9 Asuransi Kesehatan Karyawan Terbaik  [Tips Memilihnya]

jenis asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan karyawan adalah proteksi finansial atas risiko medis yang diberikan oleh perusahaan asuransi kepada karyawan atau pekerja perusahaannya. 

Banyak yang beranggapan kalau jenis asuransi ini sebenarnya sudah tidak dibutuhkan, karena ada asuransi sosial yang bersifat wajib yaitu BPJS Kesehatan. Sebenarnya anggapan ini tidak sepenuhnya benar, sebab ada beberapa manfaat atau layanan asuransi karyawan yang tidak tersedia di BPJS Kesehatan

Biar gak bingung, mari simak ulasan rekomendasi asuransi kesehatan terbaik di Indonesia berikut ini, yuk! 

  • Asuransi kesehatan dari pemerintah atau dikenal juga dengan istilah BPJS Kesehatan. Setiap perusahaan wajib mendaftarkan karyawannya dalam kepesertaan BPJS Kesehatan.
  • Asuransi kesehatan swasta bersifat tidak wajib dan ditawarkan oleh perusahaan asuransi swasta. Contohnya, AXA, FWD, Manulife, dan masih banyak lagi.

9 Rekomendasi Asuransi Kesehatan untuk Karyawan Terbaik di Indonesia

Jika perusahaan memiliki lebih dari lima karyawan, itu berarti asuransi kesehatan untuk karyawan sangatlah dibutuhkan. Kenapa? 

Pertama, ini bisa menjadi daya tarik bagi calon-calon karyawan terbaik lainnya untuk gabung dalam perusahaan tersebut. Kedua, ketika kebutuhan keamanan dan kenyamanan dalam bekerja karyawan terpenuhi, sudah terbukti mereka cenderung lebih loyal terhadap perusahaan. 

Jika sedang mencari asuransi kesehatan untuk karyawan terbaik, simak rekomendasi berikut ini: 

  • AIA
  • Allianz
  • Avrist
  • Astra Life
  • ACA
  • Sinarmas
  • Equity Life
  • Prudential
  • Manulife

Asuransi AIA

Salah satu pilihan polis asuransi kesehatan karyawan AIA yang dikhususkan untuk tertanggung karyawan adalah AIA Voluntary Solution. Keunggulan polis asuransi AIA ini adalah memiliki manfaat asuransi karyawan yang sangat lengkap. Mulai dari santunan meninggal dunia, cacat tetap, penyakit kritis, hingga rawat inap. 

Asuransi Allianz

Pilihan polis asuransi kesehatan Allianz untuk karyawan yang bisa kamu manfaatkan adalah Allianz SmartHealth. Menariknya asuransi ini menanggung mulai dari biaya rawat inap, rawat jalan, hingga melahirkan. Selain itu, manfaat asuransi ini tidak hanya berlaku terhadap tertanggung karyawan saja, melainkan juga keluarganya.

Asuransi kesehatan Avrist

Pilihan lainnya adalah asuransi kesehatan karyawan Avrist, yaitu Avrist Group Health Care Silver. Manfaat yang diberikan juga tidak kalah menarik yaitu pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, serta santunan meninggal dunia sekaligus. Jadi, karyawan yang diasuransikan bisa mendapatkan manfaat asuransi kesehatan dan asuransi jiwa sekaligus. 

Asuransi Astra Life

Selain unggul dengan pilihan polis asuransi kesehatan individunya, Astra Life juga memberikan pilihan asuransi kesehatan untuk karyawan yang cukup menarik. Melalui polis Astra WinHealth, manfaat yang diberikan mencakup pertanggungan biaya rawat inap, pembedahan, rawat jalan, perawatan gigi, kacamata, persalinan, hingga santunan meninggal dunia. Karena itu, polis ini sering disebut-sebut sebagai polis asuransi kesehatan untuk karyawan terbaik di Indonesia. 

Asuransi ACA

Asuransi kesehatan karyawan ACA sangat cocok khususnya untuk nasabah yang memiliki usaha menengah ke atas. Sebab polis asuransi kesehatan untuk karyawan yaitu ACA Medi+ memiliki ketentuan minimal peserta 25 orang. Sementara manfaat yang diberikan antara lain pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, dan melahirkan.

Asuransi Sinarmas

Salah satu produk unggulan asuransi kesehatan Sinarmas yang banyak dicari orang adalah Simas Sehat. Nah, polis tersebut juga hadir untuk tertanggung karyawan, yaitu Simas Sehat Corporate. Menariknya polis ini berlaku hingga di seluruh dunia. Adapun pertanggungannya mencakup biaya rawat inap, rawat jalan, perawatan gigi, kacamata, dan melahirkan. 

Asuransi Equity Life

Produk asuransi kesehatan untuk karyawan Equity Life dikenal juga dengan nama Equity Life Multi Health Care. Untuk minimum peserta asuransi karyawan terbagi menjadi dua kategori. Minimum 25 orang untuk pertanggungan biaya rawat inap dan minimum 10 orang untuk rawat jalan, perawatan gigi, kacamata, dan melahirkan. 

Asuransi Prudential

Asuransi kesehatan karyawan Prudential menjadi salah satu pilihan terbaik yang banyak dicari orang saat ini. Salah satu polis unggulannya PRUCorporate Medical yang memberikan manfaat dasar pertanggungan biaya rawat inap, rawat jalan darurat, hingga santunan meninggal dunia. Untuk pertanggungan lebih luas dapat mengambil manfaat tambahan atau rider asuransi melahirkan, rawat jalan, perawatan gigi, dan kacamata. 

Asuransi Manulife

Melalui polis Perawatan Rumah Sakit dan Pembedahan, Manulife memberikan pertanggungan biaya rawat inap di rumah sakit dan pembedahan sebagai manfaat dasar untuk tertanggung karyawan. Adapun pilihan asuransi tambahan yang dapat diambil antara lain pertanggungan biaya rawat rawat jalan, asuransi melahirkan, perawatan gigi, dan kacamata. 

Pertanyaan Lain Terkait Asuransi Properti

Ada beberapa manfaat dan kelebihan asuransi swasta yang tidak dimiliki oleh BPJS Kesehatan. Salah satunya adalah kemudahan mendapatkan pelayanan kesehatan. Misal, untuk bisa mendapatkan layanan rumah sakit, nasabah harus terlebih dahulu mendapatkan surat rujukan dari klinik kesehatan tingkat pertama. Sementara ketika memiliki asuransi kesehatan swasta, kamu bisa langsung mendapatkan layanan medis dengan mudah. Jadi, jika memiliki anggaran lebih, sebaiknya daftarkan juga karyawan perusahaan dalam asuransi kesehatan swasta.

Jawabannya tergantung kebutuhan dan profil nasabah. Misal, jika menginginkan manfaat asuransi yang sangat luas, maka polis asuransi kesehatan untuk karyawan Prudential lebih unggul karena ada pilihan manfaat tambahan (rider) lengkap. Sementara AIA memiliki manfaat dasar yang cukup standar dan dapat memenuhi kebutuhan karyawan dengan premi bersahabat.

Dalam asuransi kesehatan untuk karyawan, terdapat dua cara klaim yang dapat dipilih, yaitu reimbursement dan cashless. Untuk klaim cashless nasabah hanya perlu menunjukkan kartu peserta asuransi kepada pihak rumah sakit dan bisa langsung mendapatkan layanan kesehatan sesuai dengan perjanjian polis. Sementara untuk klaim reimbursement nasabah harus membayarkan terlebih dahulu biaya rumah sakit, kemudian mengajukan klaim kepada HRD perusahaan untuk kemudian ditindaklanjuti ke perusahaan asuransi. JIka klaim disetujui maka uang yang kamu bayarkan tadi akan dikembalikan.

Sekarang, setelah mengetahui rekomendasi polis asuransi karyawan terbaik di Indonesia, selanjutnya calon nasabah perlu ketahui kebutuhan dan anggaran untuk asuransi karyawan yang ideal.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →