegah terjadinya kegagalan organ sang bayi.

Cara memilih asuransi kesehatan anak terbaik

Melihat perbedaan antara kebutuhan orang dewasa dan anak-anak, kamu perlu lebih selektif lagi ketika memilih asuransi kesehatan anak.

  1. Pastikan bahwa manfaat yang diberikan untuk anak sudah sesuai dengan kebutuhan untuk anak seperti imunisasi atau vaksinasi hingga pemeliharaan kesehatan mata dan gigi di samping jaminan santunan rawat jalan dan rawat inap.
  2. Pilih sistem pembayaran cashless sehingga kamu tidak perlu dipusingkan dengan sistem penggantian biaya rumah sakit.
  3. Pastikan asuransi kesehatan anak dipilih memiliki jaringan rumah sakit yang memberikan pelayanan khusus untuk anak. Khususnya jaringan rumah sakit ibu dan anak.
  4. Cek kembali ketersediaan fasilitas khusus untuk anak di rumah sakit terdekat yang dipilih. Pasalnya, kebutuhan fasilitas untuk anak berbeda dengan fasilitas kesehatan untuk orang dewasa.
  5. Pastikan premi yang dipilih sesuai dengan kemampuan finansial. Utamakan untuk mendapatkan rawat inap jika memang belum bisa memproteksi hingga rawat jalan.

Perlu diingat bahwa asuransi pendidikan dan kesehatan anak berbeda satu sama lain. Asuransi pendidikan lebih menitikberatkan pada asuransi jiwa dan investasi. Sedangkan kesehatan anak merupakan asuransi murni yang memberikan proteksi terhadap kesehatan anak.

Oleh karena itu, ada baiknya pilih yang benar-benar kamu butuhkan. Tidak perlu mengambil asuransi dengan benefit kesehatan yang berpadu dengan jiwa. Sebab hal tersebut akan mengurangi manfaat yang kamu terima tetapi preminya malah cukup tinggi.

Mengenali asuransi kesehatan anak terbaik

Sebagai orang tua, kita selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anak, termasuk urusan asuransi.  Bagi orang tua yang bingung untuk membelikan produk asuransi kesehatan anak yang cocok dan dinilai terbaik, ada sejumlah kriteria yang bisa jadi pedoman untuk memilihnya. 

Berikut ini tips mendapatkan asuransi kesehatan anak terbaik dari Lifepal.

  • Pilih perusahaan asuransi yang punya kinerja baik
  • Bandingkan dengan produk lain
  • Jaringan rumah sakit dan manfaat yang diberikan
  • Pertimbangkan perlindungan komprehensif
  • Klaim yang bisa dilakukan secara online

1. Pilih perusahaan asuransi yang punya kinerja baik

Tentu kita tidak ingin dana yang kita percayakan untuk dikelola perusahaan asuransi menguap karena persoalan internal perusahaan tersebut. 

Dalam memilih perusahaan asuransi, pastikan yang telah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan. 

Seperti diketahui, OJK mengawasi kondisi keuangan perusahaan asuransi karena ada kewajiban untuk mengirimkan laporan keuangan. Plus, ketentuan risk based capital atau RBC sesuai OJK untuk memastikan ketahanan keuangan. 

Kamu bisa memeriksa apakah asuransi tersebut terdaftar dan diawasi oleh OJK dari website resmi perusahaan asuransi tersebut.

Biasanya perusahaan asuransi menyertakan keterangan tersebut atau jika ingin memastikan secara langsung, bisa memeriksanya dari website resmi OJK. 

2. Bandingkan dengan produk lain

Seperti halnya berbelanja kebutuhan penting lain, sangat penting kita mengenal atau mengetahui produk asuransi yang lain.

Ini akan membantu kita menyesuaikan kebutuhan perlindungan untuk anak. Bukan tidak mungkin, kita mendapatkan produk yang lebih pas atau cocok dari pilihan sebelumnya. 

Saran dari Lifepal, pilih produk asuransi tidak hanya dari besaran premi yang ditawarkan lebih murah ketimbang produk perusahaan asuransi lain. Sebaliknya, pilih yang memberikan jangkauan lebih luas dari sisi layanan. 

3. Jaringan rumah sakit dan manfaat yang diberikan 

Ini adalah hal penting karena memudahkan kita sebagai orang tua menjangkau layanan kesehatan saat dibutuhkan. Tentu saat anak membutuhkan layanan kesehatan, kita menginginkan rumah sakit yang mudah dijangkau dari rumah serta layanan prima.

Ini  harus menjadi pertimbangan kita terkait akses dari produk asuransi yang kita miliki. 

Manfaat yang diberikan juga sangat penting untuk kita ketahui. Ini termasuk soal fasilitas pengobatan yang anak kita terima, termasuk juga kebutuhan vaksinasi atau imunisasi yang disarankan diterima. 

Saran Lifepal, tentukan dahulu jaringan rumah sakit yang dituju kemudian tanyakan ke perusahaan asuransi tersebut apakah berada dalam jaringannya. Sesuaikan juga pilihan rumah sakit tersebut dengan dokter anak yang praktik. 

4. Pertimbangkan perlindungan komprehensif

Ada sejumlah produk asuransi yang menawarkan perlindungan tidak hanya untuk anak, tetapi juga memberikan perlindungan kepada orang tuanya dalam hal ini ibu.

Biasanya pilihan produk asuransi anak yang menawarkan perlindungan komprehensif dibagi dalam dua jenis. Pertama, perlindungan komprehensif untuk satu kesatuan, yakni ibu sejak anak masih dalam kandungan. Anak akan mendapatkan perlindungan sejak lahir bersama sang ibu.

Kedua, perlindungan komprehensif diberikan dari sejak dilahirkan sampai anak mengenyam bangku pendidikan.  Jadi, kamu tinggal menyesuaikan saja produk asuransi yang diinginkan ya. 

5. Klaim yang bisa dilakukan secara online 

Kondisi sekarang ini dengan kemudahan teknologi jadi klaim tidak perlu datang ke kantor cabang dari perusahaan asuransi tersebut. Cukup lewat email, telepon, atau aplikasi serta mengunduh dokumen penting maka sudah bisa melakukan klaim. 

Meski begitu, waktu klaim yang cepat atau lama juga tergantung dari kita ya. Pastikan dokumen yang tersedia lengkap dan sudah sesuai standar dari permintaan perusahaan asuransi. Dengan begitu, proses klaimnya juga akan lebih cepat.  

Cara memilih asuransi khusus bayi

Kehadiran seorang anak dalam sebuah keluarga tentu membawa kebahagiaan. Sebagai orang tua, kita selalu menginginkan hal yang terbaik untuk anak mulai dari makanan, kesehatan, pendidikan hingga fasilitas yang memadai untuk sang bayi bisa tumbuh sempurna. 

Dari berbagai kebutuhan seorang anak, perlindungan berupa asuransi adalah hal penting yang perlu dipersiapkan orang tua.

Sangat bagus malah diberikan sejak lahir atau dalam kondisi bayi. Mengapa membeli asuransi sedini mungkin? Tentu karena manfaat yang akan diterima maksimal sejak lahir hingga kondisi saat dibutuhkan. 

Lalu bagaimana cara memilih asuransi khusus bayi? Berikut cara memilih asuransi khusus bayi dari Lifepal.

  • Pelajari pilihan-pilihan polis asuransi jiwa yang sesuai
  • Prioritaskan cakupan perlindungan yang amat dibutuhkan
  • Sertakan perlindungan asuransi kecelakaan
  • Cek asuransi kesehatan dari kantor
  • Pilih benefit yang lengkap

1. Pelajari pilihan-pilihan polis asuransi jiwa yang sesuai

Polis asuransi jiwa dapat sangat bervariasi, tetapi umumnya termasuk dalam dua kategori: asuransi term life dan asuransi whole life, yang sering disebut sebagai asuransi seumur hidup atau universal.

Pilihan-pilihan tersebut harus lebih dahulu dipelajari untuk disesuaikan dengan kebutuhan si anak. Pertimbangkan secara matang pilihan tersebut dan hitung secara detail untung dan ruginya.

Ingat, asuransi adalah komitmen jangka panjang jadi harus diperhatikan betul . 

2. Prioritaskan cakupan perlindungan yang amat dibutuhkan

Agen asuransi memang membantu kita dalam memilih produk. Biasanya agen asuransi akan menghitung biaya perawatan anak hingga pendidikan.

Kemudian mereka akan menawarkan kepada kita untuk menjual tambahan-tambahan produk yang mungkin saja tidak dibutuhkan.

Dalam kondisi ini, kita harus jeli dan mengenal kebutuhan sang anak. Jangan sampai terjebak dengan tawaran-tawaran menggiurkan dari sang agen!

Ingat selalu pada tujuan membeli asuransi bukan membeli kemudian tertarik dengan perlindungan yang sifatnya hanya pelengkap. 

3. Sertakan perlindungan asuransi kecelakaan

Seorang balita lebih rentan terhadap kecelakaan ketika mereka pertama kali mencoba merangkak atau berjalan. Bahkan, di bawah pengawasan ketat orang dewasa, si anak masih berpotensi jatuh dalam sekejap.

Kejatuhan yang serius dapat menyebabkan cedera tubuh yang memerlukan perawatan medis rawat jalan. Selain itu, anak-anak juga lebih rentan terhadap penyakit menular, seperti tangan, makanan, dan penyakit mulut. 

Manfaat perlindungan untuk polis kecelakaan pribadi patut dipertimbangkan untuk dibeli. Sebab selama proses pengasuhan anak, tidak tertutup kemungkinan terjadi kecelakaan.

Karena itu, untuk mencegah risiko finansial keuangan goyang, diperlukan perlindungan untuk anak.

4. Cek asuransi kesehatan dari kantor

Jika salah satu dari orang tua bekerja dan diberikan fasilitas kesehatan berupa asuransi dari kantor, kamu sebagai orang tua perlu menimbang pilihan asuransi bayi yang hendak dibeli. 

Jika kamu hendak membeli asuransi tambahan di luar asuransi kesehatan yang telah diberikan oleh kantor, pertimbangkan hal-hal berikut ini: 

  • Beli asuransi bayi yang sifatnya jangka panjang, maksudnya tidak meng-cover kondisi di masa depan si anak. Misalnya, membeli asuransi bayi yang sebenarnya alokasinya untuk dana pendidikan. 
  • Besaran premi yang akan dibayarkan. Idealnya, semakin dini pembelian asuransi, semakin murah premi yang dibeli. Jadi, hitung cermat soal besar premi yang harus dibayarkan nantinya. 
  • Cara terbaik untuk membeli asuransi kesehatan untuk anak-anak sekitar satu bulan setelah mereka lahir, setelah akta kelahiran diperoleh. 

5. Pilih benefit yang lengkap

Pada tahun awal seorang anak, kondisinya tersebut sebenarnya dianggap pada periode kritis. Orang tua pun dituntut untuk memberikan perhatian ekstra terhadap perawatan kesehatan anak mereka.

Nah, perawatan tersebut umumnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Misalnya, biaya yang dikeluarkan untuk, vaksinasi, obat-obatan, dan lain-lain.

Oleh karena itu, jika kamu mencari paket asuransi kesehatan terpisah untuk anak, pastikan untuk memilih paket asuransi kesehatan anak yang menawarkan perlindungan untuk kebutuhan perawatan kesehatan bayi maksimum seperti itu imunisasi dan kesehatan dan keselamatan anak.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui tentang asuransi kesehatan anak. Kamu bisa mempertimbangkan asuransi kesehatan anak terbaik berdasarkan manfaat yang diberikan serta kebutuhan anak itu sendiri.  

Jangan ragu untuk menghubungi lifepal.co.id agar bisa mendapatkan konsultasi gratis terkait asuransi kesehatan anak terbaik di Indonesia.