Daftar Asuransi Kesehatan Keluarga Premi Murah Terbaik

asuransi kesehatan keluarga premi murah

Ada banyak brand asuransi di Indonesia. Namun, gak banyak yang menawarkan asuransi kesehatan keluarga premi murah meskipun banyak yang mencari produk ini.

Premi asuransi kesehatan keluarga memang relatif lebih terjangkau dibandingkan askes individu. Pasalnya, hanya dengan membayar satu polis, kamu bisa mendapatkan perlindungan untuk satu keluarga. Atau, beberapa polis juga menawarkan diskon jika mendaftarkan beberapa anggota keluarga sekaligus.

Jika kamu sudah berkeluarga, membeli askes keluarga memang jadi opsi paling hemat. Oleh sebab itu kami telah menyusun ulasan 7 rekomendasi askes keluarga yang bisa kamu pertimbangkan berikut ini.

Daftar Asuransi Kesehatan Keluarga Premi Murah Terbaik 2020

Berikut adalah daftar asuransi kesehatan keluarga premi murah terbaik. 

1. Allianz 

Salah satu askes keluarga yang menarik dari Allianz adalah SmartHealth Maxi Violet dengan premi mulai dari Rp100 ribuan per bulan (per orang). Polis ini menawarkan pertanggungan dasar rawat inap dengan manfaat tambahan rawat jalan, rawat gigi, hingga persalinan. Menariknya, polis ini juga menawarkan santunan meninggal dunia sebesar Rp2-11,5 juta. 

Nasabah akan mendapatkan no claim bonus sebesar 20 persen apabila gak ada klaim selama satu tahun dan pemegang polis perpanjang polis. Benefit jika mendaftarkan anggota keluarga adalah diskon premi sebesar 5 persen. 

Untuk mendaftar polis ini, peserta asuransi harus berusia 15 hari sampai 60 tahun. Jika sudah menjadi anggota, polis bisa diperpanjang sampai usia 70 tahun. 

2. Prudential

Prudential memiliki polis PRUPrime Healthcare yang menanggung biaya rumah sakit hingga Rp8 juta per hari untuk perawatan di dalam maupun luar negeri. Selain itu, limit tahunan yang diberikan juga cukup tinggi, yaitu Rp1,5 miliar dengan manfaat pengembalian 50 persen jika gak ada klaim dalam satu tahun.

Polis ini cocok untuk mengasuransikan orang tua, karena polis bisa diperpanjang sampai usia 85 tahun. Namun, usia masuk tertanggung harus antara 1-65 tahun saat pertama kali mendaftar. Untuk manfaat sebesar itu, minimum premi yang perlu dibayarkan mulai dari Rp400 ribuan per bulan (per orang) saja.

3. Cigna

Cigna menawarkan askes Cigna Family Care yang bisa menanggung 5 anggota keluarga dalam 1 polis. Premi yang perlu kamu bayarkan hanya Rp360 ribu per bulan, atau Rp72 ribu per orang.

Selain memberikan layanan klaim cashless, polis ini juga memberikan manfaat harian rumah sakit sebesar Rp300 ribu – Rp1,2 juta per tertanggung, manfaat harian ICU sebesar Rp600 ribu – 1,2 juta per tertanggung, rawat jalan setelah perawatan rumah sakit, serta manfaat pembedahan.

Untuk nasabah yang mengalami sakit di perjalanan, Cigna menawarkan fasilitas evakuasi medis dalam keadaan darurat, repatriasi medis, pemulangan jenazah, hingga kunjungan tali kasih. 

4. Jagadiri

Jagadiri menawarkan asuransi keluarga Jaga Sehat Keluarga dengan premi yang sangat terjangkau, yaitu Rp280 ribu per bulan untuk 5 orang anggota keluarga. Artinya, satu orang hanya perlu mengeluarkan biaya Rp56 ribu saja! 

Manfaat yang bakal kamu dapatkan adalah santunan perawatan medis di rumah sakit sebesar Rp300-900 ribu per hari, santunan rawat jalan Rp300-500 ribu per kunjungan, dan santunan pembedahan Rp6-18 juta per pembedahan per tertanggung. Menarik bukan?

5. AXA

AXA SmartCare Executive menawarkan askes keluarga dengan premi mulai dari Rp170 ribu per bulan saja. Jika mendaftarkan keluarga, kamu akan mendapatkan bonus 50 persen untuk anak kedua. 

Manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah pertanggungan biaya rawat inap, pembedahan, rawat jalan darurat, hingga biaya ambulans. Limit tahunan yang ditetapkan juga cukup besar, yaitu sampai Rp500 ribu. Asuransi ini juga memberikan santunan meninggal dunia sampai Rp3 jutaan.

6. Lippo Insurance

Lippo memiliki asuransi khusus keluarga, yaitu Lippo Healthplus Family yang bisa menanggung satu keluarga sekaligus. Premi yang perlu kamu keluarkan hanya Rp416 ribu per bulan saja. Polis ini menanggung biaya rawat inap, kamar, dengan limit tahunan sampai Rp300 juta.

7. Sinarmas

Sinarmas memiliki askes murah untuk keluarga, yaitu hanya Rp171 ribu per bulan. Simas Sehat Gold bisa menanggung sampai usia 75 tahun sehingga cocok untuk mengasuransikan orangtua. 

Menariknya, polis ini sudah menanggung rawat inap dan rawat jalan sekaligus, dengan limit Rp100-400 juta per tahun. Simas Sehat Gold juga memberikan santunan meninggal dunia sebesar Rp10 juta.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Keluarga Premi Murah

Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan keluarga, sebaiknya pertimbangkan beberapa tips berikut ini.

Alasan asuransi keluarga lebih menguntungkan

Premi asuransi keluarga relatif lebih murah dibandingkan dengan asuransi individu. Pasalnya, beberapa brand asuransi menawarkan diskon keluarga, atau pertanggungan seluruh anggota keluarga dalam satu polis. Pilihlah jenis polis ini apabila memang ingin mengasuransikan seluruh anggota keluarga.

Ada manfaat pengembalian premi

Dengan adanya manfaat ini, premi yang kamu setor gak hangus seluruhnya. Apabila gak pernah mengajukan klaim dalam satu tahun, pihak asuransi akan mengembalikan sekian persen dari premi yang sudah disetorkan.

Pengecualian

Perlu diingat bahwa gak semua penyakit bisa ditanggung asuransi. Ada beberapa pengecualian, misalnya penyakit yang disebabkan oleh kegiatan menyakiti diri sendiri atau akibat olahraga ekstrem. Selain itu, umumnya asuransi juga mengecualikan pre-existing condition, yaitu penyakit yang sudah ada sebelumnya. Pada beberapa asuransi, pre-existing condition bisa ditanggung dengan masa tunggu satu tahun.

Perhatikan masa tunggu

Ketentuan ini juga mesti diperhatikan oleh nasabah asuransi sebelum menandatangani polis. Umumnya, kita gak bisa langsung mengajukan klaim setelah mendaftar asuransi. Ada masa tunggu terlebih dahulu yang durasinya berbeda-beda, umumnya hitungan bulan. Pada masa tunggu tersebut, kita belum bisa mengajukan klaim.

Asuransi murni atau unit link?

Pernah ditawari asuransi kesehatan unit link, atau askes dengan manfaat investasi? Memang sekilas produk ini terlihat menguntungkan. Namun, sebenarnya investasi datang bersama risiko kerugian. 

Apabila portofolio investasi merugi, maka nilai tunai bakal terpotong dan kita harus mengisi saldo lagi. Oleh sebab itu, sebaiknya membeli asuransi kesehatan murni untuk memaksimalkan manfaat asuransi.

Itulah rekomendasi asuransi kesehatan keluarga premi murah yang bisa kamu pertimbangkan. Pastikan kamu sudah memahami hal penting sebelum menyetujui polis, ya! Kalau ingin mencari tahu informasi lebih lanjut, kamu bisa melakukan konsultasi gratis dengan Lifepal, lho! 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →